Saturday, February 8, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi review mengenai makan kucing merk King Cat. Awal mula saya mengetahui makan kucing ini dari salah satu forum pecinta kucing domestik bernama Pecinta Kucing Domestik Indonesia (PKDI). Pada saat itu ada salah seorang member yang bertanya mengenai makanan kucing dan ada beberapa member yang merekomendasikan makanan kucing merk King Cat sebagai salah satu makanan kucing dengan harga murah dan kulitasnya lumayan bagus. Saya mendapatkan makanan kucing ini di bantu oleh salah seorang Cat Lover di forum yang kebetulan punya online shop bisnis perlengkapan bayi, jadi beliau sekalian ngirim pesanan online shop-nya juga sekalian ngirim makanan kucing King Cat ke saya. Buat Cat People yang mau intip online shop tersebut, bisa berkunjung ke sini.

Penampakan Kemasan Produk
Saya pribadi belum pernah meliat kemasan asli dari makanan kucing King Cat, karena makanan kucing King Cat yang saya temukan adalah kemasan repack dari Pet Shop. Oiya, tapi saya menemukan beberapa kemasan produk dari makanan kucing ini. Pada gambar pertama, adalah penampakan kemasan makanan kucing merk King Cat yang saya beli, dan gambar ke dua adalah gamba penampakan kemasan makanan kucing merk King Cat yang dibeli oleh salah satu Cat Lover di forum :

 Sumber : Facebook Celsie

Sumber : @juwies

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat beberapa perbedaan kemasan makanan kucing King Cat versi repack antara yang saya peroleh dan yang diperoleh oleh Sista Celsie. Kemasan makanan kucing King Cat yang saya terima sangat polos dan keterangan merk dan harga hanya tertulis dengan menggunakan spidol, sedangkan makanan kucing King Cat yang dibeli oleh Sista Celsie dikemas dengan lebih baik dan terdapat keterangan analisis nutrisi dan keterangan siapa yang mem-paking ulang makanan kucing King Cat ini. Namun, isi makanannya tetap sama kok :)

Rasa Yang Tersedia
Hasil penelusuran di dunia maya, ternyata makanan kucing King Cat memiliki beberapa rasa, antara lain Tuna Flavor, namun bentuk kibble-nya berbeda dengan makanan kucing King Cat yang saya dan Sista Celsie beli, penampakannya seperti ini :

Sumber : disini

Apakah ini makanan kucing King Cat yang sama namun hanya beda jenis dengan makanan kucing King Cat yang saya dan Sista Celsie beli? Entahlah. Namuan yang pasti nama makanan kucing sama, yaitu King cat (sesuai claim dari pemilik lapak dagangan yang menjual King Cat Tuna Flavor diatas :) )

Sedangkan untuk makanan kucing King Cat yang saya dan Sista Celsie beli, saya pribadi kurang tau rasa apa yang ditawarkan dari makanan kucing ini, mengingat tidak ada keterangan pasti yang bisa dijadikan sumber dari bahan-bahan dan rasa yang ditawarkan oleh makanan kucing merk King Cat. Mungkin teman-teman yang pernah membeli atau melihat kemasan King Cat karungan bisa berbagi disini. :)

Tapi, kalau ditebak-tebak dari bau makanan kucing ini, seperinya rasa yang ditawarkan adalah : "Chiken" ?
Ah, ini hanya tebakan, ahahaha :)

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Oke, kibble (biskuit) yang kita bahas di postingan kali ini adalah kibble (biskuit) makanan kucing King Cat yang sudah kucing saya coba ya, Cat People, yaitu seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Sumber : @juwies

Jika dibandingkan dengan makanan kucing dengan harga sejenis (misal : Un*versal dan Cr*c Cat Fish), menurut saya makanan kucing King Cat ini memiliki tekstur yang lebih renyah dan bersahabat buat kucing-kucing senior dan kucing-kucing kecil (seiktar usia 3bulan). Namun untuk saya pribadi, saya kurang menyarankan memberikan makanan kucing ini  langsung (tanpa dilembutkan dengan air terlebih dahulu) kepada kucing yang baru belajar makan (usia 1 -2 bulan), karena masih terdengar krauk-krauk saat mereka ngunyah, saya nggak tega dengernya, hehehe. Tapi anak kucing disini (usia 1 bulan) senang-senang saja dikasih makanan kucing King Cat tanpa dilembutkan, tapi saya beneran nggak tega. Jadi, khusus anak kucing disini, saya tetap memberikan Nutr*Source yang kibble-nya lebih empuk, sedangkan induknya bisa memilih mau makan NS, King Cat, atau makanan kucing merk lain. Saya termasuk orang yang tidak fanatik terhadap 1 jenis merk makanan kucing, jadi sering ganti-ganti merk makanan kucing, sekalian supaya si Kucing nggak bosen :) 
(*Padahal alasan aslinya adalah makanan kucing mengikuti kondisi keuangan saya, hahaha).

Tekstur makanan kucing King Cat ini bersahabat untuk dikunyah terlihat dari teksturnya kibble (biskuit) yang berongga dan mudah untuk dihancurkan. Ukuran biskuitnya juga relatif kecil, jadi lebih mudah untuk kucing menyantap makanan kucing ini. Dan saat didengarkan, saya pribadi lebih "enak" mendengarkan kucing saya makan makanan kucing ini jika dibandingkan makan makanan kucing Cr*c Cat Fish, suara krauk-nya lebih "lembut". 

Kandungan Bahan-bahan dan Nutrisi
Sejauh ini informasi mengenai bahan-bahan dan kandungan makanan kucing King Cat yang bisa saya peroleh hanya didapat dari foto yang Sista Celsie miliki, berikut foto yang dimaksud :

Sumber : Facebook Celsie

Apakah Kucing Suka?
Kucing di sini kebetulan tidak terlalu pemilih, dikasih makanan kucing merk apa saja dimakan, mungkin pada saat disodori makanan kucing baru, si Kucing biasanya agak pemilih juga, mungkin karena tidak terbiasa dengan rasa dan bau makanan kucing tersebut. Nah, tapi kucing saya ini aneh bin ajaib, saat makanan kucing King Cat disodorkan, doski langsung makan dengan lahap-hap-hap! Kebetulan, sebelum mencoba makanan kucing ini, saya memberikan makanan kucing merk Cr*c Cat Fish kepada kucing saya, nah jika dibandingkan dengan saat menyantap makanan kucing Cr*c Cat Fish, kucing saya lebih lahap makan manakan kucing King Cat. Entah alasannya apa. Beberapa kali juga saya simpan makanan kucing Cr*c Cat Fish di wadah terbuka, nah kucing saya saat lapar malah garuk-garuk toples makanan kucing King Cat, dan pas toplesnya dibuka, langsung deh doski makan di toples dan mengabaikan Cr*c Cat Fish yang sudah disediakan di mangkok, ck ck ck ck.

Adakah kemasan repack?   
Ya, ada. Sejauh ini baru mencoba kemasa repack dari makanan kucing King Cat. Namun, ada juga salah seorang Cat People di forum yang membeli makanan kucing King Cat kemasan karung seberat 12 kilo untuk kucing-kucingnya di rumah.


Harga? 
Untuk kemasan repack King Cat seberat 1kg, saya membelinya seharga 30rb/kg. Namun saya lihat-lihat di online shop lain, ada yang menjual mulai harga 25rb-35rb perkilo. Sedangkan untuk kemasan 12kg, menurut info salah satu Cat People bisa didapatkan mulai harga 290rb/karung.
 
Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
MURAH dan proteinnya sudah 30%. Dua hal tersebut adalah salah satu alasan saya mengapa saya membeli dan mencoba makanan kucing ini untuk kucing peliharaan saya di rumah. Dengan harga 30rbuan perkilo, saya rasa King Cat bisa menjadi alternatif pilihan makanan kucing bagi pemilik kucing yang ingin mencoba makanan kucing dengan bujet minimalis dan kandungan makanan yang cukup baik (untuk harga 30rbuan perkilo). Karena, menurut saya sebagai orang awam, makanan kucing King Cat bisa dikatakan makanan kucing yang cukup baik dikelasnya, mengingat makanan kucing lain yang sejenis dan seharga (seharga 30ribuan) seperti C*ties Catz, Un*versal, dan B*ngo memiliki kandungan protein dibawah 30%.  Namun ini adalah pendangan subjektif saya. So, kembali lagi kepada Cat People yang memutuskan apakah akan memberi makanan kucing merk ini atau tidak, because every cat is unique.
Oiya, selain King Cat, ada juga makanan kucing merk Cr*c Cat Fish yang sama-sama memiliki kandungan protein 30% dan harganya masih disekitaran 30ribuan per kilo. Untuk bahasan lengkapnya bisa mengunjungi artikel disini.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya. dan beberapa sumber di internet.

Sincerly,


Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , ,

19 comments:

  1. beli dimana gan? susah nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Juned :)
      Makanan kucing King Cat emang rada susah ditemukan. Saya pribadi memesan dari teman saya yang ada di Jakarta :)

      Delete
    2. apa ia punya petshop? susah sekali cari cat food yang murah

      Delete
    3. Setau saya makanan kucing King Cat bukan punya pet shop khusus. Mungkin karena varian makanan kucing murah itu sangat banyak, jadi tiap Pet Shop menjual makanan kucing yg beda-beda :)

      Untuk mendapatkan makanan kucing di kota tempat tinggal Mas/Mbak Ai.Kun69 tinggal, bisa mulai mengunjungi dan berkeliling satu-persatu ke Pat Shop. Saya juga begitu, demi hunting makanan kucing murah... :3
      Hehehe

      Delete
  2. akhirnya nemu juga, tapi kata yg jual, yg bentuknya bolong2 itu sebenernya merk universal. apa universal n kingcat itu satu pabrikan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini belum ada info apakah King Cat yg bentuknya seperti donat itu memang 1 pabrik dgn Universal, karena sampai saat ini belum ada informasi valid mengenai hal tersebut :)

      Btw nemu makanan kucing King Cat dimana, Mas? :)

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih atas informasinya Mas, Juned :)

      Delete
    2. btw masih pake kingcat mbak? kok kucing ane jadi sering ga napsu makan ya. entah karena faktor apa

      Delete
    3. Halo Mas Juned, apa kabar?
      Maaf br respon, baru cek blog lagi nih :)

      Skrg udah nggak pake kingcat, soalnya susah ditemukan di Bandung.

      Skrg kucingnya masih nggak nafsu makan?
      Apakah kucingnya sedang sakit?
      Mas ngasih king cat yang bentuknya sama dengan yang direview di halaman ini atau yg bentuknya bolong-bolong seperti yang Mas ceritakan sebelumnya? :)

      Delete
  4. Mau tanya doong.
    Yang jual kingcat dijakarta dimana ya (jakarta barat lebih bagus) ? Ada cp nya kah ?
    Saya taunya di bogor. Mau dimix sama royal canin nih. Lumayan menguras kantong untuk 5 kucing saya.

    ReplyDelete
  5. Mau tanya doong.
    Yang jual kingcat dijakarta dimana ya (jakarta barat lebih bagus) ? Ada cp nya kah ?
    Saya taunya di bogor. Mau dimix sama royal canin nih. Lumayan menguras kantong untuk 5 kucing saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Zia.
      Ini yang kemaren menghubungi saya via handphone bukan ya? :)
      Soalnya kemaren juga ada yang nanya soal dimana beli makanan kucing King Cat. Kalau ga salah didaerah Barito, Mbak. Mohon maaf kurang bisa membantu, saya kurang tau daerah Jakarta dan Jakarta Barat :)

      Delete
  6. Emang sih kucing2 saya juga lahap banget kalau sama king cat tapi itu stocknya kosong melulu. Ya gitu seminggu beli seminggu kemudian udah habis aja -_- padahal kalau king cat makannya pada g sisa g kayak universal dkk

    ReplyDelete
  7. King Cat ada 2 rasa. Yang bentuknya bolong seperti donat itu rasa tuna. Yang bentuk ikan itu rasa seafood. Kucing2ku suka banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaahhhh, makasih banget atas informasinya ya :)
      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  8. Di daerah barito jakarta selatan banyak kok yang jual king cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharing informasinya, semoga bermanfaat buat teman-teman yg sedang mencari makanan kucing king cat.

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D