Tuesday, June 30, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing mau mebagi informasi mengenai website seputarkucing.com yang men-copy-paste tanpa seijin (dan tidak mencantumkan sumber) Radio Kucing dan melakukan plagiarisme. Sebenarnya saat saya membaca website ini, saya bisa lihat dan amati bahwa terdapat beberapa sumber website dia, terutama yang membahas makanan kucing yang bersumber dari blog Radio Kucing. Namun kalau cuma pakai 'rasanya' terlihat kurang etis dan terkesan tidak ilmiah, maka saya akan menuliskan tulisan/postingan seputarkucing.com yang melakukan plagiarisme terhadap tulisan Radio Kucing.

Oiya, mengapa judul tulisan ini menggunakan kata penipu dan plagiat? Alasanya adalah:
  • Penipu : Karena website seputarkucing.com menipu para mengunjung website-nya seakan-akan dia yang telah benar-benar menulis tulisan/review makanan kucingtersebut. Padahal dia jelas-jelas sudah meng-copy-paste tanpa izin dan tidak mencantumkan sumber tulisannya. 
  • Plagiat : Karena isi tulisannya mengenai makanan kucing meng-copy paste alias melakukan plagiat terhadap tulisan blog Radio Kucing secara mentah dan hanya mengedit sedikit, jadi saat dibandingkan jelas terlihat bahwa seputarkucing.com memang melakukan plagiarisme terhadap tulisan blog Radio Kucing.

Untuk mengecek bukti plagiarisme lainnya bisa dicek pada halaman ini:
Website seputarkucing.com PENIPU dan PLAGIAT (Part 1)
Website seputarkucing.com PENIPU dan PLAGIAT (Part 2)
Website seputarkucing.com PENIPU dan PLAGIAT (Part 3)
Website seputarkucing.com PENIPU dan PLAGIAT (Part 4)


Berikut ini adalah buktinya:

Plagiarisme #1
Judul: Review Pakan Kucing Royal Canin (RC)
Link: http://www.seputarkucing.com/catfood/review-pakan-kucing-royal-canin-rc.html (klik disini)
Screeenshoot halaman full :

  Silahkan diklik pada gambar untuk memperbesar.
Di screenshoot pada tanggal 1 Juli 2015.

Dari halaman tersebut, didapatkan fakta sebagai berikut:
  • Tulisan tersebut diposting pada tanggal 22 Januari 2015
  • Oleh : Admin
  • Tidak mencantumkan Radio Kucing sebagai sumber.

Silahkan dibandingkan dengan tulisan Radio Kucing yang ditulis pada tahun 2014:

Judul: Review Makanan Kucing Royal Canin Persian Kitten (Bungkus Kuning) dari Agan Guts
Link: http://radiokucing.blogspot.com/2014/03/review-makanan-kucing-royal-canin.html (klik disini)

Nah, dari awal tulisan tersebut juga sudah terlihat bahwa Admin seputarkucing.com meng-copy paste secara mentah dengan editan sedikit sekali. Dan sepertinya Admin tersebut tidak membaca tulisan secara penuh dan ngedit tulisannya kurang rapi, karena masih terbawa beberapa tulisan 'khas' saya di postingan dia, salah satunya dia menyebutkan Agan Guts (narasumber tulisan saya) didalam tulisan tersebut.

 Silahkan diklik pada gambar untuk memperbesar.
Di screenshoot pada tanggal 1 Juli 2015.


Demikian informasi yang ingin dibagikan oleh Radio Kucing kepada pembaca blog Radio Kucing.

Semoga Radio Kucing tetap bisa memberikan hasil review yang objektif dan ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ataupun pengalaman narasumber lainnya.


Salam,

Radio Kucing

Untuk website seputarkucing.com, lain kali jangan plagiat yah :)
Pas ketauan malah jadi malu dan merusak reputasi website Anda sendiri :)

Tagged: , ,

2 comments:

  1. Selamat pagi, Menanggapi beberapa artikel mengenai hal diatas, kami admin dari seputar kucing memohon maaf yang sebesar-besarnya atas copas yang kami lakukan. Jika admin dari radiokucing berkenan, apakah boleh kami mencantumkan sumber link dari radio kucing tentang artikel terkait atau lebih baik mengenai artikel tersebut di hapus dari seputar kucing. Mohon untuk ditanggapi. Terimakasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Admin Seputar Kucing, apa kabar?
      Terima kasih telah merespon keluhan saya. Secara pribadi, saya atas nama Radio Kucing memaafkan atas perilaku Admin Seputar Kucing (jangan ditiru ya para pembaca/pengunjung blog di rumah), yaitu :

      1. Mengcopy-paste tulisan dari Blog Radio kucing dengan tanpa menuliskan sumbernya
      2. Dengan sengaja menghapus sumber & penulis yaitu Radio Kucing di tulisan tersebut, dimana yg dengan secara tidak langsung mengaku bahwa tulisan tersebut seakan-akan tulisan hasil buah karya pemikiran seputarkucing.com padahal BUKAN

      Melalui tulisan ini, saya atas nama Radio Kucing memaafkan seputarkucing.com atas perilaku yang disebutkan di atas tersebut.

      Melalui postingan ini juga saya menyetujui untuk disertakannya sumber tulisan yaitu Radio Kucing pada postingan yg di copy-paste oleh seputarkucing.com beberapa hari yg lalu, dengan catatan sumber tulisan (dimana yang dimaksud dalam hal ini adalah Radio Kucing) dapat terbaca JELAS oleh pengunjung seputarkucing.com


      Radio Kucing berharap masalah ini dapat diselesaikan secara kekelauargaan dan dapat menjadi pembelajaran untuk masing-masing indvidu yang terlibat.


      Terima kasih.


      Salam,

      Radio Kucing

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D