Wednesday, January 22, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi review mengenai makanan kucing yang paling mudah ditemukan di Indonesia, sampai di supermaket umum pun ada, yaitu Friskies! Friskies merupakan salah satu makanan kucing dari Thailand yang cukup terkenal di Indonesia, salah satu alasan populernya makanan kucing ini karena ia mudah ditemukan di supermarket dan juga sering melakukan promo dengan cara menjadi sponsor kegiatan komunitas atau acara pecinta kucing. Produks Friskies sebenarnya ada beberapa, ada makanan kucing dry food untuk kitten, dry food untuk kucing dewasa (adult), ada juga makanan basah. Namun, pada postingan kali ini kita akan memfokuskan pada makanan kucing Friskies Kitten.

Sumber : disini

Penampakan Kemasan Produk
Produk Friskies termasuk salah satu produk makanan kucing yang memiliki versi kemasan lengkap, dari kemasan kecil yang cocok buat para Cat People yang baru mau icip-icip Frieskies buat kucing dirumah, sampai versi karungan yang cocok buat Cat People yang mau beli makanan kucing asal Thailand ini langsung dalam porsi banyak. Nah, berikut ini adalah penampakan produk makanan kucing Friskies Kitten :

Friskies Kitten kemasan 400gram
Sumber : disini

Friskies Kitten kemasan 1,2kg
Sumber : disini

Rasa Yang Tersedia
Friskies Kitten tersedia dalam rasa Chiken & Fish, dan sejauh ini saya hanya menemukan satu rasa ini untuk makanan kucing Friskies versi Kitten.

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk manakan kucing Friskies Kitten ini berbentuk bulan-bulat seperti setengah bola. Terdapat dua warna pada kibble (biskuit) yang tersdia di dalam kemasan Frieskies Kitten, warna coklat tua dan warna terang coklat muda. Menurut saya, tekstur makanan kucing ini agak keras untuk setaraf makanan anak kucing, soalnya saat kucing saya makan kibble (biskuit) Frieskie Kitten terdengar kretek-keretek saat kucing saya mengunyak makanan kucing ini. Jika dibandingkan dengan makanan kucing merk Nut*****ce, maka jauh lebih empuk kibble (biskuit) Nut*****ce dibandingkan Friskies Kitten.

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi

FRISKIES KITTEN CHICKEN AND FISH adalah makanan kucing yang lezat, berisi gizi yang lengkap dan seimbang, mengandung daging ayam asli dan ikan.


Komposisi :
Bijian Penuh (Jagung, Gandum), Keluaran Sampingan Daging, Gluten Jagung, Kacang Soya, Lemak Lembu, ikan, Perisa Semula Jadi, Vitamin, Mineral dan Asam Amino, Garam Beriodin dan Pewarna Makanan, Mengandung Lembu atau Keluaran Sampingan Lembu.


Analisa Terjamin :
Protein Mentah............33.0%
Lemak Mentah.............11.0%
Serat Mentah...............4.0%
Kelembaban................12.0%
Sumber : disini

Apakah Kucing Suka?
Ya, kucing saya suka dengan makanan kucing ini. Menurut saya makanan kucing ini cukup bersahabat dihidup mausia, tidak terlalu menyengat, namun entah mengapa kucing saya suka dengan makanan kucing ini.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Efek makanan kucing Friskies Kitten pada kucing saya adalah CEPAT GEMUK! Beneran deh, entah mengapa kucing saya cenderung cepat gemuk saat mengkonsumsi Friskies Kitten dibandingkan saat mengkonsumsi Nut*****ce.

Adakah Kemasan Repack?
Sampai saat ini saya tidak pernah melihat kemasan repack dari Friskies Kitten, karena memang Friskies adalah salah satu makanan kucing komersial yang lengkap versi kemasannya. Dari mulai kemasan 400gram sampai karungan ada.

Harga?
Harga Friskies Kitten kemasan 400gram bisa didapatkan mulai harga 25rb, sedangkan kemasan 1,2kg bisa didapatkan mulai harga 65rb.Harga-harga tersebut merupakan harga yang ditemukan di pasaran pada umumnya.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Murah, mudah didapat, dan sudah tersertifikasi. Sertifikasi yang dimiliki oleh Friskies bisa Cat People cek di belakang bungkus makanan kucing Frieskies. Selain itu, makanan kucing Friskies yang beredar di Indonesia berlabel "Suci & Bersih", jadi terasa lebih aman dan nyaman bagi umat Muslim. Namun, di dunia perkucingan, terutama di dunia maya, makanan kucing merk Friskies punya citra yang agak buruk, dan sering disebut sebagai biang dari beberapa penyakit yang menyerang kucing kesayangan, salah satunya kencing batu. Saya juga punya pengalaman saat berkonsultasi dengan drh langganan saya, dan saat itu saya masih memberikan Friskies Kitten kepada kucing saya untuk di konsumsi, karena saya pikir Friskies Kitten adalah makanan terkenal yang sudah pasti bagus, dan ternyata saya salah. Drh langganan saya bilang dengan tegas 'Jangan dikasih maka Friskies atau Wh***as, jangan dikasih 'Pr* **an juga, pasien saya ada yang kena kencing batu.'. Jleb. Pada awalnya saya kira hal tersebut cuman selentingan dan berita buruk di internet untuk menjatuhkan produk-produk tertentu, namun jika sampai drh langganan saya bilang seperti itu maka sebaiknya saya segera berganti makanan untuk kucing saya. Namun, ada juga rekan sesama Cat Lover yang memiliki kucing usia 5 tahun yang dari kecil sampai sekarang masih menggunakan Friskies sebagai manakannya. Lalu, bagaiamana dengan kucing tersebut? Sakit? Tidak. Kucingnya sehat, gemuk, dan cantik. Gemes banget. So, bagi saya makanan kucing memang cocok-cocokan bagaikan obat jerawat.


Update 1 Agustus 2016:
Ada informasi tambahan dari salah satu pengunjung Radio Kucing yang menurust sayang jika tidak di-share dengan teman-teman Car Lover lainnya. Ini dia....



Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan ya, Guys... ^^


Semoga kucing-kucing kita selalu sehat dan ceria.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber di internet.




Sincerly,



Radio Kucing  - @juwies



NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , ,

25 comments:

  1. kucing saya anggora-kampung usianya 1,5 bulan seneng banget sama makanan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, senang sekali mendengarnya :)
      kucing yang makannya lahap memang menggemaskan yah :D

      Salam buat mpus di rumah ya, Sis... :)

      Delete
    2. Mpus sy Persmed 6 bln jg mkn Friskies.. Mgkn hrs dibarengi dgn minum yg byk biar kencing ny lancar n ngk kencing batu..

      Delete
    3. Halo Mas Civino.
      Betul Mas, minuman untuk Si Mpus harus selalu tersedia supaya Si Mpus nggak kekurangan cairan :)

      Salam buat Mpus-mpus di rumah.
      Semoga sehat selalu.

      Delete
  2. kucing saya umur 1,5 bulan juga makan ini, tapi gak bisa makannya, terlalu keras, jadi dikasih aer (menurut petunjuknya di belakang kemasan), tapi tetep saya kasih makanan utamanya yaitu ikan. Jadi saya kasih friskies hanya untuk sampingan,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Goo Mala. Senangnya mendengar kucing tumbuh sehat. Semoga kucingnya senantiasa sehat yah :) Iya Mbak, kalau masih terlalu kecil kucingnya, makanan kucing yang kering bisa di tambahkan air secukupnya (sedikit saja) sampai cukup lunak untuk dimakan :)

      Salam.

      Delete
  3. Apaan sih, reviaew yg diatas bangga2in frieskis, waktu baca yg dibawah, malah blg jangan kasih frieskis krn ntik bs sakit, kalau copas yang bener dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dwi Putri Maisyara yg cantik dan baik, apa kabar?

      Yang copas yg bagian mana ya? Saya nulis review ini berdasarkan pengalaman sendiri dan apa yg saya tahu sebagai manusia awam pada saat awal memelihara kucing. Saya tdk pernah mmbanggakan atau menjelekkan suatu produk, saya nulis sesuai dgn pengalaman saya dan apa yg saya dengar dr sumber-sumber tempat saya berkonsultasi. Karena blog ini adalah blog review, maka perbandingan baik dan buruknya suatu produk akan saya tulis sesuai dgn sumber yg pernah saya ajak konsultasi. Dan maaf sekali lagi, blog ini nggak pernah copy paste. Andai kata mengambil sumber, selalu mencantumkan sumber. Ada juga blog ini yang di copy paste sama blog/website sebelah :)

      Terima kasih.
      Semoga Mba senantiasa sehat dan berbahagia.

      Delete
    2. Mbak dwi mungkin belum tuntas bacanya... :)

      Delete
    3. Dih, kok nuduh2 gitu komennya?
      btw, ini komennya si mba dwi copas dari mana ya? Hihihi

      Delete
    4. Dih, kok nuduh2 gitu komennya?
      btw, ini komennya si mba dwi copas dari mana ya? Hihihi

      Delete
    5. Masih ada aja generasi micin nuduh2 orang lain copy paste padahal diri sendiri moron. Baca sampai akhir lahh hihihi

      Delete
  4. Merek yg di anjurkan dokter merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Indra.
      Saat konsultasi diatas saya ngga sempat nanya apa merk yg bagus. Tp kalau menurut saya pribadi, semakin tinggi grade/kelas makanan kucing pd umumnya kualitas nya semakin bagus, salah satu contoh nya grade raw food / home made cat food. Karena kandungan daging jd hal utama, dimana sesuai dgn makanan alami kucing sbg hewan karnivora yaitu daging.

      Namun, sbagai pemilik kucing kita juga hrs bijaksana juga dgn keadaan diri kita, slh satunya keadaan keuangan.

      Semoga menemukan makanan kucing yg cocok :)

      Delete
    2. *Maaf salah redaksi, maksudnya bukan "merk yang bagus", tapi merk yang dianjurkan oleh dokter. "

      Delete
    3. Kalau Catovers ingin makanan kucing yang versi Holistic saya sarankan pakai Orijen ya, krn bebas dari bahan biji2an

      Delete
    4. Terima kasih sarannya Pak Dokter. Semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk Cat Lover lainnya. Semoga sehar selalu Pak Dokter :)

      Delete
  5. Tulisan yang ditulis oleh admin radiokucing sangat bagus sekali, memang benar, makanan kucing memang ibarat obat jerawat yang tergolong cocok-cocokan terhadap kucing, karena belum tentu merk mahal cocok dengan kucing kesayangan kita, begitupun sebaliknya. Di sini saya bantu mengenalkan friskies dan saudara2nya yang lain. Makanan tersebut adalah salah satu produksi dari Purina (Yang memproduksi makanan kucing lainnya seperti Proplan, PurinaOne, dan Friskies). Dalam jenis2 makanan tsb pastilah dari segi harga dan khasiat berbeda pula, ada yang kualitas Super Premium dan kualitas Premium. Masing2 juga punya kelebihan dan kekurangan masing2 dari segi protein Friskies tergolong rendah karena hanya 33% (kitten), 26% (adult) sedangkan untuk PurinaOne 34% dan yang tertinggi adalah Proplan sebesar 41%. Saran saya jika kucing catlovers kurus saya sarankan diberi makan Proplan, jika ingin berat badan proporsional saya sarankan purinaone..tapi jika ingin harga yang ekonomis saya sarankan friskies...menanggapi saran dokter hewan untuk makanan bagi si Mpus untuk tidak diberi makanan keluaran purina memang banyak kasus di lapangan kalau produk purina menyebabkan gangguan urine pada kucing, namun hal tersebut tidak serta merta benar kok, karena setiap owner jika bisa merawat Mpusnya dengan baik dengan cara menyediakan air bersih yang diganti secara berkala tiap 3 jam sekali, insyaallah masalah tersebut tidak akan timbul kok...jadi timbulnya penyakit bukan karena merk makanan, tapi pola hidup sehat yang harus diperhatikan oleh owner...kebanyakan produk purina bagus kok dibanding yang terbuat dari daging unggas asli (Porplan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, terima kasih sekali Pak Dokter. Memang benar, bukan merk yang berpengaruh, tapi kandungan dari makanan kucing tersebut dan juga poha hidup Si Kucing.

      Terima kasih sarannya, Pak Dokter. Semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk Cat Lover lainnya. Semoga sehat selalu, Pak Dokter :)

      Delete
    2. Maaf di kalimat terakhir, saya salah redaksi dalam penulisan. Maksud saya produk keluaran Purnia bagus2 kok dibandingkan produk lainnya, karena salah satu keluaran purnia (proplan) bahan bakunya terbuat dari daging unggas yang kaya akan protein

      Delete
  6. Kalau dari mrek ini ada makanan basah nya ga ? Aku mau coba. Dan apa kucing di usia 1.5bln sudah bisa d kasih makan ? Mohon d balas thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk Friskies ada makanan basahnya kok Sis, setau saya kalau Frieskies adanya kemasan kaleng kecil dan kaleng besar, ngga ada sachet nya. Harganya relatif bersahabat kok, cek aja di Pet Shop sekitaran rumah, pada umumnya produk Purina banyak yang jual kok :)

      Kebetulan Si Belang sudah mau makan makanan dry food di usia 1,5 bulan, tapi saudaranya yg lain engga. Kalau kucing belum mau makan dry food, jangan dipaksakan. Tugas kita sebagai owner untuk mengenalkan, soal selera kucing yg menentukan :)

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Sekedar memberi info kak, makanan friskies yg basah ada yang sashet kok kak. Sepertinya dengan kemasan baru. Untuk kitten hingga adult ��

      Delete
    3. Trims atas sharing nya Sis :)
      Semoga sehat selalu... :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D