Saturday, January 25, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi pengalaman mengenai pasir kucing jenis clumping (gumpal). Kali ini yang akan di bahas adalah pasir kucing clumping merk SUMO CAT. 

Sumber : disini

Pasir kucing ini merupakan salah satu pasir kucing yang sering ditemukan di berbagai Pet Shop di kota-kota besar. Sperti sudah kita ketahui bersama, bahwa kelebihan pasir kucing clummping (gumpal) dibandingkan pasir kucing biasa (non-clummping / tidak menggumpal) adalah kemampuan pasir yang bisa menggumpal jika terkena air, sehingga memudahkan proses pembersihan litter box.

Wangi yang Tersedia
Pasir Kucing Sumo Cat memiliki beberapa varian fragrance (wangi), antara lain :
- Apel,
- Lemon,
- Jeruk,
- Lavender,
- Melati,
- Green Tea, dan
- Strawberry

Pasir Kucing Sumo Cat yang pernah saya coba adalah yang memiliki wangi (fragrance) lemon. Pasir Sumo Cat Wangi Lemon adalah pasir kucing tipe gumpal pertama yang saya coba saat saya mulai memelihara kucing. 

Kesan Pertama
Sejujurnya, saya punya ekspektasi sangat tinggi pada pasir kucing tipe gumpal yang (katanya) memiliki wangi lemon ini. Anggapan saya (sebelum akhirnya membeli), bahwa pasir ini akan memiliki bau yang semerbak, namun saya syalaaaah! Wangi (fragrance) yang dihadirkan hanya sebatas ada dan terkadang tidak mengcover bau pup kucing dengan maksimal, namun tetap membantu mengurangi bau pup kucing dibandingkan pasir gumpal merk lain yang tidak memiliki wangi (untuk pasir gumpal yang tidak wangi akan saya bahas pada postingan selanjutnya).

Butiran dan Tekstur Pasir
Butiran dan tekstur pasir kucing Sumo Cat yang saya beli pada saat itu terkesan rapuh dab banyak yang bubuk. Jadi, saat kucing menggaruk-garuk pasir saat akan pup/pee, maka debu-debu halus berterbangan, selain itu setelah si kucing beres dan keluar dari litter box, terkadang ada beberapa pasir yang nempel di kaki kucing. Otomatis, karena kucing saya termasuk kucing yang kadang-kadang resik, maka di menggeleng2kan kakinya untuk melepaskan butir-butir pasir tersebut, daaaaan butir-butir pasir tersebut pun bertebaran di lantai. Selain itu, terdapat beberapa butiran berwarna biru pada pasir Sumo Cat. Saya sendiri kurang tau apakan butiran pasir berwarna biru ini berfungsi sebagai penyerap bau atau sumber dari wangi lemon itu sendiri.

Sumber : disini

Kemasan Yang Tersedia
Sumo Cat Premium Litter Cat tersedia dalam kemasan 5liter dan 10liter.

1 karung bisa untuk berapa lama?
Pada saat itu saya membeli Sumo Cat Premium Litter Cat Lemon Fragrance dengan kemsan 10liter dan bertahan selama 1 bulan untuk 1 kucing, dan itu pun pada akhir bulan sudah dicampur dengan pasir zeolit biasa. Jadi menurut saya, untuk yang memiliki kucing dewasa, 10 liter pasir gumpal agak sedikit boros dan tidak akan bertahan 1bulan, dan mungkin hanya bertahan 3 minggu. Saran saya, jika ingin menghemat penggunaan pasir gumpal, bisa mencampurkan pasir gumpal tersebut dengan pasir zeolit biasa. Trik lengkapnya bisa di baca di link ini.Oiya, jika Cat People sempat memperhatikan, dibelakang kemasan pasir gumpal Sumo Cat, terdapat tulisan yang menyatakan bahwa pasir ini bisa untuk penggunakan 1 - 2 bulan, namun sepertinya pada kucing saya hanya untuk menggunaan 1 bulan saja (itu pun sudah dicampur dengan pasir Zeolith di minggu terakhir.)

Harga?
Di akhir tahun 2013, tepatnya 3 Desember 2013, saya membeli 1 karung Sumo Cat kemasan 10liter seharga 65rb di salah satu Pet Shop di dekat tempat tinggal saya. Menurut saya harga ini sudah harga yang cukup murah, karena di Pet Shop lain menjual Sumo Cat 10liter dengan harga 75rb-80rb-an untuk 10liter. Sedangkan di Pet Shop lain menjual pasir gumpal dengan merk yang berbeda seharga 40rb untuk 5liter. Setelah dihitung-hitung, maka jauh lebih murah membeli Sumo Cat Premium Litter Cat kemasan 10liter seharga 65rb. Namun, pada saat saya akan membeli Sumo Cat Premium Litter Cat untuk bulan Januari 2014, harganya sudah naik menjadi 72rb untuk kemasan 10liter (untuk kemasan 5liter saya lupa berapa harganya).

Kesimpulan Mengapa Memilih Sumo Cat Premium Litter Cat?
Mengapa saya memilih Sumo Cat Premium Litter Cat? Karena pada saat itu, ini pasir kucing gumpal (clummping) termurah yang bisa saya dapatkan adalah Sumo Cat Premium Litter Cat. Sebenarnya saya bukan termasuk Cat Owner yang fanatik terhadap pasir kucing gumpal merk tertentu. Maja, jika ada produk lain yang menawarkan harga yang jauh lebih murah dengan berbagai kelebihan yang lebih baik, maka saya akan mencobanya. Sejujurnya, bulan ini saya sudah tidak menggunakan pasir kucing gumpal Sumo Cat lagi. Karena harganya naik dan saya menemukan merk lain yang lebih murah (walaupun tidak wangi).


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya.

Sincerly,

Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , ,

6 comments:

  1. thanks ya infonya :D newbie nih miara kucing di dalem tempat kerja >_<

    ReplyDelete
  2. thanks ya infonya :D newbie nih miara kucing di dalem tempat kerja >_<

    ReplyDelete
  3. saya beli 10 liter di petshop langganan sya cma 55rb min, sya bli yg wangi apel, makasih infonya min :) jdi sya gk khawatir sma kucing sya, takut ngendus2 karna wanginya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dewi.
      Wah murahnya :)

      Semoga Empus-nya sehat selalu yah :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D