Thursday, January 23, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk Equilibrio. Equilibrio merupakan makanan kucing asal negara sepak bola Brazil. Makanan kucing Equilibrio didistribusikan di Indonesia secara ekslusif oleh World Ag Associates LLC. Selain mendistribusikan makanan kucing Equilibrio di Indonesia, World Ag Associates LLC juga mendistribuikan makanan kucing Equilibrio ke negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Makanan kucing Equilibrio sendiri diproduksi oleh Total Alimentos,  yaitu salah satu produsen makanan kucing  yang memenangkan 2007 Global Pets Award dan sudah tersertifikasi Certified  ISO 9001, GMP, HACCP dan PIQ-PET.

Sumber : disini

Selain memproduksi makanan untuk kucing, makanan merk Equilibrio juga memproduksi makanan untuk anjing. Namun, karena judul blog ini adalah Radio Kucing, maka yang akan dibahas kali ini hanya Equilibrio untuk Kucing alias CATS khususnya Equilibrio Kitten.

Penampakan Kemasan Produk
Untuk yang belum pernah melihat bagaimana penampakan kemasan Equilibrio Kitten, nih Radio Kucing kasih info.

Sumber : disini

Dari penulusuran di dunis maya, terdapat beberapa jenis kemasan makanan kucing Equilibrio, yaitu kemasan asli dan kemasa repack (dikemas ulang) oleh Pet Shop. Namun, saya sendiri belum pernah menemukan kemasan repack dari Equilibrio Kitten, dan kemasan Equilibrio Kitten satu-satunya yang pernah saya temukan adalah kemasan Equilibrio Kitten 2kg, sedangkan kemasan besar tersedia dalam kemasan 10kg. Adakah kemasan kecil setengah kilo? Saya sendiri belum pernah menemukan. Adakah Cat People yang pernah menemukan Equilibrio Kitten kemasan kecil?

Update November 2015:
Kini makanan kucing Equilibrio sudah tidak dijual dalam kemasan 10kg, melainkan 7.5kg. Dan desain kemasannya pun sedikit berubah. Berikut ini adalah gambar kemasan makanan kucing Equilibrio Kitten yang baru.


Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari Equilibrio Kitten menurut saya mirip dengan bentuk makanan kucing merk Nu******ce, Cr*c Cat Fish, dan Nut***x. yaitu berbentuk segitiga kecil, namun dengan keempukan kibble (biskuit) yang berbeda-beda. Menurut saya bentuk makanan kucing jenis ini cukup mempermudah kucing untuk menikmati makanannya, terutama kucing kecil yang baru belajar makan dan mengunyah.
 
Bentuk kibble makanan kucing Equilibrio Kitten.

Perbandingan makanan kucing Equilibrio Kitten dengan merk makanan kucing yang lain.

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah kandungan bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan kucing Equilibrio Kitten:
Klik gambar untuk memperbesar.
Sumber : disini

Translate Dasar Komposisi :
Ayam deboned, tepung ikan, bir beras, jagung tanah kuning, gluten tepung jagung, ragi bir kering, hati unggas, ground flaxseed, lemak unggas (diawetkan dengan tokoferol campuran alam dan minyak rosemary), minyak ikan, beet pulp, inulin, dikalsium fosfat , klorida kolin, DL-metionin, asam fosfat, kalium klorida, ekstrak yucca Schidigera, natrium hexametaphosphate, vitamin premix dan premix mineral chelate. 

 
Translate Pengayaan untuk Kilogram Produk :
Vitamin A Asetat (28.000 UI), Vitamin B12 Tambahan (250 mcg), asam askorbat (220 mg), cholecalciferol (Sumber Vitamin D3) (2.400 UI), Alpha Tokoferol Asetat (Sumber Vitamin E) (600 UI), Sodium Selenite (0,45 mg), Asam Folat (12 mg), Kalsium Pantotenat (45 mg), Tembaga Sulfat (35 mg), Kolin Klorida (3.500 mg), DL-Metionin (5.700 mg), Ferrous Sulfate (200 mg), Kalsium iodat (4 mg), Magnesium Sulfat (0.4g), Mangan Sulfat (50 mg), tiamin mononitrat (20 mg), Riboflavin Tambahan (40 mg), Pyridoxine Hidroklorida (20 mg), Biotin (1,3 mg), Menadione natrium bisulfit Complex (2,5 mg) Niacin Tambahan (160 mg), Seng Sulfat (260 mg) dan Taurin (2.000 mg) 


Translate Jaminan Analisis :

Protein kasar 35,0%, lemak kasar 20,0%, serat kasar 2,7%, kelembaban 10,0%, abu 7,0%, kalsium 1,2%, fosfor 1,0%, natrium hexametaphosphate 0,3%, linolenat 0,25%, asam linoleat 1,25%.

Apakah kucing suka?
Yup, menurut review teman-tema saya yang menggunakan produk ini, kucing-kucing suka dengan Equilibrio. Kebetulan Si Belang juga suka dengan makanan kucing ini :)

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Dari beberapa forum di dunia maya, saya mendapati beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Equilibrio dapat sekaligus berfungsi untuk menggemukkan kucing. Selain itu pup kucing yang mengkonsumsi makanan kucing Equilibrio juga padat dan baik dan yang terpenting makanan kucing ini berfungsi ganda untuk meminimalisisr bau pup kucing! Waw! Ini adalah salah satu keunggulan produk ini. Patut di coba untuk Cat People yang memelihara kucing di ruangan yang tidak terlalu besar.

Update Januari 2016:
Setelah sekian kalinya berganti makanan kucing, pada saat disodorkah makanan kucing Equilibrio, makanan kucing ini masih menjadi salah satu merk favorit Si Belang. Namun, jika dibandingkan dengan merk Le Ch*f, hasil pup Si Belang menggunakan Equilibrio Kitten / Adult masih lebih bau dibandingkan dengan saat Si Belang mengkonsumsi makanan kucing merk Le Ch*f. Namun, jika ditanya soal lahapnya makan makanan kucing, Equilibrio memang salah satu makanan kucing jagoan saya untuk membuat Si Belang makannya jadi 'beringas'.

Adakah Kemasan Repack?
Sejauh ini, saya tidak pernah menemukan kemasa repack (dikemas ulang) dari produk Equilibrio. Semua produk Equilibrio yang saya temukan di pet shop selalu dalam kemasan asli packing dari pabrik, dan kemasan terkecil yang pernah saya temukana dalah kemasan 2 kg dengan packing asli pabrik. Namun saya dapat informasi dari dunia maya, terutama FJB Kaskus, bahwa ada beberapa penjual yang menjual produk Equilibrio dalam kemasan repack, namun saya belum pernah mencoba bertransaksi dengan penjual tersebut.

Update Januari 2016:
Makanan kucing Equilibrio Kitten dan Adult saat ini sudah lebih mudah ditemukan kemasan repack-nya. Harga 500gram makanan kucing Equilibrio dijual mulai harga 30rb - 40rb / bungkusnya.


Harga?
Untuk harga Equilibrio Kitten bisa ditemukan mulai harga 105rb. Namun saya pribadi menemukan makanan kucing Equilibrio Kitten dengan harga 135rb. So, untuk setiap kota sepertinya akan terjadi beberapa perbedaan harga. Dan untuk kemasan 10kg bisa di dapatkan mulai harga 325rb.

Update Januari 2016:
Harga makanan kucing Equilibrio Adult sekarang bisa didapatkan dikisaran harga:
Repack 500gram = 40rb
Repack 1kg = 79rb
Freshpack 2kg = 155rb
Freshpack 7.5kg = 475rb

Update April 2016
Untuk Cat Lover yang ingin mencoba makanan kucing Equilibrio, baik kitten ataupun adult, bisa mencobanya di RadioKucing.com :
Repack 500gram = 36.500
Repack 1kg = 69.000

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Harga masuk akal, tidak murah, namun dengan kulitas produk yang cukup baik sepertinya patut untuk dicoba. Makanan kucing ini cenderung disukai oleh kucing, dan yang terpenting membuat pup kucing tidak terlalu bau! Wow!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

124 comments:

  1. Harga equilibiro termasuk standar luh untuk mpus ku mah :)
    Salam pencinta kucing yah..

    Mampir ke web ku yo Kemasan Dus Makanan

    ReplyDelete
  2. di surabaya ada yang jual gx y ni??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada, Mas :)
      Tapi saya kurang tau dimana, karena saya tidak tgl di Surabaya :)

      Oiya, Radio Kucing juga menerima pengiriman ke luar kota.
      Kami bisa mengirimkan Equilibrio ke tempat tgl Mas :)

      Delete
    2. Aku biasa beli di petshop puppies jl kutai, mas. Smg membantu yah :)

      Delete
    3. Di Pasar hewan Bratang, Surabaya ada yg jual equilibro. Hrg 29rb per 1/2kg itu utk hrg equilibro kitten. Kucing sy umur 2bln makan equilibro kitten mmg cpt gemuk

      Delete
    4. Bener, Aku barusan beli equilibrio di pasar bratang tp yg diluar, sebelahan dg kantor polisi, 30rb/0.5kg, makannya lahap banget, sblmnya pake eureka tp sdh mulai bosen kaya'nya. Tokonya tutup jam 10 malam, monggo dicoba

      Delete
    5. Bener, Aku barusan beli equilibrio di pasar bratang tp yg diluar, sebelahan dg kantor polisi, 30rb/0.5kg, makannya lahap banget, sblmnya pake eureka tp sdh mulai bosen kaya'nya. Tokonya tutup jam 10 malam, monggo dicoba

      Delete
  3. Replies
    1. Halo Mas Satrio, apa kabar? :)
      Yang namanya pup pasti bau Mas :D Ehehehe.
      Indikator perbandingannya "tetep bau" apakah sudah dibandingkan dgn saat kucing menggunakan menggunakan merk makanan lain? :)

      Berdasarkan pengalaman saya, jika dibandingkan saat kucing disini mengkonsumsi Fr****s Kitten, bau pup nya berkurang saat menggunakan Equilibrio Kitten.

      Semoga jawabannya membantu ya, Mas :)
      Salam buat kucing-kucing dirumah :)

      Delete
  4. maaf, teman-teman radio kucing apa bisa menyediakan pakan kucing merk purvita?
    saya ingin memberi makanan merk itu untuk kucing saya, tapi disini sangat susah mencarinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Nanung :)
      Mbak kira-kira butuh berapa kg? :)
      Ngobrol lanjutnya bisa hubungi kami di Whatsapp/BBM ya Mbak :)

      Delete
  5. Bbmnya berapa ya?Mau personal chat..makasih..

    ReplyDelete
  6. Mas tanya kan katanya blm ad yg jual repackny , trus klo packing dari pabrik paling kecil brp kg?? trus hargany brp?? thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, belum ada yang jual repacknya. Kebetulan saya jual sekarang repacknya, tapi stocknya lagi kosong.

      Delete
    2. di surabaya ada 500gr repack harga 33000 yg sekilo 60000

      Delete
  7. Setau saya ada yang kemasan 500 gram, harganya 38,000 di Kitten's Park BSD Serpong. Minggu lalu saya coba nih untuk kitten di rumah... Mpus saya sih nggak terlalu suka... harus di sodor- sodorin, baru mau makan... mungkin baunya kurang menyengat.. kwkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga untuk masing-masing pet shop berbeda2 mbak :)
      di jawa timur malah lebih murah2 lagi harga makanan kucing :v

      Delete
  8. halo mas, kalo mau beli equilibro yang 10kg dikirim kejakarta jadi berapa yah harganya? ini pin bbm saya 75A431C3. tolong di add yah.. biar komunikasinya lebih enak. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg udah nggak ada yang 10kg lagi Mbak.
      Kemasan 10kg sekarang bertransformasi jadi kemasan 7.5kg.

      Oke, saya add pin bb nya yah.

      Delete
  9. Mas yg 7.5kg berapa yah ?76303F42 Tolong add pin saya untuk konfirmasi harganya . Makasih

    ReplyDelete
  10. kalau di bandung dmn ya yg jual equil, agak susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nitip di saya Mbak :)
      Mau beli yang berapa kg?

      Delete
  11. Invite pin bb saya juga mba 528c40e2,saya mau beli juga

    ReplyDelete
  12. Jual ciclos ga? Tks
    Kalo jual mau add bbm yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Metta,
      maaf sampai saat ini belum jual ciclos :)

      Delete
  13. Bagusan equilibrio/blackwood/nutrisource???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Hana Arika.
      Pertanyaan Mbak di postingan yg lain sama ya Mbak, jadi saya jawab dipostingan ini saja ya, Mbak :)

      Mohon maaf Mbak, saya tidak bisa menyebutkan merk mana yang lebih bagus karena hal tersebut kurang etis dan takutnya malah menjadi salah paham dan malah takut disangka menjelekkan sebuah produk.

      Untuk mengecek makanan kucing yang baik, bagus, dan cocok untuk kucing Mbak, Mbak bisa mulai dengan cara dibawah ini :

      1. Cek kandungan gizi, kandungan bahan-bahan, dan segala macam komposisi yang ada di dalam makanan kucing tersebut. Apakah kandungannya benar-benar daging/ikan, atau hanya rasa ikan/daging, atau hanya minyak ikan/daging.

      2. Cek apakah masih mengandung karbohidrat (beras, gandum, soya, jagung). Jika ya, berapa persenkan kandungan karbohidrat tersebut. Apakah kandungan karbohidratnya jadi bahan utama? Atau hanya bahan tambahan? Karena banyak sekali makanan kucing yang mengandung karbohidrat (beras, gandum, soya, jagung) sebagai bahan utama makanan kucing. Ini kucing lho, makanannya daging, bukan beras :v Karbohidrat memang juga dibutuhkan untuk kucing, tapi dengan kadar yang sedikit.

      3. Cek apakah makanan kucing masih menggunakan bahan pewarna makanan atau tidak. Sebaiknya makanan kucing tidak mengandung pewarna. Ciri-ciri makanan kucing yang mengandung pewarna biasanya memiliki warna cerah dan atau berawarna-warni.

      4. Cek apakah mengandung perasa buatan.
      Nah nah nah, jangan-jangan Si Kucing selama ini makan lahap dengan merk tertentu gara-gara makanan kucingnya mengandung perasa buatan yang bikin nagih Si Kucing. Dan saat Si Kucing dikasih merk lain yg lebih 'sehat' dia ogah. Logikanya gini, sama dengan anak kecil biasa makan junk food yang gurih-gurih kemudian dikasih salad buah dan ayam kukus. Lebih doyan yang mana?

      Kalau udah gini, apakah bisa kita bilang Merk A, B, atau C nggak bagus karena Si Kucing nggak doyan?

      Si Kucing nggak doyan bukan berarti Si Merk A, B, atau C itu nggak bagus, bisa jadi Si Kucing emang ga suka (masalah selera) atau memang Si Merk A, B, dan C nggak mengandung perasa buatan yang bikin kucing nagih.

      5. Cek siapa produsennya. Apakah produsennya jelas? Dari mana? Pabriknya dimana? Negaranya apa? Ada websitenya nggak? Produsen yang jelas tentu menghasilnya produk yang jelas asal-usulnya.

      6. Cek harga. Bandingkan makanan kucing A, B, dan C. Kira-kira dengan kandungan gizi yang begini, produsennya Si Ini, asal negaranya dari sini, harga jualnya segini, kira-kira worthed nggak ya? Atau jangan-jangan ada merk lain yang nggak terlalu terkenal tapi kualitasnya sama atau bahkan lebih bagus tapi harga lebih murah?

      So, inti dari semua tulisan ini adalah :
      1. Banyak baca dan mencari tahu
      2. Bandingkan
      3. Putuskan akan membeli/menggunakan produk yang mana yang disesuaikan dengan kebutuhan Si Mpus dan kemampuan Owner. Karena belum tentu yang kata Si A merk B itu bagus dan cocok buat kucingnya bisa cocok dan bagus di kita.

      Semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan Mbak ya... :)

      Salam.

      Delete
  14. Replies
    1. Halo Mbak Ayu.
      Pin apa ya? Pin BBM bukan? Sudah ada di blog ini. Silahkan cek bagian kontak yang ada di sisi kanan blog :)

      Delete
  15. Mba kl menurut mba dgn kualifikasi tentang mencari makanan kucing yg baik mnurut mba d atas,equilibrio sdh masuk dalam kategori yg baik ga? Sy aga malas memcari perbandingannya hhee...kucing sy smua makan equlib sdh bbrapa tahun ini,gemuk sih,sehat jg,tp apakah ada efek jangka panjang yg buruk yg perlu sy ketahui,mkasi

    ReplyDelete
  16. Mba kl menurut mba dgn kualifikasi tentang mencari makanan kucing yg baik mnurut mba d atas,equilibrio sdh masuk dalam kategori yg baik ga? Sy aga malas memcari perbandingannya hhee...kucing sy smua makan equlib sdh bbrapa tahun ini,gemuk sih,sehat jg,tp apakah ada efek jangka panjang yg buruk yg perlu sy ketahui,mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selamat malam Mbak Vita.
      Terima kasih sudah bersedia membaca ulasan di atas/ Kalau menurut saya, iya sudah.

      Saran saya jangan malas untuk memcari perbandingan Mbak, karena kesehatan kucing peliharaan kita dan juga kesehatan 'dompet' dalam jangka panjang terjaga dikarenakan kita senantiasa mengupdate informasi dan bersedian mencaritahu dan membandingkan yang mana yang terbaik untuk si empus namun tetap sesuai dengan kondisi keuangan dan kesehatan jangka panjang :)

      Delete
  17. mas/mbak..saya uda add pin nya..tlong d accept ya mbak..soalnya saya mau konsul tentang kucing..saya suka sama postingan artikelnya.. banyak membantu. tp saya tanya-tanya lbh jelas..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Uky. Sudah di add pin bb yang ada di kontak yang tersedia? Kalau sudah, pasti saya appove kok :)

      Ditunggu yah chit chat nya :)

      Delete
  18. Invite pin aku juga dong 51B24019.. buat pesan equil nya..
    Tnxx yaa mba' ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  19. Invite pin aku juga dong 51B24019.. buat pesan equil nya..
    Tnxx yaa mba' ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Rani Ali, apa kabar?
      Sudah di invite ya pin bb nya sis, trims...

      Delete
  20. Kalo harga Equilibrio Kitten yang 7.5 Kg berapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf br balas Masgan, notifnya kelewat.
      Harganua sekitar 450ribuan ke atas skrg utk eceran per karung :)

      Delete
  21. Di Petshop langganan gw ada jual kemasan Freshpack ukuran 500 gr, Min. Harganya 40an ribu.

    ReplyDelete
  22. Mbk
    mau pesan equilibriony..tlg invite 5390a247

    ReplyDelete
  23. Mau tanya dong.. equilibrio sama blackwood bagus mana ya kandungannya? Kucing ku pake fries***s, tp krn pupnya jadi mencret dan bau, mau aku ganti. Cuma masih bingung antara blackwood atau equilibrio..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dhee Cantik... :)
      Coba d baca beberapa komentar di atas Sis, ada jawabannya... :)

      Atau bisa juga mengakses artikel ini di Blog Radio Kucing:

      Lebih Bagus Blackwood/Equilibrio/Nutrisource/Royal Canin/Solid Gold/Pro Plan atau (sebutkan merk makanan kucing apapun disini) sih? Aku maunya yang bagus dan murah!

      http://radiokucing.blogspot.co.id/2015/03/lebih-bagus-blackwoodequilibrionutrisou.html?m=1


      Semoga membantu.

      Delete
  24. bagus sungguh penerangan kalian,
    saya tinggal di Malaysia juga berikan brand ini kepada kucing saya, amat bagus, kucing saya menjadi besar setelah 3 bulan makan ini.
    terima kasih semua

    ReplyDelete
  25. Setelah baca review ini jadi ganti makanan buat kucing kitten ku yg sisa cuman 1 walaupun ras campuran tpi makannya mw di jaga :') sempat pake yg mahal cuman sakit di dompet wkwkwk
    Btw si mpus suka dan walopun ganti merek ga ada tuh cerita dia mencri2 :D kalo masalah bau yah sama aja soal lahap dia lahap ko doyan bgt malah tpi equili ini bau yah kalo lagi ngasih baunya semerbak wkwk klo soal gemuk sih biasa aja ... harga 1kg nya juga cuman 60rb klo fresh pack 130rban di tangerang sini :)

    ReplyDelete
  26. Setelah baca review ini jadi ganti makanan buat kucing kitten ku yg sisa cuman 1 walaupun ras campuran tpi makannya mw di jaga :') sempat pake yg mahal cuman sakit di dompet wkwkwk
    Btw si mpus suka dan walopun ganti merek ga ada tuh cerita dia mencri2 :D kalo masalah bau yah sama aja soal lahap dia lahap ko doyan bgt malah tpi equili ini bau yah kalo lagi ngasih baunya semerbak wkwk klo soal gemuk sih biasa aja ... harga 1kg nya juga cuman 60rb klo fresh pack 130rban di tangerang sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi cerita Sis Nisa.
      Semoga empusnya sehat selalu yah :)

      Delete
    2. Radio kucing. Mau nanya., perbedaan equi adult sm equi kitten apa yak? Trs untuk masing2 harga kena berapa? & ongkirnya untuk ke jatim brp?

      Delete
    3. Radio kucing. Mau nanya., perbedaan equi adult sm equi kitten apa yak? Trs untuk masing2 harga kena berapa? & ongkirnya untuk ke jatim brp?

      Delete
    4. Halo Agan Lintang.
      Perbedaan mencolok terdapat pada ukuran kibble dan kandungan proteinnya. So far yg lainnya ga terlalu beda jauh.

      Silahkan baca ulasan dengan seksama, sudah dijelaskan dgn rinciiiiiii sekali :)

      Salam Hangat,

      Radio Kucing

      Delete
  27. kucing aku overweight kira2 beratnya 4-5kg .. trs skrg makanan nya equilibrio .. kira2 takaran makanan yg pas buat kucingku brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mr. X,
      usia kucing nya berapa bulan atau berapa tahun? Untuk kucing dewasa wajar jika beratnya 5kg
      :)

      Delete
  28. Kucing ku baru 1 tahun bulan ini jd pake yg adult. Terus takarannya sehari berapa sendok makan ya? Biar ga kebanyakan dan ga kedikitan nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Syania Nurullita.
      Jika Sis membeli kemasan fresh pack akan ada tulisan nya di sana :)

      Delete
  29. kucing saya kasih equi yg kitten sampai sekarang (jalan 9 bulan) karena saya lihat nutrisi yg terkandung lebih tinggi dari equi adult. akan tetapi makannya sekarang mulai menurun. apakah kucing juga merasakan bosan terhadap makanan yg disajikan ???
    mungkin ada saran atau masukan....

    salam cat lovers :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Najib.
      Beberapa kucing memang terkadang terlihat bosan dengan makanan kucing yang dimakannya secara rutin terlihat hari. Bebebapa Cat Lover lainnya pernah berbagi kisah bahwa dengan mengganti makanan kucing secara berkala, ada yang menyarankan 3 bulan sekali, dapat meminimalisir rasa bosan kucing terhadap makanan tersebut :)

      Nah, menemukan makanan kucing yg disukain kucing memang butuh perjuangan. Selamat hunting! :)

      Delete
  30. mau ikutan bagi review equilibrio kitten nya ya,, setelah nyoba fr*eskis, RC, PP dan equilibrio,,, pas nyoba equilibrio yah gitu lah kadang mau kadang cuma diendus ajah, padahal wanginya dibadning merklain semerbak banget,, tapi ya gitu deh,, kalo kata mimin kan setiap kucing itu beda,,, jd sekarang masih ngulik n nyoba2 merk lainnya buat empush2 dirumah... palingan kalo lg pada bosen makan kering dikukusin ayam atau dikasih wet food merk RC atau Wh*skas... demikianlah pengalaman saya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Yuliana Triningsih.

      Betul Sis, setiap kucing beda. Buktinya adalah kucing Sis, dikasih Equilibrio yang baunya nyengat juga tetep kadang malas makan :) Semoga kedepannya segera menemukan merk makanan kucing yang cocok untuk Si Mpus dan membuat Si Mpus makan dengan lahap ya :)

      Kalau Si Mpus masih malas makan terus, coba kasih multivitamin penambah nafsu makan :)
      Bisa juga dengan diberiakn minyak ikan secara teratur :)

      Delete
  31. kualitas equilibrio dn cat eyes lebih bagus mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Virga.
      Untuk mengetahuinya bisa dengan cara membaca komposisi, kandungan gizi, dan keunggulan yang ditawarkan pada masing-masing kemasan produk lalu membandingkannya satu sama lain. Dengan metode tersebut akan membantu Sis untuk mendapatkan jawaban mana yang lebih bagus dan sesuai dgn kantong :)

      Semoga membantu.

      Delete
  32. Kalau anak kucing kampung kira2 mau gak ya d kasih makanan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kucing dome disekitar rumah ku sukaak bgt.. skrang jd pd gemuk2

      Delete
    2. Halo Sis Melorin.
      Boleh Kok, Sis. Selama kucing suka yang nggak masalah. Mau kucing domestic short hair (atau orang awam sering sebut sebagai kucing kampung) atau kucing ras mahal juga boleh kok makan makanan kucing ini. Yang penting kucing suka dan cocok :)

      Sis Virga Ristyaputri :
      Terima kasih sudah berbagi kisah :) Semoga Mpus-mpus peliharaannya senantiasa sehat yah... :)

      Delete
  33. kucing kampung dirumah, setelah makan equilibrio kok langsung pub ya?
    kebetulan baru pertama saya kasih makan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ivonk.
      Mhm, ini maksud pertanyaannya gimana ya?
      Pup nya mencri atau solid?
      Kalau solid wajar kok kalau begitu :)

      Kalau mencri bisa jadi karena adaptasi makanan atau kucing nya cacingan.

      Jarak waktu dari kucing Mas tersebut makan ke pup - nya berapa menit / jam? Wajar kok jika selang sekitar 30 menit - 2 jam pasca makan seekor kucing langsung pup :)

      Semoga jawabannya membantu :)

      Delete
    2. Saya punya satu kucing mix dom betina dan 3 anaknya plus 1 kucing persia medium adult plus 1 kucing persia peaknose usia 7 bulan..semua sdh saya berikan equil adult san kitten sejak 6 bln terakhir ini..hasilnya syukurlah semua suka, dan pup relatif berkuranh drastis baunya. Bulu jg minim rontok dan body terjaga..intinya equil adalah pakan mpus dgn harga "masuk akal dan bersahabat" namun kualitas gabungan antara P**pl*n yg gemukin kucing, r**al c*n*n yg bagus buat bulu plus manfaat bau pup berkurang

      Delete
    3. Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Semoga Mpus-mpus nya senantiasa sehat selalu ya :)

      Delete
  34. Replies
    1. Dicoba dulu aja, Gan.
      Karena kalau dari komposisi dan harga mirip-mirip kok :)
      Semoga ketemu yang cocok ya :)

      Delete
  35. Untuk kitten brp kali sehari? Biasanya saya kasih 3-4x sehari, terlalu banyak kah?
    Baru 2 hari memakai equi, emg bener sh, pupnya ga terlalu bau bila dibanding memakai f*l*bite.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Habibi Fahmi.
      Terima kasih sudah berbagi pengalaman :)

      Untuk kitten sebaiknya tidak dibatasi dulu makannya Pak. Karena kucing kecil sedang membutuhkan gizi lebih banyak dari kucing dewasa, karena kucing kecil biasanya masih banyak bergerak. Juga, pada umumnya kucing berpola makan sedikit-sedikit tapi sering.

      Semoga membantu jawabannya :)

      Delete
    2. Wah, gt yh? Ini saya selalu isi tempat makannya, makannya sedikit2 tp sering, tp knp yh semenjak makan equi kitten saya sukanya tidur terus, apa memang efek dr equi yh? Normal kah?

      Delete
    3. Halo.
      Bisa jadi cuaca dingin (efek sering hujan sekarang-sekarang ini) bikin kucing betah tidur. Kenyang juga bikin kucing sering tidur. So far jika ga ada masalah maka tidak apa-apa.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  36. Review kitten food merk nature bridge dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Gan.
      Ditunggu kiriman sample makanan kucingnya ke kami ya :)

      Delete
  37. Gan mau nanya nih, kucing saya Mainecoon mix persia umur 3,5 bulan untuk makanan merk equilibrio yg cocok yg mana ya? Terus kalau merk RC cocok untuk makanan jenis mana ya tolong sarannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Setau saya mah RC dan Equilibrio bisa utk semua ras kucing, Gan... :)

      Delete
    2. Adakah merk WF tuk kitten / adult yg tdk mengandung ikan?
      Adakah merk DF tuk kitten / adult yg tdk mengandung karbohidrat? Tks

      Delete
    3. Adakah merk WF tuk kitten / adult yg tdk mengandung ikan?
      Adakah merk DF tuk kitten / adult yg tdk mengandung karbohidrat? Tks

      Delete
    4. Halo Sis.
      1. Untuk mengetahuinya, bisa baca ingredients nya secara seksama.
      2. Cari yang grain free.

      Delete
  38. equil kitten bisa untuk kitten mulai usia berapa ya sis? 2bln sudah boleh belajar makan df kah?

    ReplyDelete
  39. Min,permisi mau tanya, klo penjelasan beda antara equil indoor dan equil hairball apa ya min? Soalnya banyak juga yg pakai kedua itu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kitten? Skrg kalau ga salah udah berubah bungkusnya jadi kitten yg ada hairball nya, yg garis nya pink bukan ya? *ekeu lupa

      Delete
    2. Iya min,yg indoor garisnya pink muda,yg hairball garisnya pink tua..
      Nah agak bingung yg indoor,itu dikhususkan untuk kucing yg dirumah mulu atau gmana ya,atau guna untuk yg lain? *aduh bingunggg*

      Delete
    3. Secara sederhanya memang begitu kok :)

      Delete
  40. mau tanya nih min..kitten sy d kasi equil kenapa jd mencri2 ya padahal uda d mix dgn pakan yg lama pas d stop equil nya mencri nya lgsung hilang,apa itu arti nya emang ga cocok ya sm equil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Iya Mba, bisa jadi indikasi ngga cocok :)

      Delete
  41. Mas..kucing ku kitten 4 bulan baru coba equlibrio brp hari,ini kok mncret2 yah..ini ga cocok atau krna tiap makananny abis aku ganti2 merk lain..krna kucing ku susah makan..jadi masi coba2 ganti2 merk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi memang ngga cocok :)
      Yah begini lah, soal makanan kucing mah emang harus nyoba, dan ngga semua merk yg kata orang cocok itu cocok juga di kita :)

      Delete
  42. Hai min.. Aku pengguna setia equilibrio. 500gram equil gak sampe seminggu. Kitten ku umur 3 bulan. Tapi, kadang aku beli di 2 petshop yg beda.. Karna aku beli nya yg repack kok ukuran kibble nya itu ada yg kecil2 tapi kalo beli di petshop 1 nya ukurannya sedikit lebih besar. Tapi saya bandingkan Sama yg adult Juga beda.. Tolong dijelasin min.. Trimakasih salam persian cat ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kurang tau nih. Harus nanya langsung sama yg jualnya, soalnya saya ga lihat dan ngga pegang bentuk fisik nya :)
      Tanya langsung ke penjual ya :)

      Delete
  43. Hai mbak mas Fika mau nnya Ni , Fika punya kucing drmh Persia betina memang sih semenjak Fika kasih pakan merek equilib kucing lahap makan nya , krna sblm Fika ganti dngn equlib kucing fika bulu nya rontok, sblm nya fika ksh pakan nya yg bentuk nya ikan kecil2 tp fika campur dengan proplan itu rontok terus fika ganti dngn equlib ini Gatau fika berkurang atau tdk krna masih rontok juga , itu harus gmna ya biar tdk rontok ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Agar tidak rontok maka berikan kucing makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhannya dan yg cocok untuknya. Bagaimana agar bisa tahu hal tersebut, coba! Let's try and find out. Hanya Tuhan, Kucing, dan Pemilik kucing yang bisa tahu apakah makanan kucing ini cocok atau engga untuk kucing Sis. Jangan lupa sesuaikan juga dengan bujet, walaupun pada umumnya makanan kucing makin mahal emang makin bagus, tp krn merawat kucing itu jangka panjang, maka bijaksanalah dan tetap berusaha memberikan yang terbaik. Jangan lupa sering-sering bac referensi juga ya...

      Delete
  44. Halo mbak ,
    Aku baru adopsi kucing anggora nih, masih bingung cari makan yg cocok, krn baru pertama melihara kucing ras (biasanya kucing kampung aja) ini pertama di beliin repack gatau merek apa sm temen bentuknya kyak ikan kecil kecil. Bulunya rontok tapi, makanya nyoba repack royal canin rekom dr temen yg lain 400gr 53rb , ku mix sm yg sblmnya krn syg klo g habis kan ya, hasilnya bulunya lumayan sih ga rontok sbnyak sblmnya. Cm ga kuat dikantong akhrnya hasil rekom dr mas pet shop aku cb yg equil repack 400gr harga 30rb. Ini kadang aku mix rc dan equil, tp ini mau mulai cb kasih equil dlu aja, pingin tau efeknnya ke dia gmn. Emang sih dia ga selahap kalo dikasih rc , tp msh mending dr catfoot yg dibeliin tmenku.
    Ini g mslah kan ya ganti ganti makanan gini. Soalnya aku pingin cri yg terbaik buat si pus dan yg cocok sm isi kantong. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama dalam tujuannya masih mencari makanan kucing yg cocok dikantong dan cocok dikucing maka ngga masalah, kok. Asal jika sudah ketemu yang cocok, usahakan jangan terlalu sering ganti-ganti, kecuali saat kucing bosan dgn makanan yg monoton.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  45. Mau tanya,didalam makanan ini ada kandungan babinya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dilihat dr translate komposisinya sprtinya tdk ada, coba lihat merk minino plus, disitu ditulis "pork", brrti klo ada kandungan babinya pasti dicantumkan.
      CMIIW

      Delete
    2. Makasih banyak sudah bantu jawab, Masgan :)

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. untuk persia kitten cocok gak ya?

    ReplyDelete
  48. Kalo buat kucing lokal itu bagusan equilibrio/whiskas/royal canin/me-o? Atau ada saran makanan yang murah tapi bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya bisa ditemukan disini: klik

      Dibaac dengan seksama ya.
      Semoga membantu :)

      Delete
  49. Halo kak, mau tanya, saya baru sebulan ini ngasih equilibrio kitten ke kucing saya. Awalnya saya beli yg freshpack trus stlh habis saya cb beli repack yg dijual di petshop langganan. Trus bbrp hari dikasih yg repack itu kucing saya 22nya muntah 2 hari. Itu karna repackannya atau karna lama-lama ga cocok sm makanannya ya? Saya ga berani suuzon ke petshopnya hehe mohon dibantu jawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini muntahnya berupa apa? Muntah makanan biasanya kekenyangan. Munta cacing cacingan. Muntah air liur bisa jadi distemper, gangguan ginjal, atau panleu. Banyak banget kejala penyakit / kejala suatu hal karena "muntah", maka informasinya harus lebih spesifik.... :)

      Delete
  50. Kucing ku dryfoodx campuran Royal C***n, Pro P**n n Equilibrio bagus bgt krn masing2 punya cat goals tersendiri ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š #Si Moldy sehat, lincah, cepet gede. Jangan lupa diksi susu 3x sehari, rajin bersihin pasir, mandi tiap Sabtu/Minggu n jgn lupa kedinginan pake hairdryer bulu2x, biarin main dlm rumah alias jgn dikandangin biar gk stress ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  51. Kucing ku dryfoodx campuran Royal C***n, Pro P**n n Equilibrio bagus bgt krn masing2 punya cat goals tersendiri ������ #Si Moldy sehat, lincah, cepet gede. Jangan lupa diksi susu 3x sehari, rajin bersihin pasir, mandi tiap Sabtu/Minggu n jgn lupa keringin pake hairdryer bulu2x, biarin main dlm rumah alias jgn dikandangin biar gk stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya atas sharing nya. Semoga Sis dan Si Mpus Meong senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  52. equil skrng brapa ya mba 1 kg nya? mkshh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah setahun ini engga jual equil dulu hehehe, kurang tau nih Gan, hehehe

      Delete
  53. Awalnya aku iseng2 nyoba2 equibrio kitten ke kucing2 aku, karna udah gak kuat beli RC, kucing aku ada 20ekor sebelumnya aku pakai RC kitten 36 yang bungkusnya Pink yang 10kg, sebulannya habis 3pack (30kg) hahahaha ampe gak bisa beli apa2 asalkan bisa beli RC, dan saat pertama aku coba equibrio ini aku kaget karna hasilnya alhamdulillah gak kalah bagus dari RC, dari 20ekor kucingku gak ada yang mencret pupnya lebih padat dan baunya tidak menyengat kalo dibanding makanan sebelumnya, aku langsung ganti n gak pakai campur2 dulu, alhamdulillah so far so good gak ada masalah...kucingku juga gak terlalu sering pup walaupun sering makan(kalo dulu makan banyak pup sering)..saat ini aku recomend banget makanan ini... mudah2an gak ada efek jangka panjang penggunaan.. Lumayan bisa hemat dikit..๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak ya sis atas sharing nya :)
      Mudah2an senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  54. kalo untuk kitten persia sebaiknya pakai equilibrio kitten atau persian?

    ReplyDelete
  55. kitten peliharaan ku usianya sekitar 4 bulan'an dikasih makan equil kitten
    awalnya lahap dan kalau diperhatikan saat makan tidak dikunyah langsung ditelan, berbeda kalau makan bolt yang bentuk ikan, saya masih bisa dengar suara mengunyah crunchy, kira-kira itu aman gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman nya dalam perihal apa?
      Aman dalam kandungan gizi? Tentu masih bagusan Equilibrio dong dr pada Bolt.
      Aman karena nguyah atau engga? Itu mah gmn kucing nya. Si Belang dulu juga pernah ga nguyah makanan karena dia rasa kibble nya kecil dan tinggal hap-hap-hap, kalau kibble nya butuh kunyah mah dia juga ngunyah. Kalau pengalaman saya bersama Si Belang sih begitu.... Hehehe.

      Delete
    2. iyah kalau makan Equil kucingku langsung hap hap tanpa kunyah
      sip kakak, thank you infonya :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D