Monday, January 11, 2016

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai manfaat minyak telon untuk kucing.

Yes, we talk about minyak telon. The oil that most Indonesian baby ever use it!

Minyak telon yang selama ini kita kenal sebagai minyak pijat yang juga berguna untuk menghangatkan tubuh bayi juga bisa digunakan untuk kucing, lho. Salah satunya untuk menghilangkan kutu kucing..~


Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk minyak telon:

Sumber: http://www.njonjameneer.com/

Sebenarnya produk minyak telon yang beredar di Indonesia ada dalam beberapa merk dari beberapa perusahaan, salah satunya K*n*care, My B**y, B*bylon, T*lon L*ng, Ny*ny* M**ner, dll. Nah, berhubung brand minyak telon yang pernah Radio Kucing pakai untuk menghilangkan kutu kucing adalah dari produk Ny*ny* M**ner, maka gambar yang dipilih untuk mewakili produk minyak telon adalah dari brand tersebut, hehehe. Namun sejatinya Cat People bisa menggunakan minyak telon dari merk apapun, kok :)

Kandungan Bahan-bahan
Untuk kandungan bahan-bahan pada setiap merk minyak telon berbeda-beda. Namun tetap ada kesamaannya, yaitu kandungan 3 bahan utama minyak telon, di mana 3 kandungan bahan utama ini pula yang menjadi sejarah mengapa minyak ini diberi nama minyak telon.

Jikalau Cat People memperhatkan, pada bungkus minyak Telon L*ng tertulis sejarah pemberian nama minyak telon. Kata telon berasal dari bahasa Jawa “telu” yang menunjukkan bahwa minyak telon dibuat dari campuran 3 jenis minyak alami, yaitu minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Saya jadi teringat ada istilah bahasa jawa yang merujuk kepada kucing corak 3 warna, yaitu hitam, putih, dan kuning atau nama bekennya calico, yaitu "belang telon".

Sumber: http://www.caplang.com/product/liquid/minyak-telon-lang/


Dosis & Cara Penggunaan
Untuk dosis, saya harus jujur mengatakan, use your own intuition!
Gunakan feeling alias perasaan dan perkiraan saat mengolesi minyak telon ke tubuh kucing. Jangan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan kucing kepanasan. Ingat, kadar toleransi kucing terhadap hangatnya minyak telon berbeda-beda, sama seperti bayi. Tidak semua bisa meng-handle hangatnya minyak telon dalam kadar yang sama. So, saran saya adalah untuk mengoleskan minyak telon dengan kadar yang cukup, sedikit-sedikit saja namun merata.
Berikut ini adalah cara penggunaan untuk kasus kutu pada kucing:

Kasus Kutu
  • Periksa tubuh kucing dengan seksama, dan temukan lokasi kutu tersebut. Biasanya kutu-kutu bersemayam dan bersembunyi di area belakang telinga, lipatan ketiak, bagian bawah perut hingga area sekitar kelamin juga ekor. Namun, dalam kasus tertentu, kutu-kutu tersbeut bisa saja sudah sangat parah dan berkembang biak dengan luar biasa hingga ke wajah kucing, bagian dada, dan juga ujung-ujung kaki dan sela-sela jari kaki kucing.
  • Karena kutu mudah berpindah dan berkembang biak juga bergerak dengan cepat, saran saya untuk mengoleskan minyak telon ke seluruh tubuh kucing kecuali bagian kelamin, anus, dan dari bagian leher ke atas sampai kepala. Jangan sampai kena mata, telinga, atau organ penting lainnya. Oleskan sedikit-sedikit namun merata. Ulangi beberapa kali dalam sehari, misalnya minyak telon di oles ke seluruh tubuh kucing sebanyak 2-3 kali sehari untuk memastikan kutu-kutu yang ada di tubuh kucing mabok, mati, dan kabur.
  • Untuk pencegahan, saya pribadi biasa mengoleskan minyak telon 2 hari sekali dan setelahnya tidak memandikan kucing. Mengapa? Alasannya ada di tulisan berikutnya :)

Setelah Kucing Diolesi Minyak Telon, Apalagi Yang Harus Dilakukan? Apakah Boleh Memandikan Kucing?
Pada kasus kutu, saran saya untuk mendiamkan dan membiarkan minyak telon tubuh kucing selama sehari-semalam sebelum memandikannya. Hal ini dilakukan agar kutu-kutu di tubuh kucing kucing mabok, mati, dan kabur. Gunakan sarung tangan berbahan handuk (jika tidak punya, bisa menggunakan kaos kaki bekas yang bersih) dan gosok tubuh kucing dengan menggunakan sampo/sabun yang dibusakan terlebih dahulu di sarung tangan handuk/waslap yang sedang digunakan. Sesekali cek sarung tangan handuk/waslap setelah menggosok badan kucing, biasanya akan ada kutu-kutu mati/mabok yang tersangkut di waslap. Lakukan hingga merasa yakin bahwa kucing sudah bebas kutu. Jika belum yakin, treatment ini dapat diulang 3 hari kemudian. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan minyak telon ke tubuh kucing selama menunggu waktu mandi berikutnya lagi. Ulangi sampai kucing benar-benar bebas kutu. Biasanya setelah 3 kali proses treatment ini dilakukan, kutu sudah tidak muncul lagi. 

Namun jujur deh, saya tidak memandikan kucing saya setelah mengoleskan minyak telon ketubuhnya. Karena menurut saya minyak telon tidak lengket jika dibandingkan VCO. Sehingga setelah dibiarkan beberapa jam, penampilan kucing saya yang awalnya lengket karena minyak telon pun kembali seperti biasa, seperti sebelum diberikan minyak telon. 
Sumber: http://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/KONICARE+MINYAK+TELON+125+ML

Apakah Aman Jika Terjilat Kucing?
Aman, Masbro dan Mbasis.... :)
Kebetulan saya menggunakan minyak telon untuk mengusir kutu kucing di kucing yang saya rescue di kampus, dan hasilnya kutu hilang, walaupun tidak instan yah, butuh proses, karena yang digunakan adalah bahan alami alias jamu.

Apakah Bisa Diaplikasikan Kepada Anak Kucing/Kucing Kecil?
Bisa, dong. Produk ini (yang asli, ya...) aman diaplikasikan kepada anak kucing atau kucing kecil. Asalkan pemberiannya tidak berlebihan dan memperhatikan kemampuan fisik si Anak Kucing apakah bisa tahan panas atau tidak. Bahkan pengaplikasian minyak telon dengan kadar yang tepat bisa menghangatkan tubuh kucing, terutama anak kucing yang baru di rescue.

Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Ada Induknya & Masih Disusui Induknya?
Saran saya jangan dulu diaplikasikan minyak telon, begitu juga dengan induknya. Dikhawatirkan Induk Kucing jadi enggan menyusui anak kucing karena bau anak kucing yang berbeda setelah diolesi minyak telon. Karen ada beberapa kucing yang memang tidak menyukain bau minyak telon. Tunggu sampai anak kucing lebih besar, misalnya usia 3 bulan. Saat usia tersebut pada umumnya anak kucing sudah bisa mengkonsumsi makanannya sendiri, misalnya wet food atau dry food kitten. Jadi, jika setelah diolesi minyak telon Induk Kucing tidak mau menyusui anak kucing, maka anak kucing masih tetap bisa bertahan hidup dengan mengkonsumsi makanan kucing lain selain ASIK (Air Susu Induk Kucing).

Kucingku Kok Jadi Mencret/Pup Lembek Setelah Diolesi Minyak Telon?
Hal itu terjadi karena kucing tidak sengaja menjilat minyak telon yang dioleskan ke tubuhnya. Jika kucing mengalami mencret atau pup menjadi lembek setelah di olesi minyak telon, jangan panik. Itu adalah mekanisme kerja tubuh kucing untuk beradapasi. Saat kucing menjilat minyak telon, maka minyak telon masuk ke dalam tubuh kucing dan dicerna di organ pencernaan. Flora usus di dalam organ pencernaan kucing tidak semua dapat beradaptasi cepat, dan biasanya yang sedang beradaptasi menjadi mencret atau pup nya lembek, hampir sama mekanismenya seperti kucing sedang beradaptasi dengan makanan yang baru. Jangan khawatir, nanti juga normal lagi kok :)

Beli Minyak Telon Di Mana?
Minyak telon biasanya dapat mudah ditemukan di Apotek, Toko Obat, Toko Obat Tradisional, Mini Market, Swalayan, bahkan warung. Menemukan minyak telon memang lebih mudah dibandingkan menemukan minyak jenis lainnya, seperti minyak jarak, VCO, tawon, atau banleng.

Harga?
Untuk minyak telon ukuran 60ml pada umumnya bisa didapatkan dengan harga 10rb-20rb/botol kecil. Harga bisa berbeda pada tiap toko dan daerah.


Alasan dan Kesimpulan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Bahan alami. Jika tidak sengaja terjilat oleh kucing tidak menimbulkan keracunan. Aman dan ramah lingkungan. Harga murah. Dan juga bisa double manfaat, karena bisa digunakan juga oleh manusia. Selain itu, produk ini merupakan produk dalam negeri. Memang, penggunaan produk ini dalam mengusir kutu tidak bisa instan, namun menurut saya sangat worthed dengan harga dan keunggulan lain yang ditawarkan. Saya juga suka dengan wangi minyak telon, hahaha.



Semoga informasi ini bermanfaat.



Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , ,

104 comments:

  1. Saya punya pengalaman nih waktu baru adopsi snowy dari pasar.kutu nya banyak banget.ketularan dari induk dan sodara² nya mungkin ya. Waktu itu snowy masih umur 3 bulanan mungkin.warna bulu nya putih solid,jadi keliatan bgt kan kutunya jalan².keturunan anggora(ibu)&kampung(bpk, kayaknya c).oh ya untuk menghilangkan kutu mending di mandikan pake air hangat(jgn sampe kepanasan airnya untuk kitten, kasian). Terus sabuni pake sabun pencuci piring, yak sunlight.secukupnya aja sunlight nya,jgn kebanyakan,tar susah ngilangin busa nya.di elus²,bilas,angkat.eh emang piring ya.hehe.terus handukin n peluk dengan hati².oh ya perhatikan memandikan kucing yg benar n baik ya.biar pus nya gak trauma.dijamin kutu n telur² nya mati.jalan terbaik karena gak "bondo" (baca:modal, maklum belum persiapan adopsi).semoga bermanfaat untuk cat lovers ya... salam kenal radio kucing...

    Oh ya sekalian tanya dong, berhubung snowy putih solid, klo dia kena jamur ato ear mite (kutu kuping) itu gimana ya? Kan katanya warna putih gitu kutu nya... thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dwi Nurjanah.
      Terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan radio kucing.

      Untuk earmites setau saya (informasi dari dokter hewan tempat saya mengkonsultasikan masalah kesehatan Si Belang), bahwa earmites hanya bisa d cek di bawah microscop. Saran saya utk membawa ke dokter hewan guna mengecek kesehatan Snowy secara keseluruhan.

      Semoga mambantu :)

      Delete
  2. saya punya anak kucing baru datang 1 hari tepatnya pada tanggal 26-oktober-2016 pada dini hari jam 2:00am dan skrng 27-oktober-2016 dikirim dari cilacap melalui bus, dan saya belum melihat PUP dari si kitten itu umur 2.5bln kurang lbh nya, bisa diinfokan apakah itu wajar? Dan apa bsa gunakan minyak telon? Mohon jawabannnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rudy Agung.
      Apakah kucing terlihat sudah mau makan? Kalau Si Kucing mau makan berarti dia pup, bahkan kalau stress selama perjalanan dia bisa pup mencri.

      Kalau Si Kucing ga makan, biasanya dia ga pup (karena ga ada yg dikeluarkan). Yang saya takutkan kucing Mas Rudy ga pup karena dia ga makan, dan dia ga makan karena stress. Baik stress yg bisa jadi diakibatkan perjalan (trauma, takut, stress suara, goncangan, dll) atau juga bisa ditambah stress ditempat baru (susah atau belum beradaptasi, merasa sendiri krn jauh dr induk/keluarga, dll)

      Minyak telon setau saya bukan treatment untuk membuat kucing pup.

      Sudah dijawab ya.
      Semoga membantu. Alangkah baiknya segera berkonsultasi ke dokter hewan untuk jawaban yang valid. Karena saya cuma membantu menjawab berdasarkan pengalaman saja.

      Semoga Mpus nya sehat selalu.

      Delete
    2. Makan minum lancar, buang air kcil lancar sampai saat ini pun saya belum lihat PUP nya, aktifitas masih lincah saya ajak main mau yang saya takutkan gak PUP apa memang umur seperti itu pupnya kcil sehingga saya tidak melihat

      Delete
    3. Halo Mas Rudy, kucingnya ada induknya ngga? Kalau iya, kadang pipis dan pup nya dijilat oleh induknya :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sy baru aja addopt kitten persia umur 2,5bln.
    Pas saya liat trnyata ada kutunya. Tp ya ga bgitu byk si cuma takut aja kulitnya jd infeksi atau gmn2.
    Brti sy pakein minyak telon gpp kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Eka Fitrianingsih.
      Gpp, Sis. Saya pernah coba ke kucing usia 3 bln an aman.
      Asal minyak telonnya jangan kebanyakan ya... :)

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu :)

      Delete
    2. Ya kak makasih. Tp stlh pkai minyak telon dia diare 2harian ini.
      Itu efek minyak telon apa krn gonta ganti mkn ya? Soalnya kalo kitten ku seharian dikasih menu yg sama gamau.

      Delete
    3. Gonta ganti makanan pada kucing biasanya memang bikin mencri. Krn perut jadi beradaptasi lagi.

      Delete
    4. Oiya kemarin akhirnya makan lahap. Seharian aku kasi tongkol rebus kak. Kira2 aman ga ya heeehehe

      Delete
    5. Aman, selama direbus tidak mengandung garam... :)

      Delete
  5. ka q mau mnta solusi dong gmn
    tdi saya nemu kucing msh kecil 2 blnan mngkin)
    tpi diem aja cuma meong2 (mngkin kesakitan atau mnta tolong)
    ky ny ada yg injek atau trtabrak
    tpi yg bingung ini yg kena kaki ny apa perut ny
    soal ny d lubang blkng ny keluar sprti cairan gt
    merayap bsa sedikit2 cuma mngkin kesakitan gt
    mhon solusi ny yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nevis Miller.
      Saran saya Sis segera melakukan pertolongan pertama yaitu memberikan si kucing makan. Jika dilihat kucingnya masih sangat kecil, saran saya untuk memberikan susu kucing per 1 jam atau per 2 jam sekali dengan suntikan tanpa jarum, pipet, atau menggunakan dot kucing lebih baik.

      Kemudian saran saya segera untuk membawa si kucing ke dokter. karena pertolongan tenaga medis yg tepat dapat menyelamatkan nyawa.

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali ya.

      Delete
    2. mksh masukan ny k, mf bru reply
      skrg kucing ny udh bsa jln hehee, wlaupun msh nahan sakit ky ny

      Delete
  6. Saya punya kucing persia baru 3bulan baru beli 1minggu yang lalu dan buanyak selali kutunya dan lunar ke kucing kucing saya dirumah, apakah aman kalo kitten di kasih minyak telon tanpa dimandikan? Dan minimal berapa hari sekali penggunaanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman Sis...
      Kalau kucingnya masih kecil banget, jangan terlalu banyak minyak telonnya yah :)

      Delete
    2. Cara pemakaian minyak telonnya gimana ya? Terus ada efeknya gak gan?

      Delete
    3. Cara pemakaiannya ada di tulisan di atas, Sis.
      Silahkan dibaca dengan seksama... :)

      Delete
  7. sis, kucing ane sedang hamil kurang lebih 1 bulanan.
    apakah aman dikasih minyak telon? apa berbahaya untuk kandungannya?
    pemakaian hanya minyak telon atau di mix dengan minyak sereh?
    saya sudah coba dengan kalung anti kutu selama seminggu namun kutunya masih ada.
    mohon jawaban dan informasinya ya sis, terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dusty Zone.
      Pake minyak telon aja :)
      Lbh soft...

      Delete
    2. Sis kucingku juga lagi hamil muda
      Baru^ ini kena kutu. Minyak telonnya bneran aman kan buat kucing hamil?? G ngaruh ke janinny kan?
      Makasii sebelumnya

      Delete
    3. Halo Sis.
      So far belum ada laporan kenapa2 soal kucing yg pakai minyak telon saat sedang hamil.

      Saran saya, jika Sis ragu jangan dilakukan treatment ini, dan segera bawa Si Mpus ke dokter hewan. Karena dibawah penanganan tenaga ahli tentu lebih baik :)

      Delete
  8. saya punya kucing usia 2 bulan, beberapa hari ini dia sering menggaruk-garuk tubuhnya, saya khawatir terdapat kutu.
    dan akhirnya semalam saya priksa terdapat kutu dan saya berikan minyak telon ditubuhnya,
    namun seharian ini dia hanya lemas tidak seperti biasanya, aktivitasnya pun terbatas,
    mimin mohon infonya apa yang harus saya lakukan..
    saya hawatir dia akan mati.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Intan.
      Pemberian obat kucing pada anak kucing jangan kebanyakan ya, takutnya ia merasa kepanasan. Saran saya coba beri si kucing makanan yang enak yang dia suka, bisa dengan cara memberikan wet food sampai akhirnya ia pulih benar dan ceria. Jika sudah fit bisa memandikan kucing saat cuaca sedang panas, siapa tau si kucing tidak nyaman dengan bau minyak telon ditubuhnya maka dari itu dia jadi murung.

      Jika selama 3 hari si kucing masih murung juga, maka segera bawa ke dokter hewan ya, ditakutkan kejala dari penyakit lain.

      Semoga kucingnya segera sehat kembali ya.

      Delete
  9. hai sis,aku mau tanya, kalau kutunya ke muka muka juga bagimana sis? kucing saya warnany gelap tapi kalo di senterin banyaj yg jalan dimukanya. apa perlu di kasih minyak juga mukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis, pake obat semprot anti kutu yang aman dijilat Sis.
      Cek Tokopedia kami ya.

      Delete
  10. kak mau tanya... kucingku umurnya belum ada seminggu.. baru di adopsi dan ternyata pas dilihat banyak kutunya.. kasihan, takut tambah banyak. kalo dimandikan kasihan umurnya terlalu muda.apa di kasih minyak telon aja ya kak? makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Tapi dikit aja ya. Sambil di cari kutu nya dan di pites diluar tubuh kucing ya.

      Delete
  11. Saya punya kucing persia umur 2 Bulan kutu ny bnyak sampai bulu ny ad yg tipis2 sudah saya mandikan tpi msalah ny gimana ya ilangin telur guru yg nempel tu susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Memang menghilangkan telur kutu yang menempel itu butuh kerajinan, ketelatenan, dan kesabaran. Harus dicabut satu-persatu dan lakukan dengan pelan-pelan ya, agar Si Mpus ngga kesakitan.

      Semangat ya.

      Delete
  12. Mba mau nanya, tadi kan sya gk sengaja kasih minyak kyu putih ke badan nya,terus kaya nya kejilat dia.. terus di mulutnya langsung ada lendir berbusa gitu.. 😟 kucing nya jga jdi gk bisa diem & gk mau minum susu...
    Itu bahaya gk ya..?
    Tkut kucing nya mati 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Luluk Nur Damayanti.
      Bisa jadi kucing berbusa dikarenakan panas menjilat minyak kayu putihnya. Wajar dia ngga mau minum, kan minyak kayu putih saat kena air malah makin berasa "mint" nya. Saran saya paksa banyak minum. Juga pancing nafsu makannya dengan dikasih makanan kucing yg enak-enak, salah satunya wet food.

      Semoga membantu.

      Delete
  13. Nahh kalau anak anjing usia 3Bulan jenis minipom boleh gak di kasih minyak telon? Setiap habis aku bersihin badan Nya gak lupa ku kasih Bedak baby dan minyak telon..hehehe
    Tp setelah aku bersihin dan pakaikan minyak telon..dia langsung tidur pulas bangett..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi cerita, Mba.
      Sepertinya anget ya jadi pulas :D

      Delete
  14. Kucing ku naru banget di adopt, nemu di poa satpam, langsunh dimandiin, tapi pake sabun bayi, pas lagi tidur ia aku lait ada kutu jalan2. Awalnya satu srkarang ada banyak. Pas dikasih minyak telon dia menggeliat, mungkin karena kebanyakan kali yak '-')a tapi dia juga jadi enggan djilat tubuh da abis akunya ngoles ke seluruh badan. Gak apa2 kan ya '-')a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Putri Diwanti.

      Gpp Sis, beberapa kucing jadi enggan menjilati bulunya saat sudah diberikan minyak telon karena engga suka bau nya atau 'rasa' nya. Nanti setelah dimandikan dan bulunya kering juga pada umumnya akan biasa lagi... :)

      Delete
  15. Replies
    1. Halo Sis Megasari Saktui.
      Setau saya nggak bisa, Sis.

      Delete
  16. Halo kak, aku baru adopt kucing seminggu yang lalu. Umurnya 5bulan. Pertama kali aku mandiin, aku liat banyak bintik bintik dibulunya, kaya debu. Jadi aku fikir cuma corak aja dibulunya karena dia engga ada kutunya juga. Semakin lama bulunya makin rontok, dia juga sering garuk garuk. Aku liat lagi bintik bintiknya makin banyak sampai ke kepala. Pas aku senter pake lampu ternyata bintik bintik itu bergerak!!! Terus kucing aku jd tidur terus seharian kaya lemes gitu. Bisa engga ya bintik bintik itu mati pakai minyak telon?:( kasian kucingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dita Octaviani.
      Saya coba jawab satu-satu ya...

      1. Rontoknya karena apa? Rotok bulu pada kucing bisa jadi krn pakan, stress, penyakit, cuaca, birahi dll. Lalu buru ront

      2. Sering garuk-garuknya di area apa?

      3.Bintik-bintik itu bisa jadi anaknya kutu bisa juga tungau, dll. Usia kucing nya sudah brp bulan? Kalau sudah agak besar dan kondisi sehat, bs diberikan obat kutu/tungau. Ada macam-macam merk dan jenis, bisa dipilih sesuai kebutuhan.

      4. Kalay bintik-bintik itu anak kutu, kemungkinan bisa di treatment dgn minyak telon. Tp ga instan ya Sis, kalau mau instan gunakan obat tetes kutu (tidam boleh sampai terjilat kucing).

      5. Kucing lemas bisa jd dia merasa gatal krn bintik-bintik yg Sis sebutkan td, atau dia ga betah di lingkungan baru atau dia juga stress di lingkungan baru, dll. Bisa jadi lemes krn proses adaptasi. Saran saya sering ajak main kucing dan berikan makan yg enak-enak biar Si Kucing tau d rumah barunya dia dapat yg lebih baik (tp resikonya adalah jika kucing udah tau makanan enak, dia bakalan "manja" dan susah makan makanan kucing yg lain).

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  17. Belum tau juga rontoknya karena apa, garuk garuk dileher yang paling sering. Sebelum sebelumnya dia lincah seneng bermain waktu 5hari dirumah. Aku kasih ayam rebus kadang kadang. Umurnya 5bulan. Kalau dikasih obat revolution itu bagus engga ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo lagi, Sis...
      Saya jawab satu-satu ya...

      1. Jikalau Sis belum tau rontoknya kenapa, saran saya segera bawa ke dokter hewan utk cek keseluruhan kondisi Si Kucing.

      2. Garuk-garuk di area dekat telinga bisa jadi scabies (biasanya di daun telinga), kutu (biasanya berkumpul di area leher / belakang telinga), jamur (biasanya berkumpul di area leher / belakang telinga), earmites (kutu di dalam telinga, tp biasanya kucing juga jadi garuk-garuk di area dekat telinga jika sedang terkena penyakit ini).

      "Aduh Kak, aku bingung. Kasian kucing aku. Jadi kucing aku sakit apa?".
      - Saran saya utk membawa ke dokter hewan segera utk mendapatkan jawaban yang pasti. Jika terkendala masalah dana, coba googling tentang penyakit yg saya sebutkan tadi dan cocokkan dgn indikasi yg terjadi pada kucing Sis.

      "Aduh Kak, aku udah searching tp aku ga paham. Tolongin kucing aku Kak, kasian dia...."
      - Konsultasi online membutuhkan kerjasama dua arah, yg memberitahukan penyakitnya apa paham tentang apa yg terjadi pada kucing nya dan yg di ajak konsultasi juga paham dgn apa yg terjadi. Jika salah satu mentok, maka ga akan ketemu titik temu nya. Jadi saran saya bawa kucing nya ke dokter hewan jika Sis bingung tentang apa yang terjadi pada kucing Sis.

      3. Bagus. Asal sesuai penyakitnya.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Akan saya coba bawa ke dokter hewan kak terimakasih banyak infonya yaaa kak, sangat membantu

    ReplyDelete
  20. Malam mau tanya minyak telon bisa menghilangkan telur kutu secara bertahap gak ya? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika yang dimaksud menghilangkan adalah si telur kutu yang nempel di bulu jd hilang / jatuh kayaknya sulit, telur kutu yg nempel di bulu memang harus dicabut perlahan.

      Delete
  21. Hai kaa, aku mau minta saran.
    Aku punya kucing umur 11 bulan jenis persia peaknose jadi di bulunya banyak banget kutu pasir (kutu pasir : bentuknya spti telur kutu manusia namun lebih kecil lagi) kasihan liatnya suka garuk garus dan kepalanya smpai pitak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sri Mukti Wulandari.
      Lalu yg ditanyakan apa, Sis? :)

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat ya :)

      Delete
  22. halo sist, mau tanya.
    klo kita yg diserang kutu kucing liar, kita yang diolesin minyak telon kutunya jadi gak mau gigit kita ga?
    Soalnya gatelny banget-banget, dan susah nangkep kucingnya karena pada main di genteng rumah apalagi nyari kutu kucingnya yang gak keliatan ada dimana. Pikir mau panggil pest control yang khusus bagian kutu, tapi sementara orangnya belum dateng, pake minyak telon bisa cegah gigitan kutu nya ga? soalnya kemarin coba pakai sofell gak mempan.
    Terima kasih ya atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ivon.
      1. Minyak tawon, minyak kayu putih, minyak telon, dan minyak sereh, setahu saya minyak-minyak tsb bisa mencegah dan mengobati gigitan serangga di badan.
      2. Kebetulan saya juga menjual produk anti kutu / rayap / kecoa. Kalau Sis mau bisa kontak ke saya, harga murah meriah :)

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Delete
  23. halo kak, mau tanya.
    saya punya 4 anak kucing usia 1 bulanan, dari usia 2 minggu sudah ditinggalkan induknya. biasanya kan anak kucing kalau ngebersihin badan dijilatin sama induknya, berhubung induk mereka nggak ada bolehkah memandikan anak kucing usia segitu? soalnya badan mereka mulai kotor dan agak bau, saya takut mereka terkena penyakit. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Naba Dalayuma.
      Sepengtahuan saya pribadi, usia kucing sebesar itu masih terlalu kecil untuk dimadikan. Baiknya jika badan kucing sudah mulai kotor dan berbau, di lap saja dengan tisu basah khusus bayi.

      "Gapapa tuh Kak nanti kejilat sama kucing nya? Nanti kucing nya kenapa-kenapa."
      - Aman. Kan tisu basah untuk bayi aman. Jangan lupa keringkan kucingnya setelah di lap dengan tisu basah dan beri lampu agar kucing tetap hangat ya.

      Semoga jawabanya membantu.

      Delete
  24. selamat sore kak ,lalu bagaimana jika menghilangkan telur telur kutu nya? saya ada obat buat kucing ini ,mengandung fipronil dan deltametrin ,apakah bisa dgn obat tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Setau saya utk kutu kucing harus dicabutin dengan rajin.
      Kebetulan saya belum pernah menggunakan obat tersebut, jadi belum bisa memberikan jawaban.

      Semoga senantiasa sehat selalu kucingnya :)

      Delete
  25. Sis kalau kutunya smpai kemuka gitu gmna sis, apakh bsa d pakaikn minyak telon? Soalx byk bget ktux d bgian leher smpai ke wajah. Ksian liatnya �� ..
    Dn apakh bsa minyak telon d pakai pada bayi kucing umur 1 hri, krna kitu dri induknya pindah ke anknya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ifha fauziah.
      1. Tidak bisa, nanti kucing kepanasan atau malah melukai organ penting seperti mata atau hidung.
      2. Usia kucing 1 hari terlalu rentan diberikan treatment minyak telon. Tunggu kucing agak besar dulu ya. 2 bulan aman.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  26. Kak mau tanya kan rumah saya lantai 2 umur kucing saya masih 2.5 bulan apakah boleh saya lepas dirumah ? Sama untuk permasalahan kutu, lebih ampuh pakai telon atau air lemon.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Saya belum pernah pakai air lemon, jadi saya tidak bisa memberikan pendapat.
      2. Kucing memang seharusnya lepas liar dan bebas. Hanya saja saat dipelihara di rumah kucing jadi di domestikasi menjadi hewan peliharaan yang pada umumnya tinggal di rumah. Ngga apa-apa kok di lepas di rumah, kucingnya nanti bisa main-main dan lebih bahagia. Kalau Mas Luqman khawatir takut kucing manjat ke lantai 2 dan jatuh/terluka, saran saya sediakan ruangan khusus kucing, jd nanti kucing bisa main di situ.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Delete
  27. tolong tanya dong, kucing ak kena ringworm kayaknya.. bukunya rontok gt dan model rontok ya bundar gt, dikasih apa ya? bisa ga dikasih betadine / minyak telon/ minyak tawon? pls help.. kasian mpus nya >.< makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Felice.
      Setau saya ringworm itu sejenis jamur. Mandikan saja dengan sabun hijau, Sis... :) Juga bisa sambil di treatment menggunakan minyak tawon.... :)

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  28. Min kucing saya baru umur 3mingguan udh kena kutu...masi nyusu...induknya juga ada kutunya kynya...boleh gak anaknya di kasi minyak telon...terus boleh gak si kitten umur 3 minggu di mandiin..makasi min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini bukan dgn Min. Gpp ya yg jawab saya bukan Min.

      Saran saya tunggu agak gede dulu, kalau terlalu kecil takutnya kepanasan dan ga nyaman ke kucingnya. Usia mandiin kucing mending 2.5 bulan ke atas dan cuaca sedang hangat. Juga pastikan si kucing sehat saat dimandikan.

      Semoga jawaban membantu.

      Delete
  29. Hihii mav yak salah manggil :D
    Oiya kalo indukannya yg di kasi minyak telon atau di mandikan boleh tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Syam Budi.
      Induknya sedang hamil? Jangan dimandikan. Sedang menyusui? Jangan dimandikan juga, mandikan tunggu anak-anaknya lebih besar dan siap makan selain ASIK. Untuk pertanyaan Agan yang lainnya sudah di jawab di tulisan di atas. Silahkan dibaca dengan seksama :)

      Delete
  30. Kak saya mau tanya, Mertua aku punya anak kucing peranakan persia 3 ekor kak, 2 jantan 1 betina, keknya yg jantan 2 2nya kena scabies.. umurnya kira2 2bulanan kk..
    Kmren sempat diperiksa katanya sih jamur, tp kalau liat penampilan di wajahnya mirip scabies gitu,
    Kmren sempat ditanya, kalau disuntik 250rb an sekali suntik, itu gtw apa sekali suntik atau berapa kali.. krn lagi gk da duit 😢😢
    Kira2 dimandiin pake sabun sulfur ttus diolesin minyak telon bs sembuh gk ya kk? Kesian mpus nya kk 😢😢😢 klo yg betina malah sehat bugar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Winda Aw.
      Pakai sabun sulfur, sabun hijau, atau Asepso bisa.
      Kebetulan sabun hijau saya jual 5000an, bisa beli k saya. Atau Sis juga bisa cari merk-merk sabun tersebut di warung, minimarket, dll.

      Saran saya jika benar karena scabies, pengobatan kucing sekalian di treatment dengan obat scabies, bisa menggunakan salep scabies atau obat semptot scabies.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  31. Maaf mau nanya, kalau kutu di area leher apa boleh d kasih minyak telon ? Kalau g boleh, solusi kutu dileher gmn ? Banyak kutu pasir (kutu yg kecil" kyk debu tp kutu). Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Ada obat well kutu semprot. Coba cek Tokopedia saya, Sis. Ada testimoninya juga distu :)

      Delete
  32. Kak, kalau aku kasih minyak telon tanpa di mandikan hingga 2 Minggu - 1 bulan bolehkah ?
    Trus selama itu, maksimal di kasihnya berapa kali ? Apa hanya di selang 3 hari treatment-nya tanpa mandi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Hilyatul Diniyah.
      Ngga jadi masalah kok :)

      Delete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Mau nanya nih saya pakai minyat kayu putih ke badan dia tu.. Dijilatnya.. Kata pp saya nanti bisa keracunan tktnya gitu saya panik saya kasih air ke kakinya kk .. Itu dijilat aman gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ismi.
      Saya belum pernah nyoba pakai minyak kayu putih, soalnya saya takutkan kepanasan untuk kucing. Maaf blm bisa membantu.
      Sis bisa coba minyak telon atau minyak tawon. Jangan lupa cek reviewnya di blog ini ya :)

      Delete
  35. kak mo tanya,, ini setelah dikasih minyak telon kucingnya kok langsung tidur gitu?? terus minyak telon bikin bulunya rontok ga kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kucingnya nyaman kali badannya anget jd enak tidur.
      Kucing saya setelah di kasih minyak tawon malah ga suka, mukanya syebel gitu. Pas beres dimandiin baru keliatan enakan.

      Di kucing saya ngga bikin rontok. FYI, rontok pada kucing bisa macam-macam penyebabnya, dr mulai cacingan, kurang gizi, kutuan, jamuran, birahi, dll.

      Delete
  36. Bagaimana jika di berikan ke induk kucing yang sedang menyusuin anaknya? apa boleh di berikan minyak telon ke indukan kucing yang sedang menyusuin anaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah, hehe. Asal jangan ke area perut (apalagi sampai kena puting), kasian dedek bayi kucing nya entar mulutnya panas / jadi ngga mau nyusu...

      Delete
    2. jadi ngak apa-apa ya ,, apa harus di pisah dulu 10-15 menit baru di gabungin lagi sama anaknya(setelah memakai minyak telon) atau ngak usah di pisah?

      Delete
  37. Halo kak mau nanya, pmakaian mnyak telon atau mnyak kayu putih pada kucing yg lg hamil kira2 aman atau gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Rhyan.
      Saya blm pernah pakai minyak kayu putih ke kucing, IMHO karena minyak kayu putih terasa panas pada manusia, apalagi pada kucing. Kalau menurut saya, menggunakan minyak telon ke kucing hamil dalam tujuan apa ya?

      Delete
  38. Pas baca komentar ada yg pakai sofell. Aku dapat informasi dari dokter kalau itu bahaya karena toxic.

    Jujur, dulu aku juga pernah pakai sofell itu untuk kutu kucing karena ga paham dan kata orang manjur. Hasilnya kucingnya jadi sakit tapi untungnya bisa ditolong dan selamat.

    Kapok deh... Mendingan pakai obat kutu yang pasti aman buat kucing.

    ReplyDelete
  39. Mau tanya, kalau sudah di suntik, apa boleh kasih obat tetes kutu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di suntik, berarti udah ke drh kan? Nah, ikuti saran drh saja... :) Tp setau saya mah engga.

      Delete
  40. Ka mau tanya kucing saya kutunya banyk telur kutunya juga bnyk klo pake minyak telon bisa atau gk ya buat ngilangin? 1 lgi kutunya jga smpe telinga dan telinganya ngeluar cair wrna hijau gtu udh dikash obat kuping buat kucing tpi itu berbahaya gk ya ka? Sma pup nya jga mencrai ka ada cacingnya sebaiknya aku harus Kasih obat apa ya kalo seperti itu? Please help me ka jawab seca patnya ya makash atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  41. Ka mau tanya kucing saya kutunya banyk telur kutunya juga bnyk klo pake minyak telon bisa atau gk ya buat ngilangin? 1 lgi kutunya jga smpe telinga dan telinganya ngeluar cair wrna hijau gtu udh dikash obat kuping buat kucing tpi itu berbahaya gk ya ka? Sma pup nya jga mencrai ka ada cacingnya sebaiknya aku harus Kasih obat apa ya kalo seperti itu? Please help me ka jawab seca patnya ya makash atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Kalau sampai ke telur kutu kayaknya agak lama. Kasih obat tetes aja kalau mau cepat. Jangan terjilat ya.
      2. Earmites? Jika earmites beri oat earmites segera.
      3. Jika mencri dan ada cacingnya maka segera beri obat cacing sesuai dengan usia dan dosis berat badan.

      Sudah cepat dijawab ya sesuai permintaan ya.
      Sama-sama. Semoga membantu.

      Delete
  42. Kak di bulu kucing bnyak bintik2 putih berjalan. Apa ya itu? Hmna hilanginnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutu? Kalau kutu, maka obati dan treatment dengan obat / treatment ati kutu.

      Delete
  43. Halo teh, salam kenal.. terima kasih banyak review minyak telon utk kutu ini.. si bocah bulu ada 2 kutu yg bandel, pas dikasih minyak telon (saya pakai brand tre*no jo*o), kutu2nya panik & bisa saya tangkap & pites.. berguna banget P3K ini (Pertolongan Pertama Pada Kekutuan) ��..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha, keren singkatan P3K nya... Kepikiran aja nih :D Sips, sama-sama, senang bisa berbagi. Semoga senantiasa sehat selalu ya... :)

      Delete
    2. Aamiin.. semoga Radio Kucing nya tetap update dg review2 dan tips2nya yaa, teh.. sukses utk jualannya jadi saya ga bingung2 lagi kalau cari dry food & obat2an yg murmer tapi berkualitas.. semoga sehat2 selalu jg utk teteh & anak2 bulu nya.. ^_^

      Delete
  44. malem kak mau tanya, saya udah baca postingannya sekaligus komennya. kucing saya umur 7 minggu mulai ada kutunya. kalau dimandikan masih belum boleh ya? bagaimana kalo pakai minyak telon ini? atau harus nunggu cukup umur lagi dengan keadaan seperti ini? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7 minggu ini 2 bln kurang ya? saya mah penganut memandikan kucing usia minimal 3 bulan, ehehehehe. kalau blm mau dimandikan, bisa kok paka minyak telon ini ya. ga perlu kebanyakan, asalkan merata. jangan kena organ vital ya :)

      Delete
  45. Malam ka, anak kucing saya (1 bln) ada kutunya. Masih suka dibersihin & disusui sama induknya, gmn ya cara ilangin kutunya, apa aman klo pake minyak telon?

    ReplyDelete
  46. Kak, anak kucing saya dikasih kebanyakan minyak telonnya, eh dia jadi diem aja ga bergairah ngapa ngapain. Sodara2nya main sama induknya dia diem doang menjauh, apa dia takut mendekati karena baunya beda sendiri? Ga bakal mati kan ya dia? Aslinya aktif banget, setelah dikasih minyak telon kebanyakan jadi diem murung mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi kepanasan. Kan di atas saya bilang jangan kebanyakan :)

      Delete
  47. Kucing ku abis dikasih minyak telon jdi diem ka, kaya lgi sakit. Udah gitu bulunya rontok bgt, padahal ga ganti2 makanannya. Kenapa ya kak

    ReplyDelete
  48. Udah nyaris putus asa nih sama kutu kucing. Banyak bangeettt. Padahalbsudah dimandikan, dikasih bedak kutu, dibawa ke dokter buat disuntik. Sekarang lagi nyoba pake minyak telon, tapi aku was2, takut kenapa2. Yakin aman kan ya

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D