Yuk Kenali Tahap-Tahap Siklus Birahi Pada Kucing!

Holla Cat Lovers!

Kali ini Mimin akan membahas tentang tahap-tahap yang dilalui si kucing ketika sedang birahi. Kucing memiliki siklus birahi berulang kali atau lebih dari dua kali dalam setahun. Pada tahap ini, secara harmonal kucing sudah siap kawin. Siklus birahi kucing dapat terjadi setiap 14-21 hari.

Berikut ini adalah tahap-tahap siklus birahi pada kucing, diantaranya :
  1. Proestrus (1-2 hari)
    Kucing jantan dan betina menunjukkan perilakunya masing-masing. Kucing jantan akan mencari perhatian lawan jenisnya seperti mengeong-ngeong tak berhenti, berguling-guling dilantai, dan menggesekkan badannya ke benda apa saja disekitarnya. Dan untuk kucing betina, malah acuh saat didekati oleh kucing jantan.
  2. Estrus (3-14 hari)
    Kucing jantan akan memperlihatkan kepribadiannya yang berbeda seperti lebih galak, gelisah, dan lebih agresif saat mengejar kucing betina. Dan disaat inilah kucing betina menunjukkan lebih banyak ciri-cirinya. Seperti perubahan fisik yang menjadi lebih hangat, mogok makan, area privasinya tampak membengkak dan kemerahan. Lalu kucing betina juga menunjukkan perubahan perubahan perilaku yaitu mengeong-ngeong terus, mengangkat bagian belakangnya, ingin keluar kandang, dan cari perhatian pada kucing jantan.
  3. Interestus (13-18 hari)
    Jika kucing betina tidak kawin atau hamil selama masa estrus, dia akan melanjutkan ke siklus interestus. Tingkat esterogenya turun dan dia tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. Setelah sekitar dua sampai tiga minggu, kucing betina akan kembali birahi. Sedangkan kucing jantan lebih singkat yaitu satu sampai dua minggu. Setelah masa interestus berakhir akan segera memasuki tahap estrus atau birahi kembali. Siklus Proestrus, Estrus, dan Interestrus akan terus berlanjut sepanjang musim kawin atau hingga kucing hamil. 
  4. Meterestus atau Diestrus (30-40 hari)
    Inilah periode terakhir dari siklus birahi kucing, bisa dibilang ini adalah masa yang aman. Pada periode ini hormon reproduksi pada kucing betina tidak aktif dan tidak ada aktivitas siklus estrus. Jika berhasil kawin, kucing betina akan menolak lawan jenisnya dan apabila terjadi kehamilan maka kucing akan memasuki masa kehamilan antara 62-65 hari hingga melahirkan.
Itulah siklus-siklus yang dialami ketika si kucing sedang birahi. Dan mengawinkan kucing dalam keadaan birahi tentu saja akan menghentikan siklusnya. Namun agar si kucing tidak birahi dan mengurangi populasi kucing yang berlebihan bisa dengan mensteril si kucing.

Oh iya, Cat Lovers juga bisa melihat sekilas cuplikan informasi ini dari instagram Radio Kucing disini :

Versi Bahasa Indonesia

Versi Bahasa Inggris
Kalau kucing Cat Lovers sudah disteril atau belum?

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat Lovers semua-muanyah :)
Oiya, tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan perlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Tips Membawa Kucing dalam Perjalanan Jauh / Mudik Keluar Kota

Review Makanan Kucing Kering Coucou Kitten Salmon & Chicken