Friday, November 27, 2015

Dear Cat People,
pernahkan Cat People merasa bahwa tubuh kucing peliharaan Cat People panas dari biasanya?
Pernahkan Cat People penasaran dan ingin mencoba mengukur suhu tubuh kucing peliharaan kita? Apakah kucing kita demam atau hanya perasaan kita saja bahwa tubuhnya lebih panas dari biasanya?

Dari pada tebak-tebakan, lebih baik mari kita belajar mengukur suhu tubuh kucing peliharaan kita.

Sumber: disini

Mengukut Suhu Telinga atau Suhu Rektal?
Mhm, rektal itu apa ya? Susah menjelaskan secara medis karena saya bukan orang medis. Namun, terdapat sebuah istilah "obat rektal", yang dimaksud dengan hal tersebut adalah obat yang cara pemberiannya melalui dubur atau anus / rektum. Nah, udah ngerti apa itu 'rektal'? 

Pada umumnya dalam mengukur suhu tubuh kucing dapat dilakukan melalui pengukuran suhu rektal atau suhu telinga. Namun , pengukuran suhu telinga jarang dilakukan karena melihat segi biaya dan jarangnya klinik hewan yang memiliki alat pengukur suhu telinga, sehingga pada umumnya dilakukan pengukuran suhu rektal.

Langkah-langkah Mengukur Suhu Tubuh Kucing
Langkah-langkah untuk mengukur suhu tubuh kucing adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan termometer digital. Termometer digital yang digunakan sebaiknya termometer digital yang berkualitas baik dan memiliki ujung yang empuk. Biasanya di apotek dijual sebagai termometer untuk bayi. Sebenarnya masih bisa menggunakan termometer air raksa, namun kurang praktis dan kemungkinan kesalahan dalam membaca suhu yang ditampilkan pun lebih besar.
  2. Bersihkan ujung termometer yang akan digunakan sebelum diaplikasikan pada kucing. Ujung termometer dapat dibersihkan dengan menggunakan alkohol antiseptik kemudian yang dituangkan pada kertas tisu.
  3. Posisikan tubuh kucing yang akan di ukur suhu tubuh/rektal senyaman mungkin bagi kucing tersebut. Jika merasa kesulitan, Cat Lover dapat meminta bantuan orang lain untuk memegang dan mengelus-elus kucing hingga nyaman baru kemudian melakukan pengukuran suhu.
  4. Biasanya pengukuran dilakukan dengan posisi kucing berdiri/setengah duduk.
  5. Untuk mulai melakukan pengukuran, angkat ekor kucing, masukan termometer dengan gerakan sedikit memnutar dan secara lembut masukkan probe atau pembaca suhu ke dalam rektum 1 sampai 1,5 inci (25-38 mm).

    Sumber: disini

  6. Pegang termometer dan tahan di tempat selama lebih kurang satu menit (atau hingga terdengar bunyi "bip" yang menandakan suhu tercapai disertai indikator nilai suhu tidak berubah).
  7. Catat suhu yang diperoleh.
  8. Bersihkan termometer setelah digunakan dengan alkohol untuk menghindari transfer penyakit. 
  9. Probe termometer sebaiknya agak ditekan ke dinding rektum guna menghindari kesalahan pembacaan suhu karena bisa saja yang dibaca oleh probe adalah suhu feses bukan suhu rektal.
  
Informasi ini didapatkan dari laman ini dengan sedikit penambahan dan pengubahan agar bahasanya lebih mudah dipahami oleh orang-orang awam non medis.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Salam,

Radio Kucing


NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D