Saturday, April 26, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi review mengenai makanan kucing yang paling mudah ditemukan di Indonesia, sampai di supermaket umum pun ada, yaitu Friskies! Friskies merupakan salah satu makanan kucing dari Thailand yang cukup terkenal di Indonesia, salah satu alasan populernya makanan kucing ini karena ia mudah ditemukan di supermarket dan juga sering melakukan promo dengan cara menjadi sponsor kegiatan komunitas atau acara pecinta kucing. Produks Friskies sebenarnya ada beberapa, ada makanan kucing dry food untuk kitten, dry food untuk kucing dewasa (adult), ada juga makanan basah. Namun, pada postingan kali ini kita akan memfokuskan pada makanan kucing Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables.

Penampakan Kemasan Produk

Sumber : disini
Rasa Yang Tersedia
Sepertinya untuk varian Hairball Management, Friskies hanya menyediakan satu varian rasa yaitu Salmon & Vegetables.

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Bentuk dari makanan kucing ini beraneka bentuk, ada setengah bola berwarna krem terang dan ada yang berbentuk seperti baling-baling dengan warna hijau dan merah. Awal mula saat melihat kibble (biskuit) makanan kucing ini ternyata berwarna-warni. Huaduh! Kalau begini berarti makanan kucing ini mengandung pewarna donks, mana warna-warnanya mencolok begonoh.. ~

 Sumber : @juwies

Kandungan Bahan dan Nutrisi
Berikut ini adalah kandungan bahan-bahan dan nutrisi makanan kucing Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables:

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan gambar.
Sumber : @juwies

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan gambar.
Sumber : @juwies

Apakah Kucing Suka
Yups, kucing saya suka. Saat saya datang ke rumah dan membuka bungkus makana ini mereka menyambut dan makan dengan semangat.

 Sumber : @juwies

Bagaimana Efek Makanan Terhadap Kucing?
Saat kucing-kucing saya makan makanan kucing Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables, pup mereka jadi cair seperti bubur dan berwarna hijau... :(
Saya sempat panik. Namun setelah diperhatikan, pup warna hijau nya ini mirip dengan warna hijau dari makanan kucing Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables. Maka saya mengambil kesimpulan bahwa pup kucing jadi mencri dan berwarna hijau dikarenakan makanna kucing ini. Untung cuma beli 1 bungkus kemasan 400gram (kemasan kecil)...

Adakah Kemasan Repack?
Saya tidak menemukan kemasan repack untuk produk ini. Saya rasa kemasan repack nya tidak ada, karena kemasan terkecil dari Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables adalah 400gram, dan saya rasa kemasan ini sudah cukup mewakili untuk Cat People yang pengen coba-coba dulu untuk kucing di rumah :3

Harga?
Untuk kemasan 400gram, saya mendapatkan Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables dengan harga 28rb.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Saya membeli makanan kucing ini karena kepepet. Ceritanya begini, saat saya baru pulang dari luar kota, salah satu kucing saya terlihat seperti akan muntah-muntah tapi tertahan (nggak keluar muntahnya), mengingat usianya yang sudah 3 bulan, dengan kondisi bulu yang ngembang tapi tidak longhair karena dia kucing mix, dan karena perkataan salah satu teman saya bahwa kucing yg punya bulu agak lebat dan panjang biasanya muntah hairball 2-3 bln sekali, maka saat itu saya berasumsi bahwa si Kucing sedang kena hairball, maka saya berinisiatif untuk membeli makanan kucing anti-hairball dengan harapan si Kucing tidak perlu muntah hairball dan hairball yang ada di dalam tubuhnya bisa kelaur lewat pup. Setelah ngobrol dengan teman yang lain sesama Cat Lover yang memiliki banyak peliharaan kucing berbulu lebat, doski menyarankan untuk memberikan makanan kucing anti-hairball merk Wh*skas, namun setelah mengunjungi beberapa Pet Shop, nggak ketemu merk Wh*skas yang anti hair-ball, nah yang ketemu malah Friskies Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables. So, ekeu beli 1 bungkus dengan harapan si Kucing akan kembali bugar dan nggak keselek kayak yang mau muntah.

Namun...

Esoknya pup kucing jadi warna hijau! (Saya membeli makan kucing-kucing dengan Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables pada malam hari, dan mereka pup pada keesokan harinya).

Saya sempat panik dan merasa bersalah. Namun akhirnya saya menyedari bahwa hal ini terjadi karena makanan kucing Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables yang berwarna-warni ini. Akhirnya saya memutuskan untuk mencampur Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables dengan makanan merk lain dengan harapan dapat mengurangi "asupan" pewarna ke dalam tubuh kucing dan kucing tetap kenyang. Cara ini berhasil, dan hingga makanan kucing Hairball Management Salmon Flavour & Vegetables habis pun pup kucing normal dan berangsung "membaik", tapi pup nya masih lembek dan berwarna.

So, untuk Cat People yang memiliki kucing yang sensitif terhadap zat adiktif atau pewarna tambahan, ada baiknya memeriksa kembali kandungan makanan kucing yang digunakan :)



Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber di internet.

Sincerly,
 
Radio Kucing  - @juwies 

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , ,

2 comments:

  1. kalau ini bisa untuk anak kucing umur 3 bulan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum nemu keterangan untuk usia minimal berapa bulan. Tapi saran saya setelah si kucing bisa makan makanan kibble yanga gak keras. Mengingat kibble nya memang agak keras... :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D