Monday, May 9, 2016

"Healthy Cat Day (Catch The Fun & Healthy Knowledge in One Day)" Bersama Me-O dan KPKJ


Minggu, 1 Mei 2016
Hypermart Puri Indah, Jakarta

Pada hari Minggu, 1 Mei 2016, telah diadakan acara Healthy Cat Day (Catch The Fun & Healthy Knowledge in One Day)" Bersama Me-O dan KPKJ yang bertempat di Hypermart Puri Indah, Jakarta. Cuaca pada hari itu sangat terik, namun tidak mematahkan semangat tim reporter dan fotografer untuk meliput acara.

Kegiatan acara pada hari itu meliputi:
  • Fun Games
  • Talk Show
  • Bakti Sosial, berupa vaksin bersubsidi

Acara yang terselenggara dengan meriah ini merupakan perwujudan dari Me-o CSR Activity dan juga dalam rangka ulang tahun KPKJ yang pertama.

Pada acara ini, Cat People tidak hanya mendapatkan kesenangan dan kegembiraan berkumpul dengan sesama Cat Lover di area Jakarta dan sekitarnya,  namun juga bisa mendapatkan ilmu sekaligus oleh-oleh dari sponsor utama acara ini yaitu Me-O. 

Fun Games
Tidak hanya pemilik kucing yang merasakan kesenangan dan kegembiraan pada hari itu, tapi anak-anak berbulu juga ikut senang, karena ada Fun Games untuk Si Kucing. Fun Games ini bersifat interaktif antara yang mendukung kedekatan pemilik kucing (owner) dan kucing peliharaannya, hal tesebut dapat terlihat dari bagaimana saat owner berinteraksi dengan si kucing peliharaan saat games berlangsung. Biasanya sih, kalau sering berinteraksi dengan kucing peliharaan, akan lebih mudah berkomunikasi saat perlombaan berlangsung. Nah, lho... Hayoo yang ngga pernah ajak main mpusnya, pasti ketauan deh, hihihihi. Selain itu, ada juga games lomba makan Wet Food Me-o khusus untuk Si Mpus (Owner yang lapar ngga boleh ikutan ya, hihihihi). Hmm, pulang dari acara ini kucing-kucing pada kenyang, deh... ~
Kucing kenyang, owner senang, hahaha.





Makan yang banyak ya Meng, mumpung gratis, hihihihihi.

Oiya, selain bikin kucing kenyang, Fun Games ini juga menyediakan hadiah yang disponsori oleh Meo untuk pemenang. Pemenang dari Fun Games berhak membawa pulang hadiah berupa Dry Food Me-o All varian berseta Kenang-kenangan dari KPKJ. Asiiik, udah kenyang, pulang bawa oleh-oleh, lagi.... :D

Talk Show
Acara talk show pada kegiatan ini mengundang 2 orang narasumber, yaitu Mas Ardinsyah dari Cattery Ubud Persian dan drh. Indhira Kusumawardhani dari De' Pets Cinere.


Pada penyampaian materinya, secara garis besar Mas Ardinsyah menyampaikan tentang bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar, hingga mempersiapkan kucing tersebut untuk bisa mengikuti Cat Show (perlombaan kucing). Sedangkan materi yang disampaikan oleh drh. Indhira Kusumawardhani, menyampaikan materi mengenai penyakit kucing yang berbahaya dan juga ada bahasan khusus mengenain toxoplasmosis. Kedua materi yang disampaikan benar- benar memberikan pencerahan dan pengetahuan untuk para Cat Lover yang hadir pada acara tersebut.

Talk Show - Session 1
Bagaimana Merawat Kucing Hingga Siap Pentas!
Mas Ardinsyah, dalam materi yang dibawakannya menyampaikan, bahwa merawat kucing memerlukan komitmen, yaitu komitmen waktu, tenaga, dan dana. Komitmen waktu dan tenaga untuk general cleaning, seperti kegiatan kita sehari-hari dalam memberihkan pup & pipis kucing di litter box, menyisir dan menyikat bulu kucing, dll. Kegiatan ini memang terlihat sederhana, namun memerlukan waktu dan tenaga yang tidak sebentar, dan bahwa merawat kucing itu “capek” adalah benar. Tapi jika sudah komitmen, pasti bisa dilalui dengan enteng. Lalu mengenai komitmen dana, terdengar begitu matrealistis dan terasa 'mewah'. Sejujurnya Cat People, untuk memiliki kucing cantik dan sehat perlu kegiatan perawatan yang tidak hanya sekedarnya, hal yang paling mendasar dan modal awal dalam merawat kucing yang paling sederhana adalah memenuhi kebutuhan alat-alat kebersihan, misalnya sampo, sikat, pasir kucing, dll, dan semua itu memerlukan dana untuk memenuhinya. Selain kebutuhan dasar dalam kebersihan, masih ada kebutuhan lain, yaitu kebutuhan kesehatan, seperti vaksinasi, sterilisasi, kontrol rutin, vitamin, dll. Dan salah satu hal yang paling penting adalah kebutuhan makan, terutama kebutuhan makan bagi kucing yang memang dipersiapkan untuk Cat Show.


Sebagai informasi, bahwa kucing yang akan mengikuti Cat Show melakukan persiapan yang tidak sebentar. Persiapan yang cukup dan baik bagi kucing yang akan mengikuti Cat Show, pada umumnya membutuhkan waktu minimal 6 bulan. Juga, tidak semerta-merta kucing yang dihasilkan dari breeder ternama otomatis bisa langsung siap naik panggung. Intinya, kucing dari Bapak-Ibu Cahmpion, tidak selamanya bisa siap cat show jika tidak dilakukan perawatan dan persiapan dan baik dan benar. So, apapun jenis kucingmu, entah itu dari breeder, dapat dikasih teman, nemu dijalan, adopsi dari shelter, dll, intinya adalah persiapkaan diri Si Mpus secara lahir dan batin, dengan cara grooming yang benar, pakan yang baik, juga kasih sayang yang tiada henti. Sehingga, ketika kucing naik panggung Cat Show, kita tidak hanya mendapatkan kucing yang bagus secara penampilan saja tetapi juga perilaku dan keunikan karakter yang dimiliki oleh Si Mpus dapat menjadi penilaian tambahan tersendiri.


Dan salah satu pesan yang sangat berkesan dari Mas ardinsyah adalah:
"Kucing selama kita rawat dengan baik akan bagus."

Jadi, apapun jenis kucingmu, proud of it!
Tidak ada kucing jelek dan kucing kampung, yang ada adalah kucing tidak terawat!
Kucing domestic short hair juga bagus jika terawat :)


Talk Show - Session 2
Kenali 4 Penyakit Berbahaya Bagi Kucing dan Benarkah Toksoplasma Itu Virus Berbahaya?

Talk show session kedua bernarasumber drh. Indhira Kusumawardhani, yang membawakan materi kesehatan kucing. Inti dari materi yang disampaikan adalah, bahwa ada 4 penyakit kucing yang dapat menyebabkan kematian kucing, yaitu Panleukopenia atau Distemper, Rhinotracheitis, Calicivirus dan Feline Clamydophila.


Keempat penyakit tersebut adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada kucing. Dimana penyebaran penyakit tersebut adalah melalui udara, melalui kontak langsung dengan kucing yang menderita, dan melalui manusia sebagai perantara virus. Pencegahan yang paling baik adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, vaksinasi, pemberian vitamin, dan tentu saja kebersihan diri kita sebagai owner.

Dan materi yang paling ditunggu dari drh. Indhira Kusumawardhani adalah materi mengenai Toxoplasmosis.

WHY?

Karena toksoplasmosis atau sering disebut sebagai toksoplasma oleh Cat People, adalah salah satu momok menakutkan bagi Cat People, terutama Cat People perempuan. Pernahkan Cat People mendengar perkataan: "Jangan deket-deket (apalagi melihara) kucing. Nanti kena tokso ga bisa punya anak"?

Nah, pada sesi kedua ini, drh. Indhira Kusumawardhani menjawab kegundahgulanaan Cat People tentang Toxoplasmosis.


Cat People, ternyata tokso yang selama ini kita takuti bukanlah virus, tetapi protozoa. Dimana perantara penyebarannya bukan hanya melalui kucing, tetapi juga bisa melalui makanan, salah satunya berupa sayuran mentah atau daging yang di masak tidak matang. 

Wew...
Yang suka makan lalap...
Yang suka makan karedok....
Yang suka makan salad...
Yang suka makan sushi...
Yang suka makan sate...
Yang suka makan telor mentah...
Yang suka makan mi instan dengan telor setengah mateng...
Yang suka makan rare-steak...
Hati-hati...

Lalu, dikarenakan faktanya adalah toxo adalah protozoa, maka penyakit ini bisa disembuhkan. Toxo memang berbahaya apabila penderita sedang hamil. Maka dari itu, sering kali Ibu Hamil dilarang mengkonsumsi makanan yang mentah, karena bisa jadi ada protozoa dari toksoplasma yang masih hidup di sana dan hal ini dapat menyebabkan kelainan pada janin, dan bahkan dapat menyebabkan hydrocephalus pada bayi. Agar terhindar dari toxo, yang sangat penting dilakukan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama menjaga kebersihan kucing kita agar tidak menjadi perantara dari protozoa penyebab toxo. Cara sederhana yang dapat menghindari kita dari toxo adalah jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum makan dengan sabun, karena protozoa mati pada saat kita mencuci tangan dengan sabun. It's simple, right?


Oiya, acara talk show-nya interaktif dan meriah, lhoo.Apalagi ketika drh. Indhira Kusumawardhani memberikan door prize untuk 5 peserta talk show yang dapat menjawab pertanyaanya. Serentak, seluruh peserta talk show menjadi sangat antusias untuk menjawab. kebetulan Tim Reporter dan Fotografer dari Radio Kucing juga dapet, lho... (Hihihi, selamat ya Mba Siti Yuleha ^^). Hadiahnya berupa obat kutu untuk Si Mpus. Teknis penerimaan hadiah dengan cara dikirimkan kepada pemenang door prize. Sekarang lagi nungguin nih, semoga segera datang, hihihi.

Bakti Sosial Vaksin Bersubsidi Me-o CSR Activity
Setelah acara Fun Games dan Talk Show dua sesi yang penuh ilmu pengetahuin, kemudian acara dilanjut dengan kegiatan vaksin subsidi. Kegiatan vaksin bersubsidi ini merupakan salah satu bentuk Me-o CSr Activity dimana Me-O Sebagai sponsor memberikan subsidi kegiatan vaksin. Biaya vaksin bersubsidi ini sangat murah kebangetan, Cat People dapat memperoleh vaksin F3 hanya dengan merogoh kocek Rp30.000 dan vaksin F4 hanya Rp50.000 saja. Murah banget, kan? Dan yang memberikan vaksin pada kegiatan vaksin bersubsidi ini adalah  langsung ditangani oleh drh. Indira Kusumawardhani.

What We Got We Come Back Home?
ILMU, RASA HATI GEMBIRA, SOUVENIR, DAN SERTIFIKAT
All in one, kumplit-plit-plitttttt.... :D


Setelah Talk Show dan Fun Games, acara ditutup dengan pemberian hadian kepada para pemenang yang masing-masing membawa pulang satu paket Dry Food Me-o All Varian, sebanyak 980gr. Bukan hanya pemenang yang membawa hadiah tetapi nara sumber dan rekanan sponsor juga membawa paket hadiah dari Me-o juga, baik ya me-o. Makasih Me-O!


Dalam acara ini Me-o memberikan promo berupa setiap pembelian produk Me-O sejumlah Rp100.000. pembeli bisa mendapatkan cute shopping bag atau folding bag. Ayo, siapa sudah punya cute shopping bag atau folding bag dari Me-O?

Di akhir acara, Me-o juga memberikan door prize berupa shopping voucher Hypermart sebesar Rp100.000 untuk 5 orang. Wihiiiiiii, banjir hadiiiiah... :D 

Secara keseluruhan, acara pada hari itu berlangsung dengan lancar dan penuh dengan rasa antusias dari pada pengunjung acara. Terima kasih kepada Me-O yang sudah mengundang Tim Radio Kucing untuk berkunjung dan meliput kegiatan acara. Terima kasih juga atas sambutannya yang hangat kepada Tim KPKJ, acara kalian ngerocks! Juga terima kasih kepada para media partner lain, acara ini juga di dukung oleh majalah Trubus, Majalah Cat and Dog, Radio OZ, Elshinta TV, dan RadioKucing.com.


Salam Kiss Kiss Paw Paw.

Oleh Tim Reporter & Fotografer RadioKucing.com:
Ambar Wijayanti, Siti Yuleha, & Nardo

Editor: Juwies

========================

Ingin acara komunitas kamu diliput dan muncul di RadioKucing.com?
Silahkan hubungi kontak berikut ini, yah... ^^

Line: juwies
Instagram: juwiess
BBM: 57 BF 3E 92
Whatsapp: O856-2I2-647O

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , , ,