Monday, January 11, 2016

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi informasi mengenai salah satu produk asli Indonesia, tepatnya dari Pulau Sulawesi, yang banyak dipuji oleh ara pecinta binatang, yaitu Minyak Tawon.

Seriusan? Minyak tawon yang buat pijat, urut, dan menghilangkan gatal-gatal?

Betul sekali, Anak Muda.
Yang Radio Kucing maksud adalah minyak tawon yang itu.
Untuk mengetahui bahasan lengkap dan manfaat apa saja dari produk minyak tawon ini, mari kita simak ulasan berikut ini.

Penampakan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan kemasan produk Minyak Tawon:

Minyak Tawon yang beredar di Indonesia pada umumnya menggunakan botol berbahan beling/kaca dan dilapisi label kertas seperti gambar di atas. Juga, kemasan minyak tawon ini dibungkus kembali dengan menggunakan kertas. Di dalamnya juga terdapat kertas yang berisi penjelasan produk dan kegunaan produk. (*Ngomong-ngomong, kertasnya banyak banget, ya? Hehehe). Sejak saya kecil, minyak tawon yang saya tahu hanya satu merk, yaitu Minyak Gosok Cap Tawon yang diproduksi oleh PT. Tawon Jaya Makasar sejak 1912. Apakah Cat People mengetahui merk-merk lain yang menjual minyak tawon juga? Atau minyak ini disebut minyak tawon karena brand-nya yang menggunakan gambar tawon alias lebah? Cat People bisa memberikan pendapat mengenai minyak tawon ini dengan berkomentar di kolom komentar yang ada di bagian bawah, yah... :)

Varian Yang Ditawarkan
Setelah ditelusuri lebih lanjurt, minyak tawon memiliki 2 jenis varian, yaitu varian tutup putih dan tutup merah. Apa bedanya? Minyak tawon dengan varian tutup putih memiliki sensasi panas lebih panas dibandingkan dengan minyak tawon varian tutup merah. Minyak tawon varian tutup putih cocok untuk pijat dan urut karena pegal-pegal atau keseleo, dan juga untuk manusia-manusia tangguh pecinta sensasi panas menggelora dari minyak tawon. Sedangkan minyak tawon varian tutup merah memiliki sensasi rasa panas yang tidak sepanas minyak tawon varian tutup putih.

 Sumber: https://www.tokopedia.com/supermaketkami/minyak-gosok-cap-tawon-tutup-putih-dan-tutup-merah

Untuk Kucing/Anjing/Hewan Peliharaan, Baiknya Minyak Tawon Yang Mana?
Pilihlah minyak tawon dengan varian tutup merah! :D
Mengapa? Karena pada dasarnya hewan peliharaan kita seperti kucing, anjing, dll-nya, bukan pengguna minyak pijat, maka pilihkanlah minyak tawon yang hangatnya paling minimal dan tidak terlalu panas. Hal tersebut bisa ditemukan di minyak tawon dengan varian tutup merah.

Kandungan Bahan-bahan
Berikut ini adalan kandungan bahan-bahan dari minyak tawon varian tutup merah:

Klik pada gambar untuk memperbesar.
Sumber: Grup Whatsapp Cat Lover Kaskus

Dosis & Cara Penggunaan
Untuk dosis, saya harus jujur mengatakan, use your own intuition!
Gunakan feeling alias perasaan dan perkiraan saat mengolesi minyak tawon ke tubuh kucing. Jangan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan kucing kepanasan. Ingat, kadar toleransi kucing terhadap hangatnya minyak tawon berbeda-beda, sama seperti manusia. Tidak semua bisa meng-handle panasnya minyak tawon dalam kadar yang sama. So, saran saya adalah untuk mengoleskan minyak tawon dengan kadar yang cukup, sedikit-sedikit saja namun merata.

Berikut ini adalah cara penggunaan untuk kasus jamur dan kutu pada kucing:

1. Kasus Jamur
  • Periksa tubuh kucing dengan seksama, dan temukan lokasi jamur-jamur tersebut. Bisa dengan cara meraba tubuh kucing atau memperhatikan dimana lokasi yang sering digaruk atau digigit kecil oleh kucing.
  • Oleskan secara teratur minyak tawon di area tersebut minimal sehari 2 kali selama 3 hari, lihat perubahannya. Pada umumnya jamur akan mulai rontok setelah 2-3 hari penggunaan. Lanjutkan sampai 2 minggu hingga 1 bulan ke depan. Efek yang akan muncul pada umumnya adalah jamur akan berangsur menghilang dan bagian tubuh kucing yang botak akan tumbuh bulu kembali.
2. Kasus Kutu
  • Periksa tubuh kucing dengan seksama, dan temukan lokasi kutu tersebut. Biasanya kutu-kutu bersemayam dan bersembunyi di area belakang telinga, lipatan ketiak, bagian bawah perut hingga area kelamin juga ekor. Namun, dalam kasus tertentu, kutu-kutu tersbeut bisa saja sudah sangat parah dan berkembang biak dengan luar biasa hingga ke wajah kucing, bagian dada, dan juga ujung-ujung kaki dan sela-sela jari kaki kucing.
  • Karena kutu mudah berpindah dan berkembang biak juga bergerak dengan cepat, saran saya untuk mengoleskan minyak tawon ke seluruh tubuh kucing kecuali bagian kelamin, anus, dan dari bagian leher ke atas. Jangan sampai kena mata, telinga, atau organ penting lainnya. Oleskan sedikit-sedikit namun merata. Ulangi beberapa kali dalam sehari, misalnya minyak tawon di oles ke seluruh tubuh kucing sebanyak 2-3kali sehari untuk memastikan kutu-kutu yang ada di tubuh kucing mabok, mati, dan kabur.

Sumber: Grup Whatsapp Cat Lover Kaskus

Setelah Kucing Diolesi Minyak Tawon, Apalagi Yang Harus Dilakukan? Apakah Boleh Memandikan Kucing?
  • Untuk kasus jamur yang penyebarannya tidak terlalu parah dan area yang terkena jamur dan diolesi oleh minyak tawon-nya tidak terlalu banyak, maka tidak memandikan kucing setelah diolesi minyak tawon juga tidak masalah. Asalkan pemberian minyak tawon dilakukan terus-menerus dan konsisten hingga kucing sembuh dan terbebas jamur. Namun jika tetap ingin memandikan kucing, sebaiknya biarkan dulu minyak tawonnya meresap sehari-semalam, baru setelah itu dimandikan keesokan harinya. Jangan lupa untuk memberikan minyak tawon kembali setelah tubuh kucing kering agar pengobatan maksimal. Juga pastikan kucing benar-benar kering setelah mandi agar tidak ada jamur yang berkembang biak kembali.
  • Untuk kasus kutu, saran saya untuk membiarkan minyak tawon meresap ke tubuh kucing selama sehari-semalam sebelum memandikannya. Hal ini dilakukan agar kutu-kutu di tubuh kucing mabok, mati, dan kabur. Pada saat memandikan kucing, gunakan sarung tangan berbahan handuk/waslap (jika tidak punya, bisa menggunakan kaos kaki bekas yang bersih) dan gosoklah tubuh kucing dengan sampo/sabun yang sebelumnya sudah dibusakan di waslap. Sesekali cek sarung tangan handuk/waslap setelah menggosok badan kucing, biasanya akan ada kutu-kutu mati/mabok yang tersangkut di sarung tangan/waslap. Lakukan hingga merasa yakin bahwa kucing sudah bebas kutu. Jika belum yakin, treatment ini dapat diulang 3 hari kemudian. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan minyak tawon ke tubuh kucing selama menunggu waktu mandi berikutnya lagi. Ulangi sampai kucing benar-benar bebas kutu. Biasanya setelah 3 kali proses treatment ini dilakukan, kutu sudah tidak muncul lagi.
Model Kucing Kikko (kanan) & Killa (kiri) sudah diolesi minyak tawon.
Sumber: Mas Nardo CLK

Apakah Aman Jika Terjilat Kucing?
Aman, Masbro dan Mbasis.... :)
Bahkan minyak tawon asli bisa dikonsumsi oleh manusia untuk pengobatan (dalam kadar dan ukuran yang tidak berlebihan dan sesuai aturan).

Apakah Bisa Diaplikasikan Kepada Anak Kucing/Kucing Kecil?
Bisa, dong. Produk ini (yang asli, ya...) aman diaplikasikan kepada anak kucing atau kucing kecil. Asalkan pemberiannya tidak berlebihan dan memperhatikan kemampuan fisik si Anak Kucing apakah bisa tahan panas atau tidak.

Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Ada Induknya & Masih Disusui Induknya?
Saran saya jangan dulu diaplikasikan minyak tawon, begitu juga dengan induknya. Dikhawatirkan Induk Kucing jadi enggan menyusui anak kucing karena bau anak kucing yang berbeda setelah diolesi minyak tawon. Karen ada beberapa kucing yang memang tidak menyukain bau minyak tawon. Tunggu sampai anak kucing lebih besar, misalnya usia 3 bulan. Saat usia tersebut pada umumnya anak kucing sudah bisa mengkonsumsi makanannya sendiri, misalnya wet food atau dry food kitten. Jadi, jika setelah diolesi minyak tawon Induk Kucing tidak mau menyusui anak kucing, maka anak kucing masih tetap bisa bertahan hidup dengan mengkonsumsi makanan kucing lain selain ASIK (Air Susu Induk Kucing).

Model Kucing: Taby, usia 7 minggu 3 hari. Berpose bersama minyak tawon di atas keranjang rio berwarna pink.
Sumber: Mas Radix CLK

Kucingku Kok Jadi Mencret/Pup Lembek Setelah Diolesi Minyak Tawon?
Hal itu terjadi karena kucing tidak sengaja menjilat minyak tawon yang dioleskan ke tubuhnya. Jika kucing mengalami mencret atau pup menjadi lembek setelah di olesi minyak tawon, jangan panik. Itu adalah mekanisme kerja tubuh kucing untuk beradapasi. Saat kucing menjilat minyak tawon, maka minyak tawon masuk ke dalam tubuh kucing dan dicerna di organ pencernaan. Flora usus di dalam organ pencernaan kucing tidak semua dapat beradaptasi cepat, dan biasanya yang sedang beradaptasi menjadi mencret atau pup nya lembek, hampir sama mekanismenya seperti kucing sedang beradaptasi dengan makanan yang baru. Jangan khawatir, nanti juga normal lagi kok :)

Beli Minyak Tawon Di Mana?
Minyak tawon biasanya dapat mudah ditemukan di Apotek, Toko Obat, atau Toko Obat Tradisional. Beberapa minimarket dan swalayan juga menjual minyak tawon.

Harga?
Untuk minyak tawon varian tutup merah bisa didapatkan dengan harga 10rb-25rb/botol kecil. Harga bisa berbeda pada tiap toko dan daerah.

Alasan dan Kesimpulan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Bahan alami. Jika tidak sengaja terjilat oleh kucing tidak menimbulkan keracunan. Aman dan ramah lingkungan. Harga murah. Dan juga bisa double manfaat, karena bisa digunakan juga oleh manusia. Selain itu, produk ini merupakan produk dalam negeri. Memang, penggunaan produk ini dalam mengusir kutu dan mengjilangkan jamur tidak bisa instan dan membutuhkan proses, namun menurut saya sangat worthed dengan harga dan keunggulan lain yang ditawarkan. Saya juga suka pake minyak tawon, hahahaha.


Semoga informasi ini bermanfaat.



Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.


========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , , ,

171 comments:

  1. mau share aja, kebetulan kucingku kena jamur didaerah kepala n telinga bbrpa hari setelah aq mandiin, krna panik siap2 mau ke dokter TAPIIIII sblmnya cek mbah gugel dulu buat liat cara ilangin jamur yg berkerak banyak di sekitar daun telinga n kepala... trnyta jangan buru2 disuntik jamur kalo sdh kejadian bgtu... pertama2 siapin Alkohol 70%, Minyak tawon n Propolis. trs bersihkan / semprot area yg berjamur tadi dg alkohol untuk membunuh bakteri atau kutu jamur stelah itu bersihkan kerak dg minyak tawon (jangan kasar ya kalo jamur nya nempel kayak kerak n susah dibersihkan biarin aja dlu) setelah bersih baru oles semua bagian yg terkena jamur dg propolis... insyaallah stlh 3hari jamur akan kering n rontok atau mudah dibersihkan tanpa bikin luka (berdarah) pada kulit kucing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih sekali Sis atas sharingnya. Sangat bermanaat sekali. Semoga Sis & Mpus nya senantiasa sehat :)

      Delete
    2. Wah makasih banget reviewnya, bisa ya untuk mengobati kucing yang terkena scabies? Salam kenal kakak...

      Delete
    3. Gan mau nanya nhe,kucing ku kan jamuran,kalau bagian dlm telinga ap boleh di kasih minyak tawon,dan ngolesinya pake ap?

      Delete
  2. sempet panik,makasih banget buat infonya ..
    mudah2an dibalas oleh Tuhan yang maha kuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Vhery.
      Terima kasih kembali Sis, smeoga bermanfaat ya informasinya :)

      Delete
    2. Sangat bermanfaat..trimakasih...

      Delete
    3. Sangat bermanfaat..trimakasih...

      Delete
  3. Aduh aku panik bgt nih:( kucing ku langsung diem-diem gitu pas aku kasih minyak tawon, kayanya dia kepanasan ya? Soalnya aku ngasih nya kaya lumanyan banyak gituuu�� Huhu sedihhhhhh:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ani.
      Kalau kebanyakan memang bisa bikin kepanasan kucingnya. Pemberian berikutnya saat treatment minyak tawon diperkecil aja takaran pembeliannya, Sis :)

      Semoga segera sehat kembali ya, Mpus nya :)

      Delete
  4. hai, ini sy ada masalah ke anjing sy. spertinya anjing sy ini terkena kutu loncat dr kucing.. Perawatan ini available untuk anjing jg kan? krna mau sy terapkan.

    ReplyDelete
  5. hai, ini sy ada masalah ke anjing sy. spertinya anjing sy ini terkena kutu loncat dr kucing.. Perawatan ini available untuk anjing jg kan? krna mau sy terapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Lidwina.
      Untuk anjing juga bisa, Mba.... :)
      Semoga hilaaaang semua kutu-kutunya :3

      Delete
  6. Wawww sangat membantu. Thanks sharenya

    ReplyDelete
  7. Mas beneran gpp nih kalau kejilat? Gak tega nanti dia keracunan lg, kali aja sistem imun kucing beda2 gtπŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Mas beneran gpp nih kalau kejilat? Gak tega nanti dia keracunan lg, kali aja sistem imun kucing beda2 gtπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Ninka Melia.
      Kalau di Si Belang sih sampai skrg aman-aman saja. Dan review dari temen-temen Cat Lover Kaskus juga aman-aman saja.

      Kalau ragu, sebaiknya jangan diterapkan, Sis.
      Karena segala sesuatu yang meragukan itu tidak baik :)

      Delete
  9. Hai, aku ingin bertanya maslah kutu di bagian dahi dan di bwah mata apa itu boleh diolesi pakai minyak tawon? Dan 2 smpai 3 kali sehari diolesi itu untuk setiap hari diolesi atau berapa kali seminggu yah?? Mohon jawabannya ya mba..

    ReplyDelete
  10. Hai, aku ingin bertanya maslah kutu di bagian dahi dan di bwah mata apa itu boleh diolesi pakai minyak tawon? Dan 2 smpai 3 kali sehari diolesi itu untuk setiap hari diolesi atau berapa kali seminggu yah?? Mohon jawabannya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis Ismi Okta.
      Dibagian tubuh yang vital dan di bagian tubuh dengan bagian yg vital, sebaiknya tidak dioleskan minyak tawon. Karena takutnya kucing kepanasan dan merasa perih / sakit.

      Coba gunakan obat semprot anti kutu yg aman terjilat. Cek tokopedia kami ya.

      Delete
  11. Meyakinkan...
    Patut di coba...
    Makasih loooh.hehehe

    ReplyDelete
  12. Buat ngilangin kutu, bagusan minyak tawon atau minyak telon ya?

    ReplyDelete
  13. Buat ngilangin kutu, bagusan minyak tawon atau minyak telon ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua nya bisa kok, Mas.
      Dicoba dulu aja mana yang cocok. Sebagai bahan pertimbangan bisa dibaca informasinya di review masing-masing produk di blog Radio Kucing ini. Karena keputusan akhir ada di tangan pemilik kucing.

      Semoga senantiasa sehat Mpus nya.

      Delete
  14. kucing saya masih menyusui anak2nya dan kebetulan ada anak kucing yg temukan dr kantor dan akhirnya sy bw pulang krna usia nya baru sekita 2 bulan. induk anak kucing yg sy punya (MOchi) awalnya tdak mau menyusui dan pada hari ketiga Mochi mau mnyusui anak kucing dome yg sy bw. selang bberapa hari bulu dileher mochi mulai rontok dan timbul bercak merah. apakah itu termasuk jamur atau hal yg wajar.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis K. Nalurita.
      Iya Sis, kayaknya jamur. Ciri-cirinya mirip dgn penyakit jamur yg pernah di derita kucing saya. Bulu disekitar leher rontok dan ada kemerannya.

      Jika Sis ragu itu jamur, bisa mencek ke dokter hewan. Sebaiknya memang di bawa ke dokter hewan agar lbh pasti dan lbh baik penangannya.

      Semoga sehat selalu Mpus nya.

      Delete
    2. Kucing saya kayak ketombean di daerah belakang telinga tapi warnanya agak kecoklatan dan di garuk2 trs. Ini ketombe atau jamur ya? Saya bingung soalnya

      Delete
    3. Dan apakah bisa menular pada manusia? Soalnya tinggal di kos, yang tempatnya tidak luas.

      Delete
    4. Halo Sis Fitri.
      1. Sepertinya jamuran / sabies (karena mirip kejala awal nya). Obati segera ya sebelum menyebar.
      2. Iya beberapa penyakit pada kucing (salah satu nya penyakit kulit) bisa menular pada manusia.

      Delete
  15. Makasih infonya ..
    Aku mau nyoba soalnya kucingku sering ku lepas dan pulang pulang kutuan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan Tutut Elek.
      Terima kasih. Semoga segera bebas kutu kucing-kucingnya :)

      Delete
  16. Menambahkan sesuai pengalaman saya sendiri. Kitten yg masih menyusu terkena jamur, saya kasih extra virgin olive oil. Dioles pakai cotton bud aja tipis2. Nggak berapa lama jamurnya jadi lunak, lalu digosok pelan2 aja pakai cotton bud tadi. Alhamdulillah cepat sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman Sis Niken.
      Semoga Mpus-mpus nya sehat selalu :)

      Delete
    2. apa keesokan harinnya jamur datang lagi? hehehe mau coba

      Delete
    3. jika sudah sembuh betul dan lingkungan terjaga kebersihannya, maka biasanya jamuran ngga datang lagi.

      Delete
  17. Makasih infonya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  18. tks infonya, kebetulan di rumah memang selalu sedia minyak tawon ini untuk tuan Mpusnya, ta coba aplikasikan juga sama Mpusnya...hehehe

    ReplyDelete
  19. Ka ini aku puny kiten 2.
    Dy ketularan flu dri indukx. Skg pilek dan matax bengkak sampai menutup gitu.
    Kalo boleh share dong harus dikasih obat apa yg ampuh ato cara penanganan yg benar? :)
    Aku udh ksh dy flu cat sama trixin. Untuk mata belum ada yg berkurang. Mau ke drh uang terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua obat itu andalan saya, Sis.
      Coba booster imunitasnya dengan madu dan kuning telor ceplok.

      Delete
  20. Aku punya 3 kitten, bagian kakinya pada mengkerak hitam gitu, kasian... Apa itu jamur juga? Apa bisa pakai minyak tawon ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Aisyah.
      Mhm, setau saya jamur itu berwarna putih mirip ketombe. Bengkaknya kenapa ya?

      Saran saya bawa ke dokter hewan, takutnya hal tsb merupakan penyakit kulit lainnya yg berbahaya.

      Semoga Mpus nya segera sembuh ya.

      Delete
  21. kalau kitten umur 3 bln dikasih minyak tawon boleh ngga ya?
    saya takutnya nanti dijilat trus keracunan.
    btw kucing saya sering gigit2 badan.

    ReplyDelete
  22. Kitten sy ras maincoon usia 3 bln. Baru sj selesai dimandiin ternyata si kitten berjamur. Jamurnya sdh rontok krn proses mandi td dan skrg kulitnya kemerahan jg botak dibagikan tengkuk. Apakah boleh lgs sy kasih minyak tawon? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Boleh, jangan kebanyakan ya. Kalau udah ketahuan dimana posisi jamurnya, pemberian minyak tawon bisa diberikan pada area lokal (yang berjamurnya saja) utk mempercepat penyembuhan.

      Semoga membantu.

      Delete
  23. Kalo yang bagian kena jamur udah tumbuh bulu dikit2, masih perlu di kasih gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jika dirasa perlu bisa dilanjutkan. Jika bulu-bulunya sudah mulai tumbuh bisa dilanjutkan dengan penggunaan VCO agar bulu kucing tumbuh lebih cepat dan sehat.

      Semoga membantu.

      Delete
  24. waaahh berguna banget kebetulan si orlando kucing saya lagi kena jamur, thanks ya

    ReplyDelete
  25. Kasihan kucingku.pas di pakein minyak tawon trus ke jilat trus dia ngeces/bnyak ngluarin air liur.evek.a gpp kan min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Rizky.
      Bisa jadi pemberian minyak tawonnya kebanyakan. Dikurangi saja. Juga sepertinya utk khasus kucing Agan Rizky baiknya setelah diberi minyak tawon beberapa saat kucingnya dimandikan dengan sampo / obat / sabun anti kutu yg aman terjilat.

      Semoga membantu.

      Delete
  26. Haiii kak kalo pemberian minyak tawon di kuping kitten umur 5bulan boleh gak ya??

    ReplyDelete
  27. Kalau kasusnya scabies ngefek nggak gan? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Saya belum pernah coba utk kasus scabies. Kalau scabies biasanya langsung kasih obat utk scabies.

      Delete
  28. Waah,, betul"mujarab,,pke minyak tawon, jamurnya pada kering, trus rontok, pdahal bru 2hari,sekarang kucingku mitty udah ga garuk"lagi..padahal waktu itu hampir smua daun telinganya sm kpalanya penuh jamur, sangat bermanfaat sekali infonya.. Terimakasih banyaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh, senangnya mendengar berita baik ini.
      Terima kasih ya Sis sudah berbagi cerita. Semoga Mitty senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  29. bisa diterapin utk kura2 gk yaa?? mohon jwbannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah nyobain Mbaksis. Ga berani ngasih jawaban apa-apa saya...

      Delete
  30. Kucing saya botak di bagian kuping tpi ga ada kerak ataupun bintik2 merah apa itu kena jamur atau bukan???info'a dong

    ReplyDelete
  31. mba mau tanya propolis belinya dimna ya mba terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya ga tau Mas. Kebetulan belum pernah pakai produk itu juga dan kurang tau itu jenis obat apa.

      Delete
  32. Terima kasih banyak atas infonya admin :D
    Alhamdulillah, Bulu the kittenku jamurnya sudah perlahan rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali. Semoga bermafaat ya. Semoga senantiasa sehat Mpus nya ya :)

      Delete
  33. Kitten saya kutuan parah, sudah menyebar hampir keseluruh bagian tubuhnya.. kemarin saya coba mandikan pakai sabun pencuci piring aroma lemon, tapi kutunya masih banyak yang survive..
    Hari ini saya coba pakai minyak tawon saya oleskan seluruh tubuhnya.. semoga lekas pergi kutu kupretnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Sofwan.
      Semoga segera sembuh ya Mpus nya :)

      Delete
    2. Kalau habis dikasih minyak tawon berapa lama harus di mandikan?
      Soalnya baru 2 hari yang lalu saya mandikan..

      Delete
    3. Halo Mas Sofwan.
      Ada jawabannya di tulisan di atas :)

      Delete
  34. Halo mas mau nanya, kalau kucing jamuran itu apakah berpengaruh dengan kondisi badannya? Misal jadi lemas atau apa gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Laksmi Pujiastuti.
      Kalau kucingnya ga nyaman karena jamurannya, biasanya jadi murung. dan sering garuk-garuk.

      Delete
  35. aku baru coba mlm ini ..buat donald kucing persia kami...mudah2n cepet ilang y jamurnya kasian teriak2 terus sambil garuk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas shringnya. Semoga senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  36. Aku lagi coba kasih nih.. lagi banyak nemu daerah botak berjamur. tapi kasian soalnya jamurnya diatas hidung. Pas dikasih langsung berontak2 πŸ˜‘ terus ngga berhenti2 jilat2. Takut jadi mencret. Tapi ampuh banget sih kerak yang diatas hidung habis dikasih langsung lunak, dan rontok sendiri pas kittenku usap2 mukanya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya. Semoga senantiasa sehat selalu :)

      Delete
  37. Kucing sy kyk nya kena jamur .bulu di tenggkuk nya pd rontok semua dan botak.sdh 2 hari ini sy ksh minyak tawon tp knp bulu nya tambah rontok dan botak nya tambah besar?
    Knp bs gitu ya kak?mohon bantu info nya. Makasih kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Itu teh jamur nya rontok dulu. Prosesnya memang "merontokkan bulu" yang udah terkenar jamur, setelah itu jamur "terbasmi" baru bulu muncul lagi. Dulu Si Belang juga gitu... Tetiba rontoknya membesar (bulat), kemudian tumbuh lagi bulunya....

      Delete
  38. dibawah bulu nya ada bercak2 hitam gitu jamur bukan sih, soal nya di dagu kucing saya ada itu

    ReplyDelete
  39. Mas aku kan punya kucing kecil masih 2 bulan kurang, terus ketularan induknya kena jamur kucing😒
    Terus dikasih minyak tawon pas bagian kena jamur, tp skrg kucingnya malah jadi lemes bgt pupnya kaya jadi cair gitu mas sedih deh liatnya
    Itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sis.
      Kucingnya lemas dan pup nya cair itu karena apa? Ketahui penyebabnya baru lakukann treatment penyembuhan.

      Delete
  40. Kucing saya jamuran di hidung dikasih minyak tawon dihidung gapapa ya? Min ada kontak ga kalo mau tanya2? hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ini bukan Min.
      Mungkin salah sambung :)

      Bisa pakai salep.

      Delete
  41. bro mpus saya di leher ada bagian yg botak kecil kasar kayak berkerak tapi nggak merah apa itu jamur

    ReplyDelete
  42. Kak kalo,si puss udah berbulan bulan kena jamur kyk gini,udah tuebell banget ada di bagian tlapak kaki,hidung telinga,pkok ada di bagian yang gak ktutup bulu klo kyk gitu bisa nggak disembuhin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Semua penyakit kucing bisa disembuhkan kecuali kematian, selama kucing masih bernyawa maka bisa disembuhkan. Asal telaten, mau ngurus, dan mau berobat dengan tepat maka bisa sembuh kok :)

      Delete
  43. Identivikasi jamurnya=
    Warnanya cokelat banyak+tebel
    Jika disobek tuh keluar nanah lalu jika dimandi'in jamurnya ilang tapi ada nanahnya yg yg tersisa di bagian dalam kaki lalu jamur itu muncul lagi setelah bbrapa hari di mandiin ,aku mau tnya apakah itu jamur??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan. Bawa ke dokter hewan segera ya, dulu pernah ada kucing kenalan saya kalau ga salah kena penyakit mirip begitu ciri-ciri umumnya, saya lupa nama penyakitnya apa, tp akhirnya di bawa ke dokter hewan dan ditangani oleh dokter hewan. Karena selama saya merawat kucing belum pernah nemu kasus jamuran sampai nanahan gitu, paling lecet atau luka berdarah dicabutin... SEGERA BAWA KE DOKTER HEWAN ya... :)

      Delete
  44. Kak kucing saya belum ada satu bulan masih nyusu ke induknya, tapi dibadannya ada kerak gitu kecil kecil seprti jamur, dirumah udah ada obat jamur untuk induknya tapi ada keterangan not for kitten, kayaknya dia ketularan induknya, soalnya induknnya barusan sembuh diobatin, kalo anak kucing umurnya belum ada 1 bulan di kasih apa ya buat ngobatin, btw dia baru lahir 1 ramadhan kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah... Kalau usianya masih super kecil kayak gitu, saya ga berani nyaranin macem-macem buat ngobatinnya, prefer pakek minyak VCO dulu aja, aman terjilat dan ga ada sensahi hangat. Tapi memang ga instan hilangnya. Kalau bawa ke dokter hewan, biasanya dikasih salep, tapi harus cek dulu gimana kondisi anak kucingnya, harus sehat. Baiknya bawa ke dokter hewan ya... :)

      Delete
  45. Klo kucing jamuran di kasih baby oil boleh gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Boleh aja, tp saya gatau menyembuhkan atau engga, soalnya blm pernah coba baby oil utk jamur kucing...

      Delete
  46. Kak saya udah kasih kucing pake minyak tawon...tapi kok jadi pada item ya ..gpp itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Pada item nya bagaimana ya?

      Delete
    2. Kulitnya jadi kaya tompel gitu bekas jamurnya

      Delete
    3. Kulitnya jadi kaya tompel gitu bekas jamurnya

      Delete
  47. aku udah coba buat kasih minyak tawon, cuma gak aku mandiin cuma aku bilas air air aja, dan sampe skrg masih bau tawon, gak masalah kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Siti Sahara.
      Bau tawon nya sendiri ngga jadi masalah, paling beberapa kucing kadang ngga nyaman dengan bau minyak tawon hehehe, maka dari itu ada opsional dimandikan. Tapi jika kucing nya nyaman-nyaman aja mah ngga jadi masalah :)

      Delete
  48. Halo kak, salam kenal..
    Boleh mintak kontaknya kakak? Saya ingin konsultasi tntng kucing saya. Tolong hubungi saya d 085230403640 (WA). Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada di blog ini sis cantik :)
      kalau baca dengan seksama pasti ada. dibaca dulu aja ya sis :)

      Delete
    2. Oiya, saya bukan dokter hewan ya

      Delete
  49. Hallo kaka.. nanya dong minyak tawon Buat kutu kuping bisa juga ga ya..soalnya kucing saya baru kali ini kkluar air.. kata orang petshop kena kutukuping. Belum ke dokter hewan krn sdh kemalaman.. kasian baru sy bersihkan pakai baby oil saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Saya kurang tau apakah minyak tawon ini bisa untuk kutu telinga atau engga. Kalau benar kena kutu telinga, sepengalaman saya ngga bisa sembuh dengan baby oil, ada obatnya kok, ngga mahal juga, cek ke instagram atau tokopedia saya ya :) Atau kalau bingung, bisa WA atau Line ke saya ya. Trims.

      Delete
  50. Kak kucingku kena jamur dibagian hidung n atas mata. Bgian yg kena jamur jadi botak. Baru tadi saya kasih minyak tawon . Kira2 bakalan bnran smbuh gak ya. Kasian liatnya kitten ku wjah nya jd rusak. Smga minyak tawon bs bunuh jamur nya . Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis.
      Kalau bagian yang berjamur dekat panca indera dan bagian vital tubuh, jangan pakai minyak tawon, kasian kucing nya entar kepanasan. Alternatifnya bisa pakai VCO yang tidak menimbulkan efek panas. Dioleskan tipis-tipis dan harus rajin ya :)

      Delete
  51. Halooo Gees..
    Kucing aku bulunya tiba2 rontok, aku lihat warnanya merah dan berkerak. Apakah betul jamur ya? Based ur information, Aku coba kasih minyak tawon...
    Semoga bisa sembuh. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat dr ciri-ciri singkat yg disebutkan, seperti nya iya (tp ngga menutup kemungkinan bukan ya sis, soalnya ciri-ciri yg disebutkan sangat sedikit). Mudah2an cocok pakai minyak tawon dan segera sembuh ya Mpus nya.

      Delete
  52. Sist aku mau tanya
    Saat ni kucingku sedang menyusui..smggu sblm lahiran slah satu tlingany ada titik hitam kek kerak dn smakin lama jelas dn keras lalu kayak jd retak tlinganya
    Stelah lahiran keraknya ny nyebar jdi dua tlinganya kena.lalu dua alisnya jd jarang bulunya sma bawah mata bergaris jarang tpi bukan botak
    Itu ciri jamur,scabies ato apa sis?
    Saat ni aku ngobatinnya pake alkohol .rivanol.betadadine sma salep ketokonazol
    Karena stauku kucing lagi mnyusui ga bole pake obat

    Mohon solusinya sist kasian soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalau ditebak dari informasi yang Sis sebutkan sepeertinya scabies, karena jadi borok dan mengeras ya? Saran saya kasih salep khusus scabies, Sis :)

      Delete
    2. Salepny kn banyak sis yg mna yg trjangkau sis

      Ni kitteny d bagian ketiak ad kerak putih retak2 gitu ku kasih betadine lalu ilang sekarang jdi botak cma keliatan kulit..apa scabies jga? Gimana ni sis😭😭

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Garuk-garuknya kenapa? Kutu? Jamur? Ketagui dulu penyebabnya kenapa, baru dilakukan treatment yang tepat.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Luka digaruk? Luka jatoh kejedot?

      Delete
  54. Kalo Scabix Spray Ituh Bagus Gak Buat Scabies Mohon Info Nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan salah customer saya ada yg cocok dan memberikan testimoni positif.

      Delete
  55. Halo kak,mau tanya saya ada anak kucing, umurnya kira-kira baru 3 minggu. Dibagian kakinya ada bagian kuning gitu, kayak jamur, apakah itu jamur atau bukan yah? Saya pegang, kok malah bau pete . Hehe

    ReplyDelete
  56. pengaplikasian minyak tawon nya gimana????kan bulu kucing nya tebel tu...punya ku cuma aku usap2 pin kayaknya gg ngefek apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diaplikasikan ke kulit kucing yang berjamur. Kalau bulu nya tebal ya tinggal disibakkan dulu aja bulunya, lalu di usapkan sambil dipijat dengan lembut. It's simple, kok... :) Jangan kebanyakan ya ngasihnya. Kalau baru sekali-dua kali memang ngga akan ada efek, namanya juga treatment alami, pasti butuh proses dong... :)

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  57. Mohon ilmunya, ujung ekor kucingku kena jamur parah , klo di garuk smp berdarah,gmn solusinya agar jamur dan lukanya sembuh dan gak garuk lag? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agan Aldino.
      1. Potong kuku kaki kucig (kaki depan dan belakang)
      2. Cuci bersih daerah yang luka dengan air mengalir
      3. Yang luka berdarah dan terbuka bisa diberikan betadine / obat merah lainnya. Jika luka hanya tersayat / tergaruk tanpa luka terbuka, maka bisa menggunakan VCO
      4. VCO berfunngsi juga utk menyembuhkan dr jamur. Namun hasilnya TIDAK INSTAN karena VCO bersifat alami.

      Membuat kucing tidak menggaruk lagi sepertinya mustahil selama rasa gatal dan perih pada bagian yg sedang "luka" tetap ada. Maka solusi yg tepat adalah : "Sembuhkan segera".

      Semoga jawabannya membantu.

      Delete
  58. Kak kalo kucingnya kena jamur terus dikasih minyak telon bisa ilang sama dengan pakai minyak tawon gak? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah nyobain minyak telon buat kutu, kalau buat menghilangkan jamur mah blm pernah :)

      Delete
  59. kan kucingku ras bulu panjang trus dia kan kena jamur d deket telinganya duadunya trus yang sebelah kanan itu berlendir aman ga ya kalo d kasih minyak tawon?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sebelah kanan berlendir kenapa? berlendir dmn? berlendir di daun telinga? atau dalam telinga?

      Delete
    2. di deket telinga trus tak kasih betadine trus udh kering tp masih kek botak gitu

      Delete
    3. diluanya bukan didlamnya deket telinga tp bag luar

      Delete
    4. Maaf informasinya kurang jelas dan rinci mengenai lokasi dan objek penyakitnya. Saya bingung mau ngasih saran gimana... :(

      Delete
  60. Kak kittenku udah 4harian aku kasih minyak tawon, alhmdulillahh mulai sembuh, keraknya tinggal dikit, tapi diare ya blm sembuh" solusinya gmna ya , kasian dikandang jd ga tertip pup.nya 😭😭 mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  61. kak mau tanya dong. kucing saya lg hamil tua, tp skarang malah ada kutunya :(
    klo dikasih minyak tawon ini gpp kak? soalnya kan klo lg hamil gk boleh dimandiin juga buat ilangin kutunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai minyak telon aja yg lbh ringan :)
      jangan kebanyakan ya. baca review dan cara pakainya d blog saya ini ya. cari aja link nya :)

      Delete
    2. oke kak. makasih sebelumnya 😁

      Delete
  62. Aku punya bayi kucing baru usia 3 minggu,, masih menyusui,, 6 bayinya. Stlh ku perjelas ,, ada 3 yg terkena jamur sprtnya kulitnya ada sedikit kasar gt. Aku mo pisahin sm yg sehat tp gmana caranya smtr mreka msh menyusui. N apa obat yg bagus utk usia tsb menghilangkan jamurnya,, n apa utk antisipasi agar tdk tertular yg lainnya,, n pdhl tiap hr kandang n tatakan bahannya ku ganti terus. N kucing semua tdk ada yg keluar rmh. Tertular dr siapa ya. Trimakasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Jamur biasanya berkembang pada area lembab. Sharing sedikit ya Sis... Utk usia kucing kecil, saya biasa pakai VCO utk penyembuhan, krn aman terjilat... Sis bisa cek ulasan produk VCO di Blog Radio Kucing, disana ada testimoninya juga.

      Semoga membantu.

      Delete
  63. bang, masih aktif kan?? hehe
    aku mau tanya neko tuh suka banget tidur dikasur bareng aku, dan ternyata dia jamuran, aku jadi gatel" juga. bahaya ga ya buat aku, padahal udah aku kasih caladin dan pastinya mandi pun juga rutin. gatelnya tuh sampe ke punggung dan bagian lain yang ga bersentuhan sama nekoo. dan ada kemungkinan minyak tawon berfungsi juga buat aku??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Jamuran pada kucing bisa menular ke manusia, ringwom dan scabies juga bisa nular. Iya bisa, karena minyak tawon juga bs digunakan utk pengobatan manusia.

      Delete
  64. hallo bung , selain minyak tawon apa ya yg kadar panasnya lebih rendah , kalau pake minyak goreng atau minyak kayu putih bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bung Rizda.
      Bisa pakai minyak telon. Bisa cek ulasanannya disini : klik.

      Delete
  65. Ka kalo kucing sekitar umur 3 bulan kena jamur aman kah pakai minyak tawon? Kira2 penyembuhan nya berapa lama ya? Soalnya kasian dia garuk2 terus:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, Kok... Tergantung kasusnya. Kalau mau lbh lembut lagi panasnya, pakai minyak telon aja, dulu udah saya buktikan ke kucing pertama saya si Giko dan aman :)

      Delete
  66. Sedih kucing Ku jamuran setelah grooming di petshop tau gitu tak mandiin sendiri seperti biasanya.. Semoga ilang jamurnya pake minyak tawon soalnya banyak bngt jamurnya.. Kapok ane bawa kucing buat di grooming

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya engga perlu kapok Gan, tinggal hunting dan cari tau aja kira-kira jasa memandikan kucing yang mana yang memang recommended dan bersih. Memang engga memungkiri realita juga, kadang ada penyedia jasa yang menggunakan 1 alat utk banyak hewan, jadi saling nular deh... Hiks.

      Mudah2an ketemu yang cocok ya.

      Delete
  67. Kak kalo di atas mulut kemerahan itu kenapa ya kira2, ku pikir jamur terus ku kasih minyak tawon, tapi gak ngaruh, takutnya itu luka atau apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Di atas mulut bagian dalam? Sariawan? Calici? Gusi bengkak? Atau di atas mulut bagian atas? Kecakar kucing lain? Kegores pagar? Jerawat? Sacbies? Jamuran? Lecet?

      Kucing Sis luka apa ya?

      Delete
  68. assalamualaikum saya mau share nih tentang minyak tawon apakah boleh di berikan kucing menurut saya boleh karena minyak tawon itu adalah salah satu bisa mengobati segala luka nya manusia apalagi hewan , nah kekebetulan saya ni punya kucing gtu kan nama ya onyong dan dia suka banget kelahi gitu jadi saya obatin lukanya dengan " minyak tawon " beberapa kali gtu saya kasih alhamdulilah ada reaksinya untuk si kucing saya dan membuat dia jg sehat dan kuat jika tekena jilatannya ,

    tapi ada bagusnya jika kucing kita berikan minyak tawon dan ada hewan lain ingin niat jahat dia g bakalan berani mendekati karena bau minyak tawon itu hewan2 contohnya kucing , ular anti banget nyium bau itu dia Malahan pada kabur jadi buat kucing jantan sering keluar keluar misalnya mukanya hancur , atau jamur di kasih aja ini tapi ingat jangan terlalu banyak ngasih nya anggap az sedikit2 asal rutin ngasihnya inshaAllah Aman pemakaiannya .

    ReplyDelete
  69. Alhamdulillah trimakasih banget infonya,saya lagi bingung kucing kesayangan saya mulai kena jamur ditelinganya

    ReplyDelete
  70. Kucing saya kayak ketombean di daerah belakang telinga tapi warnanya agak kecoklatan dan di garuk2 trs. Ini ketombe atau jamur ya? Saya bingung soalnya

    Dan apakah bisa menular pada manusia? Soalnya tinggal di kos, yang tempatnya tidak luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Fitri. Ketombe pada kucing pada umumnya diakibatkan jamur. Nah, bercak kecoklatan ini jamur atau scabies ya?

      Kalau jamuran ringwom dan scabies bisa nular.

      Delete
  71. Saya ingin bertanya kucing saya seperti nya ada ketombe di ekor nya dan dilehernya seperti jamur. Hanya saja jamur nya ini berwarna bintik bintik hitam belum mengalami kebotakan atau memerah. Apakah bisa memakai minyak tawon ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus jamuran seperti di atas saya belum coba.

      Delete
  72. Replies
    1. Rencananya minyak tawon nya mau di pakai untuk treatment apa, Gan?

      Delete
    2. Gan mau nanya,bagian dlm telinga kucing bs gak dinkasih minyak tawon,trus kakinya jamuran gt kulit kelupas,apa langsung di kasih aja minyak tawon y ke kakiny

      Delete
  73. Kalo buat yang menderita sakit demodex bisa ndak pake minyak tawon kk

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D