Monday, January 20, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk I'm Organic atau yang lebih populer disebut sebagai IMO. Makanan kucing IMO ini digermbar-gemborkan sebagai salah satu makanan kucing buatan Indonesia dengan kualitas yahud dan harga yang tidak terlalu mahal. Bagaimanakah makanan kucing asal tanah air ini? Yuk, kita mulai bahasannya.

Penampakan Kemasan Produk
Saat saya membeli makanan kucing merk IMO, saya menemukan 2 jenis kemasan, kemasan karung sedang, karung besar, dan kemasan repack menggunakan alumunium foil seberat 2kg. Pada saat itu saya mengambil yang kemasan 2kg. Penampakan makanan kucing IMO Kitten sebagai berikut:

Sumber : disini

Sebenarnya ada beberapa jenis produk dari IMO, namun karena saya sampai saat ini baru mencoba menggunakan IMO Kitten untuk kucing saya, maka dalam postingan ini saya khususkan untuk membahas IMO Kitten.

Rasa Yang Tersedia
Mhm, saya agak bingung dengan rasa dari IMO Kitten ini. Tapi dari salah satu Online Shop di facebook yang menjual produk IMO, kandungan bahan-bahan dari IMO antara lain Daging unggas (ayam, kalkun), Daging Kambing, Minyak Ikan, Hati Ayam Kering, dll. So, apa ya rasa dari makanan kucing IMO?

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari IMO Kitten berbentuk seperti bunga dengan penggiran bergelombang. Buat yang pernah mencoba makanan kucing merk Cuties Catz mungkin akan agak sedikit kaget saat melihat kibble (biskuit) dari merk IMO Kitten, karena bentuk dan warna kibble (biskuit) yang nyaris sama. Namun bau khas kedua makanan kucing ini agak berbeda dan pada IMO Kitten saya menemukan kibble (biskuit) berwatna merah yang diklaim sebagai sumber susu di produk makanan kucing ini. Selain itu buat saya, bau makanan kucing IMO Kitten suangat bersahabat untuk hidung manusia, tidak menyengat, dan kucing tetap doyan! Buat saya ini cukup luar biasa. Menurut pengalaman saya, menggunakan makanan kucing IMO Kitten membuat nafsu makan kucing sangat meningkat, dari yang baisa ajah jadi doyan makan banget! Sebenarnya senah sih melihat kucing banyak makan, tapi sejak mengkonsumsi IMO Kitten, kucing saya juga jadi sering pup, tapi pupnya nggak padet dan agak lembek. Dan dampak lainnya adalah makannya jadi boros karena sering makan dan sering pup. Namun ajaibnya, makanan kucing ini tidak bau menyengat, kadang saya ga sadar kalau si Kucing udah pup karena bau pup nya jauh berkurang. Uwow banget! Teksturnya dari kibble (biskuit) IMO Kitten juga tidak keras dan tidak terlalu krauk-krauk, namun cukup kriuk-kriuk. Sesuai buat kitten sesuai dengan labelnya. 

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing IMO Kitten (sumber : disini):

Komposisi: 
Daging unggas (18% ayam, 4% kalkun), Daging Kambing (15%), Beras Merah (4%), Tepung Jagung (2%), Tepung Ikan, Gluten Jagung, Bit Pulp (2%), Serat Selulosa (2%), Minyak Ikan (1,2%), Hati Ayam Kering (1 %), Natrium Klorida, Rami (1%), Minyak Bunga Matahari (0,8%), Protein Hewani Terhidrolisa (), Ragi, Chicorre Bubuk (0,3%, kaya inulin), Telur Kering, Bubuk Yoghurt (0,2 %), Bubuk Buah-buahan (0,1%), Monocalcium Fosfat, Ekstrak Ragi (0,04%, kaya akan beta-glukan), Ekstrak Yucca Bubuk. Analysis: Protein 34%, Lemak 14%, serat kasar 3,5% abu 7,5% kalsium 1,1% fosfor 1,0% natrium 0,7% magnesium 0,003% Nutrisi aditif: 20.000 IU vitamin A, 1.500 IU vitamin D3, Vitamin E 400 mg, Vitamin C 200mg, Taurine 2000mg, Tembaga (sebagai tembaga pentahidrat (II), sulfat) 12,5 mg, Seng (sbg seng sulfat, monohidrat) 150 mg Selenium (sbg Selenite natrium) 0,30 mg besi (zat besi (II) sulfat, monohidrat)135 mg Mangan (seperti mangan (II) oksida) 30 mg, Yodium (sbg kalsium iodat, anhidrat) 2 mg. Teknologi aditif: Anti-oksidan, amonium klorida.

Kandungan Kalori :
Metabolizable Energy (ME) 5365 Kcal/Kg 2480 Kcal/lb 887 Kcal/Cup
 
Apakah Kucing Suka?
Wow, kucing saya suka banget. Makan super lahap! Dan makanannya jadi cepat habis, hufet-hufet. 

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Dari beberapa sumber internet, baik forum maupun grup, banyak yang mengklaim bahwa makanan kucing ini membuat kucing gemuk. Namun setelah menggunakan 1kg IMO Kitten tidak ada perubahan berrati pada kucing saya, kucing saya juga tidak menggemuk, tapi doyan makan sekali dan jadi sering pup. Selain itu pup kucing jadi agak lembek. Ada yang bilang baiknya produk makanan IMO dicampur dengan makanan lain agar pup kucing menjadi lebih padat. Ada yang sudah coba?
Masih dari sumber yang sama, IMO diklaim memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
 
IM ORGANIC Catfood Mengutamakan :
- Kesehatan Sistem Reproduksi
- Kesehatan Sistem Urinari
- Bahan-bahan baku berkualitas
- Keindahan Kulit dan Bulu
- Kesehatan Sendi

So, bagaimana menurut teman-teman mengenai makanan kucing merk IMO Kitten dan produk makanan kucing IMO lainnya? Adakah teman-teman yang menggunakan makanan kucing merk IMO? Bagaimana efeknya terhadap kucing teman-teman di rumah?

Adakah kemasan repack? 
Ya, ada. Sejauh ini saya hanya menemukan dua kemasan IMO, kemasan 1 karung dan repack alumunium foil 2kg. 

Harga? 
Untuk kemasan 1 karung IMO dijual mulai harga 270rb. Harga bisa berbeda untuk tiap kota/daerah. Sedangkan kemasan repack kemasan 2kg rata-rata dijual seharga 100rb.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini 
Produk Indonesia, Kualitas Bahan (sepertinya) meyakinkan dan terjamin, kucing doyan makan, dan pup kucing tidak terlalu bau. Wow banget makanan ini! Tapi ya, saya masih mempertimbangkan pup kucing saya yang lembek. Mhm, benarkan mencampur produk IMO dengan produk makanan kucing yg lain dapat membuat pup kucing lebih padat? Ada yang sudah coba?

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)

Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan beberapa sumber internet.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , , ,

4 comments:

  1. http://www.4shared.com/rar/2M9gSbLN/Product_Knowledge_IMO_Ver_11__.html

    ReplyDelete
  2. kucing persia saya pakai makanan IMO kitten ( bungkus warna hijau kemasan 1,8 kg ) ini dan saya campur dengan makanan kitten dear cat ( kucing nya msh kitten hehe ) , pup nya nggak lembek dan baunya tidak menyengat , recommended

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya Sis Risa Indriasari :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D