Sunday, August 2, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing ingin berbagi informasi mengenai informasi grade makanan kucing yang beredar di pasaran. Postingan ini dibuat sebagai salah satu jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditanyakan kepada Radio Kucing, yaitu :
  1.  Makanan kucing apa yang bagus dan murah?
  2. Ah, makanan itu mah mahal. Saya mah mau nya yang bagus dan murah.
  3. Wah, murah harganya, bagus nggak?
  4. Murah sih harganya, dibandingan merk ini gimana? (membandingkan dengan merk yg tidak sekelas)
Sejauh pengamatan Radio Kucing, pada umumnya orang-orang yang sedang bereksplorasi informasi mengenai makanan kucing yang 'bagus dan murah' untuk peliharaannya membedakan makanan kucing 'bagus' dan 'tidak bagus' juga 'murah' dan 'mahal'. Seringkali juga Radio Kucing ditodongkan dengan pertanyaan : Lebih bagus merk A, B, C, atau D, sih?
Bagi sebagian orang mungkin menyebutkan bagusan merk A, B, C atau D adalah perkara mudah. Namun disini Radio Kucing tidak ingin menyempitkan pilihan Cat People mengenai makanan kucing, maka Radio Kucing akan menjawab secara general dan informatif. Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari  Karena bagus tidaknya sebuah makanan kucing dan murah tidak sebuah makanan kucing memiliki standar yang berbeda-beda untuk tiap pemelihara kucing.

Informasi Grade Makanan Kucing dari Agan Tsn4ke (Kaskus)

Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.
Sumber : disni


Berikut ini isi postingan dari Agan Tsn4ke (Kaskus) :
(terdapat sedikit perubahan bahasa agar mempermudah pemahaman rekan-rekan lain yang jarang ngaskus ^___^)

Yang saya tahu, kasta terendah sampai yang paling tinggi di dry food, adalah:

  1. Commercial Cat Food
    Grade makanan kucing ini masih menggunakan pewarna dan pengawet kimia dan daging by product. First ingredient-nya grain. Pada beberapa merk gizinya belum complete and balance.
  2. Premium Cat Food
    Sudah bebas bahan kimia berbahaya. Gizinya sudah complete and balance, tapi masih mengandung corn, wheat, soy, daging by product, dan first ingredient-nya jg belum tentu menggunakan daging.
  3. Super Premium Cat Food
    First ingredient sudah menggunakan daging,,gizi nutrisinya sudah complete and balance, bebas pengawet kimia,, bebas corn, wheat, and soy, bebas daging by produk.
  4. Holistic Cat Food
    Sama seperti makanan kucing grade super premium, tapi plus tambahan sayur, buah, dan rempah-rempah
  5. Grain Free Cat Food
    Sama seperti makanan kucing grade super premium dan sudah bebas grain.
  6. Organic Cat Food. (yang ini masih belum gitu ngerti kaya gimana )
Menurut Agan Tsn4ke (Kaskus), jika dilihat dari segi kesehatan Si Mpus, makanan kucing yang sangat tidak layak dikonsumsi secara terus menerus adalah makanan kucing yang berada pada grade No. 1.


Semoga informasi ini bermanfaat.
Terima kasih kepada Agan Tsn4ke (Kaskus) yang sudah bersedia membagikan ilmunya di forum umum Kaskus sehingga Radio Kucing dapat mengutip dan membagikan informasi ini kepadaCat Lover lainnya.

Salam,

Radio Kucing

Tagged: , , , , , , ,

16 comments:

  1. Halo min, maaf ya kalo komentarnya agak melenceng dr info yg di pos. Mau nanya nih min, mungkin bisa bantu, aku punya kucing umurnya br 3 bulanan, dan sabtu kemarin dia br di vaksin pertama kali.
    Nah pas hari seninnya itu dia udh mulai lemes, gamau makan + minum. Nah pas hari ini dia bener2 cuma mau tidur aja. Krn aku kira dia sakit, aku bawalah dia ke vet yg jaraknya sekitar 20 menit dr rumahku. Pas di cek, ternyata dia sehat wal afiat dan akhirnya cuma di.suntik vitamin.
    Tapi pas sampe di rumah, kucingku jadi batuk2 trs nafasnya agak sesak gt. Itu kondisi kucingku masih sehat kah atau malah udh terserang penyakit? Maaf ya komennya agak panjang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Gita, dugaan saya kucing Mbak memang sakit. Saran saya Mbak coba mrmgunjungi drh lain disekitar rmh Mbak. Atau Mbak bisa juga brtanya ke komunitas pecinta kucing mngenai dokter hewan yg recommended :)

      Semoga kucing nya segera sehat kembali yah :)

      Delete
  2. Proplan,imo kbm,equilibrio masuk mna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Amalia, apa kabar?
      kalau tidak salah (mohon maaf jika salah, tolong bantu dikoreksi), merk-merk tersebut sudah termasuk pada grade super premium.

      Delete
  3. kucing saya sering muntah sendiri apa itu masalah sama makanannya min? thanks pecinta kucing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Adhi.
      Bisa jadi memang ada masalah dengan makanan (misalnya nggak cocok atau alergi) atau memang ada masalah dengan pencernaannya (salah satu kasusnya misalnya cacingan). Pada umumnya muntaha dalah gejala suatu penyakit, maka bisa jadi muntah menjadi indikasi penyakit lain, bukan "sakit muntah". Saran saya sebaiknya mengunjungi dokter hewan terdekat guna mengetahui penyakit apa yang dialami si Empus. Karena berdiskusi melalui dunia maya tanpa pemerikasaan lengkap tidak bisa menjamin diagnosa yang dihasilkan benar.

      Salam,

      Radio Kucing

      Delete
  4. Kalo RC (royal canin) masuknya kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Zidny.
      Kalau nggak salah masuk super premium. Jika saya salah, mohon informasi ini dikoreksi kembali kebenarannya yah :)

      Delete
    2. tapi RC masih mengandung daging by product

      *CMIIW

      Delete
    3. Terima kasih informasinya Mas Dimsumon.
      Informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Cat Lover lainnya dalam memilih makanan kucing :)

      Delete
  5. Kalo felibite termasuk yang mana gan?

    ReplyDelete
  6. Halo Radiokucing.com

    Kalau boleh tau Sabina termasuk golongan man ya gan/sis? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  7. Halo, mohon infonya kalo power cat masuk golongan mana ya?

    ReplyDelete
  8. Kalau felibite gimana ya kak? Soalnya pernah tak kasih beberapa merk lain yang paling cocok (kucingku mau dan tidak diare) sementara ini felibite.

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D