Tuesday, March 11, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi pengalaman mengenai pasir kucing jenis clumping (gumpal). Kali ini yang akan di bahas adalah pasir kucing clumping merk Golden. Pasir kucing gumpal ini saya beli di salah satu pet Shop di dekat rumah saya. Bagaimanakah kulitas pasir gumpal ini? Yuk, kita bahas.

Penampakan Kemasan Produk
Berbeda dengan kemasan pasir kucing gumpal lainnya yang pada umumnya menggunakan plastik tebal, pasir gumpal merk Golden menggunakan karung plastik. Berikut ini adalah penampakan kemasan pasir gumpal merk Golden:
Sumber : @juwies

Pasir gumpal ini terdiri dari dua kemasan, kemasan dalam yang berupa plastik tipis dan kemasan luar yang berupa karung plastik. Kemasan luar plastik terlihat kokoh, tidak mudah sobek, namun kemasan jenis ini terlihat kurang menarik dan terkesan kurang eksklusif.

Wangi yang Tersedia
Pasir Gumpal merk Golden sepertinya hanya memiliki 1 wangi, yaitu Lemon. Saya juga sempat melihat serpihan berwarna kuning terang mirip kapur barus (tapi bukan kapur barus), sepertinya serpihan ini adalah serpihan dari wewangian yang digunakan oleh pasir gumpal Golden.

Butiran dan Tekstur Pasir
Butiran dan tekstur pasir kucing gumpal Golden bernbentuk bulat-bulat kecil, dan entah kebetulan atau tidak, pada pasir gumpal Golden yang saya beli cukup banyak yang bubuknya (seperti serpihan debu). Sepertinya ini efek perjalanan atau penumpukan barang yang kurang baik. Namun, hal tersebut tidak terlalu mengganggu bagi saya, pasir gumpal impor yang saya pernah beli pun mengalami kasus yang sama, ada serpihan debunya.

Sumber : @juwies

Kemasan Produk Yang Tersedia
Sejauh ini, saya baru menemukan pasir gumpal merk Golden dalam 1 kemasan, yaitu kemasan karungan 12.5lt.

1 karung bisa untuk berapa lama?
Sejauh ini saya sudah menggunakan pasir gumpal ini selama 2 minggu dan sekarang sudah tinggal setengahnya lagi. Nanti saya update lagi kira-kira pasir gumpal ini bisa untuk berapa lama :) Dan kira-kira apakah 1 karung bisa untuk 1 bulan atau tidak.

Update :
Sesuai dengan janji saya, kali ini saya akan berbagi update-an mengenai seberapa lama 1 karung pasir gumpal merk Golden dapat bertahan (*ceileee). Dengan kondisi 1 induk kucing dan 2 kitten plus sudah dicampur pasir Zeolith No.1, kurang lebih pasir gumpal merk Golden dapat bertahan selama 3 minggu.

Harga?
Pada tahun 2013 sampai awal tahun 2014, pasir gumpal merk Golden bisa didapatkan dengan harga 65rb/karung. Namun saat diakhir bulan Februari atau awal bulan Maret 2014, harga pasir Gumpal ini naik menjadi 70rb/kg.

Kesimpulan Mengapa Memilih Pasir Gumpal Wangi Golden?
Pasir kucing merk Golden ini seprtinya adalah pasir gumpal lokal. Saya kurang mengerti apakah 'lokal' yang dimaksud adalah buatan Indonesia atau berkulitas lokal. Selain itu terdapat tulisan 'Eksport Quality' yang semakin mengindikasikan bahwa pasir gumpal ini memang pasir gumpal buatan lokal. Karena jika dibandingkan kualitasnya (in my humble opinion) dengan merk pasir gumpal impor, kualitas pasir gumpal ini agak kurang (agak ya, bukan sangat). Selain itu, daya ikat pasir gumpal ini cukup luas jika dibandingkan dengan yang import, yang impor lebih sedikit jadi lebih (terasa) hemat dalam konsumsi pasir harian. Untuk daya serap bau, pasir gumpal ini nggak kalah dengan pasir gumpal import, tapi tidak lebih baik dan tidak lebih wangi jika dibandingkan S*mo Cat Litter. Selain itu saat dicampur dengan Pasir Zeolit No.1, pasir gumpal Golden tidak tercampur dengan baik, bebeda saat saya mencampur S*mo Cat Litter atau Pasir Gumpal Asal Jepang, dimana pasir Zeolit bercampur dengan baik. Dan kalau malam saat saya malas membersihkan pasir, terkadang tercium bau 'agak pesing' dari litter box yang belum dibersihkan. Mungkin ini karena saya memelihara 1 induk kucing dan 2 kitten dalam 1 box, namun bau pesing tidak tercium saat mengguana S*mo Cat Litter.

Update :
Untuk 1 induk kucing dan 2 kitten, 1 karung pasir gumpal Golden 12.5 liter cukup untuk kurang lebih 3 minggu, sedangkan dengan kondisi yang sama, pasir gumpal merk S*mo Cat Litter 10liter dapat bertahan 1.5 bln. Jika diperhatikan, pasir gumpal golden lebih boros dalam konsumsi saat si Kucing pipis (coverage area-nya jadi lebih lebar dari pada saat menggunakan pasir gumpal merk S*mo Cat Litter). Hal ini mungkin yang menjadikan pasir gumpal merk Golden agak lebih boros dibandingkan merk S*mo Cat Litter.

Overall, pasir kucing ini cukup bagus untuk Cat Lover yang mencari alternatif pasir kucing dengan harga murah dan kuantiti yang lebih banyak. Umumnya pasir gumpal hanya 10liter per karung, nah pasir Gumpal Golden menawarkan 12.5liter untuk 1 karung dengan harga yang nyaris sama.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya.

Sincerly,

Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D