Review Obat Jamur Ketoconazole Cream 2% Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit

Holla Cat Lovers!

Kali ini Mimin akan membahas salep untuk mengatasi jamur lagi, nih. Masih satu perusahaan dengan Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2 %, yaitu Salep Jamur Ketoconazole Cream 2%!

Salep jamur Ketoconazole Cream 2% merupakan salah satu obat anti jamur yang diproduksi oleh perusahaan bernama Kimia Farma, Medan-Indonesia. Cat Lovers pasti tidak asing lagi dengan Kimia Farma ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan besar industri farmasi yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Kimia Farma ini dikenal karena memproduksi obat jadi dan obat herbal, iodium, kina serta produk-produk turunannya dan minyak nabati. Selain itu, Kimia Farma juga telah berkembang menjadi perusahaan yang menyediakan pelayanan kesehatan integrasi dari hulu ke hilir dan memiliki bidang usaha utama yaitu : Manufaktur Farmasi yang didukung oleh Riset dan Pengembangan; Distribusi dan Perdagangan; Pemasaran; Ritel Farmasi; Laboratorium Klinik dan Klinik Kesehatan.

Salep jamur Ketoconazole Cream 2% adalah suatu derivat imidazole-dioxolan sintetis yang memiliki aktivitas antimikotik yang poten terhadap dermatofit dan ragi. Misalnya Tricophyton sp, Epidermophyton Fluccosum, Pityosporum sp, Candida sp. Ketoconazole bekerja dengan menghambat "Cytochrom P 450" jamur, dengan mengganggu sintesa ergosterol yang merupakan komponen penting dari membran sel jamur. Informasi ini bisa Cat Lovers lihat pada brosur resmi dari Ketoconazole Cream 2%.

Penampakan dan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan dari Salep Jamur Ketoconazole Cream 2% :


Salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini dikemas menggunakan tube yang biasanya dipakai salep atau obat pada umumnya. Kemasan dari salep jamur Ketoconazole Cream 2% didominasi berwarna putih, yang dilengkapi dengan berbagai informasi umum pada kemasan nya. Untuk kemasan salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini hanya memiliki satu kemasan yaitu kemasan box/dus isi 24 tube (satuan nya berisi 10 Gr, yang dikemas kembali menggunakan dus satuan). Tapi biasanya di apotek, petshop, toko di market place memang menjual dengan harga satuan, dan itu tidak menjadi masalah ya, Cat Lovers.

Dalam satu tube 10 Gr nya, kemasan salep jamur Ketoconazole Cream 2% juga terdapat beberapa informasi umum seperti nama merk, logo bulat biru yang menandakan bahwa obat ini merupakan obat keras, jumlah isian per satu tube, informasi mengenai perusahaan yang memproduksi produk ini, komposisi, saran penyimpanan, dosis dan cara pemakaian, terdapat informasi lengkap di brosur dalam kemasan dus satuan nya, tanggal produksi/kadaluwarsa, dan informasi lainnya.

Kandungan dan Bahan-Bahan
Tiap gram krim mengandung Ketoconazole 20 Mg.

Keunggulan
Salep jamur Ketoconazole Cream 2% merupakan salah satu salep krim untuk mengatasi berbagai masalah jamur pada kulit. Tidak hanya digunakan untuk manusia saja, salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini juga bisa digunakan hewan seperti anjing dan kucing. Salep jamur ini juga mengandung Ketoconazole 2% yang merupakan antijamur sintetik berspektrum luas dan digunakan secara topikal. Salep jamur Ketoconazole Cream 2% juga bisa mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit, seperti : Infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis), Kurap (Tinea Corporis), Infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris), Infeksi jamur di tangan (Tinea Manum), Kutu Air (Tinea Pedis).

Indikasi
Salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit, seperti :
  • Infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis)
  • Kurap (Tinea Corporis)
  • Infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris)
  • Infeksi jamur tangan (Tinea Manum)
  • Kutu air (Tinea Pedis)
Dosis dan Cara Pemakaian
Ketoconazole krim dioleskan pada daerah yang terinfeksi 1-2 kali sehari, tergantung beratnya infeksi. Terapi sebaiknya dilanjutkan sampai beberapa hari setelah hilangnya gejala. Berikut ini adalah lama pengobatan berdasarkan jenis infeksi nya :

  • Tinea Korporis : 3-4 minggu
  • Tinea Kruris : 2-4 minggu
  • Tinea Pedis : 4-6 minggu
  • Tinea Versikolor : 2-3 minggu
  • Kandidiasis kulit : 2-3 minggu
Jika tidak ada perbaikan klinis setelah 4 minggu terapi, diagnosis sebaiknya ditegakkan kembali.

Sedangkan berikut ini adalah dosis dan cara pemakaian yang disarankan untuk penggunaan hewan peliharaan :
  • Belah bulu hewan. Oleskan tipis-tipis di area yang terinfeksi dua kali sehari. Oleskan kena kulit yang terinfeksi.
  • Sebelum menggunakan krim Ketoconazole, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terinfeksi dan yang diolesi krim, lalu keringkan. Selanjutnya, oleskan krim secukupnya pada area tersebut.
  • Sebaiknya gunakan cotton bud atau sarung tangan karet saat mengoleskan. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan salep.
  • Produk ini hanya boleh digunakan sebagai obat luar. Tidak boleh dioleskan pada hidung, mata, mulut, maupun pada kulit yang luka, tergores, atau terbakar.
  • Gunakan sesuai anjuran dokter atau petunjuk. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum waktu yang ditentukan oleh dokter. Walau infeksi terlihat sudah sembuh, jamur tetap berpotensi tumbuh kembali bila pengobatan dihentikan terlalu cepat.
  • Hindari paparan sinar matahari dan simpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
Golongan Obat
Salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini digolongkan sebagai obat bebas terbatas (termasuk obat keras), dan hanya digunakan untuk bagian luar saja. Namun, perlu diperhatikan penggunaannya untuk si kucing, sebaiknya pakai kan collar selama proses pengobatan. Dan sebaiknya konsultasi kan terlebih dahulu dengan dokter hewan jika si kucing hamil atau menyusui.

Saran Penyimpanan
Simpan pada suhu di bawah 30 derajat celcius, terlindung dari cahaya. Setelah kemasan dibuka, simpan pada suhu di bawah 30 derajat celcius, juga lindungi dari cahaya dan gunakan dalam 30 hari.

Testimoni
Berikut ini adalah beberapa testimoni dari Cat Lovers yang sudah mencoba salep jamur Ketoconazole Cream 2% :



Harga?
Salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini di banderol dengan harga sekitar 8 ribu-an per kemasan satuan nya yaitu 10 Gram. Untuk Cat Lovers yang penasaran dan ingin mendapatkannya, bisa juga melalui Radio Kucing di : Shopee - Tokopedia.

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaian pembahasan, dan merangkum testimoni dari Cat Lovers lainnya, Radio Kucing bisa bilang salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini bisa banget untuk mengurangi infeksi jamur pada kulit manusia dan juga hewan peliharaan. Produk ini merupakan salah satu salep krim untuk mengatasi berbagai masalah jamur pada kulit. Tidak hanya digunakan untuk manusia saja, salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini juga bisa digunakan hewan seperti anjing dan kucing. Salep jamur ini juga mengandung Ketoconazole 2% yang merupakan antijamur sintetik berspektrum luas dan digunakan secara topikal. Salep jamur Ketoconazole Cream 2% juga bisa mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit, seperti : Infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis), Kurap (Tinea Corporis), Infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris), Infeksi jamur di tangan (Tinea Manum), Kutu Air (Tinea Pedis).

Oh iya, salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini hanya untuk dipergunakan pada tubuh bagian luar saja. Jika ingin diaplikasikan pada anak kucing, sebaiknya pakai kan collar pada hewan selama proses pengobatan. Dan sebaiknya konsultasi kan terlebih dahulu dengan dokter hewan jika si kucing sedang hamil atau menyusui ya, Cat Lovers. Informasi umum mengenai salep jamur Ketoconazole Cream 2% ini, juga bisa Cat akses melalui website resmi Kimia Farma yaitu https://www.kimiafarma.co.id/
.

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari kemasan produk, website resmi, dan pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Takaran Menyeduh Susu Kucing

Review Makanan Kucing Kering Kitchen Flavor Grain Free Adult

Review Makanan Kucing Kering Beauty Gold Persian Cat Food

Review Makanan Kucing Healthy Pet Cat Super Premium Import Belgium

Warna Hitam Pada Paw Si Kucing Itu Kenapa Ya?