Si Kucing Suka Self Grooming Sendiri, Kira-kira Aman Gak Ya?

Annyeonghaseyo Cat Lovers!

Kali ini Mimin akan bahas soal si kucing yang suka self grooming sendiri, Cat Lovers disini pasti suka liat si kucing yang suka "mandi/jilat-jilat" badannya. Kalau dilihat-lihat, emang si kucing rajin banget bersihin badannya entah kena air hujan atau kotor. Tapi kira-kira aman gak ya?

Tanpa perlu rutin mandi, sebenarnya si kucing punya caranya sendiri untuk merawat bulunya yaitu dengan menjilati dirinya sendiri. Si kucing mendistribusikan minyak alami secara merata ke seluruh tubuhnya. Selain itu, lidahnya yang seperti duri membantu membersihkan lapisan bulunya dari kotoran dan parasit yang menempel seperti kutu. Untuk menjaga keindahan bulu si kucing, dapat memberikan makanan yang mengandung bahan alami berkualitas dan punya nutrisi penting seperti Royal Canin Hair & Skin, dan vitamin-vitamin yang mendukung keindahan bulu dan kulit si kucing. Vitamin-vitamin tersebut sudah pernah Mimin bahas sebelumnya.

Oh iya, Cat Lovers pernah khawatir gak sih setelah si kucing yang suka jilat-jilat ternyata bulunya ikut tertelan?
Nah, kondisi ini dinamakan dengan Hairball. Arti dari Hairball ini adalah kondisi dimana terdapat bola yang terbentuk dari rambut-rambut mati yang dijilat oleh kucing dan masuk kedalam pencernaan. Hairball dapat dikeluarkan kembali oleh kucing melalui kotoran maupun memuntahkannya kembali. Saat muntah, hairball akan dikeluarkan bersama dengan cairan pencernaan dari saluran cerna kucing. 

Saat menjilat tubuhnya, biasanya papila pada lidah si kucing akan mengangkat rambut yang mati dan rontok. Kondisi ini menyebabkan rambut masuk kedalam pencernaan. Namun, jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing. Apalagi saat kucing mengalami muntah cukup sering, tanpa munculnya hairbal disertai kondisi yang lemas dan dengan beberapa gejala lainnya. Seperti penurunan nafsu makan, sembelit atau diare, hingga perut yang membengkak.

Namun, ternyata Hairball itu kondisi pada kucing yang dapat dicegah, loh. Degan rajin menyisir bulu-bulu si kucing maka dapat membantu mengangkat bulu-bulu rontok dan mati. Disini Mimin akan merekomendasikan beberapa dry food yang bisa mengatasi Hairball, diantaranya :
  1. Frost Cat Indoor
    Makanan kucing super premium asal Brazil ini mempunyai keunggulan yaitu dapat mengontrol Hairball pada si kucing. Tidak hanya itu, keunggulan-keunggulan dari Frost Cat Indoor ini, sudah pernah Mimin bahas sebelumnya.

    Frost Cat Indoor ini tersedia dalam kemasan freshpack karungan 7,5 Kg dan kemasan freshpack 1 Kg. Di Radio Kucing sendiri, Frost Indoor ini bisa didapatkan melalui : Shopee - Tokopedia

  2. Happy Cat Minkas Hairball Control
    Makanan kucing premium asal Jerman ini bisa membantu meminimalisir hairball dan mendorong eliminasi lembut melalui saluran pencernaan.

    Happy Cat Minkas Hairball Control ini tersedia kemasan freshpack karungan 10 Kg dan dikemas lagi oleh Radio Kucing menjadi kemasan repack 1 Kg menggunakan ziplock. Di Radio Kucing sendiri, Happy Cat Minkas Hairball Control bisa didapatkan melalui : Shopee - Tokopedia

  3. Equilibrio Adultos Hairball
    Makanan kucing super premium yang juga dari Brazil ini juga sudah mengandung anti Hairball, dan hanya untuk kucing diatas umur satu tahun. Oh iya, Equilibrio juga punya varian khusus kucing Persian anti hairball juga.

    Equilibrio Adultos Hairball

    Equilibrio Persian Long Hair Anti Hairball
    Equilibrio Anti Hairball ini tersedia dalam kemasan freshpack 7,5 Kg, kemasan frespack 1,5 Kg, dan kemasan repack 1 Kg oleh Radio Kucing menggunakan plastik ziplock. Di Radio Kucing sendiri, Equilibrio Adultos Hairball ini bisa didapatkan melalui : Shopee - Tokopedia

  4. Me-O Persian Adult
    Makanan kucing dari Thailand ini juga memiliki varian khusus kucing Persia dengan bulu lebat diformulasikan untuk pertumbuhan kucing Persia sebagai pelengkap memenuhi nilai gizi yang seimbang.

    Me-O Persian Adult ini hanya tersedia kemasan freshpack karungan 6,8 Gr dan direpack menjadi 1 Kg oleh Radio Kucing menggunakan kemasan ziplock. Di Radio Kucing sendiri, Me-O Persian Adult ini bisa didapatkan melalui : Shopee - Tokopedi
Mimin juga akan masih membahas seputar bulu si kucing nanti, tunggu di postingan selanjutnya, ya!/

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua-muanyah :)
Oiya, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan perlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Program Sterilisasi Kucing di Puskeswan Bandung