Friday, April 10, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai perbedaan obat tetes kutu merk Frontline dan merk Revolution. Seperti yang kita ketahui, bahwa kedua merk obat tetes kutu tersebut cukup terkenal di kalangan pecinta kucing dan anjing di Indonesia. Saking terkenalnya, kadang pecinta kucing dan anjing malah dibuat bingung memilih obat yang mana untuk hewan peliharaannya.

So, untuk Cat People yang bingung, nih Radio Kucing kasih jawabannya, muahahaha.



Perbedaan Revolution dan Frontline
Radio Kucing sendiri mendapatkan informasi tentang perbedaan obat tetes kutu merk Frontline dan Revolution dari salah satu member forum anjingkita.com yang memiliki ID LabsLover. Berikut ini adalah tulisan LabsLover di forum tersebut:

Klik pada gambar untuk memperbesar.
Sumber : disini 

LabsLover's said:
Revolution berisi Selamectin yg bisa membasmi serangga (kutu & tungau) serta beberapa jenis cacing terutama yg bersifat nematoda (larvanya bisa hidup dlm peredaran darah). Setelah diaplikasikan obat akan meresap keperedaran darah anjing dan membasmi kutu, tungau dan cacing nematoda, sampai bersih. Tapi efek obat cuma berlangsung beberapa hari, setelah efek obat berakhir, kutu yg dr luar ya akan masuk lagi. Terlalu sering memberi revolution akan memberatkan fungsi hati.

Frontline berisi Fipronil yg bisa membasmi serangga2 yg hidup dipermukaan kulit anjing. Setelah diaplikasikan, akan meresap hanya sampai ke kelenjar keringat anjing di kulit. Setiap waktu anjing mengeluarkan minyak alami yg sudah mengandung Fipronil, yg akan membunuh serangga yg hidup dipermukaan kulit seperti caplak (tick) dan kutu kucing (flea). Fipronil tinggal di kelenjar minyak sampai beberapa bulan dengan kekuatan yg semakin menurun dr hari ke hari. Selama sebulan anjing akan kebal terhadap caplak, dan dua bulan terhadap flea (kutu kucing). Fipronil tidak memberatkann fungsi hati. Fipronil kurang efektif untuk tungau, karena tungau menggali dalam dikulit untuk meletakkan telur yg kadang tidak tersentuh oleh minyak alami anjing.

Jadi Frontline lebih baik untuk serangga permukaan seperti kutu, tp Revolution punya spektrum yg lebih luas untuk kutu, tungau dan cacing nematoda. Untuk info, fungsi Selamectin dlm Revolution sama dengan Invermectin dalam Ivomec yg biasa digunakan untuk suntik kutu. Selamectin dan Invermectin adalah terpai pengobatan terbaik untuk tungau, seperti tungau kutu (ear mites) dan tungau kulit penyebab scabies dan demodex.

Aplikasi Frontline dan Revolution sama. Pastikan anjing benar2 kering, Pastikan teteskan dikulit (jgn dibulu), yg tidak dapat dijangkau oleh mulut anjing, seperti bagian tengkuk. Setelah habis sesuai dosis, biarkan kering sendiri, dan anjing jangan dilap atau dimandikan selama 2 hari. Setelah kalau mau dimandikan ya boleh2 aja.

Semoga membantu.

--------------------------------

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.
========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , ,

41 comments:

  1. Kira kira harga kedua obat tersebut berapa ya?

    ReplyDelete
  2. Kira kira harga kedua obat tersebut berapa ya?

    ReplyDelete
  3. Boleh ga dikasih frontline dan revolution? Kalau boleh, dikasih sekaligus atau dikasih jeda berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya diaplikasikan salah satu. Jedanya bisa 6bln sekali kalau utk perawatan.

      Delete
    2. kalau memang keadaan sakit byk kutu jedanya brp lama ya

      Delete
    3. Saya menyarankan 4 minggu :)

      Delete
  4. Sedikit masukan, banyak yg pake versi anjing untuk kucing dengan alasan lebih hemat... Untuk 1 tube versi anjing besar bisa untuk 4-5 kucing dewasa... Klo kucingnya satu lumayan bisa buat stok 5 bulan klo kucingnya outdoor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi hanya untuk merk frontline sama revolution dimana isi kandungan untuk anjing dan kucing sama.

      Delete
    2. Mas Adityo.
      Wah, terima kasih sudah berbagi informasi Mas.
      Berarti sama dengan obat cacing yah, sebenarnya isinya sama, tapi branding nya dibedakan :) Hihihi.

      Terima kasih sudah berbagi pengalaman Mas. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yg lain :)

      Delete
    3. permisi, kalo pake versi anjing besar itu utk ditetesin ke 5 kucing, 1 tetes utk per kucing atau bagaimana? Thx.

      Delete
  5. Klo ga sengaja kejilat gimana? Soalnya obatnya netes kebulu nih, bulunya lebat bangetttt😣😣😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan.
      Sebaiknya obat ini tidak terjilat ya.
      Jika tidak sengaja terjilat, beri kucing minum air bening matang yang banyak juga jika ada beri vitamin daya tahan tubuh (misal NPG) atau madu secara berkala terus menerus. Segera bawa ke dokter ya.

      Delete
  6. kucing saya tadi mandi kutu dan di tetesi obat yang sepertinya revolution oleh dokter di salah satu petshop, tapi sepertinya kena juga di ujung bulu tengkuk sehingga terlihat basah, jika sudah lewat sehari dan masih ada di bulunya bagusnya saya lap atau gimana ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Eka.
      Kalau menurut pendapat saya sebagai orang awam, dilap gpp :)
      Karena kalau sudah seharian sudah meresap obatnya.
      Saran saya bertanya lagi kepada yang lebih ahli ya Gan :)

      Delete
  7. Efektif berapa lama sih khasiatnya? pas tanggal 5 kemarin kucing sy kasih revolution, sempet bersih gak ada kutunya, tp sekarang saya liat mulai berkutu lagi. Cuman bertahan 3 hari khasiatnya di kucing sy. Apa sy salah pemakaianya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba konsuntasikan ke penjual yang membeli revolution nya, Gan :)

      Delete
  8. Kalau untuk ditelinganya bagus apa ya mas obat tetes nya? Soalnya si mpus saya kupingnya ada kutu nya mengakibat kan kupinya terlihat kotor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Siti Indah Purnamasari.
      Kucing Sis telinga nya terkena penyakit earmites?
      Ada beberapa merk yg biasanya mudah ditemukan di pasaran, misal Illium, Allium, Vet Otic, R-Mites, dll. Coba d cek aja di pet shop terdekat :) Atau mau beli di Radio Kucing juga bisa. Cek langsung ke Tokopedia ya :)

      Delete
    2. Kucingku juga lg kena kutu telinga nih. Sdh kasih obt tetes blom smbuh juga. Bagusnya d kasih obat frontline atau revolusion ya?

      Delete
    3. Halo Sis Veronica.
      Pendapat saya, jikalau memang kena kutu telinga, maka berikan obat khusus obat kutu telinga alias obat untuk penyakit earmites.

      Delete
  9. Kalo kena scabies gimana? Sampe berdara gt telinganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Kharina.
      Biasanya ada borok/kerak gitu. Berdarahnya kenapa? Karena borok/keraknya atau karena tergaruk?

      Delete
  10. halo sis, rada bingung inih, jd kata Dr di P*et pet shop sentul revolution itu kudu rutin dikasih tiap 1 ato 3 bln gitu (saya lupa), saya mengartikan bahwa smua kutu kabur dan kucing bebas kutu selama waktu tsb, hehe betul ga ya? Tp ulasan di atas revolution hanya akan berefek beberapa hari, stelah itu kutu yg di luar bisa nemplok lagi, trs jadi bingung padahal klo keseringan pake revolution akan memberatkan fungsi. Jadi gmn baiknya yah sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya memang di ulang dalam beberapa bulan utk pencegahan. Tp memang kalau keseringan ngasih ngga baik buat kesehatan :) Yang bijak saja dalam pemberiannya :)

      Delete
    2. ada baiknya tempat bermain kucing, kandang n litter box dibersihkan jg. klo gk dibersihin ya pada balik lg kutunya. semoga bermanfaat

      Delete
    3. Betul sekali Pak Dody.
      Terima kasih atas sarannya, sangat bermanfaat... :)

      Delete
  11. Bisa gak dikasihnya gak semua...

    ReplyDelete
  12. selamat sore, minta masukan dan bantuannya, saya baru ngasih revolution ke kucing saya, tapi revolutionnya untuk anjing, apakah aman?? kalo saya baca2 tadi di atas sih ada yang bilang aman. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Beberapa cat lover senior ada yang melakukan hal ini, namun dosis dikurangi. Namun saya sendiri belum pernah coba. Agan bisa cari / tanya ke sumber lain yang berpengalaman, hehehe. Mudah2an ketemu ya :)

      Delete
  13. Nampak hasil dari revolution itu biasanya berapa hari? Dan apakah boleh dimandikan setelah diberi revolution?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Biasanya dalam 1-2 hr keliatan kok.
      Bisa setelah 48 jam pada umumnya bisa. Intinya asal obatnya sudah meresap betuls...

      Delete
  14. sharing kalau kucingnya banyak untuk berhemat bisa pakai revolution dog yg paling besar/ warna teal 2 ml, dipakai untuk kucing bisa pakai spet, @0.3 ml-0.4ml tergantung ukuran mpus...ini ukuran mpus lokal dewasa. Ditetes di kulit tengkuk yg aman dari jilatan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget atas sharing nya ya Sis.
      Semoga senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  15. Mau tanya, kucing saya sudah ditetes revolution 1 bulan yang lalu di dokter hewan, terus disuruh tetes lagi 12 november 2018 padahal ini udah kutuan lagi. Apakah aman jika saya tetes untuk bukan oktober?

    ReplyDelete
  16. Mau tanya, kalau untuk kucing hamil yang kena kutu, amannya pake apa ya?

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D