Monday, March 23, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai obat caing untuk kucing dengan merk Pet Derm. Pet Derm juga menyediakan obat cacing untuk anjing, so untuk Cat People yang akan memberikan Pet Derm kepada kucing di rumah, jangan lupa untuk cek dan ricek varian Pet Derm yang akan diberikan.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk Pet Derm:

Sumber : @juwies

Kalau diperhatikan dengan seksama, ukuran tablet Pet Derm relatif lebih kecil dari pada ukuran tablet Dr*ntal Cat. Namun, dosis pertablet dari Pet Derm labih 'padat. Jika 1 tablet Dr*ntal Cat untuk 4kg berat badan kucing, maka 1 tablet Pet Derm bisa untuk 10kg berat abdan kucing. Untuk yang memiliki kucing banyak, Pet Derm bisa jadi alternatif buat menghemat pemberian obat cacing.
Dosis
1 tablet untuk per 10kg berat badan kucing.
Dibawah 2kg = 1/4 tablet

2 - 5kg = 1/2 tablet

6 - 10kg = 1 tablet

* Dapat diberikan secara langsung/oral, diselipin/disamarkan ke dalam makanan. Diet tidak diperlukan sebelum dan sesudah makan obat cacing.

Cara Pemberian Obat Cacing Pet Derm
Cara memberikan obat cacing ini bisa dengan cara dihancurkan terlebih dahulu kemudian di campur dengan air. Kemudian berikan kepada kucing. Agar lebih mudah, pemberian bisa dengan menggunakan pipet atau suntikan tanpa jarum. Pipet dan suntikan tanpa jarum bisa dibeli di apotek terdekat.

Cara Kerja Obat Cacing Pet Derm
Bahan aktif Pet Derm terdiri dari praziquantel, pyrantel dan febantel. Praziquantel bekerja dengan merusak kulit parasit internal, sehingga parasit hancur dan akan dihapus oleh sistem kekebalan hewan peliharaan. Pamoate pyrantel aktif terhadap hookworms & ascarids dan bertindak sebagai agen depolarizing memblokir neuromuskuler, menyebabkan kontraksi tiba-tiba diikuti oleh kelumpuhan pada cacing. Hal ini menyebabkan hookworms yang kehilangan pegangan di dinding usus dan akan dihapus dari sistem binatang peliharaan secara proses alami. Febantel aktif terhadap parasit Nematoda termasuk whipworms. (sumber: disini)


Terbukti untuk menghilangkan parasit usus yang paling umum :
  • Tapeworms-Cacing Pita (Dipylidium caninum, Taenia taeniaeformis, spirometra mansoni, T.pisiformis, T.hydatingina, Echinococcus granulosus). 
  • Hookworms-Cacing Tambang (Ancylostoma caninum, Ancylostoma ceylanicum, Ancyslostoma tubaeforme, Ancylostoma braziliense, Uncinaria stenocephala). 
  • Roundworms-Cacing Gelang (Toxocara canis, Toxacara cati, Toxascaris leonina).
  • Whipworms-Cacing Cambuk (Trichuris vulpis).

Rekomendasi Pengobatan
  • Jangan melebihi dosis yang dianjurkan pada kucing hamil. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum pemakaian.
  • Jangan dipakai untuk kucing di bawah usia 4 minggu.
  • Efek samping dari Pet Derm jarang terjadi tetapi mungkin mengakibatkan muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, atau diare. Efek samping lainnya juga dapat terjadi. Bicarakan dengan dokter hewan anda mengenai efek samping yang tidak biasa atau gangguan lain yang terjadi.
  • Cuci tangan (orang) setelah pemberian obat secara langsung.
  • Untuk pencegahan di berikan setiap 3 bulan sekali. Apabila terjangkit di ulang seminggu kemudian dan dilanjutin lagi 2 minggu setelahnya ( misalnya tgl 1 dilanjutin tanggal 8 dan di ulang lagi tanggal 22 ).
  • Untuk mengontrol roundworms pada induk menyusui sebaiknya diberikan 2 minggu setelah melahirkan. Anak kucing sebaiknya dikasih sejak usia 4 minggu dan dilanjutin setiap 2 minggu sampai umur 12 minggu.

Kandungan Bahan-bahan
1 tablet mengandung:
Praziquantel ( Ph.Eur.) 50mg

Pyrantel embonate USP 144mg

Febantel 150mg

Apakah Kucing Suka?
No - no - no.
Tapi demi kebaikan...
Cini - cini mpus, biar sehat dan bebas cacingan.... Bahahaha.

Harga?
Harga 1 tabelt drontal sekitar 20rb/tablet.

Beneran itu harga 1 tablet?

Beneran!

Alasan Mengapa Merekomendasikan Obat Ini
Untuk yang memiliki banyak peliharaan kucing, obat cacing Pet Derm bisa jadi alternatif pilihan. Mengingat bahwa dalam 1 tablet obat cacing ini bisa untuk 10kg berat badan kucing. So, jika kucing Cat People ada 3 kucing dengan berat masing-masing 5kg, maka Cat People hanya butuh 2 tablet Pet Derm senilai 40rb. Sedangkan jika menggunakan merk Dr*ntal, maka dibutuhkan kurang lebih 4 tablet senilai 80rb. So, menurut saya akan lebih hemat menggunakan Pet Derm.


Semoga informasi dan review yang ditulis pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi Cat People yah :)

Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

21 comments:

  1. Terimakasih banyak gan infonya 😁, btw ini kucing saya kecil badanbnya kbtulan saya bru adop ka , ga akan terjaid apa" kan ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Fuji Batara.
      Terima kasih kembali. Semoga tulisan sederhana di atas bisa jadi bermanfaat.

      Mhm, maksudnya bagaimana ya? Saya ga paham dengan konteks badan kucing yg Mas adopt kebetulan berukuran badan kecil lalu karena berukutan badan kecil bisa jadi terjadi apa-apa, misalnya sakit begitu?

      Aduh, saya tidak paham... :(

      Jika pertanyaan yg Mas maksud adalah seperti penjabaran saya di atas, maka tidak masalah kok kucing peliharaan kita berbadan kecil, yang penting sehat. Bawa ke dokter hewan ya, semoga badannya yg kecil bukan karena kurang gizi :)

      Semoga Mpus nya sehat selalu
      :)

      Delete
  2. gan saya pengen langsung ngasih kitten saya pet derm gk apa2 kan? (gk usah pake combantrin dulu). Buat pencegahan. Saya gk mau liat kitten saya mati lagi kaya kitten yg dulu. gara2 cacingan juga dan baru tau sekarang obatnya. Bisa kan gan?? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Pemberian obat harus sesuai dengan keadaan kucing, sakit apa dan apakah kuat diberikan obat dgn dosis tinggi atau bagaimana. Perhatikan juga banyaknya pemberian obat, karena satu tablet biaverm utk 10kg berat badan kucing, nah kucing kitten yang Mas pelihara berat badannya skrg berapa? Sesuaikan ya dosisnya.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Oke. thx gan buat sarannya. kitten saya sih masih kecil bgt. buat nanti pas umurnya dahh 3 bulanan.

      Delete
  3. nanya lagi boleh kan siss...
    itu kitten umur 4 minggu bener harus dikasih pet derm???
    kan kasian sis masi kecil... gk tega tuhh ngasihnya...
    *kebetulan ini kitten saya udah sebulan umurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Boleh.
      2. Saya pribadi ga pernah ngasih kucing usia sebulan / 4 minggu obat cacing merk pet derm, saya kasihnya yg lbh soft, obat merk well cacing tetes atau combantrin.

      Semoga jawbannya membantu.

      Delete
  4. Dear admin merk ini aman gak untuk kucing hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tidak memberikan obat cacing pada hewan yg menyusui kecuali dalam pengawasan dokter hewan.

      Delete
  5. Dear admin kucing saya langsung muntah lendir banyak sesekali kadang bercampur darah , karna di kasih obat cacing petdrem padahal obat nya ga sempet kemakan di keluarin lagi .
    Apa ini berbahaya , tp selang beberapa jam masih bisa jalan2 lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan.
      Wow, ngeri banget... Kucing saya dan kucing konsumen saya yang selama ini menggunakan pet derm engga pernah sampai muntah lendir bercampur darah. Kalau udah sampai bercampur darah, Agan patut curiga. Apakah kucing Agan ada sakit pada bagian dalam tubuh sehingga sampai bisa muntah darah? Atau ada masalah di area mulut misal calici, sariawan, gusi berdarah, gigi tanggal, dll?

      Karena selama saya memelihara kucing, br kali ini ada kucing minum obat cacing (engga diminum lagi obat nya, dimuntahkan lagi gan?) sampe memicu muntah darah, saya pribadi bingung membacanya. Kalau kucing mulutnya berbusa atau mengeluarkan liur pas dikasi obat mah sering, apalagi kalau obat nya pait, krn kucing menolak obat tersebut (mirip anak bayi / balita yang nolak obat pait).

      Saran saya bawa kucing segera ke dokter hewan, takutnya ada apa-apa.... Semoga senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
  6. Kak untuk kucing menyusui dan anaknya yg 2 bulan lebih, boleh?

    ReplyDelete
  7. Ini beneran ampuh nggak kak obatnya?, soalnya aku kasih drontal ke kittenku eh ternyata nggak mempan, masih muntah cacing pita panjang banget..😭😭

    ReplyDelete
  8. Min kucing saya galak ketika dikasih obatnya, sarannya dong

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D