Tuesday, April 15, 2014

Dear Cat Poeple,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi resep makanan kucing dari Sis Shapie YuPie.
Resep makanan kucing sangat cocok untuk Mpus yang lagi sakit atau kurang enak badan, tapi tetap bisa diberikan kepada Mpus yang sehat juga. 

Yuk, disimah resepnya... :)

Resep Bubur Tempe Keju Ikan
Halo, aku mau kasih resep bubur tempe keju ikan, nih..
Resep ini bisa untuk Mpus yg sedang sakit dan Mpus yg sehat. Terutama kalau lagi sikon urgent, misalnya beras dirumah lagi abis dan di luar sedang hujan, yang akhienya jadi ga bisa keluar atau yg anter makanan kucing ke rumah kelamaan sedangkan si Mpus udah merengek minta makan. Resep ini juga bisa digunakan untuk Cat People yang mau re-use / menggunakan kembali sisa nasi yang sudah ga kemakan si Mpus namun belum kering, supaya ga banyak sampah makanan dan ga mubadzir dibuang gitu aja jika kering. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Sediakan :
  1. 3 ekor ikan cue berukuran sedang
  2. 3 buah tempe berukuran selebar 3 jari dan panjangnya 3 ruas jari (mau menggunakan tempe yang udah diungkep dan belum tidak jadi masalah)
  3. Jika ada, bisa ditambahkan keju parut kering yg sudah ga terpakai untuk dicampurkan kedalam adonan. Keju bisa menambah nikmat rasa, gizi, dan aroma amis dari makanan. Ukuran keju yang digunakan sebaiknya satu ruas jari atau lebar satu jari. (*Jika tidak ada keju, tidak apa-apa hanya menggunakan ikan saja, tapi namanya diganti jadi bubur tempe ikan, heheehe..)
  4. Air Bening Matang 2 gelas mug.
  5. Nasi sisa Mpus yg belum kering yang tak termakan empus lagi (karena kekenyangan) tapi masih kondisi layak.
Nah cara memasak :
  1.  Rebus 3 ekor ikan cue di air mendidih selama 5 menit, hingga air rebusannya keruh seperti kaldu.
  2. Angkat ikan, pilah durinya dan hancurkan sampai halus sekali. Sisihkan. JANGAN BUANG AIR KALDU REBUSANNYA.
  3. Ambil nasi sisa empus yang sudah tak termakan lagi. Taruh di wadah yang tadi ada ikan yang sudah dihaluskan.
  4. Rebus tempe ke dalam kaldu selama 5 menit. Jangan lupa di bolah balik. Rebus hingga kaldu terlihat meresap, namun jangan sampai air kaldu ikan tadi habis terserap. Sisakan air kaldu kira-kira satu mug.
  5. Jika sudah meresap, angkat dan taruh di wadah yg ada nasi sisa dan ikan cue halus tadi. SEKALI LAGI, JANGAN BUANG KALDU SISANYA.
  6. Lumatkan/haluskan dengan cara mencampur ikan cue halus, tempe, dan nasi sisa Mpus hingga halus namun padat dan kalis. (*Kalau ada keju parut kering yang ga terpakai lagi karena kelupaan atau kelebihan atau memang sengaja sedia, Cat People bisa campurkan ditahapan ini.)
  7. Setelah adonan padat dan kalis, masukkan adonan ke dalam kaldu sisa tadi.
  8. Masak selama 3 menit sampai meresap, hingga kaldu ga ada lagi dan terserap. Namun jika sudah dimasak selama 3 menit dan kaldunya masih terseisa, tidak apa-apa, angkat saja pancinya. Lalu tuangkan kaldu ke wadah adonan yang tadi digunakan, diaduk dan diamkan sampai dingin nanti akan menyerap sendiri kaldunya ke dalam adonan yang kita buat. Hasil adonan akan bertekstur tidak terlalu padat dan tidak terllau cair.
  9. Voila! Jadilah makanan untuk si Mpus! Satu resep ini bisa untuk 3-4 porsi makan untuk 1 kucing dewasa, 1 kucing middle age dan 1 kitten yang udah bisa makanan padat.
Jika ada sisa, makanan kucing ini bisa dimasukkan ke dalam kulkas untuk penggunaan selanjutnya. Jika akan digunakan lagi besok, makanan kucing bisa dikukus agar dapat disajikan lebih hangat dan nikmat. Oiya, sebaiknya makanan kucing ini habis dalam 1-2 hari ya. JANGAN disimpan berhari-hari.

Resep ini sering aku kasih dan sudah diuji coba ke stray cat dan kucing-kucingku sendiri dari dulu.
Alhamdulillahnya si Reo yg pemilih dan sensitif perutnya mau makan dan bisa nerima bubur ini TANPA ada mencret/diare/muntah. Kucingku yg lain juga welcome sama menu ini. Apalagi stray cat, demen banget deh, hehehe XD

Oke, semoga menunya bermanfaat untuk kalian ya, Cat People.
SO, SELAMAT MENCOBA ALL~
Salam,
Shapie YuPie
NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.
========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: ,

9 comments:

  1. bukannya kucing tidak boleh diberi nasi ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Nurma.
      Benar Mbak, kucing tidak boleh kebanyakan di beri nasi. Namun jika sesekali tidak apa (tidak boleh sering, kalau bisa jangan pernah diberi nasi). Juga sebenarnya dalam makanan kucing (dry food) yang kita beri pada kucing pun masih mengandung rice (nasi/beras).

      Delete
    2. Waduh Dah 2 tahun lebih ini.. bahkan dah smpai ngelahirin 2x
      3 ekor pertma ( meninggal semua :(( kata nya ada yg racunin )
      sama
      3 ekor kedua ( hidup sehat 😊😊)

      Ane kasih nasi tiap hari
      racikan ane
      ikan cuek 1 ekor sama nasi 1 piring
      tpi alhamdulilah semua kucing ane total sekarang 6 ekor ( lokal ) sehat semua pup juga bagus...

      Yeeeeee


      Delete
  2. saya juga sering make campuran tempe rebus dicampur pakan keringnya dr dl sampe skrng jg gk prnh ada msalah pencernaan pada kucing kucingku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi cerita dgn kami.. semoga empus2nya senantiasa sehat selalu...

      Delete
  3. Gan kalo gak pake tempe bisa gak mohon dijawab

    ReplyDelete
  4. Mohon infonya, makanan (olahan) yang bagus untuk kitten apa ya?? Terimakasih infonya dan saya tunggu jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Aryo Sudibyo.
      Maksudnya makanan olahan itu seperti makanan home made? Resep yanga da pada halaman ini juga bisa untuk kitten kok, Mas :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D