Sunday, January 18, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai program sterilisasi kucing yang diadakan di Puskeswan Bandung. Sejauh informasi yang didapatkan oleh Radio Kucing, program ini diadakan rutin oleh Puskeswan Bandung. Oiya, harga sterilisasi kucing di Puskerwan ini juga bisa dikatakan murah meriah, lho. Berikut ini adalah daftar harga program sterilisasi kucing yang diadakan oleh Puskeswan bandung.

Berapa Biaya (a.k.a Harga) Sterilisasi Kucing?
Kucing Betina : 200rb
Kucing Jantan : 150rb

Alamatnya dimana?
Puskeswan Bandung
JL.Pelindung Hewan No.44, Bandung  

Sumber : disini

Kesimpulan
Untuk yang memiliki kucing banyak dan ingin mensteril kucingnya guna menekan populasi atau untuk menekan populasi kucing terlantar, bisa membawa kucingnya kesini untuk di sterlir. Harga yang ditawarkan cukup murah dan bersahabat. Selain itu program ini diadakan rutin, sehingga cat People bisa datang kapan saja membawa kucing Cat People.

Semoga informasi ini bermanfaat.



Salam,

Radio Kucing

Tagged: , , ,

55 comments:

  1. Malam radio kucing :-),....mau nanya dong. Saya habis steril kucing betina (umur 9 bulan) kurang lebih 4 minggu yang lalu. Sehabis steril kok masih mengalami birahi sangat ya dan sudah terjadi 2 kli masa birahi dlm kurun waktu 2minggu ini, mohon pencerahannya,.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Wahyu Kurniawan.
      Seingat saya, memang ada beberapa kucing yg setelah di steril masih bisa birahi, baik betina atau wanita kemungkinan hal tsb bs terjadi. Menurut dokter hewan yang pernah saya kunjungi, hal tersebut terjadi pada sebagian kecil kucing yang sudah disteril.

      Semoga jawabannya membantu :)

      Delete
  2. Mohon info saya mau sterilisasi 2 kucing betina n sdh ber-ulang2 telp ke puskeswan pelindung hewan 44 telp 022-520-2997 tp tidak pernah ad yg angkat...

    Mohon info harus bagaimana utk menghubungi puskeswan utk menanyakan jam praktek, biaya dsb nya?

    Trims n salam chrisprawira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Chris Prawira.
      Masalah menghubungi Pelindung Hewan, saya juga cuma dapat no kontak tersebut, Mas. Mohon maaf untuk kontak no telepon saya belum bisa membantu lagi, karena kebetulan saya bukan pegawai disitu.

      Tapi ada informasi dari teman saya bahwa Puskewan di Jl. Pelindung Hewan buka dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang dan menerima pasien pada jam tersebut juga. Saya juga belum cek sendiri ke sana (karena kebetulan di dekat rumah saya ada dokter hewan dan kucing saya sampai saat ini sehat).

      Coba Agan hubungi pada hari kerja dan pada jam kerja tersebut.
      Semoga membantu ya.

      Delete
    2. Maaf ikut komen, barusan saja sy dari klinik hewan mau sterilkan kucing sy tp ternyata disana cuma terima vaksin rabies aja,jd klo mau steril mah mesti dtng ke dokter hewan langsung

      Delete
  3. Thanks Gees Spirit atas Info nya,
    saya sudah coba ke dr.Martoppo dekat rumah, pasien banyak, jadi tidak mau terima telpon utk tanya & buat janji, pergi kesana juga tidak ada yg melayani or information (Payah).

    oh ya, kalau boleh tahu: Alamat & telpon dr.Hewan sdr Gees & berapa biayanya? apakah harus buat janji? apakah operasinya lama & tidak luka lama?

    saya tinggal di Jln, Mo Ramdhan & mudah2an deket jadi saya bisa bawa secepatnya 2 cat (1 liar yg beranak terus menerus & 1 cat 9 bulan my pet).

    Terimakasih sebelumnya saya ucapkan atas bantuan sdr.Gees & salam dari Chris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Chris.
      Coba hubungi saya via whatsapp yang ada di blog ini ya.
      Nanti saya coba jelaskan teknis nya.

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
  4. Halo radiokucing, saya ingin menanyakan beberapa hal terkait steril.
    Keluarga saya baru mengadopsi 2 kucing stray, keduanya jantan. Kami minim pngetahuan soal memelihara kucing dan steril ini. Kebetulan, salah satu dari kucing kami tengah birahi dan belakangan ini sudah masuk fase darurat. Dia sering mencoba untuk menggagahi saudaranya [yang jantan juga] atau kucing-kucing tetangga saya yang jantan juga, karena di sekitar kami tidak ada betina. Setelah tanya sana-sini, rupanya kesalahan saya adalah karena saya belum mensteril kucing saya.
    Tapi saya sedikit dilema, karena lokasi saya di Banjaran dan tidak ada drh sekitar sini. Paling dekat mungkin puskeswan, tapi saya cuma punya motor. Kira-kira jika saya membawa kucing saya pakai motor dan keranjang rio, apakah berbahaya? Terutama ketika dia selesai disteril. Kalau pakai angkot, takutnya lama karena daerah sini biasanya macet sekali. Mohon pencerahannya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan, jarak dari puskeswan ke rumah saya kurleb 15km tapi macetnya memang luar biasa haha.

      Delete
    2. Halo Sis Novu Smith.
      Ah, saya tau daerah itu emang macet luar biasa, Sis. Kalau lebaran kadang saya lewat sana, hahhaa.

      Gpp pakai motor juga, saya pernah bawa Si Belang pakai motor keluar kota :v Sis bisa baca cerita pengalaman saya di blog ini.

      Semoga lancar ya rencananya :)

      Delete
  5. Kalo untuk vaksin berapa ya harganya?katanya ada subsidi,maklum sy mau vaksin ke lima kitten sy dan kl ke dokter swasta pastinya kewalahan jg.mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya ikut baksos subsidi kena biaya 110rb per kucing, Gan.
      Ditanyakan dulu saja ke pueskeswan nya :)

      Delete
    2. Malam , mau tanya kalau di rs pelindung hewan bisa operasi caesar brp kira kira biaya nya ya ..Terima kasih sebelumnya ....

      Delete
    3. Dear Erni Indiani kalau mau aman menurut saya mending Caesar di dokter hewan yg berpengalaman kaya dokter hewan di Petshop2 memang biaya nya lebih mahal tapi keamanan, kenyamanan, kebersihan, serta perawatan nya tidak asal asalan bisa di pertanggungjawabkan harga Caesar di dokter hewan sekitar Rp.1 juta, kalau steril betina Rp,650,000. Kalau kebiri kucing jantan sekitar Rp.550,000.

      Delete
  6. Kalo untuk vaksin berapa ya harganya?katanya ada subsidi,maklum sy mau vaksin ke lima kitten sy dan kl ke dokter swasta pastinya kewalahan jg.mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung telepon ke Puskeswan nya, Gan.
      Supaya dapat informasi lebih valid :)

      Delete
  7. Puskeswan libur ga yah klo tgl merah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya libur. Jadwal kerja sesuai dengan jadwal kerja pegawai pemerintahan, Sis.

      Delete
  8. Ini masih bisa kah smp skrg? Saya punya sepasang cm yg cw baru melahirkan. Jarak nya brp bln setelah melahirkan yah bs di steril? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Arny.
      Langsung hubungi ke Puskeswan Bandung nya ya :)

      Delete
  9. Siang radio kucing, puskeswan kl sabtu buka gak ya?
    Takut pas ksana malah ttup soalny lokasi lumayan jauh hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Fairuz Nur Rania.
      Ngga buka Sis. Bukanya jam kerja kantor pemerintah.
      Kalau ga salah nerima pasien dari pagi jam 8 - jam 2 siang, jam 4 tutup. Buka pada hari dan jam kerja.

      Delete
  10. Pago radio kucing, harga untuk sterilisasi betina di puskeswan berapa ya? dan saya mau tanya juga, saya kebetulan punya kucing jantan yang umurnya hampir mau 2 tahun pada agustus nanti, tetapi blm pernah di sterilisasi, apa kalau di steril skg telat? bahaya atau tidak? atau mending tidak usah melakukan steril? terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  11. Halo.
    1. Untuk harga bisa langsung tanya ke Puskeswan nya ya.
    2. a. Tidak. b.Tidak. c.Tergantung keputusan Sis sebagai pemilik hewan. Pertimbangkan baik buruknya.

    ReplyDelete
  12. Halo, mau tanya, untuk harga steril kucing di atas itu harga tetap atau harga khusus program yang ada masa berlakunya?

    ReplyDelete
  13. Min saya mau tanya kalo ga di puskeswan saya mau steril ke dr.hewan itu biayanya berapa (mohon petunjuknya min)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung hubungi aja ke Puskeswan ya. Semoga segera mendapatkan iformasi yg valid ya.

      Delete
  14. Siang min... Kl dr puskeswan ada program keliling ga ? Dirumah ada beberapa kucing yg sepertiny harus d steril segera... Jantan 3 betina 4... Lumayan kl ngangkut sebanyak itu aga ribeudh ya 😁...

    ReplyDelete
  15. Siang min... Kl dr puskeswan ada program keliling ga ? Dirumah ada beberapa kucing yg sepertiny harus d steril segera... Jantan 3 betina 4... Lumayan kl ngangkut sebanyak itu aga ribeudh ya 😁...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, kayaknya blm ada Mba :)
      Coba main-main ke fans page facebook : Bandung Peduli Kucing, Mba.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Halo min.. min mau tanya dong, gini min saya dkasih kucing persia dr saudara, dan umur nya dbwh 6bln. Nah kbetulan saya lupa nanya udah vaksin apa blm nya. Jd apabila saya vaksin kembali dr awal apakah bahaya jikalau kucinnya ternyta sudah dvaksin sebelumnya??

    Dan klo vaksin kucing dr.hewan di petshop dan puskeswan apakah ada perbedaan dari segi harga dan kualitasnya??

    Tolong djawab yaa min, maklum saya newbie pelihara kucing.. hehe..

    Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Gaga.
      Sama aja kok, selama dokternya kompeten, maka hasilnya baik :)
      Saran saya berobat deket rumah, biar deket dan ngga ribet bawa Mpus nya :)

      Delete
  18. Ko kmrin saya ksana puskeswan gak nerima sterilisasi kucing ya knp?

    ReplyDelete
  19. Ko kmrin saya ksana puskeswan gak nerima sterilisasi kucing ya knp?

    ReplyDelete
  20. Halo,
    Kucing saya betina blm genap 5bln umurnya blm birahi tp Dr seminggu ada kucing jantan tetangga ngejar2 dn spertinya mereka sudah *##**.😥 Sy kira 5ln itu msh bayi, Apa kucing sy akan langsung hamil kak? Utk saat ini sy blm mau dia hamil caranya gmn ya kak, suntik kB am steril itu apakah sama? Karna sy cuma mau nunda kehamilan aja kalo kebiri jgn ah kasian. Thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau pembuahannya berhasil dan sel telur kucing betina sudah ready, maka kemungkinan besar hamil. Usia 5 bulan di kucing itu kayak remaja, jadi memang sudah bisa hamil dan menghamili kok. Kalau belum mau dia hamil, jangan kawinkan, ngga di sarankan suntik KB apalagi ngasih obat KB manusia ke kucing, karena membahayakan kucing. Blm ada solusi lain selain steril / kebiri utk mencegah populasi. Banter harus di jaga jangan sampai kawin...

      Delete
    2. Konsultasi nya ke dokter hewan yg ada di Petshop supaya jelas memang lebih mahal kalau di bandingkan di Puskeswan tapi bukan kah ada harga ada kualitas, Sy juga punya kucing ras 3 (Persia, Mainecoon sama Ragdoll) Biasa berobat dan pemeliharaan kesehatan di dokter hewan langganan di Petshop.

      Delete
  21. kak mau tanya, untuk biaya vaksin dan kucing saya yg terkena jamur ada biayanya ga? tapi saya gapunya ktp bandung tapi kuliah di bandung apa masih dapet gratisan? hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Vaksin atau suntik karena sakit jamur? Setau saya vaksin gratis cuman rabies, kalau yg lain mah bayar... Sawangsulna, terima kasih kembali.

      Delete
  22. Hallo kak mau tanya saya punya kucing persia betina nah dia birahi umurnya sekitaran 7-8 bulan,tapi saya ingin tunda kehamilan dengan cara tidak mengawinkannya,tapi suara si kucing sangat mengganggu,dan jika ga di kawinkan apa dia akan terus ngeong" atau ada jangka waktu bisa selesai sendiri birahinya mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, akan begitu terus selama siklus birahi. Selamat menikmati... :) Karena ini proses alamiah.

      Delete
    2. Jadi tidak ada jangka waktu berakhir selama berapa hari gitu kak?

      Delete
    3. Biasanya sekali siklus bisa seminggu atau lebih, lalu berulang...

      Delete
    4. Jadi tidak ada jangka waktu berakhir selama berapa hari gitu kak?

      Delete
    5. semingguan, lalu berulang... begitu terus selama kucing hidup dan musim kawin... :)

      Delete
  23. Selamat pagi radio kucing,,,mau tanya dong kapan jadwal steril kucing dilakukan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Untuk mendapatkan informasi tsb, Agan bisa langsung menghubungi Puskeswan ya. Trims.

      Delete
  24. ada yg tau kalo kucing berumur 2 minggu dan tidak ada induknya bagaimana cara memberi makannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya adalah dengan memberikan milk replacer kepada kucing tsb, bisa dengan spuit / suntikan tanpa jarum / dot utk hewan. Jika usia kucing sudah cukup utk makanan padat, bisa dimulai dengan memberikan makanan khusus kitten secara bertahap.

      Delete
  25. Apakah harganya masih belum berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung menelepon ke Puskeswan nya Gan :)

      Delete
  26. Pagi saya mau tanya, untuk thn skrg untuk steril brp ya? Apa masih 200rb
    Soalnya saya mau setril 3-4 kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di telepon langsung ke Puskeswan nya, Mba :)

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D