Monday, January 20, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk Cuties Catz. Makanan kucing Cuties Catz disebut-disebut sebagai salah satu produk makanan kucing asal Malaysia, namun saat melihat 'manufactured by' yang ada di belakang karung makanan kucing Cuties Catz, makanan kucing ini diproduksi oleh S.W.T. Co, yang merupakan anak perusahaan dari Perfect Companion. Perfect Companion sendiri adalah salah satu perusahaan besar Thailand yang memproduksi makanan ternak skala dunia. Namun diwebsite Perfect Companion (http://www.perfectcompanion.com/) tidak ada ditemukan produk Cuties Catz diwebsitenya, jadi sebgai orang awam saya menyimpulkan sepertinya ada kerjasama dari pihak Malaysia dan Thailand dalam membuat makanan kucing dengan merk Cuties Catz yang dipasarkan di Thailand. Website Cuties Catz sendiri bisa di kunjungi di alamat website berikut ini: http://www.perfectcompanion.com.my

Jika benar alnalisis saya mengenai kerjasama ini, maka sebenarnya selain memproduksi makanan kucing Cuties Catz, Perfect Companion juga memproduksi makanan jenis lain, tapi hal terebut akan kita bahas di posting selanjutnya ya, Cat People, karena dalam postingan kali ini kita akan mengkhususkan membahas makanan kucing Cuties Catz. Bagaimanakah makanan kucing asal Thailand ini? Yuk, kita mulai bahasannya.
 
Penampakan Kemasan Produk
Selama ini, saya hanya menemukan dua kemasan makanan kucing Cuties Catz, yang pertama adalah kemasan 1 karung dan kemasan repack alias dikemas ulang oleh Pet Shop yang menjual makanan Cuties Catz. Berikut adalah penampakan produk kemasan 1 karung makanan kucing Cuties Catz :


Sumber : disini

Gambar diatas adalah gambar kemasan Cuties Catz yang masih ada dalam kemasan karung versi lama. Kini kemasan makanan kucing Cuties Catz sudah berubah seperti ini:

 Sumber : disini

Sampai saat ini saya belum pernah menemukan makanan kucing Cuties Catz kemasan kecil/eceran yang menggunakan original packing (kemasan asli) dari pabrik, dan setiap saya berkunjung keberbagai Pet Shop. Kemasan freshpack terkecil dari Cuties Catz adalah kemasan karung 8 kg.

Rasa Yang Tersedia
Rasa yang tersedia untuk makanan kucing Cuties Catz adalah Rasa Tuna (kemasan biru) dan Rasa Seafood (kemasan ungu).

Update April 2016:
Ternyata Cuties Catz juga memiliki varian rasa lain selain yang di atas, yaitu Tuna & Shrimp yang memiliki kemasan berwarna oranye.



Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari Cuties Catz berbentuk seperti bunga dengan penggiran bergelombang. Buat yang pernah mencoba makanan kucing merk I'm Or***ic for Kitten mungkin akan agak sedikit kaget saat melihat kibble (biskuit) dari merk Cuties Catz, karena warna nya nyaris sama. Namun bau khas kedua makanan kucing ini agak berbeda. Selain itu buat saya, bau makanan kucing Cuties Catz cukup bersahabat untuk hidung manusia, tidak terlalu menyengat, namun sepertinya ini juga yang membuat kucing saya setengah hati memakannya, agak ogah-ogahan, tapi akhirnya tetap habis juga, huehehehe. Teksturnya juga tidak keras dan tidak terlalu krauk-krauk, namun cukup kriuk-kriuk.

Oiya, kibble yang di bahas pada postingan ini adalah bentuk kibble dari makanan kucing Cuties Catz varian Tuna.


Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah foto dari bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing Cuties Catz Seafood Flavor :
Sumber : disini

Translate Nutrition Analysis (Analisa Nutrisi) :
Protein Kasar/Mentah....... 26%
Lemak Kasar/Mentah............ 9%
Serat Kasar/Mentah.......... 4%
Mouistur..... 10% 
Kalsium....0.8%
Fosfor....0.6%

Translate Ingredients (Bahan-bahan) :
Sereal gandum, tepung kedelai, daging sampingan makan dari unggas, tepung gluten jagung, minyak ayam, fish meal, ragi brewer kering, garam beryodium, chiken digest, vitamin penting dan mineral, antioksidan, pewarna makanan dan perasa.
 
Sesuai dengan kandugan nutrisi yang ada pada gambar diatas, pada website Cuties Catz juga di klaim memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut :

Komposisi Nutrisi
Protein Kasar/Mentah....... 26%
Lemak Kasar/Mentah............ 9%
Serat Kasar/Mentah.......... 4%
Mouistur..... 10%

Apakah Kucing Suka?
Sejauh saya memperhatikan kucing saya saat diberi makanan kucing merk Cuties Catz, kucing saya cenderung ogah-ogahan makan dan cenderung hanya mengendus baunya. Saya sendiri kurang tau apa penyebabnya, namun dapat dilakukan kesimpulan sementara bahwa kucing saya kurang doyan dengan makanan merk ini. Ingat, yang terjadi dengan kucing saya belum tentu terjadi dengan kucing teman-teman di rumah. Bisa saja kucing teman-teman malah lebih nyaut saat diberi makanan kucing ini, karena ada sesama cat lover di Bandung yang memberikan makanan merk Cuties Catz ini kepada kucing-kucingnya di rumah dan sejauh ini kucingnya doyan dan sehat. Selain itu kucing-kucingnya juga besar-besar dan gemuk *Aaah, gemes!* Sekali lagi saya katakan, every cat is unique.
 
Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Pada kucing saya efeknya tidak terlalu terlihat. Menurut pandangan saya sama sekali tidak ada perubahan terhadap kucing saya. Dengan kandungan protein yang sangat standar, saya rasa memang tidak memerikan apa-apa terhadap perkembangan kucing. Tapi menurut website Cuties Catz, mengklaim bahwa produk makanan kucing ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

Sumber : disini

Translate Essential Benefit (Keuntungan Utama) :
Kesahatan Gigi
Kekuatan Tukang dan Gigi
Penglihatan yang Sehat
Sistem Imun
Kulit dan Mantel yang Sehat

So, bagaimana menurut teman-teman mengenai makanan kucing merk Cuties Catz? Adakah teman-teman yang menggunakan makanan kucing merk Cuties Catz? Bagaimana efeknya terhadap kucing teman-teman di rumah?

Adakah kemasan repack?
Ya, ada. Sejauh ini saya hanya menemukan dua kemasan Cuties Catz, kemasan 1 karung dan repack 1kg.

Harga?
Untuk kemasan 1 karung Cuties Catz dijual mulai harga 200rb. Harga bisa berbeda untuk tiap kota/daerah. Sedangkan kemasan repack kemasan 1kg rata-rata dijual seharga 30rb/kg.

Untuk teman-teman Cat Lover yang ingin mencoba makanan kucing Cuties Catz bisa mencobanya di RadioKucing.com dan dapatkan harga spesial :)



Repack 1kg = Rp25.000,-
Freshpack 8kg = 189.900,-

Untuk pemesanan dan pembelian bisa langsung chat ke WA atau Line ya :)

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
MURAH dan asal-usulnya jelas. Terdapat beberapa makanan kucing yang asal usul produsennya tidak jelas, dan bagi beberapa konsumen hal tersebut menjadi bahan pertimbangan. Namun alasan utama saya mencoba makanan kucing ini adalah karena salah satu teman saya sesama cat lover di Bandung merekomendasikannya, jadi saya penasaran dan ingin mencoba. Dan kucing-kucing dia yang menggunakan Cuties Catz tumbuh sehat dan gemuk-gemuk, hehehe.


Update April 2016:
Oiya, bahasan pada postingan ini adalah bahasan secara global merk makanan Cuties Catz pada awal saya memelihara kucing. Sepertinya tulisannya banyak yang tidak rapi, kurang detail, dan kurang informatif. Untuk teman-teman yang ingin membaca review makanan kucing Cuties Catz yang ditulis lebih rapi dan informatif, silahkan kunjungi link berikut ini:

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan webiste Cuties Catz.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

43 comments:

  1. teteh,,yg inikalo di bandung belinya di petshop mana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli di Mega Pet Store, Jln.Lembong, Bandung.

      Semoga informasi ini membantu.

      Delete
  2. Iya mbak aku pake cuties buat kucing kucing ku dan mereka suka ^^. Selaen ini yg paling murah, kucing kucing ku gemuk gemuk dan gak rontok kok bulunya. Emg udh dr lama makannya ini. Di daerah ku harga nya 225 kalau gk salah. Aku agak lupa selama ini beli gk ngingetin hrga ujungnya. Intinya 2 ratusan lah. Hehee paling murah di banding yg laen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senang mendengarnya :)
      Makanan kucing ini juga jadi pertimbangan saya buat alternatif makanan kucing, salah satu alasan kuatnya adalah karena produsen makanan kucing ini jelas! :)

      Salam buat kucing-kucing dirumah ya, Mbak.
      Salam unyel-unyel :D

      Delete
  3. aku disodorin merk ini pas lagi hunting I'm *******c di toko dkt tempat kerja. aku nyoba beli 1 kg dg harga 25 ribu dan kucing-kucingku pada doyan, doyannya banget malah. awalnya sih gak ada masalah, lancar jaya. tapi kemaren siang pas pulang kerja syok liat ada muntahan kibble utuh gitu di depan rumah. gak tau itu dari kucing yang mana, cuma seingatku ada 1 kucingku yg biasanya langsung nelan gitu makannya, sementara yg lainnya sibuk krauk-krauk gitu makannya. aku gak tau apa itu efek dari makanannya ato karena cara makannya. hanya saja, jadinya sekarang aku berpikir ulang mau beli lagi merk ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Lulu, apa kabar? :)
      Gimana keadaan kucing nya sekarang?

      Kalau makanan kucing dimuntahkan secara utuh bisa jadi kucing nya makan nggak dikunyah dulu Mbak, dan kalau sebelumnya tidak makan makanan yang berbahaya (seperti susu sapi, kucing saya pernah muntah & memutahkan makanannya lagi karena minum susu d*ancow), mungkin si Kucing kekenyangan Mbak :) Jadi makanannya dimuntahkan kembali :)

      Semoga kucing-kucingnya selalu sehat ya Mbak :)

      Delete
    2. hihihi untungnya kejadian muntah itu cuma sekali. akhirnya juga kalo pas gak ada pilihan lain di petshopnya aku kembali ke merk ini :D

      kayaknya yang kejadian itu gara-gara yang gede itu gak mau ngunyah makanannya. makanya aku jadi nyariin yang kibblenya lebih empuk kayak NS, tapi aku selingi dgn yang lebih murah (tetep gak kuat di kantong, hehehehehehe) :D

      Delete
  4. mak saya bela kucing 20 ekor...dimana saya nak beli makanan ini dengan banyak di.malaysia/selangor. sila conteck saya 0122009258.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas, untuk wilayah Malaysia kebetulan belum ada info :)
      Mas bisa mulai mencari tahu dengan cara bergabung dengan forum pecinta kucing atau bertanya di forum cat lover Malaysia.. :)

      Delete
  5. kalo aja malaysia(area kota kinabalu) boleh dapatin yg lebih gedeh kn bagus,slalu d jual hnya 500g rm4 (12ribu)..huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya nggak terlalu beda jauh ya Mbak.
      Di Bandung sekitar 30ribu/kg atau 500gram 15rb.

      Tapi di beberapa kota ada yang beda harga juga. Apalagi sekarang harga-harga makanan kucing lagi pada naik.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. klo yang 200 ribuan itu karung kemasan berapa kilo gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tata.
      Harga tersebut untuk kemasan 8kg. Harga tersebut adalah harga di akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014 (artikel ini dibuat pada awal tahun 2014). Harga untuk kemasan yang sama sepertinya sudah lebih mahal di tahun 2015 ini... :)

      Delete
  8. kalo sekarang kira kira berapa? terus kalo belinya dimana ya? yang deket dari daerah JL.Pahlawan?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jln. Pahlawan di Bandung, Mbak?
      Aduh maaf Mbak, saya nggak tinggal di daerah situ.
      Jadi kurang hapal :)

      Delete
  9. Replies
    1. Halo Mbak Hana,
      bagus atau tidaknya makanan kucing memiliki banyak faktor pertimbangan.
      Bisa dilihat dari komposisinya, produsennya, kandungan bahan-bahan, dan lain-lain. Selain itu perlu diperhatikan juga apakah makanan kucing tersebut cocok di kucing Mbak atau tidak :)

      Delete
  10. malam gan di rumah kan kucing saya cooki makan cuties cat bulu nya rontok tapi ga rontok banget, gemuk sih sih kucing di rumah. klo proplan salmon and rice cocok ga ya sama kucing saya persia maine coon dan itu bikin bulu rontok ga klo proplan salmon and rice

    ReplyDelete
  11. sama buat lebatin bulu nya bisa ga ya yg proplan salmon and rice gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Rahmat, apa kabar? :)
      Untuk mengetahui apakah makanan kucing cocok atau nggak harus di trial and error dulu mas. Tapi prinsip nya adalah semakin bagus kualitas makanan kucing, biasanya gizi yg d kandung juga makin bagus. So, dicoba dulu ajah.

      Jangan lupa baca juga ulasan memilih makanan kucing disini:
      http://radiokucing.blogspot.com/2015/03/lebih-bagus-blackwoodequilibrionutrisou.html

      Semoga membantu :)

      Delete
  12. My cats loves this cat food but in Malaysia I hardly can find it...

    ReplyDelete
  13. My cats loves this cat food but in Malaysia I hardly can find it...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Hidayah.
      Semoga makanan kucing ini mudah ditemukan yah :)

      Salam sayang untuk kucing nya :)

      Delete
  14. Di surabaya repack 500gram 12 ribu. Murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, murah banget :3
      Terima kasih sudah berbagi informasi. Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  15. wah ternyata byk kandungan nabatinya

    ReplyDelete
  16. Kalau sama merk M*O Persian kandungan sama nutisinya gmn ya..mohon review sama perbandingannya..maklum masih newbie rawat kucing jenis persia medium..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah coba Mi-o Persian (spesial untuk kucing Persia), hasilnya Bulu kucing saya RONTOK LUAR BIASAAAA! udah gitu air liurnya baubau, kemarin terakhir mencret. Langsung berhenti aku, efeknya seberat itu di kucing persiaku,padahal baru dikonsumsi gak sampe 2 minggu. Lebih baik jangan pake Mi-o Persian ini deh..

      Delete
  17. Saya baru beli yg 1 karung netto 8kg..seharga 190rb.. Biasanya beli merk jio.. Tapi lagi kosong

    ReplyDelete
  18. Saya baru beli yg 1 karung netto 8kg..seharga 190rb.. Biasanya beli merk jio.. Tapi lagi kosong

    ReplyDelete
  19. Saya bru beli mkanan kucing ini mungkin 2 hri yg lalu karna sdkit tergiur dgan hrgnya, jdi penasaran nyoba ke kucingku
    Pas diksi mkan malamnya, kucingku mkannya lahap, mungkin bbrpa jam kucingku mulai terlihat kurang aktif. Sempat berfikir mungkin sdh mengantuk
    subuhnya kucingku tiba2 mengeong trus tpi agak lemah suaranya. Pas diliat ternyata sdh mencret parah *tdak sperti biasanya trus ad juga beberpa muntahan.
    Pdhal sbelum2nya saat pergantian mkanan baru gak separah ini.
    Jdi trauma, gak mau ganti2 lgi
    Alhamdulilah sekarang sdh agak baikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan, boleh tau engga muntah nya knp? Karena kadang karena kesedak, kekenyangan, atau hairball bisa jadi muntah juga. Tp mudah2an mah cuman muntah biasa ya Gan, bukan kejala penyakit (misal panleu, dll). Semoga senantiasa sehat selalu. Semoga menemukan makanan kucing yang cocok ya :)

      Delete
  20. Saya beli konsentrat kucing, kata penjualnya merk keties (yg saya dengar) dan saya cari review nya bentuk dan merek yg pelafalannya hampir sama, dari berbagai merk lain kucing saya kalau dikasih merk ini tidak bisa berhenti makan, saya khawatir sehingga saya cari transparansi nya dan Alhamdulillah ketemu disini. Sekedar berbagi, mungkin karena ada kandungan gandumnya yg membuat kucing saya suka, karena pengalaman jika ada makanan berbau tepung, kucing saya tidak tahan untuk mengambilnya, jadi mungkin ini alasan makanan ini favorit kucing2 saya, terimakasih penjelasannya

    Salam pecinta kucing

    ReplyDelete
  21. Cats need wet food and mixed food i.e., meat-based protein and not plant-based protein. If a breed-specific formula doesn’t work for your Persian cat, then there are other high-quality cat foods on the market that will support your cat’s health. Here is our recommendation for the best cat food in Malaysia i.e., Royal Canin.

    ReplyDelete
  22. Kucing yg cewek suka sama cuties yg cowok gaa begitu suka tp tetep aja klo lapar dimakan. Cuma 0engaruh aja di bulu nya si cewek agak tumbuh banyak dan gemuk klo si cowok gemuk enggaa tp dia agak berat aja drpd si cewek...
    Itu saja sihh...

    ReplyDelete
  23. Hai cat lover, kucingku persia aku dapet rekomendasi cuties dr temen di bandung krna selain lowprice pup nya tidak terlalu bau beda sama pakan kucing yg laen, beruntung di solo harga 180rbu/pack (8kg)
    kalo di petshop 28rbu/kg

    ReplyDelete
  24. saya jg smpat kasih makanan kucing ini saat makanan yg biasa (bolt) habis dan emang baunya gk terlalu menyengat trus kucing saya jga sepertinya kurang suka karena gk mau mkn bnyk

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D