Sunday, July 12, 2015

Dear Cat People,
selama kita memelihara kucing, tentunya minimal 1 kali kita pernah melakukan pergantian makanan kucing, misalnya pada mulanya kita menggunakan merk A, kemudian berganti menggunakan merk B.

Beberapa Cat People di rumah, ada yang melakukan pergantian makanan kucing secara langsung, dimana Cat People tersebut mengganti makanan kucing merk A yang sebelumnya diberikan kepada kucingnya dengan makanan kucing merk B yang baru ia beli. Sesungguhnya hal ini tidak baik dilakukan, karena pada umumnya efek samping yang akan terjadi adalah Si Kucing akan mengalami gangguan percernaan yang berakibat pup nya jadi lembek atau sampai mencret. Gangguan perncernaan tersebut dapat menyerang kucing dalam beberapa hari yang sering kali menimbulkan ke khawatiran kepada Pemilik Kucing.

Nah, untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan tersebut, Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai bagaimana proses dan tata cara mengganti makanan kucing yang baik dan benar sehingga dapat meminimalisir terjadinya gangguan pernernaan terhadap kucing. Ohiya, informasi ini disadur dari tulisan Kucing Kita pada link ini.

Gantilah Makanan Kucing Secara Bertahap
Mengganti makanan kucing dengan yang baru tidak boleh dilakukan secara serampangan dan langsung begitu saja. namun harus sesuai dengan tahapan pergantian makanan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya gangguan pencernaan yang terjadi pada kucing.

Berikut ini adalah tahapan pergantian makanan kucing yang bisa diterapkan pada saat Cat People melakukan pergantian makanan kucing:

Hari ke 1 & 2
30 % makanan baru dicampur merata dengan 70 % makanan lama
Hari ke 3 & 4
50 % makanan baru dicampur merata dengan 50 % makanan lama
Hari ke 5 & 6
70 % makanan baru dicampur merata dengan 30 % makanan lama
Hari ke 7
100 % makanan baru

Panduan di atas bukanlah patokan mutlak. Pergantian makanan bisa dipercepat bila konsistensi kotoran kucing tidak berubah/tidak mencret. Kucing yang terbiasa dengan makanan yang bervariasi biasanya tidak bermasalah dengan perubahan makanan secara tiba-tiba. Hal ini terjadi juga pada Si Belang. Karena saya rutin mengganti makanannya selama kurung waktu persekian bulan sekali, Si Belang tidak mengalami diare/mencret saat dilakukan pergantian makanan. Namun, pada kucing yang memiliki pencernaan yang senstif biasanya diare/mencret akan terjadi dapat berlangsung selama beberapa hari. Untuk itu alangkah baiknya untuk melakukan proses pergantian makanan kucing secara bertahap agar pencernaan kucing tidak kaget dan kucing bisa terhindar dari diare/mencret.

Sebenarnya Apa sih Penyebah Kucing Diare/Mencret saat Pergantian makanan?
Kucing mengalami gangguan pencernaan seperti diare/mencret pada saat pergantian makanan karena pada usus (baik kucing maupun manusia dan makluk hidup lainnya yang memiliki usus) terdapat berbagai macam bakteri baik dan berfungsi membantu mencerna makanan agar dapat diserap dan dimanfaatkan oleh kucing. Bakteri-bakteri baik ini memang ada secara alamian di usus dan sering disebut sebagai flora usus

Pada setiap jenis/merek makanan kucing yang ada, masing-masing memiliki komposisi nutrisi dan bahan utama yang berbeda. Perkembangan flora usus juga sesuai dengan bahan-bahan yang terdapat pada makanan. Beberapa jenis flora berkembang lebih banyak dan lebih efektif dalam mencerna nutrisi yang berasal dari jagung. Beberapa flora lain juga berkembang secara spesifik untuk mencerna protein yang berasal dari ayam. Semakin beragam komposisi makanan, semakin beragam juga jenis flora usus. 

Bila kucing diberi satu jenis makanan dalam jangka waktu lama, flora yang berkembang di usus juga menyesuaikan diri untuk mencerna makanan tersebut. Ketika terjadi pergantian makanan secara tiba-tiba dalam jumlah banyak, flora usus tidak bisa langsung menyesuaikan diri dengan makanan yang baru dengan cepat. Akibatnya sebagain besar makanan tidak tercerna dan terjadilah mencret atau diare. Maka dari itu dibutuhkanlah tahapan pergantian makanan kucing agar flora usus dapat beradaptasi dan tidak menimbulkan efek mencret/diare pada kucing. Selain itu. p
roporsi makanan baru pun bisa dinaikan sedikit demi sedikit agar flora usus kucing dapat menyesuaikan dengan makanan baru. 


Sekian informasi yang dapat dibagikan.
Semoga bermanfaat.


Salam,

Radio Kucing

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , ,

96 comments:

  1. Oh ya mau tanya, klo makanan kucing sebelumnya adalah wet food(kalo saya nasi+pindang) terus cara nya ganti makanan nya ke dry food gimana ya? masa dicampurkan? Berhubung snowy gak doyan df yg saya punya.belum pernah coba ganti df merk lain c.ada saran df murah, bagus n gampang cocokkan ke kucing? Thanks radio kucing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo SIs Dwi Nurjanah.
      Untuk mengetahui makanan kucing yang cocok dan murah ke kucing, kita harus mencobanya.

      Di Blog Radio Kucing ada informasi mengenai daftar makanan kucing yang murah, siapa tau bisa ditemukan di sekitar rumah Sis dan bisa mulai hunting dan mencoba nya. Bisa juga untuk beli langsung ke Radio Kucing.

      Saran saya untuk dibaca-baca dulu Sis reviewnya agar bisa menentukan dan memutuskan kira-kira makanan kucing apa yang cocok dan murah untuk Si Mpus.

      Semoga membantu :)

      Delete
  2. Kalo merknya sama tapi rasanya yang berbeda apa perlu dicampur2?
    Dan bila saya mencoba merk baru tetapi tidak cocok dengan mpus nya dan terlanjur menci gimana cara agar mencinya hilang? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan M. Azis.
      Saya jawab satu-satu ya...

      1. Ada beberapa makanan kucing yang beda rasa juga beda komposisi didalamnya, maka jawaban yg saya sarankan adalah : YA

      2. Jika memang kucing mencri dikarenakan tidak cocok dengan makanan kucing yang baru, maka hentikan makanan kucing yang baru tersebut dan kembali ke makanan kucing yg lama yang memang sudah cocok atau kembali mencari makanan kucing yang lain yang memang cocok untuk Si Kucing. Biasanya jika hanya mencri karena nggak cocok dengan makanan kucing yang baru, maka saat Si Kucing diberikan makanan kucing yang cocok maka mencrinya akan otomatis berhenti.

      Semoga jawabannya membantu.
      Jawaban ini berdasarkan pengalaman ya Gan.
      Akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter hewan :)

      Delete
  3. Berhubung ane nih orangnya pengen nyoba pakan baru buat mpus sering ganti2. Pertama beli pake merk wh*skas pupnya normal, dan beralih ke c*t n co ane transisi pupnya normal juga. Nah pas pakan itu habis ane hijrah ke m*xi nah mulai pupnya agak lembek tapi masih dalam batas normal. Dan pas itu pakan habis banget ane beli juga disana lagi kosong merk pakan itu. Dan akhirnya ane beralih ke s*bina malah mencinya nambah parah gan. πŸ˜₯ Pertama kaya ada cairan warna abu2 (entah itu muntahan atau pupnya) dan mencinya bener2 parah. Ane langsung beralih ke merk pertama w*iskas dan ane obatin pake obat menci untuk bayi namanya Neo kaolana dan air minumnya ane campur sama lacto-b. Alhasil mencinya rada mendingan,tapi udah 3 hari masih menci. Itu gimana ya gan?? πŸ˜₯😒

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan M Azis.
      Dilihat dulu aja sampai 2 hr kedepan Gan, biasanya kalau sudah pakai pakai yang cocok sama di kucing mah ga mencri lagi :)

      Semoga Mpus nya segera sehat selalu ya :)

      Delete
  4. Kalo dari makanan kucing A mau di ganti makanan kucing B ternyata pupnya lembek . Itu apa harus kembali ke makanan kucing A atau ke B . Soalnya saya kembali kasih makanan A masih lembek apa saya harus beralih ke makanan yang B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yang Tidak Diketahui Siapa.
      Gantinya 100% makanan baru langsung? Ikuti tahapan di atas ya. Setiap kucing punya proses adaptasi beda-beda.

      Semoga membantu.

      Delete
  5. ulasannya baik dan lengkap, saya punya 2 kitten... pertama dikasi pakan A tapi karna kibblenha terlalu keras, ganti pakan B...ga ada masalah, pas pakan B udah mau habis dan males jalan ke pet shop akhirnya kembali lagi ke pakan A, eh 1 kitten mencri, balik lagi ke pakan B kok mencrinya ga sembuh2, coba deh beli pakan lain (C) malah dua2nya mencri, balik lagi ke pakan B yg cocok semua kok mereka ga sembuh juga mencrinya, selama mencri saya kasi lactoB, tapi karna khawatir sma mencri nya jangan2 cacingan akhirnya saya kasi drontal cat, belom tau reaksinya gimana 😩😩😩😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Badra Dwi.
      Wow, sudah melalukan perjalan panjang untuk mencari makanan kucing yang cocok untuk Si Mpus. Mudah2an segera ketemu yang cocok untuk kedua Mpus nya ya :)

      Semoga Mpus-mpus nya sehat selalu ya... :)

      Delete
    2. Sama banget nih gan kasusnya kaya saya. Kucing saya jg lagi menci gara2 Gonta ganti makanan terus sekarang saya bingung mau ngasih makanan apa πŸ˜₯

      Delete
    3. Coba kasih makanan buatan sendiri aja.. Dada ayam rebus, ikan tuna rebus misalnya. Dan coba kasi tempe, tempe itu bagus bgt buat kucing yg mencri... Smoga membantu

      Delete
  6. permisi saya mau bertanya nih, gini saya baru aja adopsi kucing kampung masih Kitten. awalnya saya membri makan dengan nasi+ikan.... nah saya pengen ganti dengan makanan dryfood. nah tahanpannya bagaimana ya supaya dia terbiasa dengan makanan dryfood ketimbang nasi+ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Gerry.
      Kucing sebaiknya tidak diberi nasi, pada beberapa kasus kucing bisa mencret, muntah, dan bulunya rontok.

      Bau ikan memang lbh menyengat. Biasanya agak susah pindah ke dry food, apalagi dry food yg blm grade minimal super premium.

      Saran saya :
      1. Jika ingin diganti dry food (tp blm grade minimal nya super premium), maka coba ganti perlahan anatara campuran ikan + dry food, lalu campuran ikannya dikurangi sedikit demi sedikit sampai kucing terbiasa dengan hanya dry food aja.

      2. Jika pindah ke makanan kucing sgn grade minimal super premium coba hunting makanan kucing apa yg si Mpus doyan. Biasanya makanan kucing dgn grade minimal di grade super premium baunya lebih menyengat.

      Selamat hunting makanan kucing yang cocok ya.

      Delete
  7. Hay... saya pengen nanya nih mpus sya kan lagi menci gara2 mknan nya sya ganti2 dri df yg ganti2 merk trus beralih ke wf yg di kombinasi dngan df...mau nanya obat menci untuk manusia tpi yg cocok buat si mpus tuh apa yah .soalnya kasian tiap dia menci pasti harus di mandiin lagi soalnya menci nya nempel2 di bulunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Irma Yani.
      Saya pribadi belum nemu, tapi ada beberapa cat lover yang menyarankan obat warung / obat apotek, tapi saya pribadi blm nemu yg pas utk kucing saya. Sejauh ini saya selalu prefer pakai obat mencret khusus hewan.

      Semoga membantu.

      Delete
  8. Ka, saya mau nanya. Saya baru adop kucing persia usia 3bulan dri om saya yg kebetulan merek makanannya beda dengan dirumah saya. Pas kucingnya sudah di rumah saya, saya langsung kasih makan yang merek makanan beda dengan yg sebelumnya tanpa melakukan tahapan pergantian. Alhasil sudah hampir seminggu mencri. Gimana solusinya ya ka? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Aufi Maghribi.
      Saran saya untuk melakukan proses pergantian makanan kucing secara bertahap. Dicoba dulu ya. Jika memang tidak ada penyebab penyakit lainnya, biasanya mencri dikarenakan perut kucing kaget dengan makanan baru nya :)

      Delete
  9. Kalo udah terlanjur mencri gmn gan tetap lanjut apa d. Hentikan dgn ttp pakai pakan yg lama

    ReplyDelete
  10. Kalo udah terlanjur mencri gmn gan tetap lanjut apa d. Hentikan dgn ttp pakai pakan yg lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Danank, jika memang sudah terlanjut mencri dan mencri nya dikarenakan pergantian makanan kucing baru, saran saya kembali ke makanan kucing lama dulu, setelah itu tunggu pup nya normal. Jikalau pup nya sudah normal, maka bisa mulai menerapkan proses pergantian makanan kucing seperti yang di atas. Semoga Mpus nya senantiasa sehat selalu ya :)

      Delete
  11. Halo ka.terima kasih bgt untuk artikel nya sangat membantu.saya masih mau nanya tapi ka.saya baru addopt kitten umur 4bln.sama owner sblmnya di berikan rc persia,tapi saya sudah terlanjur membeli yang second age.apakah saya harus mengganti juga secara bertahap agar tidak mencri?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Masgan Irfan Azhar.
      Memang sebaiknya memberikan secara bertahap. Sekedar sharing aja, saya pernah ganti makanan kucing super premium ke Si Belang dan ga mencret. Jadi saran saya gimana cocoknya kucing.

      Semoga membantu.

      Delete
  12. halo ka aku mau tanya, awalnya kucingku mknnya proplan karna buatku agak mahal jadi beralih ke gio, jadi kadang menci kdg nggak. tapi keseringan mencinya. aku mau cr yg harganya dibawah proplan. tapi kalo dicampur contoh proplan sama merk lain itu bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Memang sebaiknya dalam peralihan makanan kucing dilakukan proses pencampuran makanan kucing baru dan makanan kucing lama seperti yang di jelaskan di ulasan di atas.

      Delete
    2. Halo Sis.
      Memang sebaiknya dalam peralihan makanan kucing dilakukan proses pencampuran makanan kucing baru dan makanan kucing lama seperti yang di jelaskan di ulasan di atas.

      Delete
  13. Kucing saya persia, awalnya dikasih meo , kemarin saya beri felibite, tetapi cuma diendus saja, tidak mau dimakan, sudah dikasih air, saya coba campur cuma meo saja yang dimakan, gimana biar dia suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan. Masalah kucing suka merk apa itu adalah selera kucing. Kalau ingin kucing mau makan makanan sesuai dengan keinginan Agan, Agan harus tega memberikannya, jangan dia malas makan sedikit / nggak mau makan sedikit Agan kasih makanan kucing kesukaan dia, kalau gitu kucing jadi belajar bahwa mending malas makan entar juga tuannya bakalan ngasih makan yg enak sesuai dengan keinginan dia :)

      Semoga jawabannya bisa dipahami ya. Selamat melatih kucing :)

      Delete
  14. Saya punya kucing lokal kemarin saya kasih felibite karna saran beberapa temen katanya equil bagus saya kasih. Saya campur sama felibite tapi kayanya jadi kurang suka felibite (mungkin karna equil baunya lebih menyengat) dan mencri. Gimana biar dia mau felibite lagi?
    Baiknya df kucing boleh dicampur terus atau gak? Atau ada rekomen df lainnya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Shofiong.
      1. Apakah sudah melakukan proses pergantian makanan kucing sesuai dengan yang disarankan?
      2. Cara nya adalah dengan mengurangi porsi Equilibrio sedikit-demi sedikit sehingga si kucing mau makan Felibite lagi. Tapi biasanya kucing yang sudah tau makanan kucing mana yg lebih enak pada umumnya jadi makan agak ogah-ogahan kalau ngga dikasih makanan yang dia suka. Jadi ini butuh "ketegaan" dan "ketegasan" dari pemilik kucing.
      3. Kalau cocok dicampur boleh, engga juga gpp. Tergantung kebutuhan.
      4. Rekomendasi DF lain banyak Sis, cek langsung di blog ya, sudah ditulis semuuuaaanya yg saya tau :)

      Sama-sama, Sis.
      Semoga jawabannya dapat membantu ya :)

      Delete
  15. kucing aku ga mencri tp kok malah muntah yah? itu sama aja apa gimana? sebelomnya aku pernah juga ganti makanannya dan muntah trus diare juga. tapi beberapa hari kemudian dia ga muntah & diare lagi. trus makanannya habis aku beralih ke wetfood selang 2 hari doang pas makan dryfood nya muntah lg 😩😩😩 ada saran??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya bawa segera ke dokter hewan ya Sis, takutnya muntahnya bukan karena pergantian makanan kucing. Semoga senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  16. Hallo ka, salam kenal :) ka kucingku ada 3. Aku dr dlu sll kasih kucingku proplan mix royal canin.
    Kdg2 proplan aja. Lahap trs malah makin gembul karna udah pd steril.

    pas kucingku udah sekitar 2 thun. Aku pgn ganti jd maxi.
    Aku mix tuh tahapan maxi sedikit2 sm proplan. Krn dokter jg nyaranin untuk jgn trlalu gendud2. Krn proplan mmg saya akui cpt bgt gendutnya.

    Nah stlh perubahan pakan. Awalnya selera mkn mrk bertiga pd berkurang jauh. Tp saya latih dn biasakan tega ngak tega.. wlp kdg selingan makan basah. Akhirnya 2 kucingku terbiasa. Mulai mau wlp blm nemu lahap bgtnya kecuali lapar bgt tp ttp bersisa ngak ky dlu2.

    Cm ada 1 kucing yg mmg pemilih bgt dr dl. Dn dia berapa x dlm 3 minggu proses pergantian mkn sering saya lihat dia muntah makanan melulu. Bukan hairball. Sejak ak ganti maxi mkin ak tmbah dosisnya.

    Jdi gmna ya ka? Apa balik ke semula aja? Apa terus? *sklian hemat ehehe kandungan maxi jg bagus wlp masih bagus yg awal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis Anti.
      Keputusan di tangan, tega atau engga untuk melanjutkan.
      Muntah makanan bisa jadi indikasi kekenyangan Sis.
      Jika patokannya adalah bujet, maka ke Maxi. Jika ingin yg lbh baik buat kucing, maka ke makanan yg sebelumnya :)

      Semuanya kembali pada kebutuhan dan prioritas :)

      Delete
  17. Hiii semuanya mau tanya, kucing saya terbiasa makan ayam saja dari kecil dan skrg pencernaannya jadi terganggu (keras) saya rasa dia kurang serat. Skrg saya coba lagi dia untuk makan, makanan kucing tp tetap ga mau.. ada saran ga agar dia mau makan. Mencium baunya pun dia langsung menghindar dari dulu banget dan saya udah sering gonta ganti merk tapi tetap ga mau juga.. tolong tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis.
      Saya menyarankan untuk mengganti secara perlahan, jadi berikan makanan kucing yang biasa dikonsumsi (pada hal ini adalah ayam) dicampur dengan makanan kucing baru yg diinginkan, perlahan-lahan makanan kucing baru ditambah porsinya dan makanan kucing lama semakin dikurangi.

      Semoga membantu ya. Semangat. Harus sabar ya :)

      Delete
  18. Hi mas/mba mau tanya, aq punya 2 ekor kitten umur 3-4 bln (domestik), sbelumnya cuma dikasi DF royalcanin36 diselingin ayam/ikan rebus campur tempe. Tapi kok ga gemuk2 ya?? Nah kemarin aq mix DF nya dng proplan kata temenku bisa gemukin (2sendok RC+1sendok PP) tapi pupnya jd lembek...kalo seperti itu terus dilanjut mix atau balik ke pakan lama ya?? Boleh ga aq kasi drontal cat dng kondisi seperti itu? Tolong infonya, aq baru pertama kali melihara kucing. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      1. Bisa jadi cacingan, bisa jadi malas makan, atau faktor genetik, jadi emang bawaannya kurus gitu :)
      2. Pup nya lembek bisa jadi lg adaptasi sama makanan kucing baru. Biasanya pup kucing lembek / mencret kalau belum adaptasi sama makanan kucing yg abru
      3. Bisa disesuaikan dgn kondisi kucing, kalau cocok lanjut, kalau ga cocok bisa balik ke pakan lama dan mencari makanan kucing lainnya lagi yg lbh cocok jika memang mau ganti pakan kucing.
      4. kalau kucing sakit cacingan, maka bisa berikan obat cacing sesuai dosis. kalau hanya utk pencegahan, setahun bisa 1-2 kali pemberiannya. sesuaikan dgn dosis ya.

      Sama-sama. Semoga jawabannya membantu.
      Sangat disarankan utk berkunjung ke dokter hewan utk memeriksakan kesehatan kucing ya.

      Delete
    2. Terimakasih infonya, skrng pupnya kembali normal saya coba kasih makan tempe rebus campur minyak ikan pdhl baru 2x dikasih. "the power of TEMPE REBUS"...sangat membantu��

      Delete
    3. Terima kasih sudah sharing, semoga bisa bermanfaat utk cat lover lainnya yang sedang mengalami kasus yang sama... :)

      Delete
    4. Kak minyak ikan yg bagus apa ya?

      Delete
  19. Halo gan.. aku baru adopt kitten umur 2bulan .. > hari pertama - sehat dan aktif banget dgn makanan RC..
    > hari kedua - tiga kali muntah dan mencret dimalam hari
    > hari ketiga - nafsu makan ada tapi lemes banget kek gak bs gerak gtu pengen tdr terus ,

    sebelum di adopt makannya merk jio, tp di tempatku gak ada gtu maka aku ganti RC ak mix dry n wet..mohon dibantu ya gan.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      kalau ciri-cirinya seperti di atas, saya bingung kucing kenapa. Bisa jadi malas makan itu kejala sakit atau cuma stress atau proses adaptasi dilingkungan baru. Harusnya kalau dr Jio ke RC mah ga ada kendala sampai muntah. Nah, ini muntahnya knp? Apakah kejala suatu penyakit atau kekenyangan? Kalau kejala suatu penyakit, maka penyakitnya apa? Disebabkan bakteri, virus, atau cacing, dll? Saya bingung mau bantu gimana... Karena ciri-ciri yang disampaikan sangat umum sekali... Saran saya bawa kucing ke dokter hewan agar bisa dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Semoga kucingnya senantiasa sehat ya...

      Delete
  20. Halo gan.. Ikutan nanya ya.. Sy kn adopt kitten persia 3 bln nah di pemilik lama di beri mkn merk A tp krn di kota sy ga ada merk itu terpaksa sy ganti dgn merk lain utk kitten tp akhirx pup nya mencri.. Kira2 solusix gmn ya gan dan hrs obat apa yg sy berikan tp kittenx terlihat ttp aktip.
    Mohon pencerahanx gan.. Trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      1. Jika masalah mencretnya adalah pergantian makanan kucing, maka solusinya adalah mengganti makanan kucing tesebut dengan merk yg biasa digunakan oleh kucing. Namun, jika Agan ingin mengganti 100 persen ke makanan kucing lain dan tidak akan menggunakan makanan kucing lama lagi dikarenakana merk tersebut susah ditemukan di kota tempat tinggal Agan, saran saya agan harus tetap melakukan proses pergantian makanan kucing seperti yg diuraikan di blog ini. Agan bisa meminta pemilik lama untuk mengirimkan makanan kucing yg biasa dikonsumsi si kucing ke rumah Agan (Agan bisa minta atau beli, atau nitip beliin, pemilik lama pasti mau bantu kok, atau agan bisa beli online merk makanan kucing A tersebut), kemudian lakukan proses pergantian makanan kucing bertahap.
      2. Solusisnya agar kucing tidak mencret sudah saya jelaskan di poin 1. Solusi obat menurut saya saat ini tidak perlu jika masalah mencretnya adalah pergantian makanan kucing. Solusi agar kucing tetap sehat dan aktif (jangan hanya terlihat sehat dan aktif, tapi beneran harus sehat dan aktif) adalah pakan yang baik, vitamin yang cukup, gizi seimbang, dan kucing yg bahagian (cukup main, cukup tidur, lingkungan bersih dan aman, dll).

      Sama-sama, semoga bisa membantu.

      Delete
  21. Halo.. Q nemuin kitten depan rumah umurnya mgkin baru 4mggu(kata temen) nah pas nemu selama 2hari q kasih lele goreng. Baru pup skali padat. Trus q beliin felibite gak dimakan(mgkin keras karna dry food).. Trus q kasih whiskas wet food junior campur felibite (dhalusin) dimakan lahap. Cuma BABnya dihari ke 4ini lebih sering dan lembek.. Ini q harus gimana? 2 hari makan makan makanan kucing yg dicampur tadi. Tp felibitenya sore ni dihalusin ama dilembekin udah mau tanpa whiskas. Apa dstop atau ke lele lagi atau gimana yaa.. Thankyouu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Chita...
      Jika masalah mencretnya adalah pergantian makanan kucing, maka jangan panik, biasanya kucing butuh waktu adaptasi dengan makanan barunya. Namun jika mencretnya makin menjadi, maka sebaiknya membawa ke dokter hewan, karena ada beberapa anak kucing, terutama kucing kecil yg blm siap makan makanan kucing (jadi baru hanya bisa minum susu kucing saja), sehingga berakibat mencret dan bisa menyebabkan kematian jika kucing nya ngga kuat. Jika mencret dikarenakan cacingan, maka beriban obat cacing. Berikan obat cacing yang sesuai dengan dosis, berat badan, dan usia si kucing, jangan asal memberikan. Jika ragu, maka sebaiknya membawa ke dokter hewan sehingga bisa diperiksa dan dianalisis lebih baik lagi kondisi si mpus sehingga bisa diberikan penanganan yg lebih tepat.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
    2. Makasiihh ya gan infonyaa.. Makannya lahap,masih aktv sekali. Cuma pup sering. cm ni aku ganti tempe katanya bisa nyembuhin diare.. Pas nemu awal q kasih lele itu pupnya normal.. Berubah pup pas q kasih makanan kucing.. Klo dry foodnya di alusin trus di campur air gpp yaa?? Cz klo dry food aja gak mau.

      Delete
    3. Halo Sis.
      1. Saya juga pernah denger mengenai katanya tempe bisa menyembuhkan diare, tp saya pribadi blm pernah nyoba, jadi blm bs sharing mengenai hal tsb.
      2. Mengenai makanan kucing yg di halusin dan di campur air gpp kok, saya juga pernah melakukannya untuk kucing yg susah makan dry food, tapi setelah dia besar ga campur air lagi, soalnya giginya udah kuat. Tp temen saya kucingnya sampai besar mau nya makan dry food kalau udah kerendem air. Jadi ini mah masalah selera aja. FYI, dry food yg sudah direndem air lbh cepat 'basi'' atau 'busuk' nya, Sis... :)

      Delete
  22. Kak mau nanya saya punya persia. Umurnya baru mau 2 bulan tgl 16 ini. Di pemilik sebelumnya dia dikasih makan maxi atau ga royal canin. Saya udah kasih royal canin dia gamau makan sudah diberi air. Akhirnya saya kasih whiskas dia lahap makannya. Tapi karena katanya whiskas ga bagus saya pindah ke royal canin dicampur whiskas dia gamau makan. Dikasih whiskas lagi baru mau makan. Nah tadi tiba2 muntah. Itu kira2 kenapa ya kak? Lebih baik dia dikasih whiskas aja atau gimana? Mohon pencerahannya. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Muntah pada anak kucing bisa jadi karena kebanyakan makan, tersedak, cacingan, dll. Observasi lebih dalam untuk mengetahui penyebab pastinya.

      Delete
  23. Ka mau tanya kucing q usia 7bln makanany meo kitten yg kering. Lahap sih tp ko berat badane gak naik" pengen nyoba dicampur dgn whiskas basah apakah baik buat ksehatan si kucing ?

    ReplyDelete
  24. Ka mau tanya kucing q usia 7bln makanany meo kitten yg kering. Lahap sih tp ko berat badane gak naik" pengen nyoba dicampur dgn whiskas basah apakah baik buat ksehatan si kucing ?

    ReplyDelete
  25. Kucing ane di kasih makanan bSah langsung lembek pup ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi engga cocok dgn merk / rasa makanan tsb, atau bs jadi proses adaptasi dengan jenis makanan baru.

      Delete
  26. kak mau nanya dong, anabul sy kan selama ini makan RC tp berat badan dan bulu tidak berubah, kalau mau ganti makan merk yg bgus dg budget dibawah RC apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjuangan nih nyari yg begini.
      Coba baca ulasan saya mengenai makanan kucing yang bagus dan murah untuk kucing ras di blog ini. Baca dengan seksama, biasanya nanti ketemu pola jawabannya... :)

      Delete
  27. Kak aku mau tanya, kan aku adopt kucing umur 3bulan punya temen. Pupnya itu lembek, setelah aku adopt awal2 langsung ku ksh makan whiskas mencret beberapa hari. Nah skrg masih lembek ngga gumpal2. Kemarin aku coba kasih whiskas mix meo kucingnya lahap banget makannya,tp bru sehari setelah itu malah mencret. Gimana kak solusinya? Pupnya masih lembek terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya adalah bersabar. Kucing butuh proses adaptasi dengan makanan baru. Terapkan cara yang ada di postingan halaman ini dan lihat perkembangannya pada saat proses adaptasi, kalau cocok lanjut, kalau ternyata engga cocok, maka ganti makanan yg lain.

      Sabar ya. Semua butuh proses... :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Rc aja.. soalnya si Choky juga lahap bgt makan rc

    ReplyDelete
  30. Kn aku sempet ngasih frieskies,si Choky suka,tapi ga lahap2 bgt,makan nya sekeyeng nya dia.. aku kn pengen Choky gemukan,apalagi dia dalam masa pertumbuhan,jadi aku ganti makan nya sama rc kitten. Eh lahap bgt.. jadi aku terusin pake rc. Nah otomatis frieskies nya masih banyak tuh,jadi aku simpen aja. Skrang.... kebetulan aku lagi sibuk,jadi belum sempet beli rc,jadi Kalo aku kasih makan frieskies lagi,Gpp? Sedangkan itu udah lama,apa masih boleh dimakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama kucing suka, cocok, dan makanan kucing tidak rusak, maka tidak apa-apa :)

      Delete
  31. Saya baru adopt kitten 3 bulan, makan pemilik awalnya proplan tapi pupnya mencret parah berair dan bulunya rontok parah. Pas sampe rumah langsung ku kasih maxi, dia mau, sampe sekitar 5 hari aku kasih maxi dia makannya gembul banget, doyan banget pokonya, tapi pupnya masih mencret juga meskipun makannya lahap. Nah menurut agan/sista lebih baik diterusin apa diganti merk makanan lain? Soalnya udah ku coba campur sama makanan merk bolt, tapi dipilihin maxinya doang, doyan banget2 pokonya, tapi pupnya mencret. Mohon bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya campur makanan kucing nya dengan merk lain yang "lambung nya cocok". Nah, merk apa atuh? Cuman kucing yg tau, jd memang harus coba trial dan error. Kalau memang dalam seminggu masih mencret, maka saran saya adalah cek kesehatan kucing, apa dia cacingan atau ada alergi makanan tertentu, atau malah ada bakteri jahat di usus jd bikin mencri terus? Kalau ternyata mencretnya krn ngga cocok maxi, maka saran saya ganti merk lain. kalau ternyata perutnya sensitif, maka coba merk makanan kucing utk perut sensitif, salah satunya dr Royal Canin ada kok, variannya saya lupa, hehehe. Tp ada kok yg buat perut sensitif... :)

      Delete
  32. Ka kalo kucingnyaagi menci trus kasi makannya apa ya? Soalnya gamau makan sama sskali kecuali minum doang, bingung aku

    ReplyDelete
  33. Hallo kak, sebelumnya terima kasih artikelnya sangat membantu saya yg newbie bgt piara mpus. Saya mau tanya, sebelumnya mpus saya hanya makan df dari whiskas yg kiloan oleh pemilik sebelumnya. Sampai drmh saya, kebetulan saya hanya sedia bolt dan ferbilite saja, saya berikan dan mencri sampe 3hr berkelanjutan akhirnya saya bawa ke dokter diberi obat dan sembuh. Saya disarankan kembali ke whiskasnya. Akhirnya saya kembali ke whiskasnya. Tapi belakangan saya ingin memberikan yg terbaik buat si empus, saya belikan dia proplan dan equilbrio dicampur dgn whiskasnya sesuai saran dari artikel ini. Plus wfnya saya kasih science diet sesuai saran dokter Krn nafsu makan setelah mencrinya itu kurang bgt. Nah sejak saat itu, si empus kayak kurang bernafsu sama dfnya. Dia kayak cm mau makan wf aja. Akhirnya saya belikan Rc jelly. Dia lahap bgt tuh. Sampe 1 pouch dia habiskan dlm 1x makan sementara saya juga belikan whiskas wfnya tapi ga dia sentuh sama sekali. Terakhir Krn saya ga beli Rc wf itu, saya kasih dia dfnya (proplan, equilbrio) dicampur air panas dan dia makan lahap. Pertanyaan saya, apa saya tetap berikan df yg dibasahi air hangat secara rutin aman bagi kesehatan dia dlm jangka panjang? Atau saya harus berikan df dalam kondisi kering? Saya perhatikan dia tidak makan dfnya dlm kondisi kering karena agak susah dikunyah/keras gt. Sedangkan kalau diberi air panas dia gampang mengunyahnya. Kucing saya usia 5bln dan memiliki jenis mulut yg kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar Mpus jadi rada ga suka dry food atau wet food yang biasa dibeli, soalnya dia udah tau wet food Science Diet dan Royal Canin lbh enak, hehehe.

      Gpp kok, asal jangan kelamaan di"biarkan', jadi jangan sisa makan pagi di kasih pas makan sore. ganti baru aja.

      Delete
  34. Hallo kak, sebelumnya terima kasih artikelnya sangat membantu saya yg newbie bgt piara mpus. Saya mau tanya, sebelumnya mpus saya hanya makan df dari whiskas yg kiloan oleh pemilik sebelumnya. Sampai drmh saya, kebetulan saya hanya sedia bolt dan ferbilite saja, saya berikan dan mencri sampe 3hr berkelanjutan akhirnya saya bawa ke dokter diberi obat dan sembuh. Saya disarankan kembali ke whiskasnya. Akhirnya saya kembali ke whiskasnya. Tapi belakangan saya ingin memberikan yg terbaik buat si empus, saya belikan dia proplan dan equilbrio dicampur dgn whiskasnya sesuai saran dari artikel ini. Plus wfnya saya kasih science diet sesuai saran dokter Krn nafsu makan setelah mencrinya itu kurang bgt. Nah sejak saat itu, si empus kayak kurang bernafsu sama dfnya. Dia kayak cm mau makan wf aja. Akhirnya saya belikan Rc jelly. Dia lahap bgt tuh. Sampe 1 pouch dia habiskan dlm 1x makan sementara saya juga belikan whiskas wfnya tapi ga dia sentuh sama sekali. Terakhir Krn saya ga beli Rc wf itu, saya kasih dia dfnya (proplan, equilbrio) dicampur air panas dan dia makan lahap. Pertanyaan saya, apa saya tetap berikan df yg dibasahi air hangat secara rutin aman bagi kesehatan dia dlm jangka panjang? Atau saya harus berikan df dalam kondisi kering? Saya perhatikan dia tidak makan dfnya dlm kondisi kering karena agak susah dikunyah/keras gt. Sedangkan kalau diberi air panas dia gampang mengunyahnya. Kucing saya usia 5bln dan memiliki jenis mulut yg kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan.
      Gpp kok kalau DF di berikan air dulu, asal jangan dibiarkan kelamaan, karena bisa lebih busuk dan kalau makanan kucing busuk ga baik buat dikonsumsi kucing.

      Semoga Mpus senantiasa sehat selalu.

      Delete
  35. kak aku baru adopt kucing persia, makanan sebelumnya merk cutis, trus aku gnti equilibriyo. habis makan selalu muntah makanan. trus dia makan rumput terus. gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Bisa jadi kucing Sis mau memuntahkan hair ball, biasanya kucing yang mau memuntahkan hair ball suka makan / gigit rumput.

      Delete
  36. Hai kak, mau tanya. Aku punya kucing persia hasil adop, sama owner lamanya dulu dikasih merk ishkan, tapi berhubung ishkan harganya lumayan dan ditempar saya langka, saya turun grade ngasih yang sekelas felibite dll. Terus udah dicoba juga satu satu merk universal, felibite, bolt, maxi, tapi pup nya menci terus. Apa itu karena gak cocok ya? Apa harus dimasih makanan sekelas ishkan? Kalau makanan yg sekelas ishkan yg sering ada di petshop apa ya? Terus takaran ngasihnya segimana? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Sofya.
      Kucing yang terbiasa makan makanan kucing super premium, apalagi Iskhan ada yang grain free nya, maka dia akan sulit beradaptasi ke makanan kucing "murah". Dari Iskhan ke sekelas Bolt, Maxi, Universal, Felibite, itu mah jauh banget grade nya, Sis... Hehehe. Kalau langsung terjun grade nya biasanya kucing mencret, malas makan, dan kadang stress. Yang berakibat kurus dan malas makan. Saran saya mah Sis gunakan dulu Iskhan yang biasa si Kucing makan, kemudian jika masalahnya adalah dana dan ingin ganti makanan kucing yang lebih murah, makacampurkan makanan kucing Iskhan dengan yg murah itu sedikit demi sedikit mengikuti tahapan proses pergantian makanan kucing. Dengan harapan jika kita melakukan tahapan ini dengan baik, si Kucing engga kaget dan lebih mudah beradaptasi, sehingga ga stress dan ga mencret.

      Kalau mau ganti makanan kucing yang sudah super premium dan harganya ga terlalu mahal, bisa coba Frost dan Willowy Gold.

      Delete
  37. hi saya mau tanya, kalau saya biasa kasih makan wetfood ayam suwir cuma kadang kalau habis saya suka ganti dengan dada ayam filet yg direbus dan untuk cemilannya saya kasih royal canin apa ga masalah ya kalau sehari saya kasih makan wetfood dan dry food secara bergantian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Yunita.
      Gpp asal jangan pakai garam. Bagus atuh kucing nya makan daging, dan dry food nya udah super premium sekelas royal canin lagi :)

      Semoga senantiasa sehat ya Mpus Mpus nya :)

      Delete
  38. Permisiiii...
    Saya mau tanya, sy baru aja adopsi kucing persia umur 2bulanan. Sebelumnya sama yang punya si mpus makan felibite, setelah saya kasih makan seperti yg biasa dia makan. Tapi berubah dgn nafsunya, apa dia masih adaptasi dgn lingkungan?
    Dan satu lagi, sebenernya baik ga sih semacam jenis ikan tongkol itu di mix dengan makan di mpus? Tapi bulunya malah jadi rontok, mohon jawabannyaπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      - Maksundya adaptasi lingkungan apakah kucing nya pindah rumah?
      - Ngasih ikan ke kucing gpp kok, asal di kukus dulu dan tidak pakai garam ya. Karena garam menyebabkan rontok.

      Semoga Mpus senantiasa sehat selalu.

      Delete
  39. Min izin nanya . Saya pake pp , equil cocok . Pas ganti maksi mencri+rontok . Kalo romtok termasuk pemgaruh makanan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gaan. Hehehe, qajar atuh mencret, karena kucing biasa makan grade Proplan dan Equilibrio, tetaiba ke Maxi. Harga mah ga bohong soal kualitas Gan... :) Saran saya kalau Agan mau ganti makanan kucing dan turun grade, maka lakukan proses pergantian makanan kucing sesuai informasi di artikel ini, tujuannya suapaya pencernaan kucing engga kaget dan bisa beradaptasi dulu dengan makanan baru nya... :)

      Delete
  40. Kak,mau tanya:) saya pny kitten persia,awalnya dikasih friskies suka dan pupnya bagus,tp lama kelamaan gasuka dan mencri,saya mau ganti proplan,cara ganti bertahap nya gmn ya kan udh ga doyan friskies,langsung ganti aj atau tetep campur friskies???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya tetap campur Frieskies nya dl secara bertahap lalu ganti Proplan :)

      Delete
  41. Kak, sy nemu kucing lokal usia 4 bulan lbih,1 minggu ini dia biasa sy makan nasi cmpur ikan,seringx ikan aja,,baru2 ini bulunya rontok bnyak,sy ke pet shop, di kasi vitamin,mknan kucing royal canin n happy cat, ,sy d suruh campur makanannya, jdi sy gtw harus ada proses prgntian makan scra brtahap,, sy langsung kasi aja pas smpe d rmh, dia makanx lahap, stlah 24 jam, dia muntah2 n mncret2,, sy sdih skligus tkut, apa ini krna makananx ya kak,trimakasih atas jwbnx kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muntah nya bagaimana? Ciri2 penyakit virus misalnya kan? Atau muntah kekenyangan? :)

      Delete
  42. tolong bantu jawab ya, saya baru adopsi kucing persia umurnya kurang lebih 7bulanan,nah yah jadi permasalahan saya, si kucing ini dri pemilik lamanya dari kecil dinkasih makan ikan tongkol mentah,rencana saya mau saya ganti makanan dengab makanan kucing kering, tapi susah banget, gmna solusinya yah, udh coba saya mix ikan tongkol itu sama makanan kucing kering ttep aja ga mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunci nya adalah lakukan pergantian makanan kucing secara bertahap dan "tega". Jika Sis langsung sedih saat kucing baru "malas makan" maka selamanya dia ga akan mau ganti makanan kucing :)

      Delete
  43. Kak saya mau mix proplan kitten dengan rc 36,boleh ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cocok gapap. Super premium camur super premium.

      Delete
  44. Halo kak, saya ad kitten usia 3 bulan, sudah vaksin pertama.

    Setelah vaksin makanan kucing ini ada kasiny salah yaitu whiskas adult, tpi dri pupnya tb2 mencret trus bawa ke dokter, suntik pupny normal lagi, cm tahan 2 hari biz tu mencret parah akhirny disaranin pake whiskas kitten, dibelilah n di mix, malah pup makin kacau nempel di bulu.

    Akhirnya bingung ikutin saran dokter royal canin dibeli, awalny kucingny stress ga mau makan, terpaksa suapin pake syringe dgn cara makanan di cairkan dlu si RC kittennya.

    Sekarang si ud lumayan lahap makan RC ny, tpi masi ttp lembek ga sebagus whiskas adult.

    Saran gmn ya? Soalnya pake Whiskas adult mencret, dikasi whiskan kitten sama di kasi RC jg samaa. Apa kudu beli proplan jg?

    ReplyDelete
  45. Hallo kak permisi mau tanya, saya punya kitten umur 5bln an lebih saya ganti pakan dry food nya meo saya mix dengan universal trus nggapapa pupnya udah smingguan normal trus kemarin mencret dan gak nafsu makan saya bingung soalnya biasanya ngga mencret dan nafsu makannya berkurang, trus saya belikan wet food yang rc eh besok e muntah warna kuning dan masih keliatan banget bentuk pakannya itu kenapa ya? Itu Karena pergantian makan ato kena virus?:"( soalnya dulu wet food nya frieskis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera bawa ke drh ya, takutnya virus.

      Delete
    2. Kak mau tanya whiskas mix meo boleh gak yaa

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D