Wednesday, July 12, 2017

Apa itu makanan kucing repack dan freshpack?
Apa yang dimaksud dengan kemasan repack dan freshpack?
Kemasan repack dan freshpack itu apa sih, Kak?
Freshpak dan repack bedanya apa?
Isinya beda? Kok kemasannya beda?


Buat Teman-teman yang jualan atau nyambi jualan makanan kucing online atau offline pasti pernah dapat pertanyaan di atas dari Pembeli, kan? Atau mungkin Tema-teman yang mau belanja makanan kucing pertama kali juga bingung saat ditawari makanan kucing repack atau freshpack? Sebenarnya makhluk apakah itu? Yuk, kita bakas.

Apa Itu Makanan Kucing Kemasan Freshpack & Repack?
Secara sederhana dan singkatnya, makanan kucing kemasan freshpack adalah makanan kucing yang dikemas asli dr pabrik, misalnya dari pabrik menyediakan varian 500 gram, 2kg, 8kg, atau 20kg. Mengenai isi dan berat dari masing-masing merk makanan kucing berbeda-beda, misal Produsen A mengeluarkan makanan kucing Merk AA dengan varian kemasan freshpack 500 gram, 1.4kg, dan 20kg, sedangkan Produsen B mengeluarkan makanan kucing Merk BB dengan varian kemasan freshpack 500 gram, 2kg, 8kg, dan 20 kg. Nah, varian masing-masing isi dan berat makanan kucing freshpack ini adalah prerogatif dari masing-masing produsen makanan kucing, ngga ada aturan yang mengikat. Biasanya jenis varian ini ditentukan dari target pasar, modal produksi, dll. Kemasan freshpack ini sama seperti kemasan pabrik pada umumnya, yaitu: terdapat merk, komposisi, bahan-bahan, kandungan gizi, dan lain-lain, pokoknya pada kemasan freshpack ini memiliki informasi standar yang pada umumnya harus tercantum pada kemasan makanan kucing. Masih bingung, mari kita lihat contohnya :


Apa Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Freshpack?
Menurut saya pribadi dan berdasarkan pengalaman selama ini menggunakan berbagai macam merk makanan kucing, kelebihan makanan kucing freshpack adalah dimana kebutuhan kita sebagai pemilik kucing mengenai informasi produk tertulis jelas di kemasan, sehingga kita bisa membaca dan memilih makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhan kita. Juga, untuk Cat Lover yang sangat mementingkan kualitas dan higienitas produk, makanan kucing freshpack bisa jadi pilihan, karena beberapa produsen memberikan jaminan produk sampai dengan baik di tangan konsumen selama kemasan produk tidak bocor. Tapi tapi tapi, sharing pengalaman aja nih Gan, beberapa bulan yg lalu (akhir 2016 - awal 2017) sempat ada informasi beberapa merk makanan kucing yang diterima dalam keadaan tidak baik padahal kondisi masih segel, salah satunya apek dan berulat (ngeriiii), sampai saat ini belum diketahui mengapa hal itu bisa terjadi. Saya pribadi menduga (ini dugaan lho ya, belum ada bukti, beneran dugaan) sepertinya ada kebocoran produk atau kesalahan dalam menyimpan produk (misal kepanasan / disimpan di tempat lembab) sehingga mengakibatkan kondisi produk (walaupun masih dalam kemasan freshpack dan segel) menjadi rusak. Jadi, menurut saya membeli makanan kucing freshpack juga bukan jaminan produk yang kita bawa ke rumah dalam keadaan baik, karena banyak faktor yang sangat mempengaruhi kualitas produk makanan kucing sat diterima oleh Pembeli. 

Oiya, salah satu kekurangan produk freshpack adalah harga. Sudah menjadi rahasia umum bersama jika makanan kucing kemasan freshpack harganya lebih mahal, alasan utamanya sih karena harga dari supplier nya memang mahal, hahahah. Misal, jika kita membeli makanan kucing kemasan repack bisa Rp25.000 per kemasan repack kg, maka makanan kucing merk sama namun dengan kemasan freshpack bisa jadi Rp25.000 itu adalah harga 1 kemasan isi 800 gram. Kan lumayan beda 200 gram buat 2 kali makan Si Meong, Gan!! *Ngoahaha, edisi owner kucing peyit, hihi. Bukan peyit, tapi irit, hehehe.

Tapi kembali lagi dengan semua hal yang ditawarkan, menurut saya wajar makanan kucing freshpack lebih mahal, karena produsen juga harus menghitung biaya packaging dan sebagainya. Intinya ada uang ada barang ada kualitas :)

Lalu bagaimana dengan makanan kucing kemasan repack?
Makanan kucing kemasan repack adalah makanan kucing yang dikemas kembali oleh toko atau pet shop tempat dimana Teman-teman membeli. Kurang lebih mirip beli gula putih atau tepung terigu di warung, Gan. Alurnya adalah dari kemasan karungan, gula putih atau tepung terigu tersebut dikemas  ulang oleh Pemilik / Pegawai Warung tempat kita membeli, pada umumnya dikemas dalam kemasan plastik 500 gram atau 1 kg. Nah, makanan kucing juga sama seperti itu. Bingung? Mari kita lihat contohnya :


Biasanya Toko / Pet Shop mengemas makanan kucing repack dari kemasan karung besar, misal dari kemasan karung isi 8 kg atau 20 kg, kemudian di kemas menjadi kemasan repack 500 gram atau 1 kg an. Dan lagi-lagi, Mengenai isi dan berat dari masing-masing makanan kucing repack antar Toko / Pet Shop berbeda-beda, misal Pet Shop A menjual kemasan makanan kucing merk Z dengan kemasan 1kg seharga Rp30.000 tapi lokasinya agak jauh dr rumah dan terpencil, nah Pet Shop B menjual makanan kucing merk Z 900 gram Rp30.000 dan lokasinya mudah dijangkau angkot. Terkadang, perbedaan harga makanan kucing dan isi kemasan freshpack bukan hanya berpengaruh dr harga dasar makanan kucing itu (baca: modal), tapi juga nilai jual lain yang ditawarkan. Misalnya kemudahan membeli, lokasi terjangkau, dll. Dan lagi-lagi, ada uang ada barang ada kualitas :)

Kenapa Makanan Kucing Kemasan Repack Bisa Lebih Murah Dari Kemasan Freshpack?
Untuk menjawabnya mari kita berhitung.... Hahaha.
Misalnya untuk makanan kucing merk Y kemasan freshpack 1.8 kg Rp50.000 dan kemasan 8kg Rp200.000. Nah, oleh Pet Shop kemasan 8kg tersebut di ecer dalam kemasan repack 1kg sehingga pembeli bisa mendapatkan harga Rp25.000/kg kemasan repack. Kalau beli 2kg dapat Rp50.000, sedangkan kemasan freshpack di harga yang sama hanya 1.8 kg.

Aman Ngga Sih Beli Makanan Kucing Repack?
Aman. Asalkan kita tahu penjualnya menjual jujur. Yang baha itu adalah jika penjualnya tidak jujur, misalnya menjual makanan kucing repack yang dicampur dengan makanan kucing yang sudah kadaluarsa, hiiii ngerrrriiii. Ada baiknya bertanya kepada penjual makanan kucing tentang kadaluarsanya, atau minta cek karungnya. Kalau penjual jujur ngga akan takut kok ditanya seperti itu. Tapi nanyanya yang sopan juga ya, jangan keliatan introgasi, sebagai penjual juga kan punya hati dan perasaan kalau ditodong "Kadaluarsa ga nih!?", ya kamoh kira semua penjual makanan kucing basi, hahahaha. Tetap bertanya dengan sopan dan baik ya, Gengs.

Oiya, membeli kemasan freshpack juga tidak jaminan barang yang kita beli tidak kadaluarsa, akrena beberapa toko nakal bisa menghapus tanggal kadaluarsa dan diganti dengan yg baru. Huft, ada-ada saja tindak kejahatan orang ya, Gengs. So, amannya memang membeli kepada toko yang sudah terpercaya atau sudah kenal ya :)

Tips Membeli Makanan Kucing Repack
Nih nih nih nih, saya shraring sedikit tips membeli makanan kucing repack.
  1. Tanya dan pastikan isi berat, apakah 1kg yang dimaksud adalah 1 kiloan alias 900 gram arau 950 gram, atau benar 1 kg.
  2. Pada umumnya makanan kucing repack dikemas dengan kemasan bening. Cek kondisi kibble, apakah terlihat masih berkualitas baik.
  3. Tanya dan pastikan masa kadaluarsa makanan kucing repack.
  4. Beli di Toko / Pet Shop yang sudah dipercaya

Kira-kira apa lagi ya?
Buat Teman-teman yang punya tips untuk memilih dan membeli makanan kucing kemasan repack, sharing dikolom komentar ya :)

Jadi Baiknya Beli Makanan Kucing Repack atau Freshpack?
Ini kembali lagi kepada kebutuhan dan kenyamanan Teman-teman dalam membeli makanan kucing. Saran saya jika Teman-teman adalah pengguna baru di suatu merk makanan kucing tertentu, maka saran saya adalah membeli kemasan freshpack, sehingga Teman-teman bisa membaca informasi jelas mengenai produk tersebut di kemasan makanan kucing. Lalu, untuk teman-teman yang masih ragu untuk membeli makanan kucing kemasan repack juga bisa untuk membeli makanan kucing kemasan freshpack, misalnya karena belum ada Toko / Pet Shop yang dipercaya, ini masalah hati cuy! Hehehe. Lalu untuk Teman-teman yang memang sudah tahu mau beli apa dan sudah tahu kucing cocok dengan makanan kucing apa, saran saya untuk membeli dalam kemasan besar sekalian, supaya hemat biaya, Cin! Karena membeli dalam kemasan besar memang harga lebih murah, apalagi jika kucing Teman-teman banyak. Nah, Teman-teman yang memang sudah tahu mau beli apa dan sudah tahu kucing cocok dengan makanan kucing apa tapi butuh makanan kucing cuma sedikit atau baru mau coba-coba, bisa membeli kemasan repack. Karena kalau dihitung dalam jangka panjang, perbedaan harganya memang lumayan. Hehehe.


So, keputusan untuk membeli makanan kucing kemasan repack dan kemasan freshpack kembali lagi kepada pelik kucing alias owner. Bijaklah dalam memilih demi Si Meong tercinta.

Semoga informasi ini bermanfaat. Informasi ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.


Salam,

Juwies
Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , ,

13 comments:

  1. Halo radio kucing, pengen curhat nih. Saya punya 2 kitten di rumah mungkin sekarang udah umur 4 bulanan. Tapi kok badannya kurus banget yah. Padahal makanannya tuh g pernah saya batesin. Tapi tiap saya kasih makanan g pernah habis, kasih dikit g habis dikasih banyak malah nyisa banyak. Sementara ini sih saya nyobain pake meo kitten campur univ kitten 50-50. Tapi ya gitu makannya gak beringas. Meski dikasih wetfood sekalipun pasti nyisa. Makan ikan goreng pun juga gak banyak, gak nafsu kayak kucing ketemu ikan pada umumnya. Tape mereka itu baik2 aja, lincah, pup dan piss nya normal g mencret dan banyak. Tapi saya pengen mereka lebih gendut. Cz sekarang ini mereka jadi kayak kucing yang gak dikasih makan gitu. Padahal sebulan abisnya 4kg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Gagas.
      1. Kurus pada kucing bisa jadi 'sehat' atau 'tidak sehat'. Jika sehat maka ngga jadi masalah, itu mah bawaanya emang gitu. Sama kayak manusia ada juga kan yg makan banyak tetap kurus? Nah, kucing juga sama. Yang penting bukan kucing gemuk, tapi kucing sehat. Kalau kucing kurus karena tidak sehat, bs jadi dia cacingan, nafsu makan berkurang entah krn stress, malas makan, atau penyebab lainnya.
      2. Ngga habis makanan kucing bisa jadi karena memang dia ngga suka makan, dia memang makannya sedikit (berbanding lurus dengan badannya yg kurus), atau dia ngga suka makanannya. Saran saya coba merk dan rasa makanan kucing yg lain, siapa tau nemu makanan kucing yg cocok dan di suka si kucing, coba juga berbagai jenis merk dan rasa makanan kucing dry food maupun wet food ya.
      3. Ngga semua kucing suka ikan, Mas. Kucing saya aja ngga suka ayam, kalau ikan dia suka nya kembung, ikan lele dan nila dia ngga begitu doyan :) Jadi kucing juga punya selera, ngga sterotipe semua kucing suka ikan, sama seperti manusia, ngga semua manusia suka daging.
      4. Selama baik-baik saja dan lincah, tidak perlu terlalu khawatir. Jika memang sudah sangat khawatir, sebaiknya berkonsultasi ke dokter hewan, tapi solusinya ngga akan jauh-jauh dr yg udah saya sharing di atas. Banter di kasih penambah nafsu makan... :) Tapi kalau sebulan 4 kg untuk 2 kucing mah udah wajar atuh, makan normal banget :)

      Semoga jawabannya bisa membantu.

      Delete
  2. Oh gitu ya. Makasih banyak ya Radio Kucing. Jadi sedikit lebih lega nih. Belum sempat kontrol ke Vet juga sih. Oh iya, 2 kucing saya "bing" sama "bong" itu pipinya tirus banget. Apa ini memang breed nya atau karena mereka kurus ya? Apakah kalo gemuk kucing2 saya ini bisa tembem kayak kucing2 di google gambar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Gagas.
      Breed juga berpengaruh, contohnya anggora lebih tirus dr persia.

      Delete
  3. Saya punya kucing persia juga sama umur 4 bulanan...awalnya saya kasih makan kucing saya yg dari frisakas gitu...tpi kucing saya tidak mood makan sampai tidak habis...lalu saya berfikir untuk belikan makanan dari wiskas yg basah...dan saya kombinasikan friskas kering dan wiskas basah...alhasil kucing saya sangat suka dan habislah makanan yg saya kasih ke kucing saya....coba aja mas @gagas setyawahyuaji jika kucingnya kurang selera dengan makanan yg mas kasih..coba kombinasikan makanan kering dan basah lalu kasih kepda kucing kesayanganya...apakah dia selera dan mau makan apa sama saja...soalnya kucing saya juga sebelumnya gak nafsu makan
    ..tpi pas saya kombinasikan makanan friskas kering dan wiskas basah..kucing saya sangat lahap dan nafsu makan tinggi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah, makasih banget sis udah sharing pengalaman. mudah2an senantiasa sehat selalu ya :)

      Delete
  4. Dirumah ada 3 kucing,2 kucing dome,1 kucing persia.Mereka pd doyan makan,sehari bs nympe 6x makan baik makan df atopun wf.
    Nah,2 kucing dome ku ini gk bs gemuk dibanding sm yg persia.Apa karna dome ku ini aktif n lincah,suka maen,lari² jd gk bs gemuk?sedangkan yg persia jrg ikut maen,lbh bnyk molor n tiduran an jd na gemuk.Mereka udh rutin mnum obat cacing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, bisa jadi emang bawaannya aja ga bs gemuk :) Masing-masing kucing itu unik :) Terima kasih atas sharing pengalamannya. Mudah2an Mpus nya senantiasa sehat selalu ya.

      Delete
  5. Halo... saya mau tanya.barusan saya beli makanan kucing merk RC kitten. Tapi saya tidak lihat expired nya. Dan ternyata sudah expired . Mau saya kembalikan, jarak rumah saya dan petshop jauh. Yg mau saya tanyakan,apakah layak konsumsi makanan kucing yg sudah expired? ( oiya masa expired nya sudah 1 minggu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Saya jawab berdasarkan pengalaman teman saya ya (BUKAN PENGALAMAN SAYA, BUKAN PENGALAMAN RADIOKUCING). Teman saya pernah memberikan makanan kucing kadaluarsa yang sudah lewat 1 bulan lebih (kalau ga salah) kepada kucing-kucing nya di rumah (kucingnya ada bebebrapa ekor) dan kucing-kucing tersebut tidak apa-apa dan sehat sampai skrg.

      Namun saya pribadi tidak pernah mencoba memberikan makanan kucing expired kepada kucing saya karena memang makanan kucing yang saya jual tidak penah sampai expired :)

      Delete
  6. Selamat sore, wah baru tau radiokucing sekarang. Maaf mas saya mau tanya, saya biasa kasih makan kucing dengan merk whiskas dan frieskis, disaat saya ingin mengganti pakannya dengan yang sedikit lebih murah seperti merk.volt/savory (kalo nggak salah namanya) dia nggak mau makan. Tapi saya mulai berat dengan whiskas hehe maklum belum kerja saya,gimana ya cara mensiasati supaya kucing saya mau beralih dari wgiskas dan frieskis itu ke makanan yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya : Tega.

      Mudah2an kucing nya mau beradaptasi dengan makanan baru nya ya. Jangan lupa utk mencampur makanan kucing lama dan baru sesuai tahapannya pada saat melalukan pergantian makanan kucing.

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D