Sunday, April 26, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai obat Norit.
Norot adalah obat cina yang biasa digunakan saat seseorang (manusia) mengalami diare atau keracunan. Obat Norit ini sudah cukup terkenal dan dikenal cukup ampuh sebagai pertolongan pertama saat seseorang menderita mules-mules, diarem atau keracunan ringan.

Nah,
ternyata tidak hanya bermanfaat bagi manusia, Norit juga dapat bermanfaat bagi kucing peliharaan kita. Dikalangan Cat Lover kelas berat, Norit sudah cukup dikenal sebagai salah satu obat wajib dalam P3K Kucing. Selain bisa membantu meredakan diare juga bisa digunakan saat si kucing keracunan ringan.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk Norit.


Norit (charcoal) merupakan obat absorben atau penyerap bahan racun atau gas yang berada di dalam alat pencernaan. Obat ini dijual dalam bentuk tablet. Dosisnya untuk anjing adalah 4-6 tablet per ekor per 15 kg berat badan, dan untuk kucing 1-2 tablet/ekor. Pemberiannya cukup hanya sekali saja, baik untuk anjing maupun kucing.  Obat ini tidak dianjurkan untuk  kelinci, marmot, dan guinea pig.

Bila suatu saat Cat People menemukan anjing atau kucing anda buang air besar selama beberapa kali dalam beberapa jam dan kotoran yang dikeluarkan encer atau lembek, namun hewan kesayangan tersebut masih lincah meski sudah tidak mau makan dan dokter hewan yang Cat People percayai posisinya jauh atau tidak dapat dihubungi, maka berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk memberikan pertolongan pertama:
  1. Berikan tablet arang, Norit, dengan dosis sesuai berat badan anjing atau kucing. Berikan 2 tablet norit ke kucing berumur lebih dari 6 bulan dan 1 tablet ke yang berumur kurang dari 6 bulan. Berikan 8 tablet ke anjing dengan berat badan lebih dari 30 kilogram, 5 tablet yang berberat badan antara 29 kilogram hingga 15 kilogram, 3 tablet yang berberat badan antara 14 kilogram hingga 5 kilogram dan 1 satu tablet ke yang berberat badan kurang dari 4 kilogram. Pemberian dapat diulang 6 jam kemudian.
  2. Apabila anjing atau kucing sama sekali tidak mau makan maka berikan kuning telur setengah matang dengan cara mempipetkan. di pet shop sekarang juga tersedia gel bernutrisi dan vitamin yang dapat digunakan sebagai pengganti makanan sementara saat anjing atau kucing sakit. gel tersebut tinggal diusapkan ke lidah hewan dan akan terserap dengan sendirinya.
  3. Banyak pemilik hewan merasa minyak kayu putih berbahaya dan terlalu panas buat dioleskan ke perut anjing atau kucing, namun minyak kayu putih sering kali justru membantu mengatasi diare di hewan dan aman digunakan.
  4. Berikan obat cacing apabila anda belum pernah memberikan obat cacing ke anjing atau kucing tersebut.
  5. iare yang bukan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri ganas seharusnya bisa sembuh dalam waktu maksimal 2x24 jam dan hewan akan tetap lincah, jadi apabila melebihi waktu atau sebelum waktu tersebut hewan sudah tampak lemas tersebut maka sebaiknya segera dibawa ke atau menghubungi dokter hewan. 

Sumber-sumber:
  • http://dokterhewan.weebly.com/artikel-kedokteran-hewan/pertolongan-pertama-saat-anjing-atau-kucing-mengalami-diare 
  • https://www.facebook.com/notes/indonesia-peduli-kucing-ipk/p3k-untuk-kucing-_-oleh-erdisally-gustin/104558976276792


Semoga informasi yang ditulis pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi Cat People yah :)

Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

58 comments:

  1. Hay radio kucing. Ak bingung. Kucing ak lagi diare, tp dia masih mau makan sm minum. Malah makananya normal. Ky biasa. Cuma tiap kali makan mencret trus. Apa krna ga cocok sm makanany ?
    Ad yg recomendasiin smecta buat kasi obat diare. Cuma ak masih takut2 ngasinya. Kalo dia masih bs makan. Mnum, sm main2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smecta itu apa ya? Obat kimia?

      Nah, mencretnya kenapa dulu nih, jangan langsung kasih obat saat kucing mencret. Terutama mencret saat baru ganti makanan kucing, pada umumnya ada adaptasi pada proses pergantian makanan kucing, dan pada beberapa kucing jd mencret.


      Kalau tetap penasaran ingin memberikan treatment, coba gunakan minyak VCO. Cara penggunakannya bisa baca di Radio Kucing, cek halaman indeks Radio Kucing kemudian pilih & baca tentang minyak VCO.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Mbak, kalu anjing umur 2 bulan dosisnya berapa tablet ya mbak, soalnya dia pup sedikit dan berlendir,ada merah2nya sedikit.

      Delete
    3. Mbak, kalu anjing umur 2 bulan dosisnya berapa tablet ya mbak, soalnya dia pup sedikit dan berlendir,ada merah2nya sedikit.

      Delete
    4. Kalo anjing sy cacingan mb,,sy kasi combantrin pupnya keluar cacing.tp dogie nya masi mencret aja(cair) ditambah ga mau makan sm sekali.solusinya apa yah, mohon infonya pliss

      Delete
    5. Kalau udah pasti cacingan dan usia dogi udah cukup utk diberikan obat cacing khusus hewan, maka berikan yg khusus hewan / khusus anjing juga bisa. Kalau pakai combantrin mah engga akan smbuh tuntas, pemberian combantrin kalau saya pribadi biasanya utk kucing kecil di bawah 3-4 bln, pas mereka udah di atas 4 bln saya kasih obat cacing khusus hewan.

      Delete
  2. Halo- kucing saya orphaned, minum sgm llm+, sepertinya colic atau terlalu banyak diberi minum, sekarang diare cair kuning bening. Kucing saya belum buka mata dan masih ada sedikit umbilical cord. Saya harus gimana;_;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Billa.
      Anak kucing yang masih kecil dan masih cuma minum susu, pada umumnya pup nya masih encer dan cair. Saat kucing saya masih kecil dan hanya minum ASIK, hasil pup nya encer dan berwarna kekuningan, pup nya dibersihkan oleh induknya dgn cara dijilat. Dan td saya sempat diskusi dgn teman saya dan jawabannya sama...

      Jadi saya kira masih wajar jika kucing Sis yg msh minum susu saja warna pup nya seperti itu.

      Namun saya sangat menyarankan utk mengunjungi DRH sesegera mungkin utk mengecek kesehatan Si Kucing, krn berkonsultasi di internt banyak kemungkinan salah nya :) Alangkah lbh baik mengunjungi DRH :)


      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  3. Saya mau nanya kucing saya msh kecil dan sblmnya dia sht2 saja, di saat dia prgi keluar rmh tiba2 saya melihat dia sangat lemah dan mulutnya mengeluarkan air liur brlbh dan berbau, saya kwatir dgn kondisinya yg lemah dan tdk normal saya curiga dia keracunan tetapi yg saya heran di bbrnya ada luka sprti sariawan namun tnda2 dia skt lebih mengarah keracunan, badannya panas dan kotorannya encer berkapur. Tindakan awal yg saya lkkn adalah menjaga dia dari dehidrasi.
    Lalu yg ingin saya tanyakan bisakah kucing saya di berikan antibiotik pereda rasa sakit? dan jika di beri kuning telur apakah wajib mentah? Jika stngah matang bagaimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Sis, untuk kasus yang sudah complecated seperti ini kami tidak berani memberikan saran, takut salah. Saran kami segera temui dokter hewan atau petugas medis yang mengerti tentang masalah penyakit hewan. Semoga Mpus nya segera sehat kembali.

      Delete
  4. hai radio kucing, saya punya 4 kucing persmed kebiasaannya ngk mau makan catfood cuma mau makan ayam dan ikan kadang mau telur.. mau nanya gmna caranya supaya kucing saya bisa gemuk yah walaupun ngk makan catfood.. harus berapa kali dikasi makan ? dan satu lagi bagaimana caranya supaya kucing saya brhenti untuk kencing di kasur ?. mohon dijawab yah.. terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dewi Febriani, saya bantu jawab satu-satu ya.

      1. Kucing HARUS makan cat food (makanan untuk kucing), tapi dia tidak harus selalu makan dry food (makanan kering) atau wet food (makanan basah) yang biasa ditemukan di pet shop. Sis bisa juga memberikan home made cat food (makanan kucing yang dibuat sendiri di rumah), misal dengan memberikan ikan kukus, daging sapi atau daging ayam kukus, dsb. Jika ingin memberikan makanan kucig dengan home made cat food, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan serat dan vitaminnya. Bisa juga dengan membuat puding ikan atau ayam kukus wortel yg diberikan vitamin B Kompleks, Minyak Ikan, dsb.

      2. Kucing bertipe makan sedikit-sedikit tapi sering, saya sendiri penganut paham mangkok kucing harus selalu full. Jadi dia bisa makan saat dia mau.

      3. Supaya kucing tidak pipis di tempat yg tidak kita inginkan, kuncinya adalah dilatih. Untuk kasus yg sudah dipipisin, maka "bau khas" bekas kucing itu pipis susah hilang, walaupun oleh hidung manusia sudah tidak tercium. Maka kucing akan cenderung pipis kembali ke tempat itu. Hal ini sama dengan logika kucing yg sudah terlatih pipis di litter box akan kembali pipis di litter box, karena litter box nya sudah ada bau khas mereka.

      Semoga membantu.

      Salam.

      Delete
  5. tolong dong kucingku hari ini gak mau makan, makan cuma sedikit. trus tadi pagi dia juga muntah sekali. dia pupnya mencret berlendir dan ada darahnya sedikit diakhir pupnya. trus pup yg kedua cair bgt kayak cuma air doang tpi masih ada lendirnya. dia minumnya banyak banget, sampe dikamar mandi terus dia. dan kalo aku jauhin dia kayak kehausan bgt gitu. kucing ku bru umur sekitar 4bln. tolong dong aku bingung harus gmna pengen nangis aja rasanya liat dia kayak gitu. udah aku paksa kasih oralit, tpi tetep diare. tolonggg. jawab donggg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Fitriani.
      1. Langkah pertama adalah jangan panik dan jangan nangis.
      Karena kalau sudah panik dan nangis, akan sulit berfikir jernih dan melakukan tindakan untuk menolong kucing. Jangan panik, tapi tetap sigap dan waspada.

      2. Pertolongan pertama yang bisa Sis lakukan di rumah adalah memberikan si Mpus minum air bersih, jangan diberi air mentah apalagi air kamar mandi.

      3. Segera bawa ke dokter hewan hari ini juga. Karena bisa jadi kucing kena komplikasi penyakit (entah cacingan, diare, atau ada masalah dipencernaan). Kita tidak bisa menebak kucing sakit apa di dunia maya. Pertolongan dokter hewan saat ini adalah opsi yang terbaik.

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali.
      Segera dibawa ke dokter hewan ya.

      Delete
  6. mpus ku kmaren stelah aku ksih entrostop udah mau makan terus pupnya udah ngga ada drahnya tpi masih encer dan warnanya kuning kecoklatan. nah pagi ini dia mntah lagi. dan msih mencret. klo dikasih norit gmna cra ngasihnya, wktu aku ksih entrostop aku cmpur ma air dia ngga mau nelen. lngsung pil kmren di telen tpi tadi dikeluarin lgi. gimna dong. Drh dsni ngga ada.

    ReplyDelete
  7. Saya mau tanya, kucing saya muntah dan diare. Apakah jika diberi oralit dia akan sembuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Muntah dan diarenya krn apa? Cacingan? Keracunan? Segera bawa ke dokter ya untuk penanganan yang tepat :)

      Delete
  8. Maaf mau nanya obat ini untuk hewan apa aja yah apakah bisa untuk hewan lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mas Eko Parabowo.
      Saya pribadi belum pernah mencoba obat ini untuk hewan lainnya. Mohon maaf tidak bisa menjawab pertanyaan, Mas.

      Terima kasih.

      Delete
  9. Tolong dong saran nya saya d kasih kucing usia 4 bln makanan yg d kasih jelas beda dari kebiasaan nya , kucing saya makanan nya basah dia diare cairan pth dan TDK masuk makanan sedikit pun,saya coba kasih telur mentah tp tetap diare cairan yg parah nya badan nya mengeluarkan bau kasihan ...Tolong saya mesti kasih obat apa hampir 4 hr badan nya lemas karena TDK msk makanan selain telur kuning nya ... Tolong saran nya udah g tega liat nya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Jenny.
      Sepertinya sudah parah Sis jikalau sudah seperti itu selama 4 hari. Mohon segera bawa ke dokter hewan ya, Sis. Saya ga berani ngasih sarah apa-apa kalau sudah parah begini.

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali.

      Delete
  10. Kalau saya ini dikasih dua anak kucing umur sekitar 4-5 bulan, salah satunya sepertinya kena diare.
    Sudah sekitar 4-5 hari kotorannya keluar sedikit dari belakangnya, jadi saya selalu bersihkan setiap saat.

    Saat ini sedang ganti merk makanan (makanan yg biasanya kehabisan stok, tapi masih jenis makanan basah ikan tuna yg dicampur nasi).
    Kejadiannya sebelum ganti merk makanan.
    Apa harus diberi obat norit atau dengan minyak kayu putih saja sudah cukup? (Kucing saya takut dengan minyak kayu putih).
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan:
      kucing saya sudah dipisah dari induknya setelah diberikan ke saya, jadi saya tidak bisa memberi ASIK ke mereka.

      Delete
    2. Halo Sis.
      1. Diarenya kenapa? Apakah karena cacingan? Stress? Masalah pencernaan?
      2. Saran saya untuk tidak memberikan nasi kepada kucing, karena pada beberapa kucing mengakibatkan mencret.
      3. Saran saya jangan diberikan obat norit dulu, karena belum jelas kenapa si kucing mencret. Kalau si kucing mencret karena stress di lingkungan baru, solusinya adalah membuat si kucing nyaman dan senang di lingkungan baru. Kalau mencret cacingan, maka berikan obat cacing. Jika mencret karena masalah pencernaan, maka cek ke dokter hewan dan berikan penanganan yang tepat.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Delete
  11. Hi radio kucing, saya mau tanya kucing saya umurnya sekitar 8 bulan, kemarin tiba2 muntah dan sekarang jadi lemes banget dan ngga mau makan. ciri2nya mirip keracunan makanan ketika kucing saya yang lain ngga sengaja makan kadal. Kira2 selain pakai norit,
    1. bisa pake apa lagi ya?
    2. kucing saya biasa maka dryfood, kira2 ada saran wetfood untuk kucing dengan keadaan seperti ini kah?
    3. ada saran dokter hewan yang murah kah disekitar gerlong atau cimahi?
    4. pada saran no 2 di blog radio kucing disebutkan gel bernutrisi atau vitamin, apakah radio kucing jual salah satu antara gel atau vitamin tsb?

    terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Air kepala muda murni
      2. Royal Canin Recovery
      3. Ada. Chat aja ke saya ya.
      4. Jual. Chat aja ke WA ya.

      Sama-sama. Makasih juga ya.

      Delete
  12. Mau nanya.. Kucing ku persmed, udah hampir 3 minggu luka kena cakar kucing kampung pas dia atas ekor deket dubur nya, td nya kering aja..kupikir mau sembuh,cuma setiap kali di sentuh spt kesakitan,,di hari ke 10 malah keluar nanah dan sedikit darah..bau nya amis,baru keliatan ada luka terbuka lebar dan bernanah sampai sekarang blm kering,td nya sy pikir keluar nanah dr dubur/diare.. Sampai panik saya,lalu sy kasih obat cacing.. Eh ternyata itu nanah yg keluar dr luka, dah terlanjur di.kasih obat cacing.. Sekarang jd mencret pup nya..apa itu dr obat cabang nya..blm lg kering lukanyahrs mencret juga,,kasian.. Biar cpt kering obat nya apa..? Apa mencret nya dr obat cacing? Obat nya apa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika sudah sampai bernanah seperti itu, maka sepertinya luka susah mulai agak parah. Bawa ke dokter hewan ya, takutnya makin infeksi dan berbahaya bagi kesehatan dan nyawa si meong.

      Delete
  13. Halo radio kucing..
    Gimna nih kucing ku sdh 3 hari pup gak kluar . Gak mau makan. Usia nya hampir 2 thn jenis persia himalaya .prtma kli pup sdikit sprti biasa. Lalu strusnya gk bisa pup. Sudh di beri mikrolax hnya kluar sdikit. Tpi lemas dn tk mau mkan. Tolong dong saranyaa pliss. Scptnyaa mkasii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ktka minum air munth. Dn pup smpat mngluarkan cairan bening dan berbusa

      Delete
    2. Halo Sis Nova Aryatmi.
      1. Kucing ngga pup nya kenapa? Sembelit? Atau kenapa? Makan dan minumnya normal ngga? Sehari-hari dikasih makan apa? Apakah sudah cukup asupan air dan seratnya?
      2. Ngga mau makannya kenapa?
      3. Saya bingung mau ngasih saran apa. Karena saya belum tau duduk perkara masalah dan penyebab kenapa kucing ngga bisa pup nya.

      Maaf kalau informasinya belum jelas, saya ga berani ngasih saran apa-apa. Saran saya kalau Sis sudah panik begini, bawa ke dokter hewan adalah jawaban paling tepat. Ditakutkan makin sering dan makin banyak nanya ke orang yg non pendidikan dokter hewan maka Sis makin bingung "mana jawaban yg benar dan sebenarnya kucing sakit apa". Karena kalau cerita di online kayak gini, bisa jadi orang yg diajak sharing salah paham, atau juga yg ceritanya salah menangkap gejala penyakit atau salah penyimpulkan penyakit apa yg diderita kucing. So, bawa ke dokter hewan segera ya. Kasian 3 hari ga bisa pup, perutnya kerasa begah kayaknya.

      Segera bawa ke dokter hewan ya. Semoga Mpus nya segera sehat kembali.

      Delete
  14. Gak bisa pup karna gak bisa ngluarin pup nya sis.gak mau makan. Cuma mau minum. Dn udah gak kuat jln lagi gra" kelamaan pup gk kluar" .skrg kadaan nya lemes. Bolak balik pup gak kluar juga. Saran nya siss makasi bnyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa pup karna gak bisa ngluarin pup nya sis.gak mau makan. Cuma mau minum. Dn udah gak kuat jln lagi gra" kelamaan pup gk kluar" .skrg kadaan nya lemes. Bolak balik pup gak kluar juga. Saran nya siss makasi bnyak.

      Delete
    2. Kalau benar karena sembelit susah pup nya, bisa kasih minyak vco atau minyak zaitun murni (virgin olive oil / VOO), kucing saya suka minyak zaitun kebetulan jd ga susah pemberiannya.

      Tapi kalau udah sampai ngga bisa jalan, ini udah ngeri Sis, segera bawa ke dokter hewan ya.

      Delete
  15. Sis ternyta kcingku bukn susah pup. Dy susah kencing. Bisanya kcing nya 5 tetes trus ad drh nya. Kmren ak kasi air kelapa. Malamnya kencing trus. Emng blum ada drah dn lancar banget. Dy juga udh mau gerak. Trus td pgi knving juga tp ada drahnya trus. Smpe bndn nya basah karna kncing nya. Kalo makan ak kasi kuning tlur pake sntkan. Klo gk digituin gamau makan. Kira" itu proses penyembuhan atau makin parah sis. Tkutnya mati gra" kencing drah trus. Saranya sis. Makasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau sudah parah bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan benar oleh ahlinya. Sis, saya ga berani ngasih saran apa-apa kalau sudah parah begini. Saya sangat menyarankan untuk membawa ke dokter hewan ya. Ini menyangkut nyawa dan keselamatan kucing, konsultasi di internet sangat tidak disarankan jika kasus sudah seperti ini. Segera bawa ke dokter hewan ya. Segera ya Sis. Secepatnya ya. Kalau bisa bawa ke drh hari ini segera ya. Secepatnya ya...

      Delete
  16. Selamat siang... Maaf mau nanya

    Kemarin* kucing saya cacingan... Umur bru 2 bln... Sudah saya kasih drontal cat dan pupnya keluar bnyak cacing... Efeknya kucing saya jd gamau makan dan cuma minum trs,, sampai saya udah kasih penambah nafsu makan tp tetep aja blm mau makan smapi sekrang semenjak minum drontal... Bafannya kurus smpai terlihat tulang*nyaa kasian bgt... Sudah saya coba jg buat kasih telur ayam+madu tp tetep blm mau makan... Dan pupnyaa encer trs... Bisa minta tolong kasih pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kasih wet food dan dry food nya ganti ke royal canin digestinal :)

      Delete
  17. Sudah dua hari ini kucing saya tidak pup tapi kencing sering trus makan minum kaya biasa kalau makanan saya kasih Merk RC dan kucing ku umur 5bulan.kalau kaya gini apa yang harus di obat in pakai apa karena kucing nya juga masih lincah🙏🏿Tolong penjelasan nya🙏🏿

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kucing Bapak sembelit? Jika Ya, bisa mencoba menggunakan minyak zaitun murni VOO Biasanya pup kucing jadi lebih lancar... :) Soal takarannya saya mah pakai feeling hahaha, soalnya kucing saya doyan, jadi saya simpan di tangan nanti dia jilat-jilat sampai dia merasa cukup baru berhenti jilat.. :)

      Jangan lupa selalu sediakan air minum bersih untuk minum mpus ya Pak, agar kebutuhan mineral terpenuhi...

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Hi radio kucing...
    Kucingku beberapa hari ini susah BAB dan selalu kencing/mengeluarkan cairan. Tapi nafsu makannya normal. Dan sekarang dia muntah muntah dan perutnya bengkak. Solusinya apa yak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Susah BAB nya kenapa? Sembelit? Mengeluarkan cairannya dimana? Anus? Muntah-muntahnya kenapa? Muntah cairan kuning? Muntah lendir? Muntah cacing? Muntah makanan lagi? Peritnya bengkak knp? Abses? cacingan? Sembelit?


      Solusi nya adalah mengetahui kucing sakit apa lalu di obati.

      Saran saya tau dulu si kucing sakit apa, lalu berikan pengobatan yg tepat.


      Semoga kucing nya senantiasa sehat ya.

      Delete
    2. Kucingnya kalau mau BAB gk keluar.. kayaknya iya sembelit. Muntahnya muntah makanan, mungkin karena dia gk bisa BAB. Terus si kucing bagian ekor selalu basah dan selalu menjilati bagian kelamin. Itu obatnya apa ya?

      Delete
    3. 1. Kalau benar kucing Agan sembelit, sepengalaman saya sembelit pada kucing bisa coba di atase dengan cara coba kasih minyak zaitun murni VOO / Virgin Olive Oil yg buat dikonsumsi. Kucing saya suka minyak zaitun dan suka ngejilatin zaitun dr telapak tangan saya. Minyak zaitun bisa membantu melancarkan pup yg sembelit.
      2. Selalu basahnya kenapa? Menjilat bagian kelaminnya krn apa? Kucing lagi mandi / membersihkan dirinya atau gmn?

      Delete
  20. Anak anjing husky aku umur 1 bulan lg lemes bgt, kasian liatnya, kaya g bisa berdiri gtu, tulangnya semua pada leemes, kira² itu knp ya, belum bawa dokter jg sih, siapa tau dsini ada yg pernah ngalamin dn cara penanganannya gmn, tolong bantu ya kasian bgt ank anjing ngeringik trs pengen nangis liatnya lemes bgt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya bawa ke dokter hewan segera Sis, kalau tiba-tiba lemes sampai ngga bs berdiri gitu, takutnya kena virus...

      Delete
  21. Kucing aku kaya keracunan gitu , dan udah lemes bgt . Terus juga keluar banyak cairan dr idung sampe belakang . Pertolongan pertama nya apa ya . Karna disini hanya dekat dengan apotik . Dan tidak ada drh :( kucing saya yg kaya gitu total ada 6 , yang satu udah mati , yg satu lagi pergi gatau kemana . Dan dirumah sisa 4 yg masih kaya gitu . Saya takut kenapa kenapa .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa ke DRH segera, ditakutkan ini karena virus.

      Delete
  22. Saya mau tanya. Anak kucing sy umur 2bln. Dia poop nya wrnanya jdi merah gitu.. mkan,minum,geraknya juga kya biasa. Cuma dianya poop jadi sering bgt. Kadang lembek kdang keras, tapi ttep kemerahan gitu.sdah di ksih obat cacing. Ad yg bilang suruh kasih obat cacing, ada yg bilng diare ringan, gara2 gnti2 makanan,dll.
    Itu kenapa ya? Bahaya atau nggak? Solusinya gimana?
    Trimakasih🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketahui dulu penyebab kucing seperti itu baru dilakukan pengobatan yang tepat! :)

      Delete
  23. Halo radio kucing saya mau tanya, saya punya kucing persia usia sekitra 3 bulanan, kucing saya ini ga pernah saya kandangin tapi saya lepas aja di dalam rumah.
    Awalnya saya mau berangkat kerja kucing saya ini aktif banget. Tapi setibanya saya di rumah saya dapet kabar dari ibu saya kalo kucing saya meninggal.
    Pas saya cek taunya belum, kucing saya masih bernafas.
    Tapi, badannya kaku terus suka kejang kejang badannya juga ngeluarin aroma gak sedap tatapannya juga kayak kosong gitu.

    Apa ini termasuk gejala keracunan?
    Boleh saya minta solusinya.
    Tolong, saya butuh pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Bisa jadi kejala keracunan. Bawa kucing ke dokter hewan segera utk pertolongan.

      Delete
  24. Halo radio kucing, saya mau nanya kucing persia saya umur 3 bulan dia diare sm muntah", kaya karna kmrn di kasih minum susu pertolongan pertamanya gimana yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Diberikan produk yang bersubmber dari susu sapi kah? Saran saya hentikan pemberian produk yang bersumber dari susu sapi (susu ultra, dancow, dan sejenisnya). Bisanya kalau memang sumber muntah dan mencret nya dari hal tsb, setelah dihentikan pemberian maka akan mereda.

      Delete
  25. Halo radio kucing saya mau tanya kucing saya pup encer skli kmrin2 tp skrng sudah mulai pdat meski msh kategori menci,dan kerjaannya jilat2 anus sperti ada yg gatal gtu,dia angkat kaki terus, apa itu indikasi cacingan?
    Lalu tentang norit kucing saya berat y skitar 3 kg brapa norit yg hrus aaya ksh mksh

    ReplyDelete
  26. Apakah saat diare boleh dksh drontal cat

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D