Monday, March 16, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai obat cacing untuk kucing. Ada beberapa produk obat cacing kucing yang beredar dipasaran, namun salah satu produk yang cukup terkenal di kalangan cat lover adalah merk Drontal.

Selain untu kucing, obat cacing merk drontal ini ada juga versi untuk anjingnya.
Nah nah nah, jadi buat Cat People yang punya peliharaan anjing juga d rumah, jangan sampai ketuker ngasih obat cacingnya yah.... :D

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk obat cacing Drontal.

 
Sumber: disini

Dosis
1 tablet Drontal Cat bisa untuk kucing dengan berat 4kg.
Nah, kalau sekarang berat Si Belang 7.4kg maka pemberian obat cacing ini kurang dari 2 tablet.
Nah, jika kucing Cat People beratnya 2kg maka pemberian obat cacing ini sebanyak setengah tablet

Cara Pemberian Obat Cacing Drontal Kepada Kucing
Cara memberikan obat cacing ini bisa dengan cara dihancurkan terlebih dahulu kemudian di campur dengan air. Kemudian berikan kepada kucing. Agar lebih mudah, pemberian bisa dengan menggunakan pipet atau suntikan tanpa jarum. Pipet dan suntikan tanpa jarum bisa dibeli di apotek terdekat.

Cara Kerja Obat Drontal Cat Tablet
Drontal Cat adalah obat untuk kucing yang ditujukan untuk mematikan cacing yang umum menyerang kucing seperti:
  • Tapeworms – Cacing Pita (Taenia taeniaeformis, Dipylidium caninum).
  • Hookworms – Cacing Tambang (Ancylostoma tubaeforma, Ancylostoma brazilense, Uncinaria stenocephala).
  • Roundworms – Cacing Gelang (Toxocara cali, Toxascaris leonina).
Bahan aktif Drontal Cat terdiri dari praziquantel dan pamoate pyrantel. Praziquantel bekerja dengan merusak kulit parasit sehingga mematikannya.

Pamoate pyrantel aktif terhadap hookworms & ascarids dan bertindak sebagai agen depolarizing memblokir neuromuskuler, menyeternal, sehingga parasit hancur dan akan dihapus oleh sistem kekebalan hewan peliharaan babkan kontraksi tiba-tiba diikuti oleh kelumpuhan pada cacing. Hal ini menyebabkan hookworms yang kehilangan pegangan di dinding usus dan akan dihapus dari sistem binatang peliharaan secara proses alami.
(sumber : disini)

Rekomendasi Pengobatan :
Anak Kucing :
Berikan Drontal Cat pada usia 6, 8, 10 dan 12 minggu dan kemudian 1 bulan sampai 6 bulan. Setelah itu setiap 3 bulan atau sesuai saran dokter hewan.

Kucing menyusui :
Sebaiknya diobati secara bersamaan dengan anak kucing.

Dewasa :
Berikan Drontal Cat setiap 3 bulan atau sesuai saran dokter hewan (Untuk pencegahan di berikan setiap 3 bulan sekali)

Kontraindikasi, Peringatan:
* Jangan digunakan pada kucing yang hamil .
* Tidak untuk digunakan pada anak kucing usia kurang dari 6 minggu.
* Efek samping dari Drontal Cat jarang terjadi tetapi mungkin mengakibatkan muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, atau diare. Efek samping lainnya juga dapat terjadi. Bicarakan dengan dokter hewan anda mengenai efek samping yang tidak biasa atau gangguan lain yang terjadi.
* Untuk kepentingan higienis yang baik, sebaiknya cuci tangan  sebelum memberi tablet secara langsung ke kucing atau orang yang membahkannya ke dalam makanan.

Kandungan Bahan-bahan
1 tablet mengandung
Praziquantel ( Ph.Eur.) …… 20mg
Pyrantel embonate USP ….. 230mg (setara dengan 80mg Pyrantel)
Di produksi di Jerman dan di kemas ulang di Thailand.

Apakah kucing suka?
Boro-boro!
Si Giko dan Si Belang nggak suka sama obat ini, hahahaha.
Tapi demi kesehatan, ayo cini-cini disupin dulu obat cacingnya, hahaha.

Giko & Belang : "Ayo kita kabur!"

Harga?
Harga 1 tabelt drontal sekitar 20rb-an/tablet.

Beneran itu harga 1 tablet?

Beneran!
Jangan pikir tabletnya kecil kaya Vitamin C Ipi.
Tablet obat cacing drontal ini berukuran kurang lebih sebesar uang 500 rupiah! :v
Lumayan gede, khan....

Update 2017:
Kini Drontal sudah kemasan baru. Entah mengapa semenjak tahun 2017 saya sudah sangat jarang menemukan Drontal bungkus biru seperti saat pertama kali saya mencoba Drontal pada kucing saya. Sekarang ini Drontal yang ditemukan dan dijual dipasaran adalah sebagai berikut:




Kini Radio Kucing juga menjual Drontal Cat, hehehe. Buat teman-teman Cat Lover yang membutuhkan Drontal Cat, bisa menghubungi Radio Kucing. Harga berapaaaahhh? Cuma 17.000/tablet :)

Alasan Mengapa Merekomendasikan Obat Ini
Kebetulan pada saat itu induk kucing peliharaan saya, sebut saja dengan nama Giko, terkena cacingan. Sebenarnya Giko sudah cacingan dari awal saya temukan di kampus, dan sebelum diberikan obat drontal ini, Giko sudah pernah saya bawa ke dokter hewan di deket Cikapayang, Bandung. Nah, oleh dokter tersebut diber obat cacing C*mbantrin Rasa Jeruk yang biasa diberikan kepada anak-anak. Nah, pada keluar tuh cacingnya dari (maaf) dubur Giko. Saya kira Si Giko sudah sembuh dari cacingan, dan kemudian Giko kawin dengan kucing liar berbadan bongsor (kayaknya kucing ras, tapi itu kucing sering jalan-jalan di gang dan terlihat kotor juga ada pitak di kepala), setelah itu ternyata Si Giko melahirkan Si Belang dan Si Hitam. Si Hitam di adopsikan kepada salah seorang Cat Lover, dan akhirnya saya memelihara Si Giko dan Si Belang. Saat usia Si Belang 3 bulan (atau 4 bulan, ya?), saya melihat cacing yang sama seperti cacing yang pernah keular dari (maaf) dubur Si Giko saat Si Giko cacingan di litter box tempat Si Belang pup/pipis. Dari situ saya berasumsi salah satu dari kucing saya atau keduanya ada yang terkena cacingan, atau jangan-jangan cacingan Si Giko belum sembuh benar, karena ada teman Cat Lover yang bilang kalau obat cacing C*mbantrin tidak menghilangkan semua cacing berbahaya di perut kucing.

So, akhirnya saya memutuskan memberikan Si Giko dan Si Belang obat cacing, dengan asumsi saat itu Si Belang masih menyusu ke Si Giko, takutnya kena cacingan juga.

Daaaaannnn hasiiiillllnyyyaaa..... ~

Sampai sekarang Si Belang bebas cacingan.
Namun sebaiknya pemberian obat cacing memang diulangi setiap 2x dalam setahun.


Semoga informasi dan review yang ditulis pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi Cat People yah :)
Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

244 comments:

  1. Waktu pusnya kena cacingan ,berapa kali kasih drontal gan?kucing ane juga cacingan buncit gt oerutnya badannya cueking 😢udh ane kasih drontal cuman gatau untuk kucing yg sedang terinfeksi cacing brp kali konsumsi drontalnya?mohon bantunnya gan terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Irene, maaf br balas. Notifikasinya ga sengaja kelewat...

      Jika kucing dalam keadaan sehat dan bebas cacingan, pemberian ya cukup 2x dlm setahun. Namun jika kucing benar2 cacingan akit dan jika sdh diberi obat cacing khusus kucing masih cacingan, sebaiknya di bawa ke drh. Kalau pemberian obat cacingnya berdasarkan asumsi, takutnya overdosis dan menbahayakan kucing peliharaan kita :)

      Semoga jawabannya membantu.

      Salam,

      RADIO KUCING

      Delete
  2. Agan, tadi barusan saya ngasih kucing saya drontal cat tapi salah caranya. Ga saya hancurin tapi malah dikasih langsung, apa bakal bermasalah?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Janitra.
      Maksudnya Agan memberikan obat cacing drontal dgn cara di cekokin ke kucing nya? Nggak jadi masalah... Kalau kucing nya sudah dewasa dan memang lbh mudah dalam pengaplikasian obat tsb, tdk jadi masalah... :)

      Semoga Si Empus senantiasa sehat...

      Salam,

      RADIO KUCING

      Delete
    2. Nah masalahnya yg saya cekokin adalah yang masih 2 bulan, apa masih tidak apa-apa?
      Beberapa saat setelah dicekokin obat dia BAB dan muntah jumlahnya sedikit. Dan sekarang dia terlihat lemas banget

      Delete
    3. Halo Lagi Agan Janitra.
      Biasanya untuk kucing dibawah 3 bulan drh meresepkan obat cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk, namun pada kasus tertentu bisa juga diresepkan obat cacing lainnya seperti Drontal, Pet Derm, Biaverm, dan merk lainnya selama di bawah pengawasan dokter hewan.

      Mhm, saya takutnya kucing Agan Janitra keracunan, karena sampai muntah dan lemas begitu. Tapi mudah2an prediksi saya salah.
      Ada baiknya berkonsultasi masalah kesehatan hewan peliharan tidak di dunia maya, karena bisa jadi salah tafsir dan persepsi di dua sudut pandang, seperti :
      1. Pemilik hewan yang berkonsultasi / mengajukan pertanyaan salah melihat / memahami / berasumsi mengenai tanda2 / kejala yang dialami oleh hewan peliharaan sehingga salah dalam menuturkan apa-apa saja yang terlijadi dan dialami oleh hewan peliharaan
      2. Konsultan (bisa drh atau lainnya) salah memprediksi dan mendiagnosa karena informasi yang tidak valid dari pemilik hewan.

      Jika sampai nanti malam atau maksimal bsk pagi kucing masih terlihat lemas, saran saya segera mengunjungi dokter hewan atau puskeswan etrdekat. Untuk biaya, jangan khawatir, biasanya di puskeswan atau balai kesehatan hewan terdapat subsidi untuk hewan sakit dan bahkan biaya jasa bisa gratis jika ada program pemerintah.


      Semoga informasi yang diberikan dapat membantu.


      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
    4. Saran saya baik kucing dewasa maupun kitten jangan diberikan obat manusia, sebab sistem dalam tubuh kucing berbeda dengan sistem dalam tubuh manusia, efek muntah pada kucing tersebut bisa dikarenakan kontra indikasi pada obat tersebut...banyak kasus kematian hewan dikarenakan pemberian obat manusia kepada hewan. Saran saya konsultasikan ke drh. Terdekat ya...salam

      Delete
    5. Terima kasih atas sarannya, Pak Dokter. Semoga sehat selalu :)

      Delete
  4. Gan, mau nanya kemaren saya ngasih drontal ke kucing saya. Nah terus harini si "Mili" sering pup dengan keluar cacing Panjang n Gede.. Nah yg jadi pertanyaannya sampai brapa hari si "Mili" bakal pup dengan kluar cacing gitu.. Kasian liatnya, habis pup pasti lemes, langsung ane cekokin susu biar gak lemes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Eko Budi, apa kabar?

      Dulu saat kucing yg saya bawa dr kampus diberi obat cacing, sekitar 2 hr dia pup mengeluarkan cacing. Namun stlh itu dia mencret trs slama smingguan. Awalnya saya kira krn ga cocok makanan, namun stlh saya bawa ke drh,trnyata kucing tsb msh cacingan. Kmudian diberilah obat cacing lg olh drh dan dia pup dgn cacing lg slama 2-3hr (saya lupa brp harinya), dan akhirnya smbuh...

      Susu yg diberikan susu kental manis? Atau susu utk manusia yg bersumber dr sapi? Jika ya, maka sbaiknya pemberian susu dihentikan, karena:
      1. Susu kental manis pdumumnyab adlh krimer manis yg mengandung susu. Lbh banyak kndungam gulanya dibandingkan susu.
      2. Pada umumnya kucing tidak bisa mencerna susu sapi/produk yg berbahan dasar susu sapi karena pencernaan kucing tdk bs mncerna laktosa pada susu sapi.


      Jika kucing masgan lemas, bisa coba ramuan kucing telur dan madu, resepnya ada d blog ini.


      Semoga jawaban ini dapat membantu.


      Salam,


      Radio Kucing

      Delete
  5. Gan 4 hari lalu si meong saya kasih drontal 1/2 tablet, sekrang dia gk nafsu makan, lemas, trus muntah. Kalau ini efek samping dari drontal tadi, knapa bisa sampai 4 hari ya gan? Atau ada alasan lain gam. Kasih tau domg tips ya dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Arif. Seharusnya tidak ada efek samping seperti yg d sebutkan oleh Mas Arif. Sebaiknya segera di bawa ke DRH yah... :)

      Delete
  6. Kucing Saya usia 3 bulan saya beri Drontal, tapi pupnya gak ada cacingnya.
    Apakah itu tandanya kucing saya cacingan?
    Apa ciri-ciri kucing cacingan?

    Sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas, ketemu lg disini.
      Pada umumnya kucing cacingan pada pup nya ditemukan cacing, pada beberapa kasus, kucing cacingan juga trkadang diseritai muntah (kadang muntah nya qsq cacing juga).

      Semoga membantu.

      Delete
  7. Halo kak kucing saya si kuki dari kemarin gamau makan dan tidak ceria. Setiap abis dicekokin makan dan minum dia pasti muntah beberapa jam kemudin. Terus tadi saya kasih drontal dan dia muntah cacing setlah setengah jam konsumsi drontal. Tapi sampai sekarang dia masih belum mau makan. Kira2 reaksi obatnya itu seperti apa setelah dikonsumsi dan biasanya kapan dia mulai mau makan ?. Kalo belum mau makan juga sampai jam 12 mau saua cekokin kira2 makanan apa yg baik dan mudah masuk ? Tolong pencerahannya ya ka makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown, apa kabar?
      Sabar ya, sepertinya ini mekanisme tubuh Si Kucing setelah muntah, lemes. Saran saya tetap berikan asupan makanan. Bisa dengan memberikan kuning telur + madu, ada resepnya di Radio Kucing. Atau bisa juga dengan memberikan wet food kesukaan si kucing. Diulangi setiap jam ya, sampai si kucing sehat bugar kembali.

      Semoga empus nya seger sehat yah.

      Delete
  8. halo sis apa kabar? semoga selalu dalam keadaan baik
    saya mau tanya saya beli drontalcat tapi kenapa bentuknya bukan tablet bulat seperti coin yg sis jelaskan tetapi bentuknya kaplet lonjong...
    apakah drontalcat memang bentuknya beda2 ya sis
    n satu lagi di obatnya ada seperti lapisan kertas tipis apakah kalo terlelan oleh kucing aman2 saja
    terima kasih sis
    have a nice day <(")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Jemi, apa kabar juga? :)
      kabar saya baik, semoga Mas Jemi juga yah :)

      Drontal untuk kucing ada 2 jenis Masgan, yang tablet seperti koin 500-an dan yang tablet lonjong. Yang tablet seperti koin 500-an berbungkus biru-putih, sedangkan yang tablet lonjong berbungkus hijau-putih.

      Untuk perbedaan pada kandungannya, saya pribadi belum melakukan penelusuran lebih lanjut, karena memang belum pernah menggunakan Drontal Cats yang berbungkus hijau-putih.

      Semoga informasi ini dapat membantu.

      Salam Hangat,

      Radio Kucing :)

      Delete
  9. Hai, Kakak. Tanya boleh? Apa drontal cat dibeli satuan di petshop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes betul. Dibeli satuan di pet shop 20rb/tablet nya.

      Delete
    2. Mau tanya, kucing muntah & mencret ada cacingnya itu sekitar brp hari stlh minum obatnya ya? Terus kalo belum sembuh2 dikasih obatnya lagi selang brp hari setelah pemberian obat pertama?

      Delete
    3. Halo Mas Falidatul Hidayah.
      Pengalaman saya waktu pake combantrin anak di selang 2minggu sekali selama 2bln sesuai instruksi DRH. Kalau utk drontal saya blm tau... Adakah teman-teman yg bisa membantu? :)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  10. Mau tanya cara kasihnya gimana ya? Saya hancurin jadi bubuk trus campur ke makanan malah ga dimakan... Kucing saya semi liar ga bisa di cekokin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling gampang dan cepat adalah dicekokin utuh obatnya. Ga usah di bubukin dulu. Jadi sekali telan beres.

      Kalau mau diencerin pake air, suka dimuntahin lagi sama kucing nya.

      Delete
    2. Kucing outdoor rada liar... Ga bisa dicekokin... Klo di campur wetfood gimana?

      Delete
    3. Dicoba dulu Mas. Beberapa metode yang berbeda bisa diterapkan pada kucing. Harus try and error. Mudah2an bisa yah :)

      Delete
    4. Setelah trial error akhirnya bisa juga, pake petderm biar lebih irit... Klo diancurin jadi bubuk malah ga mau kucingnya... Kasih setengah tablet dimasukin ke cat food, kasih cat foodnya sedikit2, nanti tabletnya ga sengaja kemakan...

      Delete
    5. Terima kasih sudah berbagi pengalaman Mas Adityo :)

      Delete
  11. Kucing saya usia 6 bln habis d vaksin 3cat eh mlm ny pulp ny ad cacing putih gitu trus keluar bercak darah..nah ygvmau di tanyakn aman kah d kasih obat cacing setelah vaksin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Nedi. Saran saya jangan langsung diberikan obat cacing, tunggu sekitar 2 minggu - 1 bulan setelah vaksin.

      *LAMA BENER NUNGGUNYA...*
      Lebih baik menunggu lebih lama tapi aman, kan?

      Kucing pasca vaksin sebaiknya dikonsultasikan dulu kepada DRH jika akan memberikan obat cacing :) Jika tidak sempat ke DRH bisa nunggu 2 minggu - 1 bulan pasca vaksin baru dilihat apakah kucing masih cacing atau tidak.

      Salam.

      Delete
    2. Terima kasih info ny,sedikit tambahan kmrn saya sudah konsultasi sm drh dan ternyata setelah vaksin boleh di kasih drontal cat asal kan kucing tidak dlm keadan lemas dan makan ny masih normal/lahap

      Delete
    3. Terima kasih informasinya :)
      Sangat berhanda dan menjadi ilmu tambahan untuk teman-teman lainnya :)

      Delete
  12. Kucing saya umur 2bulan, blum ada gejala cacingan sich, tp sya sudah sedia drontal cat, kn mencegah lbih baik.. hehe.. kan di atas boleh tu "Anak Kucing :
    Berikan Drontal Cat pada usia 6, 8, 10 dan 12 minggu dan kemudian 1 bulan sampai 6 bulan. Setelah itu setiap 3 bulan atau sesuai saran dokter hewan." dosisnya seper berapa untuk anak kucing?? Dan musti di ulang stiap brpa minggu atau brapa bulan?? Trimakasih infonya ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Nofia.
      Berdasarkan pengalaman saya, saya memberikan obat cacing hanya 1 tahun 2kali kepada kucing-kucing sehat saya. Kalau kucingnya sakit cacingan, saya memberikannya sekali, jika dilihat masih cacinngan baru diulang dengan jarak 2-3 minggu.

      Dosisnya sesuai berat badan Sis.
      Keterangannya ada dibahasan di atas, silahkan dibaca dengan seksama :)

      Oiya, ini adalah cara pemberian obat yang saya terapkan ya Sis. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi kepada yang lebih ahli, seperti Dokter Hewan.

      Delete
    2. kalo obat cacingnya drontal, 1tablet u/ berat badan kucing yg 4kg. jadi kalo kucingnya berat badan 2kg bisa dikasi setengah tablet drontal, kalo dibawah 2kg bisa dkasi 1/4 nya. smoga membantu :)

      Delete
    3. Terima kasih sudah berbagi informasi, Sis. Semoga Mpus nya sehat selalu :)

      Delete
  13. Halo, kucing saya usia 3,5 bulan. Perutnya buncit dan matanya agak sering belekan, apa itu gejala cacingan? tapi pupnya tidak ada cacing (normal) dan gak pernah muntah. Lebih baik untuk usia itu pakai drontal atau combatrin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo AGR Motion.
      Sebelumnya apakah kucing nya sudah pernah diberikan obat cacing? Kalau ini adalah pertama kalinya diberikan obat cacing pada Si Kucing, saya pribadi akan menunggu kucing genap 4bln kemudian mmberikan obat cacing khusus utk hwn peliharaan. Tdk hrs drontal, merk lain juga bisa.

      Delete
  14. Hay...
    Seminggu yg lalu kucing q divaksin, trus udh 2 hri ini lemes ga maw makan, trus muntah muntah + diare jg...solusinya donk min

    ReplyDelete
  15. Hay...
    Seminggu yg lalu kucing q divaksin, trus udh 2 hri ini lemes ga maw makan, trus muntah muntah + diare jg...solusinya donk min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ika Wahyuni.
      Untuk kucing yang masih lemas pasca vaksin saran saya untuk dibooster dengan vitamin yang meningkatkan nafsu makan dan juga daya tahan tubuh. Kalau kucing malas makan, berikan wet food atau daging agar bersemangat makannya. Kalau nafsu makan sudah normal, gpp untuk kembali ke dry food, tapi kalau masih mau melanjutkan di wet food atau daging juga gpp :)

      Delete
  16. Radio kucing minta saran nya..
    Beberapa hari si chikku kucing saya pup nya ada cacing nya,tapi tetep mau makan nah ini baru gak mau makan,matanya belek an kasian si chikku :( ini baru di kasih obat drontal nya.. Tapi efek nya kok kek gitu ya ? Apa gpp sii chikku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Unknown.
      Maaf cerita Uknown kurang jelas dan tidak bisa saya pahami, maksudnya efeknya kayak gitu itu seperti apa ya? Bisa lebih jelas dan lebih detail?

      Saya jawab sesuai informasi yang ada yah.

      Jika pada pup kucing ada cacing nya, pada umumnya kucing tersebut cacingan. Pemberian obat cacing pada Chikku sudah beanr, tapi jangan lupa untuk memberikan sesuai dengan dosis dan berat badannya yah :)

      Delete
  17. Hai radio kucing. Kemarin Aku nemuin kucing terus Aku bawa kerumah. Dia kaya mau mengeong tapi ga keluar suaranya. Terus Aku kasih makan, gamau. Pas Aku kasih minum mau. Terus dia muntah dan keluar cacing hidup. Aku kasih drontal 1/8 tablet karena Aku takut dia cacingan parah. Nah habis dikasih drontal, dikasih makan wet food dia mau. Besoknya, Pas Aku cek kandang dia ada muntahan warna putih dan ada cacingnya lumayan banyak udah ga gerak. Nah pas dia pup, pupnya warna kuning dan cair, tapiiiiiii.... Ga ada cacing di pupnya dia. Apa harus dikasih drontal lagi?
    Langkah selanjutnya harus Aku apain sebelum Aku ke drh?

    ReplyDelete
  18. Hai radio kucing. Kemarin Aku nemuin kucing terus Aku bawa kerumah. Dia kaya mau mengeong tapi ga keluar suaranya. Terus Aku kasih makan, gamau. Pas Aku kasih minum mau. Terus dia muntah dan keluar cacing hidup. Aku kasih drontal 1/8 tablet karena Aku takut dia cacingan parah. Nah habis dikasih drontal, dikasih makan wet food dia mau. Besoknya, Pas Aku cek kandang dia ada muntahan warna putih dan ada cacingnya lumayan banyak udah ga gerak. Nah pas dia pup, pupnya warna kuning dan cair, tapiiiiiii.... Ga ada cacing di pupnya dia. Apa harus dikasih drontal lagi?
    Langkah selanjutnya harus Aku apain sebelum Aku ke drh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Barbie Girl.
      Terima kasih sudah mau mengadopsi kucing tersebut dari jalanan. Semoga keberkahan selalu menyertaimu yah. Lancar rejekinya, sukses hidupnya. Kucing tersebut sangat beruntung ditemukan oleh kamu :)

      Saran saya adalah untuk 'memaksa' kucing tersebut makan, karena bagaimana pun makan itu penting. Sepertinya kucing tersebut dehidrasi jika dia hanya mau minum dan lebih doyan wet food. Saran saya, sampai dia benar2 pulih dan jika keadaan keuangan kamu memungkinkan, berikan saja dulu wet food dan kondisikan selalu tersedia air bersih di mangkok / wadah minumnya untuk Si Kucing. Saran saya tidak perlu diberikan obat cacing (apapun merk nya) dulu dalam 2 minggu sampai 1 bulan kedepan. Pemberian obat cacing memang perlu diulang jika cacingan kucing parah, namun pengulangannya harus melihat kondisi dokter, apakah kucing sudah kuat dan bagaimana kondisi cacing di dalam tubuh kucing.

      Saran saya bawalah kucing tersebut ke DRH.
      Jika masalahnya adalah DRH bisa mengunjungi DRH di Puskeswas, biasanya biayanya muraha dan ada kalanya bisa gratis. Carilah info ke komunitas pecinta kucing di area kamu tinggal, kalau ada baksos bisa cek kesehatan kucing gratis :)

      Terima kasih ya sudah merawat kucing tsb.
      Semoga senantiasa sehat dan berbahagia.

      Delete
  19. Mas aku mau ikut vaksin di kopdar MPUS Bogor, tapi h-7 sebelumnya harus dikasih obat cacing nah kebetulan samapi sekarang aku ga sempet kalau h-3 gpp kan ya mas? , syarat nya ga boleh diare sakit flu

    ReplyDelete
  20. Maaf mau nanya, kucing saya saat ini sedang hamil namun pup nya mencret dan mengeluarkan darah. Ternyata setelah dilihat ada cacing nya. Saya ingin memberikan obat cacing tetapi justru dilarang memberikan obat cacing pada kucing yang hamil, solusinya gmn ya kira2 untuk masalah ini? Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Zein, apa kabar?
      Saran saya, jika kucing sedang hamil, sebaiknya diberikan obat cacingnya sesuai dengan petunjuk dokter. Karena betul apa yang dikatakan Mas, bahwa pada umumnya kucing yang sedang hamil tidak boleh diberikan obat cacing.

      So, saran saya untuk membawa kucing ke dokter hewan dulu ya Mas. Semoga segera sehat kucingnya... :)

      Delete
  21. Maaf mau nanya, kucing saya saat ini sedang hamil namun pup nya mencret dan mengeluarkan darah. Ternyata setelah dilihat ada cacing nya. Saya ingin memberikan obat cacing tetapi justru dilarang memberikan obat cacing pada kucing yang hamil, solusinya gmn ya kira2 untuk masalah ini? Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Zein.
      Saran saya untuk membawa dokter Masgan ke dokter hewan. Dokter hewan memiliki obat cacing (yang terkadang tidak dijual dipasaran) yang bisa diberikan kepada kucing yang sedang hamil.

      Semoga segera sembuh kucingnya ya Masgan Zein :)

      Delete
  22. Hai mau tanya dong saya kan baru adop kucing nah saya tanya ke pemilik sebelumnya dia sudah dikasih obat cacing sekitar 2minggu lalu tapi sampek sekarang kucing saya kok masih cacingan ya
    Umur kucing saya mau 4bln apa boleh dikasih lagi ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Angela.
      Pemberian obat cacingnya yang untuk manusia atau khsusus untuk hewan? Dosis nya sudah tepat? Saran saya untuk membawa ke dokter hewan agar bisa ditangani lebih lanjut ya, Sis.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat yah :)

      Delete
  23. Halo saya mau nanya,kemaren kemaren kucing saya mutah nah keluarnya kucing saat itu juga saya Kasih obat cacing c*mbantrin, paginya dia pup ngluarin cacing nah yg sama mau tanyain. Kucing saya udah dua hari ini pup nya masih ngluarin cacing itu sebaiknya dikasih obat cacing untuk kucing apa dibiarkan dulu? Maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis.
      Jika berat badan dan usia kucing sudah cukup, baiknya memberikan obat cacing khusus kucing / hewan. Karena obat cacing manusia tidak bisa membasmi seluruh cacing berbahaya yang ada di dalam tubuh kucing.

      Jika masih ragu dalam memberikan obat cacing, baik merk atau dosis nya, sebaiknya segera berkunjung ke dokter hewan ya, Sis.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat :)

      Delete
  24. Hai, aku mau tanya. Kitten aku ada 3 dan 2 kitten sering banget belekan, apa itu ciri ciri cacingan? (Baru adopt karena dibawa ibunya ke rumahku dan blum vaksin dll) tapi emang pernah nemu sih cacing panjang kayak karet gelang 1 di box nya tapi gatau itu dari kitten atau ibu nya. Tau rekomendasi tempat online buat mesen obat cacing? Thanks ya :) oh ya mungkin agak melenceng, kalau kotoran kuping itu penyebabnya dari kutu ya? Kalo numpuk setiap seminggu apa itu normal atau ada pengaruhnya ke kesehatan kucing? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Lidya.
      Ada yg bilang memang seperti itu, kalau salah satu ciri-ciri cacingan adalah belekan. Tapi bukan berarti setiap belekan itu cacingan ya, bisa jadi mata kucing kamu kena infeksi mata ringan.

      Kalau mau pesan obat cacing bisa ke saya, nanti saya bisa kirimkan ke alamat kamu, Sis Lidya. Kontak aja ke kontak yang ada di website ini ya :)

      Salah satu ciri-ciri kutu telinga (ear mites) adalah kotoran telinga dan telinga kucing sering kali kotor. Tapi kalau cuma kotor aja bukan berarti ada kutu telinga ya. Pada umumnya dokter hewan langganan saya selalu mengecek secara mendalam untuk penyakit ini, saran saya bawa ke dokter hewan ya Sis, agar bisa diperiksa secara keseluruhan.

      Semoga membantu ya :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Hari minggu kemaren kucingku indukan n 4 kitten usia 6 minggu pada diare. Pas aku cek di littee box ada cacing warna putihnya. Trus aku kasi drontal si induk n kittennya. Hari ini (senin) pagi & malam aku cek pup nya di litter box masi nemu cacing pasca aku kasi drontal. Yang mau aku tanyain, efek drontal mengluarkan cacing itu brapa hari? Soalnya kitten & indukan pasca aku beri drontal makannya makin banyak & aktif. Apa perlu diulang lagi untuk minum drontalnya?
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis, Mirara.
      Biasanya sekitar 2 - 3 hari, dulu kucing saya begitu. Setelahnya tidak ada cacing mati lagi. Namun saya tetap memerikasakan ke dokter hewan untuk bertanya apakah perlu diberikan pengulanga obat cacing atau tidak. Saran saya Sis juga berkonsultasi ke dokter hewan. Waktu itu yg dikasih pengulangan obat cacing hanya 1 kucing saya, yang lain tidak :)

      Semoga membantu :)

      Delete
  27. hai aku mau nanya anak kucingku umurnya baru sebulanan kena cacingan bingung mau kasi combantrin apa drontal baiknya yg mana ya?
    terus apa boleh induknya dikasi obat juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kuci.
      Kalau menurut dokter hewan yang pernah saya kunjungi, usia segitu dikasih combantrin anak dulu sesuai dengan berar badannya. 1ml untuk 2kg berat badan, kalau berat badan kucing kurang dari 2kg, maka dibagi aja kira-kira berapa. Saat kucing sudah cukup umur berikan yang khusus hewan, misa drontal, pet derm, biaverm, dll.

      Delete
  28. Hallo aku mau tanya, awalnya kucingku perutnya gendut gitu bulet seperti hamil dikira keluarga juga hamil tapi seminggu kemudian mendadak jadi kurus dan sudah 2 hari ini malah pupnya berdarah dan ada cacingnya. aku udah baca komen2 diatas , takutnya pusieku bukan hamil malah cacingan. Jadi untuk pengobatan lebih baik dikasih combantrine atau drontal ya? Mohon balasannya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis Natasya.
      Usia kucingnya sudah berapa bulan, Sis?
      Kalau memang benar cacingan, di atas 3 bulan sudah aman diberikan drontal, perderm, biaverm, atau jenis obat cacing untuk hewan lainnya. Berikannya sesuai dosis ya.

      Kalau masih ragu apakah benar kucing nya cacingan atau malah jangan-jangan bukan cacingan, misalnya ada infeksi pencernaan / penyakit lainnya, maka segeralah membawa kucing ke dokter hewan ya :) Agar penanganan dan pengobatannya tepat dan nggak salah diagnosa.... :)

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali :)

      Delete
  29. Halo kak aku mau nanya dong, aku punya kitten 4 sama induknya nah tapi sebenernya anak kandungnya tuh cuma satu yg ke 3 nya cuma numpang susu aja yg 1 jenis anggora yg satu aku adop dr pinggir jalan gtu yg satu lg dikasih temen nah yg dua ini kucing kampung. Yg aku temuin di pinggir jalan itu perut nya buncit kak, aku kan baru ya pelihara kucing dan kurang tau juga itu si panda kenapa perutnya buncit. Aku fikir dia memang kucing yg gendut, tp lama2 aku liat kalo memang dia buncit grgr gendut tp postur dr kepala kaki nya itu kecil kyk kitten pada umumnya. Apa dia cacingan kak? Tapi setau aku kalo cacingan kan gak nafsu makan diem terus lemes, kalo si panda ini engga kak dia lincah dan nafsu makan nya tinggi. Apa aku harus ttep kasih dia obat cacing?
    Nah kucing anggora (si pika) dan kucing kampung satunya lg kira2 berumur 2 atau 3 bulan aku gatau deh kak dia baru2 ini kyk lemes gak mau makan. Aku fikir emg gasuka makanan nya taunya seharian 2 kucing ini memang gk mau makan walaupun sehari sebelum nya mau makan. Tiba2 di munta agak kekuningan dan ada cacing putih tipis panjang gitu aku kaget kak soalnya gatau juga kenapa. Kalo dari pup nya aku kurang tau dan gak pernah di liat juga ada cacingnya atau engga. Menurut kaka aku harus kasih obat cacing drontal cat itu cuma untuk 2 kucing yg jelas2 sudah muntah2 atau semua nya aja aku kasih termasuk induknya? Soalnya ke-4nya juga masih nyusu kak? Tolong jwb ya kak abis aku awam bgt dan gak tega liat nya jadi pada lemes biasanya pada gk bisa diem dan lincah����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Tia Mega Lestari.
      Jika dilihat sekilas dari informasi Sis, dimana kucing-kucing tersebut muntah cacing, maka sepertinya memang benar cacingan, karena salah satu ciri kucinh cacingan adalah muntah disertai cacing. Utk menyembuhkannya berikan obat cacing khusus hewan. Pemberiannya sesuaikan dgn dosis dan berat badan kucing. Utk kucing yg sehat namun belum pernah diberi obat cacing pun maka sebaiknya diberikan obat cacing. Utk kucing yang sehat, pemberian obat cacing bisa dilakukan setahun 2 kali.

      Jika bingung bagaimana memberikan obat cacingnya dan takut salah, sebaiknta datang ke dokter hewan dan minta diajari oleh dokter hewan cara memberikan obat cacingnya dan juga minta tolong dijelaskan dosis utk masing-masing kucing, Sis.

      Semoga membantu ya jawabannya.

      Delete
  30. Ka , kucing saya umur kisaran 2 bulan , perutnya buncit tapi kurus kalau di gendong tulang2nya sampe merasa --" udah 5 hari BAB nya mencret terus jadi berkutu , tadi saya kasih obat cacing drontal terus jadi sering pup dikit2 tapi ttp mencret dan ga keluar cacing. Cacing bakal keluar selang berapa lama ya setelah pemberian obat? Dan kalau ttp ga keluar cacing apa artinya mpus udah sembuh?

    ReplyDelete
  31. Ka , kucing saya umur kisaran 2 bulan , perutnya buncit tapi kurus kalau di gendong tulang2nya sampe merasa --" udah 5 hari BAB nya mencret terus jadi berkutu , tadi saya kasih obat cacing drontal terus jadi sering pup dikit2 tapi ttp mencret dan ga keluar cacing. Cacing bakal keluar selang berapa lama ya setelah pemberian obat? Dan kalau ttp ga keluar cacing apa artinya mpus udah sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Coco. Usia 2 bln masih sangat kecil. Saran saya :

      - Coba berikan pakan dengan gizi baik, kalau dananya ada minimal grade super premium, berikan juga vitamin dan asupan gizi tambahan lainnya.

      - Penyakit kutuannya juga d treatment. Bisa dengan obat, minyak, atau sampo.

      - Pengalaman saya, cacing keluar dari anus kucing setelah diberikan obat cacing pada jadwal waktu pup nya kucing.

      - Belum tentu

      Coba bawa ke dokter hewan ya untuk penanganan medis yang lebih baik.

      Semoga sehat selalu Mpus nya.

      Delete
  32. Salam.. mohon maaf mengganggu, saya mau bertanya tentang kondisi kucing saya. Saya mempunyai kucing kampung. Sudah sejak 2 bulan lalu kucing saya sering mengeluarkan pup tanpa disadari, misal waktu tidur, waktu bermain pupnya tiba-tiba keluar dan berceceran. Warna pupnya kuning lembek, terkadang encer. Sebelum saya temui cacing panjang warna putih keluar dari anusnya, saya memberikan diapet dan sejenisnya pada kucing. Begitu tau ada cacing kemudian saya beri combantrin. Sempat membaik tapi pupnya masih saja keluar tiba-tiba. Kemudian saya beri drontal cat, tapi tidak ada cacing yang keluar seperti dulu dan sampai saat ini pupnya masih sering keluar lembek. Selama sakit kucing saya tetap ceria dan nafsu makannya baik. Kira-kira kondisi seperti kucing saya ini bagaimana cara mengobatinya? Mau saya bawa ke dokter pasti biayanya mahal karena kucing saya yang sakit tidak hanya 1. Atas penjelasan dan informasinya saya sampaikan terima kasih banyak. Salam ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Indri Hapsari.
      Sis tinggal dimana kah? Karena biaya ke Puskeswan di Kota Bandung gratis dan cuma bayar biaya obatnya. Teman saya pernah berobat cuma bayat 25rb aja dan udah dikasih obatnya juga.

      Jika sudah komplikasi seperti ini, saran saya bawa ke dokter hewan. Mohon maaf bukannya tidak mau membantu, karena saya tidak ada background pendidikan dokter hewan, jadi kalau sudah masalah penyakit yg kompleks dan saya tidak mengerti maka akan saya sarankan mengunjungi dokter hewan, di blog ini saya sharing tentang pengalaman menangani kucing sakit sepengalaman saya saja, maka jika sudah kompleks permasalan penyakit kucing maka solusi terbaik adalah berkunjung ke dokter hewan, karena dokter hewan memiliki background pendidikan yang jelas, juga karena ini nyawa kucing kesayangan kita :)

      Saran saya jika masalahnya adalah bujet, maka Sis bisa mencoba mencaritahu dimana letak Puskewan atau RS. Hewan di kota Sis lalu tanya pd mereka berapa biaya berobatnya.

      Atau jika tidak ada, maka bertanya kepada rekan satu daerah / lokasi dimana dokter hewan murah dan baik di daerah Sis, karena di Bandung juga ada dokter hewan (bukan pemerintah) memberikan tarif murah untuk pelayanannya, saya berkunjung ke sana dan sudah termasuk obat untuk Si Belang hanya kena 40rb.

      Semoga jawaban saya dapat dimengerti dan dipahami.
      Semoga Mpus Sis segera sehat dan mendapatkan jalan keluar finansial yang sebaik-baiknya.

      Salam.
      Semoga Mpus nya segera sehat kembali.

      Delete
    2. Saya tinggal di daerah kota Lumajang, Jatim..
      Baik, terima kasih banyak atas penjelasan dan sarannya

      Aamiin, semoga kucing" saya cepat sembuh :)

      Delete
  33. Hi Radio kucing,
    Mau tanya. Saya adopt kucing yang sering bgt datang ke rumah, krn sering kita kasih makan, dia melahirkan 4 anak kucing di rumah, anak2 kucing sekarang umurnya 10mgg.
    2 minggu yg lalu salah satu dari anak kucinv muntah cacing. Kita kasih combantrin semua dan induknya kita kasih Pet Derm. Setelah itu ada yg pup nya ada cacingnya, dan mereka muntah2 dan diare Ganti2an.
    Seminggu kemudian kita ke dokter hewan dan anak2 kucing dikasih Drontal. Setelah itu kita perhatiin pup mereka normal (tidak ada cacing) dan yg diare sdh tidak diare lagi.

    Yang mau saya tanyakan :
    1. Apakah tidak ada cacingnya itu tanda sudah tidak cacingan lagi atau drontal nya tidak mempan? - anak-anak kucing masih aktif dan mau makan.

    2. Apakah anak kucing masih bisa tertular cacing dari induknya, krn mereka masih kadang menyusu.

    Terima mkasih bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Gina.

      1. Sepertinya sudah sehat, Sis :)
      Apalagi sudah di bawah penanganan dokter hewan :)

      2. Iya bisa.

      Delete
  34. hi radio kucing mau nanya ,, knp kucing sy skrang bulu nya rontok banget sama susah makan dia baru berumur 7 bln ,, barusan sy kasih obat cacing tapi skrg dia malah lemes banget susah makan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Indra.
      Bawa ke dokter hewan ya, takutnya kenapa2.
      Sebenarnya malas makan banyak faktor, umumnya karena birahi (rontok dan malas makan), cacingan, kejala sakit, dll.

      Saran saya bawa ke dokter hewan ya agar bisa diketahui penyebab pastinya.

      Delete
  35. Hai kak...aku mau cerita n tanya nich...si boim kucing ku hari kamis (17/11) dikasih obat cacing soalnya belum pernah dikasih obat cacing & gak sengaja deket ama kucing yg cacingan, jadi aku takut dia kena cacingan juga akhirnya aku kasih obat cacing atas saran dokter hewan & yg ngasih obatnya dokter hewan itu berupa sirup.
    Nah...masalahnya dimulai setelah dikasih obat cacing...awalnya hari jum'at boim pupnya agak encer gt tapi gak ada cacingnya,lemes,gak mau makan, & kayak mau muntah (kayaknya mual).

    Apa kalo dikasih obat cacing efeknya gt kak??trus efeknya brpa hari???

    Biar gak lemes" bgt aku spet air gula si Boim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Olive.
      Sepengalaman saya memberikan obat cacing untuk Si Belang dan kucing liar disini, ga ada yg sampai mual-mual. Andaikata muntah sekalian sama cacingnya.

      Saran saya Sis kembali berkonsultasi dengan dokter hewan yg memberikan saran menggunakan obat tersebut ya Sis.

      Semoga segera sehat Mpus-mpus nya :)

      Delete
  36. Halo kak .. kak aku mau tanya
    Aku punya 2 kucing kitten 4 bulan, feses mereka normal dan sehat. Tapi ntah dari mana bulu mereka tiba" ada seperti ketombe putih. Jadi saat awal vaksin pertama dr menyarankan d kasih obat rev*lution dr bilang itu sudah sekalian obat cacing, akhirnya 2 mggu setelah vaksim saya memberi obat kutu itu kak, beberapa hari feses kucing saya lembek. Saya pikir apa mgkin dia tidak cocok makanan, atau karna cuaca saat ini di rumah saya terus menerus hujan .. saya konsultasi lagi, dr bilang kemungkinan dia cacingan ... jadi 1 mggu kmarin saya beri drontal, tapi setelah pemberiam drontal feses kucing saya malah jadi cair. Kira-kira kenapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Langkah-langkah yang Sis lakukan adalah berdasarkan saran dari dokter hewan. Saran saya untuk kembali menanyakan kepada dokter hewan yang memberi saran kepada Sis.

      Karena kebetulan saya bukan dokter hewan, sepertinya jawaban dokter hewan akan lebih valid untuk kasus Sis.

      Saya cuma bisa berbagi pengalaman saja. Namun karena Sis sudah mengikuti saran dari dokter hewan, baiknya berkonsultasi kembali ke dokter hewan tersebut. Krn siapa tau ada langkah yg memang harus dilalui oleh kucing Sis agar kembali fit dan yg paham dengan langkah-langkah tersebut hanya dokter hewan tempat Sis berkonsultasi.

      Semoga segera sembuh Mpus nya.

      Delete
  37. Kak permisi mau tanya...
    Aq punya kucing kira² umurnya 6 bulan,awal nya dia mual mual tapi tiba tiba tadi pagi dia muntah muntah isi cacing aneh nya lagi cacinya masih hidup padahal tadinya dia sehat sehat aja ,tolong bantuanya kucing saya kenapa dan bagaimana cara menyembuhkanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Dio Antoni.
      Salah satu ciri kucing cacingan adalah pup (bisa jadi mencret) atau muntah disertai dengan cacing, baik kondisi cacingnya mati atau hidup.

      Saran saya segera memberikan obat cacing untuk kucing Agan sesuai dosis dan berat badan ya.

      Semoga kucingnya segera sehat kembali.

      Delete
  38. Halo kak, aku mau tanya. Aku punya kucing yang lagi menyusui, anaknya baru umur 3 hari. Nah si kucing yang lagi menyusui ini dia mencret trus kadang keluar cacing dari duburnya, tapi dia nafsu makannya masih baik. Nah kalau si kucing yang sedang menyusui ini dikasih obat cacing combantrin apakah boleh ? Terus berbahaya tidak untuk ananknya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      1. Sebaiknya diberi obat cacing yg khusus kucing saja.
      2. Ngga berbahaya asal sesuai dosis.

      Terima kasih kembali.
      Semoga membantu jawabannya.

      Delete
  39. Halo kak, mau minta saran dong.
    Kucing aku baru umur sekitar 5 minggu, nemu dijalan jg. Dia udh mulai cacingan seminggu yg lalu dan gak mau bab.
    Aku ragu mau kasih combantrin anak atau drontal cat, soalnya denger-denger khasiat drontal cat lebih bagus untuk bunuh cacing.
    Jd aku harus nunggu seminggu lg atau tetap pake combantrin ?
    Mohon sarannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ila Ramayani.
      Memeng betul drontal cat lbh bagus dlm membunuh cacing hajat didalam tubuh kucing dari pada combantrin, kan memang combantrin mah pada dasarnya utk manusia, dimana masih ada beberapa jenis cacing yg ada di dalam tubuh kucing tidak bisa terbasmi jika hanya menggunakan combantrin. Maka dari itu agar tuntas pengobatannya saya selalu menyarankan menggunakan obat cacing khusus hewan.

      Kalau berat badannya cukup, coba kasih drontal.
      Jika ragu, bawa ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih baik.

      Semoga membantu.

      Delete
  40. Halo kak, mau minta saran dong.
    Kucing aku baru umur sekitar 5 minggu, nemu dijalan jg. Dia udh mulai cacingan seminggu yg lalu dan gak mau bab.
    Aku ragu mau kasih combantrin anak atau drontal cat, soalnya denger-denger khasiat drontal cat lebih bagus untuk bunuh cacing.
    Jd aku harus nunggu seminggu lg atau tetap pake combantrin ?
    Mohon sarannya kak

    ReplyDelete
  41. Permisi kak,mau nnya,kucing saya umur 10 matanya berair terus tapi cuma sebelah kanan,trus sering bersin bersin trus kak dan juga kurang aktif lagi.kamren udh di kasi drotal.tp kok pas pup nya gak ada kluar cacing ya kak? Tapi kucingnya masih kurang aktiv juga kak.lebih sering tidur"n di ajakin main gak mau.itu knapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Rendi Defitra.
      Kucing agan bersin-bersin karena flu? Jika memang sakit flu, maka berikan obat flu khusus hewan ya, tidak boleh memberikan obat yg ada paracetamol nya ya... Kalau bersin-bersin karena alergi, coba kunjungi dokter hewan untuk konsultasi lebih lanjut.

      Semoga membantu.

      Delete
  42. Halo kak mohon sarannya, kucing saya usianya 6bulan. Makannya susah dan perutnya suka bunyi "grok grok" begitu. Saya tanya ke petshop katanya kucing saya cacingan tapi dia gak muntah, diaera atau sampai keluar cacing.

    Apa bener kucing saya cacingan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Belum tentu cacingan kalau menurut saya, bisa jadi asal lambung (karena ada "gas" d dalam lambung jd buntyik growl-growl), atau bisa jadi lapar?

      Saran saya bawa ke dokter hewan ya :)

      Delete
  43. Hy gan.. Sy baru nemu kucing mlm ini.. Di buang org di pinggir jln..pas kebetulan sy liat kasian sy ambil n sy bw plg.. Sy siapin tempat pup nya.. Ga lama dia pup trs pup nya wrna keputih2an gitu.. Apa dia cacingan ya? Kucingnya kecil kayanya d bwh 5bulan umurnya.. Klo pake combantrin kira2 seberapa dosis nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ayla Tsabila.
      Jawabannya bisa ditemukan di review produk combantrin anak di blog Radio Kucing ya :)

      Delete
  44. Kucing saya setelah dikasrin drontal malah jadi lemes, gamau makan. Gimana yah apa emang seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Cynthia Rinjani.
      Kebetulan kucing saya tidak seperti itu.
      Bawa ke dokter hewan ya, takutnya hal tersebut merupakan kejala penyakit lain :)

      Delete
  45. Mo tanya kucing kampung saya lincah dan kelihatan sehat cm 4 hr yg lalu dia muntah cacing hidup 3ekor.. Saya beri obat cacing merk well bekas 3 bulan yang lalu.. Setelah saya beri obat cacing 15 menit kemudian dia muntah cacing mati 1 ekor.. Dan semua cacingx yg di muntahan tidak panjang sih.. Cm saya nunggu waktu dia pup dan besokx pagi dia pup dia kok tidak mengeluarkan pupx.. Jd ku tidak tahu dia masih cacingan atau tidak. Sampai 4 hr ku lihat kucing nggak bisa pup.. Tp dia juga tidak muntah lg.. Tp dia masih aktif dan tp minum dia banyak.. Cm kenapa dia tidak bisa pup.. Ya apa karena obatnya.. Bekas obat 3 bulan yg lalu? aku bingung.. Tp makannya normal saja cm skrng ku nggak tau lg dia sudah bisa pup atau tidak sebab kucing buang air besar di luar.. Maklum kucing kampung.. Itu cacingan sudah mati atau belum ya? Bs nggak ku ulang 2 minggu setelah pemberiannya? o iya kucing tidak mecret2 sama mata belekan cm minumx banyak.. Sebelum muntah cacing mo pun setelahx diberi obat cacing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Nah, kalau kucing Sis semi-rumahan, maka ga bisa dipastikan apakah semenjak dia dikasih obat cacing jadi nggak pup, karena bisa saja kucing Sis sudah pup tanpa Sis ketahui.

      Pada umumnya kalau kucing sudah tidak muntah cacing dan pup nya sudah tidak ada cacing, maka sudah sembuh. Jika sudah benar-benar sehat, maka bisa di maintenance pemberian obat cacing 1 tahun 2 kali agar kucing bebas cacingan.

      Bisa Sis, kalau Sis kucing yakin, setelah jarak 2 minggu bisa di ulang pemberiannya. Tapi pastikan setelah itu jika kucing sudah bebas cacing maka tidak perlu diberikan obat cacing lagi.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
  46. Halo, Kak... mau nanya nih.
    Saya baru sekitar seminggu lebih mengadopsi dua ekor kucing jantan bersaudara. Umur mereka kurang lebih 4 bulan. Salah satu kucing saya lihat perutnya agak buncit. Setelah diselidiki, di pupnya ada cacing. Pupnya normal sih, gak mencret. Dia juga gak muntah. Cuma suka minum dan nafsu makannya besar.

    Kalo dilihat dari tingkahnya sih dia cukup aktif, masih mau main kalo dikasih tali, tapi tidak seaktif saudaranya yg sepertinya belum terkena cacingan.

    Kemudian kucing itu saya kasih obat cacing. Awalnya pengen beli drontal, cuma di petshop lagi kehabisan stok. Trus dikasih obat cacing tetes merk catyzole.

    Saya sih udah kasih ke kucing saya yang cacingan itu, juga saudaranya. Kelihatan sih dia sekarang lebih aktif dari sebelumnya. Cuma kalo nafsu makan masih besar dan perutnya masih buncit. Di pupnya masih ada cacing, cuma udah mati.

    Kira-kira kucing saya masih cacingan gak, ya? Perlu diulang berapa kali pemberian obat cacingnya? Kalo boleh tau, berapa lama kucing baru sembuh dari cacingan, kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Vey Lynn.
      Sepengtahuan saya utk produk Catyzole ada cara dan dosis penggunaannya di labelnya, Sis. Diikuti saja sesuai petunjuk :)

      Delete
  47. halo mas . apa boleh untuk kucing menyusui yg anaknya masih umur 2 minggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rahman.
      Setau saya boleh... (tolong koreksi saya jika saya salah ya)
      Sebaiknya pemberian pada induk kucing menyusui harus di bawah pengawasan dokter ya :)

      Delete
  48. Haloo kak . Ku bru pnya kucing umur 2 bulan dia sekrang lagi sakit cacingan sudah di beri obat cacing baru 1 hari jg dia msih pup di sertai cacing . Aph gk pph ? Cacing ny pulih2 aph hrus di kasih obat cacing lagi ? Trus ny makan aph yg hrus di kasihh saat lgi sakit cacingan ni mohon petunjuk ny mksih kakak . Mohon bals secptt ny kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ayu Suryani.
      Menggunakan obat merk apa ya? Biasanya jika menggunakan obat cacing khusus hewan ada tata cara pemakaian nya di label nya :)
      Bisa dibaca langsung :)

      Delete
  49. Misi kak mau nanya donk, kucing saya abis dikasih drontal trus kemudian muntah busa putih / air liur dan secara fisik masih aktif aja kalau diajak main, akan tetapi yg ingin saya katakan kenapa nafsu makannya berkurang/tidak mau makan ya? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Deva Agus Yudiawan.
      Mhm, pengalaman saya kucing yang diberi drontal belum pernah muntah busa putih, tapi kalau berliur busa putih pernah. Itu karena si kucing menolak obat saking pahitnya.

      Mengenai kucing yang tidak mau makan dan sedang sakit, coba baca ulasan di radio kucing sudah saya bahas dan ada resep home made murah meriah nya. Atau jika ingin praktis bisa diberi vitamin npg.

      Atau cara paling murah, coba kasih wet food dulu utk merangsang nafsu makannya.

      Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
    2. Okay kak makasih ya infonyaa, tp alhamdulillah kak setelah 2 hari dikasih drontal skrg makannya udah kaya biasanya kak..

      Delete
    3. Sama-sama.
      Semoga senantiasa sehat ya Mpus nya.

      Delete
  50. Kak mau tanya, 2hari lalu nggak sengaja aku liat ada cacing di anus kucingku yg umurnya 3bulan. Nah setelah itu aku kasih obat cacing drontalcat itu setengah kapsul. Trus keesokan paginya si kitten pub tapi nggak ada cacingnya. Itu tandanya uda sembuh atau belum? Dan kalo mau dikasi obat cacing lagi kira-kira nunggu waktu berselang berapa lama? Makasi sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Seharusnya kalau benar cacingan, di pup nya keluar cacing hidup / mati. Coba bawa ke dokter hewan dulu ya. Takut salah diagnosa.

      Semoga Mpus nya sehat selalu ya.

      Delete
  51. Mba kucing sy baru dikasih obat cacing( drontal) setelah dikasih obat cacing besok nya dia pup ada sedikit bercak darah . Itu kenapa ya mba. Makasihh

    ReplyDelete
  52. Mba kucing aku aku dpt dijalan. Usianya kira2 3 2 atau 3 bulan. Aku pernah ajak main ke taman kota krn aku pikir dia butuh main2 keluar. Bebbrapa hari stelah itu kira2 4 hari dia kurang nafsu makannya. Agak kurus sekarang pdhal dia dlu lahap bgt makannya. Apa karna dia cacingan ya mba? Klo bner, kira2 ada ga ya obat cacing yg bisa ngancurin cacingnya? Soalnya aku takut bgt klo liat cacing mba :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Lie Fhin Lie.
      Berkurangnya nafsu makan pada kucing belum tentu karena cacingan. Bisa jadi dia stress, sedang adaptasi di lingkungan baru, cacingan, ngga suka dengan makanan yang sekarang, bosan, dll.

      Jika memang si kucing cacingan, maka berikan obat cacing.
      Jika kucing bukan cacingan, maka coba pancing nafsu makannya dengan makanan yang enak, misa dengan memberikan wet food.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  53. Aku mau tanya apa efek dari obat cacing itu setelah 1 hari kita kasihnya ya?? Soal ya kucing aku hari kamis aku Kasih obat cacing tapi hari sabtu dia baru muntah tapi cuma dua kali siang sama malem , oiya apa lemes itu salah satu efek dari obat cacing??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Hani Ika Putri.
      Kucing saya saat diberikan obat cacing tidak muntah, tapi mencret iya, mencret mengeluarkan cacingnya. Kemudian beberapa hari kemudian pup nya solid dan normal.

      Saran saya untuk membawa dokter ke dokter hewan untuk diagnosa valid nya ya, Sis,

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  54. Hi kak, saya mau tanya jadi kucing saya joy skrg dia agak kurusan tapi perutnya suka gendutan kalo habis makan, saya pantau juga dia gak pernah muntah/poop ada cacingnya. Saya takut dia cacingan karna dia dikawinin kucing stray dan blm mandi dari hamil sampe skrg. nah jadi aman gak ngasih drontal ke joy lagi menyusui? Anaknya baru 1 bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Damara Ann.
      Sebaiknya jangan memberikan obat cacing kepada induk kucing yg sedang hamil ataupun sedang menyusui tanpa pengawasan dokter hewan ya. Jadi saran saya bawa ke dokter hewan agar dosis dan penanganannya tepat karena kondisi kucing yang sedang menyusuin :)

      Oiya, kucing menyusuin memang relatif menjadi kurus / turut berat badannya. Saran saya berikan pakan yang baik (jika dana nya ada berikan yg khusus induk menyusui atau berikan makanan kiten yg berprotein dan bergizi tinggi). Juga berikan vitamin ya agar senantiasa sehat dan bertenaga.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
    2. Ah iya kak kayanya kurus dan minta makan terus gara2 itu.. Saya baru inget, asalnya jg sblm hamil sampe ngelahirin dia dikasi wet food, tapi pas udh ngelahirin genti ke dry food.
      Ohiya kalau dimandiin gak masalah kan? Thx kak btw..

      Delete
  55. kucing dirumah saya ada 8 ekor, 2 adult dan 6 kitten,yg adult keduanya pup mengeluarkan cacing putih kecil2 dlm jumlah byk, akhirnya saya kasih obat cacing merk upixon krn combantrin stokny habis..obat tsb saya kasih kesemua kucing,ttp saat pup sampai keesokan harinya masih mengeluarkan cacing hidup dlm jmlh yg byk..akhirnya saya berikan pengulangan obat kecuali yg kitten saya tdk berikan lg takut malah overdosis..krn pengulangan itu 1 kcg yg adult (chiko) jd mencret pupnya 2x tp stelah itu pupny padat lg, cuma cacing di kcg adult smuanya masih sama dan msh hdp..saya tdk tahu apa krn cacingan atau sy terlalu byk memberikan obat si chiko jadi lemas dan nafsu makannya berkurang (msh mau mkn tp sedikit2) bibirnya pun pucat tp pup normal, akhirnya saya kasih drontal pada hari ke 3 atau ke 4 dan stelah di berikan Alhamdulillah kucing saya pupny sudah tdk mengeluarkan cacing, tp yg kitten blm saya berikan drontal krn takut seperti chiko mudah2an sih yg di kitten tdk ada yg cacingan..saran saya jgn coba2 kasih obat cacing manusia ke hewan krn di kasus saya tidak mempan sama sekali malah buat kucing harus minum obat berkali-kali (upixon dan drontal)..jadi lbh baik langsung berikan obat khusus kucing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya Sis Nur Liya. Semoga senantiasa sehat Mpus-mpus nya :)

      Delete
    2. Terima kasih sudah sharing Sis Nur Liya. Semoga senantiasa sehat selalu Mpus-mpus nya :)

      Delete
  56. kak, mau tanya apakah setelah minum combantrin, boleh saya kasih drontal? soal nya seminggu yang lalu kucing saya cacingan terus saya kasih combantrin sirup, selang 2 hari kayak nya sembuh soal nya makan nya udah lumayan banyak, tapii perut nya masih agak buncit.

    ReplyDelete
  57. kak, mau tanya apakah setelah minum combantrin, boleh saya kasih drontal? soal nya seminggu yang lalu kucing saya cacingan terus saya kasih combantrin sirup, selang 2 hari kayak nya sembuh soal nya makan nya udah lumayan banyak, tapii perut nya masih agak buncit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak pemberiannya setahu saya 2 minggu , Sis.
      Coba konsultasi ke dokter hewan ya, takutnya saya salah inget :)

      Delete
    2. Setahu saya jaraknya per 2 minggu jika masih sacingan. Saran saya sebaiknya konsultasi ke dokter hewan dulu ya :) Takutnya saya salah ingat :)

      Delete
  58. Gan mau tanya ini kucing saya meskipun tidak sedang pup selalu keluar cacing kecil dari anus nya lumayan banyak apa ini sudah parah gan? Hal ini terjadi baru satu hari gan, mohon pencerahannya terima kasih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, ngeri amet Gan. Iya itu tanda-tanda agak parah. Terinfeksi cacaingnya pasti udah agak lama, tapi baru tahuan skrg, Gan... Kucing saya pernah di pantat nya keluar masuk cacing. Akhirnya saya bawa ke dokter hewan dan di kasih obat cacing...

      Delete
    2. Tapi sudah saya kasih obat drontal dan hari ini si cacing2 nya sudah tidak ada lagi gan saya mau cobw liat perkembangan nya 1 hari atau 2 hari lagi kalau muncul lagi saya bawa ke drh.. Terimakasih yah gan pencerahan nya :))

      Delete
  59. Biaya meriksain kucing ke dokter hewan brpa ya gan,, sama biaya vaksin kisaran brpa rupiah ya....
    Maaf nanyanya melenceng dr topik,, maklum newbie baru melihara kucing 4bulan trus punnya anak 5 si keket (kucingku) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Kalau di Bandung murah, mulai dr 50rb an sekali visit. Kalau Puskeswan atau RS Hewan biaya dokter biasanya ada subsidi. Kalau dokter swasta bisa agak mahal.
      2. Vaksin kalau subsidi start 120rb - 150rb ke atas, kalau non subsidi bisa lebih mahal...

      Semoga senantiasa sehat selalu ya Mpus Keket dan Keluarga Hooman nya :)

      Delete
  60. Hi,kak!^^
    Saya baru pertama kali ngasih obat cacing ke kucing saya, ngasihnya obat cacing drontal cat.
    Saya ngasihnya dg menghancurkan pil trs di taburi ke makanannya,dia sempet makan makanan yg d ksh obat itu dikit,lah terus habis makan itu dia udh nggk napsu makan keesokan harinya,padahal biasanya lahap banget kalau makam.Saya mengira itu emang efek samping dari obat,tapi apa mungkin benar? Soalnya dikit yang dia telen makanan yg tercampur obatnya ^^"

    Jadi saya sekarang sedikit khawatir dg kondisi kucing saya yang g doyan makan lagi.

    Menurut kakak gmn?><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Di kucing saya tidak demikian, habis dikasih obat cacing biasa lagi, hehehe. Ada baiknya ngasih obat jangan dicampur makanan, biasanya kucing yg gampang trauma jadi kapok makan atau malas makan atau hilang kepercayaan sama kita sebagai manusia nya. Saya mah sepet aja ke mulutnya, hehehe.

      Kalau masih malas makan, bawa ke dokter hewan ya, takutnya ini kejala penyakit lain yg kita ngga tau...

      Semoga senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
  61. Mau tanya, kitten saya siang ini saya kasi drontal cat (1/4tablet) malamnya ketika pup mencret ya tp kok ga ada cacingnya? Apakah karena baru pertama kali dikasi obat cacing makanya menci? Biasanya mencinya itu berapa lama ya? Apakah harus dipuasain makan dulu? Boleh ga kalo tetap saya kasi tempe rebus? Soalnya sebelumnya pupnya lembek karena ada pergantian dryfood. Kittennya sih msh aktif dan ada nafsu makannya. Maaf banyak nanyanya, Mohon pencerahannya...thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pemberian obat harus sesuai dengan usia dan berat badan. Kalau ga ada cacingnya, apa jangan-jangan kucing ga cacingan?
      2. Sepertinya tidak.
      3. Kucing saya blm pernah mengalami mencri setelah pemberian obat.
      4. Ngga juga.
      5. Berikan makanan kucing yg berkualitas baik sesuai dengan kemampuan :) Ada yg bilang tempe rebus bs menyembuhkan mencret kucing, tp ga semua kasus mencret bisa. Nah, ini mencretnya knp dulu? Bisa jadi pakan, cuaca, stress, dll.
      6. Nah, bisa jadi mencret krn ganti dry food, bukan krn obat (bisa jadi ya, bukan pasti). Obseervasi dulu sblm memberikan tindakan lbh lanjut.
      7. Ok. Sama-sama. Sudah dijawab ya. Semoga tercerahkan :)

      Delete
  62. Hallo radio kucing, kucingku umur 4bln. Saya kasih drontal 1/4 tablet. Sebelumnya kucing saya belekan, tp setelah saya kadih drontal jadi gk belekan lagi. Tp pertanyaan saya, setelah saya kasih drontal kok pup kucing saya gak ada cacingnya ya ? Apa kucing saya gak cacingan ? Nafsu makan tetap lahap seperti biasanya tp ya itu kok gak ada cacing yg kluar ? Sebelumnya trimakasih ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Vivia.
      Iya Mba bisa jadi. Kalau kucing sehat bisa memberikan obat cacing 1 tahun 2 kali kok :)

      Delete
  63. Hallo Radio Kucing , Saya mau bertanya anakan kucing saya kurang lebih baru 1 bulan dan itu hanya kucing biasa saja apakah bisa di berikan obat drontal cat , Terus pemberian obat drontal cat nya yang sesuai dibagi menjadi berapa bagian ya ???

    #TerimaKasih Sebelumnya
    #DanTolong FastRespond ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      - Mau kucing ras atau domestik, dalam pemberian obat tidak ada pengkastaan ras atau domestik, selama dosis tepat dan sesuai dengan berat badan dan usia kucing juga obatnya sesuai dengan kasus penyakit yang dihadapi, maka bisa diberikan.
      - Karena kucing Mas masih usia 1 bulan, saran saya memberikan obat cacing di bawah pengawasan dokter hewan, taut kelebihan dosis.
      - Pertanyaan mengenai pemberian obat drontal cat sudah di jawab di tulisan ini.

      Sama-sama. Sudah di jawab ya... :)

      Delete
  64. Hallo kaa. Saya mau tanya, kmrn setelah baca blog radiokucing saya lgsg kasih obat drontalcat td pagi ke kucing saya . Nah pagi pas ngasihnya kan dicekokin gt lgsg ke mulut, tp ga dia telen lgsg malah digigit dan dikunyah gt. Barusan saya liat pup nya encer terus muntah2 nya putih gt. Itu knp yah? Hari ini dia udh 3x pup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhm, kebetulan kucing saya nggah bereaksi mencret, tp muntah putih iya, tp sebenernya ngga muntah kalau kucing saya, tp dia ngelepehin obatnya hahahaha. Mulutnya jadi berbusa pas diaksih obat mungkin karena pahitnya Drontal Cat ini. Jika kondisi kucing tidak membaik, segera bawa ke dokter hewan ya :)

      Delete
  65. Kucing saya semalam pup mengeluarkan cacing yg masih hidup ,saya ga nyangka bgt s buna ini kena cacingan soalnya dia makannya banyak bgt dan emg badannya gemuk, da lincah bgt ,ga ada tanda" bahwa dia cacingan lemes dan buncit itu ga adaa
    Ko bisa gtu yahh? Buna usianya 3 bln lebih sekarang ,mlm sudah d kasih obat cacing combantrin tp blm kelihatan perubahannya
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Sis sudah melakukan yang harusnya dilakukan saat kucing cacingan, yaitu memberikan obat cacing. Jika usia kucing sudah 4 bulan, saya sangat menyarankan untuk memberikan obat cacing khusus hewan agar cacing jahat di tubuh kucing terbasmi secara keseluruhan.

      Delete
  66. Saya mau tanya udh beberapa hari ini kucing saya lemas trus nafsu makan berkurang...setiap hri saya baca artikel, nah sepertinya kucing saya cacingan..perutnya gendut, makan msih mau sedikit2 trus gusinya agak putih..apa mungkin cacing sya cacingan ?? Bb nya 3.5 kg saya kurangi sedikit saja obatnya pertablet..apa itu sudah benar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek ke dokter hewan ya... :)
      Dengan ciri-ciri gusi putih takutnya ada gangguan pada alat makan, misal sariawan, calici, atau penyakit lain :)

      Delete
  67. Kucing saya usia 2.5bulan.sampai saat ini belum pernah dikasih obat cacing.klo dikasih drontal kira kira takarannya berapa ya..? Selama ini sih pup normal g ada gejala cacingan.makam n minum semua normal

    ReplyDelete
  68. Hallo kak, mau tanya kucing ku sebelumnya ga ada tanda2 cacingan. Tapi tadi tiba2 muntah ada cacing warna putih panjang. Selama ini pupnya juga ga ada masalah, ga ada cacing sama sekali, tapi tiba2 keluar gitu. Emang sih badannya ga gemuk2 padahal makan udh banyak banget, itu fiks cacingan yah?

    Untuk kucing berat kurang dari 2kg dikasih obatnya 1/2 atau 1/4 tablet ya kak? Trus jangka waktu dikasih lagi setelah minum obat pertama berapa lama? 6 bulan sekali atau gimana?

    Tolong bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah ada muntah cacing, maka itu adalah tanda cacingan. 1 tablet drontal utk 4 kg berat badan, maka jika kucing beratnya adalah 2 kg maka dikasih setengah tablet.

      Semoga membantu.

      Delete
  69. Halo Radio Kucing, saya punya induk kucing lokal dan 3 kitten usia mau 2bulan, nah 2 minggu lalu si kitten hitam muntah cacing, akhirnya saya googling2 sesuai ciri2 cacingan, perut buncit dan gak lincah, nah lalu saya kasih obat drontal ini 1/8 3 kittennya, indukan ga saya kasih soalnya takut lagi hamil. Lalu yg saya baca itu ngefek obatnya bisa sehari, besoknya saya cek di box ga ada pup cacing, karena yg ketahuan saya si hitam cacingan, akhirnya si hitam aja saya kasih drontal lagi, sejak itu si hitam ga mau makan cuman minum, di suapin juga di kluarin lagi, lalu 2 hari kemudian meninggal. T.T
    Yg mau saya tanyakan apa si hitam overdosis? :'( . Dan yg kitten satunya 2hari setelah saya kasih drontal di box pup cacing, skarang perutnya udah ga buncit dan tetep lincah, nah apakah perlu saya kasih drontal lagi setelah 2 minggu ya ? *saya agak takut setelah si hitam meninggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ngasih obat cacing jarak terdekatnya 2 minggu, ini sis selang 1 hr ya? Bawa ke dokter hewan ya Sis utk penganan terbaik.

      Delete
    2. iya 1 hari. Baik trimakasih sarannya Mba^^

      Delete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. pagi,,,
    aq mau tanya2 soalnya minggu lalu aq nemuin cacing di pup si meong,,,
    setelah aq browsing, ternyata itu sejenis cacing pita,,,
    hari senin aq minumin Drontal cat 1 tablet krena bb kucing 4kg,,,
    sampai saat ini aq udah G nemuin cacing2 di pupunya atau di bulu2 dekat ekornya,,,

    yg jadi pertanyaan,,,
    apa perlu aku minumin drontal lagi?
    soalnya aq gtw kucingku udah bneran sembuh atau belum,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu 2 minggu, kalau engga ada cacing lagi, maka engga perlu ngasih lagi. pada kucing sehat, obat cacing perlu setahun 2 kali saja :)

      Delete
    2. oke mba makasih jawabannya,,,

      terus aq ada pertanyaan lagi mba,,
      di bagian ketiak kucingku ada semacam kulit kasar, mirip ketombe,,,
      bahaya G mba? ngilanginnya gimana?
      makasih lagi y mba,,

      Delete
    3. Jamuran?
      Bisa baca d blog ini macam-macam cara menanggulanginya ya :)

      Delete
  72. Kak, mau nanya nih, waktu ngasih drontal ke si kucing kok malah keluar busa yah dari mulutnya? Gimana nih? Apa tetep dilanjutin? Dia terus-terusan ngeluarin liurnya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kepaitan. Jadi kucing menggunakan air liur nya untuk mendorong obat yg pait keluar dr mulutnya.

      Delete
    2. Jadi tetep dikasih terus aja ya? Bukannya keluar lagi obatnya, bukan malah ditelen?

      Delete
    3. Pakai cara lain, misal obat dibubukkan kemudian campur ke wet food.

      Delete
  73. halo radiokucing:) aku mau nanya nih. kucing aku cacingan trus aku kasih drontal sesuai dosis. nah tapi ini udah 4 hari kucing aku tidur terus susah makan+minum. trus kaya mau muntah tapi ga keluar apa2. emang kaya gitu efeknya atau gmna?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya keluar cacing mati.
      coba cek ke drh ya...

      Delete
  74. Selamat pagi admin,bagaimana kabarnya,saya mau nanya nih,beberapa hari yang lalu kucing saya muntah dan ada cacing gelang nya masih hidup ada 1 cuma cacing nya besar,dan pagi ini kucingnya saya kasih drontal setengah tablet,apakah nanti cacing yg di perutnya itu keluar dalam kradaan sudah hancur atau masih hidup? Saya sebenarnya agak ngeri juga sama cacing nya,terimakasih banyak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada umumnya masih berupa cacing namun sudah mati.

      Delete
  75. Hallo radio kucing :) saya mau tanya nih, kemaren saya ngasih kucing saya yang umurnya kurang lebih 3 bulan dan 4 bulan obat cacing drontal sesuai dosisi.
    Untuk saat ini tidak ada efek samping obat yg merugikan seperti muntah, menurun nafsu makan dll.
    Rencana besok atau lusa mau saya grooming, apakah boleh setelah diberi obat cacing beberapa hari kemudian digrooming?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok :)
      Asal kucing sehat (engga demam), nafsu makan baik, dan cuaca panas.

      Delete
  76. Saya mau cerita nih. Bbrpa wktu lalu saat mau k warung, saya liat anak kucing yg mengeong2 pilu, jalannya masih belum lancar kaya tertatih2 gitu, badannya kecil sekali. Akhirnya, saya ambil si kitten d bawa pulang. Sempet minta makanan kucing ke sepupu, tpi dia enggak mau makan. Krna saya gk pernh pelihara kucing, alhasil saya beliin dia sosis yg mungkin mau d makan. Dan benar, dia mau makan. Tpi krna saya cari info d google katanya sosis yg siap makan itu gk begitu bagus untuk kucing. Jd esoknya saya beliin dia makanan kucing tpi ttp gk mau makan dan dia cuma minum susu buat kucing doang. Sekitar seminggu saya kasih dia sosis si kucing ceria lincah gitu. Makan nya saya selang sama ikan yg d kukus dan sosis aja. Suatu hari, ibu saya kasih dia makan nasi. Dan s kucing tiba2 sakit. Diare dn gk mau makan sama sekali. Minum aja saya paksa. Krna dia gk mau mkan, saya paksa aja dia minum air madu kan. Nah, besoknya baikan. Tpi tiap mlm keadaannya gitu trus. Smpe saya liat pupnya encer bedarah gitu tpi gk ada cacingnya. Lemes bgt, ktanya kalo salah makan harus d puasain ya 12jm gitu, jd saya smpe gk tdr biar ttp bisa paksa s kucing minum. Dia kan gk buncit perutnya ya, jd saya gk curiga dia cacingan. Sbnernya ini bisa d bilang teledor sih, saya paksa kasih dia combantrin krna saya takutnya dia cacingan. Teledornya ya kalo dia sakit bkn krna cacingan malah d paksa minum obat cacing. Soalnya disini susah sekali nemu doktr hewan. Petshop saja susah-_-
    Sekitar 2jm udh d kasih kombantrin, si kucing muntah dan ternyata ada cacingnya wrna cokelat kecil2 gitu. Dia munth smpe 2 kali stlh itu dia langsung mau minum sendiri. Mau makan dan mau main lg.
    Skrng dia umurnya blm smpe 3bln, tpi saya curiga dia cacingan lg soalnya perutnya buncit gitu trus minum trus. Tp saya periksa d pupnya gk ada cacing. Trus s kucing suka tiba2 napasnya terengah-engah gitu kira2 kenapa ya? Tpi dia lincah dan makannya banyak. Saya khawatir aja gitu soalnya disini susah sekali nemu doktr hewan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      1. Kucing pada umumnya jika diberikan nasi akan mencret.
      2. Dr pada memberikan sosis, utk memancing nafsu makan kucing lbh baik menggunakan wet food.
      3. Combantrin memang tidak menghilangkan semua cacing jahat di tubuh kucing, krn ini obat manusia (cek informasi lengkap tentang perbedaan obat cacing khusus manusia dan khusus hewan di blog Radio Kucing ini). Saran saya saat kucing sudah usia 4 bln, kasih obat cacing khusus hewan sesuai dosis.
      4. Ikan, Ayam, Daging yang dikukus atau direbus dapat diberikan pada kucing tapi tidak menggunakan garam, krn garam memicu rontok pada bulu kucing.
      5. Kedepannya, berikanlah makanan kucing terbaik sesuai dengan kempuan finansial. Krn makanan kucing sudah di desain utk kucing.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  77. Halo radio kucing. Saya punya kucing usia sekitar 4 bulan. Skitar 4 hari yg lalu saya beri kucing saya itu combantrin krn ada kitten yg lebih muda dari dia muntah ngeluarin cacing. Krn mereka sering main bareng saya kasih combantrin krn saya takut ketularan. Eh tetapi hari senin kemarin kucing saya mulai tidak nafsu makan, trus tadi malam dan pagi ini dia muntah ada cacingnya warna putih. Saya berencana mau beli drontal. Pertanyaan saya apa tidak papa ngasih dia drontal dlm keadaan belum makan? Krn dia sama sekali tdk mau makan apapun bahkan minum jg tdk mau. Oh iya, drontal itu apa ada dijual di apotek biasa atau hanya ada di petshop? Soalnya petshop dr rumah saya lumayan jauh. Dan selain dontral, obat cacing apalgi yg bagus utk kucing? Maaf banyak tanya. Mohon informasinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  78. Oh iya maaf ada ketinggalan nanya hehe. Apa tdk apa2 ngasih kucing drontal skrg stelah 4 hari lalu saya kasih combantrin? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya pulihkan kondisi tubuh kucing dulu. Pancing nafsu makannya dengan wet food. Setelah 2 hari liat kondisinya apakah sudah semakin bersemangat? Jika YA, bisa berikan drontal sesuai dengan dosis usia dan berat badan ya.

      Delete
    2. Sis kucing saya umur 3,5 bulan beratnta kurang dari 2 kgsemalam dia mengeong terus... pas saya liat ternyata dia muntah terus ada cacing nya terus saya mau kasih drontal 1/4tabletboleh kah apa harus 2 tahun sekali pemberian nya kalau 3 minggu sekali boleh

      Delete
    3. Memberikan drontal sesuai dosis ya. Berat badan 2 kg mah ngasih Drontal nya setengah tablet, kan 1 tablet drontal untuk 4 kg berat badan... :)

      Delete
  79. Halo, radio kucing. Kalau kucing pupnya berlendir apakah itu termasuk cacingan juga? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu cirinya iya, tp belum tentu. Bisa jadi mencret biasa. Harus di cek secara seksama :)

      Delete
  80. Kucing sy kurang lebih 6 bln cacingan udah dikasih combantrin. 2 minggu kmdian sy kasih lg biar telurnya ikut mati. Setelah minum mencret ga mau makan dan sy ga liat stlh minum obat cacingnya keluar atau tdk.mencretnya perlu diobati apa tdk. Soalnya baru kmrn minum combantrin

    ReplyDelete
  81. O iya sy kasih combantrin 1st tp kayaknya ga masuk semua soalnya waktu minum meronta.mohon pencerahan. Harus dikasih obat cacing lg apa nggak kasihan udah lama sakit dan lesu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Kalau sudah di atas 4 bln baiknya memberikan obat cacing khusus kucing agar cacing-cacing jahat di dalam tubuh kucing bisa terbasmi.

      "Berarti pake combantrin engga semua cacing jahat dikucing bisa terbasmi dong?" IYA BETUL. Hal ini juga sudah saya bahas di blog saya mengenai perbedaan obat cacing khusus manusia dan obat cacing khusus hewan, Bapak bisa mengunjungi pembahasan tersebut di blog saya :) *langsung cek di Index saja... :)

      Semoga Mpus nya segera sehat kembali ya.

      Delete
  82. Hai radio kucing...
    Saya punya anak kucing umur 4bln,udah 2 hari kemaren dia muntah terus,pas tadi siang dia muntah tp keluar cacing yg masih hidup trus saya kasih obat drontal cat,setelah selang beberapa jam dia pup trus (mencret) tp gk ada cacing nya,terakhir saya liat pas dia pup ternyata ada cacing nya dalam keadaan tdk bergerak...yang pengen saya tanyakan,apakah setelah dia pup mengeluarkan cacing mati itu tanda nya kucing saya sudah bebas dari cacingan apa msh cacingan ? Saya gk tau efek setelah pemakaian drontal terhadap cacing itu bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu 2 minggu, kalau engga cacingan lagi, engga perlu di kasih lagi :)

      Delete
  83. Halo min saya mau tanya .. waktu kucing saya berumur 2 bulan, saya ngasih obat cacing drontal setengah tablet..
    Nah kapan saya harus ngasih obat cacingg nya lagi min?? Makasi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Pemberian obat cacing drontal harus berdasarkan berat badan dan usianya. Kalau usia nya 3 bln ke atas dan berat badan 2 kg, maka benar di kasih setengah tablet, karena 1 tablet drontal untuk 4 kg berat badan. Kalau kucingnya sehat mah 3 bulan sekali cukup.

      Delete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Hallo mau tanya dong, saya br adop kucing umur 7 minggu sekarang,nah sudah 4 hari pupnya lembek, trus sehari kemarin dia muntah, sedikit. tapi nafsu makannya banyakbgt dan masih lincah dan suka main, itu gimana ya solusinya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya adalah diberikan penanganan yg tepat.
      Kucing Agan usia 7 minggu = 2 bln lebih. Apakah ada induknya? Usia segitu masih rentan dan butuh kasih sayang juga susu induk.

      Muntah nya knp? Cacingan? Distemper? Makanan? Liur?

      Mencret nya knp? Cacingan? Cuaca? Ngga cocok makanan? Keracunan?

      Kenali kejala yg tepat dan berikan juga treatmen & pengobatan yg tepat.

      Delete
    2. jadi aku adop kucing ,pas aku adop umurnya baru 1,5 bulan.
      dan sekarang umurnya 7 minggu = belum ada 2 bulan, kan 1bulan = 4 minggu.

      nah dia sudah tidak disusui lagi oleh induknya karena sudah terpisah kan.

      makannya royal canin baby cat, itu yang direkomendasikan oleh petshop tempat saya adop.

      untuk susunya saya pake growssy, tp sudah saya stop karena pupnya lembek ( saran dari petshop)

      namun ternyata masih juga pupnya lembek ( tidak cair), di pupnya juga tidak ada cacingnya.

      kayaknya kemaren muntah grgr saya kasih minyak ikan, skrng sudah tidak muntah lagi, cuma pupnya masih lembek.

      kittennya sendiri lahap makannya dan lincah sekali .

      kirakira dikasih apa yaa kak untuk mengatasi pup yang lembek itu. terimakasih

      Delete
    3. Kalau gitu saran saya lanjutkan dulu saja dengan menggunakan RC Baby Cat saja, lihat dalam beberapa hari sampai seminggu, kalau masih ga padat pup nya, bisa ganti pakan ke RC Digestive Care.

      Delete
    4. sekarang baru saya coba makananya saya campur tempe gan , katanya bagus, mau di bawa ke drh cuma aktiv bgt ga lemes sama sekali, lembeknya udh 5 harian jadi totalnya hingga hari ini

      Delete
  86. Salam. kak aku punya 3 anak kucing, usia 8 minggu.
    Waktu itu saya nemu di tempat pup mereka ada cacing nya, pup nyanencer. cuma sy gatau dr kucing yg mana yg cacingan.
    Saya udah beli drontal 1 tablet. soalnya katanya cukup kalo untuk anak kucing 1 tablet di bagi 4.
    Nah sy rencana mau mandiin mereka juga, soalnya belum pernah dimandiin karena masih nyusu sama ibu nya, cuma sekarang mau di stop susu nya, jadi pake susu kucing aja (soalnya ibu nya kucing liar, takut ketularan cacingan dr ibu nya lagi).

    Nah lebih baik sy kasih drontal dulu apa mandiin kucing dulu ya kak?
    Oiya lebih baik kasih nya pas pagi /siang / malem?

    Makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      - Memberikan obat cacing drontal kepada kucing itu harus sesuai dengan berat badannya, timbang dulu berat badannya, kemudian beri obat sesuai dosis.
      - Memandikannya nanti aja pas 3 bln, kalau kucing kotor, bisa di lap pakai tisu basah utk bayi.
      - Saran saya jangan hentikan pemberian susu induk kucing kepada bayi kucing, karena itu memang salah satu asupan gizi yg dibutuhkan anak kucing.
      - Saran saya, baiknya Sis memberikan obat cacing kepada induknya dulu. Dan anak kucing nya jangan diberi makan nasi (dr postingan Sis di halaman yg lain pada blog ini, Sis cerita memberikan nasi kepada anak kucing tsb), krn pada umumnya (tidak semua) kucing akan mencret jika diberi nasi.
      - Jangan lupa berikan juga makan yg baik utk induknya, jadi induknya bisa memberikan gizi yg baik utk anaknya melalui air susu kucing :)

      Delete
  87. Hallo kak admin, apa kabar?
    postingan ttg obat cacing rame banget yaa kak 😃😃

    Maaf kak admin, mau nanya
    Kucing saya bepo umur 3 bulan pas pup sya liat ad bbrapa cacing putih yg keluar, jdi sya kasih minum obat cacing drontal cat pda tgl 28 des kmarin. Stelah minum drontal cat bsoknya bepo pup dan alhamdulilah sdh keluar cacingnya (mati).
    setelah keluar cacingnya, sya kasih mkan wetfood whiskas kesukaannya. Mkannya lahap tpi stelah bbrapa jam (mungkin 2/3 jam) bepo muntahkan mkanannya. Dan itu terjdi terus setiap dikasih mkan, pupnya juga mencret tpi sdkit

    yg ingin sya tanyakan, apakah itu bagian dri efek obat cacing drontal kak? Kira2 bakalan smpe brpa hari muntahnya bisa berhent?
    Sdh 4 hri setiap diksi mkan pasti muntah *walaupun nafsu makannya gak berkurang

    mohon bantuan saran dan tipsnya kak admin 🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Bepo mual, nah mualnya ini kenapa, banyak faktor euy. Mulai dr mual kekenyangan, mual efek obat, mual hairball, atau mual ganguan ginjal. Saran saya baiknya berobat ke dokter hewan. Karena di kucing saya saat dikasih Drontal engga muntah.

      Delete
  88. Oh iya ka admin, kelupaan
    kira2 cacingan pada kucing itu menular tidak yaa?
    Soalnya stelah itu kucing sya yg satunya lgi pas pup sya liat ad keluar cacing putih sma sperti bepo

    Kucing sya ad 6 ekor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kucing Sis yg lain juga cacingan... Jgn lupa berikan obat cacing secara teratur ya :)

      Delete
  89. Admin mau nanya...sy berikan obat cacing merk well (3 tetes) utk anak kucing 1bln, tapi sudah 4hari masih cacingan, walaupun cacingnya keliatannya sdh mati. Harusnya dosisnya berapa ya? Apakah memwng efeknya seperti itu? Trims admin

    ReplyDelete
  90. Hallo radio kucing,
    Sy memiliki kucing usia 8bulan..sedang diare.. udh hmpir seminggu..tapi dy makan lahap dan masih aktiv mainan... sy k vet... niatnya mau beli sejenis oralit buat kucing takut tiba2 kucing saya lemas.., saya gak bawa kucing sy..krna niat mau beli bukan berobat..
    tp kata vet gak ada oralit untuk kucing..trus ditanya kucing.nya kenapa.. aku ceritakan saja..
    Kata vet aku suruh kasih drontal.. tkutnya cacingan..trus dikasih obat anti diare juga..
    Nyampe rumah q kasih drontal..besoknya kuliat tidak ada tanda2 cacingan.. (memang sebelumnya dy rutin obat cacing)
    Smpe sekarang..hmpir 2 minggu dan ibat antidiare avis tp dy masih diare..
    Tapi kucingnya masih makan banyak dan tetep mainan..
    Klo berat badan sih masih stabil juga..
    Apa mungkin dy stres krna ada kucing baru juga??
    Apa stres bikin diare juga??
    Kbtulan sy punya kucing baru d rumah

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D