Wednesday, January 22, 2014

Judul dari postingan kali ini sepertinya mewakili banyak sekali pertanyaan di benak para Cat People :

Adakah makanan kucing yang bagus dan murah?

Sejujurnya, pertanyaan ini sangatlah susah untuk dijawab, karena kualitas makanan kucing berbanding lurus dengan harga makanan kucing itu sendiri. Jadi, saat kita menginginkan makanan kucing yang berkulitas unggul, maka harga makanan kucing tersebut pun cukup 'unggul' alis muahal-hal-hal.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk menekan biaya produksi, produsen makanan kucing menambahkan sereal, jagung, beras, atau gandum ke dalam makanan kucing yang diproduksi. Hal tersebut dikarenakan harga daging yang seharusnya menjadi bahan utama makanan kucing memang tinggi, dan malah harga daging pun semakin naik setiap tahunnya. 

Lalu, adakah solusi agar tetap bisa memberikan makanan kucing yang baik namun dengan biaya murah?
Ada. Sejujurnya saya juga merasa agak ngos-ngosan jika harus memberikan makanan grade super premium untuk kucing-kucing terus-terusan, maka melalui postingan ini saya merangkum beberapa trik yang bisa diterapkan.

1. Makanan Kucing Buatan Sendiri / Homemade / Raw Food
Membuat makanan kucing sendiri di rumah tentunya membuat makanan kucing yang kita berikan kepada kucing kita menjadi lebih terjamin, baik dalam segi nutrisi maupun kebersihan. Selain itu dengan membuat makanan kucing sendiri kita juga bisa sambil menekan bujet makan si kucing. Dalam segi nutrisi, saat membuat makanan kucing sendiri kita bisa menmbahkan vitamin yang dibutuhkan oleh si Kucing yang dimana pada produk makanan komersial belum tentu bisa ditemukan, andaikata ada pastilah kandungan vitamin tersebut hanya sekedarnya atau sangat sedikit. Selain itu, dengan memasak makanan kucing sendiri kita bisa menjamin kebersihan bahan, proses memasak, dan penyimpanan makanan kucing tersebut. Keuntungan lainnya, makanan kucing yang kita buat sendiri ini bisa raw food, lho. Lalu, adakah resep praktis makannan kucing sendiri? Ada, kebetulan saya dapat resep makanan kucing dari salah satu Cat Lover. Untuk lebih jelasnya bisa cek artikelnya disini.

2. Rotasi Makanan Kucing
Trik ini adalah trik yang saya lakukan kepada kucing-kucing saya. Selain bertujuan untuk menghemat bujet makanan kucing, keuntungan dari trik adalah membuat kucing tidak bosan dengan makanannya. Namun beberapa Cat Lover melakukan rotasi makananan kucing agar kucing-kucing perliharaannya terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak sengaja ditimbulkan oleh makanan kucing yang secara terus-menerus dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Saya sendiri melakukan rotas dengan cara 3 minggu makanan kucing super premium dan 1 minggu makanan kucing biasa, namun ada juga Cat Lover yang melakukan rotasi makanan kucing dengan jangka waktu 3 bulan sekali. So, adakah Cat People yang melakukan rotasi makanan pada si Mpus?

3. Mencampurkan Makanan Kucing
Trik yang terakhir ini juga merupakan salah satu trik yang saya gunakan kalau sudah sangat kepepet lagi bokek dan malas mencari makanan kucing yang biasa kucing-kucing makan, hahahaha. Saat melakukan pencampuran makanan kucing, biasanya saya mencampur makanan kucing super premium dengan makanan kucing biasa yang bisa ditemukan di Pet Shop di depat tempat tingga saya dengan perbandingan 3:2, dimana makanan kucing super premium mendapatkan porsi lebih banyak dibandingkan dengan makanan kucing biasa.

Amankah?

Beberapa Cat Lover bilang sebaiknya tidak melakukan pencampuran makanan kucing, karena takut terjadi kelebihan nutrisi pada kucing. Ada juga yang mengatakan jangan mencampur makanan kucing berkulitas baik dengan makanan kucing yang berkulitas lebih rendah dikarenakan hal tersebut sama saja 'merusak' manfaat utama dari makanan kucing tersebut, karena secara tidak langsung menurunkan kulitas makanan kucing yang berkulitas baik saat dikonsumsi oleh kucing kita.


So, bagaimana dengan trik hemat Cat People?
Share disini yah.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan beberapa sumber internet

Dan bagi Cat People yang ingin mengetahui daftar makanan kucing dengan harga murah yang pernah dibahas oleh Radio Kucing (range harga 20rb - 30rb-an per kilogram) bisa cek artikelnya disini.


Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , ,

3 comments:

  1. Pernah denger jg dari yg empunya pet shop wkt saya mau beli dua produk makan kucing untuk di campurkan, satu jenis makanan kucing sya yg biasa satu nya buat gendutin si meong.
    Kata admin pet shop nya gak bagus makanan kucing di campur2 gitu, nutrisinya malah berkurang jauh,
    Gak ngerti jg knapa bs gtu y :( apa bener y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, makanan yang 'bagus (B)' dan makanan 'kurang bagus (KB)' jika dicampurkan memang membuat kandungan makanan bagus jadi ga maksimal. Sama saja seperti manusia bilangnya makan makanan bergizi bagus dan berkualitas baik dan segar tapi tetep makan junk food :v

      Tapi saya pribadi masih memberikan kucing saya dengan mencampur makanan super premium dgn makanan grade biasa. Tujuan utamanya untuk penghematan :) Dengan komposisi ini juga kucing tetap gemuk dan bulu tidak rontok. Namun saya sadar bahwa dlm jangka pnjang tidak baik. Sama seperti manusia, kalau terus makan junk food walaupun tetap makan sayur, tetap tidak baik... :)

      Delete
  2. mau tanya biasanya pakai merk apa min makanannya yg bikin kucing ga rontok bulunya?? masih bingung soalnya mau makanan yang murah tapi bagus

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D