Thursday, January 23, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi review mengenai makanan kucing yang paling mudah ditemukan di Indonesia, sampai di supermaket umum pun ada, yaitu Whiskas! Whiskas merupakan salah satu makanan kucing dari Thailand yang cukup terkenal di Indonesia. Produks Whiskas sebenarnya ada beberapa, ada makanan kucing dry food untuk kitten, dry food untuk kucing dewasa (adult), ada juga makanan basah untuk kitten dan makanan basah untuk adult. Namun, pada postingan kali ini kita akan memfokuskan pada makanan kucing Whiskas Junior (Kitten).

Sumber : disini

Penampakan Kemasan Produk
Produk Whiskas termasuk salah satu produk makanan kucing yang memiliki versi kemasan lengkap, dari kemasan kecil yang cocok buat para Cat People yang baru mau icip-icip Whiskas buat kucing dirumah, sampai versi karungan yang cocok buat Cat People yang mau beli makanan kucing asal Thailand ini langsung dalam porsi banyak. Nah, berikut ini adalah penampakan produk makanan kucing Whiskas Junior (Kitten) :

Whiskas Junior (Kitten) Kemasan 1,4kg
Sumber : disini

Whiskas Junior (Kitten) Kemasan 450gram
Sumber : disini

Rasa Yang Tersedia
Makanan Kucing Whiskas Junior (Kitten) dry food hanya tersedia dalam satu rasa yaitu, Ocean Fish Flavor With Milk.

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Menurut saya, kibble (biskuit) dari Whiskas Junior lebih 'bersahabat' dibandingkan Fr****es Kitten, karena Whiskas Junior lebih crunchy dan empuk. Namun, ada keunikan pada kibble (biskuit) Whiskas Junior, yaitu pada kemasan 450gram terdapat kibble (biskuit) berwatna putih yang dipercaya sebagai 'Milk', sedangkan dikemasan 1,4kg saya tidak menemukan kibble (biskuit) warna putih tersebut. Sedangkan kibble (biskuit) utama dari Whiskas Junior (Kitten) adalah biskuit berbentuk ikan kecil berwarna coklat.

Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Sumber : disini
Translate Info Nutrisi Whiskas Junior (Kitten)

WHISKAS JUNIOR adalah makanan kucing khusus disiapkan untuk memberikan rasa yang lezat dan nutrisi lengkap dan seimbang 100% untuk semua tahapan hidupnya si kucing.WHISKAS telah dibuat campuran sempurna kibbles ayam dan rasa kalkun, ganda-basted dan dengan cahaya dan tekstur renyah. Kucing tidak bisa menahan mengosongkan mangkuk mereka untuk mendapatkan bit-bit lezat dengan kerang renyah luar dan lembut, yang kaya rasa ini.


Campurkan WHISKAS dengan makanan yang disediakan dirumah untuk kucing anda dan tambahkan WHISKAS secara beransur-ansur untuk 7 Hari berturut-turut.

KOMPOSISI :
Seluruh Grain sereal (jagung, padi), gluten tepung jagung, unggas dan unggas oleh produk, ikan laut, bungkil kedelai, stearin sawit, minyak kedelai, owder susu, garam beryodium, taurin, vitamin (A, E, B1, B6, B2 , B12, Choline, Niacin, Asam Folat), mineral (kalsium, fosfor, seng, besi, tembaga, selenium, mangan) pengawet, rasa.


ANALISA :
Protein Kasar (min)......... 30.0%
Lemak Kasar (min).......... 12.0%
Serat Kasar (max).......... 5.0%
Kelembaban (Max).......... 12.0%.
Sumber : disini

Apakah Kucing Suka?
Kucing saya sendiri agak ogah-ogahan makan makanan kucing ini. Saat disodori makanan kucing lain seperti Uni***al, dia malah lebih doyan! Namun, di salah satu kontributor Radio Kucing, yaitu Masbro AG pernah berbagi cerita bahwa makanan kucing ini adalah makanan kucing favorit kucing-kucing di rumahnya.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?

Efek makanan kucing Whiskas Junior pada kucing saya cenderung biasa saja. Setelah menghabiskan kurang lebih 1 kilo Whiskas Junior, saya beralih ke makanan kucing merk lain, yaitu Nu******ce. Salah satu alasan saya pindah dari makanan kucing dari Whiskas adalah karena drh langganan saya berujar agar kucing sebaiknya tidak diberi makanan merk ini dikarenakan ada beberapa penyakit yang dapat menghinggapi kucing jika mengkonsumsi makanan kucing dalam waktu lama.


Adakah Kemasan Repack?

Sampai saat ini saya tidak pernah melihat kemasan repack dari Whiskas Junior, karena memang Whiskas adalah salah satu makanan kucing komersial yang lengkap versi kemasannya. Dari mulai kemasan 450gram sampai karungan ada.
Harga?
Harga Whiskas Junior kemasan 450gram bisa didapatkan mulai harga 25rb, sedangkan kemasan 1,4kg bisa didapatkan mulai harga 65rb.Harga-harga tersebut merupakan harga yang ditemukan di pasaran pada umumnya.


Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini

Murah, mudah didapat, dan sudah tersertifikasi. Sertifikasi yang dimiliki oleh Whiskas bisa Cat People cek di belakang bungkus makanan kucing Whiskas. Selain itu, makanan kucing Whiskas yang beredar di Indonesia berlabel "Suci & Bersih", jadi terasa lebih aman dan nyaman bagi umat Muslim. Namun, di dunia perkucingan, terutama di dunia maya, makanan kucing merk Whiskas punya citra yang agak buruk, dan sering disebut sebagai biang dari beberapa penyakit yang menyerang kucing kesayangan, salah satunya kencing batu. Saya juga punya pengalaman saat berkonsultasi dengan drh langganan saya, dan saat itu saya masih memberikan F***es Kitten dan Whiskas Junior (setelah habis Fr***ies Kitten, nyoba Whiskas Junior) kepada kucing saya untuk di konsumsi, karena saya pikir F***es Kitten dan Whiskas Junior adalah makanan terkenal yang sudah pasti bagus, dan ternyata saya salah. Drh langganan saya bilang dengan tegas 'Jangan dikasih maka F***es atau Whiskas, jangan dikasih 'Pr* **an juga, pasien saya ada yang kena kencing batu.'. Jleb. Pada awalnya saya kira hal tersebut cuman selentingan dan berita buruk di internet untuk menjatuhkan produk-produk tertentu, namun jika sampai drh langganan saya bilang seperti itu maka sebaiknya saya segera berganti makanan untuk kucing saya. Namun, ada juga rekan sesama Cat Lover yang memiliki kucing usia 5 tahun yang dari kecil sampai sekarang masih menggunakan Friskies sebagai manakannya. Lalu, bagaiamana dengan kucing tersebut? Sakit? Tidak. Kucingnya sehat, gemuk, dan cantik. Gemes banget. So, bagi saya makanan kucing memang cocok-cocokan bagaikan obat jerawat.



Semoga kucing-kucing kita selalu sehat dan ceria.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)

Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber di internet.

Sincerly,


Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.




========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , ,

158 comments:

  1. misi gan mau nanya, kalo buat kucing kampung makanan kayak gini cocok gak ya?? soalnya bingung mau ngasi makan apa?? mau ngasi makan kayak ikan-ikanan gitu males kepasrnya buat beli. Oh iya kucing saya masih kecil, gak tau umur berapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Iksan Kamil, apa kabar? :)
      Utk makanan kucing sendiri saya masih breprinsip cocok-cocokan, cocok utk kucing dan juga harus cocok dgn manusia (keuangannya).

      Utk makanan kucing ini bisa dicoba dulu Mas utk kucing peliharaan dirumah, kucing pelihran saya kucing juga kucing kampus, tp saat ini kucing saya full indoor, soalmya saya kawatir dijailin tentangga kalau dia keluar :)

      Saran saya Mas, kalau ada dana berlebih, baiknya diberi makanan kucing yg agak "bagu". Banyak makanan kucing lain yang setara dgn Whiskas (harga perkilo Whiskas kurleb 50rb/kg) tapi dar segi kandungan bahan lbh baik. Namun, jiga memang yg mudah ditemukan hanya makanan merk Whiskas, tidak ada salahnya dicoba :)

      Atau Mas mau mencoba resep makanan kucing Puding Ikan? Lebih murah dan sehat juga kaya serat utk kucing, Mas :) Bikinnya juga gampang :)

      Resepnya ada disini :
      http://radiokucing.blogspot.com/2014/04/resep-puding-ikan-dari-sis-lia-indy-dan.html

      Semoga jawaban saya membantu :)
      Salam buat Mpus-mpus dirumah :)

      Delete
    2. Kucing saya juga pakai whiskas raw and dry tapi meskipun belum berapa lama makan ini, tapi saya yakin ini aman untuk dikonsumsi kitten dan adult kitty karena produsennya pastilah sudah memperhitungkannya kadar gizi dan kwantitasnya.
      Menurut pendapat whiskas baik utk kucing. Kalau catlovers yg lain ada yg kucingnya gak sehat setelah makan whiskas, menurut saya pasti keliru dalam proporsi/pola makan whiskas. Kendatipun whiskas baik dikonsumsi kitten, tapi jangan terlalu banyak memberinya makannan. Jadi kalo pengalaman saya, batasi konsumsinya:beri dia raw whiskas stengah dari sachet kecil raw whiskas dan campur dg beberapa gram whiskas dry food. Setelah makan, langsung beri minuma air yg matang. Maka kitty akan sehat dan gemuk.

      Delete
    3. Nah! What a great share! Makasih banyak atas sharingnya ya Agan. Betul banget yg penting seimbang dan pola makannya benar... :)

      Delete
    4. Kak, aku gapunya kucing, tp akku sering lihat kucing kampung lewat rumahku, trs kalo aku tbtb kasih makan whiskas wet food tuna itu boleh kan ya?

      Delete
  2. Gw sih ga merekomendasikan produk pasaran model begini untuk makanan kucing. Di luar negeri sendiri whiskas bukan dianggap produk unggulan, masih kalah dibanding Blue Buffalo ato Innova. Whiskas bukan cuma dianggap rendah nutrisi tapi juga bisa bikin kucing perlahan2 jadi sakit.

    Lihat aja di belakang bungkusnya, kandungan Whiskas itu kedelai sama jagung, please deh, karnovora murni lu kasi begituan, mending beli tongkol aja, lebih murah dan bernutrisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, lihat aja 5 bahan utamanya:
      Seluruh Grain sereal (jagung, padi), gluten tepung jagung, produk sampingan unggas dan unggas , ikan laut, bungkil kedelai.
      produk sampingan dari unggas, unggas apa kita tidak tahu, diperparah dengan produk sampingan, sudah tidak jelas apa unggasnya, yang dikasih sisa2 dari unggas itu. sama dengan ikan laut, tidak jelas ikan apa.

      carilah catfood yang bahan 5 bahan utamanya diawali dengan daging hewan yang jelas, misal ayam, atau salmon.
      ini contoh bahan makanan unggulan, contoh dari merk seperti nutrisource:
      Ayam, chicken meal, beras, pea flour, lemak ayam (preserved with mixed tocopherols).

      jangan paksakan kasih kucing catfood tp ternyata bahannya sama aja kita kasih makan rumput dikarenakan dana kita terbatas. mending kasih makanan sisa kita aja, terjamin bahannya.

      Delete
  3. Untuk mas candra wiguna..
    Klo mnurut saya yg bikin kucing sakit itu dy kurangnya makanan yg mengandung protein karna itu adalah salah satu untuk yg akn mnjadi antibiotik pd kucing, untuk mas candra anda tidak tau apa2 tentang kucing , klo cuma kucing sakit gara2 makan whiskas itu dikarnakan tidak becus memeliharanya itu sama saja menyiksanya. Saya 20thn melihara macem2 kucing dan mereka semua itu sama seperti kita membutuhkan kadih sayang.

    ReplyDelete
  4. Kalo aku ngasih makan nasi dicampur ikan laut. Malah gak pake pengawet2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau ikan laut mah saya juga suka Mbak :D
      Hehehehe.

      Salam buat mpus2nya yah :D

      Delete
    2. Sama hahaha, ada 4 kucing di rumah, herannya pernah doyan dikasih whiskas dll apalah itu, setiap hari cm saya kasih nasi putih hangat dg ikan laut goreng, diaduk aduk, mereka ceria, maklum kucing kampung, tp mereka sehat dan lucu lucu

      Delete
  5. Hanya kucing sendiri yg tau makanan apa yg cocok untk tubuh nya, sehat/tidk unt tubuhnya. Kita sbg tukang beli makanannya tinggal ikutin selera si kucing. Sebagai contoh, kucing saya awal nya saya kasih makan merk Cic**s,,awal nya lahap,,lama2 si kucing males mkn,,trs saya mixed dengan merk pr* p**n,,,msh gak ad perubahan,malahan bulunya agak bermasalah,lalu saya gnti dng merk wah*e lie**,,,,,eehh makannya lahaap,,nagiihhh terus.......n bulu nnyaa berangsur mmbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau makanan kucing itu cocok-cocokkan ya Mbak :)
      Senang mendengar kucing Mbak tumbuh sehat :)

      Salam buat Mpus-mpus di rumah ya Mbak... :D

      Delete
  6. Tk kasih ikan laut +nasi+tempe tak ulek jd 1, ee malah muntah2 kucing.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg bagaimana kondisi empus nya Mas?
      semoga segera sehat kembali.

      Delete
  7. kak jelasin yang efek sampingnya dong..
    itu beneran makanannya yg bermerk tetep ada efek sampingnya?
    dulu juga pernah kucing tak kasih makan yg snack gitu, cuma yg murah yg 12rb an. sampe 6 bulanan, akhirnya malah ga bisa pipis, sempet dibawa ke dokter hewan, tapi sorenya meninggal. kata dokternya kalau dikasih makanan yang ga bermerk emang efeknya jelek. minimal ya yg bermerk..gitu katanya..
    btw, bedanya makanan yg untuk kucing kecil sama dewasa apa?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Menurut saya bukan karena makanan kucing yg bermerk atau tidak, tp kandungan yg trkandung d dalam nya bagus dan seimbang utk kucing atau tidak... karena asa juga yg bermerk tp kandungannya ga bagus... nggak semua merk makanan kucing bisa masuk tipi, yg masuk tipi juga cek dulu kandungannya apakah bagus atau tidak...

      Beda nya adalah makanam kucing khusu kitten pada umumnya mengandung protein lbh banyak dr pada makanan kucing khusus maxi...

      Delete
    2. Halo Unknown.
      Menurut saya bukan karena makanan kucing yg bermerk atau tidak, tp kandungan yg trkandung d dalam nya bagus dan seimbang utk kucing atau tidak... karena asa juga yg bermerk tp kandungannya ga bagus... nggak semua merk makanan kucing bisa masuk tipi, yg masuk tipi juga cek dulu kandungannya apakah bagus atau tidak...

      Beda nya adalah makanam kucing khusu kitten pada umumnya mengandung protein lbh banyak dr pada makanan kucing khusus maxi...

      Delete
    3. Mau nanya kalau makan wishkas ikan tuna basah sudah 3 hari apakah masih layak di makan kucing ? Krn makananx sy tdk masukkan ke dlm kulkas

      Delete
    4. udah basi x..1hri semalam aja basi..bikin keracunan

      Delete
    5. Halo Agan Ilham,
      jika tidak dimasukkan ke dalam kulkas biasanya dalam 1 hari makanan kucing basah (wet food) akan basi, jika di dalam kulkas biasanya 1-2 hr masih kuat. Namun sangat di sarankan untuk selalu mengecek kondisi makanan kucing sebelum diberikan kepada kucing ya.

      Delete
    6. Kulkas suhu brpa derajat kak? Dikulkas biasa atau freezer?

      Delete
  8. klau mau order whiskas ada contac personya enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Hendra.
      Utk makanan kucing whiskas bs ditemukan d supermarket atau per shop d kota atau kabupaten Mas :)

      Delete
  9. Kucing saya baru umur 2bulan, kucing persia saya kasih makan donat gak mau cuma dimakan sedikt, ternyata dia suka whiskas basah, biar lebih irit boleh tidak dicampur dgn nasi? Nanti kebiasaan sampai gede gak dia makan whiskas basah? Atau ada cara lain untuk coba2 ganti makanannya biar gak terbiasa gitu makan whiskas basah???? Jawabbbb donggggg plissssss:))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dian Utami, apa kabar? :)
      Kucing nya di kasih donat? Walah, jangan Sis... Krn donat (apalagi mengandung margarin, gula, tepung, dsb) tdk baik utk kucing.

      Kucing memang suka dgn wet food, krn bau nya yg menyengat. Namun pemberian wet food yg trs menerus tanpa pemeliharaan gigi yg baik dpt mnimbulkan karang gigi pd gigi kucing.

      Saran saya tdk dicampur nasi Sis.
      Krn kucing adalah hewan karnivora yg pd dasarnya makan daging, bukan makan nasi (bkn omnivora dan karbivora). Pemberian nasi berlebihan pd kucing bisa mengakibatkan diabetes.

      Utk kebiasaan makan makanan wet food tergantung didikan Sis dlm pemberian makanan, kalau dibiasakan makan makanan basah trs, biasanya kucing agak sulit pindah ke dry food, krn memang lbh "enak" dan lbh segut juga lbh menyengat bau nya yg makanan basah.

      Cara lain utk coba2 ganti makanan yg Sis tanyakan jawabannya adalah "cobalah oleh diri sendiri pd kucing Sis". Utk perpindahan makanan kucing yg biasanya makan "enak" dgn makanan basah ke makanan kering "(dry food) perlu tahapan pembiasaan, tdk bs instan... :) Cobalah dgn mulai memberikan makanan kucing kering yg menurut Sis bagus dan baik utk kucing Sis dan harganya sesuai dgn kemampuan Sis.

      Semoga jawabannya dapat membantu.


      Salam,

      RADIO KUCING

      Delete
    2. donat itu maksutnya kayak merk universal gitu?

      Delete
  10. Maksud saya pur berbentuk donat sis ,bukan donat makanan manusia :D , ohya saya jg mau tanya kenapa anus kucing wrnanya pink terang gk kayak kucing lainnya wrnanya pink muda, apakah lecet?atau luka? Bagaimana cara mengobatinya .makasihh :)) bls ya pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dian Utami, apa kabar?

      Warna anus kucing tidak menjadi masalah selama tidak ada masalah terhadap kucingnya. kalau kucingnya sehat2 saja, tidak perlu dikhawatirkan.

      Oh, maksudnya Sis ngasih makanan kucing yang bentuknya seperti donat, ya? Hehe. Gimana kucing nya suka dan cocok? Mudah2an yah...

      Semnoga jawabannya dapat membantu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  11. Hello sis..aku kembali lg udah ampir 1th ngilang hehehe...induk kucing yg aku ceritain di atas tadi, sdh mati krn ketumbur mobil
    . 😭😭😭😭😭. Anak nya yg aku asuh dua ekor smpe skrg. Dan mereka sdh pada besar. Tgl 22 Des bln dpan mau ultah k 1th.
    Tapi nuuaakkkaaalllllllnyaaaa ammppppppiiiuuunnnnnnn ssiisstt...rambut kuu hbiss dijambak klo salah 1 dr mereka sedang aku lepasinn dr kandang (tanda ny anak sehat) xixixi...
    Meerreekaa sejauh ini selalu sehat dn mdah2n sehat trs..krn aku sll kontrol makanan mereka yg terbaik namun hrg ny damai di kantong. Krn klo kcng kt shat
    ...mereka bs hbur kt yg lg streesss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Venny,
      turut berduka ya, Sis. Terima kasih sudah merawat anak-anak kucing nya. Semoga senantiasa sehat dan berlimpah rejeki.

      Senang ya Sis kucing2nya tumbuh sehat. Terima kasih sudah berbagi cerita dengan kami... :)


      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  12. Kucing aku jenis persia anggora dLL
    aku memiLih whiskas krn mudah didapat,
    udah gitu buLu kucing mengkiLat bersih haLus jika rutin kasi whiskas,
    hanya itu info berbagi saya,
    jika ingin berteman sama saya Langsung aja ke pin 5995D67C

    ReplyDelete
  13. hello sis mau tanyaaa. kucing saya berjenis persia akhir2 ini badannya suka gatal gatal garuk2 terus pas di cek ternyata kupingnya kaya budekan gtu . dan kaki nya ajak sedikit rontok bulunya. itu karena egek makanan apa karena dia suka tdr di tempat sembarangannya ya sis ? tapi juha waktu itu saya pernah kasih daging ayam tolong di jawab yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Reisa.
      Budekan itu apa ya Sis?

      Jika sering garuk2 nya ke area leher, bisa jadi ada kutu atau jamur. Jika garuk2 nya ke area leher dan telinga (atau sekitar telinga belakang), bisa jadi kena earmites. Atau bisa jadi garuk2 itu pertanda penyakit lain, misal ringworm, dll. Atau bisa saja kucing cuma gatel aja pengen garuk2... banyak hal. Tidak semua garuk-garuk kucing berarti sedang ada penyakit.

      Kalau Sis bingung bagaimana membedakan nya, kunjungi dokter hewan utk diagnosa lbh lanjut.

      Efek makanan gimana ya maksudnya? Maksudnya garuk2 karena efek makanan? Atau bagaiman? Pertanyaannya tidak jelas.

      Jika kucing tidur disembarang tempat terutama tempat yg tidak higienis, maka bisa saja kena penyakit kulit/kutu/jamur/ringworm/earmites, dll.

      Kalau pernah di kasih daging ayam tidak masalah, asalkan daging ayam yg d hidangkan matang dan bebas penyakit, virus, atau kuman.

      Semoga jawabannya membantu yah.


      Salam,

      RADIO KUCING

      Delete
  14. Hellow radiokucing, kucing aku dibelakang kuping dua2nya gada bulunya (gundul) kaya kecukur abis tapi dibagian belakang telinga aja, terus dikaki juga gundul (bentuk bulat gundulnya) itu penyakit apa ya? !penyakit jamur bukan? Soalnya udah saya kasi salep jamr yg bagus (udah ilang numbuh lg jamurnya?) Jamurnya itu kaya koreng .trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dian,
      Baca juga balasan radio kucing utk Sis Reisa di bawah ya...


      Koreng seperti luka? Atau kulit terkelupas seperti ketombe?

      Kalau memang benar sakit jamuran seperti yg Sis sampaikan dan sudah diberi salep namun masih ada lagi jamurnya, saran saya coba utk mengunjungi dokter hewan agat bisa di treatment lbh mendalam. Beberapa sakit jamur harus diberikan obat oral juga (obat yg diminum).

      Semoga jawabannya membantu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  15. maaf mkasdnyaa budukan atau korengan gitu di telinga terus agak rontok bulu di telinga dan di kaki jadi gundul gtu sis . emang banyak kutu si akhr2 ini semnjak main sama kucing kampung say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Reisa.
      Kalau di belakang telinga sampai gundul, biasanya itu karena di garuk saat kucing merasa gatal. Saat frekuensi gatal nya makin sering, garuk nya juga makin sering, rasa gatalnya meningkat maka gatuknya juga makin kenceng. Jika d dalam telinganya kotor kecoklatan, bisa jadi itu adalah earmites. Perlu pengecekan oleh ahli (dokter hewan) utk memastikan diagnosa ini benar. Karena jika hanya konsultasi online bisa jadi salah diagnosa.

      Semoga jawabannya membantu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  16. Halo Radio Kucing, mau tanya nih..
    Kalau buntut anak kucing umur sekitaran 3 bulan, kenapa berdiri terus yaa? Apakah karena memang masih kecil atau ada treatment khusus agar tidak berdiri terus?
    Mohon jawabannya, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Maksudnya berdiri terus itu bagaimana ya?
      Saya ga kebayang.... :v

      Delete
  17. Haloo radio kucing.. aku punya kucing lokal, dy lagi sakit (sudah 3hari + tdk mau makan). Hari pertama, dy diare dan muntah, lalu hari ke dua diare dan muntahny berkurang, dan skrg hari ke tiga dy udah ga muntah dan diare lagi tp badannya lemas, masih ga mau makan dan minum pun hanya sedikit. Aku butuh saran, supaya dy mau makan atau minimal minum biar ga dehidrasi. Kasian ngeliatny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Else.
      Saran saya kalau sudah 3hari begitu baiknya segera menemui drh. Untuk pertolongan pertama Sis bisa mencoba resep ini:

      http://www.radiokucing.com/2015/11/resep-home-made-makanan-asupan-vitamin.html

      Segera bawa ke drh ya Sis.
      Pancaroba begini sering banyak virus penyakit bertebaran.

      Delete
  18. Sis mau nanya nih
    Ak pnya kucing persi junior, g mau makan dry food. Giliran yg wet food lahap bgt. Kalau wet food dicampur sama dry food yg dihaluskan gmna sis ? Baik atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ruki Saputri.
      Kucing ras apapun pada umumnya akan lebih suka wet food dibandingkan makan dry food, karena wet food pada umumnya lebih menyengat baunya dr pada dry food. Ga jadi masalah jika dry food akan dicampur dengan wet food, selama kucing nya mau makan tidak apa2. Bahkan jadi lebih memanjakan kucing dan kucing juga senang.

      Tapi biasanya kucing akan lebih manja jika sudah terbiasa makan wet food dan akan kurang bisa menerima dry food. Pada umumnya yang dikeluhkan dr pemberian wet food kepad kucing adalah tidak pratis dan boros. Solusi lebih hemat memang dengan dry food. Jika ingin lebih hemat, latih kucing mengkonsumsi dry food setara bertahap. Jika memang ada dananya, tidak masalah memberikan wet food atau wet food dicampur dry food.


      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  19. Kk aku ksih whiskes tuna yg basah n aku campur nasi bagus gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Ngga bagus sayang.
      Kucing makanan utamanya adalah daging, bukan nasi. Mitos kucing diberi nasi biar kenyang itu salah, karena kucing adalah hewan karnivora yg makannya daging. Terlalu banyak memberikan nasi pada kucing juga bisa mengakibatkan diabetes, beberapa kucing malah akan mancret saat diberikan nasi.

      Delete
  20. Kalo aku kasih ikan tongkol+tempe dibejek trs direbus bagus gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah nyobain say. Ikan tongkol yg siap goreng beli d pasar bukan Sis? Pake garam? Garam nya ga bagus buat kucing.

      Delete
  21. Kk kalo resep makanan yg bisa buat sendiri yg bagus apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging ayam kukus, ikan kukus, sudah bagus. Tanpa garam yah.

      Delete
    2. Okedeh ka makasih infonya ya. Nanti aku coba

      Delete
  22. Hallo...

    klo wishkas wet food junior di campur dengan RC recovery bagus gak ya?? soalnya kitten sya pupnya agak lembek.. atau memang kaya gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Rona Sari.
      Sudah berapa lama kucing mengalami pup lembek? Kalau baru beberapa hari biasanya proses adaptasi, kalau di atas seminggu bisa jadi kejala lain. kalau masih khawatir, segera bawa ke drh yah.

      Delete
  23. I'm from malaysia . Searching on internet whiskas bagus atau tidak. Kerana udah lama guna whiskas untuk kucing kesayangan :') berita baru, kucing kesayangan yang sudah saya jaga selama 4 tahun dimasukkan ke klinik kerana enggak mahu makan dan diam aja. Badan nya udah mulai ringan. Lalu family bawa kucing saya ke klinik. Doktor bilang kucing saya hidap sakit perut berair dan ada kutu yang hisap banyak darah nya. Saat diberi ubat oleh doktor kucing saya pipis :') saya datang melihat kucing saya di klinik itu, lalu menggaru dagu dan leher serta misai nya. Kucing saya gembira happy , dia suka saya menggaru nya seperti biasa yg saya lakukan. :') harapan nya untuk hidup 50/50 harapan tips banget. Saya khuatir :') saya merindui nya.. Kini saya udah tau keburukan whiskas. Sudah di kasi tau sama ibu ayah enggak bagus produk ini. Tapi enggak bisa lakukan apa apa kerna wang yang mampu beli whiskas. :'( saya enggak tau whiskas tidak baik. Saya merindui kucing saya di klinik doktor haiwan vaterina. :'( apakah saya perlu membawa dia pulang ke rumah walaupun keadannya sakit? :') biar saya menggaru leher nya dan bermanja. Saya merinduinya. Namun ibu ayah enggak mau mengambil risiko :') saya rasa kalau kucing nya dibawa pulang dia akan lebih bersemangat. Dan diberi makan daun daun iaitu ubat kucing secara semula jadi tradisional. Imagine aja :') kucing nya masih di klinik vaterina dan lemah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Sis Nurul Faiqah.
      I'm really sorry to hear that. In my humble opinion, it's better to hear about you parents opinion. The Cat should stay with the professional until his condition better.

      Semoga kucing Sis segera sehat kembali dan dapat bermanja seperti semula ya, Sis. Sabar yah :)

      Salam hangat dari Si Belang.

      Delete
  24. Pagi Min.. saya punya kucing" tapi bukan Hewan. Melaiankan sifat" yaitu (Kucing Garong) kira2 kucing ini Makanan yg tepat saya kasih apa ya.. ini kucing sukanya ama Daun muda,daun tua dan daun busuk dia juga suka.
    Masa iyah sih ini kucing Herbivora. Kucing yg normalkan pemakan Daging. Bukan pemangsa cabe2an. Mohon pencerahannya. Terima gajih

    ReplyDelete
  25. Hallo, Radio Kucing~ Saya ini penggemar kucing yang lagi ngurus kucing kampung, dia suka keluar kalo malam dan tidurrr seharian di rumah. Tapi suatu hari dia pulang dan ada sedikit bekas luka di mata kirinya, saya yang notabene nya agak jauh dari dokter hewan, cuma membersihkan dengan air hangat, dan selesai. Tapi beberapa hari atau mungkin beberapa minggu (karena kucingnya saya tinggal di kampung, sedangkan saya di kota), matanya terus terkatup dan berlendir, lama2 dia bisa buka matanya, tapi kornea hitam yang biasanya ditengah dan mengecil/membesar saat menyesuaikan cahaya tidak terjadi di mata kirinya, bahkan bagian hitam (kornea) matanya seakan bersembunyi di pinggiran dengan bentuk yang tidak lagi bulat/pipih. Yang ingin saya tahu, apa yang terjadi pada kucing saya ini? Apa ini efek samping dari luka yang dia dapat atau sebuah penyakit? Apakah ia buta? Dan saya kurang yakin jika dia memang buta, keseimbangannya saat jatuh dan menangkap mangsa masih baik. Tolong dijawab ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Neyyessu.
      Seaiknya segera membawa kucing ke dokter hewan, bisa mengunjungi dokter hewan desa/kampung di dinas perternakan. Mohon maaf saya tidak bisa membantu / memberi saran untuk penyakit-penyakit kucing yang memiliki gejala khusus seperti ini.

      Semoga segera sembuh kucingnya ya.

      Delete
  26. Hy sis ����
    Mau nanya nih makanan yg bagus untuk kucing itu merk ap sih ?? Trus ad nggak penumbuh bulu yg bagus pada kucing ?? Cz bulu kucingku banyak yg rontok gara2 makan ikan tongkol hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Indah Dwi Lestari.
      Saya jawab satu-satu ya pertanyaannya.

      1. Sis ada bujet berapa? Sesuaikan dengan bujet, lalu baca kandungannya, dan coba ke kucing, kalau kucing suka dan cocok, maka lanjutnya. Standar "makanan kucing yang bagus" itu beda-beda untuk setiap pemilik kucing. Untuk lebih jelasnya silahkan baca : <a href="http://www.radiokucing.com/2016/01/makanan-kucing-yang-bagus-dan-murah.html> klik disini </a>

      2. Penumbuh bulu yang bagus ada. Coba datang ke toko hewan yg besar. Tapi kalau saya menyarankan perbaiki dulu gizi utamanya, yaitu makananannya. Karena kalau asupan gizinya sudah bagus ngga perlu lagi vitamin.

      3. Sebaiknya jangan diberi ikan tongkol lagi kalau jadi rontok banyak begitu ya, Sis.

      Semoga membantu.

      Delete
  27. hai sis,, aq pny 3 mpus,yg 1 mpus kmpung,usia kurang dr 1 th,,yg 1 lg angora jg kurang 1 th,,yg 1 lg persia msh sktr 3bln,,yg jd mslh adlh,, aq bingung mau ksh mkn apa,,aq udh baca bbrp cat food u all age,,bbrp yg aq bca ada maxi,optima n home cat,,tp smuanya g ada di petshop2 di daerah aq,,kl boleh ngasih saran,, for all petshop,, ada'in dong yg all age itu,, jd simple dlm pmbrian mknn mpus2 yg beda usia,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Joy.
      Semoga keluhan dan isi hati Sis Joy agar all pet shop di Indonesia menyediakan semua makanan kucing yang Sis butuhkan bisa didengar dan diwujudkan ya :)

      Semoga kucing-kucingnya sehat selalu.

      Delete
  28. hai sis,
    aku baru melihara kucing persia, stiap tdr dy gaprnah mau tdr d kasur atau d kasih kain pun dy gamau tdr,
    dy lebih milih tidur d lantai dari pada d kasur,
    dy sering garuk2 kpalanya, bhkan habis mandi juga,
    aku fikir sih krna dy sering tdr d lantai jadi sering garuk2 bgtu,
    mohon sarannya :)
    trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Aini.
      Sudah punya kucingnya berapa lama? Apakah baru-baru ini dalam jangka waktu sekitar 1 bulan atau 3 minggu ini? Kalau iya, wajar kok kucing lagi senang tidur di lantai, soalnya cuaca sedang panas dan beberapa kucing (apalagi yg longhair) juga merasa panas. Yang penting kucing sehat dan bahagia, soal selera tempat tidur tidak masalah.

      Nah, yang perlu dicurigai adalah garuk-garuk kepalanya. Karena kucing sehat jarang garuk-garuk kepala. Apakah ada kutu? Kutu telinga? Jamur? Atau penyakit lainnya?

      Coba cek kondisi kesehata hewan dengan mengunjungi dokter hewan ya. Semoga sehat selalu Mpus nya :)

      Delete
  29. Syaa mau nnya ni ..
    Kucing saya kok makin krus ya .. Itu knpa ya ?apa ga ccok mkanannya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Aylamugee.
      Penyebab kucing menajadi kurus macam-macam, Sis... Misalnya :
      - Sakit atau Kejala Akan Sakit
      - Malas makan (karena bosan, stress, tidak suka makananya, manja, kesepian,d ll)
      - Stress (karena terganggu wilayahnya, sering dikandangi, sering disakiti/dipukul/dimarahi, dll)
      - Birahi
      - Cacingan
      - Gangguan pencernaan
      - Dan sebagainya.

      Kira-kira kucing Sis makin kurusnya kenapa?
      Jika memang karena tidak cocok makanan seperti yg Sis sebutkan, maka ganti makanan kucingnya dgn yg kucing Sis mau :)

      Lalu jika pertanyaan Sis selanjutnya adalah :
      "Merk apa ya Ka? Aku bingung, kira-kira kucing aku suka apa ya, Ka?"

      Maka jawaban yg bisa saya berikan adalah sbb :
      Utk menjawab pertanyaan tersebut, tidak ada 1 orang pun bahkan dokter hewan yang bisa menjamin Si Kucing suka atau nggak. Bahkan di kasih daging ayam pun tidak semua kucing suka, contohnya kucing peliharaan saya kurang suka daging ayam, suka nya ikan kembung, dia mau makan daging ayam kalau lagi pengen doang.

      Selain itu, logikanya begini, ngasih makanan baru ke kucing hampir sama dengan ngajak orang kencan pertama kali, kita gatau orang itu suka apa, kecuali kita mengenal orang tsb sudah lama atau nanya ke dia sukanya apa... tp masalahnya kucing kan nggak bisa ngomong, jd ga bs jawab pertanyaan...

      Jadi yg bs kita lakukan adalah mencoba memberikan merk makanan kucing yg menurt kita baik utk kucing tsb, soal dia mau makan atau nggak trgantung selera dan adaptasi kucing...

      Ada kucing yg ga pilih2, jadi cepat adaptasi sama makanan baru dan makan ajah apa yg d sediain... Ada juga kucing yg perutnya sensitif, ganti dikit mencri... Atau malah kucing mencri bukan karena ganti makanan, tp alergi jagung misalnya?

      Banyak kasus yg perlu ditelusuri sampai mengetahui apakah kucing tsb suka atau tidak dgn makanannya, mengapa kucing tsb tidak makan makanan yg disediakan, dsb...

      Bbrapa owner kucing yg baru memelihara biasanya sering panik dan lgsg menyimpulkan "kucing nggak suka merk A" atau merk A "bikin mencret", padahal perlu diagnosa lbh dalam utk sampai ke kesimpulan tsb... krn alergi jagung juga bs mencri, berarti bukan karena merk A ga bagus, tp kucing nya punya alergi.

      Sama seperti kucing ga suka merk A, tp suka merk B, karena kucing juga punya selera... 😊

      Semoga penjelasannya bisa dimengerti 😊
      Semoga segera menemukan makanan kucing yang cocok dengan Si Mpus ya, Sis... :)

      Delete
  30. Saya melihara anak kucing kampung tanpa induk. Kira2 umurnya udah 1 bulan. Pas konsul ke drh disuruh kasih makanan padat. Saya coba whiskas junior rasa tuna (seperti saran drh nya). Tapi cuma dijilat2 aja sama mereka. Saya coba suapin pake sendok dan cuma mau sedikit banget dan sering dikeluarin lagi. Kenapa ya bisa begitu? Trus makanan kucing yang basah bisa tahan berapa lama setelah kemasannya dibuka tanpa disimpan dikulkas?

    ReplyDelete
  31. Saya melihara anak kucing kampung tanpa induk. Kira2 umurnya udah 1 bulan. Pas konsul ke drh disuruh kasih makanan padat. Saya coba whiskas junior rasa tuna (seperti saran drh nya). Tapi cuma dijilat2 aja sama mereka. Saya coba suapin pake sendok dan cuma mau sedikit banget dan sering dikeluarin lagi. Kenapa ya bisa begitu? Trus makanan kucing yang basah bisa tahan berapa lama setelah kemasannya dibuka tanpa disimpan dikulkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo SIs Nurul.
      - Coba diberi dengan merk lain, Sis. Coba cari juga yg lbh empuk kibble makanan padatnya.
      - Kebetulan untuk makanan basah saya ga pernah nunda lama, kalau sudah dibuka saya masukkan ke kulkas, dalam 2 hr biasanya habis. Kalau tidak dimasukkan kulkas, di bawah 24 jam sudah habis :)

      Delete
  32. Helo sis, aku punya kitten persia ttg masalah mkanan dy lebi suka sma maxi sama meo kitten apa itu sudah bagus utk pemilihan makanannya? Atau ada saran mkanan yg bagus? Bgaimna dengan yg rumor penyakit kencing batu jika dikasi dry food nya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika mencari yg saran makanan kucing yang bagus, saya akan merekomendasikan daging kukus tanpa garam, diselingi dengan vitamin dan sumber serat lainnya.

      Bukan rumor, memang benar beberapa kucing ada yg kena kencing batu, salah satu penyebabnya kurang minum. Dry food berpengaruh karena makan makanan kering tapi kurang minum.

      Ini informasi dari saya sebagai orang awam tanpa ada ilmu pengetahuan kedokteran hewan ya. Bisa jadi informasi yang saya berikan salah. Maka sebaiknya Sis berkonsultasi ke dokter hewan mengenai penyakit ini.

      Semoga kucing-kucing kita sehat selalu :)

      Delete
    2. Ok sist tengkyu infonya

      Mo tanya ni knp kucingny buuluny jd tipis ya ko ga tebel sperti seharusnya kucing ras.. ,itu knpa dan mohon saran bgaimna biar bsa bulunya kembali tebal.thx

      Delete
    3. Halo Gan Rizta.
      Kucing nya memang ras / turunan ras? Turunan ras dari generasi keberapa? Karena kalau mau long hair biasanya berpengaruh dari gen. Pakan, vitamin, dan asupan gizi membantu memaksimalkan keindahan, kekuatan, dan mengembangnya bulu, tapi tidak bisa menjadikan kucinbg short hair atau medium hair jadi kucing long hair.

      Kucing ras ga selamanya harus long hair, buktinya adalah ras american short hair dan ras british short hair bulunya tidak long hair tapi tetap kucing ras.

      Jika yang Sis Rizta maksud adalah ingin memaksimalkan eindahan, kekuatan, dan mengembangnya bulu kucing, maka bisa dimulai dengan memperbaiki asupan makanan, vitamin, dan gizi yang baik :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  33. Min aku punya anak kucing kecil 2 tapi nggak ada induk lagi, aku dpet mreka kira2 udah umuran semingguan, dari hari aku dapet anak kucing itu aku kasih makan wishkas trus, soalnya kalo susu nggak begitu suka, cuma dijilatin sdkit aja, yang satu badanya gemuk satu lagi kurus, aku suka kasih makan mreka wishkas yg basah, tapi shock pas tau kalo wiskas itu nggak bagus, dan mreka skng sudah hampir 1 bulan sma aku, nah tadi mulai merhatiin kaki depan mreka, bulunya pada rontok, kulitnya kayak ada keraknya gitu, apa ini karena efek wiskas ya? Soalnya setiap di kasih makan pake piring ceper mereka jilatin sendiri bahakan sampe kaki depannya ikut masuk dan basah, nah aku suka ngelap badan mreka itu pake kain basah, sdh itu pake tissu basah buat bayi, kira2 bahaya nggak kalo pake tissu basah bayi ke kucing?? Nah kalo si kucing yg kurus itu emang suka kalah duel kalo makan, trus d tmbah lagi aku suka ketemu kutu kayak 1-2 d badannya, udah sering aku ambilin, tapi kadang muncul lagi, apa karena kutu ya dia jadi kurus, sedih liatnya, kalo makan sih masih mau, please penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Mei Mumud.
      Saya jawa satu-satu ya :)

      1. Kucing saya kadang makan Whiskas wet food, sampai usia skrg tidak apa2. Merk makanan kucing apapun selama cocok mah bagus-bagus aja, Sis :) Baca lagi deh reviewnya dengan seksama yah :)

      2. Jika ada kerak-kerak dikulit mirip ketombe, sepertinya kucing Sis kena jamuran. Jenis jamur apanya saya ga bisa nebak via tulisan. Untuk tahu penanganan terbaiknya, Sis bisa berkunjung ke dokter hewan ya :)

      3. Pake tisu basah untuk bayi aman kok untuk kucing juga :)

      4. Kucing yang tidak dominan, biasanya kalah bersaing dengan kucing lain (walaupun itu saurdaranya) baik dalam segi makanana, teritori, dll. Biasanya kucing yg tidak dominan lebih kecil dan penakut. Beda dengan kucing dominan yang biasanya badan lebih besar dan percaya dirinya tinggi.

      5. Untuk menghilangkan kutu pada tubuh kucing harus dilakukan treatment. Bisa menggunakan obat kutu, baik serbuk, bedak, semprot, atau tetes. Baik dengan cara dimandikan atau diberi minyak. Banyak caranya... Tapi mencabut kutu kucing secara manual akan sangat susah untuk membasmi secara tuntas. Jika ingin kucing bebas kutu secara menyeluruh, lakukan juga treatment secara menyeluruh ya.

      Semoga membantu jawabannya ya.

      Delete
    2. Udah lama banget nanyain soal kucing ini, baru liat balesannya sekarang, makasih min penjelasannya, tapi kucingnya udah pada gone, mereka itu ditemuin sama mama waktu aku lagi gencarnya buat SKRIPSI, makanya nama mreka SKRIP-SI sebagai pengingat momen, tapi yg satu yg dlu badannya gede (jantan) tiba2 ilang waktu umur 3 bln, yang satu lagi si kurus (betina) namanya si a.k.a sisi cuma bisa aku rawat sampe umur +- 7/8 bln karena mati kena virus panleukopenia, sumpah...itu kali pertama tau virus mematikan di kucing, awalnya cuma nggak mau makan ikan asli, pas di kasih wiskas tetep mau, eh besok2nya nggak mau makan lagi, mencret, dehidrasi, menyendiri dikolong meja, suka duduk ditempat lembeb, ihhh...sumpah itu kepergian kucing tersedih karena ngerasa bersalah aja telat bawa ke dokter hewan, jadi FYI buat catlover, kalo kucing kita agak rewel dan tingkahnya beda, mending lngsung di bwa ke drh, ntar nyesel krn ngerasa bersalah di akhir itu paling bikin nyesek,

      #cumashare #flashback #kangenSkripSi

      Delete
    3. Terima kasih atas sharingnya, Sis. Semoga senantiasa semangat selalu ya.

      Delete
  34. Halo sis... mau tanya ni... kalo kitten dikasih nya whiskas yg 1+ itu boleh gag ya? Bahaya gag?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Yuridhani Rahman.
      Gpp kok Mas.
      Setau saya perbedaan kandungan gizi antara Wet Food Whiskas 1+ dan yang Kitten Junior tidak terlalu beda jauh. Yang kentara terlihat perbedaannya adalah perbedaan tekstur wet food, kalau yg Kitten Junior lebih lembuh dan tercacah halus,kalau yang 1+ tidak.

      Menurut pendapat pribadi saya, kucing adalah hewan karnivora, jadi makan daging utuh dan dengan serah tidak halus adalah sesuai dengan habitatnya sebagai hewan karnivora :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  35. empus sayaa si butet doyan sayur. . embb tp blm lama ini aku kasi wishkas maalah diare ,😭😭 akhir2 ini juga poop sembarangan 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Desti Riana.
      Si Belang juga kadang suka makan daun depan kamar, hahaha.

      Saat mengganti makanan kucing ke Whiskas, apakah sudah menerapkan proses pergantian makanan kucing dgn seksama? Mencret pada kucing Sis bisa jd proses adaptasi :)

      Sabar ya.
      Semoga Mpus nya sehat selalu.

      Delete
  36. RadioKucing mau minta saran nih... aku itu baru pemula nih pelihara ipus jenis persia. ipusku baru 4 bln, aku mau beli makanan tuk ipusku, tp jujur aku bingung harus pilih yg mana? soalnya byk sekali merk makanan ipus. maksudnya aku ga mau coba2 tuk sie ipus, takut dia kenapa2. bantu donk sekiranya yg bagus apa yah? klo beli royal canin kemahalan deh, klo beli whiskas aku sanggup, tapi byk yg bilang kurang bagus :(. sumpah aku bingung sekali nih.... mohon bantuannya please....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Retno Ayu Winarni.
      Sebenarnya dari cerita Sis di atas bisa diambil kesimpulan bahwa Sis sanggup menyediakan dana untuk makanan kucing di range bujet 40rb - 100rb per kg. Nah, permasalah Sis dapat dipersempit menjaddi "Mencari dan menemukan makanan kucing yang cocok di ranget bujet 40rb - 100rb per kg".

      Nah, saran saya adalah Sis bisa lakukan langkah-langkah berikut ini :

      1. Coba cari makanan kucing yang menurut Sis cocok dan sesuai untuk Sis di range bujet 40rb - 100rb.

      2. "Aduh puyeng, terlalu banyak merk nya...". Sabar. Ngga ada yang mudah di dunia ini, semuanya butuh usaha. Makan aja kita harus berusaha dulu utk mengunyah baru bisa kenyang :) Begitu juga dengan mencari makanan kucing yang sesuai dan cocok untuk Mpus dan sesuai dengan bujet ekonomi kita. So, disinilah seninya memelihara kucing. Hunting makanan kucing yang cucoks :)

      3. Setelah dapat nama-nama merknya, coba urutkan dari yang termurah sampai yang termahal sesuai dengan kemampuan ekonomi, lalu baca review-review merk makanan kucing yang Sis tentukan tersebut di blog ini.

      4. Putuskan untuk beli yang mana.

      5. "Terus yang mana dong yang cocok buat kucing aku?" Untuk menjawab pertanyaan ini ngga ada yng tahu selain Si Kucing dan Tuhan YMK. Satu-satunya cara tau bahwa kucing suka dan cocok sama makanan kucing yang kita pilih adalah dengan cara mencoba makanan kucing tersebut ke kucing tsb dan lihat bagaimana reaksi dan hasilnya.

      Semoga berhasilnya. Selamat menerapkan langkah-langkah di atas. Semoga berhasil... :)

      Delete
  37. Halo sis radio kucing, saya punya kitten persia umur 3 bulan nih mau nanya ini bulu diatas mata pelipis/alis kucing saya kok tiba2 gundul dua duanya ya ? Apakah karena jamur ? Bisa tumbuh bulunya lagi gak ya ? Soalnya lucu ngliat kitten saya seperti tidak punya alis, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Arif Hidayar.
      Jika memang benar karena jamur maka bulunya bisa tumbuh lagi kok. Asalkan jamurnya diobati. Setelah jamur nya sembuh maka bulu kucing akan tumbuh perlahan. Untuk mempercepat pertumbuhan bulu maka bisa dilakukan dengan cara memberikan pakan yg berkulitas baik dan supan gizi juga vitamin yg cukup. Hasil pada tiap kucing berbeda, namun tips tsb bisa membantu mempercepat tumbuh kembalinya bulu kucing.

      Semoga Mpusnya senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
  38. Ohiya satu lagi min, saya pernah coba kasih Royalcanin&Proplan tapi si kucing makannya ga terlalu lahap seringnya cuma dicium doang. Tp giliran saya ganti makannya pake whiskas/felibite kucing saya jd lahap makannya,ko bisa kaya gitu min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Anggaramadara.
      Itulah yang dinamakan SELERA KUCING BERBEDA-BEDA... :)
      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu ya :)

      Delete
  39. Halo, maaf mau tanya. Saya memelihara 4 anak kucing yg ditinggalin induknya, sempet dpt asi sih dr induknya tp cuma bentar bgt, setelah itu saya cob kasih susu untuk kucing tp pada nggak doyan, saya coba kasih whiskas junior yg wetfood makannya lahap, tp akhir2 ini kok di kotorannya ada bercak darah dan kotorannya jadi lembek, apakah itu faktor dari makanan (whiskas junior)? Trus baiknya gimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Usia kucingnya berapa minggu / berapa bulan? Biasanya anak kucing yang belum siap makan akan mencret saat diberikan makanan selain susu induk kucing / susu khusus kucing (jangan dikasih susu sapi / kental manis ya)

      Delete
  40. Hallo, mau nanya
    Saya punya kucing umur 1 tahun, dia kucing lokal yang baru saya rawat selama 1 bulan
    Dari awal saya rawat saya kasi nakan ikan plus nasi, dan dia diare
    Terus saya ganti whiskas akhir akhir ini, tapi malah jamuran dipunggung plus diarenya ngga ilang
    Bagusnya dikasi makan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Hemelia.
      1. Mengganti makanan kucing menjadi merk / jenis lain tidak ada hubungannya dengan sakit jamu di badan kucing. Sakit jamur di badan kucing berhubungan dengan kebersihan yang tidak terjaga. Misal, kucing sering main ditempat lembam dan kotor dimana jamur berkembang lalu akhirnya menjangkit kucing. Dan saat kondisi tubuh kucing sedang tidak fit, maka penyakit jamurnya semakin cepat berkembang.

      2. Nasi pada umumnya memang menyebabkan diare pada kucing. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan diabetes. Jika Sis biasa memberikan ikan, saran saya beri ikan nya saja, tidak perlu dengan nasi. Karena kucing adalah makhluk karnivora memakan daging, bukan omnivora seperti manusia yang makan nasi dan daging. Ikan nya tidak boleh mengandung garam ya (ikan asin, pindang matang, dll) karena garam menyebabkan bulu kucing rontok.

      3. Dalam melakukan pergantian makanan kucing ada metode dan tahapannya. Silahkan baca ulasannya di link ini

      4. Saran saya jika ingin memberikan makanan berupa ikan, maka jangan diberi garam. Jangan lupa lengkapi vitaminnya juga, misal diberi vitamin B Kompleks, dll. Jika ingin memberikan dry food, jika dananya ada, maka saran saya berikan minimal grade super premium ke atas. Jika dananya tidak ada, maka bisa mulai hunting makanan kucing yang sesuai dengan bujet. Bisa membaca ulasannya di radio kucing di link ini

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Delete
  41. Salam Radio Kucing.
    Kebetulan saya memelihara seekor kucing betina berumur 5 bulanan, campuran kucing kampung dan kucing persia. Saya beri makan whiskas dry food 450g yang ada kibble putihnya. Awalnya makan dengan lahap, tapi lama kelamaan hanya kibble putihnya yang dimakan, biskuit utamanya yang berbentuk ikan justru dicuekin, kalaupun dimakan hanya sedikit saja. Ini mengindikasikan apa ya? Apa pernah ada kasus dimana kucing lebih suka bagian bagian tertentu saja dari dry food? Apa saya harus explore selera makanan kucing saya dengan cara memberinya 2 atau lebih jenis dan merk makanan berbeda secara bergantian?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Dika.
      1. Mengindikasikan kucing Masgan lebih suka kibble yang putihnya doang dan kibble ikannya kurang suka. Ini masalah selera kucing, tidak mengindikasikan masalah apapun.
      2. Ya, sebagai owner memang harus eksplor makanan apa saja yang disuka kucing. Mau ganti-ganti atau engga tergantung kasus yang terjadi, biasanya kalau kucingnya bosenan harus ganti makanan per jangka waktu tertentu.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  42. Kak mau nanya, tapi diluar topik ini sih
    Aku punya kucing baru adopsi, dia baru dua hari pindah. Makan nya sedikit itu gimana ya kak? Apa wajar kalo baru pindah dia makannya sedikit?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Zaskia Zalza.
      Wajar karena kucing sedang adaptasi. Beri kucing kasih sayang dan kenyamanan serta makan yg enak-enak, juga ajak main, nanti kalau kucing sudah nyaman dia akan makan lebih lahap dan tidur lebih pulas.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  43. Hai!aku punya kucing namanya Aldo tp dia agak ogah-ogahan makan-makanan kering, merk apapun juga. Tapi, kalo whiskas yg basah dia suka bgt bgt bgt. Tapi, sekarang aku takut gara-gara denger berita whiskas biang penyakit si Aldo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo The Happy Muppet.
      Biasanya kucing yang sudah tau makanan enak, susah beralih ke makanan yang kurang enak. Dan jika sudah terbiasa dengan makanan kucing basah yang berbau menyengat dan rasa lebih enak, biasanya kucing malas makan dry food. Jika ingin mendidik kucing untuk bisa makan dry food, owner harus "tega" dan "tegas" dalam mendidik kucing utk makan dry food, jangan kucing melas dikit atau manja dikit lalu luluh dan akhirnya ngasih wet food lagi dengan dalih "kasian... nggak tega...", dengan begitu malah mendidik kucing untuk tahu bahwa kalau mau makan enak (makan wet food) maka memelas aja, nanti owner kasian dan akhirnya ngasih wet food.

      Saran saya lakukan pengecekan jangka panjang pada kucing. Kalau benar Whiskas berbahaya, maka tidak ada dijual lagi di Indonesia. Yang namanya makan makanan instan, memang tidak lebih baik dr pada makanan home made. Jika ingin lebih sehat, bisa memberikan makanan home made, tapi perhatikan juga kandungan serat, vitamin, dan gizinya. Intinya selama Si Meong Aldo makan Whiskas dan ga bermasalah, maka tidak apa-apa. Soal kedeoannya sakit atau engga, tidak ada yg tahu. Maka sebaiknya cek kesehatan Si Meong secara berkala ke dokter hewan. Sama seperti manusia, makan lah yang di suka, cocok, dan terbaik yang bisa dimakan, sambil tetap maintenance kesehatan dan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala agar terhindar dari penyakit.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  44. Hello mbak,, sya pnya kucing umur 1 blan, udah ngk sm induknya, coalny induknya pnykitn, jd aku pishin.. Trus ku ksih susu dia kurng doyan. Trus ku ksih wgiskes junior awalnya sih suka, tp lma" stlh itu jd ngk suka dn eeknya keras mbak.. Apkh sy ttap ksih wgeskes trus atau susu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ria.
      Maksudnya "dipisahin" itu induknya dimana ya? Di rawat di dokter hewan? Dipisahkan sementara karena sedang tidak sehat namun di rawat di rumah? Dipisahkan = "dibuang"? Atau dipisahkan dgn maksud kucing out door yang sakit tetap dibiarkan sakit di out door lalu anaknya dirawat?

      Sebaiknya anak kucing minum ASIK (air susu induk kucing). Kalau anak kucing ngga mau ASIK biasanya karena dia memang ngga suka dgn merk tertentu, maka cari merk susu khusus kucing yang di sukai oleh anak kucing tersebut. Jangan berikan susu sapi, susu ultra, susu bubuk bayi, susu kental manis, atau susu yang menganduk susu sapi. Berikan susu khusus kucing/hewan ya.

      Kalau masih sebulan saran saya jangan berikan makanan kucing dulu, berikan susu saja, saat usia dia sudah 1.5 bln atau 2 bulan bisa mulai makan dry food khusus kitten yg dilembekkan atau makan wet food untuk anak kucing.

      Jika Sis bingung dengan jawaban saya, saya sangat merekomendasikan utk Sis bergabung di forum pecinta kucing di facebook, di sana biasanya para cat lover akan membantu Sis memberikan perawatan yang terbaik untuk hewan peliharaan Sis. Jangan lupa untuk menyembuhkan induk kucing yang sakit nya ya.

      Delete
  45. kucing aku umur 2bulan..makanan yg bagus untuk umur 2bulan apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Yang bagus adalah yang seimbang. Jika bujetnya ada coba merk dry food: Orijen, Taste Of Wild, Acana, Felidae, Wahre Liebe, dll.

      Delete
  46. Hola
    Aku mau nanya boelh gk beli perlengkapan kucing di ig radiokucing
    Tp via pulsa soalnya saya masih smp
    Klu Mau lewat ortu sya gk mau susahin ortu jga
    Jadi boelh gk via pulsa
    PLEASE ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Cantik.
      Pembayaran bisa via Alfamart dan Indomaret juga kok. Atau transfer tunai via teller bank (tidak perlu ATM dan tidak perlu KTP). Kalau masih bingung chat nya gimana, langsung aja chat ke WA atau Line ya.

      Delete
  47. halo sist, saya punya anak kucing lokal yg saya adopsi bersama induknya karna masih nenen mulu. kira2 umur si kecil nya 5 bulanan. saya kasih makan ganti2 merk terus karna biar mereka ga bosen. beberapa merk seperti whi***s, Fris*i*s, sama merk princess(mereka gasuka) (rasa beef) . dan ternyata ganti2 itu ga bagus ya. saya pengen coba makanan home made (ga saya kasih nasi). apakah ada rekomendasi ikan yg mudah di dapat dan sehat untuk kucing2 saya? saya dapat rekomendasi ikan cue tp gatau mengandung garam atau tidak. dan apakah kalau makanan home made boleh ganti2? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan BerndPH.
      Gpp kok ganti-ganti bahan baku makanan kucing. Yang makanannya baik untuk kucing nya. Apalagi ikan-ikan yang ada dipasaran kan berdasarkan musim angin laut, bisa jadi skrg ikan kembung sedang berlimpah, nah beberapa bulan kemudian susah ikan nya. Intinya ikannya harus diproses baik dulu... :) Dan betul, jangan pakai garam... :)

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu.

      Delete
  48. Halloo!!
    Sist, kucingku jenis flat himalayan,
    Udah hanpir 2minggu diare.
    Bahkan ada darahnya.
    Plis solusinya sist, makasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Boy.
      Diare nya selama 2 minggu kenapa? Cacingan? Infeksi pencernaan? Jika Masgan tidak tahu kenapa kucingnya bisa diare sampai berdarah begitu, maka saran saya bawa ke dokter hewan ya :)

      Delete
  49. Hai ka, aku punya kitten usia 2 bulan. Dan dia scabies(tertular dari induknya) kira2 kalo usia 2 bulan boleh disuntik scabies gak sih? Aku dah ke pershop untuk menanyakan hal ini tapi jawaban mereka berbeda2. Ada yang bilang boleh dan ada juga yg bilang tunggu nanti sampe usia 3 bulan. Sementara ini kittennya hanya aku olesi VCO. Tapi belum juga sembuh karena kitten aku masih menyusu dengan induknya. Please solusinya. And thank you very much

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      1. Untuk melakukan suntik scabies, harus berkonsultasi ke dokter hewan ya :)
      2. Saya lebih setuju dengan pendapat kedua, yaitu tunggu 3 bulan dan jangan lupa konsultasikan ke dokter hewan, krn yg melakukan penyuntikan scabies harus dokter hewan.
      3. Menggunakan VCO bisa juga, tp hasilnya ngga instan. Menggunakan VCO bisa digunakan dulu utk saat ini krn memang aman utk kitten dan induknya.

      Sudah dijawab ya Sis. Semoga bisa jadi solusi.
      Sama-sama, terima kasih kembali.

      Delete
  50. Kucing aku baru 2bln dikasih makan biscuit pakan kucing biasa yg produk baru hrg 10rb dimakan tp gak lahap pas dah 10hr masih stoknya masih banyak,terus aku beli wishkas yg hrg 5rb aku campurin kemakana biscuitny. Eeh...efekny bikin tercengan lahap banget,tp pas baca artikel ini bisa kena kencing batu itu bener gak sih??? Jd serem kan kasihan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Terima kasih atas reviewnya. Kucing memang bisa kena kencing batu, biasanya karena gaya hidupnya kurang bagus, biasanya kurang asupan air (kurang minum), jadi bukan cuma karena pakan merk A B atau C aja ya.

      Delete
  51. Susah amat.ksh uang 15000 suruh jajan sendiri di warteg mlh dpt makan komplit tu kucing malah + es teh manis + krupuk merek mekar yg cruncy..hahahaigh..

    ReplyDelete
  52. Kitten aku kasih friskis malah bagus bulunya, panjang dan megar. Pas dah besar kasih whiskas.ngak papa kok...
    Adapun kalau mati bagiku dah ajal.
    Kalau mau aman ya... Kasih makanan mahal. Atau kasih aja vitamin kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharing pengalamannya. Semoga senantiasa sehat selalu Mpus nya :)

      Delete
  53. Gimana ya caranya biar kucingku mau makan dry food,dia jenis persia, semenjak dikasih ibuku ayam rebus kucingku mau nya makan itu terus, aku kasIh dry food kayak ketakutan gitu langsung lari. Padahal dia makan ayam 4 kali sehari tpi kok gk gemuk2 ya. Malah kucing aku yg satunya lagi masih kecil itu gemuk makannya dry food aja padahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini karena kebiasaan makan ayam kukus. Tentu kucing mau nya ayam kukus, secara ayam kukus lebih enak dr pada dry food. Agar kucing mau makan dry food, owner kucing haus tega melatih kucing makan dry food, jangan kucing lapar dikit lalu dikasih makanan kesukaan dia. Ngga semua kucing bakat gemuk, ada juga kok kucing yg emang langsing walau makan banyak, hal ini dibutikan dengan cerita Mba sendiri bahwa kucing Mba yg makan dry food aja malah lebih gemuk, iya kan? Mau gemuk atau engga, yang penting kucing sehat :)
      Jika Mba ragu dengan kesehatan kucing Mba yg langsing, saran saya bawa ke dokter hewan dam lakukan pemeriksaan menyeluruh.

      Semoga senantiasa sehat selalu.

      Delete
  54. hallo ..
    sy baru seminggu pelihara kucing persia namanya gempio , hari pertama dan kedua sy kasi makan meo kitten yg keras , tp sy kok kasian liat dy makannya stengah mati kunyahnya , trs makannya sedikit2 , jd sy ganti pake whiskas yg kemasan 5000, itu dy lahap banget makannya , TaPi...... kok jd malas minum , trs sering pipis . Sy takut knp2 si gempi ya .... ada lagi perutnya tuh suka bunyi2 trs begetar gitu ,,, itu kenapa yah ? Kadang sdh di kasi makan masi bunyi2 perutnya 🤧 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Bunyi bergeratnya kenapa? Kalau purring maka tidak apa-apa, purring adalah tanda kucing senang.

      Untuk masalah kucing malas minum, saran saya sediakan mangkok minum kucing lebih dr 1 tempat di berbagai bentuk mangkok dan gelas, kadang ada beberapa kucing yang malas minum dan mau nyi milih-milih, hehehe.

      Delete
  55. Hallo semua...
    Mau tanya nih.. saya bingung banget soalnya. Kitten ku umurnya 4 bulanan awalnya aku ksih makan nasi dan dia mncret2.. aku cri tau trnyata g boleh dkasih makan nasi, trus dia aku kasih makan tempe + ikan laut.. dan alhamdulillah mncretny teratasi. Tapi 2 hari ini dia mncret lagi, aku jd bngung kenapa lagi padahal kmren2 udah lincah banget. Obat cacing jg udh aku kasih.. makannya juga aku kasih tempe tapi malah parah mncretnya.. apa karna whiskasnya ya.. krna dia aku beliin dryfood,tpi awal2 makan dryfood dia jg g mncret. Jadi karna apa sbnrnya...????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      1. Solusi yang bisa saya sarankan adalah : SABAR dan BELAJAR.
      Pertama Sis harus sabar dalam menghadapi anak kucing, yang namanya anak kucing memang rentan mencret. Kemudian Sis juga harus mulai mempeajari, nah kira-kira si Kucing nih cocok nya pakai apa? Jika bujetnya ada, saya sangat menyarankan untuk menggunakan makanan kucing minimal yg grade super premium, sehingga Sis ngga perlu repot dan praktis dalam merawat kucing. Namun, jika bujet nye terbatas, maka disinilah kita perlu belajar dan mempelajari kirakira dengan bujet yang kita punya kita bisa memberikan apa yang cocok untuk kucing kita? :) Nah, semangat ya!
      2. Pemberian obat cacing pada kucing sehat adalah 1 tahun 2 kali, jika kucing Sis tidak cacingan maka cukup memberikan obat cacing khusus hewan setahun 2 kali.
      3. Mencret pada kucing itu tidak hanya karena cacingan, apalagi anak kucing memang rentan mencret, bisa jadi karena kedingingan, stress, ngga cocok makanan, dll. So, observasi dulu kira-kira kenapa kucing mencret. Jika kucing mencret karena ngga cocok makanan, maka ganti makannya dan cari makanan yang cocok untuk kucing tsb.

      Semoga jawaban membantu.

      Delete
    2. Mkasih sarannya...
      Sbnrnya yg sy plihara itu kucing kampung.. sy adopsi induknya semasa hamil & saat mlahirkan yg hdup cuma 1 yg sy plihara smp skrg.
      Pdhal awal sy bri mkn ikan + tempe kondisi kshatanny sgt baik.. kotorannya pun normal.. makanya saat tau dia mncret di box pasirnya saya jd bingung.. padahal kan sdh dkasih makan tempe yg ktanya bisa unt obat mencret,atau mgkin kbanyakan kali ya..
      Ini pertama kalinya saya memelihara kucing yg bner2 serius mliharanya.

      Delete
    3. Kucing domestik jika dirawat dengan baik juga hasilnya akan baik, Sis, jangan ragu utk memelihara kucing domestik :) Nah, saran saya jika bujetnya ada, berikan makanan kucing super premium. Selain kualitas gizinya lbh baik, juga jadi meminimalisir kucing sakit dan bujet jd lbh hemat :)

      Delete
    4. Kalo sudah diberi makanan yg super premium msih dksih mkanan yg lain ga...?
      Atau itu saja sudah sdh cukup unt mmnuhi kbutuhan gizinya..

      Delete
    5. Harus cek kebutuhan kucing. Ngga bisa hanya dengan konsultasi di kolom blog. Harus cek Mba nya menggunakan merk apa, aktifitas kucing bagaimana, selain merk tsb apakah mengkonsumsi merk lain, riwayat kesehatan/penyakit kucing, cocok engga nya kucing dengan merk tsb, dll. Tapi biasanya kalau yg bagus mah ngga perlu banyak vitamin tambahan. Sama kayak manusia, kalau asupan gizinya bagus, jarang butuh vitamin tambahan, tp kalau asupan gizinya udah bagus tp ternyata aktivitasnya banyak tp ga pernah ngeluh apa-apa, maka ngga perlu vitamin tambahan pun gpp, tp manusia yg asupan gizinya baik, aktifitas banyak, tp ternyata ada juga yg butuh vitamin tambahan.... Jadi intinya sesuaikan dengan kebutuhan kucing Sis pakah perlu vitamin atau engga.

      Delete
    6. Owh gitu... mksih bnyak ya msukannya sangat mmbantu.😁

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. aku punya kucing persia 2 umur sekitar 2 bln an awal aku kasik maxi g mau makan dan mancret lalu aku kasih whiskas junior yg basah makannya lahap dan pub nya g mencret. Tp lama2 pengeluaran banyak & nanty kebiasaan g bisa makan yg biskuit. kira2 klw diganty merk lain yg bagus apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau bujetnya ada, coba makanan super premium ke atas, misalnya Frost, Royal Canin, Acana, Felidae, Proplan, dll.

      Delete
    2. apakah klw ganty makanan ntr g mencret kak?
      lalu itu semua makanan untuk junior kah?

      Delete
    3. Halo.
      Pada beberapa kasus kucing yang pencernaannya sensitif, kadang mencret terjadi, namun setelah beradaotasi dengan makanan baru maka mencret berhenti (ini jika kasus mencret dikarenakan adaptasi makanan baru ya, bukan kasus mencret karena cacingan, keracunan, gangguan percenaan, dll). Sebenarnya saat memberikan makanan kucing baru, Sis sebaiknya melakukan proses pergantian makanan kucing secara bertahap, apapun merk nya, tujuan sederhanya adalah agar perut kucing "nggak kaget". Caranya bagaimana? Sis bisa cek tulisan mengenai Proses Pergantian Makanan Kucing di Blog Radio Kucing.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  58. Maaf Mau nanya cara penyajian makanan Kucing whiskas gimana sis,APA langkung di kasih Kucing atau di rbus ,,whiskas ocean fish flavor with milk 450kg sis

    ReplyDelete
  59. Maaf Mau nanya cara penyajian makanan Kucing whiskas gimana sis,APA langkung di kasih Kucing atau di rbus ,,whiskas ocean fish flavor with milk 450kg sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Cara penyajiannya langsung diberikan kepada kucing nya, karena Whiskas sudah siap santap.

      Delete

  60. UnknownDecember 1, 2017 at 6:35 AM
    Maaf Mau nanya cara penyajian makanan Kucing whiskas gimana sis,APA langkung di kasih Kucing atau di rbus ,,whiskas ocean fish flavor with milk 450kg sis

    ReplyDelete
  61. Aku pya kucing 2 ekor , katanya persia dikawinkan kucing kmpung, wkt itu umurnya baru 2 bln
    Aku ksih mkanan basah tiap pagi&sore
    Makanannya aku bikin sendri.
    Tempe +kepala ayam + kaki ayam semua direbus ± 1jam spy kepala da kaki bisa lunak , klu tempe jgn terlalu lama direbus cukup ± 10 menit.
    Setelah direbus angakat dan biarkan agak dingin , setelah itu tempenya diperas spy tdk ada air dan kepala dicincang halus ,kaki ayam jg sama dicincang.
    Kemudian tempe +kepala +kaki disatukan agar bercampur sempurna
    Nah makanan siap dikasihkan ke kucing.
    Alhamdulillah kucing2 ku tumbuh subur ,sehat,bulunya mengkilap dan tebal , bahkan skrg bdn nya tumbuh subur padahal masih berumur 5 bln
    Pernah 3 hr sakit perut krn diksih me-o
    kering .
    Aku ksih aja obat mencret manusia (New
    Antides ) aku berikan 1/2 tablet pagi &sore alhamdulillah sembuh

    ReplyDelete
  62. Aku baru pelihara kucing nih yg indukannya udh gak ada. Masih diblg beberapa bulan gitu. Whiskas junior takarannya brp byk ya yg bagus? N jg utk susu kucing nya aku pake yg khusus utk susu kucing. Brp byk ya kira2 takarannya jg... makasih ya sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Pada umumnya kucing itu makannya sedikit-sedikit tapi sering.

      Delete
  63. Pagi sis...sis gimana caranya biar kucing cepat gemuk sis...untuk merk makan sy pakai yg max kiolan sama sehari se x sy kasih wisxx yg tuna lembek itu apa udh cukup untuk asupan gizinya sis...minta recomendasi untuk makanya sis yg bagus apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi. Pakan memang paling ngaruh, saran saya kalau bujetnya ada mah langsung kasih yang super premium aja :) Saat ini yang saya tau makanan kucing paling murah dan super premium itu Frost.

      Delete
  64. Hello, saya baru rawat kucing himalaya usia 1bulan, dia saya kasih susu bearbrand ga mau minum pas saya kasih whiskas yg wetfood lahap makannya, apakah tidak apa-apa? Sehabis makan saya rayu untuk minum air putih dianya gamau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang sudah siap makan gpp Mba. oiya, jangan lupa utk kasih susu khusus kucing ya :)

      Delete
  65. Hallo kak, kemaren induk kucingku baru mati, dia punya 3 anak kak masih 3 bulanan gitu, setau aku dia belum pernah makan apapun selain asi induknya. Nah karena induknya mati, aku gatau harus ngasih mereka apa. Yang bagus makanan untuk umur segitu kira kira apa ya kak? Karena selama ini aku kasih susu putih gitu mereka mau, tapi aku kasih ikan dia kaya ga lahap gitu. Mohon sarannya ya kak hehee, makasih kakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Jikalau benar sudah usia 3 bln maka sebenarnya kucing sudah bisa makan dry food, kalau baru 1-2 bulan sebaiknya susu milk replacer. Jangan kasih susu sapi / kental manis ya, krn pada umumnya kucing engga bisa mencerna laktosa pada susu sapi. Berikan milk replacer utk susu kucing ya. Di Pet Shop pada umumnya ada kok :)

      Delete
  66. menurutku sih bukan whiskas ya yang membuat kucing sakit, ibarat nya gini, itu bahan utamanya kan jagung, nah kita misalkan makan nasi jagung terus, ikan sama vitamin sedikit banget, apakah sudah cukup? apakah sudah menjamin vitamin kita cukup? sama seperti kucing kita, okelah makanan sehari" whiskas, tapi kadang kala Kita kasih makanan yg bergisi tinggi, seperti makanan yg banyak mengandung ikan tuna atau sebagainya, tinggal di baca tuh komposisi dikemasan makanan, atau bisa tanya tuh di petshop nya, jadilah smart people, ibarate wong jowo, mangan sego pecel terus yo bosen, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharing nya. Semoga senantiasa sehat selalu.

      Delete
  67. hallo kak.. aku baru pertama kali pelihara kucing. kucing ku ada 2. keduanya ras persia. aku adopsi mereka berdua sejak umur 1 minggu. nah semenjak awal pelihara kucing, ibu ku selalu ngasih makan dry food merk ro*al can**n, tapi dry foodnya dicampur sm susu hangat. trus jdnya rada lembek gt deh biar bisa dikunyah si kitten.. nah setelah tumbuh, mereka mulai keliatan sehat.. tapi udh gk aku kasih susu lagi krn udh pd bosen sm susu. yaudah akhirnya aku tetep kasih dia makan dry food merk ro*al can**n tapi aku campur sm air hangat biar gk terlalu keras.. karena kasian jg masih 3 bulanan kupikir msh lembek jg giginya.. trus pernah petshop langganan ku sempet habis stock dry food merk ro*al can**n.. jd aku ganti wet food.. gpp kan kak? setelah aku ganti wet food, lusa nya balik lg ke dry food dgn merk yg sama.. nah tadi aku lg pergi menginap drmh saudara ku.. dirumah cm ada mbak yg udh ku titipkan makanan kucing.. tp mbak ku gk ngabarin klo makanan kucing nya habis. aku baru sadar setelah balik dr rmh saudara ku.. karena aku baliknya malam hari, petshop langganan ku udah tutup.. jd terpaksa muter2 supermarket terdekat nyari cat food. setelah dpt, aku dapet dry food merk wh**k*s. trus krn udh panik kan kucing blm makan dari pagi yaudah aku beli aja.. trus aku kasih ke kucing ku.. entah karena udah lapar atau doyan aku gatau, tp mrk lahap bgt makannya.. trus stlh itu aku tinggal ke kamar utk charge hp. setelah keluar kamar, aku lihat kucing2 ku pd didepan kamarku. kupikir sdh selesai makan wh**k*s nya.. ternyata saat aku kembalikan ke tempat makannya td, makanannya masih nyisa. trus yaudah kan makanannya aku masukin ke dlm kandang mereka.. trus mereka malah ngikutin tempat makannya kyk kelaperan gitu. trs setelah masuk keduanya, mrk lanjut makan ditemani aku yg ngeliatin. klo dari cerita ku td, kaka bisa tau gk itu kucing ku kenapa terhadap dry food merk wh***k*s? soalnya stlh itu ibu ku chat aku klo wh***k*s makanan kucing yg gk baik. aku jd khawatir aja gt ka.. makasih sblmnya udh baca panjang lebar :))

    ReplyDelete
  68. Kucingku baru aja pasang kateter gara2 kencing batu. Drh bilang penyebabnya krn whiskas. katanya jangan kasih kucing makanan yg berwarna warni, whiskas kering kan berwarna warni ya, itu yg menyebabkan pengendapan di saluran kencingnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Iis. Turut bersedih atas kucing Sis. Semoga kedepannya kucing-kucing kita senantiasa sehat ya Sis, Makasih atas sharing nya ya.

      Delete

  69. Thank you, the information on this blog is very helpful to me, I so know what I should do next, greetings from us
    Blog Pecinta Kucing
    Cara Merawat Kucing
    Daftar Harga Kucing Terlengkap
    Jenis Jenis Kucing
    Kucing Persia dan Anggora

    ReplyDelete
  70. Mba, kucing saya kok tiap dikasih makan ikan besoknya sakit ya? Uda dua kali begitu.. Jadi saya buatkan ayam rebus sama tempe (biar ga mencret katanya) sama dry food kesukaannya dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Fajar.
      Sakit nya itu bagaimana ya? Sakit demam? Atau gmn?
      Kalau memang kucing nya cocok dengan ayam tidak apa-apa kok :)

      Delete
  71. Boleh gk ngasi whiskas junior buat anak kucing usia 5 minggu? Soalnya di bungkusnya tertera buat kitten usia 2 bulan. Jd ragu mau ngasi

    ReplyDelete
  72. Min kitten aku usianya 1bulanan, dri usia 3mingguan dia udh ditinggal induknya, selama ini dia aku kasih whiskas junior yg basah tapi karna aku sibuk kerja dia suka telat makan,soalnya klo yg basah kan klo ga langsung habis suka disemutin makanya aku kasihnya kalo aku lg ada dirumah aja, nah aku mau coba kasih yg dry food, kalo aku kasih dry food boleh ga ?

    ReplyDelete
  73. Min aku barubpelihara kucing ini punya temen aku katanya sih ini mix anggora dan persia dripada mau di buang karna telinga sama matanya jamuran mending aku bawa aja ya kan . Udah aku grooming jamur dan kutu alhamdulillah bulunya udh gak rontok bulunya bagus bgt lembut dia aktif suka main karna memang umurnya masih baru beranjak 3 bulan . Tpi dia kok gak suka makan dry food dri whiskas junior yg umur 2bln ke atas knpa ya min? Boleh kasih saran karna di kasih wetfood juga cuma di jilat2 aja dia lebih suka minum dia udh mandiri juga . Info dong min makanan yg bagus untuk kucing aku .

    ReplyDelete
  74. Kak mau tanya apakah whiskas halah dan tidak mengandung babi?

    ReplyDelete
  75. Kak maaf mau tanya, kalau biasa nya saya ngasih whiskas tuna tp skrg pengen ngasih whiskas makarel apa ada efek samping nya ga ya???

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D