Thursday, January 23, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk Equilibrio. Equilibrio merupakan makanan kucing asal negara sepak bola Brazil. Makanan kucing Equilibrio didistribusikan di Indonesia secara ekslusif oleh World Ag Associates LLC. Selain mendistribusikan makanan kucing Equilibrio di Indonesia, World Ag Associates LLC juga mendistribuikan makanan kucing Equilibrio ke negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Makanan kucing Equilibrio sendiri diproduksi oleh Total Alimentos,  yaitu salah satu produsen makanan kucing  yang memenangkan 2007 Global Pets Award dan sudah tersertifikasi Certified  ISO 9001, GMP, HACCP dan PIQ-PET.

Sumber : disini

Selain memproduksi makanan untuk kucing, makanan merk Equilibrio juga memproduksi makanan untuk anjing. Namun, karena judul blog ini adalah Radio Kucing, maka yang akan dibahas kali ini hanya Equilibrio untuk Kucing, khususnya Equilibrio Adult.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan makanan kucing Equilibrio Adult versi lama:


Sumber : disini
Sumber : disini

Dari penulusuran di dunis maya, terdapat beberapa jenis kemasan makanan kucing Equilibrio, yaitu kemasan asli pabrik (fresh pack) dan kemasan repack (dikemas ulang) oleh pet shop. Namun, saya sendiri belum pernah menemukan kemasan repack dari Equilibrio Adult, dan kemasan Equilibrio Adult satu-satunya yang pernah saya temukan adalah kemasan Equilibrio Adult 2kg, sedangkan kemasan besar tersedia dalam kemasan 10,1kg. Adakah kemasan kecil setengah kilo? Saya sendiri belum pernah menemukan. Adakah Cat People yang pernah menemukan Equilibrio Kitten kemasan kecil?

Oiya, selain kemasan di atas, ada salah satu teman sesama Cat Lover bernama Sista CeLsie yang juga menggunakan makanan kucing Equilibrio untuk kucing-kucing peliharaannya. Here is the picture!

Haaaaay, ada kucing cantik mejeng juga! :D Hehehe.
Sumber : disini

Update November 2015:
Kini makanan kucing Equilibrio sudah tidak dijual dalam kemasan 10kg, melainkan 7.5kg. Dan desain kemasannya pun sedikit berubah. Desain terbaru kemasan makanan kucing Equilibrio Adult seperti yang ada pada gambar di atas.

Bentuk & Tekstur Kibble
Makanan kucing Equilibrio Adult memiliki bentuk segitiga gemuk. Ukurannya lebih besar dari makanan kucing Equilibrio Kitten. Ukurannya hampir sebesar kibble makanan F*libite versi donat dan Bl*ckwood, namun lebih gemuk dan padat. Tapi, walaupun ukurannya besar, makanan kucing ini memiliki tekstur yang empuk, sehingga saat kucing sedang mengkonsumsi makanan kucing ini tidak terlalu terdengar krauk-krauk.

Kibble makanan kucing Equilibrio Adult.


Perbandingan kibble makanan kucing Equilibrio Adult dengan merk makanan kucing yang lain.

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah kandungan bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan kucing Equilibrio Adult (Kemasan Hitam-Merah): 

 Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.
Sumber : disini

Translate Dasar Komposisi :
A
yam deboned , tepung ikan , bir beras , jagung tanah kuning , gluten tepung jagung , ragi bir kering , hati unggas , ground flaxseed , lemak unggas ( diawetkan dengan tokoferol campuran alam dan minyak rosemary ) , minyak ikan , beet pulp , inulin , dikalsium fosfat , klorida kolin , DL - metionin , asam fosfat , kalium klorida , ekstrak yucca Schidigera , natrium hexametaphosphate , vitamin premix dan premix mineral chelate .
 
Translate Pengayaan untuk Kilogram Produk :
Vitamin A Asetat ( 25.000 UI ) , Vitamin B12 Tambahan ( 300 mcg ) , asam askorbat ( 200 mg ) , cholecalciferol ( Sumber Vitamin D3 ) ( 2.500 UI ) , Alpha Tokoferol Asetat ( Sumber Vitamin E ) ( 600 UI ) , Sodium Selenite ( 0,45 mg ) , Asam Folat ( 10 mg ) , Kalsium Pantotenat ( 43 mg ) , Tembaga Sulfat ( 30 mg ) , Kolin Klorida ( 3.000 mg ) , DL - Metionin ( 5.700 mg ) , Ferrous Sulfate ( 180 mg ) , Kalsium iodat ( 2 mg ) , Magnesium Sulfat ( 0.9G ) , Mangan Sulfat ( 45 mg ) , tiamin mononitrat ( 35 mg ) , Riboflavin Tambahan ( 35 mg ) , Pyridoxine Hidroklorida ( 22 mg ) , Biotin ( 0,8 mg ) , Menadione natrium bisulfit Complex ( 1,7 mg ) , Niacin Tambahan ( 110 mg ) , Seng Sulfat ( 210 mg ) dan Taurin ( 1.800 mg ) .
 
Translate Jaminan Analisis :

Protein kasar 33,0 % , lemak kasar 18,0 % , serat kasar 3,0% , kelembaban 10,0 % , abu 7,0 % , kalsium 1,1 % , fosfor 0,9 % , natrium hexametaphosphate 0,3 % , inulin 0,55% , linolenat 0,25 % , asam linoleat 1,25 % .

Apakah kucing suka?
Yup, menurut review teman-tema saya yang menggunakan produk ini, kucing-kucing suka dengan Equilibrio. Si Belang juga suka dengan makanan kucing Equilibrio Kitten ini.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Dari beberapa forum di dunia maya, saya mendapati beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Equilibrio dapat sekaligus berfungsi untuk menggemukkan kucing. Selain itu pup kucing yang mengkonsumsi makanan kucing Equilibrio juga padat dan baik dan yang terpenting makanan kucing ini berfungsi ganda untuk meminimalisisr bau pup kucing! Waw! Ini adalah salah satu keunggulan produk ini. Patut di coba untuk Cat People yang memelihara kucing di ruangan yang tidak terlalu besar.

Update Januari 2016:
Setelah sekian kalinya berganti makanan kucing, pada saat disodorkah makanan kucing Equilibrio, makanan kucing ini masih menjadi salah satu merk favorit Si Belang. Namun, jika dibandingkan dengan merk Le Ch*f, hasil pup Si Belang menggunakan Equilibrio Kitten / Adult masih lebih bau dibandingkan dengan saat Si Belang mengkonsumsi makanan kucing merk Le Ch*f. Namun, jika ditanya soal lahapnya makan makanan kucing, Equilibrio memang salah satu makanan kucing jagoan saya untuk membuat Si Belang makannya jadi 'beringas'.

Adakah Kemasan Repack?
Sejauh ini, saya tidak pernah menemukan kemasa repack (dikemas ulang) dari produk Equilibrio. Semua produk Equilibrio yang saya temukan di Pest Shop selalu dalam kemasan asli packing dari Pabrik, dan kemasan terkecil yang pernah saya temukana dalah kemasan 2kg dengan packing asli pabrik. Namun saya dapat informasi dari dunia maya, terutama FJB Kaskus, bahwa ada beberapa penjual yang menjual produk Equilibrio dalam kemasan repack, namun saya belum pernah mencoba bertransaksi dengan penjual tersebut.

Update Januari 2016:
Makanan kucing Equilibrio Kitten dan Adult saat ini sudah lebih mudah ditemukan kemasan repack-nya. Harga 500gram makanan kucing Equilibrio dijual mulai harga 30rb - 40rb / bungkusnya.


Harga?
Untuk harga Equilibrio Adult bisa ditemukan mulai harga 105rb. Namun saya pribadi menemukan makanan kucing Equilibrio Adult dengan harga 110rb. So, untuk setiap kota sepertinya akan terjadi beberapa perbedaan harga. Dan untuk kemasan 10kg bisa di dapatkan mulai harga 325rb.

Update Januari 2016:
Harga makanan kucing Equilibrio Adult sekarang bisa didapatkan dikisaran harga:
Repack 500gram = 40rb
Repack 1kg = 79rb
Freshpack 2kg = 155rb
Freshpack 7.5kg = 475rb

Update April 2016
Untuk Cat Lover yang ingin mencoba makanan kucing Equilibrio, baik kitten ataupun adult, bisa mencobanya di RadioKucing.com :
Repack 500gram = 36.500
Repack 1kg = 69.000

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Harga masuk akal, tidak murah, namun dengan kulitas produk yang cukup baik sepertinya patut untuk dicoba. Makanan kucing ini cenderung disukai oleh kucing, dan yang terpenting membuat pup kucing tidak terlalu bau! Wow! Oiya, makanan kucing Equilibrio Adult ada beberapa versi lho, jadi bagi yang ingin mencoba menggunakan makanan kucing Equilibrio bisa membaca komposisi nutrisi untuk melihat perbedaan kandungannya sekaligus agar bisa memutuskan produk makanan kucing Equilibrio mana yang cocok dengan si Mpus.

Oiya, makanan kucing Equilibrio mengandung  Omega 3 dan  6 dan juga berkhasian membantu menjaga gigi kucing. Selain itu, makanan kucing Equilibrio juga mengandung anti-oxidant dan Yucca yang berfugsi membuat pup dan pee kucing menjadi lebih tidak berbau.

 Sumber : disini

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , ,

23 comments:

  1. Itu yg 10kg harga 325qgb d petshop mana klw blh tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disalah satu OL Shop, setelah dikroscek harga tersebut sekitar harga beberapa tahun lalu. Sekarang Equilibrio, baik adult maupun kitten, tidak ada yg kemasan 10kg, adanya cuman kemasan 7.5kg. Kalau Mas berminat bisa beli di Radio Kucing juga :)

      Delete
  2. kalo yg 7,5kg brp, min?? kucing aku makannya more more please.. itu bagus ga sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Novita.
      langsung via whatsapp atau bbm ya mbak :)
      no nya ada di kanan atas blog ini :)

      Delete
  3. Aku beli 400gr seharga 30rb di petshop

    ReplyDelete
  4. equilibrio sama blackwood bagus mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dwi Ita,
      utk menjawab pertanyaan Sis, Sis bisa mengunjungi link berikut ini:

      Lebih Bagus Blackwood/Equilibrio/Nutrisource/Royal Canin/Solid Gold/Pro Plan atau (sebutkan merk makanan kucing apapun disini) sih? Aku maunya yang bagus dan murah!

      http://radiokucing.blogspot.com/2015/03/lebih-bagus-blackwoodequilibrionutrisou.html?m=1

      Silahkan dibaca ulasannya secara seksama ya Sis. Biasanya jika sudah membaca ulasan tsb akan lbh mudah memutuskan akan menggunakan makanan kucing yg mana... :)

      Semoga jawabannya membantu..

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
    2. Halo Sis Dwi Ita,
      utk menjawab pertanyaan Sis, Sis bisa mengunjungi link berikut ini:

      Lebih Bagus Blackwood/Equilibrio/Nutrisource/Royal Canin/Solid Gold/Pro Plan atau (sebutkan merk makanan kucing apapun disini) sih? Aku maunya yang bagus dan murah!

      http://radiokucing.blogspot.com/2015/03/lebih-bagus-blackwoodequilibrionutrisou.html?m=1

      Silahkan dibaca ulasannya secara seksama ya Sis. Biasanya jika sudah membaca ulasan tsb akan lbh mudah memutuskan akan menggunakan makanan kucing yg mana... :)

      Semoga jawabannya membantu..

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  5. Sy kmrin baru beli freshpack yg 400gr.hrgany dsni 55rb.😊

    ReplyDelete
  6. Sy kmrin baru beli freshpack yg 400gr.hrgany dsni 55rb.😊

    ReplyDelete
  7. Lucu deh aku beli kemasan repack maxi, baru sadar kalau bentuk maxi bulat2. Ternyata yg dtg tuh equilibrio. Bagus mana sih equil sama maxi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Bisa cek di review kita ya. Bisa di baca reviewnya untuk masing-masing produk... :)

      Delete
  8. Mau tanya min rc proplan dan equil di indonesia pork free atau tidak. Makasih sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum dapat informasi valid mengenai hal tsb.
      Kalau Sis Mursya udah dapat informasi validnya, jangan lups share ya :)

      Delete
  9. Halo, saya baru mulai memelihara kucing persia umur 2 tahun, kira2 untuk memberi makan equilibrio ini sebaiknya berapa banyak per hari? Dan sebaiknya dibagi menjadi berapa kali sehari? Sori masih awam nih soalnya, hehehehe thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Gilang Priyoggi.
      Saya pribadi tidak membatasi makan kucing, krn kucing pola makannya seperti ngemil, makannya dikit-dikit tapi sering. Tapi ada beberapa cat lover yg memberi makan dengan cara di jatah. Coba baca di kemasan asli produknya dan coba sesuaikan berat badan kucing dan usia kucing dengan tabel pemberian makanan kucing.

      Semoga membantu :)

      Delete
  10. Kalo yg equilibrio adult dan equilibrio persian beda komposisinya dimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyobain Equilibrio Persian, jadi belum tau :)

      Delete
  11. Klo equilibrio pelos longos maksudnya apa ya? Dan dimana perbedaannya sama equilibrio yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau setahu saya, versi pelos longos itu untuk kucing persia dan lebih fokus ke bulu. Harganya juga sedikit lebih mahal dari adultos (adult)

      Delete
    2. Terima kasih ya atas sharing nya :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D