Review Oralit : Obat Untuk Mencegah Dan Mengobati Dehidrasi Akibat Diare/Muntah/Muntaber

Halo Cat Lovers!

Tidak hanya membahas seputar makanan dan kebutuhan kucing saja, kini Radio Kucing juga akan membahas berbagai obat untuk kucing, loh. Salah satunya adalah Oralit.

Oralit adalah obat yang bermanfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare, sehingga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi. Oralit juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama bagi kucing yang mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang parah dapat berdampak fatal, bisa mengakibatkan kematian. Maka, selalu sediakan oralit di rumah dan berikan oralit untuk kucing Cat Lovers saat sedang mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi.

Penampakan dan Kemasan Produk Berikut ini adalah penampakan dari Oralit :

Oralit ini rata-rata tersedia dalam 1 kemasan yaitu satu box berisi 100 sachet Oralit ukuran kemasan 1,4 Gr. Oralit juga rata-rata dikemas menggunakan kemasan plastik berwarna silver, ukuran plastiknya kecil, bahannya juga lumayan tebal, dan dilengkapi dengan berbagai informasi seperti : merk, logo golongan obat, komposisi, indikasi, takaran, cara pemakaian, saran penyimpanan, anjuran saat pemakaian, kode produksi, nama produsen, dan tanggal kadaluarsanya. Oh iya, yang Mimin bahas disini merupakan dua merk Oralit dari Kimia Farma dan Pharos yang tersedia di Radio Kucing ya, Cat Lovers.

Komposisi
Berikut ini adalah komposisi yang terdapat dalam Oralit dari Kimia Farma dan Pharos :

sumber : google
Kimia Farma
Tiap sachet 200 Ml mengandung :

  • Natrium Klorida..........0,52 Gram
  • Kalium Klorida..........0,3 Gram
  • Trisodium Sitrat Dihidrat..........0,58 Gram
  • Glukosa Anhidrat..........2,7 Gram
  • Bahan pembantu secukupnya
Phapros
Tiap kantong berisi :
  • Natrium Klorida.....0,52 Gram
  • Kalium Klorida.....0,3 Gram
  • Trisodium Sitrat Dihidrat.....0,58 Gram
  • Dekstrosa Anhidrat.....2,7 Gram
Keunggulan
Oralit adalah obat yang bermanfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare, sehingga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi. 
Oralit juga digunakan sebagai pertolongan pertama bagi kucing yang mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang parah dapat berdampak fatal, bisa mengakibatkan kematian. Maka, selalu sediakan oralit di rumah dan berikan oralit untuk kucing Cat Lovers saat kucing mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi.
Selain itu, Oralit juga mengandung Natrium Klorida (0.52 Gr) yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit cairan dalam tubuh, mengandung Kalium Klorida (0.3 Gr) yang merupakan mineral penting yang membantu ginjal, jantung, dan saraf bekerja dengan baik. Kalium klorida berperan dalam menjaga isotonisitas cairan intraseluler dan ekstraseluler, keseimbangan cairan, dan keseimbangan pH. Juga mengandung Trisodium Sitrat Dihidrat (0.58 Gr), dan Dekstrosa Anhidrat (2.7 Gr)!

Indikasi
Oralit dari Kimia Farma dan Pharos sama-sama memiliki indikasi untuk mencegah dan mengobati "kurang cairan" (dehidrasi) akibat diare/mencret/muntaber.

Dosis dan Cara Pemakaian
Berikut ini adalah cara pemberian yang disarankan untuk kucing :
  1. Minumkan ke hewan 20-50 ml Oralit tiga kali dalam sehari. Jangan berlebih.
  2. Minumkan ke hewan sedikit demi sedikit perlahan-lahan sesuai dosis yang dianjurkan. Atau sesuai dengan petunjuk dokter hewan.
  3. Pemberian Oralit bisa menggunakan suntikan tanpa jarum, spuit, spet, pipet, atau sendok apabila hewan tidak bisa minum sendiri.
  4. Hanya untuk pertolongan pertama, bukan obat diare. Oralit TIDAK DAPAT digunakan untuk mengatasi diare, hanya untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare / muntah.
  5. Apabila sakit berlanjut, segera kunjungi ke dokter hewan.
Cara Pembuatan
Berikut ini adalah cara pembuatan untuk Oralit ini :
  • Sebungkus Oralit perlu dilarutkan ke dalam 1 gelas air matang (200 Ml).
  • Dapat cairkan sesuai kebutuhan. Takaran dapat disesuaikan. Jika 1 bungkus = 200 Ml air. Maka setengah bungkus = 100 Ml air.
Golongan Obat
Oralit ini digolongkan sebagai obat yang beredar bebas, karena memiliki logo berwarna hijau pada kemasan nya. Arti logo ini adalah Oralit sudah bisa Cat Lovers jumpai di berbagai toko seperti apotek atau petshop tanpa menggunakan resep dokter karena sudah diperjual-belikan secara bebas.

Saran Penyimpanan Simpan pada suhu dibawah 30%, dalam wadah tertutup rapat, terlindung dari cahaya dan kelembaban. Dan setelah dilarutkan, Oralit tidak boleh dibekukan di dalam kulkas.

Testimoni Berikut ini adalah beberapa testimoni dari Cat Lovers yang sudah mencoba Oralit ini untuk kucingnya :


Harga?
Karena Oralit ini merupakan obat yang bisa ditemukan dimana-mana, biasanya Oralit ini tersedia dengan harga satuan (sachet kemasan 4,1 Gr). Oralit ini rata-rata dibanderol dengan harga sekitar seribu/2ribu-an aja per kemasan sachet nya. Untuk Cat Lovers yang penasaran dan ingin mendapatkannya, bisa juga melalui Radio Kucing di : Shopee - Tokopedia.

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaia pembahasan, Radio Kucing bisa bilang kalau Oralit ini baik untuk digunakan kucing saat sedang diare. Oralit sendiri merupakan obat yang bermanfaat untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare, sehingga bisa mencegah dan mengatasi dehidrasi. Oralit juga digunakan sebagai pertolongan pertama bagi kucing yang mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang parah dapat berdampak fatal, bisa mengakibatkan kematian. Maka, selalu sediakan oralit di rumah dan berikan oralit untuk kucing Cat Lovers saat kucing mengalami diare dan atau muntah agar tidak mengalami dehidrasi.
Selain itu, Oralit juga mengandung Natrium Klorida (0.52 Gr) yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit cairan dalam tubuh, mengandung Kalium Klorida (0.3 Gr) yang merupakan mineral penting yang membantu ginjal, jantung, dan saraf bekerja dengan baik. Kalium klorida berperan dalam menjaga isotonisitas cairan intraseluler dan ekstraseluler, keseimbangan cairan, dan keseimbangan pH. Juga mengandung Trisodium Sitrat Dihidrat (0.58 Gr), dan Dekstrosa Anhidrat (2.7 Gr). Oh iya, informasi umum mengenai Oralit ini, juga bisa Cat Lovers akses melalui website resmi Kimia Farma yaitu www.kimiafarma.co.id, dan website resmi Phapros yaitu www.phapros.co.id.

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari berbagai artiket di internet dan pengalaman pribadi.

Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Program Sterilisasi Kucing di Puskeswan Bandung