Monday, March 16, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai obat cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk

Yes yes yes, Anda benar!
Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk ini memang  dibuah untuk anak-anak.
Yes, anak-anak manusia yah, bukan anak-anak kucing :v

Namun, saat salah satu kucing peliharaan saya masih kecil, yaitu Si Giko, dia pernah diberikan obat ini oleh salah satu dokter hewan di Bandung.

Loh, kenapa dikasih Combantrin Anak Rasa Jeruk?
Usut punya usut, Sang Dokter pernah bilang sama saya, bahwa kucing dibawah 3 (atau 4 bulan ya?) jangan dulu diberikan obat cacing untuk kucing (saya lupa alasannya apa). Berhubung Si Giko adalah kucing yang dapet nemu di kampus, maka saya sendiri tidak bisa memastika berapa usia Si Giko sebenarnya. So, sang dokter merekomendasikan obat ini untuk Si Giko.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah gambar kemasan produk Combantrin Anak Rasa Jeruk.


Dosis
Pemberian obat cacing ini adalah 1ml untuk setiap 2kg berat badan kucing.
Diberikan setiap 2 minggu sekai selama 1 bulan.

Jadi, kalau Si Kucing memiliki berat badan 4kg, maka diberikan dosis 2ml.
 
Cara Pemberian Obat Cacing Combantrin kepada Kucing.
Obat Cacing ini berbentuk cair. Maka kita tidak perlu repot untuk memcairkannya terlebih dahulu sebelum memberikan obat ini kepada kucing peliharaan di rumah. Cukup gunakan suntikan tanpa jarum yang bisa dibeli di apotek sebanyak dosis yang dianjurkan.

Kontradiksi Pengobatan
  • Jangan diberikan kepada kucing hamil
 
Apakah Kucing Suka?
Boro-boro!
Si Kucing nggak suka, hahahaha.
Tapi kucing harus dipaksa demi kesembuhannya... :D

Alasan Mengapa Merekomendasikan Obat Kucing Ini
Karena ini adalah resep dokter! :D
Resep ini diberikan langsung oleh dokter saat saya memeriksakan Si Giko ke dokter hewan di deket Dago-Cikapayang.

Tapi, bagi Cat People yang memiliki kucing di atas usia 4 bulan dan dengan berat badan yang ideal, ada baiknya jika kucing Cat People menderita cacingngan untuk segera diberikan obat cacing khusus untuk kucing, agar cacing-cacing yang menggangu kucing kita bisa dibasmi dengan bersih dan tuntas.

Dan untuk Cat People yang ingin membaca mengenai apa perbedaann obat cacing manusia dan obat cacing khusus kucing bisa baca disini.


Semoga informasi dan review yang ditulis pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi Cat People yah :)

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi.


Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , ,

268 comments:

  1. Hallo, kucingku si Miuu umurnya 3bln. Makan&minumnya lahap banget, tapi badannya tetep kurus dan perutnya buncit kaya kembung gitu. Pertamanya aku kirain diare soalnya (maaf) poopnya lembek, dikasih obat diare ngga sembuh2. Apa gejala cacingan juga pasti poop kucingnya lembek? terus nanti kalo dikasi obat cacing poopnya bakalan jadi encer ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Misssheiii, apa kabar?
      Diare/pup kucing lembek/cair bisa jadi merupakan salah satu indikasi kucing sedang cacingan. Dulu waktu kucing saya Si Giko cacingan juga begitu... :3

      Jika ingin lebih aman, baiknya memang di bawa ke drh hewan. Namun jika ingin memberikan obat cacing kepada kucing, perhatikan berat badan dan dosis nya :)

      Kalau cacingannya sudah sembuh, biasanya tidak akan lembek lagi pup nya. Kecuali kucing nya sakit atau sedang pergantian makananan kucing :)

      Delete
    2. Ka kucing saya umur nya 2bulan berat x gak sampai 2 kilo.awalnya dia baik" aj.tpi stlh d pindah kandangnya,kya x dia jdi stres.gak mau makan,pup sedikit,lembek,lesu,menggigil,bulu x rontok
      Bagaimana ya cara mengobatinya
      Mohon bantuannya

      Delete
    3. Halo, Sis Delia, apa kabar?
      Bagaimana keadaan Mpus nya, apakah sudah membaik?

      Di komentar Sis Delia menyebutkan kucing Sis Delia stress, apakah benar-benar stress? Atau asumsi? Jika benar hal tsb adalah asumsi Sis Delia, dr mana Sis Delia dapat menyimpulkan hal tsb?

      Untuk mendiagnosa apakah kucing mengalami stress atau tidak harus di cek secara fisik juga prilaku hariannya, apakah ada yg berubaha tau tidak. Juga, apakah benar ciri-ciri yang Sis Delia sebutkan di atas benar2 hanya karena stress kare akandangnya dipindah saja? Bagaimana jika kucing Sis Delia tidak mau makan karena karena sakit atau merasa tidak enak badan (demam)? Bagaimana jika bulunya rontok karena suhu yang panas atau ternyata ada jamur? Bagaimana jika pup nya lembek karena pakan tidak cocok?

      Maka dari itu, saya tidak menyarankan untuk berkonsultasi mengenai kesehatan secara online, kecuali utk kasus-kasus ringan yang tidak multi-gejala, misalnya di pup nya ada cacing putih, berarti kucing cacingan, bisa diberikan obat cacing. Namun, jika kasusnya di pup kucing ada cacing, di anus kucing merah dan ebrlendir, ada darahnya juga, dan kucing munta-muntah cairan kuning. Wah... Udah multi-gejala ini, sebaiknya menemui dokter. Karena kalau cuma konsultasi di online, bisa jadi salah diagnosa atau malah Sis Delia nya yang salah bercerita dan menyimpulkan kondisi kucing karena kita sama-sama bukan dokter hewan.

      So, saran saya, temui doker hewan.
      Jika masalahnya adalah biaya, coba cari komunitas dilingkungan Sis Delia, coba minta saran dan informasi dokter hewan mana yang biasa memberikan bantuan sosial dan siapa tau ada Puskeswan / RS. Hewan, biasanya pengeobatan ke Puskeswan / RS. Hewan lebih murah dan bahkan bisa gratis.

      Semoga jawabannya bisa membantu dan dapat memberikan edukasi untuk diri saya pribadi khususnya, dan masyarakat & Cat Lover semua pada umumnya.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  2. Hai. Gan kucing saya umur 4 bulan. Blm lama muntah muntah. Dan di muntahnya ada cacing. Udh di kasih combantrin rasa jeruk. Tapi blm mau makan juga .gimana ya cara nya biar tau cacingnya sudah mati.dan kucing saya sudah bebas dr cacing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak, apa kabar?
      Pada umumnya pemberian obat cacing manusia ke kucing tdk efektif membasmi seluruh cacing yg ada d dalam tubuh kucing. Utk mngetahui nya hrs d cek oleh dokter hewan :) semoga jawaban nya membantu.

      Delete
  3. yap..2 hari yang lalu saya membeli obat ini...didaerah saya harganya 17 rebu...lumayan efekx..dasyat....udah beberapa hari kucing saya si cimo lesu...ga nafsu makan...belekan...mulai kurus...muntah kluar cacing....pagi smp siang suruh puasa dl.....siangx disepet pake suntikan kira kira 3 ml....ssmp sore masih ga mau makan n tetep murung.......tp begitu malam udah mulai lahap,,,keesokan harinya udah sehat ...mau bermain ..makan lahap...belekan ilang..n udah ceria.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berbagi informaai dan pengalaman Mas Heru :)

      Delete
    2. Maaf kalo sy boleh tau, nama obat ny apa y ? Soal ny ciri" ny sama sprti kucing sy yg lg sakit,

      Delete
    3. Halo Sis Pratiwi.
      Jika membaca redaksi yang ditulis oleh Mas Heru dikomentar di atas, obat yang dimaksud adalah Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk seperti yang di bahas di postingan ini.

      Delete
  4. Setelah diberi combantrin kok masi tetap mencret ya? Itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Filia Art,
      combantrin bukan utk menghentikan mencret, Mba. Tp obat cacingan...

      Mencret bisa karena cacingan, adaptasi makanan (misal ganti dr merk A ke B), dll...

      Saran saya mengunjungi drh jika dlm 3hr mencret kucing tidak sembuh.

      Delete
  5. Mpus ku pup ny kdang lembek kdang jg keras, tp tiap pup pasti ada putih2 nya kyak kremi gt..udah dkasih obat ccing tp ttp aja pup ny ada ptih2 nya..knp ya itu? Tu bkan ccing pita kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Unknown.
      Di Pup kucing nya ada cacing nya? Kemungkinan kucing nya cacingan. Segera beri obat cacing khusus kucing yah :)

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  6. pemberian obat cacing ini, bisa juga untuk pencegahan kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Albirahman.
      Yap bisa Mas, setahun cukup 1x atau 2x utk pencegahan.

      Delete
    2. kayaknya ga jadi pencegahanya,.. kemarin kitten sya muntah keluar cacing putih , bisa diobatin pake combatrin tidak ya?
      balas cepat please

      Delete
    3. Halo Mas, maaf br balas.
      Nggak sengaja kelewat komentar nya.

      Jika usia kucing di atas 4bln, saya rasa sudah cukup aman utk memberikan obat cacing khusu kucing utk kucing. Ada beberapa merk yg bisa diberikan, Mas Albirahman bisa membaca review beberapa merk obat cacing kucing di Indeks Radio Kucing dan bisa membelinya di Pet Shop terdekat :)

      Delete
  7. Lagi stress ni mikirin kucing saya namanya BJ,, dua minggu yg lalu muntah kuning,.
    Td sore poop keluar cacing,.
    Apa itu muntah karena cacingan ya ??
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Eni.
      Muntah kuning nya bisa jadi gejala lain, misalnya kekenyangan atau bisa juga distemper. Saran saya bawa ke drh terdekat.

      Delete
  8. kucing saya kucing dewasa mungkin 2thn keatas (gak tau pastinya soalnya kucing nemu) kemarin muntah ada cacingnya masih hidup. badannya gendut tapi perutnya lebih gendut lagi kyak kucing hamil. klo dikasih combantrin apa bisa ya? disini nggak ada dokter hewan masalahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mba Kiki, apa kabar? Sebaiknya jangan memberikan obat cacing kepada kucing yg sedang hamil. DRH saya pernah menyampaikan demikian. Kecuali ada di bwh pngawasan DRH, jk tdk di bwh pengawasan DRH sbaiknya jangan :)

      Delete
  9. eh lupa nulis, kucingnya jantan, hehe
    cuma ya itu, badannya gendut tp perutnya lebih gendut lg kyak kucing hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Kiki.
      Ah, kucing nya jantan ternyata. Kalau dia muntah ada cacingnya sepertinya sudah cacingan akut. Saran saya jangan beri combantrin, kurang manjur utk kucing dewasa. Beri merk lain yg memang khusu obat cacing kucing. Utk mengetahui merk-merk apa saja, bisa cek di Menu Index yg ada di website ini, kemudian lihat daftar obar cacing yg ada. Review nya juga ada disana, dan cara pemberiannya juga :) Pda umumnya bisa dibeli di Pet Shop/DRH. Jika kesulitan mndapatkannya, bisa nitip ke Radio Kucing :)

      Delete
  10. Help me please���� kucing saya stelah d kasih obat cacing combatrin pupny lembek dan kluar cacing putih kecil sudah 2 hri ini masih tetap kluar cacing pdhal semalm sdh d bwak k dr.hewan tp mlahan kucing saya tmbah lemas dan nfsu mkan berkurang?
    Apa itu bahaya? Umurny ny baru 1bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Kemarin saat dtng ke DRH, yg d sampaikan olh DRH nya apa saja Sis? Saran saya ikuti semua petunjuk DRH nya. Jika masih berlanjut, sebaiknya segera temui DRH lagi yah. Semoga empus nya segera sehat kembali.

      Delete
  11. misi mba mau tanya
    kucing saya umur skitar kurang lebih 6 bulan
    dia muntah beserta keluar cacing gtu mba, itu penaganannya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika kucing Mba cacingan dan sudah di atas 4bln, saran saya bisa diberikan obat cacing khusus kucing. Ada beberapa merk yg bisa diberikan, Mba bisa menbaca merk-merk nya apa saja dengan mengunjungi halaman Indeks Radio Kucing.

      Delete
    2. kalau pake combantrin rasa jeruk gabisa ya? saya udah kasih kemaren soalnya mba... kucing saya nafsu makannya berkurang... tapi tadi pagi mau makan dikit sih mba

      Delete
    3. Halo Mas Ade.
      Maksudnya ga bisa gimana ya?
      Ga bisa cara memberikannya kepada kucing, ga bisa karena umur kucing sudah lbh besar, atau ga bisa utk Mas Ade sendiri sbagai manusia? Kalau utk Mas Ade, saran saya menggunakan Combantrin utk dewasa (jika sudah dewasa) atau combantrin anak (jika Mas Ade msh dlm usia anak-anak). Kalau perihal Mas Ade ga bisa memberikan obat cacing ini pada kucing, dicoba dlu ajah Mas, berlangih. Bisa disepet ke mulut kucing menggunakan pipet atau suntikan tanpa jarum. Jika yg Mas maksud ga bisa memberikan obat ini karena usia kucing sudah besar, saran saya Mas membaca ulasan di Radio Kucing dgn judul berikut ini:

      Apa Bedanya Obat Cacing Khusus Kucing dengan Obat Cacing Manusia?

      http://www.radiokucing.com/2015/03/apa-bedanya-obat-cacing-khusus-kucing.html?m=1

      Semoga membantu.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  12. Hallo dok, kucing saya usianya 4 bulan, sudah 5 hari ini kalo bab tidak sampai tuntas, kotorannya masih nyangkut di anus(tidak menceret). Tapi terkadang Anusnya basah penuh kotorannya dia. Itu kenapa ya, mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sdr. Utonawawi.
      Kayaknya kurang serat, jadi kurang lancar BAB nya. Coba kucingnya dipersilahkan makan rumput / dedaunan / bambu jepang (tanaman hias) / wheat greas.

      Oiya, kebetulan yang menjawab ini bukan dokter.

      Delete
    2. Oh gituu.. Makasih banyak ya mba :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Ka kucing ku, namanya Coki umurnya baru mau 3 bulan awal nya dia gemuk bgt tapi sekarang badan nya kurus bgt, gak ada 1kg mngkin brat bdan nya.. tpi perut nya buncit bgt. Awalnya dia cuma muntah muntah, aku fikir krna dia slah makan atau apa, tapi kata ayah saya itu katanya cacingan.. aku mau kasih obat cacing tapi takut takaran nya salah, nanti malah over dosis ..dokter hewan jga dsni mah jauh kagak ada mungkin.. jadi gmn dong ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sdr. Andi Indri.

      Waduh, ini mah tebak-tebakan euy jadinya. Saran saya jangan dulu diberikan obat cacing Mas. Kurus bisa jadi karena malas makan (misal nya tanda-tanda sakit atau stress, jd makannya dikit, lalu jadi kurus...). Atau memang banyak aktifitas nya (kucingbya gerak terus jd kurus). Soalnya saya juga pernah punya kucing kurus padahal makan banyak. Hehehe. Kalau udah benar-benar cacingan, baru diberi obat cacing. Atau jika ingin melakukan pencegahan cacingan, saran saya utk berkonsultasi pada drh. Saya pribadi bukan tipikan yg biasa ngasih saran asal-asalan, jd kalau blm yakin, ga berani ngasih saran. Masalahnya ini berhubungan sama kesehatan dan nyawa kucing :)

      Semoga membantu yah.

      Delete
  15. Gan kucing ane yang masih kecil beratnya aja kaga sampe 1 Kg "karena cacingan" nah berapaan tuh dosis combantinnya gan ? "buruan jwb gan ntar keburu modar lagi kucing ane :D"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Caliph Champion.

      Usia kucing agan berapa bln? Kalau masih beberapa bulan wajar kok masih 1kg-an. Kan berat badan kucing biasanya bertambah seiring dgn pertumbuhan kucing.

      Oiya, saya bingung dengan pertanyaan Agan, masih sangat minim informasi dan rancu.

      Selain itu, agan tau dr mana kucing Agan kurus karena cacingan? Oiya, Agan menuliskan kata-kata "karena cacingan" dengan diapit tanda baca kutip ("), apakah hal ini menyatakan Agan sendiri masih ragu apakah kucing benar-benar cacingan? Jika yakin, apakah sudah benar-benar ada tanda-tanda kucing cacingan? Atau agan hanya menebak2? Jangan tebak2an Gan, sebaiknya segera bawa ke drh. Buruan ya Gan, takut kucing Agan keburu meninggal jika tidak diberi penanganan yang tepat... :)

      Delete
  16. ane tau dari
    1.Dia muntahin cacing putih
    2.Dari anusnya keluar cacing juga
    oh iya ane lupa bilang umurnya sekitar 2 bulanan lah


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Caliph Campion.
      Jika demikian, saran saya bs diberikan obat cacing combantrin anak dulu sbgai pertolongan pertama. Tapi obat cacing combantrim tidak menghilangkan semua cacing yang berbahaya di dalam tubuh kucing. Saran saya, jika kucing sudah cukup umur dan cukup bobot, bisa diberikan obat cacing khusus kucing :)

      Jangan lupa utk segera menghubungi dokter hewan ya Gan, supaya kucing Agan mendapatkan penanganan yang lebih baik :)

      Pemberian obat cacing di bawah pengawasan dokter SANGAT DISARANKAN :)

      Delete
    2. Oiya lupa, satu lagi...
      Usia 2bln masih wajar kok berat badannya 1kg :)

      Delete
  17. numpang nanya bang kucing saya pup nya ada kaya cacing putih agak banyak cacingnya kepala cacingnya mirip panah cacing pita bukan ya?.,kira kalo dikasih combatrin dosis nya berapa mili ?usianya baru 2 bulan mohon dibls.

    ReplyDelete
  18. numpang nanya bang kucing saya pup nya ada kaya cacing putih agak banyak cacingnya kepala cacingnya mirip panah cacing pita bukan ya?.,kira kalo dikasih combatrin dosis nya berapa mili ?usianya baru 2 bulan mohon dibls.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Dani Hardiansyah.
      Aduh, maaf saya krg tau ciri-ciri cacing yang sering ada d tubuh kucing euy...

      Di atas dijelaskan bawah 1ml utk 2kg BB kucing. Kucing Mas Dani sudah berapa kg beratnya?

      Delete
  19. ada obat tradisionalnya gk yah.biar sembuh bener kalo ke dokter hewan takut mahal ,saya bukan orang berada hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Dani.
      Sampai saat ini saya belum mengetahui obat tradisional untuk cacingan pada kucing. Kalau di Bandung, ke dokter hewan kena biaya 50rb - 100rb sudahd engan obat. Bahkan jika datang ke puskewan bisa gratis :)

      Delete
  20. ada obat tradisionalnya gk yah.biar sembuh bener kalo ke dokter hewan takut mahal ,saya bukan orang berada hehe.

    ReplyDelete
  21. kucing saya baru melahirkan (1 ekor anaknya) tp perutnya msh besar kaya hamil udah 5 hari masih jg besar apakah itu termasuk cacingan? tp makannya lahap & gak muntah, kalo pup saya krg tahu karna pupnya di luar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Anatoly.
      Waduh, kalau masih hamil sampai menyusui, sebaiknya kucing jangan diberi sembarang obat. Pemberian obat cacing juga harus di bawah pengawasan dokter hewan. Saran saya bawa kucing nya ke dokter hewan atau puskeswan (kalau di puskeswan biasanya gratis), cek apakah masih ada anak kucing yang tertinggal atau tidak.

      Semoga Mpus nya ga kenapa-kenapa ya Mas.
      Semoga senantiasa sehat selalu.

      Delete
    2. sayangnya ane brada d daerah plosok desa jauh dr dokter hewan. kmaren jg habis belekan dia.

      Delete
    3. denger2 kalo sering makan nasi bisa kena cacingan ya?

      Delete
    4. Halo Mas Antoly,
      Saya pribadi baru denger info tsb. Yang saya tau pada umum nya kucing bisa mencret kalau di beri nasi, dan bisa menyebabkan diabetes dlm jangka panjang.

      Delete
    5. solusi makanan slain catfood ada gak sih.

      Delete
    6. Cat Food = Makanan Kucing, solusi makanan kucing selain makanan kucing ngga ada Mas. Karena kucing memang makan makanan kucing.

      Makanan kucing ada macem-macem.

      Misal:
      Raw Food (Mentah), makan daging, ikan, dll.
      Home Made Food (Makanan dibuat dirumah), ada beberapa resepnya di Radio Kucing. Biasanya makanannya di kukus / di rebus.
      Dry Food, makanan kering. Biasanya dijual kiloan atau dalam kemasan.
      Wet Food, makanan basah. Berisi daging yg di masukkan ke dalam kemasan.

      Dan lain lain...

      Delete
  22. saya mau tanya, kucing saya umur 2 bulan kemarin sore tiba-tiba dari anusnya keluar cairan mirip putih telur, terus gak lama jadi berdarah gitu, keluar pup tapi lebih mirip darah kental. awalnya pupnya lancar dan normal, tapi semenjak itu jadi sedikit pupnya tapi masih padat. Pas saya mau bersihkan anusnya,ada putih gitu kaya belatung di anusnya :( tapi dia masih sangat lincah.
    kira-kira itu kenapa ya? apakah termasuk gejala cacingan?

    mohon di respon ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Amelia.
      Apakah yg mirip belatung itu warna putih dan tipis? Dan apakah makhluk tsb keluar masuk anus? Saya pernah punya pengalaman rescue kucing dan di anusnya cacing keluar masuk berwarna putih. Hal tsb indikasi cacingan mulai parah. Segera bawa ke DRH utk mndapatkan obat cacing yg tepat, krn combantrin tdk bs utk menumpas cacingan khusus pada tubuh kucing.

      Namun, jika yg keluar masuk di anus tsb adalah belatung seperti yg sis ceritakan, maaf saya blm bs menbantu, blm ada pngalaman.

      Saran saya segera dibawa ke DRH ya Sis. Kalau di Bandung bisa di bawa ke Puskeswan utk pertolongan pertama, dan biasanya gratis jika tdk memerlukan tindakan operasi.

      Delete
  23. Sore gan, minta sarannya. Saya ada problem nih. Kucing saya umur 15 bln, makannya kaya kelaperan terus, padahal porsinya slalu banyak, pagi dan sore. Tapi badannya kurus, buang air nya lembek. Perlu diketahui kucing saya sedang menyusui, anakannya berusia 1bln. Apa kucing saya terkena cacingan ya, dan apa solusinya ? Mohon pencerahannya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, apa kabar?
      Jika sudah usia 15bln dan ternyata memang cacingan, maka bisa diberikan obat cacing khusus kucing, tdk perlu menggunakan combantrin anak.

      Jika kucing sdg hamil/menyusui, wajar badannya kurus dan makannya banyak, karena asupan makanan yg masuk ke tubuh Induk juga didistribusikan kepada anak-anak kucing melalui ASIK (air susu induk kucing), dan Induk kucing perlu makan banyak (jadi seperti yg lapar terus) krn membutuhkan asupan gizi utk memproduksi ASIK, dan wajar selama menyusui kurus walaupun banyak makan, krn makanan yg dimakan oleh Induk kucing didistribusikan kepada anak kucing melalui ASIK.

      Selama kucing sedang hamil & menyusui jangan diberikan sembarangan obat, apalagi obat cacing. Sebaiknya kunjungi DRH jika akan memberikan obat.

      Saran saya utk memberikan asupan gizi tambahan utk Induk Kucing, misal menaikkan nilai protein dan gizi pada makanan kucing dry food yg biasa di konsumsi, memberikan vitamin, minyak ikan, kuning telur, atau yg lainnya sesuai dgn kemampuan :)

      Semoga jawabannya membantu yah.

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Kak kucingku lagi hamil aku baru liat kalo sebaiknya jangan diberi obat cacing saat kucing hamil

    Kalo udah terlanjur gimana ya ?
    Huhu buruk kah efek sampingnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nur Qomariah.

      Kucing yang sedang hamil memang sebaiknya tidak diberikan obat cacing kecuali di bawah pengawasan dokter.

      Efek samping yang bisa terjadi adalah ganggung janin kucing tsb.

      Kita berdoa dan berharap semoga empus sis gpp yah :)

      Delete
  26. kucingku umurnya 3bulan bbrpa minggu yg lalu sakit diare lemes bbrpa hari gak mau makan tapi sekarang udah sembuh gak lemes lagi
    cuma klo pup kdang padat kdang encer, minta makan terus pdhal udah dikasih makan banyak tapi badannya kok ttp kurus
    kucing q ini punya 2 sodara n ibunya makannya sama2 banyak tapi gemuk semua, jd kucing saya yg kurus ini cacingan ato gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sofi Nyinyi.
      Kucing kurus bisa jadi karena bawaan genetik, cacingan, atau mal nutrisi. Maaf saya nggak bisa bantu untuk menjawab kucing Sis cacingan atau enggak dikarenakan informasi yang sangat minim, takut salah memberikan informasi saya :)

      Silahkan berkunjung ke dokter hewan terdekat yah, dan mengkonsultasikan permasalahan yang dialami oleh kucing Sis :)

      Delete
  27. Kak kucingku umur 3bulan lebih udah lebih dr seminggu pup nya lembek kadang encer, sehari bisa lebih dr 5kali pup. Pake obat diare dr petshop udah 3hari blm ada perubahan. Itu termasuk cacingan atau bukan ya ? Skrg matanya bengkak sebelah berair + belekan trs. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ta Wita.
      Saya sangat menyarankan utk mengunjungi dokter hewan sesegera mungkin, krn diare nya sudah 3 hari. Selain itu sepertinya Si Kucing juga menderita sakit lain seperti mata bengkak, dll. Segera kunjungi dokter hewan ya cantik, semoga kucing nya segera sehat kembali :)

      Delete
  28. siang kmrn kucing aku jg awal nya mencret trus mlm nya muntah cacing pth gt? itu kalau d obatin kombantrin di kasih nya brp x yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Fitria Apriliani.
      Untuk memberikan obat cacing kepada kucing, kita harus tahu berapa berat badan kucing, sehingga pemberian obatnya bisa tepat dosis. Nggak bisa dikira-kira, Sis... :)

      Delete
  29. kucing saya awalny mencret trs sembih dan beberapa minggu sehat nah skr mencret lg apa itu cacingan y trs apa boleh lg mencret dksih obat cacing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Mencret tidak selamanya karena cacingan. Bisa jadi karena tidak cocok makanan, gejala keracunan, dll.

      Saran saya, ketahui dulu dengan benar sakit si kucing apa, baru diberikan pengobatan. Jangan lupa utk segera mengunjungi dokyer hewan jika kucing mencret selama 3 hari atau lebih yah :)

      Delete
  30. kak aku punya kucing trus kucing aku aku beri comadrin sebelumnya sih dia pernah muntah abis di beri itu juga muntah cacing putih kya sepageti trus ad cairan kuning tpi kek gitu gpp kah trus napsu makanya ilang and trus hinggal malam ini dia diam aj gk nunjukin ciri ciri napsu makan gk napsu juga itu gimana cara obatin nya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ahmad, apa kabar?
      Sorry baru balas, notifnya ga sengaja kelewat. Skrg gimana keadaanya kucingnya? Masih muntah-muntah? Saran saya untuk segera membawa ke DRH jika ada kejala yang dicurigai sakit kucing menjadi lbh parah ya Mas.

      Semoga kucingnya segera sehat kembali.

      Delete
  31. kak permisi, bayi kucing saya msh diatas satu minggu umurnya. smlm baik baik saja, hri ini dia mulai bab cacing gelang .srkng ga nafsu n skrng sudah sekarat di atas kain. tubuh berisinya tb tb jdi kurus. bagaimana ini.. tidak ada dokter hewan dsni. umurnya msh sgtu apa kuat pakai combatrin? #indukmya sudah mati lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Vinessa, gimana keadaan kucingnya sekarang?
      untuk kucing yang masih sangat kecil, sebaiknya diberikan di bawah pengawasam dokter hewan. Jika tetap ingin memberikan obat cacing, sebaiknya dengan dosis yang kecil.

      Semoga kucingnya segera sehat kembali.

      Delete
  32. Selamat pagi dok...
    Saya mau tanya kucing saya terserah penyakit cacingan dan saya membeli obat kombantrin jeruk,berat badan kucing saya 5kg,saya memberikan obatnya kemarin satu sendok takar...nah dok tetapi hari ini kucing saya lemes,lesu,gamau makan,muntah,dan pup nya mencret warna hitam... kira kira kenapa yh dok? Apa ini efek dari makan kombantrin?kucing saya pasti sembuhkan dok..mohon jawabanya yh dok.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jawab satu-satu yah.

      1. Selamat pagi juga. Kebetulan yang jawab bukan dokter.
      2. Kejala-kejala yang Bapak sebutkan menurut saya sebagai orang awal sudah agak komplikasi. Sepengalaman saya memberikan kombantrin ke kucing tdk pernah ada kejala seperti itu. Saran saya segera bawa ke dokter hewan ya. Secepatnya.
      3. Sudah dijawab ya pertanyaannya.
      4. Sama-sama, kembali kasih. Semoga membantu.
      5. Sekali lagi, segera kunjungi dokter hewan yah :)

      Semoga kucing Bapak segera sehat kembali, yah... :)

      Delete
  33. Mau tanya dong, kucing saya umurnya sekitar 4 bln, 1 bulan lalu muntah cacing gelang sekitar 1 jam setelah makan daun yang tumbuh liar, cacing nya banyak yang keluar, lalu sore harinya saya kasih minum air kelapa muda, besoknya sudah mau makan, trus sekarang kejadian lagi, lalu saya kasih combantrin sekitar 1ml, kira2 aman ngga ya kalau nanti saya seling sama air kelapa muda, soalnya keliatan nya dia dehidrasi, badannya kurus, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air kelapa murni (yang benar-benar dari kelapa) aman untuk kucing kok, Mas. Saran saya abwa ke dokter hewan ya kucing nya, cacingannya udah parah sepertinya.

      Semoga empus nya segera sehat kembali.

      Delete
  34. mas kitten saya kira" umur 3mingguan ada 3ekor yg 2sngat sehat yg 1 ny pling kcil bnyakan tdur ..nah yg saya tnyakan td kucing sya yg nmr dua kan sehat tp td dia muntah putih susu dr induk kmudia ak cek kok sperti ada mie putih pas ak cek gerak" bgtu.. lalu apakh it bs sembuh dgn kombantrin?
    kmudian kucing yg pling kcil dia sempet muntah" tp bln ad tnda" cacingan cm kluar seperti susu tp kental dan padat knpa yah.. bl di ksih kombantrin apa efek sampingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masaguskyo Kyo.
      Kalau cacingan awal bisa saja, tapi obat cacing kombantrin ini untuk manusia, jadi tidak bisa membunuh semua cacing dalam tubuh kucing. Jika untuk tahap awal bisa membantu, tapi nanti jika Si Kucing yang diduga cacingan tersebut sudah cukup umur dan berat badan, maka segera berikan obat cacing khusus untuk kucing. Sebaiknya membawa kucing ke dokter hewan agar pemberian obat dan dosisnya tidak salah :)

      Semoga kucing nya segera sehat kembali ya :)

      Delete
  35. Ka kucing saya umurnya kurang lebih 6/7 bulan.
    Aktivitas sehari2x lebih banyak tidur ketimbang main.
    Beratx sekitar 2.5kg. Doyan makan, perutx gemuk tapi itu kaki, tangan, mukax kurus.
    Badanx lembek beda kalo dibandingkan sama sodarax yg gemuk padat.
    Apa itu ciri2 kucing saya cacingan ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Niken.
      Mhm... Pernah muntah atau pup cacing ngga kucingnya? Karena bisa jadi kucingnya cuman buncit aja, hehehe.

      Kalau curiga Si Kucing cacingan tapi ga yakin karena masih ragu, saran saya untuk mengunjungi dokter hewan agar bisa di cek secara menyeluruh, takutnya jika berkonsultasi online akan banyak misskomunikasi dan salah prediksi.

      Semoga kucingnya sehat selalu ya :)

      Delete
    2. Kalau muntah pernah. Untuk pup cacing sepertix nda ka hehe
      Amiiin. Makasi ya infox ka :)

      Delete
  36. Sama ini ada kucing kecil (mungkin sengaja dibuang ke t4 saya).
    Kasian ka matax belekan sampai matax tertutup. Badanx kurus perutx menggembung, fesesx cair.
    Td pas baru saya temukan, sy mandikan dengan air sedikir hangat dan matax saya bersihkan dengan rohto-cool. Matax jd sedikit terbuka tp dikasi makan tdk mau. Trus sy aga paksa makan pake pipet tp ngak tega jd hanya sedikit yang masuk.
    Kira2 gimana ya penanganan yg tepat ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kucing yang masih kecil baiknya diberi susu kucing sajaterkebih dahuu sampai dia siap dengan makanan kucing, baik itu dry food atau wet food, biasanya kucing mulai makan di usia 2 bulan-an. Yang Sis lakukan sejauh ini sudah tepat, tinggal berikan susu secara berkala, misal 1 jam sekali atau 2 jam sekali kemudian tempat tidur kucing harus hangat dan nyaman berikan alas yg empuk, misal selimut bekas atau baju bekas.

      Sebaiknya segera hubungi dokter hewan agar bisa mengetahui kesehatan Si Kucing ya :)

      Semoga membantu.

      Delete
  37. Halo kka...mau tanya. Kucing sy masih kecil.. g tau umur pastinya..dia muntah tapi g ada cacingnya sih . Tapi pupnya encer terus, trs ada ky bentuk panjang gt (sperti cacing tp tdk hidup) warna item. Kalau sy kasih combantrin gpp? Soalnya perutnya juga buncit.. kaya ciri2 cacingan gt kan. Mata berair pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Anisa.
      Jika ragu maka kucing jangan diberikan sembarang obat, bainya segera temui dokter hewan agar bisa mendapatkan diagnosa yang benar dan tidak teba-tebakan. Semoga Mpus nya segera sehat kembali ya :)

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Saya ketemu kitten kurang lebih umurnya sebulan. Kira2 dosis yang tepat untuk combantrin sirupnya berapa ya. Kasihan perutnya dah buncit banget. Mau saya ksh drontal blm berani, msh kcil banget. Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Wahyu.
      Terima kasih sudah bersedia menolong kucing kecil tersebut ya, Mas. Semoga makin banyak rejekinya :)

      Sama Mas, kalau ada kucing kecil saya juga ga berani ngasih drontal ke kucing kecil, padahal kalau di bawah pengawasan dokter mah ga apa2, saya nya aja yg was-was.

      Timbang dulu berat badannya Mas. 1ml untuk 2kg berat badan. nah kurangi dosis nya sesuai dengan berat badan kucing :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  40. Saya sudah kasih anak kucing combantrin dosisnya sedikit banget cuma seujung sedotan bwat air minum kemasan soalnya baru 2 minggu usianya, nah ibu kucingnya tuh suka bersihin poop anaknya dimakan gitu, ibunya harus di kasih obat cacing juga ga yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sari Purnama.
      Saya jawab satu-satu ya...

      1. Anak kucing yang usia 2 minggu tersebut cacingan? Jika tidak cacinga, ngga apa-apa kok ga dikasi obat cacing dulu. Tunggu usia 3 - 4 bln nanti bisa dikasih obat cacing khusus hewan sesuai dosis usia dan berat badan si kucing.

      2. Induknya cacingan? Induknya sedang menyusui? Jika induknya cacingan, memang baiknya diberi obat cacing, namun untuk betina yang sedang hamil dan menyusui alangkah baiknya dalam pemberian obat cacing ada dalam pengawasan dokter hewan. Saran saya jika ingin memberikan obat cacing kepada betina yang sedang hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasi dulu ya ke dokter hewan, agar tidak salah penanganan dan juga induk kucing dan bayi kucing bisa sehat dan selamat :)

      Semoga membantu... :)

      Delete
    2. Iya anak kucingnya cacingan, yang 1 selamat 1nya lgi udah meninggal, aku boleh nanya lagikan???
      Ibu kucing sekarang udah hamil lagi padahal belum 2bulan melahirkan, nah akhir" ini perutnya sering bunyi kaya bunyi perut keroncongan trus kalo saya teken perutnya tuh kaya ada udara gitu.
      Itu normal ga yah???

      Delete
  41. Saya memiliki kucing kampung jantan berusia 3th, kucing saya mengalami muntah cacing, poopnya encer, sering kedinginan, lesu maunya tidur terus tapi nafsu makan masih ada, jadi lebih manja sm saya, minta minum terus. Seminggu yang lalu saya sudah berikan obat cacing drontal cat tapi tidak ada perkembangan sama sekali, malah kucing saya ini perutnya sedikit demi sedikit membuncit dan dia jadi jarang mandi/menjilati bulunya, jadi bulunya kotor dan tidak sebersih biasanya.
    Apakah saya harus memberikan kucing saya drontal cat lagi ya?
    Mohon pencerahannya utk jangka waktu pemberian obat dan apakah ada obat tambahan utk masa pengobatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kiki.
      Segera bawa ke dokter hewan ya kucingnya. Takutnya cacingannya parah :) Dulu pernah ada salah satu kucing saya yg dikasih obat cacing yg bisa ditemukan di pet shop ga sembuh, lalu saya bawa ke dokter hewan dan diberikan obat cacing dari dokter hewan tersebut dan sembuh.

      Segera bawa ke dokter ya kucingnya :)
      Semoga kucing nya segera sehat kembali :)

      Delete
  42. saya baru rawat anggora, sekarang mau jalan 3 bulan usianya. waktu usia 2 bulan berak disertai darah, lalu saya coba ganti makanannya. sekarangdia makan me-o kitten dok,. dari kemaren pup-nya lembek agak cair dan warnanya terang trus ada darahnya di sekitar anus. beberapa hari yang lalu kecolongan jalan2 di tanah. mohon sarannya ya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pertama makan me-o kira2 seminggu lebih pupnya jadi normal dok, sembuh berak darahnya. cuma 2 harian ini dia jadi banyak tidur. cuaca disini juga laagi panas

      Delete
    2. Halo Sis Angela Wilson.
      Yang pertama kali perlu diinformasikan adalah yang menjawab ini bukan dokter hewan ya, Sis. Maka kemungkinan jawaban salah bisa terjadi.

      Pup lembek dan cairnya karena makanan atau karena cacingan? Sudah pernah diberikan obat cacing belum kucing nya, Sis? Jika belum, coba berikan obat cacing dulu ya. Sebaiknya kunjungi dokter hewan segera ya, Sis. Karena takutnya sudah cacingan parah. Selain itu dengan mengunjungi dokter gewan kita jadi lebih tahu pasti kondisi kesehatan dan penyakit apa yang sebenarnya sedang dialami oleh kucing peliharaan kita.

      Semoga membantu jawabannya ya :)

      Delete
  43. Misi kak, aku tadi pagi nemu bayi kucing didepan rumah. Usianya kira kira 2-3 minggu. Awalnya aku kasih susu bearbrand, terus tadi udah aku kasih susu khusus kucing. Nah,pas aku kasih susu tadi aku lihat si kucing sudah pup. Pupnya sangat encer dan ada semacam cacing putih yg masih aktif berukuran kurang dari 1 cm. Ditambah lagi ada banyak kutu di badannya. Bagaimana ya cara mengatasi kutu dan cacingnya? Saya baru pertama kali pelihara kucing dan agak geli sama cacingnya ><

    ReplyDelete
  44. Halo sy mau nanya.
    Kucing terindikasi cacingan seperti apa ya? Soalny slma ini sy blm nemuin pup nya keluar cacing atau muntahnya keluar cacing tapi bbrpa hari yg lalu sy coba Kasih combatrin anak di cekokin pake sendok kecil tpi sepertinya di muntah kan lagi karna mungkin caranya salah juga ya soalnya kucingnya berontak dan rasanya aneh bagi kucing sy. Nah sy mau nanya kalo sy ulangi lagi pemberiannya gimana? Aman gak ya? Makannya lahap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Umurnya kurang lebih 4 bln. Pup nya padat. Oiya 1 lagi, sprtinya dlm sehari sy gak liat pupnya paling pipis ny aja. Apa grgr pasirnya yg kotor mungkin jd males pup ya? Apa ini normal apa ada gejala lain. Terima kasih.

      Delete
  45. Mau tanya sis.. aku nemu kitten usianya 1 bln. Kitten sy sulit BAB (6 hari tdk BAB), setelah diperiksa fesesnya oleh drh tenyata banyak telur cacingnya. Krn sdh 6 hari tdk BAB maka dirangsang dgn microlax. Drh memberikan combantrin jeruk untuk obat cacingnya.. Kitten saya sudah BAB sekali setelah minum obat combantrin jeruk tp saat ini kembali tdk bisa BAB (4 hari). Saya bingung.. Saya sudah beri dia extra virgin olive oil & vco (dicampur ke susunya). Tapi msh blm bisa pup juga..mohon pencerahannya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Evi Salfiah.
      Mhm, kasusnya agak rumit, Sis. Untuk kasung-kasus penyakit rumit saya ga berani jawab, Sis. Takut salah. Maklum saya ga ada background pendidikan kedokteran hewan.

      Saran saya, Sis sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter hewan yang memberikan resep kepada kucing, Sis.

      Semoga segera sehat kembali Mpus nya ya, Sis
      :)

      Delete
  46. Hallo,saya mau tanya
    Aku punya 3kitten usia 2bln an yg 1 perut nya buncit,nafsu makan nya kurang berat badan nya cuma 400gr an aku pisah kandang sama yg 2 lain nya,dia kurang lincah,pendiem,menyendiri gtw karna ke bully sama yg lain nya karna dlu nya di satuin 1kandang,pup nya biasa kadang encer tp ga liat ada cacing nya apa ngk,.udah aku ksh vit penambah nfsu mkan tp ttp aja bgtu tp blm aku coba pake obat cacing,.apa itu termasuk cacingan ngk ya?bagaimana ya mengatasi nya ?? Mhon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Cewek Cantik.
      Jika memang termasuk cacingan dan usianya masih kecil, bisa diberikan combantrin rasa jeruk. Jika tidak cacingan, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan ya. Ditakutkan kondisi tersebut merupakan salah satu gejala penyakit lain yg lebih serius.

      Semoga Mpus-mpus nya sehat selalu ya.

      Delete
  47. Halo mba ini aku alana . Aku udh beli combatrine buat kucing saya soalnya dia ngeluarin muntah cacing gelang. Tp ini keadannya udh mengkhawatirkan bgt udh kurus udh seminggu ga mau makan tp saya kasih bubur bayi rasa ayam biar dia mau. Terus ngeluarin bau yang ga enak bgt di hidung disaat dia lg pipis. Pertanyaannya combratine nya di tambah lg ga ya dosis nya. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Alana. Saya bantu jawab satu-satu sesuai kemampuan saya ya.

      1. Sebaiknya tidak diberi bubur bayi rasa ayam, tapi berikan ikan kukus atau daging ayam kukus. Jangan diberi tulang.

      2. Jika repot untuk mengukus ikan atau daging ayam, bisa memberikan wet food. Hal ini bertujuan untuk memancing nafsu makannya dulu, kalau udah sehat bisa diberikan dry food lagi.

      3. Kucing Sis bermasalah pada THT? Sudah cek ke dokter hewan? Segera abwa ke dokter hewan ya.

      4. Dosis pemberian obat harus sesuai dengan usia dan berat abdan kucing. Sangat tidak dianjurkan menaikkan dosis obat sendiri tanpa do bawah pengawasan dokter hewan.

      Semoga membantu.
      Segera bawa kucingnya ke dokter hewan ya :)

      Delete
  48. Halloo mau nanya klo kucing dewasa lg menyusui boleh di kasih obat cacing gak ya? Kucingnya saya sih insya Allah sehat sehat aja. Tp perutnya buncit. Gatau emg gendut atau gimana 😊 utk siaga aja 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, Sis.
      Semoga Mpus nya senantiasa selalu sehat ya.

      Delete
  49. Mau tnya dong kaa. Kucing aku juga gitu udh dua hari ini, badannya kurus bgt tapi perutnya gendut. Dia juga minum teruss ka. Umurnya sekitar 3 bulanan. Kalau di kasih combantrin nnti cacingnya keluar-keluar lewat pupp atau hancur trcmpur pupp?

    ReplyDelete
  50. Mau tnya dong kaa. Kucing aku juga gitu udh dua hari ini, badannya kurus bgt tapi perutnya gendut. Dia juga minum teruss ka. Umurnya sekitar 3 bulanan. Kalau di kasih combantrin nnti cacingnya keluar-keluar lewat pupp atau hancur trcmpur pupp?

    ReplyDelete
  51. Mau tnya dong kaa. Kucing aku juga gitu udh dua hari ini, badannya kurus bgt tapi perutnya gendut. Dia juga minum teruss ka. Umurnya sekitar 3 bulanan. Kalau di kasih combantrin nnti cacingnya keluar-keluar lewat pupp atau hancur trcmpur pupp?

    ReplyDelete
  52. Mau tnya dong kaa. Kucing aku juga gitu udh dua hari ini, badannya kurus bgt tapi perutnya gendut. Dia juga minum teruss ka. Umurnya sekitar 3 bulanan. Kalau di kasih combantrin nnti cacingnya keluar-keluar lewat pupp atau hancur trcmpur pupp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Blog Cantika.
      Dicoba dijawab satu-satu ya.

      1. Yang dimaksud dengan 'kucing aku juga gitu udah dua hari ini" itu kondisinya yg dimaksud bagaimana ya? Maaf saya kurang paham.

      2. Badan kurus dan perut nya buncit bisa jadi indikasi cacingan. Tapi belum tentu cacingan ya, harus di cek ke dokter hewan untuk kepastiannya.

      3. Gpp kalau dia minum, mungkin dia memang haus.

      4. Kalau sudah 3 bulan lebih (mau ke 4 bulan) bisa dikasih obat cacing khusus kucing. Bisa beli di Pet Shop.

      5. Pengalaman saya, saat kucing dikasih combantrin anak rasa jeruk, cacingnya keluar dengan pup nya.

      Semoga membantu.

      Delete
  53. selamat sore,

    maaf mau tanya, itu cara ngasihnya dipaksa minum atau disuntikan dibagian mananya ya combatrine nya ? saya ada kucing umur 2 bulan seperti gejala cacingan perut gede tp kaki dll kurus bgd terus matanya belekan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Bukan disuntikkan, tapi di sepetkan ke dalam mulut.
      Bisa dibaca kembali tulisan di atas dengan seksama agar tidak terjadi salah paham.

      Jangn lupa dibaca juga komentar de teman2 yg lain ya :)
      Kadang jawaban dr pertanyaan kita bisa ditemukan di kolom komentar :)

      Delete
    2. Kemaren pagi kucing aku masih sehat...masih main sm saudaran .tb2 sorean dia gk mau makan...pas dilihat pup nya ada cacing...wrnanya putih...gk tau.jenis cacing apa itu....krn sy khawatir stgh mati...sy ksh obat cacing kl gk slh namanya enlixor...krn cm itu yg ada di kulkas punya ponakan aku...trus malamnya udh mau makan....pagi jg udh makan...tp pupnya berdarah...siang nya lg sm kg sperti kmaren gk mau makan...pas dia pup keluar cacing lg...apa boleh lgsung aku ganti obat cacing combatrin kak?mgkin dg obat ini bs cepat sembuh....seandainya gk cocok..apa bs bahaya buat kucing gk?kyk keracunan atau apalah...yg mngakibatkan kucing smakin parah atau malah mati.pet shop sm dokter hewan gk ada dit4ku...msti ke kota dl....mahal biayanya.

      Delete
    3. Halo Sis Jessica Yudia.
      Jika usia kucing sudah di atas 3 bln bisa langsung memberikan obat cacing khusus hewan, ada di pet shop atau toko yg menjual perlengkapan hewan.

      Jika masih kecil, maka bisa diberikan combantrin anak rasa jeruk. Namun jika sudah mencukupi usianya maka segera berikan obat ccaing khusus hewan ya, agar semua cacing jahatnya bisa terbasmi dengan sempurna.

      Delete
  54. halo dok .. saya punya kucing umur 4 bulan .. pup nya lembek dan lubang (maaf) duburnya memerah .. tapi nafsu makannya masih seperti biasa .. apa itu cacingan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Fhamela Fhanie.
      Salah satu kucing yang sering numpang makan disini juga sempat mengalami duburnya memerah. Awalnya saya tidak menyangka itu cacingan, saya kira dia mungkin punya penyakit lain. Kamudian beberapa minggu yg lalu caya liat ada cacing keluar dan masuk lewat dubur kucing tersebut, maka saya yakin si kucing cacingan. Lalu saya beri ia obat cacing dan kini duburnya tidak memerah lagi.

      Sepertinya salah satu ciri cacingan memang duburnya memerah, tapi tidak semua cacingan duburnya memerah, bisa juga tanda penyakit lain, misalnya ambeyen."

      Saran saya jika memang si kucing belum pernah diberi obat cacing sama sekali, ada baiknya memberikan obat cacing. Jika ragu apakah si kucing cacingan atau bukan, maka segera membawa ke dokter hewan ya.

      Delete
  55. Mbak plsss hlp... kucing ku umur nya 1bulan 10 hari, pas aku liat dia muntah cacing, trus aku browsing, ternyata dia kena cacingan, udah semingu g mau makan, minum susu induk nya.. trus aku kasih combanttin dengan dosis 1ml, besok nya aku lihat ada tergantung cacing bewarna putih di anus nya... mbak pertanyaan aku.. menurut mbak itu oba combantrin bekerja ngak.. ? Mohon di jawab mbk.. plsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Fazrul Azmi.
      Yap, bekerja. Kucing saya yg cacingan dulu, saat msh kecil diberikan Combantrin juga, dan cacing keluar dari anus dan ada juga yg bergabung dengan pup nya.

      Delete
  56. Malem mbak..
    Saya mau nanya, saya punya anak kucing kampung usia 1 bulan 2 minggu kira2.. induknya udah mati dr usia dia belom sebulan. Kebetulan ada indukan juga yg sama habis melahirkan tp anak2nya udah mati, jd dia menyusui dr induk yg 1 ini.
    Tp kmrn 2 hari lalu anak kucing saya muntah dan ada cacingnya. Kmrn seharian muntah2 juga(tp tdk ada cacingnya). Dia ga mau netek, krn sy ga punya susu khusus buat kucing, saya ngasih dia teh manis anget utk tenaganya.
    Kerjanya tidur, lesu, skrg frekuensi muntahnya uda berkurang, tp tetep ga mau netek. Perutnya sedikit buncit. Dan badannya msh kecil bgt. Beratnya saya rasa mah ga nyampe 1kg.
    Kira2, itu termasuk gejala cacingankah?
    Saya uda beli combantrine anak, tp belom saya kasih.
    Klo emg itu tanda2 cacingan,kira2 saya kasih dosisnya brp yah? Berapa tetes sedotan? Soalnya sy ga punya gelas/sendok takar.

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Cella Iriani.
      1. Jika memang benar anak kitten terebut cacingan, maka bisa diberikan obat cacing. Jika ingin menggunakan combantrin, maka gunakan combantrin anak rasa jeruk ya. Saran dokter hewan yang saya kunjungi dulu, dosisnya adalah 1ml untuk 2kg berat badan kucing. Nah, berat badan kucing Sis berapa? Jika 1kg maka 0.5ml dosisnya. Timbang dulu ya.

      2. Untuk asupan tambahan, bisa gunakan susu kucing ya. Harganya murah kok Sis, cuma 5000 per sachet, dan untuk kucing kecil bisa untuk beberapa kali minum. Sebaiknya jangan berikan teh manis, berikan madu sedikit demi sedikit. Harus madu asli ya, bukan sirup sachet rasa madu.

      3. Maaf saya tidak tau untuk tetesan sedotan itu segimana ukurannya atau bagaimana cara ngukurnya. Karena ini pemberian obat, maka sebaiknya menggunakan alat pengukur. Spuit / suntikan tanpa jarum atau pipet (disertai garis ukurnya) bisa dibeli di apotek dengan harga murah, nggak sampai 5000. Seingat saya sekitar 2000 - 3000 rupiah saja.

      Semoga membantu jawabannya.

      Delete
  57. Aku baru saja ditinggal Kenzi, umurnya baru sekitar 5 minggu. Kenzi biasanya aktif dan nafsu mkn, kmrn pagi masih minum susu n mkn ikan, sore mulai lesu tp msh mau minum susu dan perutnya smakin membuncit. Aku kasih minyak Telon diperutnya dan dihangatkan, skitar jam 9mlm Kenzi muntah, cairan coklat kental, potongan ikan, dan banyak cacing hidup. Setelah muntah, smakin lemas dan terus tidur, sesekali terbangun kaget dan mengerang. Jam 11 Malam, erangan smakin sering, dan mulai kejang2, terlihat kesakitan. Hingga akhirnya jam 12 kenzi pergi. Sedih, krn ga bs berbuat apa2, ga sempat bawa kenzi ke dr.hewan. knp dekat sekali jarak antara muntah dgn kematiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka atas kematian Kenzi ya, Sis.
      Semoga yg ditinggalkan tetap tabah dan semangat.

      Delete
  58. Kucing saya usianya 8bulan tapi pernah lihat Ada caving pipih pendek diekornya. Coba kasih kombantrin ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan.
      Saran saya untuk memberikan obat cacing khusus hewan saja, supaya semua cacing jahat di dalam tubuh kucing bisa hilang :) Usia 8 bln sudah bisa kok :)

      Semoga senantiasa sehat ya Mpus nya :)

      Delete
  59. Misi gan. Ane awalnya punya 2 kucing.Dua2.nya kena cacingan, poopnya ada cacing putih dan ane awalnya g tau mereka sakit apa. Yg satu mati krn g mau makan, yg satunya sempet sembuh tp kemudian nunjukin gejala cacingan lg. Ane kasih obat combantrin setetes krn bobotnya cuman 350 gr. Sehari kemudian perutnya yg tadinya buncit jd kempes, tp makannya tdk serakus pas lg sakit (soalnya pas lg sakit nafsu makannya gila bgt tp tetep kurus). Klo skrg nafsu makannya mgkn bs dibilang "pas" & g berlebihan. Pertanyaan sy, apakah dosisnya memang utk 2 minggu ?, krn sy mau ngasih combantrin lg sesuai saran agan yg dosisnya 2 minggu sekali. Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan.
      Saya menulis informasi di blog ini sesuai dengan informasi dari dokter hewan yg memeriksa kucing saya. Kondisi tiap kucing bisa berbeda, saran saya bawa ke dokter hewan untuk jawaban yg lebih valid.

      Semoga membantu :)

      Delete
  60. Sis, kucing saya umurnya 2bulan. Tp badannya kurus bgt,perutnya buncit & susah makan (gk kaya sodaranya yg pada doyan makan). Tp alhamdulillahnya dia kuat minum ASI ibunya. Akhir2 ini dia poopnya cair dan badannya lemas. Kira2 untuk penanganannya dikasih obat apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Kalau masih kuat nyusu nya masih kuat jangan khawatir, Sis. Bisa jadi dia bukan kucing Alpha atau bukan kucing dominan, jd badannya lebih khurus. nanti kalau sudah waktunya bisa makan makanan kucing, coba cari jenis dan merk makanan kucing yg disukai oleh kucing sis tersebut, kadang dia memang punya selera yg unik. saya pernah punya kucing yg ga mau dry food, mau nya wet food aja atau ayam / ikan kukus.

      badannya agak kecil dr saudaranya, tp dia sehat.
      ini mah masalah selera sis... :)
      intinya selama kucing sis sehat jangan khawatir ya :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Tapi perutnya buncit bgt, badan lemas dan mencret2. Itu gpp sis? Gk ada hubungannya dgn cacingan? Thanks sis replynya

      Delete
    5. Bisa jadi ngga kenapa-kenapa, bisa jadi kejala cacingan atau kejala penyakit lain. Saran saya segera membawa kedokter hewan. Karena konsultasi via online dan Sis nya sama-sama bingung utk menjelaskan masalahnya biasanya takut terjadi salah diagnosa dan sebagainya.

      Segera bawa ke dokter hewan ya utk penanganan yg lebih baik :)

      Delete
    6. Baru mau d bawa ke dokter kucingnya udh keburu wasallam. Padahal sehari sebelumnya masih sehat jalan2 mulu gk bisa diem. Thanks infonya ya sis

      Delete
  61. Halo kak mau Nanya kak kira2 obat untuk kucing yg sembelit apa ya ? Kucing ku sudah 3 hari sama hari ini gak bab, nafsu makannya kurang Dan kurang aktif juga, sementara ini ku beri wet food, kemarin dia sempat keluar pup nya sebesar jari kelingking setelah kucoba bantu dengan masukin sedikit sabun batang ke anusnya terus kuberi obat pencahar juga kak merk laxing cuman belum ada efek sampai sekarang, kira2 saya harus bagaimana kak? Terimakasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Untuk kucing yang sembeli coba campurkan minyak zaitun seperempat atau setengah teh makan pada porsi makannya.

      Semoga membantu.

      Delete
  62. Hello sister....kucing saya umur 1bulan.....saya mau ksih obat combantrin tapi saya gak tau berat badan nya brpa jdi saya bingung dosis obat ny gmana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nuliyanti.
      Ditimbang dulu berat badan kucingnya, Sis. Kalau kucingnya masih kecil, bisa menggunakan timbangan kue di rumah.

      Pemberian obat harus sesuai dengan usia, berat badan, dan dosis ya :)

      Delete
  63. Halo min, ane punya anak kucing. Kemaren ane liat muntahan ada cacing gelangnya. Tapi ane kaga tau kucing mana yang muntah, apa ndak masalah kalo ane kasih combantrin ke semua anak kucing? Ya sebagai pencegahan juga gitu min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Ngga apa-apa, asal sesuai dosis ya.
      Jangan lupa untuk konsultasi juga ke dokter hewan ya :)

      Delete
  64. Hallo kak. Kasus kucing ku kyak gini jga, 3 hari yg lalu dia muntah ada cacing nya trus pup nya (maaf) cairan kuning kental gtu. Udh aku jajal ksh combatrin ini, tpi dia msh lemes gk nafsu mkan sampe skrg. Itu solusi nya gmna kak? Terimakasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sri Novia.
      Kucing nya Sis usia berapa bulan? Kalau usia sudah 3 bulan ke atas baiknya diberikan obat cacing khusus hewan saja. Dosis menyesuaikan dengan dosis obat dan berat badan kucing nya ya.

      Cairan kental dipup kucing saat kucing cacingan saya belum pernah mengalami Sis. Saran saya segera bawa ke dokter hewan ya.

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali :)

      Delete
  65. Aku nemu anak kucing dijalan paling umurnya 3 minggu, matanya ketutup penuh kotoran stlh dibersihkan besoknya ketutup lg.. ngak mau dikasih susu gimana ya sebaiknya... kasihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Rati Narulia.
      Saran saya bawa ke dokter hewan dulu Mpus nya. Biasanya anak kucing yang ditemukan di jalanan rentan membawa beberapa jenis penyakit, seperti cacingan, infeksi mata ringan, kutu, jamur, dll. Pemeriksaan ke dokter hewan bisa menjamin treatment yang tepat untuk kasus yang dialami si Anak Kucing.

      Untuk pemberian susu nya, coba dengan dot utk bayi kucing ya.

      Semoga jawabannya membantu :)

      Delete
  66. Kucing saya umurnya sekitar 9bulanan lalu dari duburnya keluar cacing putih2, saya coba kasih combatrine anak setelah beberapa hari saya liat di ekor seperti ada putih2 keluar disekitar duburnya. Tapi setelah diberi combatrine nafsu makan tetap lahap dan belekan. Apa saya harus beri obat cacing kucing juga? Dosisnya seperti apa ya? DRH disini jauh soalnya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Shasha Mega Siti Aisyah.
      Usia kucing 9 bulan sudah cukup untuk diberikan obat cacing khusus kucing. Saran saya berikan obat cacing khusus kucing, jangan combantrin anak lagi, agar kasus cacing jahat yang ada di dalam pencernaan kucing bisa dibasmi dengan tuntas.

      Untuk dosis pemberian obat cacingnya tergantung merk yang digunakan. Tanyakan pada pet shop nya untuk dosis nya ya :)

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  67. Maaf nih saya mau tanya, saya punya kucing trs desember kemaren ngelahirin 3 anak yg 2 perempuan yg 1 cowo, nah awalnya yg 2 itu badannya paling gendut daripada yg 1, yg 1 itu waktu umur dia masih nungguan sering muntah, badannya kurus, trs yg cewe 1 pernah ilang juga 1 hari, pas balik lagi sifatnya jadi berubah gt, gamau makan, lemes. Lama kelamaan malah sodara nya yg kena , dianya sembuh, trs kmren sodara nya itu meninggal gara" gamau makan, poopnya mencret, kayanya dehidrasi, trs skrg udah hampir 4 hari kucing yg ilang itu jadi lemes gamau makan, sebelum nya dia makan dulu 1 anak tikus yg dikasih ibunya, setelah nya dia lemes, dia gabisa poop jadi muntah" terus keluar kaya cacing gt panjang putih gt, terakhir dia poop , poopnya encer bgt, trs tdi baca artikel nya saya coba kasih obat combantrin cuma 1 tetes soalnya berarnya gak lebih dari 600gram, saya mau ke dokter hewan takut mahal soalnya hehehe, kira" setelah dikasih obat bakalan sembuh gak ya ? Soalnya skrg nambah lemes bgt, gamau diem dirumah maunya diem di kamar mandi sambil duduk sampe basah badannya 😞

    ReplyDelete
  68. Maaf nih saya mau tanya, saya punya kucing trs desember kemaren ngelahirin 3 anak yg 2 perempuan yg 1 cowo, nah awalnya yg 2 itu badannya paling gendut daripada yg 1, yg 1 itu waktu umur dia masih nungguan sering muntah, badannya kurus, trs yg cewe 1 pernah ilang juga 1 hari, pas balik lagi sifatnya jadi berubah gt, gamau makan, lemes. Lama kelamaan malah sodara nya yg kena , dianya sembuh, trs kmren sodara nya itu meninggal gara" gamau makan, poopnya mencret, kayanya dehidrasi, trs skrg udah hampir 4 hari kucing yg ilang itu jadi lemes gamau makan, sebelum nya dia makan dulu 1 anak tikus yg dikasih ibunya, setelah nya dia lemes, dia gabisa poop jadi muntah" terus keluar kaya cacing gt panjang putih gt, terakhir dia poop , poopnya encer bgt, trs tdi baca artikel nya saya coba kasih obat combantrin cuma 1 tetes soalnya berarnya gak lebih dari 600gram, saya mau ke dokter hewan takut mahal soalnya hehehe, kira" setelah dikasih obat bakalan sembuh gak ya ? Soalnya skrg nambah lemes bgt, gamau diem dirumah maunya diem di kamar mandi sambil duduk sampe basah badannya 😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Desifa Aprilia.
      Saya jawab satu-satu ya.

      1. Kucing lemas ngga mau makannya kenapa? Sakit? Jika sakit, sakitnya kenapa? Badannya panas ngga? Kalau badannya hangat, jangan diberi paracetamol ya, coba booster dengan vitamin (nutri plus gel salah satunya), atau madu campur kuning telur agar membooster daya tahan tubuh dan nafsu makannya. Jikalau dia lemas tapi ga panas badannya, kucingnya kenapa ga mau makannya? Sakit? Stress? Ada luka di badan? Kelelahan? Bosan?
      Ada banyak penyebab kucing lemas dan ngga mau makan, Sis. Jika memang belum paham penyebabnya kenapa, saran saya untuk membawa ke dokter hewan ya.

      2. Jikalau muntah dan keluar cacing, maka sepertinya kucing Sis cacingan. Saran saya berikan obat cacing segera sesuai dosis.

      3. Kucing akan sembuh jika diberi obat yang tepat dan ditangani dengan cara yang tepat, jika tidak maka makan sebaliknya.

      4. Tidak mahal kok ke dokter hewan, karena lebih mahal kesehatan dan nyawa kucing peliharaan, Sis :)
      Di Bandung sendiri estimasi ke dokter hewan ada yang mulai dari 50rb sudah dgn obat dan tindakan. Coba Sis tanya ke teman atau komunitas pecinta kucing di lingkungan Sis dan minta rekomendasi dokter hewan yang bagus namun bisa bertoleransi pada dana yang ada.

      Semoga jawabanmya membantu.

      Delete
  69. halo, anak kucing saya umurnya sekitaran 2bulan muntah keluar cacing putih yang masih hidup dan bbrp hari kmudian badannya jadi kurus dan udh lemes gak mau makan dan menyusui sma induknya smpai hari ini. sy mau kasih obat tp takut dosisnya salah mba, soalnya pengalaman sma saudaranya yg mati gra2 cacingan juga seminggu yg lalu pdhl sudah dikasih combantrin cuma 2 tetes. didaerah saya belum ada dokter hewan yg bisa didatangi. mohon sarannya mba. terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nurul Huda.
      Saran saya adalah sesuai dengan review produk dan sharing pengalaman pada tulisan ini, Sis.

      Untuk lebih baiknya memang harus mengunjungi dokter hewan. Apalagi jika sudah ada kasus saudara Si Mpus yang sebelumnya sempat tiada, ditakutkan ada penyakit lain selain cacingan.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat ya.

      Delete
    2. Halo Sis Nurul Huda.
      Saran saya adalah sesuai dengan review produk dan sharing pengalaman pada tulisan ini, Sis.

      Untuk lebih baiknya memang harus mengunjungi dokter hewan. Apalagi jika sudah ada kasus saudara Si Mpus yang sebelumnya sempat tiada, ditakutkan ada penyakit lain selain cacingan.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat ya.

      Delete
  70. Hai min numpang tanya. Dosis obat cacing kitten umur 2 bulanan berapa ya min? Kucing masih sehat buat jaga jaga aja biar gak cacingan hihi. Makasih

    ReplyDelete
  71. Halo, gan. Mau tanya. Efek combantrin sehabis dikasih kekucing apa ya? Barusan kasih combantrin ke si kecil yg baru 2 bulan. 0,5 ml. Tp ga menunjukkan dia bakal ngeluarin cacingnya gt gan. Muntah atau pup juga engga jd gmn ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Shanen Patricia.
      Di kucing saya efeknya si kucing pup mengeluarkan kucing pada saat waktu nya pup.

      Delete
  72. Halo kak, mau tanya ya. Kemarin saya abis ambil anak kucing yg mau dibuang sama pemiliknya, kasihan msh kecil bgt mau dibuang. badannya kecil bgt mungkin ga sampe 1kg bb nya. Dia makannya banyak, perutnya agak buncit pdhl badannya kurus. Itu gejala cacingan bukan? Saya kasih dia makanan kucing khusus kitten sm susu bayi yg bebas laktosa soalnya klo mau beli susu kucing pet shopnya jauh bgt, sy pernah denger katanya kucing ga bisa dikasi susu yg ada laktosanya. Nah, kalau sy kasih combantrin gpp kan? Biar gak keburu muntah2 atau diare dll gitu maksud saya. Dosisnya seberapa ya? Sy kurang yakin umurnya brp, 1 bulanan mungkin, larinya aja msh belom bener kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Joo Rush.
      Saran saya kucing diberikan obat cacing nya sesuai dengan berat badan ya dosisnya, dan diberikan nanti saja saat kucing ga terlalu lemah dan agak besar dari sekarang. Kalau dipaksakan sekarang dikasih obat cacing juga kucing nya terlalu kecil.

      Jika Agan ragu, saya sangat menyearankan untuk membawa ke dokter hewan, karena membaca riwayat kucing Agan yang minim asupan ASIK (air susu induk kucing) dan juga masih belum bisa jalan benar, berarti si kucing masih sangat kecil dan bisa jadi rentan sakit (karena minim asupan ASIK). Maka sebaiknya membawa ke dokter hewan ya untuk penanganan yang benar.

      Semoga jawabannya membantu. Semoga senantisa sehat selalu Mpus nya.

      Delete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Ka mau tanya, makanan bikinan sendiri yang bisa bikin kucing gemuk apaya? Dari pertama adop kucing aku jadi kurus, tapi pupnya mah normal. Apa krna stres atau terlalu aktif ya ka? Tapi makan mah normal ka lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Nanda.
      Apakah yang dimaksud adalah makanan home made? Beri daging kepada kucing (ayam, sapi, kambing bisa...). Kukus dan berikan dalam keadaan matang agar kumat dan banteri pada daging mati. Jangan beri garam ya. Lengkapi vitamin dan sertnya juga :)

      Stress biasanya kucing jadi malas makan. Terlalu aktif ngga menyebabkan kucing kurus selama kucing makan dan mendapatkan asupan gizi yang baik.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  75. Mlm ka...anak kucing ku drmah udh 2 hari ini muntang dan pup'a ad cacingnya gtu wenanya putih tipis...saya mau coba ksh obt cacing combantrin tp ga ada disini klo merek lain bisa ngga ya???
    Seperti upixon??
    Terima ksh sblumnya klo kaka ingin balas

    ReplyDelete
  76. Mlm ka...anak kucing ku drmah udh 2 hari ini muntang dan pup'a ad cacingnya gtu wenanya putih tipis...saya mau coba ksh obt cacing combantrin tp ga ada disini klo merek lain bisa ngga ya???
    Seperti upixon??
    Terima ksh sblumnya klo kaka ingin balas

    ReplyDelete
  77. Maaf lupa umurnya baru mau 2 blan ka

    ReplyDelete
  78. Mlm ka...anak kucing ku drmah udh 2 hari ini muntang dan pup'a ad cacingnya gtu wenanya putih tipis...saya mau coba ksh obt cacing combantrin tp ga ada disini klo merek lain bisa ngga ya???
    Seperti upixon??
    Terima ksh sblumnya klo kaka ingin balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Saya belum pernah menggunakan upixon dan belum pernah lihat ataupegan obat tersebut, sehingga saya tidak bisa memberikan jawaban.

      Delete
  79. Halo...
    saya punya anak kucing, usianya 3 minggu, induknya kucing liar. 2 hari yang lalu saya melihat kotoran anak kucing keras. hari ini saya melihat anak kucing saya poop dan keluar cacing gelang (kurang lebih panjangnya 2 cm), induknya langsung menjilati kotoran dan menelan cacing tersebut. apakah cacing yang masih hidup dan ditelan sang induk tetap hidup didalam perut atau mati ?

    apakah cacing hidup yang keluar bersama kotoran bisa kembali menemukan dubur atau mulut anak kucing dan masuk lagi kedalam tubuhnya ?

    apakah kotoran anak kucing tersebut mengandung telur cacing ?

    saya membersih kotoran kucing tersebut,
    mungkin tidak telur cacing berpindah kedalam tubuh melalui kulit ?

    ReplyDelete
  80. Halo Sis Cindy Anggrainy.
    1. Saya tidak tahu. Saran saya obati induk kucing dengan obat cacing khusus hewan untuk mengobati/mencegah cacingan.
    2. Bisa. Saya pernah liat ada cacing keluar masuk (keluar setengah badan, lalu masuk lagi) melalui dubur kucing. Tapi kalau keluar badan 100 persen lalu masuk lagi ke dubur belum pernah.
    3. Iya.
    4. Iya. Jaga kebersihan. Pel lantai dgn antiseptik. Cuci kandang, kasur, dan tempat makan/minum kucing. Cuci tangan sebelum makan.

    Semoga jawabannya membantu.

    ReplyDelete
  81. Halo ka mau nanya,kucing saya kemaren muntah cacing gelang,tapi masih mau makan,dan saya beliin dia konvermex,apa takaran ny sama dengan combantrin.oh ya kak,masukin obat ny pake pipet bisa gak d cekokin gak d suntik??,sekian mohon di jawab secepatny ya kak

    ReplyDelete
  82. Halo ka mau nanya,kucing saya kemaren muntah cacing gelang,tapi masih mau makan,dan saya beliin dia konvermex,apa takaran ny sama dengan combantrin.oh ya kak,masukin obat ny pake pipet bisa gak d cekokin gak d suntik??,sekian mohon di jawab secepatny ya kak

    ReplyDelete
  83. Halo ka mau nanya,kucing saya kemaren muntah cacing gelang,tapi masih mau makan,dan saya beliin dia konvermex,apa takaran ny sama dengan combantrin.oh ya kak,masukin obat ny pake pipet bisa gak d cekokin gak d suntik??,sekian mohon di jawab secepatny ya kak

    ReplyDelete
  84. Halo ka mau nanya,kucing saya kemaren muntah cacing gelang,tapi masih mau makan,dan saya beliin dia konvermex,apa takaran ny sama dengan combantrin.oh ya kak,masukin obat ny pake pipet bisa gak d cekokin gak d suntik??,sekian mohon di jawab secepatny ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Saya tidak tau obat merk itu. Mohon maaf tidak berani menjawab.

      Delete
  85. Selamat siang..
    Saya mw tanya..saya punya kucing usiax sya nda tw pasti tapi plg tua mgkn sekitaran 2 bulan..sudah skitar 3 hari in dia lemas banget & srg muntah..dari muntahx sya blm prng dapat cacing,, badanx kurus dan perutx tdak buncit,,nafsu makanx berkurang wlwpun msih makan sdkit..bisa kah saya memberi combantrin?? Walaupun hanya u/ pencegahan saja?? Makasi sebelumx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bawa ke dokter hewan dulu ya. Kucing ga mau makan bukan cuma cacingan penyebabnya, bisa jadi kejala penyakit lain :)

      Delete
  86. Kucing saya baru berusia 2bln kurg 1mnggu, apa bolh d ksh combantrin sbg pncghan? Trs stlh itu apa hrs d puasakan? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya berikan obat cacing khusus hewan saat usia kucing 4 bulan ya Sis :)

      Delete
  87. Hai Radiokucing.com, terimaksih thread nya. aku mau tanya, kucingku kemarin muntah cacing, terus flu, gak mau makan, dan pup encer. dibawa ke vet dan dikasih obat untuk flu, diare dan vit c. sekarang nafsu makannya sudah tinggi tapi perutnya besar seperti kembung. aku mau kasih combantrin tapi apa harus nunggu selesai minum obat ini dulu atau bisa langsung dikasih? lalu berapa lama dosis nya ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Febriani.
      1. Jika muntah cacing sepertinya terindikasi cacingan. Beri obat cacing ya. Bisa memberikan obat cacing khusus hewan jika anak kucing sudah 3-4 bln ke atas :)
      2. Jika flu, maka beri obat flu khusus kucing. Booster dengan madu dan kuning telur mentah juga biar cepet fit.
      3. Ngga mau makannya kenapa? Biasanya kalau lagi sakit memang ngga mau makan. Pancing nafsu makannya dengan makanan yg enak-enak. Misal wet food atau makanan kucing super premium ke atas. Atau bisa buatkan puding ikan atau ikan/ayam/daging kukus/rebus.

      Wah sudah di bawa ke dokter hewan ya? GOOD JOB!! :)

      4. Iya Sis, sebaiknya tunggu dulu sampai semua pengobatan beres. Jika Sis masih ragu dan khawatir, saya sangat menyarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan lagi dan berkonsultasi mengenai opsional pemberian obat cacing pada kucing.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu ya :)

      Delete
  88. Kucingku di tempat poopnya itu kadang2 ada cacing2 kecil dan banyak sekali. Mau tanya apakah itu cacingan? Dan kalau cacingan aku kasih Combantrin gk apa2 kan soalnya kucingku masih 4 bln umurnya. Tolong di balas !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha. Santai atuh Sis/Gan sampai dikasih tanda seru 3 biji begitu :D Saya balas pesan itu disela kesibukan kantor dan bisnis, jadi tidak dalam 24 jam mantengin dan nungguin blog. Yang sabar ya, hehehe. Ini saya bantu jawab satu-satu:

      1. Jika memang ada cacing nya di pup kucing, maka kemungkinan besar kucing Anda cacingan.
      2. Kalau sudah usia 4 bln, maka sebaiknya berikan obat cacing khusus hewan ya.

      Semoga jawabannya membantu. Jangan lupa untuk bersabar, hehe.
      Semoga senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  89. Min, reaksi obat combantrin berapa ya min ? Soal nya 2 jam yang lalu saya menyodok combantrin ke mulut kucing saya yang cacingan. Tapi gak ngefek apa apa min.

    ReplyDelete
  90. Min, reaksi obat combantrin berapa ya min ? Soal nya 2 jam yang lalu saya menyodok combantrin ke mulut kucing saya yang cacingan. Tapi gak ngefek apa apa min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika cacingan, reaksinya cacing keluar saat kucing pup. Tunggu aja jadwal pup kucing :)

      Delete
  91. Assalamualaikum.....mau tanya nihh gan, anak kucing sy umurnya kra2 sdh 5 bln *lahirnya 27 jan*, pertamanya nafsu mknnya tinggi tp bdnnya tetap kurus sementara perutnya buncit, trus jd sering menyendiri lemes dan tidur terus pdhal aslinya aktif bgt....sdh kedrh ktanya sihh kemungkinan cacingan tp sy sendiri blm perhatikan sihh poopnya ada cacing ato tdk....pernah diberakin sihh poopnya lembek tp kurang merhatiin ada cacingnya apa kagak soalnya kemarin buru2 bersihin hehee....sdh diksi obat sm drh obat tablet coklat2 sm disuruh buat oralit...masih harus dikasih obat cacing gak kucing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.
      Ke DRH nya di kasih obat cacing ngga? Kalau oleh DRH di beri obat cacing, maka Sis ga usah ngasih lagi. Coba tanyakan ke DRH kemaren di kasih obat apa dan tanya apakah pemberian obat cacing perlu di ulang? Karena usia kucing sudah 5 bln maka baiknya diberikan obat cacing khusus hewan ya, bukan combantrin. Tanyakan lagi ke dokter hewannya ya, Sis... :)

      Delete
  92. Ohh ioo....dia saking lemasnya malah sampai susah jalan:((....tolong responnya yaa gan soalnya nda tahan liat si kucing tersiksa gt:((

    ReplyDelete
  93. Hai kak aku mau nanya..kucing aku berumur 7 bulan kira2 di kasih dosis combantrinnya berapa ml ya?kucing aku kena cacing gelang kayaknya soalnya bentuknya kecil dan panjang gitu..kesian banget ngeliat kucing aku soalnya sampe lumpuh gitu kedua kaki belakangnya walaupun nafsu makannya normal T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis,
      Kucing usia 7 bulan sudah bisa menggunakan obat cacing khusus hewan kok, jadi gunakan yang khusus hewan aja ya :)

      Saya baru tahu kalau cacingan bisa bikin lumpuh. Sis segera bawa ke dokter hewan ya kucingnya, kasian takut penyakitnya parah.

      Semangat ya.
      Semoga jawaban membantu.

      Delete
  94. Halo, mau tanya nih. Emak saya suka banget sama kucing, di rumah banyak kucing, kucing kampung lebih tepatnya. Ada salah satu kucing yg cacingan, keluar putih2 kecil gerak2 gitu dari anusnya. Barusan saya kasih combantrin. Pertanyaannya, cacing kecil2 itu bahaya gak sih buat manusia? Si emak aku bilangin gak percaya kalau bahaya, malah jadi perang dunia ketiga ntar kalau ngeyel aku nya. Tolong bantu jawab ya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dinda Viola.
      Menurut salah satu teman Cat Lover saya, yaitu Mba Kika, ini jawabannya:

      Bahaya. Kucing cacingan berpotensi menular pada manusia, terutama cacing pita. Jenis cacing ini menyerang hewan2 vertebrata termasuk manusia.
      Penularan bisa macam2.. dari kutu, larva pada bekas peep pupnya/di LB/di bulu... bahkan hal sesimpel mengelus bulu kucing aja bisa terjadi penularan. Orang yang terkena cacing akan mengalami diare, badan kurus, kekurangan cairan (dehidrasi), anemia serta badan lemas merupakan gejala awal yang ditimbulkan oleh adanya infeksi cacing. Kejang-kejang pada seluruh anggota gerak, perut membesar dan keras akibat adanya timbunan gas (kembung) merupakan tanda bahwa racun telah menyebar ke seluruh tubuh. Dan pengobatan dengan combantrin tidak dpt membasmi seluruh cacing dlm tubuh kucing, aplg kucing dewasa.

      Semoga jawaban Mba Kika di atas bisa membantu ya.

      Delete
  95. Siang mbak.. saya punya kucing masih kecil banget.. usianya kurang tau berapa soalnya ini kucing nemu dijalan tpi perkiraan sih mbak paling usianya 1 bulan .. kemaren malam kucing saya muntah ngeluarin cacing dan cacingnya masih hidup..
    Dari penjelasan diatas kan untuk kucing BB 2kg diberi 1ml combantrin..
    Nah masalahnya saya gk tau berapa BB kucing nya dan gk punya timbangan jga.. mungkin beratnya jga gk nyampe 500 gram..
    Kira2 combantrinnya dikasih berapa banyak ya mbak?? Takutnya klw dikasih terlalu banyak malah berbahaya buat kucingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Selamat siang.
      Karena usia kucing masih sangat kecil, maka berikan Combantrin Anak Rasa Jeruk sesuai berat badan. Jila 1ml untuk 2kg berat badan, maka 0.5 ml untuk 1kg berat badan. Nah, jika kondisi kucing terlihat sangat ringkih dan sakit, maka saran saya konsultasikan dulu ke dokter hewan sebelum memberikan obat cacing ya.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu.

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D