Wednesday, February 12, 2014

Dear Cat People,
pernah keingetan nggak dulu saat awal merawat kucing kira-kira peralatan dan perlengkapan kucing apa saja yang pertama kali Cat People beli dan persiapkan?
Atau, pernah tidak Cat People merasa kebingungan saat ditanya teman tentang peralatan dan penglengkapan kucing apa saja yang harus disiapkan saat akan mengadopsi dan memelihara kucing?
Atau, jangan-jangan Cat People sendiri sedang kebingungan karena sebentar lagi akan mengadopsi kucing namun bingung karena belum ada persiapan sama sekali?

Nah, kali ini Radio Kucing akan berbagi mengenai perlatan dan perlengkapan kucing apa saja yang harus disiapkan saat pertama kali mengadopsi kucing. Yuk, mari disimak :)

Perlengkapan Dasar Kucing
Seekor kucing yang diperliharan di rumah mememiliki beberapa perlengkapan dasar yang harus di penuhi oleh si Pemilik kucing, antara lain :
  1. Makananan Kucing
  2. Litter Box
  3. Cat Litter
  4. Serokan
  5. Tempat Makan dan Minum
  6. Sampo Kucing
  7. Handuk, Waslap, dan Sikat Kucing
  8. Keranjang kucing / Pet Carrier / Travel Bag for Pet
  9. Tempat untuk menggaruk kucing atau scratching post
In my humble opinion, ke delapan hal tersebut adalah hal-hal yang dibutuhkan saat pertama kali mengaopsi kucing. Why? Kenapa? Mengapa? Mari kita bahas lebih lanjut.

Makanan Kucing
Makanan kucing adalah hal yang paling sangat mendasar saat akan mengadopsi kucing, karena makanan kucing adalah sumber kehidupan si Kucing tersebut. Makanan kucing yang beredar dipasaran sangatlah banyak dan tersedia dengan berbagai merk dan kualitas. Namun alangkan baiknya jika Cat People memberikan makanan kucing sesuai dengan kebutuhan kucing, misalnya kebutuhan kitten, kucing hamil, dan kucing dewasa biasa adalah berbeda, dan terdapat beberapa merk makanan yang menyediakan varian makanan kucing untuk kucing-kucing yang memiliki kebutuhan khusus tersebut. Dan jangan lupa untuk selalu berusaha memberikan makanan kucing dengan kualitas terbaik yang bisa diberikan oleh Cat Poeple. Karena, menurut pendapat saya, makanan kucing yang baik merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan kucing nantinya. Namun, harga makanan kucing yang berkulitas baik biasanya harganya kurang ramah di kantong. So, kita harus tetap bijaksana dalam mengelola keuangan dan kebutuhan si Kucing juga kebutuhan kita pribadi. Untuk referensi makanan kucing, Cat People bisa membaca beberapa review dan referensi makanan kucing yang sudah dibahas di Radio Kucing. Oiya, makanan kucing dipasaran tersedia mulai dari harga 25ribu rupiah perkilo hingga ratusan ribu per kilo. So, bijaksanalah dalam memilih makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing dan sesuai juga dengan keadaan bujet Cat People :)

Sumber : disini

Beli yang MURAH dimana, ya?
Sejauh ini, harga makanan kucing bisa didapatkan lebih murah dibandingkan di super market. Namun ada beberapa merk makanan kucing yang memiliki harga lebih murah di super market daripada di Pet Shop, namun biasanya hal tersebut terjadi saat ada promo dari produsen makanan kucing. Jika Cat People merasa bahwa makanan kucing yang dijual ditempat Cat People lebih mahal dari pada seharusnya, coba berkeliling dan kunjungi Pet Shop lain atau bisa mencoba membeli secara online. Biasanya harga yang ditawarkan di online lebih kompetitif dan Cat People tidak perlu repot keluar rumah.

Edisi Hemat :
Cat People bisa membuat makanan kucing sendiri dari bahan dasar kepala ayam, ceker ayam, usus ayam, atau ikan yang biasa ditemui di pasar. Berbelanjalan bahan-bahan dasar tersebut di pasar tradisional agar mendapatkan harga yang lebih murah.

*Untuk Cat People yang membutuhkan makanan kucing, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)


Litter Box
Untuk kucing full indoor, litter box sangatlah penting. Di sini lah kucing Cat People akan melakukan kegiatan hariannya setiap hari. Litter Box dipasaran tersedia dalam berbagai bentuk dan harga, yang paling umum adalah yang berupa persegi empat tanpa penutup yang biasa disebut BOX. Ukurannya bermacam-macam, dari mulai yang kecil sampai yang besar. Biasanya litter box ukuran kecil dipergunakan untuk kucing kecil dan litter box ukuran besar digunakan oleh kucing besar, namun saya pribadi hanya memiliki 2 litter box ukuran besar, padahal di sini sedang ada kucing kecil. Kenapa? Karena saya berfikir hemat, hahaha. Dalam 3 bulan, kucing kecil ini akan membesar dan akan membutuhkan litter box yang besar. Jadi, saat membeli litte box sekalian saja saya beli yang besar :) Dan ternyata kucing kecil ini bisa kok pake litter box besar, dengan cara memanjang litter box tersebut sebelum melakukan kegiatannya, hehehehe. Harga litter box tanpa penutup alias litter box tipe basic ini bisa dibeli mulai harga 10rb. Biasanya di Pet Shop menjual litter box besar seharga 25rb, namun Cat People bisa menemukan litter box jauh lebih murah jika membeli diperlengkapan rumah tangga (toko pecah belah) di pasar atau pusat perbelanjaan tradisional.

 Sumber : disini

Beli yang MURAH dimana, ya?
Untuk litter box, sebaiknya Cat People membeli di toko yang khusus menjual barang-barang plastik. Karena biasanya di Pet Shop harganya akan sedikit jauh lebih mahal. Usahakan membeli 2 litter box, jadi saat 1 litter box sedang dibersihkan, si Kucing tetap bisa leluasa karena masih ada 1 litter box yang siap digunakan.

Edisi Hemat:
Cat People bisa menggunakan box bekas, baskom bekas, dan wadah lain yang berukuran 'cukup' untuk si Kucing. Wadah haruslah berbahan plastik atau besi agar tidak mudah rusak saat kucing menggaruk-garuk dasar wadah saat hendak pup atau pee. Atau Cat People bisa juga melatih kucing untuk pup & pee di luar rumah atau di kamar mandi.

*Untuk Cat People yang membutuhkan litter box, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)



Cat Litter
Cat Litter ada berbagai jenis, mulai dari pasir zeolit biasa sampai cat litter berbentuk kristal. Saya pribadi menggunakan pasir gumpal dicampur pasir zeolit (edisi hemat! hahaha). Namun, ada beberapa Cat People yang menggunakan koran atau kertas bekas sebagai pengganti cat litter. Sejujurnya, cat litter adalah salah satu bujet paling besar dalam mengurus kucing. Kalau dihitung-hitung, 1 karung pasir gumpal 10liter bisa didapat mulai harga 60rb dan berlaku untuk 1 kucing untuk kurang lebih penggunaan 3 minggu. Namun, penghematan penggunaan cat litter bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan pasir Zeolit yang bisa dicuci dan dikeringkan, atau mencampur pasir gumpal dengan cat litter, atau mungkin Cat People bisa menggunakan kertas koran. Nah, untuk Cat Poeple yang ingin mengetahui tips hemat dalam penggunaan pasir gumpal, bisa mengunjungi disini.
 
Sumber : disini

Beli yang MURAH dimana, ya?
Cat Litter adalah salah satu kebutuhan dasar bagi owner pemilik kucing, dan biasanya harga satu toko dengan toko lain tidak terlalu berbeda. Namun, cobalah berkunjung ke beberapa Pet Shop untuk mendapatkan perbandingan harga terbaik :)

Edisi Hemat:
Cat People bisa menggunakan kertas koran atau kertas bekas sebagai pengganti cat litter, tapi hal tersebut memiliki beberapa kekurangan, antara lain tidak bisa menyerap bau dan saat kucing sedah beres pup dan pee harus segera di ganti. Atau Cat People bisa juga melatih kucing untuk pup & pee di luar rumah atau di kamar mandi.


Serokan
Serokan ini berfungsi untuk mengambil pup dan pee kucing di dalam litter box. Biasanya serokan berbentuk seperti scoop yang berlubang yang memiliki fungsi untuk menyaring pasir yang masih bersih. Harga serokan bisa didapatkan mulai harga 10rb dengan berbagai model, warna, dan bentuk yang bisa dipilih sesuai selera.

Sumber : disini

Edisi Hemat :
Cat People bisa menggunakan wadah air mineal bekas ukuran 1,5lt yang dipotong bagian bawahnya sebagai pengganti serokan. Pada awal memelihara kucing, saya menggunakan cara ini untuk beberapa bulan, sampai akhirnya si kucing semakin besar dan akhirnya saya memutuskan untuk membeli serokan pasir untuk kucing. Selain itu bisa juga menggunakan sendok nasi bekas. Ingat, sendok nasi bekas, jangan yang baru dan masih dipakai, nanti Mamah marah, ahahaha.

*Untuk Cat People yang membutuhkan serokan / scoop, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)


Tempat Makan & Minum Kucing
Tempat makan ini berfungsi sebagai wadah makan dan minum bagi kucing peliharaan di rumah. Jika dimungkinkan, usahakan 1 kucing memiliki 1 tempat makan dan minum, karena biasanya jika si Kucing makan bersama-sama dalam 1 wadah, maka akan ada kucing 'dominan' yang membuat kucing lain mendapatkan makanan dan minuman jauh labih sedikit. Namun, saya pribadi menyatukan tempat minum dan membedakan tempat makana untuk masing-masing kucing. Why? Ah, saya mah males ajah, ahahaha. (Jangan ditiru! Hehe).

Harga tempat makanan kucing bisa didapat mulai harga 7rb untuk wadah makanan kucing 1 mangkuk. Ngomong-ngomong, kenapa tidak pakai piring biasa ajah? Wadah makanan kucing didesain khusus agar wadah makanan kucing tidak mudah tumpah dan berhamburan saat pinggiran wadah diinjak oleh kucing. Hal ini sangat bermanfaat bagi Owner dan Kucing Kecil yang sedang belajar makan dan sering kali menginjak pinggiran wadah makannya. So, kalau pakai wadah makan khusus untuk kucing akan meminimalisir kesempatan makanan untuk tumpah dan berhamburan di lantai.


Sumber : disini

Edisi Hemat :
Pada wadah bekas makanan yang beralas datar. Hindari menggunakan mangkuk atau piring yang mudah tumpah jika terinjak pinggirannya. Salah satu wadah yang bisa dipakai adalah wadah bekas es krim, wadah bekas tempat makan, dan wadah lain yang beralas datar dan cukup lebar.

*Untuk Cat People yang membutuhkan wadah tempat makan minum untuk kucing dan hewan peliharaan lainnya, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)



Sampo Kucing
Harga sampo kucing bisa dibilang lebih mahal dari sampo manusia, namun lebih hemat. Mengapa? Karena jarang dipakai, dan saat dipakai tidak membutuhkan konsumsi yang banyak seperti sampo yang digunakan oleh manusia. Sampo kucing bisa didapat mulai harga 25rb per botol, untuk sampo anti kutu atau anti jamur biasanya harganya akan menjadi lebih mahal. Terdapat juga sampo kucing untuk mengembangkan bulu, anti rontok, menjaga bulu kucing tetap putih, dan lain-lain. Pilihlah sampo kucing yang sesuai dengan kondisi kucing yang Cat People pelihara.

Sumber : disini

Edisi Hemat :
Dalam keadaan darurat (terutama darurat keuangan, ahaha), Cat Poeple bisa menggunakan sampo bayi. Usahakan jangan menggunakan sampo manusia atau sabun mandi, karena jika kucing tidak cocok maka akan mengakibatkan kerontokan. Kerontokan bulu kucing lumayan susah disembuhkan. (curhat, pengalaman, hehe).

*Untuk Cat People yang membutuhkan sampo, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)



Handuk dan Waslap
Gunakan handuk yang mudah menyerap air saat mengeringkan kucing. Jika kucing kedinginan terlalu lama bisa mengakibatkan kucing sakit. Waslap berfungsi sebagai pengganti sikat, fungsi utama waslap adalah untuk menggosok badan kucing saat dimandikan agar kotoran mudah terangkat. Selain itu, jika kucing berkutu, maka biasanya penggunaan waslap saat mandi mempermudah pengangkatan kutu kucing, karena bisanya kutu kucing akan tersangkut di kain waslap saat badan kucing digosok dengan waslap. Penggunaan waslap lebih aman dan nyaman bagi kucing dan tidak melukai kucing. Sedangkat sikat bisa digunakan untuk menyikat kaki kucing dan kukunya, biasanya kaki kucing (terutama kucing outdoor) akan lebih kotor dan akan lebih mudah dibersihkan menggunakan sikat yang lembut.

Sumber : disini

Edisi Hemat :
Cat People bisa menggunakan handuk bekas atau baju bekas yang menyerap air untuk mengeringkan badan kucing setelah dimandikan. Jika tidak ada waslap, Cat People bisa menggunakan lap pel bersih berbahan lembut. Sedangkan sikat kucing, Cat People bisa menggunakan sikat gigi bertipe soft.


Keranjang kucing / Pet Carrier / Travel Bag for Pet 
Fungsi utama keranjang kucing adalah untuk membawa kucing kita saat harus membawa mereka ke luar rumah atau berpergian, misalnya mengunjungi dokter hewan atau kegiatan lainnya. Keranjang kucing adalah investasi masa depan. Jika Cat People memiliki bujet lebih, Cat People bisa membeli keranjang kucing dengan kulitas yang baik. Namun, biasanya pemilik kucing pemula membeli Keranjang Rio buatan Maspion. Keranjang Rio ini biasanya di jual seharga 65rb di Pet Shop, namun jika Cat People sempat berjalan-jalan ke pusat penjualan barang pecah belah, Cat People bisa mendapatkan harga jauh lebih murah. Saya pribadi mendapatkan Keranjang Rio dengan harga Rp52.500. Lumayan, kan... :D

 Sumber : disini

Beli yang MURAH dimana, ya?
Untuk membeli Keranjang Rio yang murah, Cat People bisa mengunjungi toko yang menjual barang-barang plastik. Jika kucing Cat People sudah dewasa, sediakan 1 Keranjang Rio untuk 1 kucing, sedangkan untuk kitten bisa masuk 2-3 kitten tergantung ukuran kitten tersebut.
Sumber : disini

Edisi Hemat :
Walaupun tidak dianjurkan, Cat People bisa menggunakan kardus bekas. Kardus yang cukup kokoh dan luas untuk membawa kucing adalah kardus rokok yang biasanya bisa didapatkan seharga Rp5000 per buah. Saya menggunakan kasdus rokok saat harus mengungsikan si kucing saat kamar sedang di cat ulang. Saat itu saya belum punya keranjang kucing, hehehe.

*Untuk Cat People yang membutuhkan keranjang rio / tas hewan / pet cariier / pet cargo, Radio Kucing menjual dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)


Tempat untuk menggaruk kucing atau scratching post
Ini adalah benda yang terlihat kurang penting tapi penting. Scratching post berfungsi sebagai tempat kucing menngasah kuku. Biasanya jika tidak ada scratching post, kucing akan cenderung megasah kukunya ke furnitur rumah Cat People, seperti kasur, meja, sofa, dan lain-lain. Maka, untuk menghindari hal tersebut terjadi, akankah lebih baiknya Cat Peole menyiapkan scratching post khusus untuk si Kucing.




Sumber : disini

Edisi Hemat :
Cat People bisa membuat scratching post sendiri yang terbuat dari bahan kardus atau papan / pipa yang dililit oleh tali tambang.

Kok, Kandang tidak termasuk dalam list?
Saya pribadi kurang suka menempatkan kucing di dalam kandang. Kucing-kucing yang saya pelihara saya biarkan bebas di dalam rumah. Andaikata saya membeli kandang, maka fungsi kandang tersebut kurang lebih hanya akan berfungsi sebagai 'tempat ngungsi sementara', terkadang saat sedang saat besih-bersih rumah, kucing sring ngejar-ngejar sapu, so lebih baik ungsikan dulu ke dalam kandang. Nah, fungsi kandang sebagai tempat ungsi kucing sementara ini sudah saya ungsikan ke dalam Keranjang Rio, hehehe.

*Untuk Cat People yang membutuhkan kandang, Radio Kucing menjual kandang kucing dengan harga murah. Silahkan kontak langsung melalui whatsapp/bbm/line, keterangannya ada di bawah :)



Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)

Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan beberapa sumber di internet.




Sincerly,


Radio Kucing  - @juwies

 
NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , , , , , ,