Kenapa Mata Kucing Terlihat Bercahaya Saat Keadaan Gelap?

Holla Cat Lovers!

Setelah kemarin kita bahas tentang si kucing yang bisa melihat saat keadaan gelap gulita, kali ini Mimin akan bahas tentang mata si kucing yang bercahaya dalam keadaan gelap. Kok bisa ya? Ya, Cat Lovers sendiri pernah lihat kan ada dua bola yang seperti kelereng, tapi pas dideketin kok gerak, hihihi.


Kalau dilihat-lihat, si kucing seperti melihat hantu dalam keadaan gelap ya, hiiii. Nyatanya mata kucing dapat bercahaya bukan karena hal mistis atau supranatural, loh. Mata kucing dapat bercahaya disebabkan oleh cahaya yang masuk ke mata, dipantulkan kembali oleh Tapetum Lucidum ke retina.

Loh, apa  itu Tapetum Lucidum?

Sumber : disini
Ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia, yaitu Tapetum Lucidum. Tapetum Lucidum sendiri adalah sistem didalam mata kucing yang memantulkan cahaya dan tidak menyerap cahaya datang dan masuk ke retina. Lapisan ini berada di belakang retina. Yang berupa membran-membran yang terdiri dari 15 lapisan khusus. Fungsi dari Tapetum Lucidum adalah memberikan kemampuan pada retina mata kucing dan meningkatkan penglihatannya (penerima cahaya).

Ketika cahaya jatuh di lapisan ini langsung dipantulkan kembali menjadi cahaya dua kali melalui  retina. Oleh karena itu, kucing dapat melihat dengan mudah disaat cahaya hanya sedikit. Didalam membran-membran mata kucing ini, terdapat sel-sel yang berkilauan dan memberikan pengaruh persis seperti cermin, sehingga memantulkan cahaya. Itulah sebabnya mengapa mata kucing akan terlihat bersinar atau menyala, sehingga terkesan menyeramkan saat gelap dan malam hari.

Selain kucing ada beberapa hewan yang juga memiliki Tapetum Lucidum. Contohnya ada rusa, anjing, sapi, kuda, musang dan makhluk nokturnal lainnya. Namun, tidak semua mata binatang bersinar dengan warna yang sama. Ini karena zat seperti Riboplavin atau Zinc dalam Tapetum hewan berbeda. Uniknya lagi, ternyata warna pantulan cahaya yang keluar dari mata kucing juga bisa berbeda-beda. Biasanya kucing akan memantulkan cahaya berwarna kuning keemasan atau hijau, namun ada juga mata kucing yang memantulkan cahaya berwarna merah, seperti mata pada kucing siam atau ruby.

Meski tidak dapat melihat di kegelapan total, tetapi ketajaman mata kucing bekerja sangat baik dimalam hari. Wah, ternyata kucing memiliki hal yang unik dan menarik juga ya, gak nyangka Mimin. Hehehe.

Yuk penuhi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua-muanyah :)
Oiya, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan perlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Tips Membawa Kucing dalam Perjalanan Jauh / Mudik Keluar Kota

Review Makanan Kucing Kering Coucou Kitten Salmon & Chicken