Review Obat Cacing Pet Derm

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai obat caing untuk kucing dengan merk Pet Derm. Pet Derm juga menyediakan obat cacing untuk anjing, so untuk Cat People yang akan memberikan Pet Derm kepada kucing di rumah, jangan lupa untuk cek dan ricek varian Pet Derm yang akan diberikan.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk Pet Derm:

Sumber : @juwies

Kalau diperhatikan dengan seksama, ukuran tablet Pet Derm relatif lebih kecil dari pada ukuran tablet Dr*ntal Cat. Namun, dosis pertablet dari Pet Derm labih 'padat. Jika 1 tablet Dr*ntal Cat untuk 4kg berat badan kucing, maka 1 tablet Pet Derm bisa untuk 10kg berat abdan kucing. Untuk yang memiliki kucing banyak, Pet Derm bisa jadi alternatif buat menghemat pemberian obat cacing.
Dosis
1 tablet untuk per 10kg berat badan kucing.
Dibawah 2kg = 1/4 tablet

2 - 5kg = 1/2 tablet

6 - 10kg = 1 tablet

* Dapat diberikan secara langsung/oral, diselipin/disamarkan ke dalam makanan. Diet tidak diperlukan sebelum dan sesudah makan obat cacing.

Cara Pemberian Obat Cacing Pet Derm
Cara memberikan obat cacing ini bisa dengan cara dihancurkan terlebih dahulu kemudian di campur dengan air. Kemudian berikan kepada kucing. Agar lebih mudah, pemberian bisa dengan menggunakan pipet atau suntikan tanpa jarum. Pipet dan suntikan tanpa jarum bisa dibeli di apotek terdekat.

Cara Kerja Obat Cacing Pet Derm
Bahan aktif Pet Derm terdiri dari praziquantel, pyrantel dan febantel. Praziquantel bekerja dengan merusak kulit parasit internal, sehingga parasit hancur dan akan dihapus oleh sistem kekebalan hewan peliharaan. Pamoate pyrantel aktif terhadap hookworms & ascarids dan bertindak sebagai agen depolarizing memblokir neuromuskuler, menyebabkan kontraksi tiba-tiba diikuti oleh kelumpuhan pada cacing. Hal ini menyebabkan hookworms yang kehilangan pegangan di dinding usus dan akan dihapus dari sistem binatang peliharaan secara proses alami. Febantel aktif terhadap parasit Nematoda termasuk whipworms. (sumber: disini)


Terbukti untuk menghilangkan parasit usus yang paling umum :
  • Tapeworms-Cacing Pita (Dipylidium caninum, Taenia taeniaeformis, spirometra mansoni, T.pisiformis, T.hydatingina, Echinococcus granulosus). 
  • Hookworms-Cacing Tambang (Ancylostoma caninum, Ancylostoma ceylanicum, Ancyslostoma tubaeforme, Ancylostoma braziliense, Uncinaria stenocephala). 
  • Roundworms-Cacing Gelang (Toxocara canis, Toxacara cati, Toxascaris leonina).
  • Whipworms-Cacing Cambuk (Trichuris vulpis).

Rekomendasi Pengobatan
  • Jangan melebihi dosis yang dianjurkan pada kucing hamil. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum pemakaian.
  • Jangan dipakai untuk kucing di bawah usia 4 minggu.
  • Efek samping dari Pet Derm jarang terjadi tetapi mungkin mengakibatkan muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, atau diare. Efek samping lainnya juga dapat terjadi. Bicarakan dengan dokter hewan anda mengenai efek samping yang tidak biasa atau gangguan lain yang terjadi.
  • Cuci tangan (orang) setelah pemberian obat secara langsung.
  • Untuk pencegahan di berikan setiap 3 bulan sekali. Apabila terjangkit di ulang seminggu kemudian dan dilanjutin lagi 2 minggu setelahnya ( misalnya tgl 1 dilanjutin tanggal 8 dan di ulang lagi tanggal 22 ).
  • Untuk mengontrol roundworms pada induk menyusui sebaiknya diberikan 2 minggu setelah melahirkan. Anak kucing sebaiknya dikasih sejak usia 4 minggu dan dilanjutin setiap 2 minggu sampai umur 12 minggu.

Kandungan Bahan-bahan
1 tablet mengandung:
Praziquantel ( Ph.Eur.) 50mg

Pyrantel embonate USP 144mg

Febantel 150mg

Apakah Kucing Suka?
No - no - no.
Tapi demi kebaikan...
Cini - cini mpus, biar sehat dan bebas cacingan.... Bahahaha.

Harga?
Harga 1 tabelt drontal sekitar 20rb/tablet.

Beneran itu harga 1 tablet?

Beneran!

Alasan Mengapa Merekomendasikan Obat Ini
Untuk yang memiliki banyak peliharaan kucing, obat cacing Pet Derm bisa jadi alternatif pilihan. Mengingat bahwa dalam 1 tablet obat cacing ini bisa untuk 10kg berat badan kucing. So, jika kucing Cat People ada 3 kucing dengan berat masing-masing 5kg, maka Cat People hanya butuh 2 tablet Pet Derm senilai 40rb. Sedangkan jika menggunakan merk Dr*ntal, maka dibutuhkan kurang lebih 4 tablet senilai 80rb. So, menurut saya akan lebih hemat menggunakan Pet Derm.


Semoga informasi dan review yang ditulis pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi Cat People yah :)

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi.

Sincerly,
Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

  1. Terimakasih banyak gan infonya 😁, btw ini kucing saya kecil badanbnya kbtulan saya bru adop ka , ga akan terjaid apa" kan ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Fuji Batara.
      Terima kasih kembali. Semoga tulisan sederhana di atas bisa jadi bermanfaat.

      Mhm, maksudnya bagaimana ya? Saya ga paham dengan konteks badan kucing yg Mas adopt kebetulan berukuran badan kecil lalu karena berukutan badan kecil bisa jadi terjadi apa-apa, misalnya sakit begitu?

      Aduh, saya tidak paham... :(

      Jika pertanyaan yg Mas maksud adalah seperti penjabaran saya di atas, maka tidak masalah kok kucing peliharaan kita berbadan kecil, yang penting sehat. Bawa ke dokter hewan ya, semoga badannya yg kecil bukan karena kurang gizi :)

      Semoga Mpus nya sehat selalu
      :)

      Delete
  2. gan saya pengen langsung ngasih kitten saya pet derm gk apa2 kan? (gk usah pake combantrin dulu). Buat pencegahan. Saya gk mau liat kitten saya mati lagi kaya kitten yg dulu. gara2 cacingan juga dan baru tau sekarang obatnya. Bisa kan gan?? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Pemberian obat harus sesuai dengan keadaan kucing, sakit apa dan apakah kuat diberikan obat dgn dosis tinggi atau bagaimana. Perhatikan juga banyaknya pemberian obat, karena satu tablet biaverm utk 10kg berat badan kucing, nah kucing kitten yang Mas pelihara berat badannya skrg berapa? Sesuaikan ya dosisnya.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Oke. thx gan buat sarannya. kitten saya sih masih kecil bgt. buat nanti pas umurnya dahh 3 bulanan.

      Delete
  3. nanya lagi boleh kan siss...
    itu kitten umur 4 minggu bener harus dikasih pet derm???
    kan kasian sis masi kecil... gk tega tuhh ngasihnya...
    *kebetulan ini kitten saya udah sebulan umurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Boleh.
      2. Saya pribadi ga pernah ngasih kucing usia sebulan / 4 minggu obat cacing merk pet derm, saya kasihnya yg lbh soft, obat merk well cacing tetes atau combantrin.

      Semoga jawbannya membantu.

      Delete
  4. Dear admin merk ini aman gak untuk kucing hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tidak memberikan obat cacing pada hewan yg menyusui kecuali dalam pengawasan dokter hewan.

      Delete
  5. Kalo dicampurin sama susu bisa ga?

    ReplyDelete
  6. Dear admin kucing saya langsung muntah lendir banyak sesekali kadang bercampur darah , karna di kasih obat cacing petdrem padahal obat nya ga sempet kemakan di keluarin lagi .
    Apa ini berbahaya , tp selang beberapa jam masih bisa jalan2 lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan.
      Wow, ngeri banget... Kucing saya dan kucing konsumen saya yang selama ini menggunakan pet derm engga pernah sampai muntah lendir bercampur darah. Kalau udah sampai bercampur darah, Agan patut curiga. Apakah kucing Agan ada sakit pada bagian dalam tubuh sehingga sampai bisa muntah darah? Atau ada masalah di area mulut misal calici, sariawan, gusi berdarah, gigi tanggal, dll?

      Karena selama saya memelihara kucing, br kali ini ada kucing minum obat cacing (engga diminum lagi obat nya, dimuntahkan lagi gan?) sampe memicu muntah darah, saya pribadi bingung membacanya. Kalau kucing mulutnya berbusa atau mengeluarkan liur pas dikasi obat mah sering, apalagi kalau obat nya pait, krn kucing menolak obat tersebut (mirip anak bayi / balita yang nolak obat pait).

      Saran saya bawa kucing segera ke dokter hewan, takutnya ada apa-apa.... Semoga senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
    2. Kasih obat cacing ya dengan cara nyiapin bulet2 gitu gpp kan,,, soalnya obat cacing ini bentuknya bulat bukan kapsul.... Jadi kalo d potong kan bentuknya jadi tajem gitu,,, gpp buat tenggorokannya?

      Delete
  7. Kak untuk kucing menyusui dan anaknya yg 2 bulan lebih, boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Sitiaidah, Mimin bantu jawab ya
      Sebaiknya tidak diberikan obat cacing pada kucing yang sedang menyusui kecuali dengan pengawasan dokter hewan ya kak

      Delete
  8. Ini beneran ampuh nggak kak obatnya?, soalnya aku kasih drontal ke kittenku eh ternyata nggak mempan, masih muntah cacing pita panjang banget..😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai testimoni :)
      Di toko saya ini lumayan laris dan banyak yg cocok. Tp memang msh lbh laris yg terkenal, yaitu Drontal.

      Delete
  9. Min kucing saya galak ketika dikasih obatnya, sarannya dong

    ReplyDelete
  10. Pernah pake merk ini gak seampuh drontal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak ErrieNitja, terimakasih atas sharingnya

      Delete
  11. Aku pernah pake merk ini tp gak seampuh drontal...

    ReplyDelete
  12. Gan,gimana kalau setelah dikasih obat cacing dimuntahkan lagi obatnya,apa harus di kasih obat lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, Mimin bantu jawab ya

      Obat cacingnya berbentuk tablet atau cairan kak? Jika tablet, bisa diberikan kembali sampai benar-benar tertelan

      Delete
  13. Gan,setelah 10 menit di kasih obat kemudian dimuntahkan lagi obatnya,apa perlu di kasih obat lagi?

    ReplyDelete
  14. Hallo,,
    Kucing saya kan masih kitten sekitar 2 atau 3 bulan usianya karena gigi depan nya belum tumbuh semua,,, masih kecil2... Nah kemarin itu kebetulan dia pup di tempat pasir kosong,,, nah pas saya mau buang pup ya ke toilet ada cacing2 putih gitu kaya lintah putih tapi kecil saya liat sekitar ada 3 biji yg keliatan,,, kaget,,, saya beli obat cacing ke pet shop di kasih x pet derm cat ini,, saya kasih sekitar jam 10an... Saya kasih setengahnya,,,, terus sekitar jam 5subuh,, kucing aku mengeong kenceng banget pas d liat selaput putih kucingnya kaya mau nutup gitu,,,, kagetkan,,, kaya mau pingsan,,, aku bangun2nin dia biar seger gitu,,,,, trs ga lama dia langsung muntah,, keluar banyak makanan2 yang baru dia makan,,,, terus abis muntah itu dia tidur... Trs aku khawatir sekarang takut itu selaput putihnya nutup lagi,,harus gimana ya sarannya,,, selain kedokter.... Kan tau sendiri dokter hewan mahal nya lebih dari dokter manusia... Biar lebih efektif dan efisien.... Kaget banget ampe mau nangis aku.... Semoga besok siang dia bangun ga kenapa2... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kucingnya tetep lincah terus,,, cuma kasian kok d liat2 jalannya kaya sempoyongan dan aga kaya deleng matanya... Aku fikir apa karena dosis ya kebanyakan d kasih setengahnya,,, harusnya seperempatnya,,, abang2 pet shopnya nyaranin ya segitu... Gimana donk,,, ga akan ada efek macem2 kan? Kita lihat nanti

      Delete
    2. Tapi skrng ga sempoyongan ga kenapa2,,, cuma takut selaput putihnya aja suka kaya mau nutup,,, jadi kaya harus d sadari kucingnya baru melotot, lucu tapi kasian mau nangis... Liatnya

      Delete
    3. Kondisi terbaru,, tadi sekitar jam 7 kucingku muntah tapi air doank sedikit,,, soalnya dia minum terus,,,, terus aneh dia pipis nya dimana aja dan sedikit2 pipisnya,,, trs ga lama dia pup aga lembek,, ga kaya biasanya,, pup nya pun sedikit2 dia bolak balik ke pasir,,, setelah pup, mungkin dia ngerasa lega,,, baru deh lincah lagi cakar2,,,, semoga ga kenapa2,,, aku elus2 perutnya,,, selaput putih matanya pun ga terlalu keliatan alhamdulillah,,, semoga ga kenapa2 next nya... Skrng kucingnya lagi bobo..

      Delete
    4. Padahal sebelumnya dia pup nya masih normal dia pup tiap hari,, pipisnya juga banyak... Ga ada gejala Cacingan,,, cuma takut Cacingan ya liat dari pup nya aja... Semoga kucingku sehat selalu... Dan kucingku terbilang suka banget minum,,, jadi curiga takutnya dia dehidrasi padahal di dalem ruangan ber ac,,, cek Google.. Ciri2 Cacingan katanya dehidrasi... Jadi aga curiga... Kasian kucing ku Meong2 manja gitu kaya cerita dia sakit apa.. Mungkin masuk angin...

      Delete
    5. Halo kak Unknown, terimakasih atas sharing mendetailnya

      Keadaaan kucing kakak searang baik-baik aja?
      Maaf ya kak, obat khusus cacing untuk kucing minimal boleh dikonsumsi diatas usia 4 bulan dengan takaran yang sesuai berat badannya :)

      Delete
  15. Ga biasanya dia manja tiba2 tidur depan kaki... Pengen di elus2 perutnya.... Tapi tetep lincah,,,, ga bisa diem...

    ReplyDelete
  16. Dia pipis d pojokan ga d pasir.. lamaa banget nongkrong ya... Pas d liat pipisnya sedikit... Kan aneh... Ga sekali doang lagi,,, kenapa yaa ada 3 kalian mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma setetes2 gitu... Apa kenapa yaa.. Tiap d sodorin air,,, dia minum terus padahal... Dia kalo aku k kamar mandi suka maksa masuk trs suka ga ketauan mau minum air di bak... Kucingnya ga takut air,,, kalo kecipratan air jg,, dia mah biasa aja,,, bukannya kabur... Kasian....

      Delete
    2. Ini kena flutd kak. Sebaiknya kedokter sblm parah. Kalo telat penanganannya bisa mati

      Delete
    3. Halo kak Chiro, terimakasih sudah bantu menjawab ya kak :)

      Delete
  17. Kesian nya dia naik ke kasur trs aku diemin,,, trs dia selo koran sendiri gitu ngadep tembok,, sambil mulutnya jilat2 gitu kaya nahan pengen muntah... Aku kira idung nya basah gitu,,, tapi ga basah da normal...

    ReplyDelete
  18. Kucing ku umur 2bln perut nya gendut skali sejak awal lahir. Tp aku baru brani kasih pet derm skrg ini,baru aj aku kasih pet derm 2 jam ,ampuh bgt yaa. Langsung keluar smua penghuni perut nya byk sekali.aku bakal kasih obat ini lg di 1 mgg dan 2 mgg kedepan sesuai anjuran. Sayang nya sodara kembar nya ga tertolong krn penyakit yg sama

    ReplyDelete
  19. Ka, pemberian obat nya untuk yg sdh terjangkit cacing setiap hari atau ada jeda beberapa hari ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, Mimin bantu jawab ya
      Pemberian obat cacing tidak setiap hari kak, minimal ada jedanya ya kak

      Delete
  20. Kak klo untuk kucing hamil bsa diberikan? Asal tdg melewati dosis yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, Mimin bantu jawab ya
      Kucing yang sedang hamil tidak boleh diberikan obat cacing dengan dosis tinggi, takutnya anak kucing nya ikut terkena efek samping dari obatnya ya kak :)

      Delete

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D

Popular posts from this blog

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Kering Kitchen Flavor Grain Free Adult

Review Makanan Kucing Kering Beauty Gold Persian Cat Food

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Warna Hitam Pada Paw Si Kucing Itu Kenapa Ya?

Review Makanan Kucing Healthy Pet Cat Super Premium Import Belgium