Friday, May 13, 2022

Hello Cat Lovers!

Kali ini Mimin ingin berbagi cerita sekaligus ingin bertanya pada Cat Lovers, apakah benar jika si kucing yang berambut long hair lebih mudah rontok?


Kalau menurut Mimin sendiri, punya kucing entah itu berambut panjang (long hair) atau sedang (medium hair) sama-sama harus menjaga kesehatan bulunya. Dulu Mimin juga pernah punya kucing jenis Anggora yang bulunya lebat dan jenis bulunya Long hair. Waktu sekali elus, emang langsung banyak rambutnya yang rontok. Apalagi kalau habis tidur disebelah Mimin, penuh bulu dan pasti susah buat dibersihkannya.

Untuk itu, demi menjaga keindahan bulu dan mencegah adanya kerontokan, Cat Lovers bisa mulai dahulu dari menyisir secara rutin. Terutama jika kucing Cat Lovers berjenis Long Hair, hal ini bisa membuat bulu si kucing lembut, terawat serta mudah diatur. Bayangin, rambut manusia aja yang gak disisir bakalan bisa kusut dan gak enak dilihat kan? Hihihi. Dengan menyisir rambut si kucing, mempermudah juga bagi kita untuk mengecek kesehatannya. Oh iya, berikut ini adalah beberapa jenis ras kucing yang memiliki rambut panjang (Long Hair), diantaranya :
  1. Persia
    Sumber : disini
    Persia merupakan macam-macam jenis kucing berbulu panjang yang paling banyak dipelihara. Ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang panjang, lebat, berwajah bulat dan hidung pesek. Kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua yang ada di dunia.
  2. British Longhair
    Sumber : disini
    British longhair masih berkerabat dengan kucing British shorthair. British Longhair merupakan persilangan antara British shorthair dan kucing Persia. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang tebal dan panjang, kepala relatif besar, dan mata yang besar dan bulat.
  3. Ragdoll

    Sumber : disini
    Ragdoll merupakan jenis kucing berbadan besar dengan bulu yang lebat. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain. Kucing ini pertama dikembangkan sejak 1960-an di Amerika Serikat. Ragdoll adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guiness World Records.
  4. Ragamuffin
    Sumber : disini
    Kucing ragamuffin merupakan hasil persilangan antara kucing Ragdoll dengan Persian, Himalayan, dan kucing berbulu panjang lainnya. Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang mirip bulu kelinci yang tebal. Ragamuffin adalah kucing yang ramah, baik, sangat jinak, manis, lembut, dan penyayang.
  5. Anggora
    Sumber : disini
    Macam-macam jenis kucing berbulu panjang yang paling populer lainnya adalah Anggora. Kucing ini berasal dari Turki yang juga sering disebut Anggora Turki. Sama seperti Persia, Anggora merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing dan elegan.
  6. Maine Coon
    Sumber : disini
    Maine Coon merupakan jenis kucing besar dengan bulu panjang. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter dengan bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat.
  7. Turkish Van
    Sumber : disini
    Turkish van juga merupakan ras kucing tertua di dunia. Keunikan kucing ini adalah ia sangat senang berenang di air. Kucing ini berkembang di wilayah sekitar danau Van di Turki. Turkish Van memiliki tubuh yang panjang dan langsing dengan rumbai pendek di kakinya.
  8. Himalaya
    Sumber : disini
    Kucing himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Kucing ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia. Seperti kucing siam, kucing himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.
  9. Oriental Longhair
    Sumber : disini
    Oriental Longhair merupakan jenis kucing domestik yang masih terkait dengan jenis Oriental Shorthair. Ciri khas dari kucing ini adalah tubuh yang panjang dan bentuk kepala segitiga.
  10. Somali
    Sumber : disini
    Macam-macam jenis kucing berbulu panjang selanjutnya adalah Somali. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing rubah. Ini karena bulu, kepala, telinga, dan ekor mirip dengan rubah. Kucing Somali masih berkerabat dekat dengan kucing Abyssinian yang berasal dari Ethiopia. Somali merupakan kucing yang sangat aktif dan enerjik.
  11. Norwegian Forest
    Sumber : disini
    Norwegian Forest adalah kucing yang berasal dari Norwegia. Kucing ini juga termasuk jenis kucing tertua yang ada di dunia. Dari tampilannya, Norwegian Forest mirip dengan Maine Coon. Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan lebat serta perawakan yang besar. Kucing ini umumnya ramah, cerdas, dan umumnya baik dengan orang lain.
  12. Chantilly-Tifanny
    Sumber : disini
    Chantilly-Tiffany merupakan jenis kucing berbulu panjang hasil persilangan kucing Malaya dan kucing Burmese. Kucing ini dikenal dengan bulunya yang tebal dan halus seperti sutra. Bentuk kepalanya seperti segitiga dengan moncong yang pendek dan lebar serta dagu yang kecil. Chantilly memiliki surai disekitar leher. Chantilly-Tiffany biasanya berwarna coklat keemasan. Chantilly adalah kucing yang setia, mudah beradaptasi, dan dekat dengan manusia. Informasi tersebut Mimin dapatkan melalui : disini
Kira-kira si kucing bisa mengalami kerontokan karena apa ya? Tunggu di postingan selanjutnya ya!

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua-muanyah :)
Oiya, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan perlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D