Friday, January 15, 2016

Dear Cat People.
Sering kali Radio Kucing mendapatkan pertanyaan mengenai dari pembaca mengenai makanan kucing apa yang bagus dan murah untuk kucing peliharaan mereka di rumah. Maka, dengan dasar alasan tersebut, akhirnya Radio Kucing memutuskan untuk membuat sebuah postingan khusus untuk menjawab pertanyaan tesebut.

So, dimulai dari seringnya muncul pertanyaan dari pembaca baik melalui kolom komentar, BBM, Whatsapp, dan Twitter seperti ini:

"Kak, saya pelihara kucing ras (masukkan nama jenis kucing ras disini - red), sekarang pakai (sebutkan merk makanan kucing mahal disini - red) harganya mahal banget. Saya mau ganti makanan kucing yang bagus, murah, makannya lahap, bikin kucing gemuk, bulu ngga rontok, kandungan dagingnya banyak, bau makanan kucingnya menyengat dan kucing suka, nggak ada zat pewarna atau tambahan, pup nggak bau, pup nya padet, pup nya ga banyak, pipis nya ga bau, dll. Ada kan? Minta rekomendasinya, yah. Jangan lupa, saya pengennya yang murah dan bagus, yah"

Lalu saya memberikan rekomendasi beberapa merk makanan kucing. Maka jawaban pembaca atas rekomendasi yang saya sampaikan bisa dipastikan ada dua jenis:

Jawaban 1:
"Merk apa itu? Kok murah banget harganya? Bahaya nggak buat kucing saya? Kok nggak terkenal? Saya nggak tahu merk itu. Di pet shop mana bisa ketemunya? Kok di pet shop dekat rumah saya nggak ada? Terus saya menemukan dimana? Yang agak bagus ada nggak? Itu terlalu murah saya nggak yakin. Eh ternyata ada yang jual di kota saya, tapi jauh. Tahu nggak pet shop yang jual di dekat rumah saya?"

Ingin hati saya menjawab: "Mbak/Mas, situ pikir saya yellow pages yang tahu alamat penting disekitar rumah, Mba/Mas? Saya ajah nggak tahu Mas/Mba tinggal dimana... :v Btw, udah tahu fungsinya search engine Google belum? Oh, udah googling tapi nggak ketemu? Sudah berusaha mengunjungi satu persatu pet shop di kota Mas/Mbak? Dulu awal-awal hunting makanan kucing saya ngelilingin Bandung pake motor buat menyambangi pet shop yang ada di Bandung satu persatu, lho. Oh, males dan panas ya Mba/Mas? Belum lagi macet, ya.... Iya, yaudah nggak usah nyari. Gitu kok repot... :v"

Tapi perkataan tersebut tidak pernah saya sampaikan sampai hari ini, hahaha.

Jawaban 2:
"Wah, merk-merk tersebut harganya masih mahal. Saya maunya yang murah dan bagus. Sekalian yang bikin gemuk kucing juga bulu nggak rontok. Jangan di range harga segitu dong, mahal itu mah. Saya maunya yang murah dan bagus."

Kebayang nggak, kalau jadi saya bingung dan stress banget saat ditanya seperti itu? Hahaha.

Kesimpulan yang saya dapatkan dari seringnya saya menerima pertanyaan tersebut adalah bahwa standar 'bagus dan murah' untuk setiap orang itu sangat berbeda-beda. Bisa jadi untuk beberapa orang, harga 50rb - 70rb / kg sudah sangat murah, namun bagi beberapa orang harga segitu bisa jadi sangat mahal.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?
Karena keadaan ekonomi dan standar setiap manusia berbeda.

Paham?

Oke, kembali untuk menjawab pertanyaan di atas.
Sebenarnya yang tahu apakah makanan kucing merk tertentu itu murah dan bagus juga cocok untuk kucing peliharaan di rumah hanya Anda, Tuhan, dan Si Kucing yang tahu. Nggak ada satu orang pun yang bisa menjamin apakah makanan kucing Merk A yang ternyata cocok dan hasilnya bagus di Kucing X, juga bisa bagus di Kucing Y. Intinya, Cat People harus trial and error sendiri. Saya pribadi, untuk menemukan makanan kucing yang murah, dan bagus di Si Belang, saya harus coba banyak sekali merk makanan kucing, dan akhirnya semua pengalaman ini saya tuliskan di blog Radio Kucing. 

Untuk apa saya capek-capek menulis di blog Radio Kucing?
Karena saya juga pernah mengalami fase dimana saat saat bingung tentang makanan kucing apa yang bagus, murah, cocok, untuk kucing saya, Si Belang. Dan saat saya bertanya ke pet shop, pada saat itu tentunya semua orang awam dan pemula yang baru memelihara kucing pasti berfikir bahwa untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan makanan kucing yang bagus dan murah untuk kucing saya, pasti bertanya ke petugas pet shop.

Tapi ternayta Cat Lover yang berharap mendapatkan jawaban dan bertanya ke petugas pet shop sebagian besar hanya mendapatkan kekecewaan.

Why?
Karena saat ditanyakan hal seperti itu, maka sebagian besar jawaban petugas pet shop adalah:

"Bagus juga kok yang in. Iya, itu juga bagus. Bedanya cuma dikit kok. Yang ini aja Mbak/Mas, kita lagi ada promo dari distributor".

Pasti Cat Lover jadi greget.
Bagusnya apanya? Sama ajahnya dibagian mananya? Proteinnya? Bagusnya itu sama-sama bikin nggak rontok? Atau gimana? Ini kenapa pula malah nawarin produk promo, saya perlu yang bagus dan muraaaaahhhhhh, bukan yang promo....

Atas alasan itulah saya membuat blog ini. Saya tulis semua pengalaman saat menggunakan berbagai merk-merk makanan kucing ke Si Belang, berserta hasilnya, dampaknya, kandungannya, dan semua informasi yang saya tahu. Kecuali satu pertanyaan: "Belinya di mana?" Saya nggak tahu Mas/Mbak tinggal di mana, dan sekali lagi, saya bukan Yellow Pages. Andaikata saya tahu ada pet sho di sebuah kota, apakah bisa menjamin bawah pet shop tersebut menjual makanan kucing yang diinginkan? Oke, misalnya dia menjual barang ini, apakah mungkin 2 bulan kemudian saat Mas/Mbak membaca informasi tersebut dia masih menjual?

Prinsipnya, tidak semua pet shop menjual merk yang Mas/Mbak butuhkan. Sama seperti tidak semua warung dan minimarket menjual sabun colek merk tertentu.

In my very humble opinion, seharusnya Mas/Mbak sekarang ini bisa memanfaatkan resource yang ada dengan maksimal. Kini sudah ada blog Radio Kucing. Blog yang isinya membahas berbagai merk makanan kucing. Tulisan dan review yang ada di blog ini seharusnya bisa menjadi referensi sebelum Mas/Mbak membeli makanan kucing. Dulu saya blind banget saat mencoba makanan kucing untuk Si Belang, semua merk saya coba, saya baca kandunganya, saya bela-belain beli kemasan repack kemudian minta izin ke pemilik pet shop buat foto kandungan bahan-bahan (kadang malu, tapi saya tahan, demi informasi). Saya kunjungi satu-satu pet shop, kadang kehujanan, kadang kepanasan, dan seringnya saya nyasar karena nggak tahu jalan. Saya coba berbagai merk makanan kucing yang saya mampu beli (karena pada saat itu saya masih kuliah dan mengandalkan uang jajan saja), lalu saya tulis di blog review-nya.

Iya saya tahu, makannya saya nyasar ke blog ini juga karena saya sudah berusaha mencari tahu. Tapi terlalu banyak bahasan dan review-nya, pusing bacannya.  Kalau harus nyari satu-satu ke pet shop, saya nggak ada waktu, lagian sering panas dan hujan. Pokoknya saya maunya yang bagus dan murah. Jadi apada dong, makanan kucing yang bagus untuk kucing ras saya?

Menjawab pertanyaan tersebut, maka saya akan menjawab:
"Apapun jenis ras nya, selama diberi makanan kucing yang bergizi baik, maka hasilnya akan baik."

Jadi, makanan Sama seperti manusia, mau di ras/suku apapun, selama konsumsi makanannya baik,hasilnya akan baik kan?

Jika pertanyaan Mas/Mbak selanjutnya adalah:
Jadi, ada nggak makanan kucing yang bagus dan murah untuk saya dan kucing saya?

Maka jawabannya adalah: TIDAK ADA.

Tidak ada makanan kucing yang bagus dan murah, adanya makanan kucing yang harganya sesuai dengan kualitasnya, malah beberapa merk makanan kucing harga jualnya sering kali over price karena biaya branding dan iklan. Tapi dengan menggunakan makanan kucing yang terkenal dan mahal tersebut, kita juga secara nggak langsung membeli gengsi, kan? :) Intinya, ada harga dan ada kualitas, dan.... ada gengsi:)

So, saran saya Mas/Mbak silahkan untuk mulai memetakan kira-kira kebutuhan makanan kucing seperti apa yang dibutuhkan oleh Si Kucing dan bagaimana kemampuan ekonomi Mas/Mbak saat ini. Misalnya seperti ini:

Sebut saja seorang gadis bernama Mawar yang masih kuliah dengan uang jajan pas-pasan. Memelihara kucing persia medium hair hasil meminjam uang pada pacarnya. Mawar membeli kucing tersebut seharga 2 juta dan di cicil selama beberapa bulan ke depan. Uang jajan Mawar per bulan adalah 2 juta sebulan. Si Kucing ternyata membutuhkan makanan kucing sebanyak 3 kg sebulan dan pasir gumpal wangi sebanyak 1 karung isi 25 liter. Sedangkan untuk kebutuhan seperti litter box dan scoop sudah dibelikan oleh pacarnya. Sedangkan kandang kucing belum ada. Mawar berencana membeli kandang tingkat seharga 1.5 juta untuk kucingnya. Dalam sebulan, mawar bisa mengeluarkan bujet makan sekitar 1.5 juta, sudah termasuk pulsa dan hang out bersama teman-teman. Sedangkan untuk untuk biaya tambahan kuliah, seperti foto copy, menjilid makalah, dll, Mawar memberi bujet sebanyak 250rb. Maka sisa uang untuk memelihara Si Kucing ada 250rb. Maka apa yang harus Mawar lakukan?

Yang harus Mawar lakukan adalah: Berfikir realistis dan bersabar!
Logikanya gini, punya duit pas-pasan tapi ingin mendapatkan barang maksimal? Ngimpi! :D

Dengan sisa uang 250rb/bln, maka Mawar harus membagi jatah uang tesebut untuk:
1. Membeli makan kucing
2. Membeli pasir kucing
3. Menyisihkan utk perawatan kucing, misalnya memandikan ke pet shop jika tidak bisa memandikan kucing sendiri.
4. Menyisihkan biaya vaksin (rabies gratis, tricat dan forcat harus bayar)
5. Menyisihkan biaya steril (jika ingin disteril, misalnya biaya steril kucing saat baksos adalah 200rb)
4. Menyisihkan biaya beli kandan

Mari kita mulai berhitung...
-Nyicil hutang beli kucing ke pacar : 100rb/bulan
-Beli pasir 1 karung 25liter : 100rb
-Sisa uang 50rb.

Padahal belum beli makanan kucing, menyishkan biaya perawatan, nabung steril, dan nabung buat vaksin. Apa yang harus Mawar lakukan?

Yang harus Mawar lakukan adalah mengambil jatah uang jajan & hangout-nya bersama teman-teman untuk memenuhi kebutuhan Si Kucing. Misalnya Mawar menambahkan jatah 200rb lagi untuk kucingnya yang diambil dari uang jajannya. Maka sisa saldo untuk keperluan kucing sekarang menjadi 250rb lagi.

Maka, yang Mawar lakukan selanjutnya adalah:
- Nabung vaksin 20rb/bln
- Nabung steril 20rb/bln
- Nabung kandang 50rb/bln
- Biaya mandi di pet shop 35rb/mandi, sebulan 2kali, jadi 70rb/bln
Sisa uang yang ada di Mawar adalah 90rb. Apa yang belum Mawar beli? Yep, makanan kucing.

Dengan rincian diatas diketahui bahwa sisa uang Mawar adalah 90rb dan kebutuhan Si Kucing sebulan adalah 3kg makanan kucing. Maka, dengan sisa uang 90rb Mawar harus bisa mendapatkan 3kg makanan kucing, yang artinya makanan kucing yang bisa dibeli Mawar adalah makanan kucing dengan range harga 30rb/kg.

Apakah harga makanan kucing tersebut termasuk murah?
Ya, bagi sebagai orang memang murah, bahkan terlalu murah. Tapi bagi Mawar? Tentu tidak. Dengan rincian di atas kita bisa lihat bahwa Mawar sudah sangat ketat mengatur keungannya dan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan Si Kucing peliharaannya.

So, poin pertama yang harus Cat People definisikan untuk mengetahui makanan kucing yang bagus dan murah untuk Cat People dan Kucing Peliharaan di rumah adalah : Saya mampu dan mau beli makanan kucing di bujet berapa.

Setelah Cat People tahu harga makanan kucing yang ingin Cat People beli, sekarang Cat People mulai bisa membandingkan makanan kucing dengan range harga yang sama atau tidak terlalu jauh berbeda. Membandingkannya bisa dengan cara berikut:
  • Bandingkan harganya.
  • Bandingkan kandungan gizi dan bahan-bahannya.
  • Siapa produsennya.
  • Bagaimana pendapat Cat People lain setelah kucingnya menggunakan produk ini.
  • Apakah produk ini mudah didapatkan di sekitar tempat tinggal
Poin yang terakhir itu sangat penting. Bayangkan saja jika Cat People sudah mengetahui produk yang Cat People rasa sudah sangat ideal dengan kondisi yang Cat People inginkan dan  harganya juga cucoks, tapi barangnya tidak dijual di kota/kabupaten tempat tinggal Cat People dan harus dibeli dari luar pulau? Ya, sama saja mahal...

So, banyak sekali pertimbangan dan entitas yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan kucing. Memang tidak mudah, namun disanalah seninya.

Oiya, jangan lupa untuk mengunjungi ulasan-ulasan di bawah ini agar Cat People semakin bertambah wawasannya dan semakin mudah menemukan produk makanan kucing yang dicari dan yang dibutuhkan:

Lebih Bagus Blackwood/Equilibrio/Nutrisource/Royal Canin/Solid Gold/Pro Plan atau (sebutkan merk makanan kucing apapun disini) sih? Aku maunya yang bagus dan murah!

Indeks - Daftar Review dan Ulasan Radio Kucing


Jadi, makanan kucing paling bagus untuk kucing apa?
Jika ingin makanan kucing yang benar-benar bagus untuk kucing, maka berikanlah makanan kucing yang sesuai dengan habitatnya, yaitu daging. Jadi, saran saya untuk makanan kucing yang paling bagus adalah daging.

Tapi daging nggak praktis dan mahal. Ada nggak yang murah dan bagus?

Huft ah. Hehehe.



Semoga tulisan ini bermanfaat.


Salam,

Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

29 comments:

  1. Terimakasih buat blog radiokucing, saya mendapat banyak manfaat dari review-review yang diberikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Ravi.
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga Radio Kucing dapat senantiasa memberikan manfaat untuk para Cat Lover.

      Delete
  2. eh ada teh juwies,, bener teh,, ada harga ada rupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, ada Mas Rinaldi...
      :D

      Yoi Mas, setuja, haha.

      Delete
  3. Curcol ya sist. Wkwk. Kalo kehabisan makanan kucing biasax aku kasih kuning telur doang.

    ReplyDelete
  4. Curcol ya sist. Wkwk. Kalo kehabisan makanan kucing biasax aku kasih kuning telur doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Yuda, ketemu lagi.
      Iya nih Mas, curcol, wkwkwkwkwk.

      Wah, terima kasih sudah berbagi info.
      Semoga Mpus nya sehat selalu.

      Delete
  5. Setuju bgt, teh... emang bnr yg namanya memutuskan melihara kucing dll tuh kita dah hrs siap dgn sgala konsekuensi terutama financial.
    kadang klo udh akhir bulan dan dompet gersang, c mpuss dibela2-in makan sarden, dan saya sendiri rela makan sama kerupuk. Kkk... sukses trs buat blog nya y,teh. Salam paw bwt c Belang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah sharing Say, semoga si Empus senantiasa sehat yah :)

      Amin, makasih yah. Sukses juga utk Sis. Salam Paw-paw dari Si Belang.

      Delete
  6. wah aku senasib tuh sm mawar hehe. bahkan uang jajan ku lebih sedikit, dan tanggungan ku 2 kucing hehe.

    solusinya, jg boros, cari makanan kucing yg bagus, yg sesuai budget kita (kl bisa cari yg diskonan, biasanya di mall ada, atau lg ada promo hehe). gak maksa beli makanan kucing yang mahal kl kita gak sanggup.
    pokoknya pinter2 ngatur aja hehe.

    makasih radio kucing ya udh banyak ngasih pelajaran, jd bs pilih makanan si mpus yg sesuai. \(^o^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah sharing Sis Dinda. Semoga empus nya sehar selalu dan rejeki senantiasa lancar yaaaa... :)

      Delete
  7. Hahahahaha.... baru bacaaa....
    Kalo ada yg nanya2 yg kaya dicontohkan di atas sih sebenernya orangnya itu REWEL, MALES, dan maunya TERIMA BERES... hahaha...

    Btw, mau bilang tengkyu aja buat blognya. Seriously, saya kalo nyari2 rekomendasi makanan kucing ya pasti liat2 ke sini dulu. Makasih udah bikin blog kaya gini ya. Jangan ditinggalin blognya yaaa... chemunguuddd...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan TJ.
      Ahahaha, begitulah, Gan, terkadang banyak yg mau terima beresnya. Padahal memelihara kucing atau hewan peliharaan itu "repot" nya adalah seni nya dan kenikmatannya :)

      Sama-sama Agan, semoga tulisan di blog ini senantiasa bisa membantu dan berbagi utk yg teman-teman Cat Lover lainnya :)

      Makasih banyak ya atas dukungannya.
      Hal ini berharga sekali utk saya :)

      *Salam paw-paw Si Belang *

      Delete
  8. Klo dikasih ikan cue' apa bner bkin bulunya rontok? Mngkn bs kasih info. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Ikan cue itu seperti apa ya? Nama nasionalnya ikan apa ya?
      Jika mengandung garam maka bisa membuat rontok, salah satunya ikan asin, ikan pindang, dll.

      Jika ingin memberikan ikan pada kucing maka sebaiknya di kukus tanpa garam dan duri-duri tulang halusnya dibuang agar tidak melukai kucing.

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  9. wah.. saya smpe ketawa baca artikelnya mbak..
    memang ya ada harga ada kualitas, tp balik lagi sma kucingnya,dan daya beli pemilik.

    btw, thanks ya radiokucing.. saya suka bgt bca2 review makanan dan artikel disini. apalagi skrg lg cari2 referensi makanan buat kitten dirumah. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, jadi malu... *tersipu-sipu
      Betul Mba, setuju. Ada harga ada kualitas. Dan setuju juga bahwa kembali lagi ke kucing dan daya beli pemilik :)

      Semoga ketemu dengan makanan kucing yg cucoks ya, Mba :)

      Makasih sudah sharing disini :)

      Delete
  10. Aq kasi repacking aja..yg 1 kg hrga 25-35,alhamdulillah sehat n gemuk n tetangga liat gemes krn gendut pdhal cm kucing kampung tp bulu nya kembang n bersinar.mandiin sendiri seminggu skali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi cerita.
      Semoga Mpus-mpusnya senantiasa sehat ya :)

      Delete
  11. thanks radio kucing infonya berguna baget buat newbie kaya aku yg baru satu bulan adopsi kucing (ga tau jenisnya apa soalnya hasil minta ma kaka he he he) sekarang masih nyari2 makanan yg dia suka, sedikit pemilih kucingnya.. udah nyoba proplan dia suka, sekrng lagi nyoba wiskas kayanya dia ga suka mesti di campur, nanti mau nyoba yg lain lagi.. berguna banget info2nya jadi tau mana yg bagus and engga... thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali. senang bisa berbagi dan bisa bermanfaat. semoga senantiasa sehat selalu ya... :)

      Delete
  12. Alhamdulillah saya selalu ganti makanan kucing suka2 aja kok kalo ga suka mungkin harus suntik vitamin hahaa biar nafsubmakan bertambah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah sharing pengalaman :)
      Ah syukurlan kucing nya engga rewel soal makanan ya :)

      Delete
  13. Mau tanya.. Kucingku udah 2thn ini kbiasaan disuapin.. Klo ditaro diwadah ga pernah dimakan. Pake equil. Kira2 ada solusi ga ya? Bingung juga klo disuapin teruss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Didik kucing Sis dengan lebih tegas dan "tega", biasanya dia makan di wadahnya. Dia cuman mau makan di tangan Sis (disuapin) karena kebiasaan saja... :)

      Semangat ya!

      Delete
  14. Mau tanya, equilibrio yg persian bisa dikonsumsi sm kucing persia umur 3 bulan gak ya? Apa hanya untuk persia yg dewasa saja? Selama ini saya msh kasih equil yg kitten utk kucing persia saya, karena msh 3bln.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih kitten kasih yang khusus kitten saja ya, sampai usia 1 tahun :)

      Delete
  15. Kenalin sama Mawar dong Paman..siapa tau bisa aku adob..😂

    *Tumbuh tamduk*

    ReplyDelete
  16. Mba mawar isinya curhatan 😁😁😁

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D