Monday, April 6, 2015

Dear Cat People,
ternyata kucing juga punya golongan darah.

Selama ini saya selalu berfikir bahwa kucing hanya memiliki 1 jenis darah, yaitu darah kucing. Ternyata kucing juga memiliki golongan darah, mirip seperti manusia. Golongan darah kucing terdiri dari golongan darah A, B, dan AB.

Menurut aneka-kucing.blogspot.com, golongan darah kucing yang paling banyak dimiliki kucing adalah golongan darah A. Sekitar 95 persen ras kucing bertipe darah A. Hampir semua jenis ras kucing Siam dan Oriental adalah A. Tipe darah AB merupakan tipe darah yang agak jarang atau langka dan biasanya dimiliki oleh jenis ras kucing Birmans, British Shorthairs, Scottish Folds, Somalis, dan Sphynxes.

Hasil donor darah Si Belang. 
Baca kisah lengka Si Belang donor darah disini.

Tipe darah B biasanya dimiliki oleh jenis ras kucing di suatu wilayah geografis dan hanya ras tertentu saja. Misalnya daerah barat laut wilayah Amerika Utara,memiliki sekitar 6% jenis kucing bertipe darah B. Ras kucing Devon Rex, sekitar 41 persen bertipe darah tipe B dan ras kucing British Shorthair, sekitar 36 persen bertipe darah B.Seperti halnya manusia, sebelum dilakukan transfusi darah. Harus diketahui type darah dari kucing yang akan menerima transfusi darah tersebut. Jika kucing diberikan darah yang bukan darah tipenya, akan menimbulkan reaksi penolakan oleh tubuh yang akan berakibat fatal.

Berikut ini adalah tabel golongan darah kucing:

Tipe DarahRas Kucing
Tipe A


Tipe B (1%-10%)


Tipe B (10%-25%)

Tipe B (25%>)
Siamese, Burmese, Tonkinese, American Shorthair,
Oriental Shorthair

Maine Coon Cat, Norwegian Forest Cat

Abyssinian, Birman, Himalayan, Japanese Bobtail,
Persian, Scottish Fold, Somali, Sphynx

British Shorthair, Devon Rex, Cornish Rex
Sumber : Cat's Owner Home Veterinary Handbook 3rd Edition


Semoga informasi ini bermanfaat.
Tulisan ini bersumber dari blog Aneka Kucing yang terdapat pada link berikut ini : disini.


Salam,

Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D