Monday, March 23, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing agak sedikit curhat mengenai pertanyaan yang sudah sangat sering ditanyakan oleh para customer/pengunjung Blog Radio Kucing atau lapak dagang saya di Tokopedia/Facebook/Kaskus. Pertanyaan itu adalah :


Lebih Bagus Blackwood/Equilibrio/Nutrisource/Royal Canin/Solid Gold/Pro Plan atau (sebutkan merk makanan kucing apapun disini), sih? Aku maunya yang bagus dan murah!


Dikarena saya sering kali mendapatkan pertanyaan yang sama, dan sebagai penjual yang berusaha memegang etika berjualan, maka saya merasa sangat tidak etis saat saya diberikan pertanyaan tersebut lalu saya harus menjaawab :  "Lebih bagus merk A dari pada merk B".

Selain itu, menjawan pertanyaan yang sama selama bertahun-tahun terkadang bikin 'agak cape' juga. Bahkan saking seringnya pertanyaan itu diajukan, saya sampai punya template jawabannya di handphone saya, hihihihi :v

Namun, guna menjangkau audience yang lebih besar,  maka saya putuskan untuk menuliskan jawaban untuk pertanyaan tersebut di blog ini.

Ini fotonya Maru Si Seleb Kucing! :3


Dear My Lovely Customer/Pengunjung Blog Radio Kucing.
Mohon maaf, saya tidak bisa menyebutkan merk mana yang lebih bagus karena hal tersebut kurang etis dan takutnya malah menjadi salah paham dan malah takut disangka menjelekkan sebuah produk.

Untuk mengecek makanan kucing yang baik, bagus, dan cocok untuk kucing, maka Mas/Mbak bisa mulai dengan cara dibawah ini :

1. Cek kandungan gizi, kandungan bahan-bahan, dan segala macam komposisi yang ada di dalam makanan kucing tersebut. Apakah kandungannya benar-benar daging/ikan, atau hanya rasa ikan/daging, atau hanya minyak ikan/daging.

2. Cek apakah masih mengandung karbohidrat (beras, gandum, soya, jagung). Jika ya, berapa persenkan kandungan karbohidrat tersebut. Apakah kandungan karbohidratnya jadi bahan utama? Atau hanya bahan tambahan? Karena banyak sekali makanan kucing yang mengandung karbohidrat (beras, gandum, soya, jagung) sebagai bahan utama makanan kucing. Ini kucing lho, makanannya daging, bukan beras :v Karbohidrat memang juga dibutuhkan untuk kucing, tapi dengan kadar yang sedikit.

3. Cek apakah makanan kucing masih menggunakan bahan pewarna makanan atau tidak. Sebaiknya makanan kucing tidak mengandung pewarna. Ciri-ciri makanan kucing yang mengandung pewarna biasanya memiliki warna cerah dan atau berawarna-warni.

4. Cek apakah mengandung perasa buatan atau pengawet atau zat-zat tambahan lainnya.
Nah nah nah, jangan-jangan Si Kucing selama ini makan lahap dengan merk tertentu gara-gara makanan kucingnya mengandung perasa buatan yang bikin nagih Si Kucing. Dan saat Si Kucing dikasih merk lain yg lebih 'sehat' dia ogah. Logikanya gini, sama dengan anak kecil biasa makan junk food yang gurih-gurih kemudian dikasih salad buah dan ayam kukus. Lebih doyan yang mana?

Kalau udah gini, apakah bisa kita bilang Merk A, B, atau C nggak bagus karena Si Kucing nggak doyan?

Si Kucing nggak doyan bukan berarti Si Merk A, B, atau C itu nggak bagus, bisa jadi Si Kucing emang ga suka (masalah selera) atau memang Si Merk A, B, dan C nggak mengandung perasa buatan yang bikin kucing nagih.

5. Cek siapa produsennya. Apakah produsennya jelas? Dari mana? Pabriknya dimana? Negaranya apa? Ada websitenya nggak? Produsen yang jelas tentu menghasilnya produk yang jelas asal-usulnya.

6. Cek harga. Bandingkan makanan kucing A, B, dan C. Kira-kira dengan kandungan gizi yang begini, produsennya Si Ini, asal negaranya dari sini, harga jualnya segini, kira-kira worthed nggak ya? Atau jangan-jangan ada merk lain yang nggak terlalu terkenal tapi kualitasnya sama atau bahkan lebih bagus tapi harga lebih murah?

7. Jarang sekali ada barang bagus dan murah. Apalagi bahan pokok alias makanan. Tentunya semakin berkualitas sebuah barang harga juga akan mahal. Daging sapi wagyu tentunya akan lebih mahal dari pada daging sapi import biasa. Why!? Karena kualitas dan bahan baku. Tentunya janganlah terlalu berharap tinggi, sudah mau yang harga murah, maunya bagus, bikin kucing gemuk, sehat, nggka sakit ginjal/kencing batu, dll dll dll dan segala benefitnya. Be realistic. Ada harga, ada kualitas.


So, inti dari semua tulisan ini adalah :
1. Banyak baca dan mencari tahu
2. Bandingkan
3. Putuskan akan membeli/menggunakan produk yang mana yang disesuaikan dengan kebutuhan Si Mpus dan kemampuan Owner. Karena belum tentu yang kata Si A merk B itu bagus dan cocok buat kucingnya bisa cocok dan bagus di kita.


Fiiuuhhh.
Akhirnya beres juga tulisan ini.
Semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan Mas/Mbak yang sedang kebingungan kira-kira lebih bagus merk makanan yang mana yang bisa diberikan kepada Si Mpus tanpa memberatkan keuangan pemilik, ya... :)


Salam,

Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , ,

68 comments:

  1. Antara universal dan equilibro, kucingku lebih suka Equilibro.. hehee.., lebih berminyak dan baunya kuat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Vindy,
      terima kasih atas review nya :)

      Menurut salah satu pet shop yg pernah saya ajak ngobrol & juga beberapa sumber dari Cat Lover yang ada di beberapa forum, Universal dan Equilibrio beda grade Mbak. Equilibrio sudah grade super premium, dari grade tersebut bisa terlihat perbedaan 'isi' dari makanan kucing tersebut. Biasanya kucing tau lho Mbak makanan mana yg 'isi' nya yahud dan menggoda, hahahahhay ~

      Salam buat pus-mpus di rumah :D

      Delete
  2. mbak saya liat ko si belang bisa gembul gt ya, dikasih makanan apa?
    soalnya setiap saya baca blog mbak sepertinya si belang sering dikasih pakan yang berbeda tapi masih bisa gembul gt
    ditunggu sharenya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Vian. Si Belang makanannya ga ganti2 kok, cuman kalau kbtulan lg review makanan kucing baru, ya makanan tsb d ksh coba k si belang. Bgtu... Kalau sdg tdk review makanan apapun, mkanan s belang adlh blackwood d cmpur mknan yg murah (skrg d cmpur profelin, dlu pernah pk starpro). Sbnernya ga ganti2, cmn krn d tulia d blog jd kyak ganti2, hehehehe.

      Delete
    2. Mba aku coba kitten aku, aku kasih black wood kok ga di makan sama sekali ya..di cium langsung pergi

      Delete
    3. Wwkwkkw, ini mah kucing nya milih-milih berarti :)

      Delete
  3. Dari pengalaman saya pelihara 2 kucing pada saat saya ganti pakan mreka dari proplan ke blackwood efek ke kedua kucing saya juga beda,yang 1 jadi lebih doyan n otomatis badanya jg jadi lebih berisi tp ke yang satunya lagi nafsu makan ttp seperti biasa tp badanya jadi kayak alergi gatel gatel gitu padahal blackwood jg pakan yang bagus juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih sudah bersedia berbagi pengalaman Mba Hapsari. Yep, dgn cerita Mba Hapsari ini membuktikan bahwa makanan kucing emng cocok2an juga, dan tegantung selera kucing. Terima kasih sudah berbagi pengalaman ya Mba. Semoga Mpus nya senantiasa sehat :)

      Delete
  4. Semua tergantung sama selera si mpus tp kita juga wajib memperhatikan nilai gizi pada makanan si mpus. Saat ini mimiu mpusku lg blajar makan dry food sblumx dia cuma mau wet food/raw food. Mungkin ada saran buat saya dry food yg tekturx lbh lunak merk apa? Saat ini pake equili persan adult.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Yuda, apa kabar? Yap saya setuju Mas, dgn pndamat mas. Soal selera memang cuma si Mpus yg tau, sbagai human kita hanya mncoba memberikan yg trbaik.

      Utk kibble yg empuk saya pernah coba: Equilibrio, Frost, NutriSource. Sisanya blm nyoba. Tp ada yg bilang Home Cat, Royal Canin juga empuk.

      Adakah Cat Lover yg mau menambahkan informasi ini?
      Silahkan, ditunggu... :)

      Delete
  5. Semua tergantung sama selera si mpus tp kita juga wajib memperhatikan nilai gizi pada makanan si mpus. Saat ini mimiu mpusku lg blajar makan dry food sblumx dia cuma mau wet food/raw food. Mungkin ada saran buat saya dry food yg tekturx lbh lunak merk apa? Saat ini pake equili persan adult.

    ReplyDelete
  6. Dear cat lovers..

    Kitten sy makannya imperial paw.. bukannya promosi tp sy sekedar info si kucing maemnya lahap n pup gak bau dan semua prodak imperial paw tidak memgandung formula babi. Dan si kucing bulunya jg tidak rontok.. untuk pertumbuhan kitten sy sih bagus dan cocok.. bulunya jg sehat dan mudah dicerna si kucing tanpa alergi.. 1 lg imperial paw banyak sekali kandungan gizi, vitamin n protein..
    Kalian bs buktiin sendiri koq pd kucing kalian.. dan bs kalian liat beranda imperial paw di google..

    Dan imperial paw memang terbukti pd kitten sy yg tumbuh sehat.. dan sy jg tdk merasa kebauan dgn pupnya.. kucing sehat.. mommy jg senang melihatnya.. hehee



    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman Sis Galuh Pramerwari. Semoga menjadi pertimbangan untuk Cat Lover lainnya.

      Delete
    2. gan mau nanya ni sya punya kitten umur jalan 4 bln, skrg makananny rc 32 rncna saya mau ksih makan 2 merek bergantian rc dan pp ga dimix jd nunggu rc habis bru ganti pp klo pp abs gnti rc lg itu gmn ya bagus gak buat pertumbuhan kittenny?

      Delete
    3. Halo Mas Rudy.
      beberapa Cat Lover menyarankan untuk ga gonta-ganti makanan, sedangkan saya sendiri termasuk owner yg ganti-ganti makanan kucing.

      Bagus atau tidaknya terhadap kucing, bisa dilihat setelah strategi tersebut diterapkan. Kalau mau lebih pol, kasih orijen, acana, atau taste of wild, Mas.

      Saran saya dicoba dulu aja, kalau dilihat dan dirasa bagus ga masalah untuk dilanjutkan. Kalau ternyata kurang cocok, silahkan hunting lagi kira-kira formula makanan yang seperti apa yang cocok untuk kucing-kucing Mas.

      Semoga Mpus nya sehat selalu.

      Delete
    4. Sadis sarannya :), coha aja pake orijen,acana atau taste of wild....hehhehe, super2 premium semua yg disarankan 😁

      Delete
  7. Halo saya sari,share aja ya Saya pake nutrisource skrg sblmny pake proplan..beda memang dr segi harga dan kualitas..tapi krn trauma kucing kesayangan mati gegara FUS jdnya cari yg grainfree..btw ada yg tau ga lebih baik mix ns dgn equil ato blackwood ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Frentoua.
      Dicoba dulu aja Gan selama 1 bulan dan lihat juga bandingkan masing-masing produk lebih disukai mana oleh kucing Masgan dan lebih bagus yang mana hasilnya :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  8. Hallo semua, mau tanya idealnya kasih makan kucing itu pagi siang dan sore, atau pagi sore, dan jam berapa baiknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Sena Kholis.|
      Saya bantu jawab nya.

      Sebaiknya mangkok makanan kucing selalu terisi. Karena kucing itu makannya dikit-dikit tapi sering :)

      Apalagi saat masih kitten, makanan harus selalu ada :)

      Delete
    2. jeung jeuwis...terima kasih byk infonya...bermanfaat bgt...mohon pencerahannya juga dong jeung..saya n suami pekerja kantor yg selama 8 jam lebih kita di kantor..sehari2 2 mpus domeku : bebi (2bln) & bubu (akhir desember ini 5 bulan usianya) aku masukkan di kamar kami,lengkap dgn litter box,makanan n mainan2meraka..tp pagi2sebelum kita siap2, kita sediakan waktu utk bermain dgn mereka,,kl yg umur 5 bln pagi2kita keluarkan dr kamar supaya bs main bebas dluar n supaya gk bosan..sebelum kita berangkat mereka sarapan dl dgn kukusan ikan kembung layang/ayam..siangnya kita sediakan dry food RC,kl malam setelah kita pulang kantor baru kita masakin lg ikan/ayam kukus utk makan malam mereka..menurut jeung jeuwis gmn utk perkembangan n kesehatan mereka dgn sistem yg saya terapkan pd mpus2saya ini? krn kl menunya kukusan,mereka makannya lahap banget..sedangkan mereka gak terlalu suka dry food..mohon pencerahannya jeung..terima kasiiih.

      Delete
    3. Halo Mba Alia.
      Wow, makanan kucing nya udah bagus Mba :)
      Pasti lebih lahap dengan kukusan, karena rasa daging nya lebih terasa dari pada yg dry food. Sudah bagus kok Mba, tinggal dilengkapi dengan vitamin lainnya utk memenuhi gizi seimbang dan meningkatkan daya tahan tubuh Si Mpus.

      Semoga senantiasa sehat selalu ya Mba keluarganya :)

      Delete
    4. terima kasih reply nya mbak..ada yg blg terlalu sering kasih ikan/ayam kukusan (wet food) tdk baik utk mpusnya,ktnya plg bagus dikasih wet food seminggu maksimal 2x..n hrs dibiasakan mkn dry food..apakah benar spt itu mbak?

      Delete
    5. Halo Sis Alia.
      Yang tidak baik itu adalah yang tidak seimbang.
      Asalkan seimbang, pemberian dry food, wet food, ayam kukus, tidak masalah. Jangan lupa air bersih utk minum juga.

      Delete
    6. pembagiannya yg baik bgmn mbak supaya seimbang?..kl utk makanan harian mpus saya seringnya pagi n malam ikan kukus,siangnya dry food..atau terkadang dlm sehari cm sekali ikan kukusnya selebihnya dry food. kl minum selalu disediakan setiap saat..mpus ku minum air yg sama dgn kita.

      Delete
  9. Selamat sore,

    Hai saya mau tanya, sudah beberapa hari ini kucing saya diare, umurnya 2 bulan kurang, warnanya putih dan bau. Sempat muntah tapi cuman sekali. Makan saya kasi rc veteranary diet dan lacto b. Tetap diare pada akhirnya saya belikan antibiotik dan vitamin seperti kucing saya sebelumnya diberi oleh dokter. Nah baru hari ini sebelum saya beri obat saya liat ada butiran putih seperti beras di kotorannya yg cair tsb, apakah itu cacing/telur cacing? Lalu apakah bisa saya beri combantrine? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nadya.
      Bisa jadi cacingan. Tapi karena saya tidak melihat pasti seperti apa wujudnya, jadi bisa saja saya salah.

      Tapi memang salah satu ciri kucing cacingan adalah mencret dan muntah. Tapi tidak semua mencret dan muntah itu cacingan ya, yang pasti kalau kucing cacingan adalah di pup dan muntahnya ada cacingnya (bisa hidup atau mati kondisi cacingnya).

      Jika mencret masih berlanjut, saran saya segera bawa ke dokter hewan ya :)

      Delete
  10. Kapok pake pp buat kucing kena fus. G akan pake itu lg buat mix.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Arlia.
      Trims sudah berbagi pengalaman ya Sis.
      Semoga senantiasa sehat Mpus nya.

      Delete
  11. Dear min.. Mau Tanya dong, kucing saya Persia umur 6th,selama ini kucing saya makan royal canin adult..harus tidak saya ganti ke makanan khusus senior? Misal royal canin senior atau Brit care senior..kalau harus apa manfaatnya Untuk si kucing, mohon penjelasannya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Sis Katthy.
      Jika memang memungkinkan, saya menyarankan kucing Sis untuk diganti makanannya ke kucing senior (terutama kucing senior yg indoor)

      Delete
  12. permisi numpang nanya dong, kucing saya biasa makan royal canin tapi pas dikasih wiskas dia gamau makan sampe lemes gitu, apa emang ditakdirin gabisa ganti makan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Fakhri.
      1. Wajar kucing Masgan jd mogok makan pakai makanan kucing yang grade nya di bawah makanan kucing yang biasa dia makan, kucing tau mana yg enak (harga ga bohong hehe).
      2. Ah ngga juga... Masgan nya udah nyoba ganti dengan berapa merk? Kalau cuman baru ganti dr RC ke Whiskas dan dia ga suka Whiskas, itu mah bukan takdir ga bisa ganti makanan atuh, bisa aja Si Kucing memang ga suka Whiskas. Karena tiap kucing punya selera beda-beda. Coba eksplore dan coba berikan kucing Masgan berbagai jenis merk dan grade, nanti juga ketemu kok makanan kucing merk apa saja yang disukai kucing Masgan. Mungkin skrg dia ga mau Whiskas, coba ganti merk lain, banyak sekali pilihan merk yg bisa dicoba. Selamat mencoba ya.

      Delete
  13. Min, reaksi obat combantrin berapa jam ya min? Soal nya dua jam yang lalu saya menyodok suntik ke mulut kucing saya yang cacingan. Tapi gak ngefek apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di jawab di kolom komentar bahasan combantrin anak ya.

      Delete
  14. Halo.kaka..mau tanya..anak kucing aku umurnya masih 3bulan lahirnya 10feb 2017..nah poopnya itu cair dan ad cacingnya kadang" ada muntahan cairan juga kak..tp kucingnya lincah dan syukurnya ga lemas..ak msh kasih makan whiskas junior makarel kak kadang" rasa tuna..tapi anak kucingnya ini sering suka makan makanan emaknya padahal umurnya msh blm ckp kalau makan makanan emaknya..nah lalu takaran combantrin yg pas untuk anak kucing kampung itu berapa kak?kayaknya bb nya msh belum berat dan mungkin sekitar 1kg..yaa msh kecil anaknya..kemarin itu sehat dan gemuk sekarang sedikt kurus..sedih liat dia poop cair terus kak :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Jika di pup ada cacingnya, maka kemungkinan besar cacingan. Apalagi sudah muntah cacing, maka sangat besar kemungkinannya kucing memang benar cacingan.
      2. Gpp kok kalau dia mau makan makanan induknya, yang penting asupan gizi nya tetap terpenuhi. Asalkan cocok buat kucingnya maka tidak apa-apa. Karena anak kucing mencontoh apa yang dilakukan dan dimakan induknya.
      3. Pemberian combantrin sesuai dgn berat badan. Di baca aja di review Combantrin Anak di Blog Radio Kucing. Pemberian obat jangan "kiera-kira:, dosis harus sesuai dengan usia dan berat badan. Jika kucing sudah cukup umur, baiknya di berikan obat cacing khusus hewan, karena combantrin itu utk manusia.
      4. Poop nya cair sepertinya karena cacingan (jika memang benar cacingan ya, karena pup cair bisa jadi ga cocok makanan, perubahan cuaca, cacingan, dll)

      Saya sangat menyarankan Sis untuk membawa kucing ke dokter hewan ya. Agar penangannya benar dan tepat.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  15. Kucing saya ada 5 ekor, smua makanny maxi di campur ikan rebus, semuany lahap trus si mpus jg sehat n gemuk.. pupny jg gak da masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih atas sharingnya Mas Boy.
      Semoga senantiasa sehat selalu Mpus-mpus nya :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Alo..salam cat lovers, aku ada kucing cowo udah tua ,umur 9tahun,indoor,beberapa tahun ini pup nya selalu encer n sehari bisa pup 3 kali,udah dikasi obat cacing n makanan udah coba di ganti2 dari meo persi, imo,proplan,equil,sampe RC semua bikin pup encer n sering.. kira2 itu napa yah gan? Soalnya sodara nya yg lain pup nya normal2 aja dengan makanan yang sama.jadi stress saya membersihkan pup nya tiap hari.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa ke dokter hewan ya Sis, takutnya ada cacingan atau masalah pencernaan, maklum kalau kucing sudah senior kadang ada masalah di dalam tubuh :)

      Mudah-mudahan segera sehat kembali ya Mpus nya.

      Delete
  18. kalo yang wetfood disediakan dalam porsi yang banyak di mangkuk, apa tidak jadi basi nanti nya kalo terlalu lama? mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo
      Pasti basi. Beberapa wet food malah ngga tahan sampai 2 hr lebih setelah buka kemasan.

      Delete
  19. Pengalaman sy ngasih RC ke moing dia gamau 😂 kayanya baunya kurang gitu akhirnya ke proplan buat si moing makannya lahap dan cepet gemuk tp minumnya sangat sedikit, kucing rentan kena penyakit ginjal akhirnya saya ganti ke equilibrio dan sama lahapnya, cuma gemuknya ga secepet proplan dan kabar bahagianya minumnya bisa banyak jd sy sampe skrg selalu equlibirio 😁 krn menurut saya balance buat si moing kan equil udh super premium + nafsu minum tetap banyak dan sering dibanding pake proplan / RC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw.
      Eh buset dah di kasih RC kaga mao... :v
      Ah syukurlah sekarang sudah nemu makanan kucing yang cucoks. Makasih ya udah sharing Sis. Semoga senantiasa sehat selalu ya... :)

      Delete
  20. Pengalaman saya pas ngasih makanan kucing RC disamping equilibrio, kucing saya lebih lahap makan equili tapi cepet laper. Pas makan RC makannya sedikit tapi gacepet laper.

    Kalo dari aromanya lebih nyengat RC daripada equili, dan bentuknya lebih kecil dan basah RC.

    Saya juga mau nanya min, boleh ga sih ngasih makan kucing yg berbeda (RC vs equli) dalam 1 tempat kaya pengalaman saya diatas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, makasih banyak atas sharing nya Agan... :)
      Maksudnya nyampur makanan kucing dalam 1 mangkok? Kalau saya sih paham "boleh", ehhhe. Yang penting cocok di kucing... :)

      Delete
  21. Gan...sejak awal adopsi mpuss saya sepertinya ga suka minum air matang. Dia kadang suka nyelonong ke kamar mandi dan ember berisi air bersih. Itu gimana ya Gan... Saya takut dia sakit. Oya dia jg lbh suka equil dibanding pp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai dia suka Equil dr pada PP, itu mah selera kucing, seperti saya yg lbh suka suka nugget Fiesta dr pada daging asap. Selera masbro...

      Memang beberapa kucing lbh selera minum air WC, anjing juga sama... Saran saya jangan dibiasain. Tetap sediakan air matang / air mineral, misal Aq*a asli / air mineral asli, bukan isi ulang galon, di beberapa jenis wadah : wadah beasr, wadah palstik, wadah stainless, gelas keramik, dll. Kadang kucing bosan / ga suka dengan wadahnya, jadi dia ngga mau minum...

      Bahkan kucing saya Si Belang lebih doyan minum semenjak dia di kasih air mineral asli dibandingkan sebelumnya...

      *emang aneh ni kucing ekeu

      Delete
  22. Halo ka juwies, sblmnya aku mau ngucapin makasih bgt. Krn blog radio kucing salah satu pedoman aku untuk merawat kucing aku. Mulai dri si mengmemg yg msh kecil dan skrg 1th smpe 1bln yg lalu lg2 aku nemu kitten dpn rmh. Aku juga salah satu #ekhem langganan di radio kucing hihi.

    Oke aku mau share sedikit soal makanan.
    Aku nemu kitten ini waktu 17 desember 2017. Ga yakin jg sm rasnya, klo diliat itu kya mix persia kampung gt.
    Krn itu liburan akhir smt, aku titipin kucingku di pcr aku. Nah yg ngurusin makan sih tmn aku, akhirnya tmn aku beliin wetfood merk me-o. Pcr aku tiap ngasih makan tuh takarannya 1 genggeman dan itu langsung habis seketika.
    Doi cerita ke aku, klo sehabis makan dia pasti langsung pup smpe doi kewalahan buat bersiin pasir box nya. Dia gk cerita sih bentuk pup nya itu kaya gmn.
    Krn aku kurang yakin sm merk ini akhirnya aku pindah ke whiskas. Stlh pindah alhamdulillah dia ga terlalu sering pup kya yg me-o td. Cmn mslhnya bulu dia jd rontok b a n g e t dan aku baca2 di forum cat lovers klo merk ini ga baik buat kucing krn lebih rentan kena batu ginjal dkk.
    Dan banyak yg nyaranin buat pindab ke Rc cmn, dia ga selahap yg makanan dia sebelumnya. Tiap aku kasih pasti ada aja yg nyisa :(

    Nah krn rc yg menguras dompet cukup banyak, aku sih pengennya di mix aja. Apakah ada saran ka rc di mix sm apa gt? Klo mix2 makanan gt apa baik buat kitten? Takutnya krn msh kecil dia ga bisa di mix gt

    Makasih 💕💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah menjadi pembaca dan pelanggan setia radio kucing. It's means a lot for me. Jika dilihat dr riwayat makakan kucing yang biasa Sis gunakan yaitu Frieskies dan Whiskas, berarti range makanan kucing nya sekitaran 40-60 rb per kg ya? Saran saya bisa coba Power Cat, Monello, Frost, Home Cat, dll.

      Mudah2an ada yg cocok di kantong dan cocok di si Mpus ya.
      Salam paw paw... :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Halo gan, ane punya kitten anggora umur 5bln. Rencana makanan dia sebelumnya mo ane ganti ke equil. Nah setelah ane review equil, ko yg tersedia equil indoor semua ya. Sedangkan kitten ane terbiasa ane lepas di luar rumah dr pagi ampe maghrib. Apakah ngga masalah kalo kitten ane yg terbiasa outdoor dikasih equil indoor? Gizinya tetep ngaruh ke kitten ane ngga ya?

    ReplyDelete
  25. Kak aku punya kucing umurnya sekitar 4 bulan. Tapi kucing aku itu suka makan yang wet food gt kak, kalau aku kasih dry food kucing aku jadi nafsu makannya kurang kak. Dia mau makan kalau makanannya bau amis amis gt kak. Dry food apa ya kak kira kira yang cocok, aku udah coba kasih rc kitten tapi juga gak mau kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mah tinggal masalah kebiasaan aja. Harus tega ngebiarin kucing terpaksa makan dry food nya dulu, jangan dia muyung sedikit lalu di kasih wet food, kalau kayak gini si kucing jadi tau kalau dia mau makan enak (wet food) maka dia harus muyung dan bersedih. Ini mah masalah didikan pemilik kucing aja :)

      Delete
  26. Bro kalo kucing udah dewasa tapi masih makanan kucing equil kitten ituu gpp apa harus ganti ke adult ya? Apa ngaruh kebulu juga? Soalnya bulunya rontok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dalam jangka panjang baru ada efek nya, misalnya kucing kalau udah tua baiknya jangan kasih makan yg terlalu high protein. Kalau kucing dewasa rontok biasanya masalah birahi atau cuaca.

      Delete
  27. Kucing saya umurnya 7bln, awal melihara itu fatal soalnya ganti makanannya ga berkala.. tadinya RC diganti friekies, kucingnya jd mencret.. terus dr Frieskies ke Wishkas diganti berkala malah tambah parah (pupnya berdarah+lembek+bau banget) tp nafsu.. Saya balikin deh ke makanan awalnya RC, jd nafsu lagi, pencernaannya baik lg.. Tp bwt Mahasiswi, RC ga bersahabat harganya 😂 Saya mau ganti lagi.. kira2 bagus equilibrio/ProPlan?
    Terus kucing2 saya pny kebiasaan aneh.. Kalo minum, ga bisa ditempat yg sama.. jd sebulan sekali dia harus ganti tempat minum, kalo ga diganti, dia ga mau minum.. 😂 ada saran ga biar ngilangin kebiasaan aneh kucing2ku? 😅

    ReplyDelete
  28. Kucing saya umurnya 7bln, awal melihara itu fatal soalnya ganti makanannya ga berkala.. tadinya RC diganti friekies, kucingnya jd mencret.. terus dr Frieskies ke Wishkas diganti berkala malah tambah parah (pupnya berdarah+lembek+bau banget) tp nafsu.. Saya balikin deh ke makanan awalnya RC, jd nafsu lagi, pencernaannya baik lg.. Tp bwt Mahasiswi, RC ga bersahabat harganya 😂 Saya mau ganti lagi.. kira2 bagus equilibrio/ProPlan?
    Terus kucing2 saya pny kebiasaan aneh.. Kalo minum, ga bisa ditempat yg sama.. jd sebulan sekali dia harus ganti tempat minum, kalo ga diganti, dia ga mau minum.. 😂 ada saran ga biar ngilangin kebiasaan aneh kucing2ku? 😅

    ReplyDelete
  29. Saya mau review produk frost adult indor, dia bagus banget buat kucing2 saya, tadinya saya pake me-o tapi yah biasa2 aja kucingnya cocok sih, cuma disaranin sama abang2 petshop suruh gantu frost karena kandungan proteinnya udah tinggi 35%,terus frost itu udah super premium, yaudh saya coba kan terus galama kucing saya jadi gemuk, bulunya bagus ga rontok sama sekali, pupnya ga nyengat, gak pernah mencret sama sekali, minumnya juga banyak normal2 aja,yang pasti makanan frost ini rekomend banget deh, tapi udh 1 bulan ini petshop langganan saya udah ga jual frost, entah kenapa, jadi saya ganti ke proplan, apa disini jual frost juga? Soalnya frost bagus dan cocok dikantong harganya gak mahal

    ReplyDelete
  30. Mpusku berumur 4bln, atas saran drh sejak umur 3bln saya kasi equil, tpi koq setiap Bab berdarah, tapi mpusnya sehat" aja, trus ada teman peternak bilang coba ganti pakannya, saya ganti ke universal tapi tetap aja berdarah BAB nya, itu knapa ya, coment dong yg punya pengalaman sprti mpus saya 😊

    ReplyDelete
  31. Mpusku berumur 4bln, atas saran drh sejak umur 3bln saya kasi equil, tpi koq setiap Bab berdarah, tapi mpusnya sehat" aja, trus ada teman peternak bilang coba ganti pakannya, saya ganti ke universal tapi tetap aja berdarah BAB nya, itu knapa ya, coment dong yg punya pengalaman sprti mpus saya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian kucing nya, udah coba dikasih makanan basah? mungkin bisa lebih mudah dicerna, klo masih berdarah juga mending langsung bawa ke dokter.. dulu kucing sy pernah ky gitu juga kata drh kena cacing dan radang gitu, terus disuntik dan dikasih obat + vitamin tp sy lupa apa namanya krn udh lama banget, cb ke drh aja semoga lekas sembuh yaa kucing nya 😍

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D