Review Pasir Kucing Zeolit : Pasir Yang Terbuat Dari Batuan Zeolit

Holla Cat Lovers!

Cat Lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis pasir ini, yaitu Pasir Zeolit. Pasir yang terbuat dari batu zeolit yang kemudian di pecah menjadi kecil-kecil. 
Pasir ini juga menjadi salah satu jenis pasir yang paling banyak digunakan pecinta kucing, karena bisa recycle alias digunakan kembali dengan cara dicuci ulang, loh.

Secara umum, Pasir Zeolit sendiri adalah mineral yang ditemukan di alam sebagai batuan sedimen vulkanik. Nama zeolit sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu zein yang artinya mendidih dan lithos yang artinya batu. 
Pasir ini juga memiliki beragam fungsi di berbagai bidang usaha seperti untuk pasir kucing, filter air, tanaman, aquarium, hamster, peternakan, dan untuk bahan industri!

Yuk langsung aja kita bahas di bawah ini~

Penampakan dan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan dari Pasir Zeolit :


Pasir Zeolit ini biasanya dikemas menggunakan karungan biasa dan mirip dengan karung yang biasanya digunakan untuk beras dan tepung terigu. Dan setiap karungnya ini bisa dilengkapi beberapa informasi umum bisa juga tidak, tergantung darimana produsennya itu sendiri. Per karungnya ini memiliki berat sebesar 25 liter dan 25 kg. Pasir Zeolit yang kebanyakan beredar dan dipakai untuk si kucing ada tiga jenis varian, yaitu no.1, no.2, dan no.3.

Varian Yang Tersedia
Pasir Zeolit ini tidak memiliki varian aroma seperti pasir gumpal, namun memiliki tiga jenis ukuran zeolit yang biasanya digunakan para pencinta kucing. Diantaranya :
  • Pasir zeolit no. 1, jenis pasir yang ini adalah paling halus. Karena ukurannya yang kecil-kecil, jenis pasir ini bisa digunakan untuk anak kucing yang baru mulai belajar pup di litter box.
  • Ada juga pasir zeolit no. 2 yang ukurannya tidak sekecil no.1 tapi tidak sebesar yang no.3. Ukurannya yang tidak terlalu besar ini juga pas untuk digunakan si kucing mulai dari usia remaja sampai kucing dewasa.
  • Dan juga pasir zeolit no.3 yang ukuran pecahan batunya paling besar dari no.1 dan no 2. Pasir no.3 ini paling mudah saat dicuci dan dijemur, sehingga banyak digunakan oleh Cat Lovers yang melakukan tradisi cuci jemur pakai pasir zeolit ini.
Keunggulan
Secara umum, Pasir Zeolit ini memiliki fungsi di berbagai bidang usaha dalam kehidupan manusia, salah satunya untuk pasir kucing. Pasir ini bisa menghemat biaya sehari-hari karena bisa dicuci berkali-kali untuk digunakan ulang. Biasanya Cat Lovers yang menggunakan pasir ini akan melakukan tradisi cuci jemur dan menghemat penggunaan pasir kucing sehari-hari.

Pasir Zeolit yang biasa digunakan untuk si kucing ini ada tiga varian, yaitu no. 1 yang batuannya halus dan kecil-kecil, no.2 yang batuannya berukuran sedang, dan yang no.3 dengan butiran lebih besar sehingga mudah saat dicuci dan lebih cepat kering saat dijemur.

Pasir yang terbuat dari batuan zeolit ini juga memiliki manfaat lain dalam berbagai bidang usaha, misalnya untuk pasir kucing, filter air, tanaman, aquarium, peternakan, dan untuk bahan industri lainnya.

Oh iya, Radio Kucing punya tips nih buat Cat Lovers yang sudah menggunakan Pasir Zeolit ini. Cat Lovers cukup tuangkan secukupnya pasir bersih dalam litter box, dan jika perlu tambahkan penambah aroma seperti fresh box atau deo beads untuk menutupi bau tidak sedap dari pip dan pup si kucing.

Buat Cat Lovers lainnya yang sudah melaksanakan tradisi cuci jemur dalam penggunaan sehari-sehari Pasir Zeolit ini, boleh banget untuk share cerita dan pengalamannya di kolom komentar, Mimin tunggu secepatnya~

Cara Penggunaan
Kita akan membahas Cara Penggunaan Pasir Zeolit dan Bagaimana sih hasil dari penggunaan pasir zeolit tiap ukuran saat terkena pip atau pup si Kucing? Apakah menggumpal dengan baik? Apakah menyerap dengan baik? Yuk nanti kita bahas di Chapter 5 ini.  

Seperti pasir pada umumnya, pasir zeolit ini bisa langsung digunakan dalam litter box si kucing. Cat Lovers cukup tuangkan secukupnya pasir zeolit yang bersih ini ke dalam litter box dengan menggunakan prinsip yang sama yaitu 1/3 dari tinggi si litter box, kira-kira segini yaa.. 

Dan buat temen-temen yang ingin pasir zeolitnya ada wewangian tambahan, bisa banget untuk menambahkan penambah aroma seperti fresh Box atau Deo Beads, supaya saat ada pip atau pup si Kucing bisa terbantu untuk menutupi bau yang tidak sedap tersebut.

Dan pada chapter 5 ini kita akan uji coba penggunaan pasir zeolit saat terkena pip dan pup si Kucing, apakah menggumpal dengan baik? apakah menyerap dengan baik?

Oh iya, untuk demo penggunaan pasir zeolit ini kita akan menggunakan air biasa yang bisa kita anggap sebagai pip si kucing dan tepung yang sudah diberi air seperti ini bentuknya....  yang bisa kita anggap sebagai pup-nya si Kucing. 

Penasaran dengan demo produknya? Langsung saja kita simak video ini!
Pasir zeolit nomor 1 saat terkena air bersih
Pasir zeolit nomor 1 saat diberi pup buatan yang terbuat dari terigu

Pasir zeolit nomor 2 saat terkena air bersih
Pasir zeolit nomor 2 saat diberi pup buatan yang terbuat dari terigu
Pasir zeolit nomor 3 saat terkena air bersih
Pasir zeolit nomor 3 saat diberi pup buatan yang terbuat dari terigu

Bentuk dan Tekstur Pasir
Pasir zeolit yang biasanya digunakan sebagai pasir kucing itu ada tiga varian, yaitu pasir ukuran nomor 1, pasir ukuran nomor 2, dan pasir ukuran nomor 3. Bentuk granule dari ketiga pasir zeolit ini akan Mimin jelaskan dibawah ini :
  • Granule pasir nomor 1 ini lebih halus, kalo dipegang ditangan lebih lembut, halus namun tidak sehalus tepung ya, Cat Lovers.
  • Granule pasir nomor 2 lebih besar dibandingkan pasir nomor 1, namun lebih kecil dibandingkan dengan pasir nomor 3
  • Sedangkan granule dari pasir nomor 3 ukurannya lebih besar dibanding pasir nomor 2 dan teksturnya bisa lebih kasar, tergantung produsen yang memproduksinya ya, Cat Lovers.
Kenapa ada 3 ukuran? 
  • Untuk nomor 1 biasanya digunakan untuk kitten yang baru belajar pup dan pip, supaya pawnya tidak sakit dan lebih bersahabat, dipakai oleh hamster, dan hewan-hewan kecil lainnya biasanya digunakan untuk mandihewan tersebut. Pasir nomor 1 biasanya ketika nyelip dibawah kaki kitten, akan terasa sangat halus.
  • Untuk nomor 2 ni merupakan salah satu best seller di Radio Kucing alias banyak banget dipake. Pasir yang nyelip di paw lebih ke minimalisir. Bisa digunakan untuk kucing usia rentan luas dari junior - kucing dewasa. Bisa di cuci dan dijemur serta di gunakan kembali.
  • Untuk nomor 3 paling mudah dicuci dan paling cepat kering karena butirannya lebih besar. Saat dijemur, biasanya Radio Kucing menggunakan permukaan yang datar dan luas seperti baskom , karung atau koran. Sehingga akan lebih cepat kering.
Adakah Kemasan Repack?
Jawabannya adalah iya. Beberapa toko di market place menjual kemasan repack Pasir Zeolit ini menjadi ukuran 1 kg, 2 kg, atau 3 kg. Radio Kucing sendiri menyediakan kemasan repack untuk Pasir Zeolit dari no. 1 sampai dengan no.3 dengan kemasan repack 1 Kg menggunakan kemasan ziplock.

Kemasan ziplock ini mempermudah Cat Lovers untuk buka dan tutup kemasannya, sehingga akan hemat tempat dan juga wadah. Praktis banget kan jadinya, hihihi.

Testimoni
Gimana dengan Cat Lovers lainnya? Apakah juga suka dengan Pasir Zeolit ini? Selain Om Belang yang sudah menggunakan Pasir Zeolit ini, ada juga testimoni-testimoni lain dari Cat Lovers di luar sana yang juga sudah ikut menggunakan dan melaksanakan tradisi cuci jemur pada Pasir Zeolit ini. Yuk kita lihat testimoninya~

Harga
Untuk teman-teman yang udah mulai penasaran dengan Pasir Zeolit ini, tenang aja. Saat ini Pasir Zeolit per karungan 25 liter hanya dibanderol sekitar 26 ribuan aja. Pasir Zeolit ini juga bisa didapatkan di Radio Kucing melalui : Shopee - Tokopedia

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaian pembahasan, praktek dan merangkum testimoni dari para pengguna, Radio Kucing bisa bilang kalau Pasir Zeolit ini cukup efektif untuk penggunaan sehari-hari. 

Pasir Zeolit ini terbuat dari batuan zeolit yang telah dipecah menjadi kecil-kecil. Dan yang biasanya dipakai sebagai pasir kucing ada tiga varian. Pasir no.1 ukuran batuannya yang paling halus dan cocok untuk digunakan anak kucing saat baru belajar pup, pasir no.2 yang ukurannya sedang dan cocok dipakai kucing remaja hingga kucing dewasa, dan pasir no.3 yang ukurannya paling besar dan paling mudah saat dicuci dan dijemur.

Cat Lovers juga bisa menggunakan pasir zeolit ini secara berkali-kali dengan cara dicuci ulang sampai bersih. Tujuan Cat Lovers melaksanakan tradisi cuci jemur pakai pasir zeolit ini biasanya adalah untuk menghemat penggunaan pasir kucing sehari-hari dan juga menghemat biaya.

Yuk langsung aja Whatsapp ke Radio Kucing untuk bertanya seputar produk diatas ya!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari berbagai artiket di internet dan pengalaman pribadi.

Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Review Makanan Kucing Merk Felibite buatan Indonesia

Review Makanan Kucing Kering Coucou Kitten Salmon & Chicken