Tuesday, May 12, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi informasi mengenai produk ramah lingkungan dan aman bagi hewan peliharaan yaitu Bio Nano. Awal mula saya berkenalan dengan Bio Nano ini karena pada saat itu produk EM4 To*let sedang susah ditemukan. Akhirnya seorang kenalan memperkenalkan saya dengan produk ini. 

Pada mulanya, tujuan saya menggunakan produk ini adalah sebagai pengganti EM4 To*let, yaitu untuk menghilangkan bau pipi/pup kucing yang menmpel di pasir zeolitnya, juga saya sering menggunakan EM4 To*let untuk menghilangkan bau kamar mandi/bak sampah/pipis hewan liar seperti pipis/pup kelelawar/tikus yang sering berkeliaran di sekitar rumah. Namun, sejak EM4 To*let langka, saya jadi 'agak kerepotan' membasmi bau-bau itu, sedangkan menggunakan karbol (merk apapun) sangatlah boros dan juga berbahaya bagi hewan paliharaan (jika tidak dibersihkan dengan benar). Akhirnya pada saat seorang kenalan memperkenalkan produk Bio Nano, saya tertarik menggunakanannya. Dan pada postingan ini saya akan mereview mengenai produk Bio Nano.

Info:
- Untuk para penggemar EM4 Toilet jangan bersedih hati, produk kesayangan Anda kini sudah tersedia kembali stoknya. Untuk pemesanan dan pembelian bisa segera mengghubungi @juwies di kontak yang tersdia :)
- Update 2017. EM4 Toilet kini sudah berganti nama menjadi EM4 Toilet & Limbah.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk Bio Nano:

Klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas.
Sumber: @juwies

Apa itu Bio Nano?
Bio Nano adalah sebuah produk yang ramah lingkungan yang memiliki manfaat ganda, seperti berfungsi untuk:
• Kebersihan aquarium atau kolam ikan
• Kesehatan hewan perliharaan/perternakan
• Menghilangkan bau tidak sedap
• Mencegah penyumbatan saluran pipa
• Septic Tank
• Menyuburkan Tanah
• Hilangkan bau pup/pipis kucing/anjing dalam sekejap.
• Hancurkan pup dalam waktu 24 jam tanpa pembusukan.
• Meminimalisir potensi toxoplasma (dengan proses penghancuran pup)


Manfaat lain Bio Nano adalah :
• Menghilangkan bau tidak sedap pada kamar mandi dan WC.
• Mengatasi saluran got/WC yang tersumbat.
• Menghemat biaya pengurasan septic tank.
• Hemat dan ramah lingkungan


Kesan Pertama
Wow banget sama produk ini!
Pada awalnya saya mencoba produk ini adalah dengan tujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap di litter box Si Belang, namun setelah tau bahwa produk ini bisa digunakan pada hal lain juga, jadi saya mulai menerapkannya, hehehe.

Oke, saya akan mulai berbagi review tentang kesan pertama saya saat menggunakan produk ini. Pada saat dilihat pertama kali, bentuk dan bahan botol yang digunakan oleh Bio Nano sama dengan EM4 To*let, kemudian saay tutup botolnya dibuka, bau yang dihasilkan oleh kedua produk ini juga mirip, tapi menurut hidung saya bau Bio Nano lebih manis dari pada EM4 To*let.

Kemudian saat dibaca cara penggunaannya, diantara kedua produk ini agak beda-beda dikit. Berikut ini perbandingannya :

Klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas.
Sumber: @juwies

Cara Pemakaian
Dikarenakan Bio Nano adalah produk berfungsi ganda, maka cara penggunaan untuk masing-masing manfaat juga berbeda-beda. Berikut ini adalah cara penggunaan produk Bio Nano berdasarkan manfaatnya:

Catatan : 1 tutup botol Bio Nano = 10ml

Klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas.
Sumber: @juwies 

Nah, kalau untuk menghilangkan bau pipis hewan peliharaan bagaimana caranya?
Kebetulan saya pribadi tidak menggunakan cara dan takaran yang sama seperti yang ada pada label cara penggunaan Bio Nano. Bercermin pada penggunaan produk EM4 To*let yang saya gunakan (dimana takarannya akan lebih matep dan hasinya lebih makyus jika digunakan takaran 1:3 diencerkan dengan air), saya pun mulai berkesperimen dengan takaran pengenceran produk Bio Nano. Dengan pertimbangan di label penggunaan untuk menghilangkan bau takarannya adalah 10 ml (1 tutup botol) bisa diencerkan dengan 1 liter air, maka saya memutuskan untuk mencoba sekitar 30-50ml Bio Nano diencerkan dengan 250ml air bening bersih (air keran) dan dimasukkan kedalam wadah semprotan. Dan pada saat saya coba untuk menghilangkan bau pipis Si Belang di litter box dengan cara disemprokan sebanyak 3-5 kali hasilnya adalah...

VOILA!

Hasilnya bau pipis Si Belang di litter box dan pasirnya hilang seriring dengan menyerap nya Bio Nano ke dalam pasir zeolit ~

Dan kayaknya saya jadi jatuh cinta sama produk ini, hehehe.

Oiya, pada beberapa kasus yang bau pesingnya sangat menyengat, saat Bio Nano disemprotkan ke area yang berbau, sering kali si area yang berbau tersebut malah makin bau. Saya dan beberapa Pembeli juga mengalaminya. Namun jangan panik, karena setelah itu bau menyengatnya akan hilang. Kalau yang saya rasakan sendiri, saat terjadinya proses "bau menyengat tersebut" seakan-akan Bio Nano sedang "bertempur" melawan Si Sumber Bau. Juga, kalau yang saya rasakan, "bau menyengat" terebut akan menghilang seperti "menguap", lalu bau pun hilang.

Klik pada gambar untuk melihat gambar lebih jelas.
Sumber: @juwies 

Kapan Kadaluarsa Produk Ini?
Buat Cat People yang sudah membeli produk ini pasti bingung ya nyari tanggal kadaluarnya dimana? Sama saya juga, hahahaha.

Menurut supplier saya, produk Bio Nano ini seperti wine.

Ciyusan? Maksudnya?

Eh, seriusan Masbro dan Mbaksis...
Menurut supplier saya, Bio Nano ini seperti wine, tidak ada jangka waktu kadaluarsanya, asalkan disimpan dengan cara yang benar, tidak terkontaminasi benda asing, tidak terpapar udara bebas, dan belum dicampur apapun, maka selama itu juga ia akan tetap baik kondisinya dan tidak kadaluarsa. Karena, masih menurut supplier saya, Bio Nano ini malahan semakin menjadi "matang" dan berkhasiat makin baik.

Saya pribadi rekor menyimpan Bio Nano selama 1 tahun dgn kondisi botol disimpan di dalam suhu kamar, tidak terkena matahari langsung, botol tertutup rapat, dan isi botol tidak tercampur apapun, daaaannn sampai tulisan ini diupdate (29 Maret 2017), isi dari botol Bio Nano tidak berubah, baunya juga masih manis dan kekentalannya juga masih sama.

Tapi....
Berdasarkan pengalaman saya, cairan Bio Nano yang sudah dicampurkan dengan air alias sudah diencerkan biasanya bertahan sekitar semingguan saja, selebihnya biasanya cairan Bio Nano yang sudah di encerkan tersebut mulai berubah bau nya. Namun bukan berarti cairan Bio Nano sudah tidak bisa digunakan ya, saya coba untuk menghilangkan bau bekas pipis tikus di teras dan berfungsi baik. Ibu Kost saya juga memberikan testimoni yang sama (Ibu Kost sempat minta Bio Nano buat disemprotkan ke bagian luar rumah, furniture depan rumah, dan motornya yang dipipisin tikus). Tapi saran saya adalah jika bau dari cairan Bio Nano yang sudah diencerkan tersebut sudah berubah, baiknya Bio Nano yang sudah di encerkan tersebut digunakan/disemprot untuk bagian luar rumah saja, karena saat proses bertempurnya, "bau menyengat" yang timbul makin dasyat, tapi setelah itu beneran "VIOLAAAAA... ~" banget, bau hilang dan Bio Nano bekerja seperti biasa sesuai dengan yg diharapkan :) Hihihihi. Saran saya jika teman-teman ingin mengencerkan Bio Nano dan nyetok di dalam botol spray, maka jangan dalam kuantity banyak, maka encerkanlah Bio Nano sesuai kebutuhan agar lebih hemaaaattt!!! *Salam ngirit anak kost!

Selain buat semprot-semprot menghilangkan bau, bisa dipakai buat apa lagi?


Bisa dipakai buat ngepel lantai ngga?
Seriusan bisa!
Saya sendiri pakai Bio Nano untuk mengepel lantai teras yang notabe nya sering dipipisin tikus dan kucing liar. Cara yang saya lakukan adalah mengencerkan 1 tutup botol Bio Nano ke dalam kurang lebih 2 liter air bersih lalu menyiramnya ke lantai (karena saya mengepel lantai teras, jadi saya membasahi lantai dengan cara menyiramnya ke area luar rumah, sekalian mendorong sisa debu/pipis kucing/tikus yang mungkin menempel di lantai pasca di sapu/dilap tisu). Kemudian cairan larutan Bio Nano tersebut tidak langsung saya lap, namun saya biarkan sekitar 30 menit - 1 jam (dalam proses ini saya tinggal mandi, nyuci piring, bebersih kamar, dll, ngga saya tungguin, hahaha). Proses ini juga membantu untuk menghilangkan bau yang mungkin ada namun belum tercium hidung manusia, jd biar sekalian gitu membersihkan dan mengepelnya, hehehe). Pada proses ini, beberapa area lantai yang disiram Bio Nano bisa jadi ada yg sudah kering dengan sendirinya dan ada juga yang belum kering, maka tugas saya yang terakhir adalah mengelap alias ngepel sisa bagian lantai yang basah sambil sedikit menggosok-gosokkan lap pel ke area lantai yg mungkin terlihat agak kotor. Juga, jangan lupa bawa larutan Bio Nano di dalam botol spray, jadi saat ada area yang tercium bau bisa di semprot sambil di lap dan dibersihkan sekalian. Buat bau-bau membandel yang ditemukan saat melakukan proses pengepelan bisa sambil di semprot dengan cairan Bio Nano yang di encerkan 1:3 ya, Guys!

Kalau buat ngepel dalam rumah bisa?
Bisaaaaa... Saya udah coba ngepel di dalam kamar dan bisa. Cara yang saya lakukan adalah mengencerkan 1 tutup botol Bio Nano ke dalam kurang lebih 2 liter air bersih lalu lakukan pengepelan seperti biasa.

Kok buat ngepel air buat campurannya banyak banget?
Berdasarkan pengalaman saya, jika air campurannya terlalu sedikit hasilnya adalah lantai malah jadi lengket dan cepel saat diinjak. Nah, dengan campuran air 2 liter & 1 tutup botol Bio Nano tersebut buat saya udah pas. Lantai bersih, bau hilang, dan hasil pel nya nggak bikin kaki lengket atau cepet. Sama seperti proses ngepel sebelumnya, buat bau-bau membandel yang ditemukan saat melakukan proses pengepelan bisa sambil di semprot dengan cairan Bio Nano yang di encerkan 1:3 ya, Guys!

Kalau buat ngilangin bau di lap pel, sprei, atau baju yang dipipisin bisa?
Berdasarkan pengalaman saya, untuk lap pel bisa banget. Saya udah coba.
Untuk sprei, baju, dan sepatu juga bisa, tapi resikonya adalah cairan Bio Nano ini bisa menimbulkan noda kecoklatan pada jenis kain tertentu, jadi saran saya coba dulu di area tertentu sebelum "mencemplungkan" kain yang ingin dihilangkan bau nya ke dalam larutan Bio Nano. Untuk takarannya sendiri saya menggunakan takaran seperti mengepel, yaitu mengencerkan 1 tutup botol Bio Nano ke dalam kurang lebih 2 liter air bersih lalu di kain di rendam di dalamnya sambil di bilas-bilas. Jika ingin merendam dengan larutan Bio Nano bisa, namun jangan kelamaan, pada beberapa jenis kain bisa Bio Nano ini bisa menimbulkan noda kecoklatan. Setelah itu bilas kain tersebut dengan air bersih dan mengalir sambil disikat ya. Untuk bahan mudah rusak, sikatnya pelan-pelan saja atau cukup hanya dengan di kucek saja... :)

Kalau buat ngilangin bau sofa dan kasur yang dipipisin bisa?
Berdasarkan testimoni Pembeli Radio Kucing, bisa. Saya sendiri pernah coba ke kasur lantai saya dan baunya hilang. Cara yang saya lakukan adalah dengan menyemprot area kasus yang dipipisin kucing dengan Bio Nano lalu menjemurnya di bawah matahari langsung sampai kering, dan bau pun hilang :)

Untuk furnitur seperti lemari, bupet, dan meja, Bio Nano bisa menghilangkan bau, tinggal semprot saja, biarkan sampai kering atau bisa juga di lap setelah disemprot. Untuk bahan busa seperti bantalan kursi atau sofa, menurut saya kuncinya adalah "mengeluarkan" cairan pipis yang terperangkap di dalam busa tersebut, jadi kuncinya adalah setelah disemprot Bio Nano adalah jemur di bawah matahari langsung agar bau nya ikut menguap bersama panas matahari.

Testimoni Pengguna
Langsung aja cek ricek....





Belinya dimana?
Bisa beli di Radio Kucing :3
Kami menjual Bio Nano dengan harga 39rb/botol isi 1 liter.


Bisa diencerkan, so penggunaannya hemat banget!
Bisa dikirim ke seluruh Indonesia menggunakan JNE (sudah dicoba dikirim ke Aceh, Samarinda, Padang, Lampung dan sampai)

Update 2015 :
Radio Kucing berhasil mengirimkan Bio Nano ke luar Pulau Jawa menggunakan JNE.
Bio Nano sudah berhasil dikirimkan ke Pulau Kalimantan, Sumatera Utara dan Provinsi lain di Pulau Sumatera, dan Banda Aceh.

Update 2016 :
Radio Kucing berhasil mengirimkan Bio Nano ke Pulau Bali dan Pulau Sulawesi menggunakan JNE.

Cat People juga bisa membeli Bio Nano melalui Tokopedia dan BukaLapak.
Tokopedia Juwies di sini : klik disini.
BukaLapak Juwies di sini : klik disini.
Sophee Juwies disini : klik disini.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi saya. Untuk yang ingin mencoba menghilangkan kasus bau di barang teman-teman bisa mencoba menggunakan Bio Nano. Do With Your Own Risk, ya! Disini saya hanya berbagi berdasarkan pengalaman saya saja, dan hasil yang mungkin diperoleh oleh teman-teman bisa jadi berbeda dengan saya.

Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , ,

14 comments:

  1. Apakah bio nano tersebut dapat menghilangkan bau pipis kucing di sepatu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Daffa.
      Pernah ada pembeli yg mencoba menghilangkan bau pipis kucing di sepatunya yg sudah mengendap di bio nano dan menurut dia ga hilang.

      Tapi saya pernah coba membersihkan lap pel, sapu, sprei, dan menyemprot kasur busa yang dipipisin kucing menggunganakan Bio Nano dan hilang bau nya.

      Delete
  2. Apakah bio nano dapat mengurai amoniak pada kolam lele?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba pada kolam lele, maaf gan ga bisa bantu.

      Delete
  3. Bio nano bisa buat hilangin bau kucing nggak ya? Dan itu tahan lama gak? Soalnya kucing pada suka pup depan rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Maksudnya bau badan kucing atau bau pup bekas kucing? :)

      Delete
  4. kalo pasirnya yg jenis menyerap air gimana ya? kalo brntuknya cair bukannya malah menggumpal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama produk penghilang bau tsb berupa benda cair, tentu engga bisa digunakan di pasir gumpal, soalnya kan kalau disemprotkan ke pasir gumpal pasir nya jadi menggumpal.

      Kalau utk pasir gumpal, coba Bio Uno.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. kalau bio nano ini dicampurkan ke air dulu terus disiram ke seluruh halaman (supaya ga terlalu boros) masih ampuh nggak ya? kucing aku masih bandel banget pupnya masih di halaman, bukannya nyebrang ke taman didepan rumah -_-

    ReplyDelete
  7. Kalau fungsi lain bio nano untuk kesehatan kucing itu gmn? Di keterangannya kan bisa untuk kesehatan katanya? Ada yg pernah coba kah untuk kucing/binatang piaraannya??

    ReplyDelete
  8. Kalau sdh selesai ngepel dgn bio nano trus masih ada bau tidak enak perlu tidak ngepel ulang atau cukup disemprot ruangan yg masih bau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Dina.
      Cukup menyemprot di area yang di rasa masih berbau. Diamkan sejenak. Kalau terasa lengket, bisa dilakukan pengelapan.

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D