Saturday, February 8, 2014

Dear Cat People,
sedikit bersedih dan gundah juga dalam postingan ini, karena postingan mengenai review makanan kucing NutriSource yang sebelumnya saya tulis di blog ini tanpa sengaja terhapus oleh saya sendiri, hiks hiks. So, melalui postingan ini saya berusaha menulis kembali sekaligus berbagi review mengenai makanan kucing merk NutriSource. Dan ditulisan ini saya berusaha semakin melengkapi bahasan dari postingan sebelumnya dengan menyertakan foto perbandingan kibble (biskuit) NutriSource dengan kibble (biskuit) makanan kucing lain.
 
NutriSource
NutriSource merupakan salah satu makanan kucing super premium yang cukup terkenal di kalangan pecinta kucing di Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa makanan kucing ini cukup terkenal, yaitu karena harganya yang cukup masuk akal dan kandungannya yang banyak dipercaya oleh banyak Cat People sebagai salah satu makanan kucing yang memiliki kandungan yang baik bagi kucing dibandingkan makanan kucing lain sekelasnya. Makanan kucing merk NutriSource adalah salah satu makanan kucing asal negri Paman Sam alias U.SA. Selain memproduksi makanan untuk kucing, makanan merk NutriSource juga memproduksi makanan untuk anjing. Namun, karena judul blog ini adalah Radio Kucing, maka yang akan dibahas kali ini hanya NutriSource untuk Kucing alias CATS!

Penampakan Kemasan Produk
Selama ini, saya hanya menemukan dua kemasan makanan kucing NutriSource, yang pertama adalah kemasan karungan seberat 7,25kg (mohon dikoreksi jika salah) dan kemasan repack yang biasanya di-repack (dikemas ulang) oleh pemilih Pest Shop yang menjual makanan kucing merk NutriSource.
Penampakan produk makanan kucing NutriSource yang masih berbentuk karungan sebagai berikut :

Makanan kucing NutriSource memiliki beberapa rasa, saya pribadi sering membeli makanan kucing NutriSource rasa Chiken & Rice yang kemasannya berwarna pink. Namun, kemasan yang saya temukan agan berbeda dengan kemasan NutiSource diatas, yaitu seperti ini :


Saya pribadi kurang apa sebenarnya yang berbeda diatara NutriSource kemasan pertama dan kemasan kedua. Mungkin ada Cat People yang mengetahui perbedaannya bisa share disini :)


Rasa Yang Tersedia
Makanan kucing NutriSource tersedia dalam beberapa rasa. Di website NutriSource sendiri menyebutkan terdapat 3 varian makanan kucing NutriSource, yaitu :
  1. NutriSource Senior & Weigh Management
  2. NutriSource Cat & KItten Chiken and Rice
  3. NutriSource Cat & Kitten Chiken Salmon Liver
Saya pribadi hanya baru mencoba makanan kucing NutriSource varian Chiken and Rice untuk kucing dan kitten di rumah. Adakah Cat People yang sudah mencoba varian lain dari makanan kucing NutriSource? Share disini yah.


Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk kibble (biskuit) dari makanan kucing NutriSource berbentuk segitiga kecil-kecil dengan tekstur yang empuk dan judah dikunyah oleh kucing. Bagi saya, ini adalah makanan kucing dengan kibble paling empuk yang pernah saya temui. Kebetulan disini ada anak kucing yang baru berusia 1 bulan, dan saat makan makanan kucing NutriSource Chiken & Rice, tidak terdengar krauk-krauk saat anak kucing tersebut makan makanan kucing NutriSource, berbeda dengan saat anak kucing ini makan makanan kucing merk lain. Terdengar ngilu krauk-krauknya...

Oiya, buat yang pernah menggunakan makanan kucing merk Cr*c Cat Fish, bentuk kibble (biskuit) kedua makanan kucing ini agak mirip, namun memiliki tekstur, bau, dan warna yang sedikit berbeda jika di perhatikan secara seksama. Makanan kucing NutriSource lebih memiliki warna lebih gelap dibandingkan dengan makanan kucing merk Cr*c Cat Fish, selain itu potongan dari kibble (biskuit) makanan kucing NutriSource tidak serapi potongan kibble (biskuit) makanan kucing Cr*c Cat Fish. Potongan terlihat lengket, mungkin karena kibble (biskuit) NutriSource memang lebih empuk di bandingkan Cr*c Cat Fish. Berikut ini adalah foto perbandingan kedua makanan kucing tersebut :

Sumber : @juwies


Kandungan Bahan-bahan & Nutrisi
Berikut ini adalah foto dari kandungan nutrisi dan bahan NutriSource Chiken & Rice yang diambil dari website NutriSource : 



Translate Guaranted Analyis (Jaminan Analisis):
Protein Kasar (Min.) 32,0% 320 g / kg Lemak Kasar (Min.) 19,0% 190 g / kg
Serat Kasar (Max.) 5,0% 50 g / kg
Moisture (Max.) 10,0% 100 g / kg
Asam Linoleic (Min.) 3,9% 39 g / kg
* Omega-3 Fatty Acids (Min.) 0,5% 5 g / kg
Taurin (Min.) 0,18% 1,8 g / kg
Magnesium (Min.) 08% 0,8 g / kg
Zinc (Min.) 200 mg / kg
* Asam askorbat (vitamin C) (Min.) 100 mg / kg
Vitamin E (Min.) 250 IU / kg
* Jumlah Mikroorganisme (Min.) 100 Juta CFU / lb **

* Tidak diakui sebagai nutrisi penting oleh Profiles AAFCO Cat Gizi Pangan.
**
Kandungan Unit Koloni per pon



  
Translate Ingredietns (Bahan-bahan) :
Ayam, makan ayam , beras, tepung kacang , lemak ayam ( diawetkan dengan tokoferol campuran ) , protein kacang , produk telur kering , makan tuna , rasa alami , ekstrak ragi , minyak bunga matahari , serat oat , bir kering ragi , alfalfa makan , tomat pomace , bubur bit kering , asam fosfat , biji rami , garam , kalium klorida , mineral ( proteinate besi, seng proteinate , proteinate tembaga , mangan proteinate , kobalt proteinate ) , DL metionin , bubuk cranberry , taurin , mineral ( besi sulfat , seng sulfat , kalsium karbonat , oksida seng , tembaga sulfat , oksida manganous , natrium selenite , minyak mineral , kalsium iodat , cobalt karbonat ) , ekstrak chicory , vitamin ( vitamin A asetat , suplemen vitamin D3 , vitamin E suplemen , niacin , d - kalsium pantotenat , thiamine mononitrate , riboflavin suplemen , pyridoxine hydrochloride , asam folat , phytonadione ( sumber alami vitamin K ) , biotin , vitamin suplemen B12 ) , asam askorbat ( sumber vitamin C ) , kolin klorida , inositol , ekstrak yucca Schidigera , ekstrak rosemary , ragi budaya ( Saccharomyces cerevisiae ) , kering produk fermentasi Lactobacillus acidophilus , kering produk fermentasi Enterococcus faecium , kering produk fermentasi Aspergillus niger , produk fermentasi Bacillus subtillis kering .NutriSource ® Cat & Kitten Food diformulasikan untuk memenuhi tingkat gizi yang ditetapkan oleh Association of American Pakan Kontrol Pejabat ( AAFCO ) Cat Food Nutrient Profiles untuk semua tahap kehidupan .Tersedia dalam kemasan £16 , £ 6,6 , £ 1,5 , & 5 oz


Apakah Kucing Suka?
Sejauh ini makanan kucing NutriSource adalah makanan kucing super premium yang pernah di coba oleh kucing saya, dan sejauh ini dia suka. Beberapa kali saya melakukan percobaan iseng dengan menawarkan beberapa merk makanan kucing di hadapan kucing saya, dan dia selalu memilih NutriSource dibanding makanan kucing yang lain. Namun, saat dulu transisi dari makanan kucing biasa merk Un*versal ke makanan kucing NutriSource, kucing saya sempat melakukan "keunikan", yaitu dia agak ogah-ogahan makan NutriSouce, dan saat dicampur dengan makanan kucing Un*versal baru dia mau makan NutriSource-nya, dan terkadang dengan kecerdikannya dia bisa memilih hanya makan Un*versal-nya saja, dan NutriSource-nya tidak dimakan. Namun, sekarang hal tersebut tidak terjadi lagi, karena saat disodorkan beberapa pilihan makanan kucing, kucing saya masih lebih cenderung memilih NutriSource sebagai makanan kucing pilihannya. Namun, saya priabdi bukan orang yang fanatik terhadap salah satu merk makanan kucing, jadi saya sering nya ganti-ganti merk makanan kucing. Alasannya, selain supaya kucing nggak bosan, juga karena makanan kucing dirumah mengikuti keadaan kantong saya, hahahaha.

Bagaimana Efek Makanan Pada Kucing?
Efek makanan kucing NutriSource pada kucing saya relatif bagus, pup padat, tidak mencret, mengunyah terdengar lembut, termasuk anak kucing disini juga tidak masalah dengan makanan kucing NutriSource. Tapi kok ga gemuk-gemuk ya? Dari beberapa forum mengatakan bahwa makanan kucing NutriSource bisa untuk menggemukkan kucing, namun hal tersebut tidak terjadi pada kucing saya. Adakah yang mengalami hal yang serupa?


Adakah kemasan repack?
Ya, ada. Sejauh ini saya hanya menemukan 2 kemasan makanan kucing NutriSource l, yaitu kemasan 1 karung dan kemasan repack 1kg.

Harga?
Untuk kemasan repack sendiri harga paling murah yang saya temukan adalah :
- 28rb/450gram
- 65rb/1kg
- 145rb/2,4kg Untuk kemasan 1karung seberat 7,25kg makanan kucing NutriSource dijual mulai harga 350rb-400rb. Harga bisa berbeda untuk kota/daerah lain dikarenakan ongkos kirim yang berbeda-beda. 
 
Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Bagi saya pribadi, makanan kucing ini adalah makanan kucing kelas super premium yang paling murah dan cukup baik dikelasnya. Dengan harga makanan kucing yang cukup masuk akal (tidak murah dan tidak terlalu mahal), makanan kucing NutriSource memberikan pilihan alternatif bagi Cat People yang memiliki kucing direntan usia yang berbeda, karena makanan kucing ini bisa dikonsumsi oleh kucing yang baru belajar makan sampai kucing dewasa. Terbukti dengan anak-anak kucing yang ada di sini, mereka belajar makan dengan mengkonsumsi kibble (biskuit) NutriSource yang empuk, jadi relatif mudah saat belajar mengunyah. Selain itu, terdapat keunggulan lain dari makanan kucing ini, yaitu relatif hemat dalam pengkonsumsian dibandingkan makanan kucing jenis lain. Berikut claim yang dipaparkan di website NutriSource :

Translate :

NutriSource ® sangat mudah dicerna untuk penyerapan nutrisi yang maksimal dan setiap formula nutrisi lengkap sehingga lebih banyak nutrisi terkonsentrasi dipertahankan oleh anjing Anda. Ini berarti Anda dapat memberi makan anjing Anda kurang, sebanyak dua pertiga kurang dari merek lain. Bandingkan harga NutriSource ® dan Anda akan melihat ini berarti biaya per makan kurang dari kompetisi. Dan dengan memberi makan yang lebih kecil, bagian-bagian yang lebih mudah dicerna, anjing Anda menghasilkan limbah yang sedikit.
Sedangkan gambar dibawah ini adalah perbandingan yang diclaim oleh NutriSource bahwa dengan mengkonsumsi makanan kucing yang dirpoduksi oleh NutriSource maka makanan kucing akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan kucing merk lain  :


Pendapat saya pribadi mengenai claim NutriSource sepertinya benar adanya. Saat saya menggunakan makanan kucing NutriSource, 1kg NutriSource Chiken & Rice bisa digunakan untuk 3 minggu konsumsi 1 kucing dewasa saya, sedangkan saat menggunakan merk lain sekitar 1kg untuk 2 minggu. So, dari sini saya rasa claim NutriSource bisa dikatakan benar bahwa dengan mengkonsumsi NutriSource mengkonsumsian makanan kucing jauh lebih hemat. Namun, harga makanan kucing NutriSource bagi saya tidak cukup hemat. Tapi, kalau dihitung kembali dengan benefit dan investasi kesehatan masa depan terhadap kucing-kucing peliharaan, saya rasa harga yang ditawarkan oleh NutriSource cukup masuk akal. Selain itu setelah mengkonsumsi NutriSource selama 2 bulan, rontok  bulu pada kucing saya berangsur hilang dan berkurang.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya dan website NutriSource.

Sincerly,

Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

51 comments:

  1. Hai kontributor radio kucing... mau nanya nih biasa beli nutrisource di petshop mana di bandung? Minta rekomendasinya hehehe... kok bisa lebih murah gitu.. soalnya rencana ganti dari proplan ke ns ... habis ga kuat d kantoonng ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di deket Ponyo malabar...dositu banyak banget nutri source...

      Delete
  2. Wah lengkap banget pembahasan tentang kucing nih..
    Salam kenal deh untuk radio kucing. Kunjungan balik boleh ke Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  3. kucingku pas dikasih NS ini lahap banget makannya, tapi juga gak gemuk-gemuk, masih segitu aja badannya, cumaaaa bulunya jadi lebih halus dan terlihat bersih. hehehehe
    tapi begitu aku selingi dengan Cr*c yang kibblenya mirip, mereka ogah-ogahan, tapi ya tetep diabisin setelah bolak-balik piring makannya berkali-kali.
    aku di jogja biasanya beli yang repack 58rb/kg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jogja harganya murah juga ya Mbak :D
      Di tahun 2015 masih sama harganya?

      Delete
  4. mbak lulu beli NS di jogja dimana ?? :)

    ReplyDelete
  5. Nutrisource di jogja tersedia di stefano petshop, jl. Raya tajem no.3 maguwoharjo, ringroad utara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, udaha da yang jawab nih.
      Makasih.

      *maklum saya mah urang Bandung, urang hapal Jogja :v

      Delete
  6. klo didepok jabar, nyarinya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo hayo yang lainnya,
      siapa taua da orang depok yang bisa membantu :)

      Delete
  7. Ns bnyak kok di BENGkuluu....
    Klo mw badan kuucing nya gemuk, coba deeh mix dengN Solid gold sm scieence diet vetessential. Klo mw bulu bgs , ksh wahre liebe ..klow gmuk n blu bgs,,dimix aj...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih atas informasinya Mbak Venny.
      Oiya Mbak, sepertinya Mbak banyak sekali pengalaman dengan makanan kucing nya :D

      Kalau Mbak berkenan bisa berbagi review di blog ini.
      Nanti saya bantu teknis penulisannya :)

      Oiya, saya bisa menghubungi Mbak via apa ya? :)

      Delete
    2. hehehe..ngga kg sist. Sya jg bnyk tnya sm tman2 dan mmg sya syg bngt sm kcing2 krn itlah mmbuat saya agak ekstra klo ngurusin kcng

      Mf sis admin..saya br buka komentarny..hehe.
      email aj di vennyching5@gmail.com
      Nnt saya ksh pin bbm say

      Delete
    3. Oke Sis Venny, saya email yah...

      Delete
  8. Sekarang harga nutrisource naik gak sih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Tulisan dipostingan ini dibuat di awal tahun 2014.
      Harga Nutrisource skrg sudah berbeda :)

      Delete
  9. Maaf mbak tolong bantu.. saya daerah sumatera barat tepatnya di solok.. disini buat beli makanan kucing harus keluar daerah.. ada yg bisa kadi recomen buat beli NS secara online.. online shop yang terpercaya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Indah,
      jika Mbak berminat membeli makanan kucing Nutrisource, Mbak bisa nitip di saya :)

      Nomor kontak saya ada di blog ini... :)

      Delete
    2. Oke mbak... makasih ya mbak sudah membantu saya ;)

      Delete
  10. Kira lebih baik equilibrio ap nutrisource ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Namira, apa kabar?
      Jawaban atas pertanyaan Mbak bisa di baca disini :

      http://radiokucing.blogspot.com/2015/03/lebih-bagus-blackwoodequilibrionutrisou.html

      Delete
  11. Di jakarta Timur atau bekasi barat dimana ya yg jual NS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Putri, apa kabar?
      Mbak bisa coba tanyakan hal tsb di komunitas pecinta kucing Jakarta, Mbak. Siapa tau ada yg bisa merekomendasikan. Posisi saya di Bandung, jadi kurang tahu mengenai penjual NS di Bekasi atau Jakarta Timur.

      Mungkin ada Cat Lover lain yang bisa membantu?
      Jangan sungkan untuk berbagi informasi :)

      Delete
  12. Punteun mau tanya, klo skrg harga NC /Kg atau /pack brapaan ya? (Utk dikota Bandung). Di Bandung dmn aja bisa beli Nutrisource? Kalau ada boleh minta kontak dan almtnya ya. Hatur nuhun.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya terakhir saya jual 79rb/950gram. Skrg udah ga jual lagi, muahal puisan :(

      Delete
    2. Oh gitu ya.. trimakasih byk infonya. Salam CatLover :)

      Delete
  13. Maaf saya mau tanya. Kitten aku umur 4 bulan dlu sih makannya proplan skrg aq ganti royal canin. Yg bagus RC dimix apa yah biar gemuk dan bulunya bagus? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello mbk..
      RC itu focus ke bulu ny.
      Klo gemuk ksh solid gold ato science diet vet essential.
      Klo mau dapet gmuk n bulu nya, mbak mix aj

      Delete
  14. Maaf saya mau tanya. Kitten aku umur 4 bulan dlu sih makannya proplan skrg aq ganti royal canin. Yg bagus RC dimix apa yah biar gemuk dan bulunya bagus? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku pake equilibrio buat ngegemukinnya..

      Delete
    2. Halo Mba Mawar.
      Untuk makanan kucing di mix biasanya cocok-cocokan.
      Tp sebenernya kalau makanan kucing yang kita berikan sudah bagus kandungan gizinya, tidak perlu di campur. Tapi kalau ingin berhemat, bisa d campur dengan makanan kucing yang lebih murah.

      Intinya, bulu kucing bagus dan badannya gemuk serta sehat bersumber dari makanannya, kalau makanannya sudah bagus dan mengandung gizi yang tinggi dan seimbang, bulu dan badannya ikut bagus, tidak peduli merk apapun itu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. Ohh yaa hrg NS skrg naik :'(
    skrg udah 80.000 per kg /lumayan bkin kantong loading..wkwkwkkwlwlwk

    ReplyDelete
  16. min Merek Imperial Paw sudah pernah di review blm?kalau belum req di review ya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan. Boleh Gan, ditunggu. Silahkan kontak ke Radio Kucing lgsg yah. Ada info kontaknya di kanan website ini :)

      Delete
  17. Maaf gan, numpang tanya nih, kira2 kalau pakan merk optima sma equilibrio lebih bagus mana ya kandungan gizinya? Soalnya d petshop bekasi skitar rmh saya mau nyari yg merk optima sulit skali (saya biasa ngasih kucing saya merk optima wktu msh kost), rencananya mau ganti k equil klo emg jauh lebih bagus. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nas Anggoro Taufan.
      Untuk mengetahui jawabannya, silahkan Mas melihat dan membaca pada masing-masing bungkus makanan kucing yg Mas ingin berikan kepada kucing Mas, lalu bandingkan kira-kira mana yang lebih baik dan lebih mudah di dapat di sekitar tempat tinggal Mas. Beberapa orang jg menjadikan harga sebagai perbandingan, kalau dr harga untuk Mas tidak masalah, silahkan bandingkan dari isi dan kandungan yg ada.

      Semoga membantu.

      Delete
  18. Hallo, kucing aku bulunya rontok nih gara gara makanan merek c*ties, terus di kasih w*kas bab nya bau, dikasih leandro lumayan bagus, tapi skrg pindah ke NS pengen bulunya ga rontok sama gemuk di mix apa yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ismaya Putri Karina.
      Kalau ingin hasil maksimal, maka jangan di mix. Kalau dr bujet keungan ada dan memadai, lamnjutkan saja pake NS saja. Tapi kalau dr kantong kurang memadai, NS bisa di mix dengan makanan kucing yang cocok untuk kucing Sis dan keadaan keuangan, Sis.

      Lalu, jika sesudah membaca saran saya di atas muncul di benak Sis pertanyaan sbb :

      "Iya Min, terus merk nya apa? Kasih tau dong, bingung nih banyak banget merk nya. Pengennya yang murah dan bagus, trs bikin kucing gemuk dan pup ngga bau."

      Maka jawaban saya adalah : TRIAL AND ERROR

      Tidak ada yang tau makanan kucing yang cocok dan sreg untuk kucingdan Sis selain diri Sis sendiri. So, cobalah mulai hunting makanan kucing yang menurut Sis cocok dan coba kepada kucing Sis lalu lihat bagaimana hasilnya. Jika hati Sis sreg maka lanjutkan, jika ga sreg cari lagi yang lain.

      Gud lak ya.
      Semoga membantu :)

      Delete
  19. Kucing aku sebelumnya makan petforest, sekarang baru aja nyobain nutrisource yang chicke n rice. Tapi dia gamau makan, udah disuapin tapi cuma ngendus2 makanannya aja, padahal mahal :( Itu kenapa ya? Terus solusinya gimana? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Citra.
      Harga tidak selalu menjamin kucing suka dengan makanan kucing tersebut. Kesukaan kucing adalah hak prerogatif kucing tersebut, kalau bisa dibilang mah "terserah si kucing suka merk a atau merk b". Yang bisa kita lakukan sebagai pemilik kucing adalah berusaha memberikan yang terbaik sesuai kemampuan kita.

      Sedikit saran dari saya, Sis bisa coba untuk mencampurkan makanan kucing yang baru dengan makanan kucing yang lama, lalu campuran makanan kucing yang lama sedikit-sedikit dikurangi dan kemudian beralih 100% dengan makanan kucing yang baru.

      Semoga membantu.

      Delete
  20. kalau cari nutrisource repack bandung dimana ya? .-. makasih

    ReplyDelete
  21. Terima kasih penjelasannya,sama kucing saya juga ga gemuk"padahal niat ganti pk makanan ini biar gemuk.dan sptnya tdk semua petshop menyediakan makanan merk itu,krg tau kenapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasannya sama seperti warung ngga semua jual merk detergent B29. Hehehe. Mungkin yaaa karena ngga jual aja, hehehe.

      Delete
  22. Nutrisource yg grain free bungkus hijau itu bisa utk kitten gak ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada tulisan "All Stage" berarti bisa utk semua umur kucing.

      Delete
  23. Mau tanya dong ka,kucing saya biasa makannya DF proplan kitten ka,cm rasa2nya pengen ganti ke blackwood atau nutrisource,kira2 ke dua DF itu dari nutrisinya sampai ke bau amis atau aroma biar nya buat merangsang kucing itu yg mana ya ka?
    Karna dari yg saya baca2 pengalaman orang klo aromanya kurang malah bikin si kucing ogah makan.
    Kan percuma klo udah beli banyak2 ternyata si kucing gak mau makan.

    Tolong info nya dong ka.
    Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal nutrisi nya, Sis bisa baca dipostingan saya ya, udah saya post kok di blog ini :)

      Kalau mengenai bau nya amis atau engga, masing-masing standar bau amis tiap hidung kucing dan manusia berbeda, menurut saya keduanya cukup nyengat dan 'ganggu' bau nya.

      Di kucing saya, kedua merk tsb ga ada masalah, malah suka :)

      Untuk kucing Sis kira-kira suka yang mana, maka hanya Tuhan dan Kucing tsb yg tau, kita cuman bisa nebak dan nyoba. So, trial and error is the key! :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D