Tips Ala Radio Kucing : Penanganan Si Kucing Pasca Steril!

Holla Cat Lovers!

Kali ini Mimin bukan mau membahas lengkap suatu produk, melainkan hadir dengan sesi baru. Yups, Mimin akan membahas tips-tips praktis ala Radio Kucing yang mempermudah hidup wahai para bucing (bucin kucing) sekalian. Sesi baru ini tentunya akan menghadirkan cara dari Radio Kucing tentang berbagi tips seputar masalah perkucingan duniawi ini, hihihi.

Cat Lovers pasti sudah tidak asing dengan istilah "steril kucing". Sterilisasi kucing adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan organ reproduksi kucing, misalnya testis atau indung telur dari si kucing. Tindakan steril ini bisa dilakukan seperti di puskeswan atau dokter hewan. Tapi ada juga beberapa organisasi/komunitas peduli hewan yang mengadakan sterilisasi secara massal secara gratis maupun bersubsidi. Oh iya, Radio Kucing juga suka membagikan informasi tentang steril massa melalui instagram story. So, stay tune di instagram Radio Kucing ya, Cat Lovers!

Selain untuk mengendalikan populasi kucing dengan mencegahnya berkembang biak, steril sendiri juga bermanfaat bagi kesehatan dan perilaku si kucing, loh. Dilansir dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari sterilisasi kucing :

  1. Manfaat lainnya dari sterilisasi kucing ini adalah mengontrol perilaku agresif yang berkaitan dengan hormon si kucing. Kucing yang belum di steril biasanya memiliki dorongan kuat untuk berkeliaran mencari pasangannya untuk berkembang biak, apalagi di musim kawin. Dan disinilah resiko antar kucing jantan berkelahi karena memperebutkan kucing betina akan lebih besar dan menyebabkan kucing akan luka-luka setelah berkelahi.

  2. Setelah kucing disteril, mereka akan berperilaku baik dan tidak agresif. Kucing jantan tidak akan lagi menandai wilayahnya atau spraying sembarangan di sekitar rumah. Kucing betina juga tidak akan sering mengeong dan buang air kecil sembarangan untuk menarik perhatian kucing jantan. Oh iya, fakta menarik nih. Kucing yang belum disteril memiliki bau urine yang cukup menyengat, sedangkan kucing yang sudah disteril memiliki bau urine yang lebih normal dan kucing pun jadi lebih bersih dan terawat dengan baik.

  3. Beberapa penilitian menunjukkan bahwa sterilisasi kucing bisa membuat kucing hidup lebih lama dan sehat. Prosedur ini dapat mencegah kucing betina terkena penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker indung telur (ovarium), dan juga infeksi rahim. Sedangkan untuk kucing jantan, sterilisasi ini dapat mencegah kanker testis, masalah di prostat, dan mengurangi penyebaran penyakit akibat infeksi virus seperti FIV (Feline Immunodeficiency Virus).

Oh iya, berdasarkan hasil wawancara Tim Radio Kucing dengan Kak Kieka pemilik dari RUKUCI (Rumah Kucing Ciparay), Radio Kucing akan berbagi tips terlebih dahulu tentang apa saja yang harus diketahui Cat Lovers sebelum mensteril si kucing :
  1. Kucing sudah boleh disteril diatas usia 5 bulan dengan berat badan ideal, dalam keadaan sehat, dengan syarat kucing jantan posisi testisnya sudah turun kebawah dan bisa teraba. Kucing betina yang sedang hamil juga boleh disteril kok, asal usia kehamilannya dibawah 2 minggu.

  2. Sterilisasi sendiri merupakan tindak mengangkat organ vital seperti testis pada kucing jantan dan ovarium pada kucing betina. Untuk kucing betina, pastikan rahim beserta indung telurnya diangkat (keduanya diangkat). Sebab jika hanya satu organ saja (rahim/indung telur) yang diangkat, kucing bisa terkena infeksi yang membahayakan nyawanya.

  3. Si kucing juga wajib puasa makan kurang lebih 8 jam. Kucing juga harus puasa minum ini juga wajib dilakukan 1 jam sebelum melakukan steril. Resiko tidak melakukan puasa adalah si kucing bisa muntah saat dibius, loh.
Lalu, kalau kucing sudah di steril, bagaimana ya cara penanganannya akan kucing bisa kembali sehat dan beraktivitas normal?

Saat kucing baru tersadar dari operasi atau tindakan sterilnya, biasanya pengaruh bius yang diberikan masih ada yang membuat si kucing bisa sempoyongan dan perilakunya agak berbeda. Ada yang menjadi pendiam, muntah-muntah, bahkan mengeong kebingungan. Tapi Cat Lovers gak perlu khawatir, karena ini adalah hal yang normal terjadi pada setiap kucing. Nah, berikut ini adalah hal yang sebaiknya dilakukan Cat Lovers pasca kucing di steril :
  1. Tempatkan si kucing di kandang yang bersih, nyaman dan beri alas Underpad. Kucing betina memerlukan 1 minggu dalam kandang untuk memulihkan lukanya, sedangkan kucing jantan hanya memerlukan 3 hari saja dalam kandang untuk memulihkan keadaannya. Masa pemulihan bagi kucing betina memang lebih lama daripada kucing jantan. Sebab, kucing betina tidak hanya memiliki luka luar saja, tetapi juga memiliki luka dalam. Hal ini yang membuat kucing betina memerlukan waktu 1 minggu untuk memulihkan lukanya tersebut. Oh iya, Kak Kieka sendiri juga menyarankan untuk tidak menggunakan pasir dengan tekstur kasar terlebih dahulu saat pasca steril. Gunakan pasir yang bertekstur lembut dan aman digunakan untuk kucing betina maupun jantan, sehingga luka dari si kucing tidak akan bertambah parah karena terkena pasir tersebut.

  2. Berikan obat yang diberikan oleh dokter hewan, dan minum secara rutin. Beberapa dokter hewan ada yang memakaikan perban pada luka si kucing, ada juga yang tidak. Perban yang dipakaikan bisa dilepas pada hari kelima. Namun, bila luka masih terlihat basah, gunakan obat oles untuk luka yang memang dianjurkan dokter hewan ya, Cat Lovers.

  3. Jangan mandikan si kucing, dan tunggu sampai 14 hari pasca steril. Hal ini perlu dilakukan agar luka bisa mengering dengan sempurna, dan menghindari adanya stress pada kucing karena dimandikan. Jika dirasa ada bagian tubuh kucing yang kotor, Cat Lovers bisa menggunakan tisu basah atau lap badan si kucing dengan handuk grooming kering.

  4. Berikan kasih sayang berlimpah pada si kucing dengan cara memberikan makanan khusus untuk si kucing pasca steril seperti wet food khusus recovery. Contohnya, Cat Lovers bisa memberikan wet food Royal Canin Recovery, Happy Cat Vet Recovery dan Science Diet A/D. Untuk dry foodnya sendiri bisa menggunakan dry food yang direkomendasikan untuk kucing pasca steril. Wet food recovery ini memiliki rasa dan aroma yang disukai kucing, juga bertekstur lembut dan mudah diberikan pada si kucing. Wetfood ini tidak hanya digunakan untuk kucing pasca steril saja, tapi bisa juga dipakai untuk membantu masa pemulihan saat kucing sedang sakit.

  5. Oiya ada tips tambahan nih, dan ini bersumber langsung dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing. Salah satu fungsi tambahan dari penyediaan dan penggunaan underpad pasca steril adalah, terkadang dalam beberapa kasus, kucing yang baru selesai mendapatkan tindakan steril itu bisa mendadak pipis. Nah, dengan menggunakan underpad sebagai alas tidur sementara, dalam keadaan pasca steril, maka nanti kalau si kucing yang masih setengah sadar dari bius tersebut ternyata pipis, maka air pipis kucing juga akan terserap di underpad sehingga Cat Lovers bisa lebih mudah dalam proses membersihkannya.
Demikian tips dari Radio Kucing kali ini, semoga bermanfaat untuk Cat Lovers semua. Jangan takut untuk sterilisasi si kucing, demi menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit yang tidak kita harapkan di masa depan.

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari berbagai artiket di internet dan pengalaman pribadi.

Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Review Makanan Kucing Merk Felibite buatan Indonesia

Review Makanan Kucing Kering Coucou Kitten Salmon & Chicken