Sunday, March 29, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai cara memandikan kucing di rumah.

Memang, namanya memandikan kucing memang gampang-gampang susah :v
Apalagi jika Si Kucing takut dengan air. Biasanya seekor kucing jadi susah dimandikan karena Si Kucing tidak terbiasa denga air dan jarang dimandikan dari kecil. Saran saya jika Cat People mengadopsi kucing dari kecil, maka biasakan Si Kucing untuk dimandikan sedari kecil, sehingga Si Kucing akan terbiasa dan jadi tidak terlalu rewel saat dimandikan.

Oiya,
perlatan yang digunakan oleh saya saat memandikan Si Belang sangat sederhana dan pada umumnya bisa ditemukan disetiap rumah tangga bahkan di tempat tinggal anak kosan sekalipun. Tujuan dibuatnya tulisan ini adalah agar Cat People semua bisa membandikan kucing-kucing peliharaan sendiri. Jadinya bisa hemat uang, hihihihii, dan uang buat mandiin kucing ke Pet Shop bisa dibeliin makanan Si Mpus :D
 
Peralatan Mandi Si Kucing
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Cat People adalah mempersiapkan peralatan mandi untuk Si Kucing, antara lain:
  1. Baskom/ember & gayung
  2. Air hangat
  3. Waslap (sarung tangan kain/handuk) 
  4. Sampo/sabun
  5. Sikat gigi berbulu lembut (soft)
  6. Handuk / kanebo


Langkah-langkah Memandikan Kucing
Pertama
Siapkan air hangat didalam ember atau baskom.
Sediakan suhu air tersbeut jangan terlalu panas, cenderung hangat-hangat kuku.
Siapkan dalam ember atau baskom, jangan lupa siapkan juga gayungnya :D

Ini gambar ember dan gayung. Just info.
Sumber : disini

Oiya, saat memandikan kucing disarankan jangan pelit air. Hal ini bertujuan agar saat membilas, sisa-sisa sabun/sampo yang menempel di kulit/bulu kucing bisa terangkat seluruhnya. Selain itu, penggunaan air hangat saat memandikan kucing meminimaisir sifat agresif kucing, karena kucing akan merasa lebih hangat dan lebih tenang saat dimandikan dengan air hangat. Selain itu, kucing juga jadi nggak kedinginan :3


Ini adalah gambar baskom. Just info.
Sumber : disini


Kedua
Basuh seluruh badan kucing, dari mulai leher, badan, perut, kaki depan dan belakang, ekor, bokong, dan seluruuuuhhh bada kucing... Kecuali bagian leher, muka, dan telinga. Hindari mengguyur kucing dari kepala, karena dikhawatirkan akan ada air yang masuk ke dalam telinga dan menyebabkan penyakit telinga pada kucing.

"Tolong aku... Aku dimandiin... Celamatkan aku..."
Sumber : disini

Ketiga
Setelah seluruh badan kucing basah, siapakan sampo/sabun. Jangan langsung menuangkan sampo/sabun ke badan kucing. Gunakan waslap (sarung tangan kain/handuk). Tuangkan sampo/sabun ke waslap (sarungan tangan kain/handuk), lalu busakan. Jika sudah cukup berbusa, terapkan pada tubuh kucing. Gosok perlahan, terutama dibagian lipatan-lipatan tubuh. Jika Cat People sedang memandikan kucing dengan sampo/sabun anti jamur atau anti kutu, maka perhatikan lbh rinci bagian lipatan tubuh kucing dan bagian perut kucing, biasanya kutu/jamur sering bersembunyi di sana. Kemudian agar lebih efektif, diamkan sampo/sabun di tubuh kucing selama beberapa saat, tapi jangan terlalu lama, 3-5menit cukup. Kemudian bisa sampai bersih dengan air hangat. Pastikan sisa-sisa sampo/sabun benar-benar terbilas bersih.

Juga, jangan lupa untuk menyikat lembuat bagian kuku kucing tengan sikat gigi berbulu lembut (soft). Sikat perlahan dan jangan sampai melukai kucing.

Sumber : lupa link nya :(

Keempat
Segera keringkan kucing dengan handuk. Jika ingin lebih cepat, bisa gunakan kanebo. Saya sendiri menggunakan kanebo untuk mengeringkan Si Belang seusai mandi, karena jika hanya menggunakan handuk saja sangat tidak efektif saat mengeringkan Si Belang, banyak air yg menempel dan badan Si Belang jadi keringnya lama. Jika dikeringkan terlebih dahulu menggunakan kanebo, cukup di jemur setengah jam di bawah matahari tidak langsung, badan Si Belang sudah kering dan bulunya mengembang.


 Ini gambar handuk. Just info :p
Sumber : disini
 
Ini gambar lap kanebo (tp bukan merk kanebo). Just info.
Sumber : disini

Kelima
Oiya, jika tidak memiliki hairdryer, Cat People bisa menggunakan panas matahari sebagai alat bantu mengeringkan Si Kucing. Tapi ingat-ingat, menjemur Si Kucing jangan kelamaan yah, sebaiknya pagi hari dan tidak terkena mathari langsung. Kalau terpaksa Si Kucing harus dijemur terkena matahari langsung, maka usahakan jangan menjemur di atas jam 9 pagi. Jika menjemur kucing tidak terkena matahari langsung, bisa menjemur sampai jam 10 atau jam 11 siang (asal dipastikan Si Kucing tidak kepanasan dan air minum tersedia di dalam kandang).

Si Belang lagi dijemur setelah dimandikan.
Si Belang tidak dijemur di bawah matahari langsung.
Eh, ada kucing kecil nyamperin Si Belang.
Sumber : @juwies

Oiya satu lagi,
jangan lupa baca juga :
Pertanyaan-pertanyaan Seputar Memandikan Kucing di Rumah

Semoga informasi ini bermanfaat.
Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi.


Salam,

Radio Kucing



NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terima kasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D