Review Salep Gentamicin Untuk Infeksi Bakteri Ringan/Berat Yang Aman Digunakan Hewan Peliharaan

Holla Cat Lovers!

Kali ini Mimin akan membahas salah satu obat berbentuk salep yang dapat digunakan untuk manusia sekaligus hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, yaitu salep Gentamicin!

Gentamicin adalah satu satu jenis obat berbentuk krim, salep, salep mata, tetes mata, atau tetes telinga untuk mengatasi infeksi bakteri ringan hingga berat pada berbagai bagian tubuh, mulai dari telinga luar, mata, kulit, hingga otak. Obat yang dikenal sebagai obat anti mikroba ini bekerja untuk melawan infeksi ringan/berat yang disebabkan oleh bakteri dan bisa digunakan baik untuk manusia maupun hewan seperti kucing. Namun, perlu diingat, Gentamicin tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi akibat virus dan jamur.

Penampakan dan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan dari salah satu salep Gentamicin yang beredar pada umumnya, salah satunya dari PT. First Medipharma:
sumber disini
Salep Gentamicin rata-rata dikemas menggunakan kemasan tube berwarna putih, seperti jenis salep pada umumnya. Ukuran tube yang dipakai juga berbeda-beda setiap merknya, ada yang 3,5 Gr, 5 Gr, 10 Gr, dan 15 Gr. Beberapa merk dagang yang memproduksi salep Gentamicin ini ada : Sagestam, Diprogenta, Genta, Gragenta, Licogenta, Gentamicin Sulfate, Cordema-G, Salgen Plus, Salticin, Erladerm-G, B-Mycin, Maxgenta, CVG, Biogen, Gentacortin, Digenta, Ikagen, Sonigen, Lantamicin-B, Genmycin, Lantamicin, Flurozen, Mortagen, dan Genoint. Setiap warna kemasan dari berbagai merk ini berbeda, ada yang menggunakan kombinasi warna biru, kuning, hitam, dan sebagian besar didominasi warna putih seperti gambar diatas. Berbagai informasi umum juga terdapat pada kemasan salep Gentamicin, seperti nama merk, kandungan dan bahan-bahan, golongan obat, indikasi, dosis & cara pemakaian, saran penyimpanan, harga, tanggal produksi/kadaluarsa, serta informasi lainnya.

Komposisi
Tiap gram salep mengandung Gentamicin Sulfate yang setara dengan Gentamicin 1 Mg.

Keunggulan
Gentamicin merupakan obat untuk mengatasi infeksi bakteri ringan hingga berat pada berbagai bagian tubuh, mulai dari telinga luar, mata, kulit, hingga otak. Perlu diketahui obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi akibat virus atau jamur. Gentamicin termasuk golongan Antibiotik Aminoglikosida. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu proses produksi protein yang dibutuhkan untuk membangun dinding sel bakteri.

Salep Gentamicin Sulfate juga bisa mengobati luka ringan seperti luka lecet,eksim, psoriasis, luka bakar ringan, ataupun luka-luka lain, dapat menyembuhkan infeksi kulit ringan seperti impetigo, folikulitis, pioderma, dermatitis, dan luka lainnya, serta dapat menghambat pertumbuhan kuman-kuman penyebab infeksi kulit (baik infeksi primer maupun sekunder). Selain bisa digunakan untuk manusia, salep Gentamicin Sulfate juga bisa digunakan pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, yang berpotensi mengalami luka terbuka akibat hiperaktif saat bermain, berkelahi, menggaruk atau menjilati badan secara berlebihan.

Indikasi
Pengobatan luar (topikal) untuk infeksi kulit primer maupun sekunder karena bakteri yang rentan terhadap Gentamicin. Salep gentamicin juga merupakan obat antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter hewan untuk pengobatan luar (topikal) agar luka cepat kering, terhindar dari infeksi dan agar cepat sembuh.
Dosis & Cara Pemakaian
Dilansir dari Alodokter, dosis Gentamicin dapat disesuaikan dengan kondisi yang diderita, usia, berat badan, serta bentuk obat. Berikut ini adalah dosis dan cara pemakaian Gentamicin untuk penggunaan pada manusia secara umum, dengan obat berbentuk krim/salep :

  • Kondisi : Infeksi kulit
    Bentuk obat : Krim atau salep 0,1%
    Dewasa dan anak-anak: Oleskan krim atau salep secukupnya pada area yang bermasalah, 3–4 kali sehari.

  • Kondisi : Infeksi mata berat
    Bentuk obat :
     Salep mata 0,3%
    Dewasa dan anak-anak : Sekitar 1 cm salep diberikan pada mata yang bermasalah, 2–3 kali sehari.
Dan untuk penggunaan pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, dosis Gentamicin dapat disesuaikan dengan kondisi luka pada bagian tubuh hewan peliharaan. Berikut ini adalah cara pemakaian untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing :
  1. Bersihkan luka, oleskan tipis salep pada luka anjing/kucing
  2. Hindari hewan peliharaan menjilat luka agar mempercepat proses penyembuhan. Disarankan hewan mengenakan collar untuk mencegah adanya salep yang terjilat.
  3. Bila perlu, luka dibolehkan untuk ditutup dengan kasa pembalut steril dan diganti sesuai dengan kebutuhan.
Golongan Obat
Salep Gentamicin Sulfate ini digolongkan sebagai obat keras yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, karena terdapat logo berwarna merah dengan huruf K dibagian tengah logo. Yang mengartikan bahwa obat ini tidak bisa sembarang digunakan, karena dapat berbahaya, meracuni tubuh, memperparah penyakit, bahkan bisa merenggang nyawa, sehingga harus digunakan sesuai aturan yang tepat.

Saran Penyimpanan
Simpan pada suhu dibawah 30 derajat celsius. Salep Gentamicin Sulfate masih bisa digunakan sampai 2 minggu setelah kemasan dibuka.

Harga?
Salep Gentamicin Sulfate ini bisa didapatkan di berbagai apotek dan market place dengan harga sekitar 7-15 ribu-an aja. Tapi perlu diingatkan kembali, salep Gentamicin Sulfate ini bisa didapatkan dengan resep dokter.

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaian pembahasan, dan merangkum testimoni dari Cat Lovers lainnya, Radio Kucing bisa bilang Salep Gentamicin Sulfate ini ampuh untuk digunakan manusia dan hewan peliharaan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit dan infeksi mata. Salep Gentamicin Sulfate merupakan obat untuk mengatasi infeksi bakteri ringan hingga berat pada berbagai bagian tubuh, mulai dari telinga luar, mata, kulit, hingga otak. Perlu diketahui obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi akibat virus atau jamur. Gentamicin termasuk golongan Antibiotik Aminoglikosida. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu proses produksi protein yang dibutuhkan untuk membangun dinding sel bakteri.

Salep Gentamicin Sulfate juga bisa mengobati luka ringan seperti luka lecet, Eksim, Psoriasis, luka bakar ringan, ataupun luka-luka lain, dapat menyembuhkan infeksi kulit ringan seperti Impetigo, Folikulitis, Pioderma, Dermatitis, dan luka lainnya, serta dapat menghambat pertumbuhan kuman-kuman penyebab infeksi kulit (baik infeksi primer maupun sekunder). Selain bisa digunakan untuk manusia, salep Gentamicin Sulfate juga bisa digunakan pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, yang berpotensi mengalami luka terbuka akibat hiperaktif saat bermain, berkelahi, menggaruk atau menjilati badan secara berlebihan.

Oh iya, informasi umum mengenai Gentamicin bisa juga Cat Lovers akses melalui website resmi Alodokter yaitu alodokter.com.

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari kemasan produk, website resmi, dan berbagai artikel di internet.
Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Program Sterilisasi Kucing di Puskeswan Bandung