Wednesday, March 26, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi review mengenai makanan kucing yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu makanan kucing merk Royal Canin. Makanan kucing merk Royal Canin adalah salah satu makanan kucing yang rajin jadi sponsor berbagai kegiatan perkucingan. Nah, mungkin karena saking rajinnya produk ini jadi sponsor, sehingga produk ini begitu dikenal oleh masyarakat. Sebenarnya makanan kucing Royal Canin tidak tidak cuma menyediakan pakan untuk kucing, namun juga untuk anjing. Dan makanan kucing Royal Canin merupakan salah satu makanan kucing yang memiliki varian jenis makanan kucing yang lengkap, dari mulai kitten, adult, makanan kucing khusus untuk beberapa ras (persian, maine coon, dll) dan makanan kucing khusus yang sudah di steril. Nah, pada postingan kali ini, Agan Guts yang merupakan salah seorang Kaskuser sekaligus Pecinta Kucing, kembali berbagi review dengan Cat People mengenai makanan kucing Royal Canin Persian Kitten. Nah, mari kita simak review-nya.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan penampakan kemasan produk
Royal Canin Persian Kitten :
 
Sumber : disini
 
Produk makanan kucing Royal Canin Persian Kitten tersedia dalam kemasan 400gram, 2kg, 4kg, dan 10kg.

Rasa Yang Tersedia

Royal Canin merupakan salah satu merk makanan kucing yang memiliki varian makanan kucing yang cukup bervariasi, dari mulai kitten, adult, makanan kucing khusus untuk beberapa ras (persian, maine coon, dll) dan makanan kucing khusus yang sudah di steril. Bersumber pada website http://www.royalcanin.us , berikut ini adalah beberapa varian makanan kucing Royal Canin :

Sumber : http://www.royalcanin.us/

Varian yang tersedia :
1. Spayed/Neutred Cat Formulas
2. Feline Breed Nutrition
3. Feline Health Nutrition
4. Feline Health Nutrition Wet

Dari masing-masing varian tersebut, Royal Canin menyediakan varian yang lebih spesifik lagi, seperti pada varian Feline Breed Nutrition, Royal Canin menyediakan varian yang lebih spesifik untuk breed jenis Persian, Maine Coone, dan lain-lain. Bahasan mengenai varian produk makanan kucing Royal Canin bisa Cat People baca di link ini.

Bentuk dan Tekstur Biskuit (Kibble)
Menurut Agan Guts, tekstur dan bentuk dari makanan kucing Royal Canin Persian Kitten adalah kotak-kotak berukuran kecil-kecil sehingga mempermudah kucing untuk mengkonsumsi.
Sumber : disini
Translate :
Special Brachyceplalic Jaw
"Ruby 6", sebuah kibble yang dirancang khusus untuk memudahkan anak kucing Persia untuk memahami dan mendorong dia untuk mengunyah.
  
Kandungan Bahan-bahan dan Nutrisi
Berikut ini adalah foto dari kandungan nutrisi dan bahan dari makanan kucing Royal Canin Persian Kitten :


Sumber : disini

Translate KOMPOSISI:  
protein dehidrasi unggas, padi, lemak hewan, jagung, isolat protein nabati *, hidrolisat protein hewani, serat nabati, beet pulp, ragi, minyak ikan, mineral, minyak kedelai, fructo-oligo-sakarida, sekam psyllium dan biji (0,5 %), dihidrolisis ragi (sumber manno-oligo-sakarida), minyak borage, ekstrak marigold (sumber lutein). TAMBAH (per kg): aditif Gizi: Vitamin A: 29100 IU, Vitamin D3: 800 IU, E1 (Besi): 37 mg, E2 (Iodine): 3,7 mg, E4 (Copper): 5 mg, E5 (Mangan): 48 mg, E6 (Zinc): 145 mg, E8 (Selenium): 0.08 mg - Pengawet - Antioksidan. KONSTITUEN ANALITIS: Protein: 32% - Kandungan lemak: 22% - abu mentah: 7,1% - serat mentah: 2,7% - Per kg: Omega 6 asam lemak: 49,7 g - Omega 3 asam lemak: 10,6 g termasuk EPA & DHA: 4 g. * LIP: protein dipilih untuk asimilasi yang sangat tinggi.  

Apakah Kucing Suka?
Menurut Agan Guts, kucing perliharannya makan dengan sangat berselera. Bahkan saat si Kucing sedang lapar pun, bungkus makanan kucing ini didatengin dan digigit-gigit, hal ini merupakan tanda-tanda si Kucing minta makan. Secara, aroma makanan kucing Royal Canin memang cukup menggoda bagi beberapa kucing.

Bagaimana Efek Manakanan Terhadap Kucing?
Penasaran bagaimana efek makanan kucing Royal Canin terhadap kucing? Menurut Agan Guts, makanan kucing Royal Canin sudah terkenal sangat cocok buat semua kucing. Efek makanan kucing ini terhadap kucing Agan Guts cukup baik, bulu kucing menjadi lebat dan halus. Namun efek untuk menggemukkan kucing kurang. Menurut Agan Guts pribadi, makanan kucing Royal Canin sangat kurang berefek untuk menggemukkan kucing.

Adakah Kemasan Repack?
Menurut Agan Guts, tersedia kemasan repack di beberapa Pet Shop di kota tempat tinggal Agan Guts. Kemasan repack yang tersedia antara lain kemasan 500gram dan 1kg.

Harga?
65.000 400gram
215.000 2,1kg

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Menurut Agan Guts, doski merekomendasikan makanan kucing ini karena pup makanan kucing ini membuat pup kucing relatif tida berbau (meminimalisir bau pup kucing), makanan kucing ini mudah dicerna oleh kucing. Dan ada pengalaman dari Agan Guts dimana saat kucingnya sakit gara-gara mengkonsumsi makanan kucing merk lain, namun akhirnya doski mencoba memberikan makanan kucing ini pada kucingnya dan kucingnya langsung sembuh dan lincah tanpa ke dokter (sharing pengalaman Agan Guts via PM Kaskus). Namun, dibalik semua 'kecanggihan' makanan kucing ini, makanan kucing Royal Canin memang memiliki harga yang cukup tinggi, akhirnya Agan Guts mengganti pakan untuk kucing-kucingnya karena dirasa masih banyak makanan kucing merk lain yang berkualitas bagus dan harga dibawah Royal Canin.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah. Oiya, sumber tulisan ini berasal dari tulisan Agan Guts di Kaskus dan dari website Royal Canin.









Sincerly,



Radio Kucing  - @juwies

 
NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya) dan  juga menyertakan nama narasumber (Agan Guts). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~
Ingredients
COMPOSITION: dehydrated poultry protein, rice, animal fats, maize, vegetable protein isolate*, hydrolysed animal proteins, vegetable fibres, beet pulp, yeasts, fish oil, minerals,soya oil, fructo-oligo-saccharides, psyllium husks and seeds (0.5%), hydrolysed yeast(source of manno-oligo-saccharides), borage oil, marigold extract (source of lutein). ADDITIVES (per kg): Nutritional additives: Vitamin A: 29100 IU, Vitamin D3: 800 IU,E1 (Iron): 37 mg, E2 (Iodine): 3.7 mg, E4 (Copper): 5 mg, E5 (Manganese): 48 mg,E6 (Zinc): 145 mg, E8 (Selenium): 0.08 mg - Preservatives - Antioxidants. ANALYTICAL CONSTITUENTS: Protein: 32% - Fat content: 22% - Crude ash: 7.1% - Crude fibres:2.7% - Per kg: Omega 6 fatty acids: 49.7 g - Omega 3 fatty acids: 10.6 g including EPA & DHA: 4 g. *L.I.P.: protein selected for its very high assimilation.
- See more at: http://www.royalcanin.co.uk/products/products/cat-products/feline-breed-nutrition/persian-kitten#sthash.hS2sGQqY.dpuf
Dry food
Packaging size: 400.0 g, 2.0 kg, 4.0 kg, 10.0 kg
- See more at: http://www.royalcanin.co.uk/products/products/cat-products/feline-breed-nutrition/persian-kitten#sthash.hS2sGQqY.dpuf

Tagged: , , , , , , ,

84 comments:

  1. Kucing aku cerewet banget makannya. Di kasih Pr* Pl*n dia ga mau (mgkin cz bau nya agak nyengat, dikasih Royal Canin sama Wah*e Lie*e lahaappp >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha.
      Kucing nya tau ajah Mba makanan kucing yang *ehem* mahal, hehee. Gpp ya Mba, yang penting senantiasa sehat dan berbahagia :)

      Delete
    2. di mix aja mbk , mungkin kucing nya mau , aku mix pakai proplan 2 sendok makan , royal canin nya 1 sendok makan

      Delete
    3. Trims atas sharing nya mba novi :)

      Delete
  2. Selain makan kucing merk royal canin untuk anak kucing usia sektr 2 bulan yg bgus pa yh tlng ksh tw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dillyani.
      Usia 2bulan berarti baru belajar makan ya?
      Sudah baca review makanan kucing Frost Kitten? Siapa tau cocok :)

      Jika dilihat dari pertanyaan Mba, sepertinya mencari yang setara Royal Canin alias di grade super premium ya? Banyak Mba. Bisa cek di daftar Indeks Radio Kucing.

      Delete
    2. Kitten saya baru umur 2 bulan ada yang diare karna saya kasih royal canin mom and baby, apa saya teruskan memberi makan dengan royal canin ini atau di tukar makanan nya? Makasih

      Delete
    3. Halo Sis. Setau saya Royal Canin Mom & Baby bisa kok untuk kucing yang belajar makan. Melihat cerita Sis, saya malah lebih concern apakah si kucing sudah siap menerima makanan kucing selain air susu ibu? Karena usia kucing masih muda yaitu 2 bln. Memang di usia tersebut ada kucing yang sudah siap makan, tp ada juga yang belum, biasanya yang blm siap makan akan mencret sementara. Saran saya kucing Sis konsentrasi dulu aja diberikan susu induknya, dan saat usia 2.5 bln mulai diajari makan makanan kucing perlahan, misalnya dimulai dengan wet food dulu, lalu diperkenalkan dengan dry food. Atau kalau mau dikasih dry food juga gpp, tp bs dengan cara di lembekkan dulu dengan air dry food tsb agar anak kucing mudah mengkonsumsinya... :)

      Delete
  3. halo mau minta saran boleh yah,,, heheh

    gini aku punya mpus 1tahun+ awalnya makan pp nih, tapi abis di steril bulu di baguan kaki belakang sampe pangkal ekor di cukur nah aku gak sabar nih numbuhinnya lagi kalo aku pake rc persian adult gmn?? ada harus yg hair nskin? tapi aku gak mau bbnya turun juga..

    plis plis saranya tq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dhea, apa kabar?

      Saran saya, apapun makanan kucing dry food yang diberikan, kuncinya adalah Mba Dhea harus sabar dan menikmati proses tumbuh kembalinya bulu-bulu Si Empus pasca steril.

      Merk-merk yg Mba Dhea sebutkan sudah bagus dikelasnya dan grade super premium. Jika memang sudah cocok di Pr* Plan dan ingin melanjutkan menggunakan produk tsb tdk masalah, lalu jika ingin mengganti dgn produk Royal Canin juga tdk masalah.

      Tips dari sayah, coba sering-sering mengoleskan minyak VCO pd area tubuh kucing yg sudah dicukur, karena VCO bagus utk pertumbuhan bulu, mencegah dan menghilangkan jamur, aman jika terjilat (bahkan bermanfaat). Tapi jangan dioleskan pada area yg luka yah :) Takutnya ada kontra indikasi pada lukanya atau obat yg dioles.

      Semoga jawabannya membantu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  4. Gimana kalo meo persian menurut agan.. Kualitasnya gimana ya..

    ReplyDelete
  5. Gimana kalo meo persian menurut agan.. Kualitasnya gimana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agung Wicaksono.
      Kalau cocok lanjutkan saja mas... :)

      Delete
  6. min tanya dong, kucing saya mix kampung anggoro, ga tau umur berapa tapi kayaknya kisaran 3-4 bln (bole dikasi soalnya dan pmiliknya gajelas siapa), pertama kali diadopt aku kasi friskies kitten muntah, trs dikasih friskies yg biasa(adult) gpp, cm dia kurang (pake banget) suka sm dry food, trz nyobain wet food whiskas yg tuna (adult) doyan tp pup nya jd agak lembek gt (tp ga mencri),,, akhirnya sekarang nyoba RC yg kitten persian krn dipetshop wktu itu yg buat kitten cm ada yg persian, tp cm mau makan dkit, jadilah saia akalin dikasih air panas biar lunak dan dicampur ikan plus dikasih RC yg baby cat (wet food) kadang saia kasih jg yg wt food buat kitten yg kemasan harga 16.500 (gravy atau jelly) dan saia campur dg yg dry food, baru dia mau. pertanyaannya gimna ya supaya dia mau pure mkan dry food? makasih min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Yuliana.
      Caranya adalah bersabar dan menikmati proses... :)

      Apapun ras kucing, yang mempengaruhi selera makan Si Kucing adalah didikan. Jika biasa dididik makan makanan home made (seperti daging kukus dll), maka dia akan lbh suka daging kukus, kalau dididik menggunakan dry food saja, maka dia akan bisa makan dry food saja.

      Berdasarkan cerita Sis, sepertinya kucing peliharaan Sis agak pemilih dalam makanan, Saran adalah mencoba perlahan makanan/tambahan yang lain selain dry food saat memberikan makan pada Si Kucing. Misal, doa biasa makan dry food dicampur wet food, tapi kelamaan merasa berat nih kalau harus selalu stand by wet food, maka sedikit-sedikit takaran wet food dikurangi samapi akhirnya Si Kucing terbiasa makan dry food saja.

      Dan harus tega!

      Kalau sedikit-sedikit sedih melihat kucing makannya ga sebanyak saat diberi wet food, maka akan semakin sulit mendidiknya.


      Semoga sarannya dapat membantu yah.

      Delete
    2. okay min terimakasih sarannya, jadi harus tega yah :p

      Delete
  7. gan minta pencerahannya dong, saya kan punya 2 kitten persia usia 3bln lebih dirumah. awalnya sy kasih makan pr*plan kitten, tp akhir2 ini sy gnti royal canin kitten campur im* kitten formula. itu gmna ya? bagus ga? apa gapapa gan buat pertumbuhannya? makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Ahmad Zakaria, apa kabar?
      Kalau menurut saya, kedua merk tersebut sudah bagus kok, apalagi keduanya sudah ada grade super premium nya. Untuk bagus atau tidaknya kalau dilihat dari branding dan harga sudah termasuk bagus, kalau ditanya apakah pakan tersebut akan bagus kepertumbuhan kucingnya, hanya Tuhan, Mas Ahmaz, dan Si Kucing yang akan tahu bagaimana hasilnya.

      Harus dicoba dulu Masgan. Mirip dengan obat jerawat. Merk X yang begitu terkenal dan harganya juga ga mahal dan ga murah ternyata sangat ampuh menghilangkan jerawat di Si A, dan saat di Si B ga hilang cuma mengepes saja. Apakah itu artinya merk X itu jelek? Tidak... Karena obat jerawat cocok-cocokan :)

      Lalu apa yang bisa kita lakukan skrg untuk bisa menjamin apakah pertumbuhan kucing bisa maksimal?
      Lihat dan berkaca ke diri sendiri, punya bujet berapa dan mampunya seperti apa. Kalau punya dana berlebih, bisa memberikan produk-produk yang bagus yang memang harganya ga bisa dibilang murah, jika dana terbatas, cobalah mencari alternatif lain yang bisa menopang asupan gizi dan perkembangajn Si Kucing.

      Semoga jawabannya dapat membantu.
      Salam Hangat.

      Delete
  8. hallow, mau nanya niy,,, bulu ekor pussy sy berjamur, udah kering siy abis disuntik and diobatin,,, cm yg jd mslah, aq g'sabar pengen cepet sehat bulu ekornya, gmn yha biar cepet tumbuh bulu,,, ow iya, aq rajin kasi minyak ikan pagi sore,,, cm msh kurang cepet tumbuh bulu sehat,,, gimana seandainya dicukur bulu ekornya,,, apakah berbahaya.? mohon saran, mksih sbelumnya

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. hallow, mau nanya niy,,, bulu ekor pussy sy berjamur, udah kering siy abis disuntik and diobatin,,, cm yg jd mslah, aq g'sabar pengen cepet sehat bulu ekornya, gmn yha biar cepet tumbuh bulu,,, ow iya, aq rajin kasi minyak ikan pagi sore,,, cm msh kurang cepet tumbuh bulu sehat,,, gimana seandainya dicukur bulu ekornya,,, apakah berbahaya.? mohon saran, mksih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ksh vitamin bulu n kulit dari virbac megaderm setiap hari mba di jamin

      Delete
  11. hallow, mau nanya niy,,, bulu ekor pussy sy berjamur, udah kering siy abis disuntik and diobatin,,, cm yg jd mslah, aq g'sabar pengen cepet sehat bulu ekornya, gmn yha biar cepet tumbuh bulu,,, ow iya, aq rajin kasi minyak ikan pagi sore,,, cm msh kurang cepet tumbuh bulu sehat,,, gimana seandainya dicukur bulu ekornya,,, apakah berbahaya.? mohon saran, mksih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Indri.
      Kondisi bulu ekor kucing Sis bagaimana sekarang? Jamurnya berawarna gelap (coklat tua / kehitaman) atau berwarna putih kecing seperti ketombe?

      Untuk menghilangkan jamur seperti ketombe bisa dengan cara mengoleskan VCO atau minyak tawon, bisa cek di Indeks RadioKucing.com untuk bahasan lengkapnya.

      Dicukur tidak mengapa jika memang mempercepat sembuhnya bulu kucing. Saran saya untuk berkonsultasi dulu ke DRH yah :)

      *Kan kemaren aku udah ke DRH kak, masa kakak nyaranin ke DRH lagi?*
      Alangkah baiknya treatment di bawah pengawasan dokter darla :)

      Semoga kucing nya segera sembuh ya cantik :)

      Delete
    2. Kalau jamur yg hitam itu gimana ya kak kucing saya jamur wrna hitan

      Delete
  12. Malem kak mau minta saran kan kucing saya (cowok) dikawinin sm kucing temen, kcng temen sy udh lahiran tp baru umur skitar 2 bulan anaknya udh dianter kerumah saya dgn kondisi jamuran, kurus tdk terawat. Saya ksh makan apa ya bagusnya, krn ga tega mau dibalikin ketmpt induknya krn takut tdk dikasih asi/gizi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nina Ghaisani.
      Waduh, usia 2 bulan sebaiknya masih menyusu pada induknya. Usahakan sampai 3 bulan lebih gapapa masih nyusu ke induknya, malah bagus untuk daya tahan tubuh anak kucing.

      Saran saya berikan susu setiap beberapa jam sekali secara rutin dan teratur, pastikan anak kucing hangat, tidur di dalam baskom atau dus yang agak tertutup tapi masih ada ventilasi udara juga bisa, supaya nggak keanginan.

      Setelah usia di atas 2 bln atau menjelang 3 bulan bisa diberikan dry food atau wet food, tergantung kucingnya mau apa. Cari yang cocok, biasanya harus trian and error dulu untuk mendapatkan makanan kucing yang cocok.

      Untuk kasus jamurannya, Sis Nina bisa mencoba menggunakan VCO. Ada bahasan lengkapnya di radiokucing dot com, silahkan di cari di bagian menu Indeks dan baca ulasan mengenai minyak VCO.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Salam hangat.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Teh juw,ada review RC Hair n Skin kah?
    Si mueeza lagi darurat rontok bulu ini, saya bingung antara equil persian atau rc hair n skin....
    Heheeheheeheheheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Arif.
      Belum review, ga punya duid buat belinya, mahal bok, hahahaha :v
      Sumbang Si Belang dong, nanti di review... :v

      Delete
  15. Kak ane mau tanya dong, ane punya kucing anggora umur 6 bulanan, makanannya equ****rio, ane pengen nyoba pake RC EXIGENT, tapi kan RC EXIGENT buat 1th, kalo misalkan ane kasih ke kecung ane itu beresiko gak ya kak?? Dan makanan yg bagus buat gemukin badan kira" pake apa ya kak?? Minta sarannya dong kak. Makasihhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo M. Iqbal.
      Menurut pendapat saya pribadi, kucing di atas usia 6bln gpp makan yg adult selama cocok, tapi memang sebaiknya disempurnakan dan digenapkan makan yg kitten dulu sampai usia 1 tahun agar gizi dan pertumbuhannya maksimal.

      Tapi ini pendapat saya pribadi ya. Ada baiknya berkonsultasi ke dokter hewan untuk jawaban yang lebih valid.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Kalau misalkan ganti" makanan itu bisa bahaya gak ka??

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Halo Agan M. Iqbal.
      Kalau kucing nya ga kuat, bisa mencret.

      Delete
    5. Kucing ku Persian Himalaya
      pakai RC Persian Kitten mix RC Exigent
      Komposisi 2KG RC Kitten campur 400gr RC Exigent

      seminggu bulu jadi halus dan ga gampang rontok


      Kalo yang satu, Persian Anggora

      Pakai Formula diatas, ditambah lg 400gr RC Hair & skin
      krn dulu pernah kena jamur, dan agak botak sedikit
      2 minggu tumbuh lagi, cm skrng kalo ga di mix sma RC Hair & Skin, dia ga mau makan..

      mahal. :D

      Delete
    6. Ahahaha. MANTAB GAN!
      Keren komposisinya. Semoga senantiasa sehat selalu ya Mpus-mpus nya... :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Gan,saya baru beli kucing umur 2bulan,saya kasih makan dryfood universal, dia doyan..nah pertanyaan saya, perlu di ganti atau enggak makanannya sesuai umur kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Rino.
      Saran saya perlu, karena usia 2 bulan menurut pendapat pribadi saya, masih terlalu kecil untuk makan makanan kucing adult.
      Jika dananya memungkinkan, coba berikan dry food minimal grade super premium atau di atasnya :)

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Saran saya jangan dikasih universal om, ganti aja sama yg lebih aman om, yg udah lulus AAFCO,
      Silahkan cek di radio kucing

      Delete
  18. Pengen tanya anak kucing saya baru umur 1 bulan tapi ko kga betah banget di kandang mama nya juga padahal kandangnya bersih dan hangat tapi malah milih di pojokan deket jendela
    Udh gitu anaknya sudah mau makan makanan kering apa gpp ?
    Akhirnya saya beli makanan kering RCkitten yg bisa buat anakan sma indukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sabrina Sevensky.
      Gpp Sis, mungkin dia betahnya seperti itu. Yang penting dia masih cera, ga lemas, nafsu makan baik. Kalau kucingnya memang mau, tidak apa-apa kok usia 1 bln makan makanan padat. Jangan lupa berikan makanan kucing yg bisa utk kitten ya.

      Semoga Mpus nya sehat selalu.

      Delete
  19. Hai gan.. mau share pengalaman, ane baru beli kuciing flatnose usia 5bln, ceritanya gak sabar pengen itu kucing bulunya lebat, ane ngasih makan imo kitten baby n mom, kalo ane ganti royal canin apakah cepat bulu yang akan tumbuh? Makasih banyak agan sudah mau membantu

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan.. mau nanya nih.
      Semenjak saya di kasih anakan kucing dengan umur sekitar 10 mingguan / 3 bulan lebih, Kenapa ya Dia ga mau masuk kandang ? Makanan yang biasa saya kasih yang tadinya RC kitten jadi whisk*s kitten, malah ga di makan ? Gara gara nya kenapa itu ya ?

      Delete
    2. Halo Gan Dims Chan.
      Biasanya anak kucing memang suka bebas lepas dan bermain dengan bahagia. Sebaiknya memelihara kucing memang jangan dikandangin, sebaiknya dibebaskan saja di dalam rumah. Karena jika dikandangin kucing akan stress dan tumbuh kembangnya nggak maksimal. Apalagi anak kucing, dia lbh rentan stress kalau dikandangin, dia jadi ga bahagia. Dana kalau udah gitu bakalan malas makan dan muda sakit :)

      Semoga informasinya membantu.

      Delete
  21. Kucingku keturunan maine coon anggora suka bgt sm produk ini, bulunya aluss bgt dn rontoknya kurang. Tapi dia jadi sembelit, udh 2 hari gk pup :"(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Inggrit.
      Jika beanr kucing Sis sembelit, sepertinya kucing minum dan kurang serat... :)

      Delete
  22. Malamm sist/gan.
    Saya mau tnya, kmrin saya nemu kucing persia medium, sprtinya bru 2bln gtu, trus bagian kepalanya kayak botak gtu , kurik atau jamur ya ? Di atas matanya jga, Itu msh ada harapan mau tmbuh bulu ga ya? Dan shampoo yg cocok apa ya sist/gan? Aku coba kasih biodin bsa ga ya ? Mohon saran yaaa .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau tnya, kmrin saya nemu kucing persia medium, sprtinya bru 2bln gtu, trus bagian kepalanya kayak botak gtu , kurik atau jamur ya ? Di atas matanya jga, Itu msh ada harapan mau tmbuh bulu ga ya? Dan shampoo yg cocok apa ya sist/gan? Aku coba kasih biodin bsa ga ya ? Mohon saran yaaa .

      Delete
    2. Halo Sis Cica Anjelia.
      1. Botaknya kenapa ya? Jamuran? Jika memang jamuran bisa diobati dengan salep, obat semprot, minyak, dimandikan dengan sabun / sampo utk jamur kucing, dll.

      2. Kalau gizinya baik, tumbuh kok :)

      3. Shampo kucing ada banyak macam dan jenis, nyari yg gimana? Utk bulu lembut kah? Utk jamur kah? Untuk kutu kah? Untuk warna tertentu kah?

      4. Biodin apa ya? Maaf saya belum pernah coba.

      5. Saran sudah diberikan dan pertanyaan sudah di jawab ya.

      Semoga membantu.

      Delete
  23. Kalu kucing Persian umur 8 bulan dikasih makan royal canin Persian adult 30 bagus ato tidak ya?

    ReplyDelete
  24. Kalu kucing Persian umur 8 bulan dikasih makan royal canin Persian adult 30 bagus ato tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Wisnu Prihanto.
      Jika cocok maka bagus. Dicoba dulu aja, lihat hasilnya pada kucing. Jika dirasa cocok dan bagus maka bisa dilanjutkan.

      Semoga membantu.

      Delete
  25. Malam... saya punya 2 ekor persia usia 5 bln dan 1 ekor mainecoon usia 3 bln. Pertanyaannya: RC jenis apa yg cocok buat bisa dimakan oleh ketiga kucing tsb? Selama ini saya kasih RC Pediatric krn salah 1 persia dlm proses penyembuhan Jamur. Trmkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau yg sekarang sudah cocok, bisa dilanjtkan.

      Delete
  26. Saran dong kucing saya krn dr kecil diberikan rc kitten jd doyannya itu terus pdhl umurnya skrg udh ampir 2th.. Gmn bagusnya yah diberikan rc kitten terus apa ganti yg adult?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis. Saat usia sudah 2 thn memang sebaiknya diganti ke yg adult.

      Delete
    2. Pertanyaannya hamir sama nih, kalo lebih dr 1th baiknya kasih yg kitten apa adult ya? Dan kalo misalkan tetep dikasih yg kitten bahaya atau gimana? Secara kan kl RC kitten lebih mahal dikit jd saya pikir yg kitten lebih bagus ke kucingnya drpada adult. Thanks

      Delete
    3. Halo Sis,
      jika sudah 1 tahun baiknya diberi yg adult.

      Delete
  27. Halo sister, mau nanya kan itu RC bnyak variannya untuk ras ya.. kalo kucing jenis british shorthair (11bln) bagusnya yg varian apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Maaf kurang tau, jarang nyoba RC, dompet belum cukup :)

      Delete
    2. Hello sis,
      Kucingku exotic shorthair (7bln) dan sampe sekarang aku kasih 2kg RC kitten persian & 2kg PP kitten mix jadi gembul bgt dan sehat.
      Mengingat bsh & esh mirip2 kayaknya sih varian RC cocok sama kucing shorthair. Tergantung pilih aja kucingnya mau dikasih treatment apa lewat makanannya, hehe.
      Semoga membantu walaupun telat :)

      Delete
    3. ahay, makasih banget loh sis Kinancy... :) makasih ya sharing nya. semoga senantiasa sehat selalu.

      Delete
  28. Saya ingin tanya,makanan kucing yang bagus untuk menggemukan badan apa ya? Saya sudah pakai royal canin persian,tapi gg gemuk",ooo ya kucing saya umur 9 bulan.tolong balas ya gan..

    ReplyDelete
  29. Saya ingin tanya,makanan kucing yang bagus untuk menggemukan badan apa ya? Saya sudah pakai royal canin persian,tapi gg gemuk",ooo ya kucing saya umur 9 bulan.tolong balas ya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Findina.
      Coba merk Orijen, Taste Of Wild, Wahre Liebe, mudah2an diantara merk-merk tsb ada yg cocok ya :)

      Delete
  30. Halo... Saya mau tanya, kucing ku exotic usia skitar 3-4 bulan.. Awalnya dikasih makan RC kitten dry food tapi dikasih air anget biar empuk dan dia suka.. Nah tiba2 dia sakit, dan ga nafsu makan sampe kurus, karna ga mau makan jadi di paksa makan pake pipet pake RC recovery, setelah sembuh skarang malah jadi ga doyan sama sekali RC, udh coba RC kitten, RC recovery, udh coba RC baby n mother bahkan RC wet food pun ga mau.. Malah maunya Wh*skas wet food,, gimana donk solusi nya.. Saya takutnya kalo pake merk itu pertumbuhannya kurang maksimal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga perlu takut kucing ngga maksimal tumbuh kembangnya hanya karena beda merk makanan, yg penting asupan gizinya seimbang. Saran saya kalau Sis mau kucing makan Royal Canin lagi, coba sekit-sedikit campur makanan kucing Royal Canin nya dengan wet food whiskas, kemudian makin lama canpuran ert food whiskas nya makin di kurangi sampai akhirnya Si Kucing mau makan royal canin tanpa wet food whiskas lagi. Triknya bisa dicoba seperti itu, dan kuncinya adalah SABAR... :)

      Delete
  31. Mau tanya dong...
    1.Klu mau ngasih RC baby cat di umur 1 bulan bisa gak ya?
    2.klu bisa hrus di campur sama yg lain?
    3.kasihnya harus di tarok di mangkuk atau gimana?

    Makasih banget jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Pengalaman saya usia 1.5 bulan atau 2 bulan anak kucing baru mulai belajar makan. Pada usia tersebut bisa diberikan makanan kucing yg sesui, kalau mau ngasih RC Baby boleh aja kok :)
      2. Dicampur yg lain itu contohnya bagaimana?
      3. Iya, nanti dia makan sendiri juga dia suka dan sudah mau makan :)

      Sama-sama. Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  32. Gan kuving saya bulunya rontok, niat mau aku kasih RC hair and skin, pas udah di beli eh malah kucing gak doyan, solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya adalah membelikan makanan kucing lain yang dia doyan dan treatment lainnya, misal pakai pakan A ngga suka maka ganti yang B.

      "Yah boros dong Gan, saya maunya beli makanan kucing yang pasti kucing suka dan kucing saya jadi bagus sehat, bulunya ngembang, dll"
      Jawabannya ada disini : Klik

      Juga bisa dengan mentreatment kucing menggunakan vitamin dll. Juga perlu dipahami bahwa masalah rontok kucing tidak cuman soal makanan, bisa juga siklus birahi, cuaca, salah treatment grooming (misal sampo, proses pengeringan, dll), jamur, penyakit kulit, dll.

      Saran saya adalah tahu dulu masalah rontok kucing kenapa, baru lakuakn treatment yang tepat untuk mengatasi sumber masalah kerontokan tersebut. Karena bisa jadi masalah rontok baru bisa sembuh setelah melakukan beberapa jenis treatment sekaligus atau bertahap.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Delete
  33. Permisi gan

    Mau tanya kucing saya persian medium umur 5bulan, kira2 umur segitu dikasih rc kitten aja apa ganti ke adult ya?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. kak saya punya kucing persian umur 2 bulan pas saya beli sdh diksih makan meo kitten ,tpi sya mau gnti royal canin ,cocoknya royal canin kitten atau yg mna ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika usia kucing masih 2 bulan maka berikan makanan kucing untuk kitten. Jika akan memberikan merk Royal Canin, maka berikan yang Royal Canin Kitten :)

      Delete
  35. Halo min mau tanya dong, saya punya kitten anggora umur 2.5 bulanan. Sudah 2 minggu ini saya pake royal canin 36, kucingnya doyan dan selalu habis. Kalau saya ganti ke royal canin 32 persian apakah bisa? Karna bulu si kitten ini belum begitu lebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi konsentrasi ke masalah mengembangkan bulu ya? Bisa, Gan. Mudah2an cocok dan ada hasil ya.

      Delete
  36. Tanya Gan,
    Saya punya kucing usia 2 bulan, 3 minggu lalu berjamur, sekarang sudah sembuh, tapi sampai sekarang belum numbuh lagi bulu nya.
    Pakannya saya kasih RC Persian Kitten, Vitaminnya Nutri Plus Gel, sama minyak ikan seminggu sekali.
    Kalau pakannya saya ganti dengan RC Hair and Skin boleh ga ya?
    Atau pakan n vit nya tetap seperti d atas, tapi ada tambahan nya?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Gan.
      Ada cat lover yg sharing mengenai Transfer Factor, bisa dicoba. Mudah2an cocok ya :)

      Delete
  37. Min mau tanya, kucing saya mainecoon persia 5bulan, klo dikasih royal canin hairskin itu gapapa ?

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D