Monday, January 20, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk Bingo Cat Food. Bingo Cat Food merupakan makanan kucing asal Thailand. So, mari kita mulai bahasannya :)
 
Penampakan Kemasan Produk
Selama ini, saya hanya menemukan dua kemasan makanan kucing Bingo Cat Food, yang pertama adalah kemasan 1 karung dan kemasan repack alias dikemas ulang oleh Pet Shop yang menjual Bingo Cat Food. Berikut adalah penampakan produk kemasan 1 karung Bingo Cat Food :


Gambar diatas adalah gambar kemasan Bingo Cat Food yang masih ada dalam kemasan karung. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan Bingo Cat Food kemasan kecil/eceran yang menggunakan original packing (kemasan asli) dari pabrik, dan setiap saya berkunjung keberbagai Pet Shop, Bingo Pet Shop kemasan kecil/eceran yang saya temukan adalah kemasan repack (dikemas ulang) menggunakan plastik yang biasanya dilakukan sendiri oleh pemilik Pet Shop.

Rasa Yang Tersedia
Saya agak bingung dengan rasa yang ditawarkan oleh Bingo Cat Food, namun didalah daftar bahan-bahan yang digunakan saya menemukan kata "Chiken" dan "Fish", mungkin hal tersebut bisa dijadikan acuan rasa yang ditawarkan oleh Bingo Cat Food?

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari Bingo Cat Food berbentuk seperti suriken atau baling-baling. Warna makanannya coklat muda, dan menurut saya makanan kucing ini agak 'hapos'. Tidak terlalu keras, namun saat kucing makan masih terdengar kriuk lembut, namun tidak empuk. Pet Shop di dekat rumah saya bilang Bingo Cat Food bisa dikonsumsi untuk anak kucing. Mungkin rekomendasi tersebut ada benarnya, karena mengaingat tekstur Bingo Cat Food yang tidak terlalu keras dan cenderung 'hapos', namun dari kandungan gizi ada baiknya diperhatikan juga, karena gizi yang baik mendukung perkembangan anak kucing yang baik pula,

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah foto screenshoot dari website yang memuat bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung pada Bingo Cat Food :


Sumber : disini

Translate Ingredients (Bahan-bahan) :
Chiken Meal/Fish Meal/Dried Whole Egg (Tepung Ayam/Ikan? Makanan Ayam? Saya agak rancu dalam menerjemahkan kata ini, harap diterima dulu saja apa adanya, hehehe), Tepung Gulten Jagung/Tepung Kedelai/Kedelai Penuh Lemak, Beras / Jagung / Tepung Beras / Tepung Terigu, Bekatul / Dedak gandum, Ragi Brewer kering, Lemak ayam /Minyak ikan laun / Minyak kedelai / Minyak Bunga Matahri, Vitamin penting, Mineral, Taurine, Perasa, Pengawet.

Translate Guaranteed Analysis (Jaminan Analisis) :
Protein (min.) ....... 26%
Lemak (min.) ............ 9%
Serat (maks.) .......... 4%
Mouisture (maks.) ..... 10%


Apakah Kucing Suka?
Bingo Cat Food adalah salah satu merk makanan kucing yang pernah saya coba saat saya pertama kali memelihara kucing. Pada saat itu saya masih kalap mata dengan harga murah makanan kucing tanpa melihat kandungannya. Saat kucing saya diberi makanan ini, dia cenderung ogah-ogahan, mungkin karena baunya yang tidak terlalu menyengat dan cenderung bersahabat dengan hidung manusia, hueheheh. Tapi pada akhirnya makanan kucing merk Bingo ini tetap dihabiskan oleh kucing saya. Beberapa kali juga, saat kepepet belum bisa beli makanan kucing yang biasa kucing saya konsumsi, saya membeli makanan kucing Bingo kemasan setengah kilo.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Efeknya tidak terlalu terlihat. Menurut pandangan saya sama sekali tidak ada perubahan terhadap kucing saya. Mungkin karena memang kandungan gizi yang dimiliki oleh Bingo Cat Food boleh dibilang cenderung tidak memberikan perubahan postif yang berarti. Dengan kandungan protein yang sangat standar dan bahan dasar whean yang banyak, saya rasa memang tidak memerikan apa-apa terhadap perkembangan kucing. Dan menurut pandangan subjektif saya, ada baiknya tidak memerikan makanan kucing ini kepada anak kucing yang sedang tumbuh berkembang.

Adakah kemasan repack?
Ya, ada. Sejauh ini saya hanya menemukan dua kemasan Bingo Cat Food, kemasan 1 karung dan repack. Untuk kemasan repack, saya menemukan kemasan repack Bingo Cat Food setengah kilo dan 1 kilo.

Harga?
Untuk kemasan 1 karung Bingo Cat Food dijual mulai harga 200rb. Harga bisa berbeda untuk tiap kota/daerah. Sedangkan kemasan repack setengah kilo dijual 15rb dan kemasan 1kg rata-rata dijual seharga 30rb/kg.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
MURAH. Hanya itu kesimpulannya. Mengenai kandungan gizi saya cenderung tidak sreg, karena kandungan wheat/corn/rice pada Bingo Cat Food cukup tinggi, padahal kucing sebagai hewan carnivora cenderung tidak membutuhkan kandungan-kandungan tersebut.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D