Friday, April 22, 2022

Holla Cat Lovers!

Siapa Cat Lovers disini yang suka bawa si kucing jalan-jalan? Entah itu ke pasar, ke mall, ke pet grooming, atau sambil olahraga pagi. Jalan-jalan bersama si kucing itu menyenangkan sekaligus pamer ke tetangga kalau kita punya anabul gemesin, yang kadang bikin dompet tipis buat perawatannya, hihihi. Mimin juga pernah bawa si kucing jalan-jalan pakai sepeda keliling komplek, nih.

Tapi pas dijalan Mimin juga ikut khawatir kalau si kucing bakal loncat dari keranjang sepeda terus kabur, gak aman dan gak nyaman banget kan :(. Bukan hanya anjing yang butuh tali tuntun untuk jalan-jalan, kucing dan hewan kecil lainnya pun butuh tali tuntun juga, loh. Solusinya adalah Body Harness atau tali tuntun untuk bawa si kucing jalan-jalan!

"Tapi kan tali tuntun itu buat anjing?" 

Eits, gak usah khawatir, soalnya tali tuntun ini bisa juga kok untuk kucing dan hewan kecil lainnya. Kali ini Radio Kucing akan membahas tali tuntun, alias Harness kucing dari berbagai tipe, salah satunya Tipe H dan Tipe Y.

Yuk langsung aja Mimin jelaskan dibawah ini~

Penampakan dan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan dari Body Harness :


Harness tipe "Y"

Harness polos tipe "H"

Harness Motif tipe "Y"
Pada umumnya Harness yang beredar di Indonesia dikemas menggunakan plastik bening atau ada juga yang polosan, tergantung dari masing-masing pengrajinnya. Iyap, pengrajin. Produksi Harness biasanya dilakukan oleh pengrajin lokal. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada produk yang import.

Harness atau tali tuntun ini biasanya digunakan oleh owner-owner yang memelihara anjing, baik anjing besar ataupun anjing kecil. Untuk tipe-tipe tali tuntun alias Harness ada banyak macamnya, dari mulai tipe H dan tipe Y, ada yang rompi, ada juga yang tipe kalung, ada juga yang tipe konstum, misalnya ada tambahan sayap, jubah, dan sebagainya. Dan di review kali ini, kita bahas secara spesifik, yaitu tali tuntun basic, tipe H dan tipe Y. Oh iya, selain digunakan oleh Dog Lovers, tali tuntun juga sebenarnya ada juga yang menggunakan kepada reptil, salah satunya iguana atau biawak.

Sekarang kita bahas spesifik pada tipe-tipe harness, yaitu tipe H dan tipe Y. Kita mulai dulu dari tipe Y.

"Kenapa disebut harness tipe Y? Kenapa disebut harness tipe H?"
Seperti yang Cat Lovers lihat dari gambar diatas, untuk Harness tipe "Y" memang terlihat seperti huruf "Y". Sedangkan Harness tipe "H", bentuknya memang terlihat seperti huruf "H".

Kita bahas dulu dari harness tipe H dan tipe Y polos. 
- Panjang tali = sekitar 103 cm 
- Lebar talinya = sekitar 1,3 cm
- Lingkar badan maksimal tipe Y = 45 cm, tipe H = 42 cm. Lingkar leher di Harness H = 41 cm.
Bahan tali yang digunakan juga adalah bahan bisbal tebal, sehingga tidak mudah rusak atau putus. Dan saat digunakan pada kucing pun tidak akan menyakiti kucing . Untuk model Harness H dan Y ini memiliki panjang x lebar yang sama ya, Cat Lovers.

Nah, untuk harness motif memiliki sedikit perbedaan.
- Ukuran tali = sekitar  109 cm
- Lebar talinya = sekitar 1 cm
- Lingkar badan maksimal tipe Y = 33 cm, tipe H = 36 cm. Leher di Harness H = 23 cm
Bahan tali yang digunakan juga adalah bahan bisbal tebal, sehingga tidak mudah rusak atau putus. Dan saat digunakan pada kucing pun tidak akan menyakiti kucing. Untuk model Harness H dan Y ini memiliki panjang x lebar yang sama ya, Cat Lovers.

" Jadi perbedaan Harness tipe H dan Harness tipe Y itu apa?"
Perbedaannya itu : 
  1. Harness H memiliki tali badan dan tali leher. Sedangkan Harness Y lebih berbentuk seperti rompi, dimana kedua kaki depan masuk kedalam Harness Y.
  2. Jumlah ring pada Harness H sebenarnya tergantung dari pengrajinnya, ada yg harness H memiliki 1 ring seperti ini, ada juga yang memiliki 2 ring. Sedangkan Harness Y rata-rata seragam semua, memiliki 2 ring.
  3. Jumlah tali pendukung pada Harness Y ada 1, yaitu ada di dada, sedangkan pada Harness H ada dua, yaitu pada tali leher dan tali badan.
  4. Jumlah klip pada Harness Y ada 1, yaitu terletak pada punggung kucing. Sedangkan klip pada Harness H ada 2, yaitu ada pada tali leher dan tali badannya
  5. Selain itu, saat sudah digunakan, Harness H terlihat bentuk huruf H nya jika dilihat dr atas badan hewan. Sedangkan Harness Y, terlihat bentuk huruf Y dari sisi badan hewan.
Varian Yang Tersedia
Tidak hanya berwarna pink seperti diatas, Body Harness tipe "Y" dan "H" ini memiliki warna lain yang gak kalah menarik, loh. Yaitu warna hijau tua, hijau muda, biru navy, ungu muda, ungu tua, merah, kuning, pink tua, pink muda, hitam, cokelat tua, biru, biru tua, hijau army, hijau tosca, cokelat muda, dan orange.Oh iya, dan ada juga Body Harness tipe "Y" dengan motif seperti dibawah ini :
Macam-macam warna Harness tipe "Y"
Banyak banget kan pilihan warnanya, cocok untuk Cat Lovers yang suka koleksi nih, hihihi.

Keunggulan
Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Harness tipe "H" dan "Y" :
  1. Ukuran harness ini memang di desai hanya untuk hewan kecil, bisa dilihat dari ukuran panjang tali dan lingkar badan yang didesain pada produk ini. Contoh hewan kecilnya apa aja ya? Misalnya kucing, anjing ras kecil, musang, kelinci, dan hewan dengan berbadan mungil lainnya.
  2. Terdapat pengunci yang terbuat dari plastik dan besi. Untuk Tipe Y, penguncinya ada disini. Sedangkan untuk tipe H, penguncinya ada disini.Pengunci ini penting banget, loh. Hal ini penting karena dapat menahan tubuh si kucing dan agar tidak gampang lepas saat kita jalan-jalan bersama si kucing.
  3. Pada bagian ujung talinya, dibuat seperti lubang untuk tangan kita untuk menggegam agar talinya tidak mudah terlepas dari tangan kita. Buat yang jomblo, ya sebelum ada tangan yang bisa digenggam, masih ada tali harness yang bisa digenggam, huhu
  4. Bahan tali harness ini terbuat dari bahan bisban tebal, sehingga tidak akan menyakiti hewan saat digunakan.
  5. Untuk varian polos, warna menarik dan elegan. Untuk varian motif : ada warna, motif, dan kombinasi nya yang menarik. Bisa banget buat jadi koleksi dan gunta-ganti. Senin pakai pink, selasa oranye motif hello kitty, rabu hijau keropi, kamis biru benhur, jumat hijau army, pokoknya banyak banget deh!
  6. Terdapat pengontrol di bagian kaki untuk tipe Y dan dibagian badan dan leher untuk tipe H. Mantap kan!
Testimoni Jalan-Jalan Bersama Si Kucing!
Seperti biasa, Radio Kucing akan mempersembahkan uj coba dan praktek jalan-jalan santai bersama si kucing di lingkungan rumah. Bagaimana reaksi dan tingkah laku Om Belang bersama keponakannnya jalan-jalan pakai Harness? Yuk simak video dibawah ini~

Apakah Kucing Suka?
Jika ditanya apakah kucing suka atau tidak menggunakan Harness, kebanyakan kucing indoor gak suka menggunakan Harness. Tapi, tergantung kucing nya juga kok. Jika dibiasakan dan dilatih dari kecil menggunakan Harness, maka kucing bisa menjadi terbiasa dan lebih nyaman. Oh iya, jika dilihat dari cuplikan video kucing jalan-jalan yang sudah ditampilkan sebelumnya, ada beberapa tipe kucing saat pakai Harness ini : 
  • Jika si kucing baru pertama kali menggunakan Harness mereka akan merasa aneh dan tidak nyaman. Namun, Cat Lovers dapat membantu dengan memberikan cemilan atau pelan-pelan mengajari si kucing agar terbiasa menggunakan Harness. Tapi ada juga kok kucing yang memang baru pertama kali pake Harness dan dia sedikit demi sedikit mulai nyaman dan terbiasa jalan-jalan menggunakan harness. Semangat Cat Lovers!
  • Tipe santai langsung cus. Biasanya ini kucing tipe-tipe woles dan pemberani. Keren!
Nah, kalo Om belang ini tipe yang nyaman pake harness tapi mager, males dan takut buat keluar rumah. Saat Tim Radio Kucing sudah pakaikan Om Belang Harness dan siap untuk keliling lingkungan sekitar rumah, Om Belang itu gak mau jalan dan malah tidur-tiduran aja, terus udah mulai jalan dikit tapi malah tiduran lagi, sudah didepan pintu keluar rumah malah takut dan lari langsung ke kamar. Ya begitulah Om Belang, Badan gede tapi hati hello kitty, hihihi. Kalo kucing Cat Lovers tipe yang kaya gimana nih?

Testimoni
Berikut ini adalah beberapa testimoni dari Cat Lovers yang sudah mencoba Body Harness :


Harga?
Untuk harganya sendiri Body Harness ini rata-rata berkisar antara Rp.8.000 - Rp.17.000 per satu pcsnya. Di Radio Kucing sendiri Body Harness ini bisa didapatkan melalui : Shopee - Tokopedia

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaian pembahasan, praktek, dan juga merangkum testimoni dari para pengguna, Radio Kucing bisa menyimpulkan bahwa Harness ini bisa jadi alternatif untuk membawa si kucing jalan-jalan keluar keluar diseitar rumah. Tapi sebenernya ga cuman di sekitar rumah, kalau kucing nya siap dan tanggung, bisa juga untuk naik gunung atau naik motor, hihihi. Dan inilah alasan kenapa Radio Kucing merekomendasikan produk ini :
  • Cara pemakaiannya mudah. Beneran ini mudah! Mungkin di awal terlihat ribet ya, tapi kalau adaptasi pasti bisa.
  • Terbuat dari bahan bisban tebal, penggunaan nya tidak menyakiti hewan. Jadi misalnya jika kita tidak sengaja untuk menarik si kucing, maka tetap aman, karena bahan dari Harness H dan Y ini terbuat dari bisban tebal. Sehingga itu tidak akan menyakiti si kucing atau hewan peliharaan.
  • Terdapat pengontrol ukuran Harness alias adjustable belt yang berguna untuk menyesuaikan ukuran Harness dengan badan hewan. Sehingga penggunaan Harness lebih aman dan nyaman untuk kucing.
  • Terdapat klip pengunci yang terbuat dari plastik untuk dipasangkan dibadan, dan pengait yang terbuat dari besi penghubung antara tali tuntun dengan Harnessnya.
  • Terdapat banyak pilihan warna menarik dan juga yg motif pada gemes-gemes ~
  • Bisa digunakan untuk jalan-jalan disekitar rumah. Melatih bonding antara kucing dan owner.
Gimana nih, Cat Lovers? Sudah mulai tertarik dengan produk ini? Yuk langsung aja Whatsapp ke Radio Kucing untuk bertanya seputar produk diatas ya!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua-muanyah :)
Oiya, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan perlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D