Sunday, March 29, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing mengumpulkan beberapa pertanyaan yang mungkin sering kali muncul di benak Cat People saat memandikan kucing sendiri di rumah.

Yuk, disimak...

1. Apakah boleh memandikan kucing dengan air dingin? Atau harus dengan air hangat?
Sebenarnya boleh saja memandikan kucing dengan air dingin, namun hal tersebut tidak disarankan, karena akan membuat kucing kedinginan. Apalagi jika Si Kucing tidak dikeringkan atau tidak bisa dijemur karena langit sedang mendung, maka akan sangat lebih baik menggunakan air hangat. Selain itu air hangat juga membuat kucing relatif tenang 

2. Lebih bersih mana, memandikan kucing di Pet Shop atau di rumah?
Keduanya bisa jadi lebih bersih atau lebih tidak bersih, tergantung siapa dan bagaimana memandikannya. Baik memandikan di Pet Shop ataupun di rumah, yang perlu diperhatikan adalah hasil mandi yang bersih dan kering. Jika tidak bersih dan tidak tubuh kucing tidak benar-benar kering, maka akan akan menimbulkan jamur dan penyakit kulit lainnya. So, mau di Pet Shop atau mandiin kucing sendiri di rumah, yang penting adalah bersih dan kering.

Oiya, jika Cat People memiliki kucing lebih dari 1, saran saya sediakan masing-masing kucing waslap, sikat, dan handuk masing-masing. Hal ini guna meminimalisir terularnya kucing lain jika ada kucing yang ternyata memiliki penyakit kulit seperti jamur, ringworm, atau kutu. 

Sekedar berbagi pengalaman, Si Belang kena jamur setelah pulang dari dimandikan di pet shop :(

3. Ada saran jika ingin memandikan kucing di Pet Shop?
Pastikan Si Kucing di rawat dan dimandikan dengan baik dan penuh kasih sayang oleh Pet Shop.
Saya punya pengalaman buruk setelah 2x memandikan kucing di Pet Shop. Kucing yang dulu bulunya rontok parah, dan yang terakhir saat si Belang dimandikan di Pet Shop kuku kaki depannya berdarah... :( Sepertinya petugas Pet Shop yang memandikannya nggak sengaja memotong kuku si belang sampai kena kutikulanya... :( Lalu, beberapa minggu kemudian Si Belang tiba2 jamuran di sekitar leher dan tengkuk. Setelah baca-baca, ternyata jamuran muncul setelah 4minggu dari kontak pertama dengan kuman tersebut, dan jika dihitung-hitung waktunya cocok dengan saat Si Belang dimandikan di Pet Shop pertama kali. Sepertinya alat mandi yang digunakan tidak higienis dan digunakan bersamaan dengan kucing lain yang memang sudah berpenyakit... :(

So, pastikan memilih Pet Shop yang tepat jika akan memandikan kucing di petshop. Pilih pet shop yang menyediakan fasilitas "boleh melihat kucing saat dimandikan".

4. Bolehkan kucing dimandikan menggunakan sampo/sabun manusia?
Banyak yang bilang nggak boleh, tapi saya pribadi pernah melakukannya.
Tapi, jika memang ingin bulu kucing lembut dan mengembang dengan indah, ada baiknya memanggunakan sampo khusus kucing yang mengandung kondisioner. Jika kucing berkutu, bisa menggunakan sampo kutu, namun pastikan terbilas sempurna sehingga tidak membahayan kucing. Saya pribadi memandikan Si Belang dengan sampo khusus kucing, namun jika sedang dalam keadaan kepepet (misalnya sedang berlibur di rumah orang lain atau sampo Si Belang habis), maka saya menggukan sabun dan sampo yang ada, tidak diperibet.

5. Kalau kucing jamuran atau kutuan, bagusnya dimandikan pakai apa? Ada yang murah nggak?
Yang murah ada, tapi harus sabar. Ada baiknya jika Si Kucing kutuan/jamuran bisa langsung diberikan obat anti kutu / anti jamur, untuk obat anti kutu bisa gunakan fr*ntline/rev*lution (harganya 130ribuan per tube). Namun, jika ingin usaha dulu dengan cara memandikan kucing dengan sampo/sabun anti kutu/jamur, bisa gunakan sampo kucing khusus kutu/jamur. Harganya sekitar 25rb/botol. Namun, jika ingin lebih hemat lagi, bisa menggunakan sabun dengan kandungan sulfur, seperti sabun JF S*lfur. Dengan menggunakan sabun ini, kutu kucing akan mabok (jadi gampang untuk dicabut) dan jamur perlahan berkurang dan hilang jika di mandikan secara rutin dan benar. Namun, kelemahan dari penggunaan sabun ini adalah bulu kucing jadi rontok. Namun, jika penggunaan sabun tersebut dihentikan, maka rontoknya pun akan berhenti. Jika penggunaan sabun tersebut sudah dihentikan namun bulu kucing masih rontok, maka perhatikan asupan makanannya, harus yang bergizi. Juga pastikan kucing bebas kutu/jamur, karena kutu/jamur bisa menyebabkan rontok juga.

6. Bagaimana cara mengeringkan badan kucing?
Mengeringkan badan kucing bisa dengan menggunakan handuk/kanebo untuk mengangkat air-air yang ada di tubuh kucing. Setelah itu bisa mengeringkan kucing dengan hairdryer/menjemurnya di bawah matahari tidak langsung.

7. Sebaiknya berapa minggu sekali memandikan kucing?
Jika kucing sedang berpenyakit (kutu/jamur), bisa memandikan kucing seminggu sekali. Jika kucing sehat-sehat saja, sebulan sekali juga cukup. Kadang saya memandikan Si Belang 2bulan sekali, haha.



8. Perlukan menyisir kucing sehabis mandi?
Yap!
Mau kucing long hair atau short hair, kucing sebaiknya disisir sehabis mandi. Sisir kucing baiknya menggunakan sisi sikat lembut, menggunakan sisir jenis ini bisa mengangkat bulu-bulu rontok yang ada di abdan kucing. Sisir berongga bisa digunakan untuk kucing berbulu long hair agar bulunya bisa dipisah-pisah (nggak lengket/kusut).


Semoga informasi ini bermnafaat.
Jika ada pertanyaan lainnya seputar memandikan kucing, silahkan komen di bawah yah.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi.


Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

189 comments:

  1. Shamponya biasanya pake apa? Bingung pengen nyoba mandiin sendiri tp gak tau shampo yg bagus merk yg mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake sampo yang biasa ada di petshop Bu, duku harganya 23rbatau 35rb/botol. Kalau bingung pakai merk apa, coba dulu yg murah dan gampang ditemui :3

      Kalau ada masalah, bisa mencoba merk dan fungsi khusus, misalnya khusus jamuran atau khusus kutu.

      Delete
  2. Kucing saya kena jamur dikuping & ada kutu,
    KLo dimandikan pakai samphoo bayi bisa tidak??
    kLo bisa pakai samphoo bayi, samphoo bayi merk apa yaa kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Achmed.
      Jika kucing jamuran dan berkutux saran saya sembuhkan dlu kutu atau jamurnya menggunakan treatment khusus :) Bisa pakai sampo, sabun, minyak, suntik jamur, salep, dll...

      Masing2 jenis treatment ada kelebihan dan kekurangan. Mas Achmed bisa membaca dan mencari tahu kira2 mana yg cocok utk si Kucing dan Mas Achmed.

      Semoga membantu.

      Delete
  3. Kalau memandikan kucing kan tidak boleh terkena kepalanya. Lalu bagaimana membersihkan wajahnya. Kadang hidungnya hitam2 gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Regina, apa kabar?
      Yep, sebaiknya tidak diguyur ke area kepala, takut airnya masuk telinga, mata, mulut, atau rongga lainnya.

      Untuk membersihkan wajarnya bisa menggunakan tangan atau handuk/kain yang diberi sedikit air. Bisa juga menggunakan tisu basah.

      Dihidungnya ada hitam-hitam kotoran tanah atau kulit terkeluopas? Kalau kotoran tanah bisa dilap pakai tisu yg diberi sedikit air atau tisu basah. Kalau kulit terkelupas, membersihkannya pelan-pelan yah, takut kucingnya merasa perih atau sakit.

      Semoga membantu.

      Delete
  4. Kucing saya sedang sakit flu tapi saya tidak tahan badannya sudah agak bau dan harus segera dimandikan, boleh tidak yaa memandikan kucing saat flu? Saya takut kuving saya jamuran karena udah lama ga dimandikan :(

    ReplyDelete
  5. Kucing saya sedang sakit flu tapi saya tidak tahan badannya sudah agak bau dan harus segera dimandikan, boleh tidak yaa memandikan kucing saat flu? Saya takut kuving saya jamuran karena udah lama ga dimandikan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Resty Aprilyanti.

      Jika kucing sedang sakit flu, jangan dimandikan ya. Jika merasa badan kucing sudah bau / kotor, seka dengan menggunakan tisu basah untuk bayi.

      Mengenai jamuran, tidak melulu harus dimandikan, bisa menggunakan minyak tawon, minyak vco, dll. Jika tidak mau bulu kucing lengket, bisa menggunakan minyak tawon. Ulasan lengkapnya ada di Blog Radio Kucing, bisa cek di menu Indeks.

      Semoga jawabannya membantu :)

      Delete
  6. Halloo.. kucing saya dimandikan di petshop, malah kepalanya dibasahi.. ga sempet protes kitanya.. trus skrg malamnya pulang2 dy bersin2 n ky batuk pilek gt.. gimana yaa? Ada solusinya ga? 😒😒😒😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Putri.
      Saran saya membooster imunitas Si Kucing. Kalau cuma bersin saja belum tentu flu, bisa jadi baru kejala awal flu. Bosster dengan vitamin dan asupan gizi yang baik, bisa juga memberikan madu + kuning telur.

      Jika memang sudah flu, bisa memberikan obat flu khusus hewan, jangan berikan paracetamol ya.

      Semoga membantu.

      Delete
  7. Apkah kucing bs kena serangan jantung? Masalahnya kucing saya mati karena serangan jantung (kata dokter) setelah saya mandikan dipetshop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka Sis, yg sabar ya.

      Mohon maaf. Utk pertanyaan penyakit khusus (jantung, penyakit dalam, dll) saya tidak bisa memberikan informasi, krn takut salah jawab.

      Sebaiknya ikut informasi dan petunjuk dokter hewan. Sis juga bisa melakukan kunjungan ke beberapa dokter hewan yang berbeda sehingga ada secondary option yg bs d jadikan pertimbangan. Semoga membantu.

      Delete
  8. Hallooo ka.. Kucing aku selalu dilepas dirumah tapi belakangan ini suka aku masukin ke kandang biar terbiasa, dia malah gamau makan minum sama kandangnya di gigitin terus. Ini gejala stress ga sih gara2 dikurung di kandang? Aku takut kucing aku stress kak thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dea.
      Jika membaca informasi Sis di atas, betul sepertinya ini salah satu kejala kucing stress, tidak suka, dan tidak nyaman di dalam kandang. Kucing yg terbiasa main bebas akan berasa terkekang dan biasanya jadi stress saat di kandang. Jika memang benar Sis Dea takut kucingnya stress, maka kucing jangan dikandangi... :) Jika ingin menempatkan kucing di area tertentu di dalam rumah coba diskusikan dengan orang rumah untuk membuat kamar khusus kucing, sehingga kucing tetap bisa bebas bermain di area yg luas tanpa merasa terkekang :)

      Semoga membantu.

      Delete
  9. saya ragil,
    ingin bertanya kucing saya umurnya 3 bulan dan lagi sakit jamur banyak banget apa lagi dibagian kaki, sudah dibawa ke dokter tetapi dokter tidak menganjurkan untuk disuntik karena masih 3 bulan, sudah diberi salep lalu sudah sering dimandikan tetapi tidak hilang,,saya harus bagaimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Ragil.
      Guna membantu menemukan solusi yg tepat, mohon dilengkapi informasi-informasi yang ditanyakan berikut ini :

      1. Pemberian salepnya apakah menggunakan salep khusus jamur, kah? Merk apa? Apakah salep tersebut untuk manusia atau khusus untuk hewan? Berapa kali dalam sehari pemberian salepnya?

      2. Memandikannya menggunakan treatment apa? Apakah menggunakan sampo manusia atau sampo khusus hewan? Jika menggunakan sampo khusus hewan apakah yg ada pengubatan jamurnya atau sampo khusus hewan yg biasa? Jika menggunakan sampo khusus hewan yg sudah terdapat utk pengobatan jamurnya, sampo tersebut merk apa? Sudah berapa kali memandikannya? Dan dalam jangka wantu berapa lama skala memandikannya kembali?

      Ditunggu informasinya :)

      Delete
  10. haii kak...
    aku punya kucing umurnya 8 bulan lebih gitu tp dia lg hamil kak. ada cara khusus buat mandiin nya ga kak? aku pernah mandiin nya pake air dingin gitu kak πŸ˜₯ Gejala kucing yg mau sakit gimana ya kak? kayak gejala flu atau yg lainnya. kucing aku bulunya agak rontok kak, apa karna dia hamil? trus pertanyaan terakhir, ada makanan khusus ga kak buat kucing hamil?
    makasih kak ☺️maaf kalo aku banyak nanyaa yaaa kakk 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga.
      Pertanyaannya dijawa satu-satu ya.

      1. Jika sedang hamil, baiknya kucing jangan dimandikan. Juga sampai kucing beres ASIK Ekslusif (Air Susu Induk Kucing Ekslusif ) juga jangan dimandikan dulu, sekitar 2-3 bulan pasca melahirkan baru sebaiknya bisa dimandikan. Tapi lihat juga kondisi induk kucing, jika lemas atau belum fit, maka jangan dimandikan. Gunakan tisu basah untuk memebrishkan bagian yg kotor pada induk kucing.

      2. Gejala kucing mau sakit pada umumnya lemas, susah makan, tidak bersemangat, murung, ada juga yg jadi senang diam dipojokan, dll. Gejala flu pada kucing juga mirip seperti yg tadi saya sebutkan, juga kadang disertai ingusan.

      3. Bulu rontoknya kenapa dulu? Kurang gizi? Jamuran? Stress? Ga cocok sampo? Perubahan cuaca? Cacingan? Atau apa? Cek dulu masalah yg sedang dialami oleh kucing yg menyebabkan kerontokan bulunya secara spesifik, baru setelah itu cari penangan yg terbaik.

      4. Untuk bentuk dry food ada kok yg khusus induk hamil. Cek aja di pet shop deket rumah, tapi biasanya harganya lumayan, hehehe.

      Terima kasih kembali.
      Semoga membantu jawabannya.

      Delete
    2. aku pake sampoo merk oville kak, sebelumnya iyaa kucing aku sempat cacingan kak udah sebulan yg lalu sih trus aku kasih aja obat cacing. abis tu ga ada lg cacingan. aku kira rontoknya karna dia hamil hehe. kucing aku aktif bgt kak suka lari-larian trus makan nya banyak bgt. yg makanan sekilo aja tahannya cuma 10 hari kak πŸ˜‘

      Delete
  11. Hallo ka, aku mau nanya. Aku punya anak kucing umuran 2,5 bulanan. Dibagian ekornya jamuran kak. Sampai bulunya botak rontok gitu. Nah kirakira bgusnya gimana nih ka? Kucing aku apakah boleh dimandikan dgn sabun khusus? Atau dipakaikan obat dlu buat menghilangkan jamurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Selma.
      Jenis jamurnya seperti apa? Kerak-kerak seperti ketombe? Jika jawabannya adalah YA, maka mandikan dengan sabun / sampo anti jamur yg antiseptik. Ingin menggunakan obat bisa, misa menggunakan salep.

      Semoga membantu.

      Delete
  12. Mau tanya.. Baru dpt kucing himalaya dari om (sblm nya blm pernah pelihara kucing jenis ini) blm pernah vaksin sama sekali skrg usianya 2tahun,baiknya vaksin apa saja yg di berikan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ricky Satro.
      Vaksin yg diberikan bisa tricat/forcat dan rabies.
      Konsultasikan kepada dokter hewan setempat sebelum diber vaksin ya. Karena jika kucing ga enak badan (demam, lemas, mencret, dll) maka sebaiknya tidak di vaksin.

      Semoga membantu.

      Delete
  13. Kalau memandikan kucing 2hari sekali boleh apa enda yah min . Makasih

    ReplyDelete
  14. Kalau memandikan kucing 2hari sekali boleh apa enda yah min . Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Ardi Arin.
      Kalau kucingnya ga terlalu bau dan kotor, seminggu sekali saja juga sudah cukup kok :)

      Delete
    2. Kalau kucing usia 2 bulan dimandikan 2 hari sekali boleh tidak?

      Delete
    3. Kalau kucing usia 2 bulan dimandikan 2 hari sekali boleh tidak?

      Delete
    4. Halo, sebaiknya memandikan kucing jangan terlalu sering, 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali bahkan 1 bulan sekali pun tidak apa-apa, asalkan kucing sehat dan ngga ada masalah. Kecuali ada petunjuk dokter atau dalam treatment pengobatan (misal mengobati sakit kulit) maka ikutilah petunjuk pengobatannya.

      Delete
  15. Hallo kak aku mau tanya kucing aku tipe bulunya panjang dan kemarin aku nemuin da hairball kusut gitu di badannya πŸ˜” sebaiknya di apakan ya apa harus di guntingπŸ˜” thank you 😊 nb maaf hp sy lg rusk jd ga bisa ketik tand tany huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Tiara.
      Jika ada bulu kusut di kucing longhair, coba disisir dulu dengan sisir bergigi jarang. Jika tidak berhasil maka bisa digunting.

      Semoga membantu.

      Delete
  16. hallo radio kucing.... cuma mau share aja nih... kalo mandiin kucing, mending kita aja deh yg mandiin. jujur yah... aku liat video di y*utub* cara karyawan pet shop memandikan kucing. ya ampuuuuuun... ga tega aku liatnya. kucingnya sampai stres. kayanya lbh baik kita sendiri aja deh yg mandikan. rasa kasih sayang kita dan karyawan pet shop jauh banget terhadap sie ipus. so... kalo aku lebih memilih memandikan sendiri aja. lbh bersih dan terjamin penuh kasih sayang. thx yah radio kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Retno Ayu.
      Makasih juga berbagi cerita. Mudah2an kita menemukan pet shop yg tepat utk memandikan kucing kita ya :)

      Delete
  17. Hai ka aku mau tanya aku punya anak kucing 2 dan tanggal 5 desember sudah berumur 3 bulan apa boleh saya mandikan skrng" ? Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sabrina.
      Sudah boleh kok. Asalkan menggunakan air hangat dan saat sesudah mandi segera dikeringkah dan dijemur dibawah cuaca hangat dan tidak terkena matahari langsung.

      Delete
  18. Halo ka, mau tanya dampaknya mandiin anak kucing yg umurnya belum 3 bulan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Asti.
      Usia di bawah 3 bulan kucing masih belum siap dan bugar benar, karena masih terlalu kecil, juga rentan sakit. Jadi sebaiknya setelah kucing agak besar baru dimandikan agar fisiknya lebih kuat menahan dingin pasca dimandikan

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  19. hai kak, mau tanya nih..
    kucingku nakal banget, kalo tidur sukanya dipasir. kadang pup juga masih nempel-nempel dikaki tapi uda lari kesana kemari, jadi sy suka diomelin disuruh mandiin. sedangkan hari sabtu baru aja sy mandiin. kalau besok (rabu) saya mandiin boleh ga ya?kucingnya baru umur 3bln 2 minggu.
    makasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Rizki Dian

      1. Bukan nakal, beberapa kucing memang sukanya bermain dan menikmati alam bebas, salah satunya kucing Sis yg nyaman dengan pasir. Sama seperti anak manusia, ada yg suka main bola ditanah becek sambil hujan-hujanan, ada juga yg suka main video game di bawah selimut dan ruangan ber- AC. Mereka bukan nakal, hanya masalah kegemaran saja...

      2. Sebaiknya kucing tidak perlu sering dimandikan jika tidak terlalu perlu, karena pada beberapa kucing bisa menimbulkan stress atau sakit karena sering kali dimandikan. Saran saya kalau hanya kotor sedikit Sis bisa membersihkan tubuh kucing dengan cara mengelap menggunakan tisu basah yang aman terjilat, biasanya bisa menggunakan tisu basah untuk bayi. Selain lebih mudah membersihkan tubuh kucing jika hanya kotor-kotor sedikit, penggunaan tisu basah utk bayi juga mempermudah Sis sehingga tidak perlu memandikan sering-sering.

      Semoga membantu.

      Delete
  20. Halooo kak..kmrn ak baru mandiin kucingku nih..sebelumnya kucingku ada 2 induk dan anaknya.nah pas ak udh mandiin nih 2 kucing eh kucing ak yg kecil jd suka nggerung2 gt dan suaranya jd kaya serak (pokoknya g seperti biasa) terus dipegang kaya ketakutan gt dan parahnya lg dia jd takut sm si induk.klo ktm induk bawaanya kaya marah gt.meraung2 dan nyakar khas kucing berkelahi.dan kayanya si kucing jg stres tidurnya jd suka dipojokan..knp ya kak??mohon bantuannya.kmrn2 si kucing ak mandiin g kenapa2 kok skg jd begitu.pdhl udah pakai air anget dan sampo jg (tp sampo biasa).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dewi Pranatasari.
      Iyap sepertinya dia stress dan trauma dimandikan.
      Coba ditenangkan dengan cara mengajak main kucing dan memberikan makanan kucing yg enak-enak sesuai kesukaan si kucing. Nanti perlahan setelah dia tenang biasanya akan kembali normal seperti biasa... :)

      Delete
  21. Sore gan. Mau tanya, usia kucing saya 4 bulan sebulan yg lalu habis d vaksin, tapi seminggu setelah nya bulu nya jadi rontok (banyak yg lepas tapi tidak sampai botak), harus d bagai manakan kira? Harus d mandikan apa bagai mana ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Iqbal Apriadi.
      1. Bulu rontoknya kenapa Gan? Penyakit kulit kah?
      2. Jika benar penyakit kulit, apa penyakitnya? Jamur, ringworm, kutu, dll?
      3. Jika penyakit kulit yang bersifat jamur, bisa ditreatment dengan menggunakan meminyakan (baca ulasannya di blog ini), dimandikan dengan sabun antiseptik (baca ulasannya di blog ini), atau bisa juga dimandikan dengan sampo khusus jamur pada kucing.
      4. Jika rontok karena stress, alergi, birahi, pakan tidak cocok, dll, maka penangannya tidak bisa dengan cara dimandikan.

      Kesimpulan dan Saran :
      Saran saya Mas Iqbal amati dulu kejala rontok yang terjadi pada tubuh kucing. Jika sudah diketahui penyebabkan, bisa dilanjutkan dengan melakukan treatment pengobatan yang tepat.

      Semoga membantu ya.
      Jika Masgan bingung, saran saya utk segera mengenjungi dokter hewan.

      Delete
    2. Iyah mba, tapi setelah saya amati ternyata penyebab nya mungkin kutu, karena saya amati banyak kudu ada 5-7 kutu d badan nya. Saya sudah mandikan dan d beri vitamin alhamdulilah sudah berkurang sedikit meskipun masih ada ? Apa penanganan saya sudah benar ? Apa perlu ada lagi ? Makasih

      Delete
    3. Halo Mas Iqbal.
      Untuk mempercepat hilangnya kutu dari tubuh kucing, saya sarankan menggunakan obat anti kutu. Ada berbagai macam jenis, ada serbuk, semprot, tetes, sampo, dll. Sesuaikan dengan kebutuhan Masgan.

      Semoga segera sehat kembali ya Mpus nya :)

      Delete
    4. Terimakasih mba infonya sangat membantu

      Delete
    5. Terima kasih kembali.
      Semoga senantisa sehat Mpus nya.

      Delete
  22. Aku punya kucing putih mata biru dapat nemu di rest area tol, mungkin umurnya sekitar 2-3 bulan...tdk tahu jenis apa?!yg pasti lucu dan lincah, pertama saya bawa nyampe rumah mencret, sdh dikasih obat sembuh, trus skrg sakit mata... Disekitar kelopak mata merah dan sedikit bengkak, dokter bilang kasih aja tetrasiklin salep sdh mendingan tapi mata sblh kiri msh blm bisa melek maksimal msh sdikit merah..krn bulunya putih jd cepat kotor kena debu jadi saya mandiin aja kdg 3 hari sekali hehhheee habis kucing nya susah gak mau tidur di kandag lbh suka tidur di sofa atu kasur, kucingnya lincah, manja dan doyan makan...menurut mba gimaba sebaiknya kucing saya ini diperlakukan?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Linda Yani.
      Yang Sis lakukan sudah benar kok, juga pengobatannya sudah sesuai dengan saran dokter hewan. Tinggal dilanjutkan dengan pemberian pakan dan vitamin yg baik, vaksin yang lengkap agar terhindar dari penyakit, juga selalu berkomitmen dan selalu menyayangi si Mpus.

      Semoga senantiasa sehat selalu ya, Sis :)
      Salam Paw Paw Paw utk Si Mpus :)

      Delete
    2. Pasti skg matanya udah berubah warna. Iya kan ?

      Delete
  23. malam kaa, mau tanya kucing betina saya usia +- 5 bulan, sudah menunjukkan tanda2 birahi, pertanyaan nyaa, boleh dimandikan ga ya? dan boleh ga saya beri obat cacing makasih sebelumnyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Boleh.
      2. Boleh juga.

      Semoga jawabannya membantu.
      Semoga Mpusnya sehat selalu.

      Delete
  24. pagiii....

    saya punya 4 kucing usia +- 4/5 bulan tapi yg 1 terkena jamur di bagian punggung dan sekitaran ketiak, sudah dibawa ke dokter dan tanya2 masalah jamur mau disuntik katanya suntik jamur itu sebenarnya gak ada *jadi bingung* lalu dikasih obat oles untuk jamurnya, pertanyaanya :

    1. apa pakai obat oles itu saja atau mesti ditambahkan treatment lainnya misal dikasih minyak tawon dll?
    2. apa kalo jamuran mesti harus mandi seminggu sekali dan gak cukup pakai obat oles saja?

    terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Angesti.
      1. Dokter men-suggest nya bagaimana? Jika disarankan menggunakan obat oles saja, maka bisa dilakukan.
      2. Saya menjawab berdasarkan pengalaman subjektif saya ya, dulu saat kucing terkena jamur, saya memandikan Si Belang dengan sabun/sampo treatment khusus jamur seminggu sekali (mengingat saya bekerja, jd cuma ada waktu weekend untuk memandikan kucing), juga sambil di treatment selama tidak dimandikan, kalau saya pribadi memilih salah satu, mau diberikan salep atau minyak tawon.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  25. kucing saya kakinya pincang, tidak mau makan dan minu mkalo tidak disuapin. saya juga baru adopt baru dikasih temen. tidur maunya di litter box, saya gak tega dia lemes banget gak mau ngapa-ngapain. apakah tidur di litter box berbahaya? dan dia juga sudah kotor, apakah boleh dimandikan saat sedang sakit seperti itu? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Rini.
      1. Kucing yang sedang sakit biasanya lebih manja dan ingin diperhatikan. Berikan dia kasih sayang dan perhatikan apa yang dia butuhkan. Telaten juga dalam memberikan makan ya, agar Mpus senantiasa sehat.

      2. Kucing yang tidur di dalam litter box biasanya sedang merasa tidak nyaman, maka dia mencari area atau daerah dimana "bau" dia paling kuat, salah satu tanda-tanda kucing sakit (baik stress atau kucing sakit fisik) adalah ini, sudah cek ke dokter?

      3. Bahaya tidur di litter box pada umumnya adalah bakteri dan kuman di dalam litter box bisa menempel dan hinggap ditubuh kucing dan berbahaya juga jika sampai bakteri dan kuman tsb berinteraksi dgn manusia.Juga ucing yang tidur di dalam litter box biasanya sedang merasa tidak nyaman, maka dia mencari area atau daerah dimana "bau" dia paling kuat, salah satu tanda-tanda kucing sakit (baik stress atau kucing sakit fisik). Saran saya utk mengecek kondisi kucing Sis ke dokter hewan.

      4. Saya tidak menyarankan kucing yang sedang sakit / murung untuk dimandikan. Jika kucing sudah terlihat kotor, saran saya lap dengan tisu basah untuk bayi yang bebas kuman kemudian angin-anginkan atau jemur tidak dibawah matahari langsung saat cuaca sedang hangat.

      Semoga jawaban dapat membantu ya :)

      Delete
  26. Kucing saya warnanya putih,dia brusan sembuh dri jamurnya..skrg mau digrooming tp cuaca mendung trus..apa bisa dimandikan krn badannya udah bau aplgi wrn putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Etha Septiana.
      Bisa kok. Jika ragu bisa dimandikan di pet shop yang memiliki blower, jadi kucing bisa segera kering. Pastikan kucing dlm keadaan sehat sebelum dimandikan ya.

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Sy mau nanya. Sy baru pertamakali punya kucing anggora yg baru berumur 3 Bulan. Tp mata nya skrg lg ber air dan ditelinganya mengeluarkan kotoran.... Sy coba mandikan. Tp tetap blm sembuh .sy coba cari tau ada yg bilang akibat cacingan, kena. Debu
    Gimana ya solusinya... Apa harus ke dokter

    ReplyDelete
  29. Sy mau nanya. Sy baru pertamakali punya kucing anggora yg baru berumur 3 Bulan. Tp mata nya skrg lg ber air dan ditelinganya mengeluarkan kotoran.... Sy coba mandikan. Tp tetap blm sembuh .sy coba cari tau ada yg bilang akibat cacingan, kena. Debu
    Gimana ya solusinya... Apa harus ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ikhra Wilna Luvia.
      1. Mata kucing nya berair kenapa? Apakah ada debu? Infeksi mata ringan? Flu? Atau kenapa?
      2. Telinga kucing nya mengeluarkan kotoran kenapa? Infeksi? Ear Mites? Bernanah? Atau kenapa?
      3. Sepertinya untuk kedua kasus tersebut solusi nya bukan dimandikan, tapi diobati per kasus nya.
      4. Mhm, kayaknya dari ciri-ciri yang Sis sebutkan (saya menduga dari ciri-ciri yang sangat sedikit ini ya, bisa jadi saya salah), sepertinya bukan cacingan. Kalau kena debu kemudian mata kucing berair bisa jadi.
      5. Solusinya adalah diobati berdasarkan kasus penyakit yang diderita. Jangan asal menangani. Kenali dulu penyakit dan ciri-ciri penyakit yang dialami si kucing. Setelah tau, paham, dan bisa membedakan, baru obati. Jika ragu dan tidak paham, maka sebaiknya membawa ke dokter hewan. Karena memang lebih baik kucing diobati dibawah pengawasan dokter hewan.

      Semoga jawabannya membantu ya.

      Delete
  30. saya mau nanya kucing saya umr 3 4 bulan jamuran parah bulunya rontok sampai habis..ada obat lain untuk vaksin sendiri gak ya.soalnya petshop jauh dari rumah saya..apalagi dokter hewan disini gak ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Edy.
      Setau saya vaksin bukan obat. Coba baca di blog radio kucing bagian review obat jamur dan review minyak-minyakan. Disana sudah saya tulis mengenai treatment penyakit jamur yang bisa diterapkan sesuai kebutuhan Masgan.

      Gudlak.

      Delete
  31. Mba kucing sy mau vaksin , tapi di badannya masih ada jamur dan ada kutu juga . Sebaiknya bagaimana mba? Apa boleh divaksin? Saya trauma pernah kucing sy yg lain telat divaksin dayatahan tubuhnya lemah dan mati .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Armira.
      Coba konsultasikan ke dokter. Setau saya kucing sakit ga boleh di vaksin. Kalau saya pribadi akan menyembuhkan jamur dan kutunya dulu sambil konsul ke dokter hewan. Saat kucing benar-benar sehat dan fit, baru di vaksin.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  32. Mbak sya punya kucing angora umur 3 bulan apa kah sudah boleh di mandika

    ReplyDelete
  33. Kak. Kalo kucing lg mencret boleh dimandikan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya di lap saja dengan tisu basah bayi Sis. Kasian kalau sedang sakit dimandikan :)

      Delete
  34. Maaf mau tanya, bermasalah ga ya kalo kucing tinggal sekamar dengan saya?? Saya selalu memandikan 2 minggu skali atau bahkan seminggu skali kalo udah mulai kotor. Litter boxnya juga selalu saya bersihkan 2x sehari jadi kotorannya ga pernah bau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Sapta.
      Selama menjaga kebersihan dan kesehatan ngga jadi masalah. Cek kesehatan secara berkala ya :)

      Delete
  35. Saya punya kucing persia 4 bulan ap boleh di mandikan... Trus sampo yg baik jtk pertumbuhan bulu kucing persia apa iy kk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Boleh, usia 4 bln sudah boleh dimandikan.
      2. Sampo khusus hewan paling baik untuk memandikan hewan. Coba berkeliling di Pet Shop dan temukan juga coba sampo yg ada dan sesuaikan kebutuhan dan bujet yg ada. Semoga tips nya membantu :)

      Delete
  36. Halo.. saya mau tanya, kucing saya bulunya rontok, setiap saya sisir rontok banget dan ada kerak" seperti ketombe. Kata teman saya itu jamur kering. Sudah saya obati pakai vco, tapi karna bulu kucingnya longhair jd agak lengket dan kucingnya kurang nyaman.

    Pertanyaan saya, apa sebaiknya vco dipakaikan setiap hari meskipun kucing saya kurang nyaman dgn minyak dibulunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menggunakan VCO tidak nyaman, bisa menggunakan obat lainnya. Coba baca juga mengenai Sabun Hijau dan Minyak Tawon di blog ini ya.

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Hallo saya rangga
    Saya di kasih kucing persia platnose longhair tapi udah lama ga di rawat dan udah bau karna di biarkan berkeliaran di luar rmah,apakah boleh ql dimandikan mlam hari dan ada efek samping'a apa ngga??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rangga.
      Sebaiknya memandikan kucng di pagi - siang hari, jadi setelah dimandikan si kucing masih kebagian sinar matahari dan suhu sekitar tidak dingin, jadi kucing lbh nyaman dan menghindari terkena flu.

      Semoga jawaban membantu.

      Delete
  39. Hallo kak mo nanya nih
    bisa ga yah kucing dimandikan tiap hari..krn aku baca" di info ga baik juga bulu kucing buat perempuan krn bisa mengakibatkan kemandulan akibat virus apa gtu ribet tulisannya..krn dri kotorannya mangkanya bisa menyebabkan virus itu..kan kucing "pup" tiap hari tuh..jdi bsa ga yah kucing dimandikan jg tiap hari..soalnya saya msh pemula hehe..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Sebaiknya kucing tidak dimandikan tiap hari. Cukup seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

      Delete
  40. Hai radio kucing, k aku punya kucing, baru 8 bln trus dia itu aku taruh di depan rumah(soalnya ada bayi), trus pas malem" kucing aku kabur pas ditemuin dia kabur sama kucing jantan, trus kawin mau dipisahin tpi gk bisa pas selesai kawin kucingku tuh bau trus bulunya kotor nah itu kan blm ketauan hamil klo gitu boleh gk ya di mandiin tpi pake sabun/sampo manusia soalnya kepepet bgt itu boleh gk ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama aman, gpp Sis. Ada baby kan? Bisa pakai sampo baby mandiinnya :) Yang penting memandikannya benar dan kucing ngga kedinginan ya.

      Delete
  41. Hallo ka. Aku mau nanya. Kucing aku kaya sakit mata, berair terus warna nya coklat kemerahan, biar ga berair terus gimana ya? Oh iya satu lagi kak.. Boleh ga sih dimandiin pakai shampo manusia? Soalnya saya baru pindahan, dan petshop disini jauh.. Belum sempat beli. Kira kira boleh ga ya pakai shampo manusia? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Berair terusnya knp? Sakit apa?
      2. Boleh kalau urgent.

      Delete
  42. Kucing saya habis di mandi kan langsung lemas dan nafsu makan berkurang...tidurnya lama bgt. Padahal saya mandiin pake air hangat dan langsung di keringkan bulunya memakai hairdryer....itu kenapa bisa lemas ya..? Makasih...

    ReplyDelete
  43. Kucing saya habis di mandi kan langsung lemas dan nafsu makan berkurang...tidurnya lama bgt. Padahal saya mandiin pake air hangat dan langsung di keringkan bulunya memakai hairdryer....itu kenapa bisa lemas ya..? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Annisa Hidayat.
      1. Bisa jadi kucing stress / tertekan / sakit setelah mandi.
      2. Jika tidur lama, kucing berarti capek / sebelumnya stress.
      3. Sebaiknya tidak menggunakan hair dryer, karena hair dryer panas ke kulit dan bulu kucing, malah bikin kulit kucing sakit bahkan jadi rontok, kalau mau pakai alat, keringkan menggunakan blower.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  44. Halo,
    nama saya Wahyu,
    saya punya kucing umur 9 bulan,
    sekarang kucing saya sedang hamil,
    dulu waktu sebelum hamil kucing saya pernah dimandikan 3 kali,
    pas sekarang sedang hamil besar, saya takut memandikannya, padahal bulu kucingnya sedang rontok tidak sehalus dulu, agak bau dan acak-acakan.
    Lalu, apa nama yang cocok untuk anak2 kucing itu ketika lahir nanti?
    Terimakasih. Love this blog so much!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Wahyu.
      1. Saat kucing sedang hamil jangan dimandikan
      2. Wajar, sedang hamil kan gizi nya kebagi sama janin. Maka dari itu perhatikan gizi saat kucing sedang hamil, beri yg baik.
      3. Nama anak kucing bs terinspirasi dari motif dan warna bulunya, Mas.

      Terima kasih.
      Semoga membantu.

      Delete
  45. Halo, nama saya dini
    Saya mau bertanya,
    Saya mengadopsi Kucing persia
    Dan says tidak tahu ini Kucing sudah di vaksin atau belum.
    Saya mau bawa dia kedokter tapi saya belum sempat.
    Dan saya ingin memandikan Kucing tsb karna sepertinya Ada kutunya. Lalu apakah saya boleh memandikan nya atau tidak yaa?
    Apakah boleh jika memandikan Kucing Tapi belum vaksin.
    Terimaka

    ReplyDelete
  46. Mau tanya dong min, kalo kucing sudah di vaksin jamur boleh di mandiin anti jamur gak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, berikan jarak beberapa hari (konsultasikan kepada dokter hewan yg memberikan vaksin) ya!

      Delete
  47. Kucing saya 2 hari mencret, kalau pakai oralite kira2 bahaya g ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Untuk pertolongan pertama gpp kok, supaya kucing ga dehidrasi. Air kelapa murni juga bisa. Segera tangani ya mencretnya, cek penyebabnya kenapa, jangan sembarangan kasih obat ya :)

      Delete
  48. Halo ka ,kucing ku sudah besar semua apakah boleh dimandikan dengan sampo manusia? Dan apakah ada dampak/bahaya nya? Dan apakah baik jika di mandikan dgn sampo manusia terus menerus ?satu lagi ,baiknya kucing dimandikan berapa kali ya?Terima kasih sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Sebaiknya kucing dimandikan dengan shampo khusus kucing. Jika tidak ada maka bisa menggunakan sampo bayi, jika tidak ada dan terpaksa maka menggunakan sampo manusia adalah solusi nya. Dampaknya jika cocok bagus, jika tidak cocok bisa alergi. Kucing sebenarnya tidak butuh mandi, krn di alam liar kucing ngga mandi, namun kucing yg hidup dengan manusia ada baiknya dimaintenance kebersihannya agar kucing bisa hidup sehat berdampingan dengan manusia. Memandikan kucing jika sedang tidak ada malasah penyakit kulit bisa 1 minggu sekali, 1 minggu sekali, atau sebulan sekali.

      Semoga jawaban membantu.

      Delete
  49. Kka aku punya kucing dua. Yg satu suka bersin yg satu skrg jadi murung g mau makan. Terus pupnya pada mencret. Itu kenapa yaaa kka?

    ReplyDelete
  50. Aku ada persian kitten 4 bulan , aku mandiin pakai Zwitsal hair &body boleh gak ya kira kira ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Jika memang ada, baiknya menggunakan produk khusus kucing. Jika tidak, maka produk bayi relatif aman kok untuk kucing.

      Delete
  51. Kak mau tanya. Kucingku kena jamur di bagian atas kedua matanya itu di bawah kuping. Udh ke dokter sama dokternya dikasih salep khusus. Tp kalo aku mau mandiin, mandiinnya pake apa ya? Apa mandi biasa pake shampoo kucing biasa atau mandi khusus jamur? Soalnya jamurnya cmn di muka.. makasihh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      kalau jamurnya di muka memang baiknya menggunakan obat salep, supaya ngga meleber dan kena mata. Kalau mau dimandikan badannya juga bisa, anggap aja ini sebagai upaya pencegahan. Tp karena ini sebagai upaya pencegahan, jadi mandiinnya ngga perlu terlau sering, cukup seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Kalau lagi jamuran pakai treatment jamur, kalau sehat-sehat aja mah pake yg biasa aja (untuk kucing sehat).

      Delete
  52. halo kak, mau nanya. aku punya kucing umur -+- 2 tahun, sudah punya anak 3, anaknya baru umur 2 bulan, tapi aku udah mandiin anaknya, soalnya badannya kotor apalagi bulunya warna putih, tapi setelah dimandiin kok induknya jadi ga mau deket-deket anaknya ya? kayak marah gitu, bahkan nyakar anaknya. tolong dibantu ya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Bisa jadi karena anaknya udah berkurang bau "induknya", harus sabar ya pekenalan lagi antara anak dan induk. Harus penuh kasih sayang...

      Delete
  53. Mas, kucing saya banyak luka2 bekas berantem, bagaimana caranya agar bisa lekas tumbuh kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Agan Zaid.
      Agar sembuh maka harus diobati :)

      Delete
  54. Mas, kucing saya banyak luka2 bekas berantem, bagaimana caranya agar bisa lekas tumbuh kembali?

    ReplyDelete
  55. Halo mas saya mau tanya, kalau di mandikan di pet shop itu bagusnya mandi biasa atau dikasih anti jamur dan kutu ? Soalnya katanya klau kucing sehat tidak jamur kutu lbh baik mandi biasa karena kalau dikasih anti jamur kutu bisa menghambat pertumbuhan bulu, betulkah mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Sebaiknya mandikan sesuai kebutuhan. Jika jamuran maka mandi jamur, jika kutuan maka mandi kutu. Jika bisa memandikan di rumah, maka makndikan di rumah. Labih baik karena bisa meningkatkan bonding antara kucing dan owner.

      Delete
  56. selamat sore..saya mau Tanya apakah boleh memandikan kucing yg sedang sakit?Kucing saya sakit dibagian mulutnya saya khawatir jika dimandikan karena dia mengelurkan air liur terus menerus... menurut anda boleh todas kucingnya dimandikan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing sakit sebaiknya tidak dimandikan dulu. Jika kotor / bau, bisa lap dengan tisu basah yang untuk bayi. Segera bawa ke dokter hewan utk pengobatan kucing yang sakit :)

      Delete
    2. Halo ka saya mau tanya boleh gak kucing di mandikan sore antara jam setengah 5 atau jam 5 soal nya saya kerja pulang sore boleh gak ya ? Gak bakalan apa apa kucing nya apa gmna ?

      Delete
    3. Mending dimandikannya pagi sblm Sis kerja, biar kena matahari dan cuaca hangat :)

      Delete
  57. Malam Mas/Mba sy mau tanya, sy baru dikasih kucing jenis Long Hair, sudah besar dan jinak sekali. Beberapa hari yang lalu sy mau mandiin sendiri dirumah, krn kata pemilik sebelumnya 1bulan sekali dimandikan.
    Cuma pas mau dimandiin dia kabur ngeliat air, pas dipaksa nyakar dan gigit. Padahal udah di sayang" dulu sebelum dimandiin. Akhirnya gak jadi dimandiin, dan dia diem aja gak kaya biasanya aktif, kaya ngambek. Akhirnya sy mandiin dipet shop. Memang kata owner-nya dia biasa grooming dipet shop, cuma sy agak takut krn suka baca artikel kucing ketularan penyakit setelah grooming dipet shop.

    Minta tipsnya dong gimana supaya kucing pas dimandiin biar tenang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya Sis nonton video youtube mengenai cara memandikan kucing :) Disana kita bisa belajar bagaimana cara menghandle kucing saat dimandikan :)

      Wajar kok kalau kucing ngambek dimandikan, yg bisa kita lakukan adalah meminimalisir ngambeknya :)

      Semoga membantu ya

      Delete
  58. Halo... Saya mau tanya dong, saya bru pertama kali punya kucing, usia 2 bulan, semenjak hari pertama, poop nya encer (maaf agak sedikit jorok) trus nempel di bulu kaki bagian belakang, akhirnya sering saya mandikan setengah badan (dari perut hingga ke ekor). Ada resiko gak yah kalo sering dimandikan gituh? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya di lap pakai tisu basah bayi aja, Gan, biar praktis dan aman :)

      Delete
    2. Makasih banyak atas sarannya... Nanti saya coba.. Mau nanya lagi dong... Kalo habis dimandikan, bulunya ditabur sama bedak bayi gpp kah?

      Delete
    3. Gpp. Setelah kering betul ya, Gan.

      Delete
    4. OK.. Makasih banyak untuk infonya...

      Delete
  59. wah lengkap betul gan artikel memandikan kucing ini saya sih gak punya kucing tapi suka liat kucing

    ReplyDelete
  60. Halo, saya annisa.
    Saya punya kucing usia nya baru mau 2 bulan mempunyai masalah di jamur dan kutu, di bagian jamur sudah saya beri minyak tawon dan beberapa hari kemudian saya mandikan dengan sampo khusus kutu dan jamur, bolehkah saya mandikan seminggu sekali untuk mengurangi jamur dan kutunya tapi mengingat usia ny baru mau 2 bulan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, kalau dibawah 3 bln baiknya jangan keseringan dimandikan... Di treatment yg ngga perlu dimandikan dulu aja ya... :)

      Delete
    2. Trimakasih banyak atas sarannya, oh iya saya mau tanya lg, biasa nya kan gak pernah muntah, kmrn abis d mandikan kucing saya muntah trus malam jg muntah itu faktor abis di mandikan atau karna makanan nya ya gan?

      Delete
    3. Muntah nya kenapa?
      Faktor penyebab muntah banyak, bisa jadi stress, mual, cacingan, gangguan ginjal, cacili, dll.

      Delete
  61. Hallo radio kucing
    Saya punya anakan kucing usianya 2 bulan lebih, baru kemaren sore saya mandiin pake air hangat dan seperti biasa di keringin pake hairdryier
    Tapi setelah di mandiin, ko kucing saya jadi sempoyongan jalan nya, dan ga kuat jalan, tiap jalan kayak jatuh begitu
    Tapi mau makan dan nyusu,
    Mohon bisa kasih masukan
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      - Kalau saya pribadi memilih memandikan kucing usia 3 bln ke atas.
      - Juga, sebaiknya tidak mengeringkan kucing menggunakan hair dryer karena kucing bisa merasa panas, baiknya menggunakan blower (hair dryer dan blower beda nya), jikalau mau bisa juga menggunakan handuk dan cahaya matahari hangat (bukan panas).
      - Jika tidak ada kejala berbahaya, mungkin kucing pusing / stress karena beres dimandikan sehingga sempoyongan. Jika ada kejala berbahaya seperti tanda-tanda kelumpuhan atau terinfeksi virus, maka bawa ke DRH segera ya.

      Delete
  62. kalau pakai shampoo bayi kodomo boleh gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dalam keadaan darurat engga apa-apa. Tp memang baiknya menggunakan yang khusus kucing :)

      Delete
  63. Hai,
    Minta saran dong.
    Kucing saya beberapa hari yg lalu terdapat benjolan kecil seperti jerawat, lalu pecah krna kegaruk.
    Lukanya saya kasih minyak tawon & sampai saat ini masih agak basah sedikit.
    Dalam kondisi tsb, apa kucing nya boleh dimandikan? Karna sudah 2 minggu tidak mandi & kucing nya terus menggaruk2 & menjilati badannya terus.

    ReplyDelete
  64. Assalammualaikum.wr.wb

    Alhamdulillah, si "Acil" nama kucing saya. Skr makin lahap makannya. Setelah aku mandiin 3minggu sekali kak. Karena dia bebas brmain d halaman blkng rumah jd sring kotor bulunya tp stlh brmain aku seka pakai tisu basah. Kalau udh kotor bngt 3minggu skali aku mandiin, dia wangi dan dia nyaman padahal kan kucing gak suka bau wangi kak. Lah ini malah nempel trus ke aku, tidur ikut aku, makan ikut aku, aku mw k toilet aja ngikut tp nungguin d depan pintu toilet, apalagi kalau aku brngkt krja trus gak ada yg nmenin main dia ngambek tidur aja kadang shrian nungguin aku. Makan gmw, minum gmw, aplagi main. Ibuku sampai heran kan, katanya kucingnya aku guna-guna wkwkwkπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Berkat informasi yg aku dpat dr artikel kakak. Sangat brmanfaat dan membantu. dr Acil kecil umur 2minggu sampai umur 4bln gak pernah dket gini ke aku. Dan di umur 7bln saat aku ngaji dia duduk d samping aku kak, dngerin aku ngaji. Dan sampai skr aku dan acil jadi akrab n kayaknya dia nyaman dg ku. Ohhh ya kucingku jantan kak, maunya itu di elus" aja dan main. Kalau aku tinggl shalat dia biasanya nungguin d deket aku kak sebelah kiriku. Ya allah sungguh indah ciptaan sang Pencipta (ALLAH SWT). smnjak aku sring mandiin dia skr dia makin lahap makan kak tak lupa juga aku ksh vit, dan tiap 1mnggu skali makannya aku combinasi dg ikan. Alhamdulillah berkat artikel kak aku skr makin sayang sama kucingku. Trimakasih kak. Maaf sklian curhat krna trlalu bahagia kak.

    Kucingku peranakan kak, yg betina Persia yg jantan kucing biasa. Tp lahirnya kucingku badannya gemuk cuma bulunya badan gak bgtu tebal skitar 0.8mm tp bulu di ekor lebat dan panjang skitar 1.2cm kak...

    #salam catlover
    #wassalammualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih atas sharing nya :)
      Semoga senantiasa sehat selalu ya Agan Yudha dan Si Mpus Acil...

      :)

      Delete
  65. Misi dan slamat pagi. Saya junot. Saya punya kuving persia. Warna hitam ke merahan. Di berikan sama teman. Saat di beri. Dia sakit mata. Cara mengobatinya gimana yaah. Tlong di bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Sakit mata nya knp?
      Harus diketahui dulu sakit mata nya kenapa, baru diberikan penanganan yg tepat.

      Delete
  66. Hai kak, aku putri. Kucingku umurnya +-3bulan udah ada dirumah sejak sebulan yg lalu. Sebelumnya aku tanya tanya ke pemiliknya apakah udah pernah dimandiin dan beliau jawab sudah. Lalu minggu depannya aku mandiin dari si kucing malah jadi sakit dia murung dan ga pup/pee lalu aku bawa ke dokter kata dokternya dia shock terus dia disuntik dan dikasih diet sama dokternya lalu besoknya dia sehat lagi. Dannnn minggu depannya aku mandiin lagi lalu kejadian lagi deh si kucing sakit ga pup/pee aku ga bawa ke dokter lagi tapi aku kasih diet yg dokter kasih dan akhirnya dia ceria lagi lincah lagi. Setelah itu aku ga mandiin si kucing selama 2 minggu tapi si kucing kemarin liar deh gatau main kemana dan pulang pulang kotor bangetttt sama bau jadi terpaksa aku mandiin deh, eh kejadian lagi skrng dia sakit mencret", saya harus gimana ya kak??
    Kalo kasus gini tuh penyebabnya apa? Apa karena si kucing emang shock kena air atau shampo anti kutunya berbahaya kalo si kucing jilat" setelah mandi jadi dia keracunan shampo atau akunya ga salah cara mandiin dia??

    Sedih yaa liat kucing kesayangan rentan sakit kaya gini:" lalu untuk booster dia biar ga rentan sakit pake apa ya kak??

    Makasih sebelumnya maafin panjang banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      - Kalau saya tangkap dari cerita Sis, si kucing sepertinya engga suka dimandiin, jadi dia stress. Saran saya Sis coba nonton di youtube mengenai cara memandikan kucing yg baik dan membuat kucing nyaman.
      - Kalau keracunan biasanya kejalanya muntah dan mencret, bukan engga mau pup / pee. Kalau menurut saya ini kayaknya kucing nya stress karena di mandikan. Kalau memandikannya benar dan membilasnya bersih, maka aman kok kucing jilat-jilat beres mandi.
      - Menurut saya kucing Sis bukan rentan sakit, tapi gampang stress.
      - Untuk vitamin booter yang Sis tanyakan, saya menyarankan Nutri Plus Gel

      Delete
  67. Hallo kk...... saya baru pertama kali nih pelihara kucing anggora adopsi.. di kasih sama temen walaupun persilangan dengan kucing kampung tapi tetep longhair dan sepertinya dia belum di vaksin ....aku mau nanya nih kalau kucing seperti punya saya boleh di vaksin gk? Dan kalau boleh gimana caranya? karena rumah saya jauh dari dokter hewan

    Makasih sebelumnya..,πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kucing memang baiknya di vaksin secara berkala dan teratur. Sama seperti manusia, entah itu ras A, B, C, atau ras D, maka vaksin yg baik membuat manusia tercegah dr penyakit tertentu (tergantung vaksin yg diberikan), pada kucing juga sama, mau ras, domestik, atau mix pun boleh di vaksin. caranya adalah berkunjung ke dokter hewan dan lakukan vaksin di bawah pengawasan tenaga medis (dokter hewan) ya... :)

      Delete
  68. Hallo kk...... saya baru pertama kali nih pelihara kucing anggora adopsi.. di kasih sama temen walaupun persilangan dengan kucing kampung tapi tetep longhair dan sepertinya dia belum di vaksin ....aku mau nanya nih kalau kucing seperti punya saya boleh di vaksin gk? Dan kalau boleh gimana caranya? karena rumah saya jauh dari dokter hewan

    Makasih sebelumnya..,πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  69. Halo dok, knapa ya kucingku matanya berair terus? Trus apa saran obatnya?

    ReplyDelete
  70. halo kak mau nanya aq punya persia hialaya umur 2 blan stengah kmaren aq mandiin pake shampo anti jamur miconezole tp kucing aq gk lg jamuran,,tp skrang mlah bulunya agak rontok,,,ap itu efek dr shamponya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya engga... Apakah kucing Agan sedang birahi? Biasanya bulu rontok kalau birahi.

      Delete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello kak Gees`Spirit aku mau nanya nih kucing aku usia 7 bulan sudah di vaksin 1x sebulan yg lalu tp skrg Dy lg mencret, pertanyaan aku obat mencret yg bagus untuk kucing apa ya kak dan boleh ga di kasih obat cacing, rabies, dan vaksin ??
      Mohon sarannya ya kak πŸ™

      Delete
    2. Mencretnya krn apa? Bisa jadi stress atau cacingan. Atau ga cocok makanan. Ketahui dulu mencretnya kenapa baru dilakukan treatment :)

      Delete
  72. halo..., amankah memandikan kucing yang sedang mengalami muntah bulu? trim's

    ReplyDelete
  73. apakah benar. kalo memandikan kucing menyebabkan banjir???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungannya apa ya? Hehehehe. Saya baru denger :D

      Delete
  74. kucing saya belakangan ini hobinya tidur (ga stres tp entah knp lbh sering tidur) knp ya, dan klw blh tw mending dikasi makan dlu baru mandi atw sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kebiasaan tidur-tiduran pada kucing adalah wajar, pada umumnya kucing menghabiskan setengah sampai 3/4 hari nya untuk tidur. Selama kucing sehat, pup ga mencret, nafsu makan baik, maka tdk perlu khawatir. Namun jika sudah ada kejala diluar biasanya, misal demam, nafsu makan berkurang, mencret, air liur banyak, dan kejala diluar kebiasaan lainnya, maka segera periksakan ke dokter hewan, ditakutkan ada kejala penyakit lain, misal terinfeksi virus.

      Sebaiknya setelah makan, jarak 2 jam setelah makan lebih baik. Kondisi cuaca harus panas dan kucing harus fit saat dimandikan agar tidak sakit ya.

      Delete
  75. Halo min , nama saya aslam , kucing saya yg berumur 2,5 bulan abis divaksin ko mencret dan muntah ya, itu kira kira kenapa ya min? Dan obat mencret itu apaan ya? Terimakasih min :))

    ReplyDelete
  76. what a nice info for my kath ! cata

    ReplyDelete
  77. Min mau nanya, kucing saya umurnya 4bulan. Tadi baru saya mandikan ke petshop pertama kalinya, setelah dimandikan kucing saya jadi lesu dan lemas, dan juga ditelinganya keluar kotoran warna hitam , suara kucing saya jadi agak ilang min, diajak main gak ngehirauin, jadi gak fokus juga tapi masih nafsu makan kirakira kenapa ya? Apa harus dibawa ke dokter hewan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ngaruh ya karna kucing belum divaksin? Apa boleh divaksin saat kucing dalam keadaan tsb?

      Delete
    2. Halo.
      1. Mengenai kotoran yang kelaur dari telinga kucing, coba di cek apakah ada kotoran telinga yang mugkin belum dibersihkan atau mungkin kucing kena earmites dan baru keluar setelah di grooming?

      2. Mengenai kucing yang lesu setelah di grooming, bisa jadi kucing mengalami stress karena grooming. Biasanya kucing yang stress karena grooming ada beberapa hal salah satunya, karena proses grooming yang kurang nyaman. Hal ini tidak hanya terjadi pada grooming pet shop saja, grooming di rumah juga bisa menyebabkan hal ini.

      Delete
  78. Halo min, kucing saya umur 2 bulanan td pagi dimandiin karena kotor badannya kena tanah dan pasir, dan setelah dimandiin saya keringkan dan jemur tp kucing saya jd diam dan tidur terus min, itu kenapa dan gimana cara ngatasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Apakah Agan sudah memandikan dengan lembut? Apakah semua busa dan sisa sampo terbilas dengan sempurna? Apakah kucing sudah makan sehabis dimandikan? Apakah kucing tidak menjadi stress krn trauma / takut dimandikan? :)

      Delete
  79. Boleh ngga sih mandiin kucing pas dia lagi birahi, soalnya kotor banget abis guling2 dipasir, tolong sarannya dong! Terimakasih πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Saya pribadi pernah melakukannya, jadi saya rasa boleh :)

      Delete
  80. Gimana sih cara memandikan kucing sendiri yang baunya sama kyak dibpetshop seperti bau laudry ga hilang2 . Boleh dong kasih tau pakai apa dan caranya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya adalah grooming yang baik dan juga gunakan sampo yg berkualitas (biasanya harga nya agak mahal), dan juga setelahnya gunakan cologne kucing.

      Delete
  81. Gimana sih cara memandikan kucing sendiri yang baunya sama kyak dibpetshop seperti bau laudry ga hilang2 . Boleh dong kasih tau pakai apa dan caranya gimana

    ReplyDelete
  82. Halo kak saya mau tanya..
    kucing saya umurnya lebih kurang 4 bulan, 4 hari yg lalu saya ke dokter hewan karna dia mengalami sakit flu.. sdh saya berikan obat jg.. sekarang sdh mendingan, tetapi masih bersin sedikit. kalau saya mandiin boleh ga ya? soalnya dia sdh kotor bgt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Saran saya jangan dimandikan dulu sampai sembuh :) Bisa gunakan lap hangat. Di lap saja yg bagian kotornya perlahan :)

      Delete
  83. Allo kak ,Saya punya kucing masi kecil (sebelumnya blm pernah punya kucing) kutu nya banyak banget cara bersihin nya kaya mana ya blm pernah punya kucinh soalnya jdi bingung (jenisnya juga yg biasa berkeliaran:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dgn cara dimandikan, diberikan obat semprot, di berikan obat tetes, dll dll. Banyak cara :)

      Delete
  84. Kak mau nanya,
    1.kalo untuk ngobatin kutu kucing boleh gak pake obat tetes kutu sama shampo khusus kutu apa harus pilih salah satu dari itu kak?
    2. Trus lebih bagusan pake shampo khusus kutu atau obat tetes?
    3. Saran shampo yg bagus untuk kutu dan gak bahaya kalo dijilat?
    4. Obat tetes detic itu aman ga kak?
    Makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa keduanya. Jangan diberikan berbarengan. Jika mau, bisa mandikan dl kucing. Setelah kucing benar-benar kering lalu teteskan obat tetes kutu. Pada umumnya tidak boleh terjilat.
      2. Biasanya lbh instan yang tetes. Kalau nyari gampang ambil yg tetes aja.
      3. Bagus = hasilnya instan ya? Bisa coba Rainbow, murah juga... Tp ya sama ga boleh terjilat, harus dibilas benar-benar. Sampo Machiko juga sama...
      4. Aman jika digunakan sesuai aturan.

      Delete
  85. Apakah boleh memandikan kucing birahi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa cat Lover di Internet malah menyarankan memandikan kucing utk meredakan birahi sementara. Tp kata saya mah ga efektif.... :)

      Delete
  86. Malam kak, kucing saya udah 2x birahi. Awal birahi saya fikir udah hamil, terus setelah beberapa minggu tau2nya birahi lagi dan setelah 3 hari birahi saya mandikan pas setelah di mandikan tidak menunjukkan gejala birahi. Itu kenapa yaa kak? Saya juga ngga tau apa kucing saya ke bablasan sama kucing domestik atau gimana. Mohon pencerahannya soalnya saya baru pelihara kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa cat Lover di Internet malah menyarankan memandikan kucing utk meredakan birahi sementara. Tp kata saya mah ga efektif.... :) tp bisa jadi juga karena dimandikan birahi nya jd reda sementara...

      Delete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Saya mau nanya, saya punya kucing kitten umurnya sekitaran 2-3 bulan dia bulunya rontok2 gitu kayanya karna jamur soalnya kaya ketombe2 gitu pas di cabutt, apakah itu benar jamur ? Dan langkah saya memandikan kucingnya dengan shampo anti jamur yang ada sulfurnya apakah bener tindakan saya ? Tolong beri saran jika salah dan beri masukan yang terbaik terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya jamur.
      Menurut saya sudah benar.

      Mhm, masukan terbaiknya: Obati segera kucing Agan agar sembuh dari jamurannya :)

      GIMANA CARANYA? JELASIN DONG YANG DETAIL.
      - Panjang banget gan kalau dijelaskan di komen ini. Tp d blog saya udah bahas beberapa tips dan pengalaman saya menghadapi jamur pada kucing, kok. Dicek dan dibaca aja dulu ya... :)

      Delete
  89. Saya mau tanya kak,
    1.Sy punya kucing betina suaranya serak serak mau hilang gitu kemarin sempat demam nafsu makan turun tapi sekarang sudah baikan kak sudh mau makan tapi suaranya masih serak dan tidak selincah dulu..gimana ya mengatasinya?
    2. Kaka sy jg ad kucing kecil liar umur sekitar 2-3 bulan..di sekitar mulut ad hitam2 dan seperti lendir yang beku, sblmnya dia bersin2 dan lemas ..gimana pertolongan pertamanya kak
    mohon bantuannya.Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kucing Sis sakit apa?
      2. Pertolongan pertama bisa kasih makan dan minum dulu, lalu bawa ke drh. Hati2 sakit virus.

      Delete
  90. Saya mau nanya kak. Apa boleh kucing umur 3 bulan di mandikan dengan shampo / sabun manusia ?

    ReplyDelete
  91. Kucing saya terluka karna berantem sama kucing lain, boleh dimandikan apa ngga?

    ReplyDelete
  92. Bolehkan memandikan kucing yg sedang birahi?

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D