Thursday, October 29, 2015

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai makanan kucing Blackwood. Makanan kucing Blackwood sudah cukup terkenal dikalangan pecinta kucing sebagai salah satu makanan kucing grade super premium yang low price dan sebanding dengan kualitasnya.

Nah, kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai makanan kucing Blackwood varian GRAIN FREEEEEE ~

Jika sebelumnya produk Blackwood yang banyak dibahas adalah produk Blackwood reguler yang sudah No Soy, No Corn, and No Wheat tapi masih ada Rice Brown, maka kali ini yang akan di bahas adalah produk Blackwood No Soy, No Corn, No Wheat, and No Rice alias Grain Free.

Review kali ini bersumber dari Mas Aar, salah satu member Cat Lover Kaskus. Terima kasih, Mas Aar... *kis Si Belang, paw paw paw...*

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe:


Warna biru khas dari Blackwood masih digunakan pada kemasan ini. Juga template desai kemasan makanan kucingnya juga sama. Cita rasa super premium juga tercermin dari pemilihan kemasan plastik yang tidak glossy, cenerung agak doff. Warna yang digunakan juga elegan. Plus, masih menggunakan fungsional kemasan andalan Blackwood, yaitu ada perekan di ujung kemasannya, jadi untuk yang malas memindahkan makanan kucing ke dalam toples masih bisa menyimpan makanan kucing ini dengan aman dan kedap udara.

Rasa Yang Tersedia
Untuk varian Grain Free, Blackwood memiliki beberapa varian rasa yang ditawarkan, antara lain:
- Chiken Meal & Field Pea
- Duck Meal, Salmon Meal, & Field Pea
- Ocean Fish & Vegetable
- Turkey, Tripe & Veggie
- Chiken, Salmon, & Veggie

Varian rasa Blackwood Grain Free yang dibahas pada postingan ini adalah Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe.

Sedangkan untuk varian lainnya yang belum Grain Free tapi Sudah No Corn, No Wheat, No Soy, seperti Blackwood Adult dan Blackwood Kitten, sudah di bahas di blog Radio Kucing. Cat People bisa mencari bahasannya di blog ini.

Bentuk dan Tekstur Kibble/Biskuit
Menurut informasi dari Mas Aar, bentuk makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe persis seperti Un*versal, yaitu berbentuk seperti donat atau cincin. Teksturnya tidak begitu keras, hal ini dibuktikan dengan anaknya Cilo bisa makan tanpa kesusahan. Warna kibble makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe ini berwarna coklat gelap. Bau nya pada saat pertama keluar dari pack nya sangat - sangat seger, tapi kalau udah agak lama cepet ilang bau nya.

Kandungan Bahan-bahan dan Nutrisi
Berikut ini adalah kandungan bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung di dalam Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe:

Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan gambar.
Sumber: http://blackwoodpetfood.com/recipes/duck-meal-salmon-meal-field-pea/

Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan gambar.
Sumber: http://blackwoodpetfood.com/recipes/duck-meal-salmon-meal-field-pea/

Apakah Kucing Suka?
Berdasarkan pengalaman Mas Aar dalam merawat kucing-kucingnya dan memberikan makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe ini, Cilo, sang kucing peliharaan Mas Aar, kayaknya suka dengan makanan kucing ini. Karena menurut pengakuan Mas Aar, doski tidak terlalu memperhatikan, free flow ajah... Selama kucing makan makanan kucing ini berarti dia doyan :) Aktifitas feeding yang dilakukan Mas Aar adalah dengan cara menimbang makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe sebanyak 100 gram tiap pagi lalu disimpan di tempat makannya Cilo. Jika sore hari sudah habis, maka Mas Aar akan menambah makanan kucing tersebut sekita segenggaman tangan, dan jika malam hari makanan kucingnya sudah habis, maka akan ditambah segenggam lagi.

Bagaimana Efek Makanan Terhadap Kucing?
Menurut Mas Aar, selama pake makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe, kucing peliharaan Mas Aar yang bernama Cilo tidak mengalami masalah, proses peralihan dari makanan kucing sebelumnya, yaitu R*yal Cani*n 36, juga tidak mengalami diare. Efek makanan kucing ini ke berat badan Cilo, menurut Mas Aar, tidak terlalu berpengaruh signifikan, mungkin karena Cilo memang sedang hamil kala itu, tapi setelah melahirkan pun Cilo ngga gendut - gendut banget, lagi-lagi mungkin karena Cilo sedang masa menyusui kitten, sehingga asupan gizinya masih terbagi antara untuk diri Cilo sendiri dan juga untuk anak-anak Cilo. Berat badan Cilo masih di berat badan idealnya, sekitar 3,5kg - 4kg. Walaupun begitu, menurut Mas Aar, bukan berarti Blackwood Grainfree tidak berkulitas bagus, karena dengan porsi makan yang menurut saya banyak untuk ukuran Cilo, dia masih bisa diserap dengan sempurna tanpa meninggalkan ampas, tuh buktinya berat badan Cilo tetep aja segitu.

Untuk masalah pup, bagusnya Blackwood Grainfree ini, hasil pup kucing jadi lebih tidak berbau. Jadinya, aman-aman saja ketika litterbox-nya Cilo dipindah di dalam rumah ke depan kamar mandi.

Adakah Kemasan Repack?
Samapai saat ini Radio Kucing belum mendapatkan informasi apakah varian Blackwood Grain Free ada yang menjualnya dalam kemasan repack atau tidak.

Harga?
Untuk kemasan 1.8kg dijual kira-kira 200rb/bungkus.

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Sejak pertama kali merawat Cilo, Mar Aar memang memutuskan untuk menggunakan Blackwood Grainfree buat dia. Mas Aar memilih makanan kucing ini karena merasa tertarik dengan ingredients yang ditawarkan oleh Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe, dimana menurut Mas Aar ingredients yang ditawarkan sangat bagus untuk Cilo yang saat itu dalam kondisi hamil. Mas Aar merupakan tipikan owner sayang kucing yang tidak mau main-main dengan makanan kucing yang dikonsumsi oleh kucingnya, maka akhirnya dia memutuskan untuk membeli makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe. Menurut Mas aar, andai saja DIY Catfood lebih murah dan hemat serta praktis, kemungkinan besar doski bakalan bikin sendiri makanan kucing untuk Cilo, tapi setelah dihitung-hitung Blackwood Grainfree ini ternyata lebih murah, lebih hemat, dan praktis, hehehe.

Proses Mas Aar dalam  menemukan Blackwood memang agak susah di kota tempat tinggalnya, yaitu Semarang. Karena sulitnya menemukan Blackwood, Mas Aar sempat ragu, jangan-jangan Blackwood sebenarnya produk yang tidak begitu bagus, karena seharusnya produk bagus punya banyak stock di pet shop. Namun, hal tersebut uruang setelah membaca kandungan dan manfaat yang ditawarkan oleh Blackwood.

Selain itu, masih menurut Mas Aar, kucing-kucing peliharaan Mas Aar cenderung cepat kenyang dengan makanan kucing ini. Hal tersebut dibuktikan dengan cara memberikan makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe ini kepada Cilo dan 2 anaknya di pagi hari kadang saat sore hari menjelang magrib baru habis makanannya. So, secara konsumsi kuantiti memang lebih hemat. Namun untuk urusan lahap dan beringas saat makan makanan kucing ini, makanan kucing Blackwood Grain Free Special Diet Cat Food Duck Meal, Salmon Meal & Field Pea Recipe masih kalah dari pada R*yal C*nin dan N*tris*urce, mungkin karena baunya yang kurang menyengat dan nendang.

Tulisan ini bersumber dari Mas Aar, kemudian diedit dan disesuaikan dengan format standar Radio Kucing. Terima kasih Mas Aar.


Salam,

Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

3 comments:

  1. Mbak..blackwood yang ini apakah bisa utk kitten (<1thn) juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Setau saya bisa....
      Tapi cek lagi aja ya :)

      Delete
  2. Blackwood special diet bukan untuk kucing kegemukan kan?

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D