Tuesday, June 6, 2017

Halo!
Akhirnya nulis lagi.
Setelah sekian lama akhirnya datang lagi, ahahaha.
Maaf ya Teman-teman, ekeu lagi rada sibuk di urusan kantor dan bisnis Radio Kucing, jd agak susah nyari waktu buat nulis. Anyway, tulisan yg skrg diangkat ke blog bukan murni tulisan saya, tapi sumbangan tulisan dari salah satu Cat Lover yaitu Sis Himmi dan Sis Mira. Ceritanya begini, pada suatu hari, mereka menghubungi saya untuk menawarkan diri untuk sharing mengenai makanan kucing, dimana memang saya belum pernah menulis mengenai review makanan kucing tersebut.

*Loh kok ngga Radio Kucing aja yg nulis?
Saya ga bisa nulis reviewnya karena belum nyoba Mbak, Mas, hahahha.

Lagipula, saya juga senang banget pas Sis Himmi dan Sis Mira menawarkan diri untuk ikut berkontrubusi menulis di Radio Kucing. This is what this blog about, Gengs!! Oleh kita semua, buat kita semua, the power of sharing lah, Gengs... :)

Review yang ditulis oleh Sis Mira dan Sis Himmi adalah review makanan kucing merk Minino Plus, diamana review makanan kucing ini emang udah direkues oleh banyak pembaca Radio Kucing dari jaman manaaaaaaa, tapi saya belum sempat tulis dan coba merk tersebut. Oiya, disini saya bertindak sebagai editor "kecil" yes, yang merapikan tulisannya saja :)

Sekali lagi, thanks a lot ya Sis Himmi dan Sis Mira.
Semoga tulisannya bisa menginspirasi.


Penampakan Kemasan Produk
Berikut adalah kemasan produk makanan Minino Plus.

Related image

Makanan kucing Minino Plus bisa dijumpai dalam kemasan besar ukuran 10kg , freshpack 1.3 kg ukuran dan repack (1/2 dan 1 kg), tergantung dari Pet Shop yang menjualnya. Makanan kucing Minino Plus tergolong makanan dengan harga kelas medium. Makanan kucing Minino Pus berasal dari Mexico, yang diproduksi oleh Malta de Mexico. Website resmi dari minino adala www.solomininos.com.mx. Dalam website resmi Minino ini tidak ada translate Bahasa Inggris, jadi sebaiknya jika Cat Lover ingin membaca isi dari web tersebut, maka bisa menggunakan fasilitas Google Translate (biasanya terdapat pada browser Chrome) sehingga isid ari website tersebut bisa langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sehingga bisa mempermudah kita untuk membacanya.

Rasa Yang Tersedia
Makanan kucing Minino Plus tidak memiliki varian rasa lain, hanya ada 1 rasa saja yang ditawarkan.

Bentuk dan Tekstur Kibble / Biskuit
Kibble dari makanan kucing Minino Plus ini memiliki bentuk yang macam-macam dan berwarna warni.


Kibble dari makanan kucing Minino Plus ini terasa agak lebih keras dan tidak serenyah kibble makanan kucing Bl*ckwood. Kibble nya sendiri berminyak, dans saat anak kucing makan terdengar sara kletuk-keletuk saat dikunyah. Pengalaman Sis Himmi dan Sis Mira, kedua kitten mereka yang pada saat itu berusia 3 bulan sudah bisa mengkonsumsi makanan kucing merk Minino Plus ini.



Kandungan Bahan-bahan dan Nutrisi
Karena sangat susahnya mencari ingredient Minino dalam Bahasa Indonesia bahkan Inggris akhrinya kami mengartikan sendiri Ingredient Minino yang ada di kemasan 10kg dan mengartikannya dari Bahasa Spanyol ke Bahasa Inggris dan Indonesia menggunakan Google Translate (Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan/kurang sesuai).

Klik pada gambar untuk memperbesar.

Sedangkan kandungan nutrisi Minino Plus adalah sbb: 
Crude Protein 32% (min)
Moisture 11% (max)
Crude Fat  11% (min)
Crude Fiber 4% (max//)


Klaim kelebihan dari minino plus:
1. Mata menjadi lebih cerah
2. Usus menjadi lebih sehat
3. Saluran kemih lebih sehat
4. Kulit menjadi lebih cantik
5. Hati menjadi lebih sehat

Bagaimana Efek Makanan Terhadap Kucing?
Pertama kali mencoba produk ini karena direkomendasikan oleh salah satu Om yang punya Petshop di Malang, yang menurut ia bahwa Minino Plus ini lebih bagus jika dibandungkan merk sebelah yang berada dikelas medium juga yang harganya hampir sama. Akhirnya Minino Plus ini pun dibeli karena dulu masih awam banget dan belum ngerti makanan kucing yang bagus. Lalu makanan kucing Minino Plus dimakan oleh 2 kucing peliharaan di rumah, yang bernama Petal dan Noni. Saat memberikan makanan kucing Minino Plus ini kepada Petal, pergantian makanan kucing langsung dilakukan 100% ke Minino Plus dan alhamdulilah Petal ngga mencri. Oiya, sebelumnya mau cerita sedikit soal Noni, Noni sebelumnya diberi makanan kucing Merk U*****sal dari pemilik lama. Saat menggunakan makanan kucing U*****sal, pup-nya kering banget hingga pasir pup pun ngga nempel menutupi pup saat Noni pup, lalu Noni pun jadi kurus banget dan bulunya rontok parah, pee dan pupnya juga sedikit, yaitu sehari sekali. Lalu akhirnya Noni pun ganti makanan kucing ke makanan kucing merk Minino Plus dan alhamdulillah Noni ngga mencri. Malah pupnya bagus dan padat, pasir masih nempel dan pipis juga lebih banyak, sehari dia bisa 2 kali pipis. Selain itu , setelah beberapa lama menggunakanan makanan kucing Minino Plus, badan Noni jadi semakin gendut dan bulu tidak rontok bahkan bulunya semakin bagus (selain efek makanan sepertinya karena efek sampo juga, hehe). Namun sayangnya, pada kucing baru, yaitu Mozza dan Muffin yang masing-masing pada saat itu masih beumur 3 bulan, sepertinya mereka kurang cocok dengan makanan kucing Minino Plus. Jadi ceritanya Mozza da Muffin sudah diberikan makanan kucing sendiri yang khusus kitten dari merk Me*, namun mereka suka "nyuri" makanan kucing Noni, yaitu Minino Plus, keliatannya Mozza dan Muffin demen banget sama Minino Plus, namun mereka mencri selama sekitar 3 hari. Lalu mereka berdua diberi lagi makanan kucing lama mereka yaitu Me*, namun masih tetap mencri. Akhirnya Mozza dan Muffin di bawa ke Dokter Hewan dan diberikan penanganan, dan sekarang sudah sembuh. Sepertinya Minino Plus diperuntukkan untuk kucing lebih dari 1 tahun.

Harga:
Repack 500 gr : Rp.20.000
Freshpack 1.3 Kg : Rp. 56.000-70.000
Freshpack 10 kg : Rp.340.000

Kesimpulan & Alasan Mengapa Merekomendasikan Makanan Kucing Ini
Harga yang cukup bersahabat dikantong dengan berbagai benefit yang didapatkan. Berikut ini adalah kelebihan makanan kucing Minino Plus ini:
1. Harga terjagkau dengan kualitas lumayan baik (sudah menggunakan daging ayam tuna dan sapi, bukan by-product).
2. Kucing suka banget, dan gampang diadaptasi oleh kucing dewasa.
3. Ada Extract YUCCA sehingga mengurangi bau pee dan pup kucing 
4. Klaim ada Urinary Track Health jadi lumayan bagus untuk kucing jantan.
5. Mudah ditemukan di petshop (khususnya daerah Malang).
Kekurangan Minino Plus:
1. Kurang Informatif (kemasan Bahasa Spanyol, di website hanya Bahasa Spanyol dan tida ada keterangan Ingredient)
2. Masih terdapat Biji-Bijian dalam komposisinya.
3. Ada kandungan babinya (jadi agak gimana gitu gara-gara tau ada kandungan babi :D)
4. Ada Zat pewarna makanan.

Kucing suka dengan makanan kucing Minino Plus ini, bbahkan Mozza sdan Muffin yang masih kitten pun suka banget). Tidak gampang membuat kucing dewasa alergi dengan menggunakan pakan ini, pup padat dan terlihat baik tidak sampai sangat kering, pee juga lebih banyak. Memperkuat bulu kucing sehingga tidak mudah rontok. Kucing setelah makan ini  menjadi semakin gembul. Minino Plus juga mudah didapatkan di petshop. Namun sayangnya informasi mengenai Perusaan Produsen Minino Plus ini masih sedikit, sehingga masyarakat menjadi agak kesulitan mendapatkan informasi. Minino Plus juga masih banya mengandung biji-bijian padahal itu kurang baik untuk kucing. Tapi dengan pertimbangan harga dan manfaat minino ini layak dijadikan pilihan makanan kucing di kelas medium.

Informasi tambahan:
Mengenai kandungan cerdo / babi yang dikabarkan berada di dalam kandungan makanan kucing Minino, Radio Kucing mendapatkan informasi dari Pak Sri Budiono selaku Importir Minino, berikut ini screenshoot-nya:

Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan.




Link dowload surat pernyataan: klik.


Semoga informasi ini bermanfaat.


Salam,

Sis Himmi dan Sis Mira
Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

16 comments:

  1. Kak itu Petal dan Noni usianya diatas satu tahun? apa ada riview pakan ini untuk kitten? Saya masih pemula untuk mengurus kucing kak jadi masih sangat awam untuk tahu mana kandungan yang baik untuk kucing saya. Saya punya kucing skitar umur 4 bulan. waktu saya ke petshop buatbeli makanannya saya di sarankan pilih merk 1st choice karena kualitas dan kadnungan nya yg bagus kata om penjaga tokonya di bandingkan merk wiskas atau friskies katanya. saya coba aja karena waktu itu ada kemasan repack 1kg harga promo dari 120rb jadi 50rb. pas di coba ke kcing saya dia suka dan lahap gtu tapi baru saya coba dua hari ini dan ini pertama kalinya saya pelihara kucing jadi belum tahu pasti apakah pakan tersebut baik untuk kucing saya atau tidak. Kakak bisa tolong buatkan review tidak soal 1st Choice Kitten? soalnya saya lebih paham dan nyaman ketika membaca dari blog ini dripada website resmi merk2 pakan kucing tersebut karena berdasarkan pengalaman pribadi penulis jadi saya merasa aman gitu ehe
    Saya hanya sedikit riasu apakah ini baik atau tidak. apakah ini di rekomendasikan atau tidak. karena dari postingan penulis sebelumnya. makanan kucing itu cocok2an seperti obat jerawat kan? hehe
    saya hanya ingin memberikan yg terbaik untuk first kitten saya aja hehe
    Mohon bantuannya kak, terimakasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sis Noer Fauziah.
      1. Saya lupa ga nanya ke Sis Mira dan Himmi
      2. Belum ada review Monello utk Kitten, kalau merk lain ada. Cek aja langsung di blog ya.
      3. Wajar, semua orang pernah jadi pemula, jangan minder dan jangan malu, harus jadi pemacu semangat utk belajar mengenai kucing
      4. Iya benar, 1st choice emang kbh bagus dr whiskas dan friskies, yaaaaaa harganya juga beda kan? ahahahaha
      5. Belum bisa Sis, saya belum mampu beli 1st Choice :) Xixixixix. Nah, berhubung Sis udah nyoba, gimana kalau Sis ikut nyumbang review seperti Sis Himmi dan Sis Mira? Sekalian bisa eksis juga sama Mpus nya, saya post di blog juga.
      6. Terima kasih. Karena berdasarkan pengalaman, jadi blog ini di tulis apa adanya. Nah, Sis juga berbagi pengalaman dong... Belum ada nih review 1st choice.
      7. Terima kasih kembali. Yuk sharing reviewnya. Hubungi saya via whatsapp ya :) Ditunggu lho.

      Makasih banyak juga ya Sis.

      Delete
    2. Klo 1st Choice bagus2 aja yaa kyk RC, cuma efek bulu kucingnya agak kurang bagus kilauannya.., setelah pakai ANF (Advanced Nutrition Formula) baru cocok dibulunya.
      Utk harga ga beda jauh sama 1st Choice & RC, cuma kendalanya carinya agak susah.., ga semua petshop di JKT jual itu makanan...

      Delete
    3. Kalo yg buat kitten ada minino lain kak, minino adult and kitten ada. Bungkusnya oren.

      Delete
  2. Produsen produk Minino Plus itu adalah Malta Cleyton [Group of Neovia] dari Perancis. Malta Cleyton Mexico di beli oleh Invivo NSA sejak tahun 2007. Invivo NSA adalah Group perusahaan dari Perancis yang menciptakan, mengembangkan serta mendistribusikan Royal C*nin let's see https://en.wikipedia.org/wiki/Royal_Canin
    Selain membeli Malta Cleyton di Mexico, Invivo juga membeli Total Alimentos (Equilibrio) Brazil pada tahun 2014. Dan Invivo juga membeli perusahaan pet food di China yaitu Sanpo dan Nutrizon dari Brazil pada tahun 2017 ini. Selain memproduksi dan mendistribusikan pet food, Invivo juga memproduksi premix, feed additive serta memproduksi complete feed (ayam, puyuh, pakan kuda (Royal Horse), pakan kelinci (Royal Rabbit), pakan ikan serta pakan udang. Di Indonesia, Invivo punya 2 buah pabrik yang berada di Bogor dan di Mojokerto - Jawa Timur.
    Untuk Minino Plus, kucing saya yang bernama Ciprut juga makan Minino Plus dan kucing saya sehat, gemuk dan bulunya bagus, pup tidak bau. Untuk penggunaan Grain--dalam hal ini jagung dan gandum--adalah hal yang wajar karena posisi ingredients untuk Jagung dan Gandum di urutan yang ke-6 dan ke-7, sehingga jumlahnya juga tidak terlalu banyak. Sama seperti R*yal C*nin juga menggunakan maizena (tepung jagung) di urutan yang tengah. Yang terpenting adalah first ingredientnya bukan Jagung atau gandum.
    Demikian sumbangan pengetahuan dari saya semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Tambahan dari saya tentang produk Minino Plus...
    Terjemahan dari Bahasa Spanyol dari Ingredient produk Minino Plus (Bahan Utamanya):
    Harina de pollo = Tepung daging ayam
    Harina de pavo = tepung daging turki (kalkun)
    Harina de res = tepung daging sapi
    Harina de atun = tepung Tuna
    Harina de cereales de maiz y trigo = sereal tepung jagung (tepung maizena) dan tepung gandum.
    Terkait dengan Cerdo...sebagaimana yang tercantum di packing Minino Plus yang saat ini beredar di pasar Indonesia, pihak produsen MaltaCleyton memberikan klarifikasi sebagaimana bahwa pencantuman cerdo dalam packing itu karena pada saat itu di Mexico sedang terjadi wabah Flu Burung (AI), sehinga pihak pemerintah memberikan saran untuk menggunakan bahan baku selain dari ayam agar dapat menghambat persebaran/penularan wabah flu burung (AI) tersebut. Sebagai alternatif bahannya menggunakan Cerdo. Namun sampai dengan sekarang Cerdo tidak pernah di gunakan karena bahan baku tersebut harganya sangat mahal, namun karena packing nya sudah tercetak dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tidak mungkin untuk tidak digunakan. Akhirnya mereka memutuskan untuk tetap menggunakan packing tersebut sampai habis dan packing saat ini sudah di revisi dengan menghilangkan bahan yang memang tidak di pakai dan akan alrady di pasaran pada bulan Oktober 2017.

    Sebenarnya ada surat resminya namun saya copy dan saya paste tidak bisa sehingga terpaksa saya kirim ke WA Admin Radio Kucing biar admin yang memasukkan.
    Demikian tambahan penjelasan tambahan dari saya.
    Best Regrads,


    Sri Budiono
    Mobile: 081515800070








    ReplyDelete
  4. Weww..product latin ni
    Sebenarny mau coba.tapi mau gk ya
    Anabul ane biasa makan clas super. Royal weding😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset, berasa nikah sama kerajaan inggris, royal wedding boook... :D

      Delete
  5. Diperbanyak dong pangsa pasarnya di petshop daerah bekasi susah bener cari minino plus mesti lari ke olshop. Tapi jatuhnya beli repack karena yg 10kg harganya mihil bingits yg pada jualan.

    ReplyDelete
  6. sayang blm banyak yang jual, badan jd gemuk bulu gk rontok lagi n bau pup/pee jauh berkurang. sempat lembek pupnya waktu pergantian pakan meski tidak langsung ganti 100% tp cm sehari saja

    ReplyDelete
  7. Sepertinya produk ini yg sedang aku cari. Dari bentuk pakannya yang beraneka ragam, apa ada produk sejenis yang bentuk pakannya macam2 dalam satu kemasan? Aku dulu beli sudah dalam kemasan petshop jadi ga tau nama produknya. Waktu pindah kota bingung belinya karena tidak tahu nama produknya. Trimakasih infonya.

    ReplyDelete
  8. Jadi produk Minino Plus tidak mengandung babi ya?? Karena skrg sy lg pke pakan ini dan ketika baca artikel trnyata mengandung babi jd pengen ganti yg tdk ada babinya. Mhon pencerahan.

    ReplyDelete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D