Monday, January 20, 2014

Dear Cat People,
pada postingan kali ini Radio Kucing akan me-review sekaligus berbagi pengalaman mengenai makanan kucing merk Universal.Universal merupakan makanan kucing asal Thailand. Selain memproduksi makanan untuk kucing, makanan merk Universal juga memproduksi makanan untuk anjing. Namun, karena judul blog ini adalah Radio Kucing, maka yang akan dibahas kali ini hanya Universal untuk Kucing alias CATS! Huahahaha. *evil smile, xixixixi*
 
Penampakan Kemasan Produk
Selama ini, saya hanya menemukan dua kemasan makanan kucing Universal, yang pertama adalah kemasan karungan seberat 20kg (mohon dikoreksi jika salah) dan kemasan repack yang biasanya di-repack (dikemas ulang) oleh pemilih Pest Shop yang menjual makanan kucing merk Universal. Penampakan produk Makanan Kucing Universal yang masih berbentuk karungan sebagai berikut : 

Sumber Gambar : disini.

Gambar diatas adalah gambar kemasan makanan kucing Universal yang masih ada dalam kemasan karung. Sampai saat ini saya belum pernah menemukan makanan kucing Universal kemasan kecil/eceran yang menggunakan original packing (kemasan asli) dari pabrik, dan setiap saya berkunjung keberbagai Pet Shop, makanan kucing Universal kemasan kecil/eceran yang saya temukan adalah kemasan repack (dikemas ulang) menggunakan plastik yang biasanya dilakukan sendiri oleh pemilik Pet Shop. Dalam sudut pandang saya, makanan kucing ini sepertinya menjadi makanan kucing yang 'wajib ada' untuk Pest Shop, karena sangat mudah ditemukan dibanyak Pet Shop. Mungkin karena harganya yang cukup murah yang menjadi pertimbangan.

Rasa Yang Tersedia
Saya agak bingung jika harus bercerita mengenai rasa dari makanan kucing merk Universal ini, karena selama ini saya hanya menemukan 1 jenis karung makanan kucing Universal dan saya tidak bisa dengan jelas memberitahu sebenarnya makanan kucing ini rasa apa karena tidak tertera di karung makanan kucing ini. Tapi sepertinya rasa ayam dan ikan, karena di bahan-bahannya disebutkan kata "Chiken" dan "Fish Flavoring".

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari makanan kucing Universal adalah seperti donat dan berwarna cerah (bukan kuning, namun bukan krem). Menurut saya pribadi, makanan kucing ini cukup "keras" untuk dikonsumsi anak kucing yang masih belajar makan, namun pendapat teman lain sesama pecinta kucing, makanan kucing merk ini cenderung "lebih empuk" dibandingkan merk makanan kucing St**pro. Namun, saya pribadi belum pernah menggunakan merk St**pro untuk makanan kucing saya, jadi saya belum bisa membandingkan dengan merk tersebut. Namun jika dibandingkan dengan merk Fr**kis, kurang lebih sama kriuknya, dan jika dibandingkan dengan merk Nut****ce, lebih empuk merk Nut****ce dibandingkan Universal.

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah foto dari kandungan nutrisi dan bahan yang diambil dari kemasan Universal karungan :


Sumber Gambar : disini.

Translate Nutrition Analysis (Analisis Nutrisi) :
 Crude Protein : Protein Kasar/Mentah
Crude Fat : Lemak Kasar/Mentah
Moisture : Moistur

Translate Ingredients (Bahan-bahan) :
 Sereal (Jaguang, Beras), Protein Nabati (Tepung Kedelai, Kedelai Penuh lemak, Tepung Gluten Jagung), Protein Hewani (Produk Sampingan Makan dari Unggas), Singkong Pelltet, Lemak dan Minyak Ayam, Dedak Gandum, Vitamin dan Mineral, Perasa Ikan, dan Antioksidan.

Apakah Kucing Suka?
Universal adalah salah satu merk makanan kucing yang pernah saya coba saat saya pertama kali memelihara kucing. Pada saat itu pemahaman saya akan makanan kucing belum seperti sekarang (walaupun sekarang pun pemahaman saya atas makanan kucing masih belum baik, namun sudah lebih berkembang daripada pada saat saya awal memelihara kucing), sehingga saat ada makan kucing yang berharga murah saya langsung mebelinya tapa pikir panjang. Saat itu saya juga ga terlalu memikirkan apakah kucing dirumah akan suka atau nggak, dan ternyata kucing saya : SUKA!

Benar sekali teman-teman, kucing saya dirumah suka dengan Universal, bahkan saat dicampur dengan sisa makan sebelumnya yang tinggal sedikit lagi, kucing saya dengan cerdas bisa memilih makanan kucing Universal saja yang dia makan. Ajaib. Tapi juga bikin kesal, karena kan sayang sisa makanan kucing sebelumya jadi ga dimakan.... :( Tapi yaaa, habis juga sih, pada akhirnya, hehehehe.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Ahhh, sedih saya jika ingat bagaimana efek makanan kucing merk Universal terhadap kucing saya. Apa yang terjadi? Bulunya rontok cuy. Bertebaran dan berjatuhan kemana-mana. Awalnya saya hanya mengira ini rontok biasa, dan akhirnya saya berkonsultasi dengan drh dan ternyata makanan juga mempengaruhi kulitas dan kesehatan bulu kucing. Pada saat itu saya membeli makanan kucing merk Universal sebanyak 1kg, setelah makanan kucing ini saya tidak repack lagi, namun mengganti dengan merk lain yang pada saat itu menurut saya baik untuk kucing saya.

Namun, hal berbeda terjadi dengan kucing teman saya sesama cat lover di Bandung. Makanan kucing merk Universal tidak berdampak buruk pada kucingnya dan malah baik-baik saja, dan selain itu kucing-kucingnya juga doyan. Saya pernah berkunjung ke tempat teman saya dan melihat dua ekor kucingnya yang super gagah dan keren, kekar sehat dan berotot. Tipikal kucing peliharaan yang terawat penuh kasih sayang. Lalu saya bertanya tentang makanannya, dan dia menyebut salah satu merk yaitu Universal.

So, apakah makanan kucing ini baik bagi kucing teman-teman dirumah?
Prinsip saya makanan kucing itu bagaikan obat jerawat, cocok-cocokan. Jadi, makanan kucing yang cocok dikucing satu belum tentu cocok di kucing lainnya. Bagaimana dengan kucing teman-teman di rumah? Ada yang pernah mencoba makanan kucing merk Universal?

Adakah kemasan repack?
Ya, ada. Sejauh ini saya hanya menemukan 2 kemasan makanan kucing Universal, yaitu kemasan 1 karung seberat 20kg dan kemasan repack 1kg.

Harga?
Untuk kemasan 1 karung seberat 20kg makanan kucing Universal dijual mulai harga 400rb. Harga bisa berbeda untuk kota/daerah lain dikarenakan ongkos kirim yang berbeda-beda. Untuk kemasan repack sendiri harga paling murah yang saya temukan adalah 20rb untuk pembelian secara online shop (belum termasuk ongkos kirim) dan 26-30rb untuk pembelian di Pet Shop disekitar kota Bandung.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
MURAH.
Hanya itu kesimpulan mengapa saya merekomendasikan makanan ini. Karena jika dinilai dari sisi bahan-bahan dan kandungan gizi yang ada, saya pribadi rasanya agak kurang sreg. Namun ini adalah pendangan subjektif saya, karena bukti dilapangan ternyata banyak juga kucing-kucing yang cocok dan sampai saat ini tetap sehat dan bugar dengan mengkonsumsi makanan kucing ini. So, kembali kepada Anda yang meutuskan apakah akan memberi makanan kucing merk ini atau tidak, because every cat is unique.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , , ,

51 comments:

  1. Salam pecinta kucing...
    Mampir ya ke web aku :)
    Kemasan Makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. buari1505@gmail.com,

      Berapa harga per20 ktr.
      Bisakah dikirim keep rumahku?

      Salam,

      Buari.

      Delete
    2. buari1505@gmail.com,

      Berapa harga per20 ktr.
      Bisakah dikirim keep rumahku?

      Salam,

      Buari.

      Delete
  2. Saya di rumah pelihara 2 jenis kucing persia medium & mix breed (persia|+kampung) .. awalnya yg persia untuk pakan pakai royal canin ... sdngkan yg mix breed sll pakai universal ... tp lama2 yg persia ikut makan yg universal .. n ternyata suka...
    alhmdlllh badan besar2, lincah, n bulu juga bagus .. ^^
    ya mungkin cocok2an juga x ya ,,,, hhee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas, saya juga masih percaya bahwa makanan kucing itu cocok-cocokkan :) Yang mahal belum tentu cocok buat kucing. Tapi sebagai owner kita pasti selalu ingin memberikan makanan kucing yang terbaik untuk kucing-kucing di rumah. Teman saya punya kucing mix juga makannya Universal, dikasih lain malah nggak cucok.

      Semoga kucing nya selalu sehat yah, Mas... :)

      Delete
  3. Hallo radio kucing. Terima kasih ya untuk reviewnya, terima kasih juga sudah menyertai link sumber untuk komposisi universalnya, karena itu dari lapak kaskus saya hehe jd dibantuin promo nih secara ga langsung. Makasih yaah
    Klo ada yg mau main ke lapak saya boleh lho
    Nyari makanan kucing murah gan? Universal Catfood solusinya! #ForumKaskus
    http://www.kaskus.co.id/thread/51a8642b6212430372000001
    Salam cat lovers!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali, Gan.
      Boleh donk berbagi makanan kucing Universal-nya buat pengunjung setia blog radio kucing. Sekalian promosi... :) Kita bikin games, Gan..

      Kalau berminat, sekalian promosi jualan Mas juga, kontak-kontak ajah ya, Gan... :)

      Delete
  4. gak deh pake ini .. bulu rontok sudah terbukti.. harga tidak jauh beda dengan yang lain... jadi kasihan kucing nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing saya juga mengalami hal yang serupa, Pak.
      Tapi mungkin cocok-cocokan juga ya :)

      Delete
  5. hallooo, , aq sudah 6 tahun pelihara kucing, kalau di total kira2 sudah 22 ekor kucing (beberapa dijual, dikasik ke saudara), sisanya 5 ekor di rumah, sejauh ini pake pakan merk universal. kadang aq mix eureka. sejauh ini sih pernah menang kontes 2 x utk kucing sehat, dan 2 ekor juara makan lahap, dan aq gak ad problem bulu rontok, cuma yang sering terjadi baby usia 3 bulan sudah mulai berjamur. kira2 jamur bs karna kontaminasi dlm pakan gak ya??? atau karna lingkungan aja?? pengen coba makanan lain sih, tp kalo kucingnya lg banyak, kendala masalah bajet lg, (mengingat harga universal plg ekonomis). kalo ad recommended harga menengah dan dr segi nutrisi dan pengalaman terbukti baik u kucing mau dong di info kan ke saya.. thx.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan kucing emang cocok-cocokan Mbak, kucing-kucing teman saya juga ada yang mengkonsumsi Universal dan badannya montok2. Tapi di kucing saya memang kurang cocok :)

      Untuk rekomendasi makanan lain dengan bujet nggak terlalu mahal, Mbak bisa coba buka di link ini :
      http://radiokucing.blogspot.com/2014/01/daftar-makanan-kucing-20-ribu-30-ribu.html

      Semoga membantu :)

      Delete
  6. banyak yang susah BAB dan ginjal bermasalah karena makan pakan kucing jenis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Peristiwa Aneh,
      ada beberapa yang memang mengalami, ada juga yang tidak.
      Intinya makanan kucing memang harus seimbang, baik gizinya maupun asupannya.

      :)

      Delete
  7. kucing saya ciko dulu makanan nya universal, kalo udah di ais itu bulu nya rontok binggo..
    pusing mikirin nya
    tp skrng ciko udah ganti makanan nya pake RC yg hair n skin
    alhamdulillah skrng bulu nya udah ga rontok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Ismi Zahra.
      Terima kasih telah berbagi cerita di Blog Radio Kucing :)

      Salam buat Mpus-mpus di rumah :D

      Delete
    2. Brp lama mba pake rc hari n skin keliatan ada hasil? Mpus ku jg rntok bulunya.. baru mau aq kasih rc hai n skin

      Delete
  8. Sebulan lalu saya coba pake merk ini... sebetulnya kucing2 saya pada suka... juga ga ada masalah kerontokan bulu, pupnya juga lancar... cuma satu, sepertinya kibblenya terlalu keras... ga tega liat si mpus makan dengan penuh perjuangan sampe bunyi krauk2 keras... akhirnya saya ganti lagi merk lain yg lebih lembut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Riany, terima kasih telah berbagi pengalaman :) Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan utk Cat Lover lainnya :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kucing saya susah buang BHB makan pake merek universal, mohon info nya biar supaya bisa BHB nya lancar kembali bagaimana ya cara nya? Terimakasih admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Rei, apa kabar?
      Jika kucing sulit BAB, bisa dikarenakan kurang serat. Bisa berikan kucing Mbak wheat greas atau mengganti makanan kucing nya dengan merk lain. jangan lupa selalu sediakan air minum untuk kucing.

      Delete
  11. ada yg tau ga importir bkn distributor universal cat di sby ? klw tau hub 0813 4908 2775

    ReplyDelete
  12. Coba makanan kucing chep coice cat bentuk mirip donut tapi bercampur ikan mungkin efeknya lebih baik thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Fajar.
      Terima kasih sudah berbagi pengalaman dengan para pembaca blog Radio Kucing.

      Delete
  13. thanks buat infonya, sangat membantu.

    ReplyDelete
  14. Uda nyoba 2bungkus repack. Suka sih. Sampe yg pus remajaku ikut makan. Cuman emang kriuk2nya lumayan keras ya. Di petshop ddket rumah ada yang rasa seafood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sri Untari.
      Terima kasih sudah berbagi informasi. Semoga Mpus nya senantiasa sehat ya :)

      Delete
  15. kucingku mati makan makanan kucing merk universal dikarenakan gk bisa pipis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg pernah coba merk ini dan sama sis, kucingku kena flutd, ga bisa buang air kecil dan harus opname 10 hari. Sekarang kapok deh...

      Delete
  16. sebenernya tertarik untuk nyoba universal karena harganya muraaah banget. juga pingin coba2 kasih catfood kayak gini krn kucingku makannya ikan lele yg dikukus atau kadang pindang yg dikukus juga. pertama waktu kucingku makan universal ini, dia makannya lahap banget. dia nggak mencri, pupnya keras gitu dan baunya juga masih bisa ditolerir. terus beberapa hari satu bungkus 400gram habis, aku beli lagi. tapi setelah beberapa kali makan, dia lama-lama bosen. waktu itu juga sempet makannya sedikit selama dua hari T_T tapi sama ibu langsung dicoba dicampur sama makanan rumah (kayak ayam, abon, tahu, tempe, kadang juga lele kukus) dan untung selera makannya jadi bagus lagi. cumaaaa... entah kenapa dua hari ini dia mencri-mencri. aku bingung, itu apa karena pengaruh universal atau dia lagi sakit? ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Gama Afifa.
      Mencri-mencri pada kucing bisa jadi karena ga cocok makanan, perubahan cuaca, adaptasi makanan, cacingan, dll.

      Jika tidak yakin yang mana penyebab mencri pada kucing Masgan, saran saya untuk membawa kucing tersebut ke dokter hewan.

      Semoga senantiasa sehat selalu ya Mpus nya :)

      Delete
  17. menyesal memang di akhir 😟 kucingku skrg pipis darah.makannya universal, kittn, felibit gonta ganti sih.tp ya itu sy ga pernah menakar..loss maemnya.kata doktr itu jg yg bikin tomy flutd πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

    ReplyDelete
  18. menyesal memang di akhir 😟 kucingku skrg pipis darah.makannya universal, kittn, felibit gonta ganti sih.tp ya itu sy ga pernah menakar..loss maemnya.kata doktr itu jg yg bikin tomy flutd πŸ˜₯πŸ˜₯πŸ˜₯

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Masgan, semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu.
      Coba BOLT Masgan, claim dr webiste resminya bs mengurasi resiko FLUTD.

      Delete
    2. Kucing aku baru meninggal hari ini dan aku sedih banget. Kucing kampung putih tp lucu dn gendut. Kucing aku ada 7 tapi yg meninggal ini (ciMenk) yg paling lahap paling cepat makannya dan paling habis banyak. 3 hari lalu dia tb2 diam gamau makan trs ibu kasih air kelapa dan mw makan lg. Saking senangnya aku kasih makan lg Universal habis banyak. Aku udah happy. Tp besoknya dia diam lagi dan akhirnya meninggal. Aku pikir dia bakalan sembuh setelah dikasih air kelapa kayak sebelumnya. Tapi enggak :(

      Dan setelah itu sambil terisak2 aku baca review tentang Universal cat food dan aku nemu beberapa blg bisa bikin sakit ginjal. Perut kucing aku panas bgt dan pas meninggal keluar cairan kuning. Aku sedih banget dan merasa bersalah. Aku gatau kalau makanan kucing bisa berdampak setragis ini. Kucing ini kucing kesayangan banget karena selalu ikut aku tidur dan nemenin ibu tahajud.

      Aku merasa sedih dan bersalah gak baca2 review dl.. :(

      Dan aku juga jadi tahu kenapa bulunya rontok banget..ternyata gara2 Universal ini. Karena sebelumnya enggak rontok.

      RIP my cat.. semoga Allah mengampuni kebodohanku:(

      Delete
  19. Kucing saya biasanya makan ikan pindang tongkol, tapi kemarin muntah karena ternyata ikannya gak fresh. Jadi agak kapok beli ikan. Dikasih ayam rebus enggak mau, kalau beli wet food mau tapi mahal.

    Terus pengen dikasih dry food ini, tapi baca komennya takut gak bisa pipis, pencegahannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bujetnya ada, saran saya minimal berikan makanan kucing grade organic atau grade super premium.

      Delete
  20. perutnya jadi kayak keras dan penuh gitu... lucu sih kelihatan gendut kekenyangan ..tapi sepertinya gak sehat

    ReplyDelete
  21. kucing saya salah satu yg tidak cocok dg universal. kucing kampung biasa. usia 5-6 bulan. awalnya lahap, tapi lama2 dia sulit pipis dan bab, sampai akhirnya kaki belakang perlahan kaku sampai tidak bisa gerak sama sekali. jalannya ngesot. saya masih tidak tahu dia sakit apa. karena mata tetap jernih, makan tetap lahap, hanya tidak bisa jalan. kadang menangis seperti kesakitan. kesakitan kalau perutnya dipegang. setelah dibawa ke vet, dikateter disedot kantung kemihnya penuh sekali, perutnya juga penuh dan keras. Vetnya juga menebak2 penyebabnya apa, tidak tahu pasti. kemudian dia sembuh. ceria dan lincah seperti semula. hanya tidak bisa loncat tinggi. naik ke atas mesin cuci saja tidak bisa. sehabis sakit, makanan saya ganti whiskas basah, hanya bbrp hari (bangkrut T.T). setelah itu saya gonta ganti antara universal dan omega (harganya sama). bertahan sebulan, kemarin kucing saya sakit lagi. tiba2 diam tidur terus dan kaki belakangnya kaku seperti sebelumnya. langsung saya beli obat dr vet dan saya kasih madu. sementara makanannya saya ganti dg Meo, sampai saya dpt makanan pengganti yg bersahabat dg dompet. Saya usahakan kucing saya tidak makan dry food lagi. setelah baca artikel ini: https://consciouscat.net/2010/04/05/the-truth-about-dry-cat-food/

    menurut saya masuk akal. lihat saja komposisi universal dan mungkin merk2 lainnya. isinya gandum, jagung, beras, tepung2an, PERISA ikan,,, trus dagingnya mana? hahaha,, ibarat kita kalau makan pentol cilok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada harga ada kualitas. memang dalam dunia makanan kucing semakin bagus kualitasnya maka pada umumnya semakin mahal harganya :)

      Delete
  22. Halo, sedikit mau tanya nih
    Kebetulan baru mau adopt kitten dari temen. Kata temenku ibinya si kitten ini biasa makan dry foodnya universal sama whiskas kalengan.
    Terus baca-baca universal kok gini ya, padahal mau nyoba juga di kitten ku.
    Mau tanya apa berbahaya ya? Terus ada saran makanan yang baik buat kitten?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bujetnya ada, maka bisa memberikan makanan kucing grade super premium dan keatasnya... :)

      Saya tulis hanya berdasarkan pengalaman. Jika merasa cocok, maka lanjutkan saja. Kebetulan di kucing saya engga cocok :)

      Delete
  23. Kucing saya umur 5 bulan saya universal kitten, tadinya saya baca² memang kebanyakan efeknya seperti itu, tapi untung sampe sekarang gak ada masalah, niatnya saya mau ganti yang merk Me-O setelah saya coba dia tidak suka, akhirnya saya campur universal kitten nya dengan makanan basah merk Whiskas Junior, sampe sekarang makannya lahap dan tidak ada kendala apapun, saya mau tanya apa efek dari mencampur makanan kerinng dan basah itu ? Apakah bagus buat bulu dan pertumbuhannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cocok hasilnya maka bagus-bagus aja. Tapi kualitas makanan kucing pada umumnya memag sesuai dengan harga :)

      Thanks atas sharing nya ya :)

      Delete
  24. Saya baru adopt kucing 5bulan yg lalu, dari owner sebelumnya emang udah dikasih makan Universal yg varian seafood dari turun temurun. Alhamdulilah kucingnya sehat sehat saja dan gemuk.Setelah saya adopted tetap saya kasih Universal Seafood dan diselingi dengan wet food. Menurut saya makanan kucing memang cocok cocokan, kadang ga semua kucing mau sama makanan murah dan sebaliknyaπŸ™

    ReplyDelete
  25. Request review Universal Kitten dong, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada dalam list rencana. Doakan bisa segera di review ya :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D